Kemendag Sederhanakan Perizinan | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 9 2019
No Comments
KUOTA

Kemendag Sederhanakan Perizinan

Kemendag Sederhanakan Perizinan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mela­lui Ditjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) mengembangkan portal Sistem Informasi Manajemen PKTN (SIMPKTN). Sistem ini mencakup aplikasi perizinan, pendaftaran, pengaduan konsumen, dan pengawasan di lingkungan Ditjen PKTN yang terintegrasi. Pengembangan sistem itu seiring diterbitkannya Permendag Nomor 81 Ta­hun 2019 tentang Standarisasi Bidang Perdagangan.

Dirjen PKTN Veri Anggrijono mengatakan, pada SIMP­KTN ini terdapat aplikasi pendaftaran Nomor Pendaftaran Barang (NPB) dan Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK). Dengan adanya integrasi antara aplikasi NPB dengan LPK di dalam portal SIMPKTN, pelayanan NPB dan LPK men­jadi lebih terpadu dan mudah.

“Pelaku usaha dapat me­lakukan pendaftaran NPB dari manapun dan tanpa harus datang ke kantor Kemendag,”ungkapnya dalam Pertemuan Teknis Pengendalian Mutu Barang bersama pelaku usaha di Jakarta, Selasa (19/11). NPB merupakan identitas yang disematkan pada barang yang telah diberlakukan SNI secara wajib. ers/E-10

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment