Koran Jakarta | October 14 2019
No Comments

Interior Indah saat “Open House”

Interior Indah saat “Open House”

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Dibanding dengan material lain, plafon gipsum dapat menciptakan sentuhan yang berbeda terhadap keseluruhan interior bangunan.

Pada umumnya, masyara­kat Indonesia seringkali merenovasi rumah dalam rangka menyambut hari besar seperti Idul Fitri, Tahun Baru, Natal, hingga Chinese New Year. Sebentar lagi Lebaran tiba, persiap­an membenahi ruas-ruas hunian juga pasti dilakukan.

Ya, Hari Raya Idul Fitri merupa­kan momen penting di mana kita bisa melalui kebersamaan dengan keluarga maupun kerabat. Berbagai persiapan pun dilakukan guna menyambut datangnya hari besar. Mulai dari menyiapkan busana, hidangan, angpau untuk anak-anak, hingga mempercantik rumah.

Momen yang dinanti-nantikan umat muslim sedunia ini menjadi momen yang tepat untuk menjalin silaturahmi dengan tetangga, ke­luarga, sahabat, hingga rekan kerja. Di momen ini pulalah biasanya diadakan ‘open house’.

Sebagai pemilik rumah, tentunya kita ingin agar rumah tampak cantik, bersih, dan segar ketika menyambut tamu yang datang. Untuk mem­percantik rumah, banyak cara yang dapat kita lakukan salah satunya dengan merenovasi .

Nah, dalam merenovasi ru­mah pun hal utama yang kerap terlupakan yaitu pemilihan bahan bangunan yang tepat serta dapat memenuhi kriteria. Yakni cepat, mudah diaplikasikan, dapat mendu­kung kreativitas dan estetika, dapat memangkas waktu pengerjaan, serta yang tak kalah pentingnya yaitu aman bagi kesehatan dan ramah ter­hadap lingkungan.

Tampilan gipsum yang cantik memberikan solusi kepada pemilik rumah akan pilihan bahan bangun­an yang dapat memenuhi kriteria tersebut di atas, baik untuk plafon maupun dinding partisi.

 

Salah satu cara yang sangat sederhana namun dapat mengha­silkan sentuhan seni yang istimewa adalah dengan mengubah tampilan langit-langit pada atap rumah sesuai dengan cita rasa yang kita inginkan. Ya, hanya dengan mengubah plafon dapat memberikan tampilan ber­beda dan memukau bagi interior sebuah bangunan.

Dibanding dengan material lain, plafon gipsum dapat menciptakan sentuhan yang berbeda terhadap keseluruhan interior bangunan. Kelebihannya, selain cepat dalam pengerjaan, papan gipsum juga dapat memberikan hasil akhir yang lebih rapi, mereduksi panas, bahkan beberapa produk mampu mem­perbaiki kualitas udara di dalam ruangan.

Pilih varian produk gipsum yang dapat mengakomodir berbagai ke­butuhan dan juga keinginan dalam memperindah arsitektur rumah.

“Estetika bukan lagi satu-satu­nya penentu. Gipsum tidak hanya berfungsi sebagai estetika tetapi juga memberikan penyerapan suara yang ideal. Motif unik dapat memberi­kan nuansa visual yang berbeda di dalam dinding dan plafon rumah,” jelas Siew Yee Won,” praktisi interior.

Modifikasi Plafon

Dalam merenovasi rumah, selain memodifikasi plafon, pemilik rumah juga dapat mengutak-atik ruangan dengan menambahkan dinding par­tisi yang dapat didesain sedemikian rupa, menyesuaikan kebutuhan. Untuk itu, pilihlah partisi berbahan gipsum atau dikenal juga dengan istilah drywall.

Saat ini mulai dikembangkan tren aplikasi sistem dinding gipsum, karena selain cepat, sistem dinding gipsum mampu memberikan ba­nyak kelebihan performa yang tidak di miliki material lainnya.

Solusi drywall memungkinkan pemilik rumah untuk berkreasi lebih dan juga mendapatkan berbagai manfaat yang tidak dapat diberikan oleh dinding konvensional.

Untuk yang ingin mengubah tam­pilan kamar mandi dapat pula me­makai desain khusus untuk ruangan yang memiliki kelembapan tinggi dan memberikan ketahanan yang baik terhadap paparan air dan anti jamur. Dapat langsung digunakan sebagai tile backing sehingga tidak memerlu­kan waterproof treatment. yun/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment