Kamboja Peringati Genosida Khmer Merah | Koran Jakarta
Koran Jakarta | September 20 2017
No Comments

Kamboja Peringati Genosida Khmer Merah

Kamboja Peringati Genosida Khmer Merah

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

PHNOM PENH – Ribuan warga Kamboja pada Kamis (18/5) berkumpul di lokasi ladang pembantaian paling mengerikan yang lokasinya berada di wilayah Choeung Ek, sekitar 15 kilometer dari Phnom Penh, untuk mengenang 1,8 juta korban genosida yang dilakukan pasukan Khmer Merah pada era ’70-an.

“Saya memberikan persembahan lewat para biarawan bagi para korban genosida dan meminta agar negeri kami mendapatkan peruntungan dan tak terjadi lagi pembantaian serupa di masa depan,” kata seorang warga yang menghadiri peringatan genosida bernama Keo Oun, 59 tahun.

Peringatan mengenang genosida di lokasi yang dikenal dunia dengan sebutan “Killing Fields” itu seharusnya digelar setiap 20 Mei. Tahun ini perintahan itu harus dimajukan karena Kamboja sedang menggelar kampanye pemilu daerah.

Khmer Merah berkuasa di Kamboja pada 1975-1979. Perdana Menteri Kamboja saat ini yaitu Hun Sen, yang dulunya adalah kader Khmer Merah, memperingatkan kemungkinan terjadinya perang sipil di Kamboja jika Partai Rakyat Kamboja yang menyokongnya tak memenangkan pemilu kali ini. Rtr/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment