Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | January 17 2020
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

“E-Commerce” Raksasa Dunia Tentukan Hidup-Mati Pemasok

Jumat 17/1/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
>> Kalau menteri tidak berjuang membela industri nasional, RI bakal makin terpuruk. >> Trump patut dicontoh, mampu memaksakan perdagangan yang berimbang dengan...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Polisi akan Selidiki Keberadaan "Sunda Empire" di Bandung

Jumat 17/1/2020 | 15:52
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menyatakan akan menyelidiki keberadaan perkumpulan "Sunda Empire" di Bandung yang dinilai menyerupai "Keraton Agung Sejagat" di Purworejo, Jawa Tengah.

Kabidhumas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Saptono Erlangga mengatakan pihak kepolisian sudah menerima informasi tentang adanya "Sunda Empire" sejak Kamis (16/1).

"Kita kan belum tahu apakah itu ormas, atau apa, makanya kita masih pelajari, masih pendalaman dengan melakukan penyelidikan," kata Saptono di Bandung, Jumat (17/1).

Saptono menyebut Polda Jawa Barat akan melakukan penyelidikan melalui jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum). Menurutnya, Ditreskrimum akan bekerja diawali berdasarkan adanya konten dan video yang beredar di media sosial.

"Itu kita pelajari dari dokumentasi video, kalau gak salah di Youtube itu Oktober sama Juli 2019 ya kegiatannya," tutur Saptono.

Menurutnya pihak Ditreskrimum belum bisa menerapkan pasal yang dikenakan kepada jajaran "Sunda Empire". Setelah proses penyelidikan rampung, kata dia, polisi akan melakukan pemeriksaan kepada orang-orang yang tergabung dengan perkumpulan ilegal tersebut.

"Tentu masih kita dalami, kita lidik, kalaupun sudah ada kerangkanya sudah dapat, tentu akan kita sampaikan," ujarnya.

Sebelumnya, unggahan video tentang "Sunda Empire" sempat beredar pada Kamis (16/1) malam. Sejumlah konten mengenai "Sunda Empire" itu menyebar ke masyarakat melalui media sosial.

Salah satu video yang tersebar, berisi tentang sejumlah orang yang mengenakan atribut seperti militer lengkap dengan topi baret. Salah satu dari mereka ada yang berorasi tentang masa pemerintahan negara-negara yang akan berakhir pada 2020. Ant/S-1

Tampilkan Semua

Setelah "Keraton Sejagat" Ada Lagi "Sunda Empire" di Bandung

Jumat 17/1/2020 | 15:48
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG - Masyarakat wilayah Bandung sejak Kamis (16/1) malam diramaikan kehadiran komunitas "Sunda Empire" yang disebut mirip dengan "Keraton Agung Sejagat" di Purworejo, Jawa Tengah. Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan...
Selengkapnya

Ambang Batas Parlemen Cukup Dinaikkan 1 Persen

Jumat 17/1/2020 | 08:52
A   A   A   Pengaturan Font
Dalam upaya menyederhanakan parlemen dan sekaligus menguji kualitas partai maka kenaikan parliamentary threshold jangan dinaikkan terlalu tinggi.   JAKARTA - Kenaikan ambang batas parlemen (parliamentary threshold) akan menguji...
Selengkapnya

50 RUU Akan Jadi Prolegnas Prioritas 2020

Jumat 17/1/2020 | 08:50
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Laoly, Badan Legislasi (Baleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) setuju dengan 50 Rancangan Undang- Undang (RUU) yang menjadi Program Legislasi Nasional...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Uji Materi UU KPK

Kamis 9/1/2020 | 08:17
A   A   A   Pengaturan Font

Pemohon uji materi UU KPK, Erry Riyana Hardjapamekas (kanan) bersama pemohon lainnya meninggalkan ruangan seusai mengikuti uji materi, di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta, Rabu (8/1). Sidang uji materi perubahan UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK tersebut mengagendakan perbaikan permohonan dari pemohon.

Tampilkan Semua

KPUD Diminta Bantu Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Selasa 7/1/2020 | 08:30
A   A   A   Pengaturan Font
Semua pihak harus sinergis membantu KPU melakukan sosialisasi Pilkada 2020 ke masyarakat agar partisipasi pemilih dapat meningkat.   METRO – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pramono Ubaid Tanthowi meminta KPU provinsi...
Selengkapnya

Sidang Paripurna DPD

Selasa 7/1/2020 | 08:28
A   A   A   Pengaturan Font
Senator asal Kepulauan Riau, Ria Saptarika (kanan) menyampaikan laporan hasil reses saat sidang paripurna ke-7 DPD, di Gedung Nusantara V Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (6/1). Sidang di antaranya mengagendakan Pembukaan Masa...
Selengkapnya

Presiden: Tak Ada Tawar-menawar Terkait Kedaulatan Negara

Selasa 7/1/2020 | 08:24
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa terkait kedaulatan negara sudah tidak ada tawar menawar lagi. Terlebih, terkait dengan persoalan perairan Natuna, Kepulauan Riau. Hal tersebut disampaikan Presiden saat...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Mondial

Penghormatan Terakhir untuk Pemadam Kebakaran yang Gugur Saat Bertugas

Jumat 17/1/2020 | 15:13
A   A   A   Pengaturan Font

MELBOURNE – Para petugas pemadam kebakaran, keluarga dan warga kota kecil Australia Holbrook memberi pujian dan penghormatan terakhir kepada sukarelawan pemadam kebakaran yang gugur, Samuel McPaul, dalam pemakaman yang hikmat Jumat (17/1).

Prosesi pemakaman itu diwarnai hujan yang lama dinantikan dan mulai membantu meredakan kebakaran hutan yang mematikan setelah berkobar selama berbulan-bulan.

McPaul, 28, tewas pada bulan Desember saat berjuang memadamkan kobaran api di dekat kota kelahirannya Holbrook di negara bagian New South Wales selatan.

Sebanyak 29 orang dan jutaan hewan telah tewas dalam kebakaran sejak September. Kebakaran telah menghancurkan lebih dari 2.500 rumah dan meratakan area sekitar sepertiga ukuran Jerman.

McPaul meninggal ketika kobaran api membalikkan truk pemadam kebakarannya.

"Sam adalah seorang pemuda luar biasa yang kehilangan nyawanya sebagai pahlawan di komunitas lokalnya," Shane Fitzsimmons, komisaris Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan New South Wales (NSW), mengatakan pada pemakaman itu.

"Dia selalu bersedia memberi pertolongan kapan pun dibutuhkan, tidak peduli dalam situasi apa pun."

Janda McPaul, Megan, yang menunggu kelahiran anak pertama mereka di Mei, menerima medali keberanian suaminya saat pemakaman.

Sebelum upacara tersebut, petugas pemadam kebakaran berseragam membawa helm yang dipakainya, demikian berita ABC melaporkan.

Perdana Menteri Scott Morrison, yang telah banyak dikritik karena kepemimpinan yang buruk selama krisis kebakaran hutan, ikut menghadiri pemakaman.

Badai petir hebat dengan hujan lebat membasahi beberapa kebakaran hutan di pantai timur Australia dalam beberapa hari terakhir, tetapi masih ada sekitar 100 titik api belum teratasi di New South Wales dan Victoria. Ant/S-1

Tampilkan Semua

Presiden Guatemala Putuskan Hubungan dengan Venezuela

Jumat 17/1/2020 | 15:06
A   A   A   Pengaturan Font
GUATEMALA CITY - Presiden baru Guatemala Alejandro Giammattei pada Kamis (16/1) memutuskan hubungan dengan pemerintah Venezuela pimpinan Nicolas Maduro. Giammattei juga memerintahkan agar kedutaan besar Guatemala di Caracas...
Selengkapnya

Putri Gembong Narkoba Meksiko Luncurkan Bir dengan Merk Sang Ayah

Jumat 17/1/2020 | 14:54
A   A   A   Pengaturan Font
GUADALAJARA – Dapatkan yang dingin, minum bir "El Chapo". Itulah pesan dari Alejandrina Guzman, yang perusahaannya telah mengembangkan bir dengan didedikasikan untuk sang ayah, gembong narkotika Joaquin "El Chapo" Guzman yang...
Selengkapnya

Angka Kelahiran di Tiongkok pada 2019 Terendah dalam 70 Tahun

Jumat 17/1/2020 | 14:53
A   A   A   Pengaturan Font
BEIJING - Angka kelahiran di Tiongkok menurun hingga ke titik terendah pada 2019, yaitu sejak berdirinya Republik Rakyat Tiongkok 70 tahun lalu, yang merupakan tantangan jangka panjang bagi pemerintahan di Beijing."Tingkat kelahiran di...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Ruas Tol Palembang-Kayuagung Beroperasi Februari 2020

Jumat 17/1/2020 | 14:28
A   A   A   Pengaturan Font

PALEMBANG – Ruas tol Palembang-Kayuagung, Sumatera Selatan, akan operasional pada Februari 2020 setelah sebelumnya berstatus fungsional saat momen Natal dan Tahun Baru.

Deputi Pembangunan Jalan Tol Palembang-Kayuagung PT Waskita Sriwijaya Tol, Yusuf Ar Rosadi di Palembang, Jumat (17/1), mengatakan, ruas tol sepanjang 33,5 kilometer itu saat ini masih penilaian uji laik operasional oleh Badan Pengelola Jalan Tol agar memenuhi syarat operasional.

“Uji laik ini diperkirakan memakan waktu dua minggu,” kata Yusuf.

Ia mengatakan berdasar hasil evaluasi selama fungsional pada akhir tahun lalu diketahui trafik lalu lintas cukup tinggi 17.000 pengguna jalan tol per hari selama periode 20 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020.

“Pengendara yang melintas dominasi adalah kendaraan berplat BE, BG, dan B. Trafiknya cukup tinggi. Setelah fungsional selesai, tol kami tutup untuk penyempurnaan dan kesiapan operasional,” ujar dia.

Ia mengatakan konstruksi ruas jalan tol yang menjadi bagian dari Tol Trans Sumatera ini telah rampung 99 persen, karena hanya menyisakan pekerjaan penambahan pagar pembatas jalan yang diperkirakan selesai pada akhir Januari.

Pengelola tol juga telah memutuskan akan menggratiskan biaya hingga dua pekan setelah pengoperasian penuh pada awal Februari mendatang.

Keputusan ini, karena pengelola akan melakukan evaluasi selama dua pekan tersebut.

“Selain itu, kami juga masih mengerjakan akses Jakabaring-Jejawi, tapi pekerjaan ini tidak akan mengganggu operasional jalan tol tersebut,” kata dia.

Terkait sarana dan prasarana lainnya, ia mengatakan pengelola telah menyediakan pintu tol di kawasan Jakabaring, karena untuk pintu tol permanen masih ditutup karena pengerjaan Jembatan Ogan.

“Pintu tol permanen ini akan terhubung langsung dengan Jalan Lintas Timur Palembang-Indralaya. Tapi masih dalam tahap pengerjaan. Untuk sementara kita sudah siapkan pintu ke luar tol di Jakabaring,” kata dia.

Begitu juga dengan rest area, pengelola juga telah menyiapkan pada KM 345 yang saat ini masih dalam penyempurnaan. Ant/S-1

Tampilkan Semua

Perusahaan Induk Google, Tembus Valuasi 1 Triliun Dollar

Jumat 17/1/2020 | 14:23
A   A   A   Pengaturan Font
MENLO PARK - Alphabet Inc, perusahaan induk Google, baru saja menembus rekor yang cukup langka di Amerika Serikat (AS), valuasi perusahaan tersebut saat ini mencapai 1 triliun dollar. Dikutip dari laman The Verge, Alphabet Inc mencapai...
Selengkapnya

Kunjungan Bukalapak

Jumat 17/1/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Polisi akan Selidiki Keberadaan "Sunda Empire" di Bandung

Jumat 17/1/2020 | 15:52
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menyatakan akan menyelidiki keberadaan perkumpulan "Sunda Empire" di Bandung yang dinilai menyerupai "Keraton Agung Sejagat" di Purworejo, Jawa Tengah.

Kabidhumas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Saptono Erlangga mengatakan pihak kepolisian sudah menerima informasi tentang adanya "Sunda Empire" sejak Kamis (16/1).

"Kita kan belum tahu apakah itu ormas, atau apa, makanya kita masih pelajari, masih pendalaman dengan melakukan penyelidikan," kata Saptono di Bandung, Jumat (17/1).

Saptono menyebut Polda Jawa Barat akan melakukan penyelidikan melalui jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum). Menurutnya, Ditreskrimum akan bekerja diawali berdasarkan adanya konten dan video yang beredar di media sosial.

"Itu kita pelajari dari dokumentasi video, kalau gak salah di Youtube itu Oktober sama Juli 2019 ya kegiatannya," tutur Saptono.

Menurutnya pihak Ditreskrimum belum bisa menerapkan pasal yang dikenakan kepada jajaran "Sunda Empire". Setelah proses penyelidikan rampung, kata dia, polisi akan melakukan pemeriksaan kepada orang-orang yang tergabung dengan perkumpulan ilegal tersebut.

"Tentu masih kita dalami, kita lidik, kalaupun sudah ada kerangkanya sudah dapat, tentu akan kita sampaikan," ujarnya.

Sebelumnya, unggahan video tentang "Sunda Empire" sempat beredar pada Kamis (16/1) malam. Sejumlah konten mengenai "Sunda Empire" itu menyebar ke masyarakat melalui media sosial.

Salah satu video yang tersebar, berisi tentang sejumlah orang yang mengenakan atribut seperti militer lengkap dengan topi baret. Salah satu dari mereka ada yang berorasi tentang masa pemerintahan negara-negara yang akan berakhir pada 2020. Ant/S-1

Tampilkan Semua

Setelah "Keraton Sejagat" Ada Lagi "Sunda Empire" di Bandung

Jumat 17/1/2020 | 15:48
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG - Masyarakat wilayah Bandung sejak Kamis (16/1) malam diramaikan kehadiran komunitas "Sunda Empire" yang disebut mirip dengan "Keraton Agung Sejagat" di Purworejo, Jawa Tengah. Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan...
Selengkapnya

Ruas Tol Palembang-Kayuagung Beroperasi Februari 2020

Jumat 17/1/2020 | 14:28
A   A   A   Pengaturan Font
PALEMBANG – Ruas tol Palembang-Kayuagung, Sumatera Selatan, akan operasional pada Februari 2020 setelah sebelumnya berstatus fungsional saat momen Natal dan Tahun Baru. Deputi Pembangunan Jalan Tol Palembang-Kayuagung PT Waskita...
Selengkapnya

Banjir dan Longsor Merusak Jalan Serta Bendungan di Padang Pariaman

Jumat 17/1/2020 | 14:12
A   A   A   Pengaturan Font
PARIT MALINTANG - Bencana banjir dan tanah longsor yang melanda sebagian wilayah Kabupaten Padang Pariaman pada Jumat (17/1) dini hari mengakibatkan kerusakan fasilitas umum, jalan, dan bendungan untuk irigasi. Kepala Pelaksana Badan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Tandatangani Kerja Sama

Jumat 17/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kepala Divisi EPC PT PP (Persero) Tbk, Nurlistyo Hadi (keempat kiri) disaksikan Direktur Operasi 3 PT PP (Persero) Tbk, Abdul Haris Tatang (kiri) saat penandatanganan kontrak Pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery bersama China Aluminium International Engineering Corporation Ltd. di KBRI Beijing, Tiongkok, kemarin. Dalam pembangunan pabrik pemurnian ini, menelan investasi mencapai 850 Juta Dollar Amerika yang ditargetkan beroperasi pada tahun 2022 dimana nantinya akan memproduksi 1 Juta ton alumunium setiap tahunnya.

Tampilkan Semua

Hunian Premium sebagai Gaya Hidup

Jumat 17/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Untuk kalangan menengah atas, hunian tidak lagi sebatas tempat tinggal maupun tempat berteduh. Hunian telah bergeser sebagai gaya hidup yang mampu memberikan sisi pembeda. Bagaikan barang branded, hunianpun telah mengakomodasi kebutuhan...
Selengkapnya

Penggabungan Teknik Lama dan Baru

Jumat 17/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Perpaduan teknik konstruksi masa lalu dan masa kini memberikan kesan tidak berjarak dengan lingkungan sekitar. Di sisi lain, bangunan tidak kehilangan rasa kontemporer Perpaduan yang tidak selalu dilakukan dari teknik bangunan mampu...
Selengkapnya

PENARIKAN UNDIAN 8 MILYAR 2019 Tahap Utama

Senin 13/1/2020 | 10:00
A   A   A   Pengaturan Font
UNDIAN BERHADIAH 8 Milyar yang merupakan bentuk apresiasi kepada pelanggan dan pengunjung yang berbelanja di DEPO BANGUNAN. Periode Undian Berhadiah 8 Milyar 2019 mulai tanggal 1 Februari 2019 dan berakhir 31 Desember 2019 dengan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Turnamen Esports

Kamis 16/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dari kiri: atlet esports Indonesia juara dunia Turnamen Free Fire World Cup 2019 Muhammad “Manay” Farchan Ridha, Founder The Pillars Esports Ariel, berfoto bersama Produser dari Garena Free Fire Christian Wihananto, dan didampingi Co-founder dan CEO dari RRQ Esports Andrian Pauline dalam acara FREE FIRE MASTER LEAGUE 2020, Jakarta, Selasa (14/1). Sebagai komitmen untuk terus meningkatkan prestasi anak bangsa, Free Fire mempersembahkan agenda turnamen esports di awal 2020 untuk memberikan kesempatan bagi pemain di seluruh Indonesia mulai dari tingkat komunitas, amatir, dan profesional

Tampilkan Semua

Perbaikan Gratis Peralatan Elektronik Terdampak Banjir

Kamis 16/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Banjir yang merendam beberapa wilayah di Jabodetabek awal tahun ini menyebabkan banyak peralatan elektronik rumah mengalami kerusahan. Guna mendukung pemulihan kondisi masyarakat pasca bencana banjir, PT. LG Electronics Indonesia membuka...
Selengkapnya

Senjata Baru Ponsel Korea

Kamis 16/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di tengah gempuran ponsel dari Tiongkok, Samsung Electronics Indonesia mengeluarkan amunisi baru untuk menyerang pada kompetitornya. Kali ini Samsung meluncurkan jajaran seri Galaxy A dengan menghadirkan Galaxy A51 dan Galaxy...
Selengkapnya

Pengalaman Konsumen Kunci Bisnis Era Digital

Kamis 16/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Untuk dapat sukses di era digital perusahaan perlu memahami konsumen mereka. Tren konsumen apa yang terjadi pada 2020. Konsumen bukan hanya butuh pengalaman (customer experience) mereka juga memerlukan interaksi yang menarik dengan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Nissan Sematkan Teknologi e-4ORCE di Mobil Listrik

Jumat 17/1/2020 | 10:31
A   A   A   Pengaturan Font

LAS VEGAS - Nissan meningkatkan kemampuan kinerja kendaraan listrik dengan teknologi all-wheel-control twin-motor baru yang disebut e-4ORCE.

Teknologi ini memberikan torsi instan ke keempat roda untuk menghasilkan tenaga yang seimbang dan dapat diprediksi serta penanganan yang setara dengan banyak mobil sport premium.

"E" mewakili teknologi Nissan yang diaktifkan oleh sistem penggerak motor listrik 100 persen. "4ORCE" (diucapkan force) membangkitkan kekuatan fisik dan energi dengan "4" mewakili kemampuan kontrol semua roda.

“Teknologi kontrol all-wheel twin-motor e-4ORCE menawarkan penanganan dan stabilitas yang tepat, dan memberikan rasa percaya diri yang lebih besar kepada pengemudi dan bahkan lebih banyak kegembiraan dari sebelumnya,” kata Takao Asami, Wakil Presiden Senior Riset dan Teknik Canggih Nissan.

"Teknologi ini memungkinkan kinerja menikung dan traksi yang sangat baik pada permukaan yang licin dan nyaman untuk semua penumpang," katanya dalam pernyataan resmi, dikutip Jumat (17/1).

Teknologi ini lahir dari pembelajaran dalam pengembangan sistem split torsi ATTESA E-TS Nissan GT-R dan sistem 4X4 yang cerdas dari Nissan Patrol. Insinyur mengembangkan teknologi e-4ORCE untuk secara khusus mengelola output daya kendaraan listrik dan kinerja pengereman agar halus dan stabil.

Teknologi ini dilakukan dengan menggunakan pengereman regeneratif baik dari motor depan dan belakang, membuat berkendara di jalan kota yang padat lebih nyaman.

Demikian pula, pada jalan yang kasar dan bergelombang dan ketika berakselerasi, kontrol motor dioptimalkan untuk menjaga kenyamanan berkendara dengan meminimalkan gerakan yang tidak teratur.

Nissan mengenalkan teknologi barunya itu bersama crossover nol-emisi, Ariya Concept di Consumer Electronics Show (CES) Las Vegas 2020. Ant/ils

Tampilkan Semua

Hyundai Genesis Luncurkan SUV Pertama

Rabu 15/1/2020 | 14:45
A   A   A   Pengaturan Font
SEOUL - Hyundai meluncurkan Genesis GV80 guna menyongsong lonjakan permintaan kendaraan berjenis sport utility vehicle (SUV). GV80 adalah SUV pertama di bawah merek Genesis, namun menjadi model keempat dalam jajaran mobil Genesis yang...
Selengkapnya

Lucid Air Siap Jadi Pesaing Tesla

Rabu 15/1/2020 | 12:16
A   A   A   Pengaturan Font
NEWARK - Lucid Motor, produsen kendaraan listrik Amerika Serikat (AS), bakal mewujudkan rencara mereka sejak 2016 dengan meluncurkan Lucid Air pada ajang pameran New York Auto Show, April 2020. Dikutip dari CarsCoops, Selasa (14/1),...
Selengkapnya

Morris Garage Masuk Indonesia Tahun Ini

Rabu 15/1/2020 | 07:34
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Produsen otomotif Tiongkok dan Inggris, Morris Garage (MG) yang juga anak perusahaan dari SAIC (Shanghai Automotive Industry Corporation) akan memasarkan kendaraan mereka di Indonesia pada tahun ini. Sekretaris Umum Gaikindo,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

FIFA akan Tentukan Stadion Piala Dunia U-20 pada 25 Januari

Jumat 17/1/2020 | 19:05
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Federasi Sepak Bola Internasional FIFA pada 25 Januari ini akan menentukan empat stadion dari sepuluh stadion calon venue Piala Dunia U-20 tahun depan.

"Tanggal 25 Januari FIFA nanti menentukan. FIFA maunya di mana, kami akan bantu untuk mempersiapkan itu," kata Menteri Pemuda dan Olah Raga Zainuddin Amali di Istana Negara, Jakarta, Jumat (17/1).

Zainudin mengungkapkan, sepuluh stadion sudah diajukan kepada FIFA sebagai calon tempat penyelenggara Piala Dunia U-20 itu.

Kesepuluhnya adalah Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Patriot di Bekasi, Stadion Pakansari di Cibinong, Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Stadion Manahan di Solo, Stadion Mandala Krida di Yogyakarta, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, Stadion I Wayan Dipta di Bali, dan Stadion Jakabaring di Palembang.

Menpora menjelaskan jika ada kekurangan dari stadion-stadion tersebut, maka pemerintah aakan segera memperbaikinya.

Pemerintah juga tengah bernegosiasi dengan FIFA untuk menggunakan enam stadion dengan tujuan membagi beban lapangan.

"Karena lebih terbagi, kemudian daerah-daerah juga bisa merasakan pertandingan internasional. Dan supaya secara teknis, rumputnya kalau enam dan empat itu, empat kalau dipakai berkali-kali juga sakit, kalau enam kan terbagi beban," kata Zainudin.

Zainudin bersama sejumlah menteri dan Ketua PSSI M Iriawan mengikuti rapat terbatas bertopik "Persiapan Penyelenggaraan Piala Dunia FIFA U-20 Tahun 2021".

Dalam pertemuan itu, Presiden mengarahkan agar menteri dan pejabat terkait persiapan Piala Dunia 2021 harus mengawasi langsung ke lapangan.

Presiden menegaskan sejumlah hal yang harus diperhatikan adalah kesiapan 10 stadion beserta fasilitasnya, ketersambungan antara stadion dengan moda transportasi dan akomodasi, serta memanfaatkan momen Piala Dunia 2021 sebagai ajang promosi Indonesia. Ant/S-1

Tampilkan Semua

Indonesia Harapkan Shin Bawa Timnas U-20 Juara

Jumat 17/1/2020 | 18:58
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Pemerintah Indonesia menyampaikan harapan dengan upaya pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, dapat membawa Tim Nasional U-20 juara Piala Dunia 2021. "Mudah-mudahan pengalaman dia ketika membawa tim Korea Selatan di Piala...
Selengkapnya

Iniesta Ingin Dampingi Xavi Jika Latih Barcelona

Jumat 17/1/2020 | 18:14
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Andres Iniesta membuka kemungkinan berpartner kembali dengan sesama legenda Barcelona Xavi Hernandez, tetapi sebagai sebagai staf pelatih. Xavi baru-baru ini menolak tawaran melatih di Camp Nou sebelum Quique Setien ditunjuk...
Selengkapnya

Presiden Jokowi: PON XX Papua Ajang Silaturahmi Antar Daerah

Jumat 17/1/2020 | 18:06
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Presiden Joko Widodo menagih kesiapan kementerian, lembaga dan pemerintah provinsi Papua menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. "Pada rapat ini saya minta laporan dari kementerian dan kepala lembaga...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Mengapa Harus Impor Garam?

Jumat 17/1/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Garam merupakan bahan baku dan bahan penolong bagi industri. Untuk industri makanan dan minu­man, misalnya, minimal kadar NaCl sebesar 97 persen, sementara kebanyakan garam lokal diklaim tak memenuhi spesifikasi untuk kebutuhan industri. Inilah sebab alasan pemerintah akan membuka kembali keran impor garam industri sebanyak 2,92 juta ton pada tahun 2020, naik 6 persen dari tahun sebelumnya sebanyak 2,75 juta ton.

Diketahui, garam selama ini menjadi bahan baku dan bahan penolong bagi industri seperti industri chlor alka­li plant (CAP), makanan dan minuman, farmasi, pertam­bangan, dan lain-lain. Artinya, selama pasokan garam dan gula untuk industri yang mempunyai requirement tinggi untuk produk-produknya mau tidak mau terpaksa harus impor karena tidak boleh mematikan industri itu sendiri hanya karena tidak mempunyai bahan baku.

Namun, anggapan kurangnya kualitas garam lokal un­tuk industri ditanggapi berbeda oleh sebagian pihak. Aso­siasi Petani Garam Rakyat Indonesia justru mengatakan kualitas garam dalam negeri tidak kalah dibanding garam impor. Buktinya, ada beberapa perusahaan yang menggu­nakan pure garam lokal, tapi masuk industri aneka pan­gan.

Sangat disayangkan memang kalau masih terus ber­gantung pada impor garam. Padahal, pemerintah sudah berkomitmen untuk menghentikan keran impor sejak la­ma. Bahkan, pemerintahan per­nah berkeinginan agar Indonesia dapat swasembada garam.

Tak cuma itu, pemerintah du­lu berjanji akan membangun tempat industri garam yang bisa penuhi mutu kualitas yang dibu­tuhkan industri. Malah, sekarang ini industri garam di Nusa Teng­gara Timur sudah terealisasi se­bagian walau belum memenuhi satu target.

Presiden Joko Widodo ju­ga pernah meninjau tambak ga­ram eks tanah Hak Guna Usaha (HGU) di Desa Nunkurus, Ke­camatan Kupang Timur, Kabu­paten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada akhir Agus­tus 2019.

Menurut Jokowi, Nusa Teng­gara Timur memiliki potensi tambak garam yang dapat dik­erjakan seluas kurang lebih 21 ribu ha. Namun, masih sedikit yang mampu digarap.

Jokowi saat itu ditunjukkan perbandingan garam dari Madura, Surabaya, dan juga dari Australia. Ia pun menilai garam yang ada di NTT lebih ba­gus, lebih putih, bisa masuk ke industri, dan kalau diolah lagi bisa juga menjadi garam konsumsi.

Menilik keseriusan pemerintah, seharusnya sekarang ini sudah swasembada garam. Namun, mengapa sekarang ini muncul kebijakan impor garam?

Tak anehlah jika kemudian muncul dugaan ada pihak yang berkepentingan pada bisnis garam di balik kuota im­por garam. Pihak ini tentu sudah makan pahit manisnya garam sehingga paham betul dengan berbagai celah di bisnis garam.

Kita berharap pada pengambil kebijakan untuk tidak terlena dengan data dan taktik para pemburu rente impor garam. Jika perlu diadakan koordinasi rutin antarinstansi agar masalah garam tidak menjadi isu musiman dan me­resahkan masyarakat khususnya pelaku industri.

Lebih dari itu, pemerintah mesti tegas kepada pihak-pihak yang memanfaatkan kepentingan dalam impor ga­ram.

Belajar dari komoditas lain, ke depan seharusnya ada data terpadu tentang produksi dan konsumsi garam. Jadi, ketika permintaan garam meningkat bisa ditanggulangi dari dalam negeri. Di sini pentingnya pengelola persediaan garam nasional.

Apabila impor garam terus berulang terjadi sama dengan kegagalan meningkatkan produksi dan ketidakmam­puan mengembangkan garam nasional.

Ironis, sebab potensi garam nasional sangat besar ta­pi tidak dimanfaatkan sebagai komoditas berdaya saing tinggi. Hanya pengambil kebijakan yang prorakyat yang mampu menjadikan Indonesia swasembada garam. 

