Koran Jakarta | March 27 2019
No Comments

Kapal Perang AS Kembali Berlayar di Perairan Sengketa LTS

Kapal Perang AS Kembali Berlayar di Perairan Sengketa LTS

Foto : AFP/Woody PASCHALL/US NAVY
Kebebasan Bernavigasi l Kapal perusak milik Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Preble, saat melakukan latihan peluncuran misil Tomahawk di perairan lepas pantai California beberapa waktu lalu. Kapal perusak ini berbarengan dengan kapal sejenis, USS USS Spruance, pada Senin (11/2) pagi diwartakan menjalankan misi kebebasan bernavigasi di Kepulauan Spratly, Laut Tiongkok Selatan.
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON DC – Dua kapal perang Amerika Serikat (AS) dilaporkan pada Senin (11/2) dini hari, telah berlayar dekat kepulauan di Laut Tiongkok Selatan (LTS) yang diklaim kepemilikannya oleh Tiongkok. Misi pelayaran kapal perang AS itu akan memicu kemarahan Beijing ditengah terjadinya ketegangan antara dua negara ekonomi terkuat di dunia.

“Dua kapal perusak yang dipersenjatai misil telah berlayar dalam batas jarak 12 mil laut dari Pulau Mischief Reef di wilayah sengketa Kepulauan Spratly, untuk menjalankan misi kebebasan bernavigasi” kata juru bicara Armada Angkatan Laut ke-7 AS, Clay Doss.

Disebutkan pula oleh Doss bahwa nama kapal perusak AS yang berlayar di wilayah sengketa LTS adalah USS Spruance dan USS Preble.

Sepanjang 2019 ini, AS telah dua kali menjalankan misi pelayaran untuk kebebasan bernavigasi ke wilayah LTS. Pada awal Januari lalu, AS mengirimkan kapal perusak USS McCampbell untuk berlayar dekat gugusan Kepulauan Paracel di LTS.  AFP/CNA/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment