Jokowi Ikut Tradisi Brobosan Sebelum Pemakaman | Koran Jakarta
Koran Jakarta | April 7 2020
No Comments
Pemakaman Sudjiatmi Notomihardjo

Jokowi Ikut Tradisi Brobosan Sebelum Pemakaman

Jokowi Ikut Tradisi Brobosan Sebelum Pemakaman

Foto : AGUS SUPARTO/PRESIDENTIAL PALACE/AFP
MENUJU PEMAKAMAN I Presiden Joko Widodo mendampingi jenazah ibundanya, Sudjiatmi Notomihardjo di Solo, Jawa Tengah, Kamis (26/3), menuju pemakaman.
A   A   A   Pengaturan Font

SOLO – Presiden Joko Widodo ikut menguburkan jena­zah ibundanya, Sudjiatmi Notomihardjo, di kompleks pe­makaman keluarga di Mundu Selokaton, Gondangrejo, Ka­bupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (26/3).

Dalam foto kiriman Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir, kepada para menteri dan wartawan, Presiden yang mengenakan kemeja putih, celana hitam, kopiah, dan masker tampak berada di liang lahat saat proses pemakam­an Sudjiatmi Notomihardjo. Foto lainnya menunjukkan Presiden memasukkan tanah ke liang lahat menggunakan cangkul. Tanah mengotori kemeja putihnya.

Sebelum mengantarkan jenazah ibundanya ke tempat peristirahatan terakhir, Presiden dan keluarga melakukan tradisi brobosan. Dalam tradisi itu, Presiden sebagai anak laki-laki tertua bersama anak perempuan, cucu laki-laki dan cucu perempuan, tiga kali berjalan berurutan di bawah peti mati yang angkat oleh petugas. Sebelum dimakamkan, jenazah Ibunda Presiden Jokowi disalatkan di Masjid Bait­urrahman, sekitar 100 meter dari rumah duka di Sumber, Banjarsari, Solo.

Wanita yang akrab disapa Eyang Noto ini meninggal ka­rena penyakit kanker yang diderita selama empat tahun terakhir. Beliau meninggal pada usia 77 tahun di Rumah Sakit Slamet Riyadi Solo pada Rabu (24/3) pukul 16.45 WIB.

Sudjiatmi Notomihardjo dimakamkan di kompleks pe­makaman keluarga. Selain ayah Presiden Jokowi, Widjiatno Notomihardjo, jenazah kedua orang tua Sudjiatmi serta be­berapa kerabat lain, termasuk adik ipar Jokowi, dimakam­kan di pemakaman tersebut.

Di antara pejabat yang melayat ke rumah duka keluarga Jokowi, ada Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Se­kretaris Negara Praktikno, Menteri Koordinator bidang Kema­ritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Usai pemakaman, Presiden Jokowi kembali ke Istana Bogor untuk mengikuti forum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa G20 secara virtual.

Diserbu Pelayat

Sementara itu, usai Presiden meninggalkan kompleks pemakaman keluarga di Mundu, Kabupaten Karanganyar, Jateng, puluhan pelayat langsung menyerbu pusara Ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomihardjo.

Tampak, sekitar 300 pelayat yang hadir berkesempatan un­tuk memberikan penghormatan terakhir kepada almarhumah Sudjiatmi setelah keluarga pulang. Pelayat berkesempatan untuk mendekat ke pusara untuk memanjatkan doa.

Menurut pengurus makam keluarga Presiden Jokowi, Sutarman, makam keluarga di Mundu merupakan peristi­rahatan terakhir untuk keluarga dari Sudjiatmi. n Ant/AR-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment