Indonesia Belum Beranjak dari Posisi Keempat | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 9 2019
No Comments
SEA Games 2019

Indonesia Belum Beranjak dari Posisi Keempat

Indonesia Belum Beranjak dari Posisi Keempat

Foto : istimewa
Atlet senam putri, Rifda Irfanaluthfi
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Raihan enam emas pada hari keempat SEA Games Filipina 2019, Selasa (3/12), belum membuat posisi In­donesia beranjak dari peringkat keempat klasemen sementara perolehan medali. Indonesia mengoleksi 12 emas, 20 perak, dan 18 perunggu.

Tuan rumah Filipina masih kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 47 emas, 30 perak, dan 17 perunggu. Jumlah tersebut terpaut jauh dengan Vietnam yang berada di posisi kedua dengan perolehan 23 emas, 27 perak, dan 25 perunggu. Malaysia yang pada pagi hari sempat digusur Indone­sia, kembali unggul dan berada di posisi ketiga dengan 17 emas, 5 perak, dan 14 perunggu.

Enam emas diraih kontingen Indonesia melalui cabang olahraga senam, angkat besi, menembak, pencak silat, dan wushu. Atlet senam putri, Rifda Irfa­naluthfi, mempersembahkan medali emas usai tampil terbaik di nomor vault atau meja lompat senam artistik. Rifda mengumpulkan poin terbanyak yaitu 13.484, rata-rata dari dua lompatan yang dia lakukan untuk mengamankan medali emas.

Atlet Malaysia Ing Yueh Tan men­jadi pesaing terdekat Rifda dengan poin 13.300 untuk finis runner-up dan atlet Vietnam Van Ahn Do Thi dengan 13.200 poin melengkapi podium di peringkat tiga untuk medali perunggu, mengalahkan bintang senam Malaysia Farah Ann Abdul Hadi yang harus puas di peringkat empat dengan 12.900 poin.

Sebelumnya, Rifda telah membawa pu­lang medali perak dari nomor All Around setelah mengakui keunggulan poin Farah di empat alat yang dipertandingkan di no­mor All Around.

Setelah pada sehari sebelumnya me­nyumbang dua emas, angkat besi kembali meraih satu emas. Total telah tiga emas yang diraih cabang angkat besi. Deni meraih emas di kelas 67 kg dengan total angkatan 315 kg, snatch 143 kg serta clean and jerk 172 kg.

Cabang menembak sukses penuhi target tiga emas di SEA Games 2019. Emas ketiga menembak diraih oleh Vidya Rafika yang turun di nomor 10M RF Women. “Dengan tambahan emas dari Vidya, target kami sudah terpenuhi. Tapi, kami tidak langsung berhenti di sini saja. Masih ada beberapa peluang lagi,” ujar Sekjen PB Perbakin Firtian Yudit Swandarta.

Wushu juga berhasil memenuhi tar­get setelah merebut dua medali emas dan dua medali perak untuk membawa mereka menjadi juara umum nomor Taolu atau seni.

Medali emas pertama disumbangkan oleh Edgar Xavier Marvelo dari nomor kombinasi Taolu Daoshu-Gunshu. Meda­li emas kedua bagi Indonesia diamankan dari nomor Taolu Duilian di mana Edgar berpasangan dengan Seraf Naro Siregar dan Harris Horatius meraih poin tertinggi di nomor duel itu.

“Dengan penampilan keseluruhan Taolu kami cukup puas, dengan target yang selama ini dibebankan untuk emas, dan kami sudah penuhi itu,” ujar pelatih kepala tim wushu Indonesia Novita.

Pada Selasa ada beberapa pertandingan yang diundur pelaksanaannya dari jadwal semula terutama yang berada di klaster Subic yaitu kano/kayak/TBR, voli pantai, layar, muay thai, modern pen­thatlon hingga selancar karena ada topan kammuri. ben/S-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment