Koran Jakarta | September 15 2019
No Comments

Kabin Ganda Makin Kaya Fitur

Kabin Ganda Makin Kaya Fitur

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Kendaraan kabin ganda memiliki keunggulan pada kemampuan membawa penumpang dan barang dalam ukuran besar serta dalam jumlah banyak. Meski berperan seperti truk, namun mobil kabin ganda modern dilengkapi banyak fitur menarik.

Setelah diluncurkan di Bangkok, Thailand, pada 9 November 2018, kini giliran Indonesia meluncurkan New Mitsubishi Triton terbaru. Mobil pesaing kuat dari Toyota Hilux ini menawarkan perubahan tampilan dan fitur yang semakin lengkap untuk mendukung keamanan dan ketangguhan.

Wajah baru Triton hadi dengan bahasa desain ‘ Dynamic Shield,’ berupa garis desain imajiner berupa huruf ‘X’. Bahasa desain yang juga diaplikasikan pada Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport ini terliat pada elemen rancang lampu besar di tepi bemper, dan DRL di bagian atas dekat kap mesin.

Presiden Direktur PT MMKSI, Naoya Nakamura mengatakan, dengan ubahan pada Triton diharapkan semakin memperkuat posisinya pada segmen pasar kabin ganda. “Triton menempati pangsa pasar sebesar 64 persen di kelas double cabin di Indonesia,” ujarnya dalam peluncuran Mitsubishi Triton terbaru di Jakarta.

Sebagai kendaraan yang diandalkan pada medan off road, Triton mendapatkan penguatan sasis dengan teknologi Rise Body. Teknologi ini mampu menyerap benturan sehingga keselamatan penumpang semakin tinggi.

Untuk kemampun di jalan non aspal, New Triton juga mendapatkan perubahan pada sistem 4WD, yaitu tambahan dua fitur baru, off road mode dan Hill Decent Control (HDC). Off road mode berguna untuk memaksimalkan traksi dan parameter kontrol stabilitas sesuai kondisi medan, dan HDC berguna menjaga kecepatan pada jalan menurun.

Mobil yang telah terjual sebanyak 4,9 juta unit di seluruh dunia ini seperti biasa ditawarkan dalam dua pilihan penggeran yaitu 2WD dan juga 4WD. Pada varian 4WD penggantian pilihan sistem gerak kini dilakukan oleh tombol putar, sementara pada varian terendah tetap menggunakan tuas.

“Pilihan ini juga bisa dijumpai di Pajero Sport 4WD. Kami sudah melakukan pengujian tambahan, 100 ribu km pada sistem transfer 4WD ini,” ujar Namiki.

Fitur Ultrasonic Missacceleration Mitigation System (UMS) berguna mencegah kendaraan bergerak dari posisi parkir ketika sensor ultrasonic mendeteksi halangan baik dari arah depan maupun belakang.

Sedangkan Automatic High Beam (AHB), akan secara otomatis akan mengalihkan lampu utama tinggi dan rendah dengan sensor visual depan dan sensor parkir memonitor sekeliling kendaraan ketika parkir dengan ultrasonic.

Fitur Multi-around View monitor, berguna untuk membantu parkir pada area sempit secara aman. Blind Spot Warning (BSW) dan Lane Change Assist (LCA) berfungsi memperingatkan pengendara terhadap kendaraan yang berada di blind spot dengan teknologi ultrasonic dan radar. Rear Cross Traffic Alert (RCTA) akan berguna untuk memonitor laju di belakang kendaraan dengan menggunakan radar.

Sumber tanaga Triton disokong oleh mesin diesel 4N15 2.400 cc bertenaga 181 PS atau 178,5 tenaga kuda. Mesin ing menggantikan mesin kama yaitu 4D56 2.500 cc. Tenaga dikirim ke tiga pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan, manual 6-percepatan, dan otomatis 6-percepatan.

Meski umumnya ditawarkan dalam bentu kabin ganda namun Triton memiliki varian kabin tunggal dengan 2WD roda belakang dan semua roda 4WD. Varian yang beragam dan keunggulan yang dimiliki membuat Triton terjual sebanyak 4,9 juta unit di dunia dan 80.000 unit selama 17 tahun kiprahnya di Indonesia.

Mitsubishi menawarkan New Triton dalam 6 varian, mulai dari Ultimate AT Double cab 4WD dengan harga 480,500 juta rupiah, Exceed MT Double cab 4WD dibanderol 453 juta rupiah, GLS MT Double cab 4WD pada harga 419 juta rupiah, HDX MT Double cab 4WD, ditawarkan pada harga 395,500 juta rupiah, HDX MT Single cab 4WD sebesar 338 juta rupiah, dan GLX HR MT Single cab 2WD dengan banderol 250,500 juta rupiah. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment