Koran Jakarta | March 24 2019
No Comments

Kalimat yang Bisa Memotivasi Bawahan

Kalimat yang Bisa Memotivasi Bawahan
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, saya baru diang­kat menjadi team leader. Saya bukan orang yang pintar basa basi. Adakah kalimat - kalimat sederhana yang bisa menun­jukkan perhatian kita pada bawahan?

Jawaban:

Sebagai atasan, Anda tidak boleh egois, Anda juga harus sensitif dengan perasaan kar­yawan. Bagaimanapun mereka adalah rekan satu tim Anda. Bila karyawan dapat beker­ja dengan baik tentunya ini akan menunjang kinerja Anda juga bukan? Makanya jangan segan-segan memberikan komplimen sebagai berikut kepada bawahan:

Terimakasih

Ucapan terimakasih atas apapun yang dikerjakan bawa­han—sekecil apapun, menun­jukkan apresiasi Anda atas apa yang mereka kerjakan. Ma­kanya, jangan pelit mengucap­kan terimakasih. Sebagaimana Anda ingin dihargai demikian juga bawahan ingin dihargai. Perbedaan antara Anda dan bawahan hanyalah pada status jabatan. Dan sudah sejatinya Anda mengayomi bawahan dan menjadi contoh yang baik dari hal kecil sekalipun.

Apa Kabar

Pertanyaan “apa kabar” ja­ngan dianggap basa-basi. De­ngan menanyakan kabarnya, bawahan akan merasa Anda memberi perhatian. Misalnya bisa Anda mulai menyapa­nya saat dia baru balik dari cuti ataupun memulai hari di bulan pertama ataupun saat Anda tahu dia baru sembuh dari sakit. Perhatian yang kecil bisa memompa semangatnya. Percayalah.

Ada kesulitan?

Jangan enggan menanya­kan kepada bawahan apakah dia menemukan kesulitan saat mengerjakan tugasnya. De­ngan Anda menanyakan demi­kian, bawahan dapat tahu ka­lau Anda memberi perhatian yang intens kepadanya. Siapa tahu bawahan segan mengata­kan ataupun mengungkapkan unek-uneknya sehingga perlu dipancing dengan pertanya­an. Jangan heran, ada bawa­han dengan sikap demikian. Karakteristik orang memang berbeda-beda.

Bagaimana keluarga?

Tanyakan mengenai kondisi keluarganya. Apalagi jika ter­nyata bawahan Anda tersebut baru melahirkan, orangtuanya baru sembuh dari sakit ataupun baru menempati rumah baru. Jangan malas menanyakan hal-hal sepele demikian. Karena dengan pertanyaan-pertanyaan ini Anda bisa mengenal bawa­han Anda tanpa Anda sadari. Dan ini bukan sekadar basa-basi saja, kalau Anda bisa men­jalin hubungan yang hangat dengannya akan berdampak pada kinerja yang semakin baik.

Makan siang bareng yuk

Ajakan makan siang bareng juga akan membuat bawahan merasa Anda menghargai ke­hadirannya. Jangan salah, ada banyak bawahan yang merasa atasannya kurang perhatian dengan dirinya. Bahkan bisa jadi dia merasa atasannya tidak tahu nama lengkapnya.

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment