Koran Jakarta | October 20 2018
No Comments
Pilpres 2019

Jokowi Fokus Garap Pemilih Milenial

Jokowi Fokus Garap Pemilih Milenial

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Dipilihnya pengusaha sukses yang juga mantan ketua panitia Asian Games, Erick Thohir sebagai ketua tim sukses, menunjukan Jokowi sebagai petahana sangat menganggap penting keberadaan pemilih milenial. Erick Thohir, dianggap orang yang tepat untuk bisa menggaet pemilih milenial yang jumlahnya signifikan tersebut.

Analisis itu disampaikan pengamat politik dari Universitas Al Azhar Jakarta yang juga Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komaruddin di Jakarta, Minggu (9/9). Menurut Ujang, dari awal sebelum ditunjuknya Erick Thohir sebagai komandan tim sukses, ia sudah perkirakan Jokowi memang sedang mencari ketua tim sukses dari kalangan non partai.

Dan benar saja sosok Erick Thohir akhirnya yang dipilih Jokowi sebagai ketua tim suksesnya.” Memilih Erick Thohir tidaklah salah,” kata Ujang. Meski bos Mahaka Grup itu, kata Ujang, bukanlah orang politik, namun Erick Thohir merupakan sosok pengusaha muda yang sukses. Dipilihnya Erick Thohir salah satu pertimbangannya adalah untuk menggaet para pemilih milenial.

Erick dianggap sukses menggarap Asian Games dimana hajatan olahraga itu juga memikat antusiasme anak muda. Salah satu daya tarik Erick Thohir yang membuat Jokowi yakin memilihnya, adalah kesuksesan ketika menggelar Asian Games. “Jokowi tentu ingin menggaet suara millenial, karena ErickThohir bisa menjadi panutan kesuksesan bagi anak-anak muda Indonesia,” katanya. Nilai lebih lainnya dari Erick Thohir, kata dia, statusnya sebagai Pengusaha besar.

Tentu Jokowi lebih mudah menghimpun logistik dari para pengusaha untuk persiapan biaya politik. Saat ditanya, kelebihan Erick Thohir dibanding Djoko Santoso yang santer bakal jadi ketua tim sukses kubu Prabowo, Ujang menjawab, Erick Thohir dan Djoko Santoso memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

“Namun jika head to head diantara keduanya bisa seimbang. Djoko Santoso sukses di karir ketentaraannya. Sedangkan Erick Thohir sukses di dunia bisnis. Dan pengusaha terkadang menjadi salah satu faktor kemenangan para capres dan cwapres karena mampu mengumpulkan pendanaan politik untuk pemenangan,” tuturnya.

Sekarang kata Ujang, tugas pertama yang penting segara dilakukan Erick Thohir sebagai ketua tim sukses Jokowi-Ma’ruf Amin adalah secepatnya mengkoordinasikan tim pemenangan. Baik dari koalisi partai maupun dari kalangan relawan. “ Saya pikir Jokowi menganggap Erick Thohir telah sukses menyelenggarakan event Asian Games secara sukses.

Dengan pengalaman tersebut, bisa saja menjadi pengalaman yang berharga bagi pemenangan nanti,” katanya. Seperti diketahui, pada Jumat petang pekan kemarin, Jokowi mengumumkan secara resmi siapa komandan perang tim suksesnya. Nama Erick Thohir diumumkan Jokowi sebagai ketua tim sukses di Posko Cemara yang selama ini jadi markas pemenangan. “Ketua Tim Kampanye Nasional adalah Bapak Erick Thohir,” kata Jokowi yang didampingi Jusuf Kalla dan KH Ma’ruf Amin di Posko Cemara, di Jakarta, Jumat pekan kemarin. ags/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment