Iran Tahan Mahasiswa Dwiwarga AS-Tiongkok | Koran Jakarta
Koran Jakarta | September 20 2017
No Comments

Iran Tahan Mahasiswa Dwiwarga AS-Tiongkok

Iran Tahan Mahasiswa Dwiwarga AS-Tiongkok

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

DUBAI - Pengadilan Iran diwartakan telah menjatuhkan hukuman 10 tahun penjara terhadap seorang mahasiswa Princeton University dwiwarga AS-Tiongkok atas tuduhan telah melakukan mata-mata. Juru bicara pengadilan Iran mengatakan bahwa Xiyue Wang, 37 tahun, telah melakukan misi mata-mata dibalik samaran penelitiannya.

“Pelaku ini telah mengumpulkan informasi dan ada dalam arahan dari Amerika. Ia dijatuhi hukuman 10 tahun penjara. Ia ditahan pada Juli 2016 lalu saat hendak meninggalkan Iran,” kata Gholamhossein Mohseni Ejei.

Atas penahanan warganya, pemerintah AS menuntut pembebasan Xiyue dan mengatakan bahwa tudingan mata-mata itu telah dibuat-buat karena setiap warga AS yang hendak pergi ke Iran telah diberi peringatan lewat travel warning agar berhati-hati. Dijelaskan pula bahwa Wang kelahiran Tiongkok dan telah jadi warga naturalisasi AS.

Sebelumnya, Iran menahan sekitar 70 orang warga asing dengan profesi seniman, jurnalis, dan pebisnis yang juga memiliki dwiwarga AS, Inggris, Austria, Kanada dan Prancis, dengan tuduhan mata-mata. Rtr/AlJazeera/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment