Joko Anwar Ajak Pengguna Smartphone Samsung Galaxy Membuat Video Dengan Teknik Visual Story telling | Koran Jakarta
Koran Jakarta | April 7 2020
No Comments

Joko Anwar Ajak Pengguna Smartphone Samsung Galaxy Membuat Video Dengan Teknik Visual Story telling

Joko Anwar Ajak Pengguna Smartphone Samsung Galaxy Membuat Video Dengan Teknik Visual Story telling
A   A   A   Pengaturan Font

Kelas Offline Galaxy Movie Studio menjadi platform berbagi ilmu membuat video story dengan memaksimalkan fitur unggulan dari Galaxy S20

Jakarta, 6 Maret 2020 – Galaxy Movie Studio persembahan dari Samsung Electronics Indonesia kembali hadir dan menyapa konsumen Indonesia yang memiliki passion dalam menciptakan kreasi konten film pendek melalui Offline Class yang dibawakanlangsung oleh Joko Anwar, sutradara dan penulis film Indonesia yang karyanya diakui di dalam negeri dan internasional. Bersamaandenganconsumer launch Galaxy S20, Offline Class kedua Galaxy Movie Studio diadakan di Central Park Mall, Jakarta dengan topic bahasan Visual Storytelling dimana Joko Anwar akan berbagi tips dan trik, serta informasi teknis pengambilan gambar yang menarik dan bercerita dengan memaksimalkan smartphone Samsung Galaxy.

Galaxy Movie Studio adalah sebuah plat form persembahan Samsung Electronics Indonesia dalam mendukung dan meningkatkan kemampuan pengguna dari membuat konten video biasa menjadi konten video seperti film dibantu oleh smartphone Samsung Galaxy. Serangkaian kegiatan telah dilakukan seperti Online Class yang bisa diakses melalui kanal YouTube Samsung Indonesia, hingga Offline Class pertama dengan topic pre-production, production, dan post production yang dibawakan Yandy Laurens dan Sammaria Sari Simanjuntak.

Minat menonton film orang Indonesia masih sangat tinggi. Berdasarkan survei, 59.1% minat menonton didominasi oleh generasi muda, yang kebanyakan merupakan pelajar dan mahasiswa Tingginya minat menonton film, mendorong keinginan generasi muda untuk belajar lebih dalam mengenai pembuatan konten layaknya film dengan memanfaatkan peralatan yang ada, salah satunya menggunakan smartphone.

“Saya senang sekaligus bangga bisa menjadi salah satu bagian dari Galaxy Movie Studio. Melihat tingginya minat masyarakat Indonesia dalam menikmati film serta keinginan untuk membuat konten video story, Galaxy Movie Studio dapat membantu mereka untuk memaksimalkan smartphone Galaxy untuk membuat film pertama mereka, salah satunya dengan menggunakan Galaxy S20 dengan fitur-fiturnya yang terdiri Single Shot, Ultrawide, Perekaman 8K Video, Live Focus dan Super Steady 2.0 untuk memaksimalkan pengambilan footage-footage yang apik Melalui offline class ini pula, kami dapat memiliki kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan para movie antusias serta berbagi tips dan trik untuk membuat film berkualitas,” ujar Joko Anwar.

Untuk memulai konten video layaknya sebuah film, penting untuk memperhatikan hal-hal mendasar yang patut dikuasai oleh mereka yang ingin memulai membuat film pertamanya. “Langkah awal seseorang ketika ingin membuat sebuah konten video berkualitas layaknya sebuah film ialah menguasai Director Treatment yang merupakan pedoman bagi sutradara dalam mendeskripsikan sebuah film yang terdiri dari camera movement, type of shot, angle camera serta story telling atau penyampaian cerita agar dapat mengkomunikasikan scenario dalam bentuk visual kepada semua kru yang terlibat. Ini bisa diwujudkan melalui teknik visual story telling yang berfokus pada berbagai macam tipe pengambilan gambar, pembelahan shoot yang baik serta pemilihan warna yang merupakan faktor-faktor dasar dalam pembuatan sebuah film. Semua itu dapat diwujudkan dengan berbekal smartphone, asalkan kita pintar memaksimalkan beragam fitur-fitur dalam smartphone kita salah satunya seperti melalui Galaxy S20.” Lanjut Joko Anwar.

Berikut adalah beberapa tips and trik teknik Visual Storytelling untuk mempertajam visual film mu:

  • Pahami skenariomu dan kuasai director treatment agar dapat mengkomunikasikan scenario dalam bentuk visual yang konkret kepada semua kru yang terlibat.
  • Jangan takut untuk bereksplorasi dan mencoba beragam angle camera dan camera movement untuk menemukan style atau gaya filmmu. Kamu bisa memaksimalkan pengunaan fitur Live Focus, Ultrawide, Super Steady 2.0 dan berkreasi untuk menuntukan gaya film mu.
  • Pahami kapan harus menggunakan blast shot (pembelahan shoot) agar memudahkanmu untuk membelah setiap adegan yang ada dan menyusunnya menjadi satu kesatuan yang utuh. Kamu dapat mengunduh aplikasi Adobe Rush di PlayStore untuk memudahkan proses editing dari smartphone
  • Gunakan fitur-fitur pada smartphone untuk menciptakan efek dramatis untuk memperkaya Be creative!
  • Dalam proses editing dan menentukan feel, tone, pemilihan warna dan elemen-elemen lainnya, jangan cepat puas dan berani mengeksplorasi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

 

 

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment