Koran Jakarta | April 26 2019
No Comments
Haul Abdurrahman Wahid

Jokowi Kenang Gus Dur sebagai Sosok Antidiskriminasi

Jokowi Kenang Gus Dur sebagai Sosok Antidiskriminasi

Foto : ANTARA/Sigid Kurniawan
PERSIAPAN PEMILU - Presiden Joko Widodo didampingi Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar usai Konsolidasi Caleg PKB di Balai Sarbini, Jakarta, Senin (17/12). Kegiatan tersebut untuk mempersiapkan para caleg menghadapi Pemilu 2019 sekaligus peringatan haul kesembilan mantan Presiden Gus Dur.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Presiden Joko Widodo mengenang KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur sebagai sosok yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan hingga berdemokrasi. Menurutnya, keberadaannya sangat penting, apalagi menjelang Pemilu.

“Nilai-nilai dalam keagamaan, ketauhidan juga. Jadi, banyak sekali, beliau juga ini antidiskriminasi,” kata Presiden saat memberikan sambutan pada haul ke-9 Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid, serta Konsolidasi Caleg PKB 2019 di Balai Sarbini, Jakarta, Senin (17/12).

Karena itu, Presiden ingin dalam tahun politik ini, semua pihak selalu mengedepankan tata krama dalam berdemokrasi. “Jangan sampai budaya bangsa yang santun hilang karena perbedaan pilihan, gara-gara keinginan untuk menang, nabrak sana nabrak sini. Saya kira bukan itu Indonesia,” ucap Presiden.

Terkait konsolidasi internal, Jokowi minta kader PKB terus bekerja baik dalam rangka untuk caleg, maupun dalam rangka pemenangan pemilu. “Tadi, saya sampaikan PKB ini memang militansinya tinggi di survei terakhir yang kita peroleh itu 91 persen tinggi sekali dukungan kader dan simpatisan PKB memilih Jokowi Ma’ruf Amin,” tutup Jokowi.

Sebelumnya, Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, meminta semua calon legislatif PKB agar selalu meneladani perjuangan Gus Dur yang konsisten memperjuangkan nilainilai kemanusiaan dan keberagaman Indonesia. “Dengan haul Abdurahman Wahid kita harapkan seluruh sendi-sendi nilai juang Gus Dur tertanam sampai hari kiamat nanti,” ujar Muhaimin.

Muhaimin menjelaskan, semasa hidupnya, Gus Dur juga selalu konsisten untuk memperjuangkan kelompok minoritas dan mereka yang terpinggirkan. Sebab itu, ia berpesan kepada seluruh caleg untuk memegang nilai-nilai yang diwarisi Gus Dur, seperti ketauhidan, keadilan, kemanusian, hingga kesetaraan demokrasi.

Dalam kesempatan itu, Cak Imin, meminta kepada para caleg untuk berjuang dengan sungguh-sungguh memenangkan pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019. 

 

fdl/AR-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment