Koran Jakarta | November 12 2019
No Comments
Diplomasi Indonesia

Jadi Tuan Rumah Konferensi Asean-Tiongkok Terobosa

Jadi Tuan Rumah Konferensi Asean-Tiongkok Terobosa

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Indonesia kem­bali menjadi tuan rumah Kon­ferensi Asean-Tiongkok menge­nai organisasi persahabatan antarmasyarakat (China-Asean conference on people to people friendship organization/CACP­PFO) yang akan diselenggara­kan pada 10-12 November 2019 di Bandung, Jawa Barat.

“Indonesia menjadi tuan ru­mah Konferensi Asean-Tiongkok mengenai organisasi persaha­batan masyarakat Tiongkok dan Asean ke-12 yang diselenggara­kan pada 10-12 November 2019 di Bandung, Jawa Barat,” kata ketua LIC (Lembaga Kerjasama Ekonomi, Sosial, dan Budaya Indonesia-Tiongkok), Sudrajat, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (7/11).

Sudrajat mengatakan konfe­rensi tersebut diadakan setiap 2 tahun oleh organisasi nonpe­merintah di Tiongkok dan 10 negara anggota Association of Southeast Asian Nations (Ase­an). LIC menjadi komite penye­lenggara dalam konferensi yang diselenggarakan untuk kedua belas kalinya. "Sebelumnya kita jadi tuan rumah konferensi yang ke-3 pada 2008,” ujar Sudrajat.

Dalam konferensi pers itu, Sudrajat mengatakan tujuan utama konferensi tersebut untuk mempromosikan persahabatan masyarakat di Asean dan Tion­gkok yang berfokus pada ekono­mi, sosial, dan budaya. “Konfe­rensi tersebut untuk mengambil sikap kegiatan dan program un­tuk mempromosikan hubungan antara rakyat di Asean, Indone­sia dan Tiongkok,” kata Sudrajat.

Konferensi itu, menurut dia, bertujuan membawa semangat perubahan dan regenerasi dengan melibatkan generasi milenial dari setiap delegasi dari negara-negara yang berpartisipasi. “Semua dele­gasi yang akan menghadiri kon­ferensi tersebut sekitar 91 orang perwakilan dari 11 negara serta ratusan investor dan atau pen­gusaha dalam dan luar negeri".

Konferensi tersebut juga akan dihadiri oleh perwakilan Sekretariat Jenderal Asean dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dijadwalkan akan mem­buka konferensi tingkat interna­sional tersebut.

Kesepakatan Promosi

Dalam konferensi pers itu, Sudrajat menjelaskan bahwa CACPPFO akan menghasilkan kesepakatan untuk mempro­mosikan hubungan kemasyara­katan antar-kesepuluh negara Asean dengan Tiongkok.

“Konferensi ke-12 tersebut di­harapkan betul-betul menghasil­kan komunike atau kesepakatan bersama untuk apa yang kita ker­jakan 2 tahun sampai 10 tahun yang akan datang,” kata dia.

Sudrajat juga menyebutkan bahwa komunike itu akan meng­hasilkan poin-poin komitmen dari semua delegasi negara ang­gota Asean dan Tiongkok un­tuk meningkatkan kerja sama di berbagai sektor, menjalin komu­nikasi yang intens dan mening­katkan kualitas sumber daya manusia dengan pertukaran bu­daya dan ilmiah. Ant/I-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment