Koran Jakarta | July 20 2019
No Comments
VARIA

Kemristekdikti Targetkan Jumlah PUI Menjadi 120-an

Kemristekdikti Targetkan Jumlah PUI Menjadi 120-an

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidik­an Tinggi (Kemristekdikti) menargetkan menambah jumlah Pusat Unggulan Iptek (PUI) hingga menjadi 120-an pada ta­hun ini. Saat ini baru ada sebanyak 81 PUI.

“Sampai dengan 2019, kita melakukan pembinaan terha­dap 137 lembaga litbang,” ujar Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Pendidikan Tinggi Kemristekdikti, Kemal Prihatman, di Jakarta, Kamis (10/1).

Dari 137 lembaga litbang itu, lanjut dia, akan dipilih lagi sekitar 20 hingga 40, sehingga nanti menjadi sekitar 120-an PUI di 2019 ini.

Menurutnya, pembentukan PUI bukan semata-mata mengarah pada jumlah atau kuantitas, tapi lebih mengarah kepada peningkataan kualitas dan outcome yakni mengha­silkan hasil produk teknologi yang masuk dunia industri.

Ia mengatakan, 81 PUI yang sudah terbentuk didominasi sektor pertanian dan kemaritiman, dan disusul sektor mate­rial maju serta telekomunikasi, informasi dan komunikasi.

Adapun 11 fokus yang menjadi sektor yang digarap PUI, yaitu kemaritiman, energi, pangan dan pertanian, transpor­tasi, telekomunikasi, informasi dan komunikasi, teknologi pertahanan dan keamanan, kesehatan dan obat, material maju, sosial, budaya dan humaniora, kebijakan, dan miti­gasi bencana. eko/E-3 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment