Koran Jakarta | October 21 2019
No Comments
Teknologi Percetakan

Jejak Digital Printing di Era Digital Teknologi

Jejak Digital Printing di Era Digital Teknologi

Foto : FOTO-FOTO: ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

Era pencetakan digital memberikan kemudahan luar biasa. Hari ini, orang bisa dengan mudah mencetak foto selfi, dokumen atau email hanya dengan satu tombol melalui pencetakan digital.

Berbicara persoalan terkait teknologi digital berarti berbicara dengan banyak dimensi. Misalnya digital printing. “Digital printing adalah proses pengiriman dokumen ke komputer pribadi atau peralatan digital lainnya ke perangkat cetak yang dapat menerima output teks dan grafik,” ungkap Lucky Mangkey, pengamat teknologi informasi.

Mengamati perkembangan cetak digital, lanjutnya, tentu sangat menarik, terlebih jika kita melihat perkembangan digital printing yang semakin pesat dan diprediksi akan mencapai puncaknya di era teknologi ini.

“Kenapa digital printing semakin diminati? Karena di era digital ini semakin berkurangnya permintaan cetak dalam jumlah banyak dan tingkat permintaan masyarakat yang berubah dari awalnya suka stok cetakan untuk mendapatkan harga murah, sekarang berubah menjadi mencetak sesuai kebutuhan,” ujarnya.

Digital Printing sendiri ada beberapa kategori, berikut beberapa diantaranya.

1. Digital Printing (Digital Press/ Docu Printing/Digital Offset)

Digital Printing jenis ini bisa ditandai dengan rata-rata menggunakan media kertas di mana produknya berupa brosur, buku, katalog, poster, kartu nama dan cetak lembaran kertas terdiri dari berbagai ukuran seperti A5, A4, atau A3.

2. Digital Printing Indoor/Outdoor

Digital Printing ini meliputi Banner, spanduk, backdrop dan lain-lain saat ini banyak digunakan sebagai media promosi mandiri yang dicetak dalam media plastik, nylon, vinyl dan lain-lain. Banner sifatnya fleksibel, bisa dipajang di berbagai lokasi, baik outdoor maupun indoor, sehingga mampu menyampaikan informasi tentang produk atau kegiatan yang ditawarkan kepada pelanggan secara lebih luas.

3. Digital Printing T-shirt, Mugs dan ID Card

Salah satu produk yang bisa dikerjakan dengan mesin Digital Printing adalah jenis cetak sablon (cetak saring) yang medianya sangat beragam, seperti t-shirt, mugs, dan ID Card. Dalam proses pembuatan produk digital printing jenis ini, pelanggan bisa membuat desain sendiri dengan format file digital. Harga pun bisa lebih murah karena dapat memesan produk dengan jumlah sesuai kebutuhan, sehingga tidak memerlukan banyak bahan. hay/R-1

Diaplikasikan dari Ponsel

Pada kesempatan berbeda, Astragraphia meluncurkan mesin cetak multifungsi terbaru Fuji Xerox ApeosPort/DocuCentre–VII Series, untuk menjawab kebutuhan perusahaan besar. Mesin ini selain berfungsi untuk mencetak dokumen, juga berfungsi sebagai scanner, dan juga mampu menyimpan dokumen ke cloud.

Perangkat ini memiliki banyak keunggulan diantaranya pada kemampuan dikontrol dari jarak jauh dengan ponsel dan miliki fitur konektivitas near field communication (NFC). Mesin cetak multifungsi ini merupakan penyempurnaan dari seri sebelumnya yaitu ApeosPort/Docucentre–VI Series.

“Beberapa penyempurnaan misalnya terdapat pada fitur NFC dan sistem pengamanan yang lebih mutakhir,” kata Rudy Sunarto, Head of Product Marketing PT Astra Graphia Tbk di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Melalui aplikasi Portable UI for Business yang dapat diunduh dari App Store dan Play Store, ApeosPort/DocuCentre–VII Series, pencetakan dokumen dari ponsel bisa dilakukan dari jarak jauh melalui koneksi jaringan Wi-Fi.

“Dari handphone pengguna bisa menyetel, jenis kertas, ukuran cetak, cetak bolak-balik atau tidak, dan berapa kali cetak dalam satu lembar,” ujar King Iriawan, Chief Business Planning & Marketing PT Astra Graphia.

Saat berada di dekat cetak dokumen dari ponsel dapat dilakukan dengan koneksi NFC. Cukup menempelkan smartphone dengan fitur NFC pengguna bisa melakukan perintah dari aplikasi Portable UI for Business, ke mesin, secara cepat dan mudah.

Fitur workflow berupa One touch scan and share memberikan kemudahan bagi pengguna dalam melakukan scan file digital lalu membaginya (share) ke lebih dari satu orang dalam satu waktu pada satu jaringan tertentu.

Untuk penggunaan langsung operator bisa melakukan perintah dari layar sentuhnya. Semetara fitur Geentel Attention Light akan memberikan informasi sibuk saat mesin sedang dipakai oleh karyawan lain dalam satu kantor, sehingga karyawan mengetahui kondisi ini.

“Melalui fitur Cloud, file yang di-scan dapat ter-upload ke data cloud. Dengan fitur Scurity deluruh data terenskripsi dan tersimpan dengan baik dengan fitur password dan teknologi Trusted Platform Module (TPM). Dengan begitu pengguna dengan mudah menyimpan file data yang telah disimpan secara mudah dan aman,” jelas Iriawan.

Ditawarkan dalam 12 varian, Fuji Xerox ApeosPort/DocuCentre–VII Series, dibanderol mulai harga 100 juta-300 juta rupiah tergantung spesifkasi. Harga ini memang tergolong tinggi, lantaran mesiin ini menyasar perusahaan besar di sektor manufaktur, pertambangan, dan keuangan.

Direktur PT Astra Graphia Tbk Mangara Pangaribuan, pelanggan terbesar dari mesin cetak multi fungsi ini paling tinggi ada pada keuangan, disusul manufaktur dan terakhir sektor energi. “Mereka membutukan alat yang cepat, handal dengan fungsi yang beragam namun tetap fleksibel,” ujar dia.

Dari spesifikasi terendah bisa melakukan pemindaian (scan) 154 kali per menit, sedangkan seri tertinggi bisa mencapai hingga 270 kali per menit. Resolusi cetaknya mencapai 1200X2400 dpi, sangggup mencetak pada kertas dengan bobot antara 52-300 gram.

Menurut laporan IDC awal 2019, platform teknologi ketiga seperti Cloud, Big Data and Analytic, Social and Mobility; dan Innovation Accelerators seperti Artificial Intelligence (AI), Security and Internet of Things (IoT) menjadi pemacu utama yang mendorong berbagai inovasi transformasi digital untuk perusahaan di Indonesia.

“Agar dapat memimpin dalam ekonomi DX yang kompetitif, perusahaan harus gesit, mudah beradaptasi, dan memahami tren pasar dan pelanggan, model bisnis, dan teknologi yang muncul di pasar. Teknologi baru seperti ini harus diadopsi karena akan memberikan manfaat bisnis lebih jelas,” pungkas Mangara. hay/R-1

Sejumlah Kelebihan

Jika dibanding dengan pendahulunya (cetak offset), digital printing memiliki beberapa kelebihan. Berikut beberapa diantaranya.

Jika Anda mencetak dalam jumlah sedikit ratusan lembar ataupun hanya 1 lembar, mesin digital printing menjadi satu-satunya pilihan utama.

Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk dapat menikmati hasil cetak dari mesin cetak digital. Bahkan terkadang bisa di tunggu.

Untuk cetak satuan atau banyak perbedaan harga tidak terlalu mencolok, tergantung dari kondisi dan perhitungan masing-masing perusahan percetakan.

Digital Printing juga pilihan paling efisien mencetak dengan custom, misalnya cetak banyak namun ingin memberikan perbedaan pada salah satu halaman khusus.

Mesin cetak digital adalah teknologi yang ramah lingkungan. hay/R-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment