Koran Jakarta | May 21 2019
No Comments

Kebangkitan “Meriam London”

Kebangkitan “Meriam London”

Foto : AFP/ IAN KINGTON
A   A   A   Pengaturan Font

Kalah 1-3 di leg pertama, Arsenal bangkit dan unggul 3-0 untuk merebut tiket ke babak 8 besar.

LONDON - Arsenal memba­likkan keadaan dan meraih keme­nangan 3-0 atas Rennes dalam laga kedua putaran 16 besar Liga Europa di Stadion Emirates, London, Inggris, Jumat (15/3) dini hari WIB. Kemenangan itu sekaligus membuat Arse­nal menyingkirkan wakil Prancis tersebut demi melangkah ke perempat final dengan skor agregat 4-3, setelah di leg pertama Arsenal kalah 3-1.

Pierre-Emerick Aubameyang mengemas dwigol yang membu­ka dan menutup keunggulan Ar­senal, diselingi satu gol lain dari Ainsley Maitland-Niles.

Pelatih Arsenal Unai Emery mengatakan, para pemainnya tampil konsisten sepanjang 90 menit dan barisan belakang ber­main sangat serius. Walaupun, dirinya mengakui Arsenal sempat kehilangan kontrol bola dan pen­guasaan pertandingan.

‘’Itu tidak seperti yang kami inginkan dalam hal kontrol. Tapi saya pikir pertandingan kami sangat kompetitif dan sangat baik hari ini,’’ ujar Emery. ‘’Saya pikir kami butuh semua pemain. Hari ini, 11 pemain starter sangat penting dan juga pemain lainnya,’’ jelas Emery.

Apalagi, lanjut Emery, pertandingan di Liga Europa berjalan sangat ketat dengan gugurnya Inter Milan dan Sevilla. Menurutnya, kega­galan dua tim itu merupakan se­buah kejutan karena keduanya adalah tim besar di kompetisi paling ketat. Namun pada babak perempat final, Emery menjelas­kan, akan berjalan sulit. ‘’Dela­pan tim terakhir adalah tim yang sangat penting dan itu akan san­gat sulit,’’ jelas dia.

Sedangkan Pelatih Rennes, Julien Stephan, mengaku inten­sitas dan kecepatan yang diperli­hatkan Arsenal membuat timnya menderita. “Kami dibuat mend­erita karena intensitas dan kece­patan permainan mereka,” kata Stephan.

Menurut Stephan timnya tidak bisa mengekspresikan permain­an terbaik mereka di Emirates di bawah tekanan Arsenal. “Kami kurang bertenaga, kami memang tidak terbiasa menghadapi kua­litas permainan sekelas itu,” kata Stephan.

Memasuki pertandingan dengan beban kekalahan 1-3 di laga pertama, Arsenal segera menekan tamunya sejak tendangan mula dan hanya membutuhkan waktu lima menit untuk membuka keunggulan lewat Aubameyang.

Gol itu melecut Arsenal untuk terus melancarkan serangan dan pada menit ke-15 Maitland-Niles berhasil mencetak gol kedua tuan rumah, dengan menyele­saikan umpan lambung kiriman Aubameyang.

Di tengah tingginya semangat Rennes untuk mencuri gol, Arse­nal seolah menghempaskan me­reka ke bumi ketika Aubameyang mencetak gol keduanya dan me­nambah keunggulan tuan rumah menjadi 3-0 pada menit ke-72.

Chelsea Pesta

Dalam pertandingan lainnya penyerang Chelsea Oliver Giroud menjadi pahlawan kemenangan timnya dengan mengemas trigol dan mengirimkan satu assist saat menghancurkan tuan rumah Dy­namo Kiev 5-0 di Stadion NSK Olimpiyskiy, Kiev, Ukraina, Jumat dini hari WIB.

Kemenangan itu sekaligus mengantarkan “The Blues” me­lenggang mulus ke babak perem­pat final dengan kemenangan skor agregat 8-0, demikian catatan laman resmi UEFA.

Sedangkan Slavia Praha tam­pil luar biasa saat mengalahkan tiga kali juara Liga Europa Sevilla dengan skor 4-3. Kedua tim ber­main sampai 120 menit hingga dua gol Slavia Praha di babak tambahan membuat Sevilla kalah agregat 5-6.

Inter juga gugur setelah ka­lah 0-1 dari Eintracht Frankfurt. Bermain di stadion kebanggaan Giuseppe Meazza, Nerazzurri tampil anti-klimaks. Gol cepat Frankfurt oleh Luka Jovic pun ter­jadi karena blunder Stefan de Vrij.

Salah satu unggulan juara Liga Europa lain, Napoli, mampu lo­los walau kalah 1-3 dari Red Bull Salzburg. Satu gol tandang yang dibuat Arkadiusz Milik cukup un­tuk Partenopei menang agregat 4-3.

Villarreal mengalahkan Ze­nit St Petersburg 2-1. Sedangkan Valencia imbang 1-1 dengan FC Krasnodar, gol Goncalo Guedes pada menit ke-93 membuat El Che unggul agregat 3-2.

Wakil Portugal Benfica, yang sempat kalah 0-1 dari Dinamo Zagreb di leg pertama, berbalik unggul 3-0. AFP/S-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment