Koran Jakarta | July 22 2019
No Comments
Hitung Suara di Russia

Jokowi Unggul, Tsamara Raih Suara Terbanyak

Jokowi Unggul, Tsamara Raih Suara Terbanyak

Foto : ISTIMEWA
PERLIHATKAN SURAT SUARA | Petugas PPLN Moskwa memperlihatkan surat suara kepada Dubes RI untuk Russia, M. Wahid Supriyadi saat proses penghitungan suara Pemilu di KBRI Moskwa, Rabu (17/4).
A   A   A   Pengaturan Font

MOSKWA – Tepuk tangan warga Indonesia yang hadir menyaksikan penghitungan perolehan surat suara Pemilu 2019 menggema menutup rampungnya proses penghitungan surat suara melalui TPSLN dan Pos di KBRI Moskwa. Sesaat kemudian, para hadirin pun saling menyalami dan memberikan ucapan selamat dengan penuh suka cita telah dilaksanakannya Pemilu 2019 di Moskow dengan lancar.

Kegiatan penghitungan surat suara yang berlangsung 17 April 2019 pukul 09.00-18.30 disaksikan langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi, segenap staf KBRI Moskwa dan sebagian warga masyarakat Indonesia yang berdomisili di Moskwa dan sekitarnya. Proses ini juga disiarkan secara langsung melalui situs internet “Youtube”, sehingga para warga Indonesia di Rusia yang tidak dapat hadir secara langsung maupun warga masyarakat lainnya di segenap penjuru dunia yang ingin mengetahui penghitungan suara.

Dubes Wahid menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya atas kerja keras PPLN dan KPPSLN Moskwa dalam mempersiapkan dan menyelenggarakan kegiatan Pemilu 2019.

Pasangan Capres nomor urut 1, Ir. Joko Widodo-Prof. Dr. (H.C.) KH. Ma’ruf Amin unggul dengan 404 suara (71,4 persen) yang terdiri dari 272 suara dari TPSLN dan 132 suara melalui pos. Sementara pasangan nomor urut 2, H.Prabowo Subianto- H.Sandiaga Salahuddin Uno memperoleh 149 suara (26,3 persen) yang terdiri dari 91 suara TPSLN dan 58 suara melalui pos. Terdapat 13 surat suara tidak sah (2,3 persen) yang terdiri dari 7 surat suara TPSLN dan 6 surat suara dari pos.

Jumlah keseluruhan surat suara yang diterima PPLN Moskwa adalah 566 yang terdiri dari 370 surat suara TPSLN dan 196 surat suara pos. Tingkat partisipasi warga Indonesia di Rusia pada Pemilu kali ini cukup tinggi yaitu 63,5 persen yang hadir di TPSLN dan melalui pos 38,2 persen.

Yang menarik adalah munculnya calon anggota legislatif (caleg) dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Tsamara Amany yang mendapat suara terbanyak dan unggul dari seluruh caleg Pemilu kali ini. Tsamara berhasil meraih 58 suara. Sementara itu, DR. H.M.Hidayat Nur Wahid, MA dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memperoleh 39 suara dan Ir. Eriko Sotarduga B.P.S dari PDI Perjuangan (PDIP) mendapatkan 25 suara. Sebagian caleg lainnya ada yang memperoleh suara yang sangat jauh di bawah ketiga caleg tersebut dan ada pula yang tidak mendapatkan suara sama sekali. sur/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment