Koran Jakarta | April 22 2018
No Comments
Penanganan Terorisme

Jokowi Apresiasi Peran Aktif Australia dan ASEAN

Jokowi Apresiasi Peran Aktif Australia dan ASEAN

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

SYDNEY - Presiden Joko Widodo mengapresiasi keterlibatan aktif Australia dan ASEAN dalam memerangi ancaman terorisme. Kerja sama penanganan terorisme itu penting dilakukan mengingat ancamannya yang dapat terjadi di negara mana pun.


“Saya ingin menyampaikan apresiasi kepada Australia atas upaya memajukan kerja sama counter-terrorism dengan ASEAN,” kata Presiden ketika menyampaikan pidato dalam Sidang Pleno KTT Istimewa ASEAN-Australia di International Convention Centre, Sydney, Minggu (18/3).


Kepala Negara menjelaskan kerja sama di bidang counter-terrorism menjadi perhatian semua negara. “Hal ini sangat dapat dipahami mengingat sampai saat ini ancaman terorisme tidak berkurang, termasuk di kawasan kita,” kata Presiden.


Jokowi menyebutkan kerja sama sub-regional pasca-Marawi yang digagas oleh Indonesia dan Australia bersama dengan Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, dan Selandia Baru merupakan salah satu contoh kerja sama yang cepat dan efektif. Menurut dia, dengan kerja sama tersebut, hasil penanganan terorisme pun dapat langsung dirasakan.


Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi juga menyambut baik penandatanganan nota kesepahaman (MoU) ASEAN-Australia, MoU on Cooperation to Counter International Terrorism, yang dinilai akan menjadi penguat upaya memerangi ancaman terorisme. “Dari observasi saya, MoU ini menekankan keseimbangan antara pendekatan keras dan lunak,” ujar dia.


Menurut Presiden, untuk mengatasi ancaman terorisme dan radikalisme tak cukup hanya menggunakan pendekatan keras, namun juga perlu diimbangi dengan pendekatan lunak.


Kendati demikian, Indonesia menilai kapasitas preventif merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam upaya pendekatan keras.


Sementara itu, Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, Jumat (15/3), mengatakan Indonesia telah melobi negara-negara di Asia Tenggara untuk melakukan patroli bersama di Laut Tiongkok Selatan untuk meningkatkan keamanan di wilayah sengketa. fdl/SB/ils/WP

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment