Kemenkes Jadikan Arsip untuk Buat Kebijakan Strategis | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 10 2019
No Comments
VARIA

Kemenkes Jadikan Arsip untuk Buat Kebijakan Strategis

Kemenkes Jadikan Arsip untuk Buat Kebijakan Strategis

Foto : ISTIMEWA
Menteri Kesehatan, Nila Moeloek
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kementerian Kesehatan mengarsipkan berbagai catatan histo­ris kesehatan di Indonesia dari masa ke masa untuk digunakan sebagai pengambilan kebijakan strategis dalam pembangunan kesehatan.

“Sejarah bisa kita pelajari karena ada pendataannya. Buat saya pendataan penting sekali karena dengan data suatu bukti, suatu angka numerik yang bisa kita lihat betul dan kita bisa tepat untuk ambil keputusan,” kata Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, saat membuka Pameran dan Sarasehan Kearsipan di Lingkungan Kementerian Kese­hatan Jakarta, Selasa (13/8).

Menurut dia, perkembangan penyakit dan penanggulang­an yang telah dilakukan oleh negara harus dicatat dan men­jadi bukti otentik untuk dipelajari dan juga pertimbangan pengambilan keputusan saat ini atau di masa mendatang.

Data-data perkembangan kasus penyakit maupun se­jarah perjalanan penyakit, kata Menkes, dapat digunakan untuk mengambil keputusan agar kebijakan yang diimple­mentasikan lebih tepat.

“Kearsipan adalah suatu bukti otentik, bahwa kita bisa melihat, mempelajari, menganalisa, pembangunan kese­hatan di negara kita,” kata Menkes. ruf/E-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment