Koran Jakarta | November 23 2017
No Comments
JEDA

Kebutuhan Anggaran Pilkada

Kebutuhan Anggaran Pilkada

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta - Pemerintah memberi perhatian khusus terkait ketersediaan anggaran untuk pemilihan kepala daerah serentak 2018. Diharapkan, tidak ada lagi daerah yang telat mencairkan anggaran pemilihan. Namun memang, banyak daerah yang tidak sedari awal manabung anggaran pemilihan.”Tidak semua daerah mulai menabung dengan mencicil biaya pilkada. Tentu akan merasa berat.

Kita akan proaktif sejak awal. Kebanyakan daerah tidak nabung,” kata Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, di Jakarta, Jumat (19/5). Untuk itu, lanjut Tjahjo, dalam waktu dekat, pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri, akan mengundang 171 daerah yang akan menggelar Pilkada untuk bertemu dengan KPU dan Bawaslu. Pertemuan akan membahas masalah anggaran pemilihan. Diharapkan, dalam pertemuan itu ada kesamaan persepsi. Sehingga masalah anggaran tak mengganggu tahapan pemilihan.

“ Pertemuan ini dimaksudkan untuk membahas koordinasi terkait anggaran Pilkada Serentak 2018 mendatang,” kata Tjahjo. Saat ini katanya, sedang disisir mana anggaran pemilihan yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. Sebab memang tidak semua daerah dari awal menabung anggaran. Tapi, ia berharap masalah anggaran bisa lancar. Berkaca pada rangkaian pemilihan serentak Kemarin, masalah anggaran sebenarnya tidak terlalu mengganggu, meski diakui pencairannya agak seret. 

 

ags/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment