Koran Jakarta | September 15 2019
No Comments

Jaringan 5G untuk “Personal Computer”

Jaringan 5G untuk “Personal Computer”

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Bagaimana teknologi komputasi 2019? Produsen prosesor telah mengumumkan portofolio terbaru SoC pada CES 2019, yang menawarkan kinerja lebih unggul.

Kinerja komputer keluaran 2019 akan tergantung dengan system on chip (SoC) yang dikembangkan dua vendor teknologi Intel dan juga AMD. Pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2019, yang berlangsung antara 8-11 Januari 2019 di Las Vegas, California AS, keduanya memamerkan portofolio terbaru prosesor dan kartu grafis, untuk meyokong kinerja personal computer atau PC dari produsen peralatan asli (OEM).

Pada CES Intel mengumumkan akan hadirnya PC yang mendukung kecerdasan buatan (AI), teknologi jaringan 5G dan mobil otonom (AD). Perusahaan yang berpusat di Santa Clara, California ini juga akan melakukan inovasi pada pusat data, cloud, jaringan, dan komputasi edge.

Untuk mendukung AI, mobil otonom, dan juga inovasi pusat data Intel akan menggunakan Intel Xeon Scalable, dengan memori canggih. Produk untuk desktop 9th Gen Intel Core bertektnologi 10nm akan diterapkan pada PC, server, dan akses nirkabel 5G. Bersama dengan Comcast, Intel akan menciptakan teknologi yang dapat bekerja di seluruh spektrum komputasi, dengan fokus pada rumah yang terhubung.

Dengan Mobileye dan Ordnance Survey Intel mengembangkan kota pintar dan jalan yang lebih aman. Bersama Alibaba, Intel akan menyediakan teknologi pemantauan daya atlet pada Olimpiade nanti. “Era komputasi berikutnya menuntut inovasi pada tingkat yang sama sekali berbeda yang mencakup seluruh ekosistem dan mencakup setiap segi komputasi, konektivitas, dan banyak lagi. Kami tidak akan menerima apa pun yang kurang, “ kata Wakil Presiden Senior Intel Gregory Bryant.

Untuk PC mobile baru Intel akan menawarkan “Ice Lake,” sebuah prosesor PC 10nm pertama dari Intel. Ice Lake menghadirkan integrasi ke tingkat baru dengan Sunny Cove microarchitecture baru, untuk teknologi AI dan mesin grafis. Mitra OEM dijadwalkan akan menerima ce Lake pada hari libur 2019.

Bagaimana dengan SoC pesaing setianya AMD? Tahun ini 2019 perusahaan berbasis di California ini akan menawarkan portofolio mobile lengkap dengan prosesor Ryzen, Athlon, dan A-Series baru untuk Notebook-Notebook Ultra-Tipis, Mainstream, dan Chromebook. Dengan kartu grafis Radeon Software Adrenalin, AMD akan memberikan pengalaman visual tanpa tandingan pada prosesor AMD Ryzen dimulai pada triwulan ini.

AMD Ryzen Mobile Generasi Kedua Seri 3000 akan mentenagai notebook ultra tipis dan gaming. AMD Athlon Mobile Seri 300 akan mentenagai notebook- notebook mainstream dengan “Zen” core yang cepat dan efisien, dan prosesor- prosesor AMD A-Series Generasi Ketujuh yang telah dioptimalkan untuk meningkatkan performa Chromebook mainstream.

Pada kuartal pertama 2019 AMD para gamer, kreator, dan antusias notebook akan dapat menginstal software RadeonSoftware Adrenalin untuk membawa fitur-fitur GPU terbaru dan optimalisasi game ke dalam seluruh sistem yang ditenagai oleh prosesorprosesor AMD Ryzen dengan grafis Radeon. “Pengguna lamptop mendambakan performa terbaik untuk pekerjaan seharihari dan pengalaman komputasi yang berat. Dengan portofolio prosesor mobile terbaru, AMD menawarkan performa idaman pada setiap tingkatan pasar,” kata Wakil Presiden Senior Saeid Moshkelani.

Dibangun dengan teknologi fabrikasi 12nm, prosesor baru AMD Ryzen Mobile Seri 3000 diklaim menawarkan performa terbaik di kelasnya. Chip ini mampu menghadirkan pengalaman hiburan yang brilian, dan fitur-fitur mutakhir, dengan performa di atas para kompetitornya. AMD Ryzen Mobile Seri 3000 memiliki itur menarik dan menghibur seperti Wake on Voice, Modern Standby, smooth PC gaming, dan kapabilitas streaming 4K HDR, dengan daya tahan baterai hingga 10 jam untuk menonton video1.

Sementara AMD RyzenTM 7 3700U memberikan kinerja editing lebih cepat hingga 29 persen dibandingkan pesaingnya Intel Core i7-8550U, dan AMD RyzenTM 5 3500U memberikan kinerja memuat situs web lebih cepat hingga 14 persen lebih cepat dibandingkan Intel Core i5-8250U Moshkelan mengatakan, para pengguna Acer, ASUS, Dell, HP, Huawei, Lenovo, dan Samsung, mulai dapat membeli notebook pertama yang ditenagai oleh Ryzen Mobile Generasi Kedua pada kuartal ini.

Prosesor lainnya direncanakan untuk diluncurkan sepanjang tahun 2019. Pada kuartala pertama 2019, AMD akan memperbarui Radeon Software Adrenalin untuk seluruh prosesor Ryzen dengan grafis Radeon Vega melalui AMD.com. Untuk perangkat yang lebih terjangkau AMD menawarkan Prosesor Athlon Mobile berbasis “Zen”3. Tidak sampai di sini saja, AMD memiliki prosesor A-Series Generasi Ketujuh untuk Google Chromebooks.

Kelebihannya, pengguna dapat menikmati pengalaman komputasi yang ideal, mulai dari pencarian web yang lancar hingga aktivitas produktivitas harian, sosial media, streaming dan web gaming yang cepat. Kinerja pencarian web lebih cepat hingga hingga 23 persen dan performa aplikasi web lebih cepat hingga 24 persen dibanding Intel Pentium N4200 dan Celeron N3350.

Kinerja email Lebih cepat hingga 3,2X dan kinerja produktivitas aplikasi office lebih cepat hingga 74 persen di banding Intel Pentium N4200 dan Celeron N33508,9 Lebih jauh, kinerja efit foto A-Series Generasi Ketujuh lebih cepat hingga 42 persen dan pengalaman bermain gaming web lebih cepat hingga 43 persen dibanding Intel Pentium N4200 dan Celeron N33508,9.

Dimulai dari Acer Chromebook 315 dan HP Chromebook 14, OEM top global lainnya dijadwalkan untuk merilis beberapa Chromebook yang ditenagai oleh AMD pada tahun 2019, yang memberikan komputasi cepat dan efisien, dengan daya tahan baterai yang sesuai dengan kebutuhan konsumer. Dengan prosesor A-Series Generasi Ketujuh Acer menciptakan Chromebook 315 dengan grafis Radeon.

“Perangkat ini menghadirkan performa bagi pengguna dengan pilihan aplikasi di Android dan program ekstensi Chrome yang terus bertumbuh,” ujar Wakil Presiden dan Product Management, Acer Pan America. Chris Chiang. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment