Koran Jakarta | June 17 2019
No Comments

India Beberkan Wahana Pendaratan di Bulan

India Beberkan Wahana Pendaratan di Bulan

Foto : AFP/MANJUNATH KIRAN
Wahana Chandrayaan-2 l Ilmuwan Indian Space Research Organisation sedang menyelesaikan wahana pendaratan di Bulan, Chandrayaan-2, di Bangalore, India, Rabu (12/6). Wahana ini akan diluncurkan dari pusat peluncuran Sriharikota pada 15 Juli mendatang.
A   A   A   Pengaturan Font

BANGALORE – India pada Rabu (12/6) membeberkan wahana yang akan diluncurkan untuk menjalani misi pen­daratan di Bulan pada Juli mendatang. Misi pendaratan di Bulan oleh India ini merupakan yang kedua kalinya dan ne­gara itu akan berada di urutan ke-4 yang mengirimkan misi ke Bulan setelah Amerika Serikat, Russia, dan Tiongkok.

“Wahana Chandrayaan-2 yang dibuat Indian Space Re­search Organisation (ISRO), akan diluncurkan di pusat pe­luncuran Sriharikota pada 15 Juli mendatang dan diharap­kan akan mendarat di kutub selatan Bulan pada 6 Septem­ber,” demikian penyataan ISRO.

Menurut ketua ISRO, K Sivan, misi yang dijalankan wah­ana Chandrayaan-2 amat kompleks namun tujuannya yaitu untuk mengembangkan teknologi luar angkasa yang akan berguna untuk seluruh umat manusia.

India membuat perkembangan yang amat pesat terkait misi luar angkasa dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2017, roket India berhasil menciptakan rekor dengan meluncur­kan 104 satelit dalam sekali misi. Sementara pada Maret la­lu, India berhasil meluncurkan misil antisatelit yang men­jadikannya salah satu negara dunia dengan kekuatan luar angkasa yang patut diperhitungkan.  AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment