Koran Jakarta | August 19 2018
No Comments

Kemristekdikti Luncurkan Kapal Pelat Datar

Kemristekdikti Luncurkan Kapal Pelat Datar

Foto : ISTIMEWA
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) meluncurkan Ka­pal Pelat Datar GT 20 dan GT 29 yang sudah selesai diproduksi di Pelabuh­an Muara Angke, Jakarta Utara.

“Penelitian yang dilakukan oleh UI ini merupakan sebuah ino­vasi baru,” kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, da­lam keterangan tertulisnya usai peluncuran kapal ter­sebut, akhir pekan lalu.

Ia menjelaskan, teknologi kapal pelat datar merupakan produk hasil dari riset, pe­ngembangan dan inovasi serta rekayasa desain dari Univer­sitas Indonesia (UI) untuk memberikan alternatif kapal ikan yang unggul. Berdasarkan hasil penelitian itu, kemudian diproduksi oleh PT Juragan Kapal Indonesia yang merupa­kan perusahaan start-up yang bergerak di bidang produksi perkapalan, di bawah binaan Kemristekdikti dan berkola­borasi dengan jurusan Teknik Perkapalan UI.

Sementara itu, PT Gunung Garuda Steel yang merupa­kan industri baja lokal yang akan menyuplai material se­bagai material utama produksi kapal pelat datar. “Dalam inovasi harus menerapkan disruptive innovation, supaya inovasi berkembang tidak di pangkas karena aturan. Untuk itu inovasi harus kita coba fasilitasi,” katanya. cit/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment