Koran Jakarta | April 22 2019
No Comments
VARIA

Jateng Targetkan Pengurangan Kemiskinan 1 Persen Per Tahun

Jateng Targetkan Pengurangan Kemiskinan 1 Persen Per Tahun

Foto : ISTIMEWA
Prasetyo Aribowo
A   A   A   Pengaturan Font

SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menargetkan penurunan angka kemiskinan rata-rata sebe­sar satu persen per tahun dalam jangka waktu lima tahun ke depan. Target penurunan kemiskinan tersebut sudah masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah Jateng periode 2018-2023.

“Target angka kemiskinan Jateng pada 2023 sebesar 7,48 persen. Angka kemisinan Jateng pada 2018 tercatat menca­pai 11,19 persen dari total jumlah penduduk provinsi ini,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jateng, Prasetyo Aribowo, di Semarang, Minggu (24/3).

Dengan target sebesar itu, lanjut Prasetyo, rata-rata pe­nurunan jumlah penduduk miskin di Jateng mencapai se­kitar 330 ribu jiwa. Target penurunan kemiskinan ke angka rata-rata satu digit tersebut sebagai target prestisius. Target penurunan ini tentunya juga membutuhkan upaya yang keras pula.

Secara umum, menurut Prasetyo, terdapat 10 program unggulan yang ditargetkan oleh pemerintahan Ganjar Pra­nowo dan Taj Yasin dalam lima tahun pemerintahannya ke depan. Dari sepuluh program unggulan yang masuk da­lam RPJMD 2018-2023 itu upaya pengentasan kemiskinan menjadi salah satunya. SM/N-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment