Kesan Segar di Hunian Modern Tropis | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 9 2019
No Comments

Kesan Segar di Hunian Modern Tropis

Kesan Segar di Hunian Modern Tropis

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Rumah modern menawarkan pemandangan yang indah sekaligus mampu memberikan perlindungan pada alam sekitar.

Tim arsitek harus cermat dan detail dalam memberikan perhatian khusus pada hubungan bangunan arsitektur dengan aktivitas sosial. Sehingga keduanya mampu membaur dengan sempurna yang menghasilkan desain yang selaras yang memiliki unsur kultural dan di kelilingi oleh unsur alam.

Misalnya, dalam catatan kantor desain hunian Architectaria, ada rumah modern yang dikelilingi oleh pepohonan yang sudah tua dan sebagian pohon tua tersebut digunakan sebagai struktur aktual pada rumah yang dibangun dengan gaya modern.

Segala aspek pembangunan begitu di rencanakan secara hati-hati agar dapat menawarkan ventilasi menyilang dan juga perlindungan terhadap sinar matahari yang dibingkai secara indah dengan pemandangan di sekelilingnya.

Arah desain dari rumah modern ini memberikan serangkain konflik yang membingungkan. Rumah ini harus menawarkan pemandangan yang indah sekaligus mampu memberikan perlindungan pada alam sekitar.

Disisi lain, rumah ini harus menawarkan hubungan yang kuat dengan alam sehingga mampu memberikan rasa nyaman dan rasa eksklusif bagi penghuninya. Dan juga rumah ini harus mampu menawarkan desain yang ringan tanpa mengabaikan struktur lingkungan yang kuat.

Rumah berkonsep modern dan natural tersebut dibangun bisa untuk sebuah keluarga yang memiliki anggota sebanyak 4 orang. Konsep rumah seperti ini antara lain ada di Austin, yang diberi nama Lake View Residence, yang mampu menyuguhkan panorama pemandangan secara bertahap.

Terdapat sebuah jalan setapak dari batu dengan pohon yang besar dan juga tumbuhtumbuhan yang mengarah ke pintu masuk utama menuju rumah. Dari sini, kita bisa melihat sepintas panorama indah yang tersibak sedikit demi sedikit saat memasuki rumah. Pepohonan yang ada, pemandangan yang ada di depan mata dan bangunan rumah semuanya berinteraksi secara natural yang begitu menenangkan.

Fondasi bangunan terletak di akar dan terdapat sebuah teras terbuka dengan sebuah langit-langit yang menjalar keluar dari interior rumah untuk memberikan perlindungan dari sinar matahari dan hal ini mampi memperlihatkan panorama yang begitu menakjubkan.

Rumah modern ini sengaja di desain khusus untuk mencukupi kebutuhan sebuah keluarga yang begitu aktif. Rumah ini memiliki ruang sosial untuk hiburan dan juga sebuah ruangan pertemuan yang besar dengan serangkaian ruang kecil yang lebih intim. Ruangan tersebut didominasi oleh warna biru dan oranye.

Kedua warna tersebut dilengkapi dengan kayu berwarna coklat yang menutupi lantai dan sebagian area dinding. Terdapat batang pohon yang besar menembus lantai rumah. Hal ini dilakukan sebagai suatu cara untuk mempertahankan ke-alami-an lokasi sekaligus memberikan rasa nyaman bagi penghuninya. yun/E-6

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment