Kemasan Ramah Lingkungan | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 10 2019
No Comments
Ecorasa

Kemasan Ramah Lingkungan

Kemasan Ramah Lingkungan

Foto : istimewa
Founder Ecorasa, Shivan, usai peluncuran kemasan makanan dan minuman dengan teknologi oxium yang ramah lingkungan di Jakarta, Selasa (12/3).
A   A   A   Pengaturan Font

Salah satu penyum­bang sampah plastik yang cukup signifikan berasal dari bungkus dan kemasan makanan dan mi­numan. Guna mengurangi hal tersebut PT Harapan Infiniti Mulia menghadirkan produk ecorasa, kemasan makanan dan minuman de­ngan teknologi Oxium yang ramah lingkungan sebagai hasil karya anak bangsa Indonesia.

Oxium adalah bahan aditif plastik berteknologi 100 persen buatan Indonesia yang sudah mendapat paten dari Amerika Serikat. Aditif ini dapat memperpendek waktu yang dibutuhkan plas­tik agar teroksidasi, terurai dan dimakan mikroba.

Dengan mencampurkan bahan aditif Oxium ke da­lam bahan baku plastik saat proses produksi, membuat kemasan ecorasa dapat teru­rai dalam waktu 2 hingga 5 tahun (tergantung desain) dengan paparan sinar ma­tahari, panas dan/atau ok­sigen. Sementara kemasan konvensional membutuhkan waktu ratusan hingga ribuan tahun untuk proses degra­dasinya.

Banyak yang mengguna­kan kemasan plastik kon­vensional dalam skala besar karena berbagai keunggulan yang dimilikinya, seperti ringan, tahan air, fleksibel dan sangat ekonomis. Te­tapi, berbagai keunggulan yang dimiliki oleh plastik juga menciptakan masalah katastropiknya sendiri ketika produk plastik tersebut men­capai tujuan akhirnya, baik di TPA maupun jika tercecer di alam.

”Karena itu kami ta­warkan ecorasa sebagai kemasan ramah lingkungan berteknologi oxium yang bisa cepat terurai secara cepat sehingga bisa kembali ke alam atau Return To Earth sebagai bahan organik. Se­makin hari semakin banyak konsumen yang memiliki kesadaran menggunakan produk yang ramah ling­kungan dan menginginkan adanya perubahan. ecorasa hadir menjawab kebutuhan itu dengan menyediakan kemasan ramah lingkungan bagi pemilik usaha makanan dan minuman dan konsu­men pada umumnya,” kata Founder ecorasa, Shivan, di Jakarta, Selasa (12/3).

Produk ecorasa telah lo­los serangkaian uji laborato­rium yang ketat. Kemasan ecorasa sudah tersertifikasi SNI Tipe 2 Ekolabel Indo­nesia, Food Migration Test, BPOM, EU Migration Stan­dard dan Japan Migration Standard.

Hal ini membuat ecorasa dipercaya menjadi penyedia kemasan makanan dan mi­numan oleh berbagai brand HORECA. yzd/AR-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment