Koran Jakarta | October 19 2017
No Comments

Kenali Kelainan Irama Jantung dengan Meraba Nadi

Kenali Kelainan Irama Jantung dengan Meraba Nadi

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Guru Besar Ilmu Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Yoga Yuniadi, mengimbau kepada masyarakat untuk mengenali kelainan irama jantung atau Fibriliasi Atrium (FA) dengan meraba nadi.

“Kita harus berdayakan masyarakat untuk mengenali FA dengan meraba nadi sendiri (Menari). Meraba nadi, kenali FA, dan hindari kelumpuhan,” kata Yoga, di Jakarta, Rabu (11/10).

Kelainan irama jantung tersebut dapat digambarkan dengan denyut nadi yang awalnya normal, kemudian tiba-tiba cepat, lalu tiba-tiba kembali normal. Denyut jantung yang tiba-tiba menghentak, denyut yang terkadang berhenti satu sampai dua detik, atau denyut jantung yang berdetak sangat cepat.

Untuk mengetahui jumlah denyut dan irama denyut bisa dilakukan dengan cara meraba nadi di bawah pergelangan tangan dengan tiga jari. Posisi tepat untuk merasakan nadi berada di bawah pergelangan tangan yang lebih dekat dengan ibu jari.

Jika sudah merasakan nadi, hitunglah jumlah nadi yang berdenyut selama sepuluh detik. Yoga memaparkan jumlah denyut nadi yang normal dalam sepuluh detik antara enam sampai delapan denyut.

Selain menghitung jumlah denyut, rasakan juga irama nadi apakah berdenyut secara teratur setiap detiknya atau iramanya tak beraturan. n Ant/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment