Koran Jakarta | September 21 2018
No Comments
Forum Ekonomi

Jokowi Sebut Dunia Menuju Perang Tak Terbatas

Jokowi Sebut Dunia Menuju Perang Tak Terbatas

Foto : AFP/Bullit Marquez
BERI KETERANGAN - Presiden RI Joko Widodo saat memberikan keterangan bersama Presiden Vietnam Tran Dai Quang di Hanoi, Vietnam, Selasa (11/9).
A   A   A   Pengaturan Font

HANOI – Presiden Joko Widodo menyebut kondisi perekonomian dunia saat ini menuju perang tak terbatas seperti dalam film Avengers: Infinity War

“Di dalam film tersebut ada sosok bernama Thanos yang mengancam akan memusnahkan setengah populasi karena ia percaya sumber daya planet bumi terbatas. Namun, saya dan sesama rekan Avengers lainnya siap mencegah hal itu terjadi,” ujar Jokowi pada Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum on ASEAN di Hanoi, Rabu (12/9).

Menurut Presiden, sosok Thanos bukanlah seorang individu, namun sebuah kepercayaan yang salah bahwa untuk mencapai keberhasilan yang lain harus mengalah. “Perang yang tak terbatas bukan hanya tentang perang dagang, namun tentang kita semua agar kembali belajar pada sejarah, bahwa dengan kreativitas, energi, kolaborasi, dan kemitraan, kita sebagai manusia dapat menikmati kelimpahan, dan kita bisa menghasilkan bukan perang yang tak terbatas, melainkan sumber yang tak terbatas,” kata Presiden Jokowi.

Jokowi menjelaskan, pada kenyataannya, sumber daya untuk umat manusia tidak terbatas. Perkembangan teknologi, misalnya, telah menghasilkan peningkatan efisiensi, memberi kemampuan untuk memperbanyak sumber daya lebih banyak dari sebelumnya.

Di depan sejumlah pimpinan negara yang hadir, Presiden memberikan contoh pembangkit listrik berbahan bakar batu bara yang besar dan berat sudah mulai diganti oleh panel surya yang tipis dan ringan. Jokowi juga memaparkan Asian Games dan Asian Para Games di Jakarta dan Palembang merupakan pertunjukan spektakuler dari bakat manusia di Asia.

“Lebih dari 14 ribu atlet dan 7 ribu ofisial dari 45 negara bertanding di 40 cabang olahraga,” katanya. Kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi ke Vietnam menghasilkan peningkatkan kerja sama pengembangan ekonomi kreatif dan digital. Jokowi dan Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc, juga membahas sejumlah hal, termasuk tantangan revolusi industri 4.0. 

 

Ant/fdl/AR-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment