Jual Wedang Ronde | Koran Jakarta
Koran Jakarta | September 19 2020
No Comments
Usaha Minuman Herbal

Jual Wedang Ronde

Jual Wedang Ronde

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Tidak memulu harus berbentuk jamu atau minuman herbal dengan satu jenis bahan obat-obatan. Minuman herbal juga bisa dibuat dengan cara yang nikmat seperti wedang ronde.

Wedang ronde menjadi salah satu minuman nikmat yang disajikan selagi hangat. Minuman khas Jawa ini memang sangat popular dan digemari oleh sebagian masyarakat kita. Wedang ronde sendiri merupakan minuman dengan bahan baku menggunakan tepung. Sementara kuahnya digunakan air jahe. Sehingga ketika habis minum wedang ronde, tubuh akan terasa hangat. Sajian wedang ronde sangat pas bagi kesehatan dan cocok dinikmati kapanpun.

Usaha wedang ronde menjadi salah satu bisnis minuman yang bisa diawali dengan skala kecil, atau dengan modal yang kecil. Dalam menjalankan bisnis wedang ronde, butuh sentuhan kreatifitas, agar bisnis dapat berjalan lancar. Seperti membuat minuman wedang ronde dengan kreasi yang berbeda, tentu bisa membuka peluang pasar. Sehingga laba atau keuntungan bisnis wedang ronde yang didapatkan akan semakian besar.

Usaha wedang ronde ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang yang ingin menginginkan bisnis minuman dari bahan ronde tersebut. Untuk membuat wedang ronde yang nikmat membutuhkan bahan baku yakni tepung ketan putih, pewarna makanan, garam, kacang tanah, gula pasir, jahe, daun pandan, batang serai, kolang-kaling, roti tawar, sagu mutiara merah, lengkeng dan lainnya.

Peralatan

Beberapa peralatan penting diantaranya gerobak jualan, panci besar, meja, kursi, kompor gas LPG, pisau, toples, serbet, nampan, talenan, tempat sampah, gelas , sendok, spanduk, pengaduk minuman serta peralatan lainnya.

 

Pilihan lokasi yang tepat, strategis dan ramai. Bisnis wedang ronde dapat membuka gerai, stand juga kios di pusat perbelanjaan, tengah kota, dekat sekolah, pasar, dekat rumah sakit, pinggiran jalan raya, taman kota, sekitar kampus dan lainnya.

 

Patokan harga untuk wedang ronde dapat dibuat dalam hitungan per gelas, harga bisa mulai Rp 4.000 hingga Rp 7.000.

Pemasaran bisnis wedang ronde bisa dilakukan secara langsung atau melalui media sosial baik faceboook, path, whats upp, we chat,bbm, instagram  juga situs jual beli online dan lainnya.

Analisa usaha

Diumpamakan Total Biaya Operasional yang terdiri dari Biaya tetap + biaya variable mencapai 10.000.000. Sementara pendapatan perbulan 100 gelas per hari x Rp 4000 = Rp 400.000 x 30 hari = Rp 12.000.000. Keuntungan per bulan Rp 12.000.000 – Rp 10.000.000 = Rp 2.000.000.

Sementara modal yang dikeluarkan untuk keseluruhan sekitar Rp 3.500.000, dengan keuntungan Rp2.000.000 per bulan maka bisa balik modal dalam waktu dua bulan. ars

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment