Indonesia Posisi Kedua Klasemen Sementara | Koran Jakarta
Koran Jakarta | January 21 2020
1 Comment
SEA Games 2019

Indonesia Posisi Kedua Klasemen Sementara

Indonesia Posisi Kedua Klasemen Sementara

Foto : ANTARA/SIGID KURNIAWAN
ATLET DAYUNG RAIH EMAS I Atlet dayung Indonesia Anwar Tarra dan Yuda Firmansyah (kanan) melakukan selebrasi saat memasuki garis finish dalam final kano 1.000 meter double putra SEA Games 2019 di Malawaan Park, Subic Bay, Filipina, Jumat (6/12). Anwar Tarra dan Yuda berhasil meraih medali emas setelah mencatatkan waktu tiga menit 52,01 detik.
A   A   A   Pengaturan Font

MANILA – Kontingen Indonesia se­makin dekat untuk memenuhi target dua besar yang dibebankan Presiden Joko Widodo di SEA Games 2019 Filipina. Pada Jumat (6/12), Indonesia berhasil menyo­dok ke posisi kedua klase­men sementara perolehan medali setelah sukses me­nambah 12 medali emas.

Tambahan 12 emas terse­but membuat Indonesia kini mengoleksi 40 emas, 41 perak, dan 47 perunggu. Perolehan medali Indonesia sempat saling berkejaran dengan Vietnam sehingga kedua kontingen bergantian menduduki posisi runner-up klasemen. Vietnam menduduki posisi ketiga 38 emas, 41 perak dan 52 perunggu.

Meski demikian, perolehan medali In­donesia dan Vietnam itu masih tertinggal jauh dari tuan rumah, Filipina yang kokoh di puncak klasemen sejak hari pertama SEA Games 2019. Tuan rumah mengolek­si 71 emas, 55 perak, dan 50 perunggu.

Singapura yang menduduki posisi ke­empat dengan mengumpulkan 32 emas, 22 perak, dan 36 perunggu. Malaysia di pering­kat lima dengan 28 emas, 20 perak, dan 29 perunggu. Thailand juga masih belum be­ranjak dari ranking keenam dengan perole­han 23 emas, 36 perak, dan 43 perunggu.

Indonesia berhasil menggeser posisi Vietnam di papan klasemen perolehan medali SEA Games 2019 hari ini setelah mendulang emas dari sejumlah cabang olahraga, seperti tenis, menembak, kano, atletik, modern pentathlon, yudo, sambo, dan bola voli pantai. Jika Indonesia berha­sil mempertahankan posisi kedua berarti mampu memenuhi target dari Presiden Jokowi. “Saya minta di SEA Games 30 di Filipina tahun ini kita harus masuk ke dua besar,” kata Jokowi saat melepas Kontingen Indonesia, di Istana Bogor, Rabu (27/11).

Emas yang diraih kontingen Indonesia dari cabang olahraga kano berhasil mere­but dua medali emas. Keduanya diraih oleh Maizir Ryondra yang berhasil men­juarai perlombaan di nomor K1 1000 me­ter putra dan pasangan Anwar Tarra-Yuda Firmansyah dari nomor Kano ganda (C2) 1.000 meter.

Kemudian dari cabang olahraga tenis, atlet muda Indonesia Aldila Sutjiadi sukses menyabet emas SEA Games 2019 di no­mor tunggal putri. Prestasi Aldila tersebut mengembalikan emas tunggal putri SEA Games ke tangan Indonesia setelah tera­khir direbut wakil Kontingen Merah-Putih pada 2011 lalu. Tim menembak Indonesia juga menggenapi perolehan medali emas SEA Games 2019 menjadi enam. Pada hari ini, medali emas keenam diraih atlet Indonesia, Agus Domosarjito dari nomor mixed metallic silhouette air pistol.

Perolehan medali emas juga datang dari cabor atletik. Pelari Indonesia Agus Prayogo berhasil meraih medali emas nomor marathon, setelah menuntaskan jarak 42,2 km dalam waktu 2 jam 26 me­nit 48 detik. Emas Indonesia lainnya dis­umbangkan oleh atlet cabang olahraga modern pentathlon, Dea Salsabila yang menjuarai nomor beach triathle Individual dan membukukan waktu tercepat di antara peserta lain, 19:52.73.

Di arena Judo, I Gede Agastya Darma Wardana yang tampil pada final kelas +100 kg putra meraih emas setelah di final mengalahkan wakil Malaysia, Mu­hammad Ruzaini Abd Razak dengan satu poin. Atlet judo lainnya, Gede Ganding Kalbu Soethama, juga menyumbang medali emas di kelas 100 kg putra.

Sementara itu, cabang olahraga sambo dua medali emas disumbangkan oleh Fa­jar dan Ridha Ridwan. Tim voli pantai pu­tra Indonesia juga merebut medali emas usai tampil perkasa pada final nomor be­regu dengan mengalahkan Thailand 2-0. Angka pertama Indonesia disumbangkan ben/S-2

Klik untuk print artikel

View Comments

sukiyaki
Sabtu 7/12/2019 | 20:46
GEBYAR KADO CHRISTMAS BULAN DESEMBER
DAPATKAN LANGSUNG TAMBAHAN 5% TANPA ADA SYARAT
YANG SUKA MAIN GAME SLOTS
YANG SUKA MAIN POKER
YANG SUKA MAIN BOLA TANGKAS
YANG SUKA MAIN ROULLETE DAN BANYAK GAME LAINNYA JUGA......
BURUAN DECH MERAPAT DAN JOIN YACH DI DUPA88,NET
INGAAATTT....ANDA BISA KAYA MENDADAK!!!!

Submit a Comment