Koran Jakarta | October 14 2019
No Comments

Introvert Bisa Jadi Karyawan Teladan

Introvert Bisa Jadi Karyawan Teladan
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, saya punya ang­gota tim baru yang introvert. Senang menyendiri, cenderung pendiam, tapi saya tahu dia se­benarnya pintar dan punya ba­nyak ide. Bagaimana memak­simalkan potensi orang yang introvert agar bisa berkontri­busi maksimal untuk tim?

Jawaban:

Sesuai dengan karakter yang dimiliki, para introvert memang cenderung terlihat lebih pemalu dan tidak banyak bicara.

Akan tetapi, bukan berarti tipe introvert akan kesulitan dalam dunia kerja. Tidak ja­rang introvert menjadi karya­wan terbaik di dalam sebuah perusahaan.

Berikut alasan-alasan me­ngapa introvert menjadi asset berharga di dalam sebuah tim, seperti dikutip dari TunaiKita:

  1. Introvert Selalu Berkata Jujur

Introvert seringkali memiliki pemahaman bahwa berbasa-basi adalah hal yang tidak perlu dilakukan. Dengan kata lain, mereka adalah orang yang straight to the point, selalu langsung membahas inti dari pembicaraan.

Hal ini mungkin akan dianggap tidak sopan bagi beberapa orang. Akan tetapi, introvert bersikap demikian dikarenakan mereka mengha­rapkan dan juga menghargai kejujuran orang lain.

Jadi, jika kamu membutuh­kan feedback jujur akan ba­nyak hal, kamu bisa bertanya dan berdiskusi dengan seorang introvert.

  1. Introvert Selalu Menya­ring Informasi

Introvert paling handal un­tuk hal yang satu ini. Dia hanya akan mendengarkan dan me­nerima informasi yang menu­rutnya benar-benar berisi dan memiliki nilai.

Begitu juga pada saat me­nyampaikan sebuah argumen, introvert akan membuat semua orang mendengarkannya karena mereka hanya akan me­nyampaikan suatu informasi yang penting dan berguna saja.

  1. Introvert Memiliki Ke­pribadian Unik

Kebanyakan introvert me­miliki kepribadian yang unik. Siapa yang tidak mengenal Albert Einstein. Sosok intro­vert yang satu ini merupakan seorang jenius fisika yang me­nemukan banyak teori salah satunya teori relativitas.

Akan tetapi, dia berhasil menunjukkan sisi unik dari ke-introvert-annya tanpa harus mengikuti tren yang ada. Ein­stein berhasil membuat sejarah untuk dunia.

  1. Introvert Tidak Menyu­kai Politik

Kejujuran dan ketulusan merupakan dua hal yang selalu dijungjung tinggi oleh para introvert. Maka mereka akan menjauhi hal-hal yang berbau politik dalam lingkungan kan­tor.

Mereka lebih memilih un­tuk mengandalkan hasil kerja dan memberikan impact dan kontribusi. Hal tersebut akan menjadi poin lebih bagi pe­milik perusahaan yang meng­inginkan transparansi dan efisiensi dalam lingkup kerja.

  1. Introvert Merupakan Pribadi yang Mandiri

Beruntunglah jika Anda bekerja dengan sosok introvert di dalam sebuah tim. Sosok introvert biasanya akan lebih memilih untuk mempelajari tugas-tugas mereka sendiri dan mengerjakan dengan cara me­reka sendiri pula.

Mereka juga cenderung mencari suasana yang hening untuk berkonsentrasi me­ngerjakan tugas-tugasnya. Itu kenapa introvert bisa menger­jakan pekerjaan dengan baik karena mereka bisa menetap­kan fokus saat menyelesaikan sesuatu.

  1. Introvert Loyal dan Bisa Diandalkan

Ada beberapa pemaham­an yang salah mengenai introvert, bahwa orang-orang introvert adalah orang yang menjauhi orang lain.

Hal ini tidak perlu terla­lu dijadikan masalah karena mereka secara perlahan akan membuat lingkaran mereka sendiri yang berisi orang-orang yang mereka percaya, dan dengan orang-orang ini seorang introvert bisa men­jadi sangat setia.

Jadi, jika kamu memiliki se­orang introvert dalam tim dan dia merasa senang berada di dalamnya, maka mereka akan bekerja keras untuk memberi­kan kontribusi untuk membuat perusahaan mencapai kesuk­sesan.

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment