Jaksa : Anggota JAD Blitar Disumpah Setia Jaringan ISIS | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 10 2019
No Comments

Jaksa : Anggota JAD Blitar Disumpah Setia Jaringan ISIS

Jaksa : Anggota JAD Blitar Disumpah Setia Jaringan ISIS

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Pengadilan Negeri Jakarta Barat mengungkap bahwa terdakwa Heru Widajanto yang merupakan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Blitar, Jawa Timur, disumpah setia kepada jaringan Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS).

“Heru membaiat diri menjadi JAD Blitar sekitar bulan Maret 2016. Dia membacakan sumpah setia kepada jaringan terorisme Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS) pimpinan Abu Bakar Al Baghdadi,” ujar Jaksa Penuntut Umum dalam Sidang di PN Jakarta Barat, Selasa (8/1).

Heru diketahui aktif mengikuti perkumpulan pimpinan Abu Umar yang merupakan Amir (Ketua) Wilayah Jawa Timur saat itu.

JPU menyebut Abu Umar sering menyampaikan kepada jamaahnya untuk melakukan jihad dengan memerangi “thogut” yang mengarah pada pemerintah, polisi, presiden dan tentara. “Jihad adalah mengajarkan tentang mempersiapkan diri berperang dijalan Allah dengan melakukan idad atau tadrip hijrah ke Suriah. Memerangi thogut dengan cara membunuhi ‘thogut’ di manapun berada sesuai dengan kemampuannya,” kata jaksa.

Untuk persiapan berperang, Heru dan anggota lainnya melakukan latihan perang atau “Askariyah”. Materi latihan berupa latihan fisik dengan lari, senam atau berenang yang disebut dengan “Idad”.  Ant/P-5

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment