Koran Jakarta | May 21 2018
No Comments
PREDIKSI RUPIAH

Intervensi BI Terbatas

Intervensi BI Terbatas

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

 

 

Jakarta – Penguatan rupiah terhadap dollar AS kemarin diperkirakan berlangsung sementara sehingga berpotensi berbalik arah, hari ini. Hal itu dikarenakan apresiasi rupiah tidak fundamental. Seperti diketahui, nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Kamis (26/4), menguat 51 poin dari sehari sebelumnya menjadi 13.871 rupiah per dollar AS.

“Intervensi Bank Indonesia (BI) ymembuat nilai tukar rupiah mengalami apresiasi terhadap dollar AS,” ujar Analis PT Valbury Asia Futures, Lukman Leong di Jakarta. Menurut dia, BI melakukan operasi pasar dalam rangka menjaga fluktuasi rupiah agar tidak terlalu bergejolak akibat meningkatnya optimisme pelaku pasar uang terhadap kenaikan suku bunga The Fed.

“Dengan fluktuasi rupiah yang stabil diharapkan tidak mengganggu aktivitas ekonomi nasional,” katanya. Di sisi lain, lanjut dia, apresiasi rupiah juga terbantu oleh ekspektasi pertumbuhan ekonomi nasional yang masih akan terus berlanjut seiring dengan masih dipertahankan suku bunga BI 7-day Reverse Repo Rate.

“Suku bunga kita cukup mampu menjaga pertumbuhan ekonomi dan menahan tekanan eksternal,” katanya. Ke depan, dia mengatakan sejumlah data ekonomi dari dalam negeri akan dirilis diantaranya laju inflasi periode April dan sejumlah data lainnya. Diperkirakan masih relatif stabil sesuai dengan target pemerintah. 

 

Ant/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment