Koran Jakarta | November 12 2019
1 Comment
Organisasi TNI | Wakil Panglima Merupakan Koordinator Pembinaan Kekuatan TNI

Kepala Staf Angkatan Berpotensi Jadi Wakil Panglima TNI

Kepala Staf Angkatan Berpotensi Jadi Wakil Panglima TNI

Foto : ISTIMEWA
Moeldoko, Kepala Kantor Staf Kepresidenan
A   A   A   Pengaturan Font
Presiden Joko Widodo membangkitkan kembali posisi wakil panglima TNI, setelah sebelumnya dihapuskan Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur era tahun 2000.

 

JAKARTA – Salahsatu dari tiga Kepala Staf Angkatan (Kastaf) berpotensi menduduki posisi Wakil Panglima TNI. Hal tersebut diketahui setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneken Peraturan Presiden (Perpres) nomor 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI yang didalamnya menyangkut Wakil Panglima TNI.

Ketiga Kastaf tersebut yakni Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna. “Ya, saya pikir para Kepala Staf punya kans untuk itu (posisi wakil panglima),” kata Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal Purn Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (7/11).

Moeldoko menuturkan, peluang ketiga Kastaf Angkatan tersebut untuk posisi wakil panglima karena merujuk Perpres, dimana posisi wakil akan diisi oleh perwira tinggi (Pati) Bintang Empat.

“Iya (kemungkinan tiga kepala staf itu untuk wakil panglima),” ucap Moeldoko kembali memberikan penekanan.

Untuk posisi Wakil Panglima TNI ini disebutkan dalam Pasal 13 ayat (1). Dalam Perpres tersebut dijelaskan, unsur pimpinan Markas Besar TNI itu terdiri Panglima TNI dan Wakil Panglima TNI. Lalu, Pasal 14 yang menjabarkan tentang tugas Panglima TNI, yakni pada ayat (3) bahwa Panglima dibantu oleh Wakil Panglima.

Sedangkan, untuk tugas dijabarkan dalam Pasal 15. Dalam pasal tersebut dijelaskan Wakil Panglima merupakan koordinator pembinaan kekuatan TNI guna mewujudkan interoperabilitas/ Tri Matra Terpadu, yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima.

Saat disinggung apakah ke depan tidak akan terjadi dualisme dalam kepemimpinan, mantan panglima TNI ini dengan tegas menyatakan tidak akan terjadi dualisme.

“Oh enggak. Di tentara enggak ada dualisme. Kalau enggak beres, tetap yang salah di bawah. Apalagi, kalau sudah tentara dikatakan insubordinasi, pidana, kalau dikatakan tidak loyal, mati itu karirnya,” jawabnya.

Moeldoko menambahkan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sudah bisa langsung memproses pengisian jabatan wakilnya berdasarkan Perpres. Sebab, untuk pengangkatan wakil tidak harus menunggu pengangkatan oleh presiden.

“Begitu Perpres-nya ada, ya panglima langsung bisa action. Kan di bawah kendali panglima, langsung diangkat panglima. Yang menentukan bisa panglima, bisa presiden, atau atas saran panglima. Penunjukkan,” ujar Moeldoko seraya mengatakan untuk pengangkatan wakil panglima bisa lewat Peraturan Panglima (Perpang).

Melalui Kajian

Dalam kesempatan itu, Moeldoko mengatakan bahwa menghidupkan kembali posisi wakil panglima ini sudah melalui kajian. Terlebih, posisi yang sama dulunya juga pernah ada.

“Sekali lagi bahwa apa yang terjadi sekarang itu sudah melalui kajian waktu zaman saya panglima. Jadi, bukan kebutuhan praktis, enggak ada di sana,” kata Moeldoko.

Ia menjelaskan, posisi tersebut penting dihidupkan karena aktifitas Panglima TNI banyak mengarah ke luar.

“Posisinya panglima adalah pengendali operasi ya, panglima banyak melihat ke luar, banyak kunjungan, banyak mengecek kesiapan pasukannya,” tutup Moeldoko. fdl/AR-3

Klik untuk print artikel

View Comments

jessi
Sabtu 9/11/2019 | 08:53
Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Sport165 titik net sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus Promo yang menakjubkan selalu di persiapkan
untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, cukup dengan 1 id anda sudah bisa bermain di smua game sport165 titik net.
yuks..Buruan jangan buang waktu segera buktikan dan jadikan anda perioritas kami di Sport165 titik net paling best ya guys...


Submit a Comment