 

Tampilkan Semua

Babak Baru Kasus Jiwasraya

Kamis 16/1/2020 | 09:09
A   A   A   Pengaturan Font
Kasus demi kasus terkuak di tubuh perusahaan milik Pemerintah, mulai kasus Garuda Indonesia, kasus Jiwasraya, dan juga Asabri. Kemenierain yang dipimpin Erick Tohir ini benar-benar harus bekerja ektra keras untuk mengungkap dan...
Selengkapnya

Tiongkok Bergeming di Perairan Natuna

Rabu 15/1/2020 | 05:04
A   A   A   Pengaturan Font
Tiongkok bergeming. Kedatangan Presiden Joko Widodo ke perairan Natuna, Provinsi Kepulauan Ri­au (Kepri), pun tidak membuat nelayan Tiongkok ta­kut menjarah ikan di perairan Zona Ekonomi Ekslusif atau ZEE. Konvensi Internasional...
Selengkapnya

Menjaga BUMN Asuransi

Selasa 14/1/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Keberadaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang asuransi sedang menghadapi masalah, terutama terkait dengan kesehatan keuangan. Tersebutlah, misalnya PT Asuransi Jiwasraya (Persero) yang sedang menghadap masalah akibat pengelolaan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Aktris Senior Ade Irawan Meninggal Dunia

Jumat 17/1/2020 | 18:51
A   A   A   Pengaturan Font

Aktris senior Ade Irawan yang memiliki nama lengkap Arzia Dahar meninggal dunia, Jumat (17/1). Kabar duka tersebut diumumkan oleh penyanyi Melly Goeslaw dan sutradara Ernest Prakasa di media sosial mereka.

Kepergian aktris yang baru meraih penghargaan khusus "Lifetime Achievement" di Piala Citra 2018 ini tak lama berselang dari wafatnya sang putri, aktris Ria Irawan.

"Innalillahi wainailaihi rojiun.

Selamat jalan tante Ade Irawan.

Bahagia berkumpul kembali dengan Ria di Surga Allah SWT.

Alfatihah buat tante dan Ria ????????????.

.Kak @dewiirawan13 yg tabah ya kak ????????????" tulis Melly Goeslaw di Instagram, Jumat.

 Sementara Ernest menulis di Twitter, "Ibu Adek Irawan baru saja berpulang menyusul anaknya terkasih Ria Irawan. Sungguh sulit membayangkan dukacita Mbak

@dewiirawan13 dan keluarga. Semoga Tuhan memberi kekuatan dan ketabahan. ????"

Ade Irawan lahir di Jakarta pada 5 April 1937. Istri dari aktor Bambang Irawan ini dikaruniai buah hati yang juga mengikuti jejaknya di industri film Indonesia, yakni Bambang Widya Permadi Irawan , Dewi Irawan, dan Ria Irawan.

Putrinya, Ria Irawan, meninggal dunia pada 6 Januari 2020 setelah berjuang melawan kanker kelenjar getah bening.

Ade Irawan aktif berakting sejak tahun 1960-an,dia membintangi sejumlah film seperti "Seribu Kenangan", "Yang Muda Yang bercinta" hingga "Pengantin Remaja". Ant/S-1

Tampilkan Semua

Robot Pemulung Selamatkan Sungai dari Pencemaran

Jumat 17/1/2020 | 13:44
A   A   A   Pengaturan Font
KLANG - Memulung plastik dari sungai-sungai di Malaysia sebelum mencemari samudra adalah tugas "Interceptor" sejak beberapa tahun silam. Wahana pembersih sungai bertenaga matahari itu didesain dan dikembangkan oleh LSM Belanda, Ocean...
Selengkapnya

Taika Waititi Jajaki Penggarapan Film "Star Wars"

Jumat 17/1/2020 | 13:20
A   A   A   Pengaturan Font
Sutradara dari "Thor: Ragnarok" dan "Jojo Rabbit", Taika Waititi, sedang dalam tahap penjajakan untuk menggarap film "Star Wars", seperti dikonfirmasi Variety. Meski demikian, belum ada lebih lanjut tentang seberapa jauh negosiasi...
Selengkapnya

Ariana Grande Digugat karena Kemiripan Lagu "7 Rings"

Jumat 17/1/2020 | 13:05
A   A   A   Pengaturan Font
Solois Ariana Grande digugat pada hari Kamis (16/1) oleh artis hip-hop yang mengklaim bahwa Grande mengambil bagian chorus lagunya untuk disematkan di lagu hit Grande, "7 Rings". Dilaporkan Variety, Jumat (17/1), penyanyi hip-hop...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

“Power Bank” PLN Pasok Listrik Taman Anggrek

Jumat 17/1/2020 | 20:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya memberikan layanan penyambungan listrik sementara kepada pelanggan terdampak banjir yang mengalami kendala kelistrikan, di antaranya Mal Taman Anggrek dan kondominium di Apartemen Taman Anggrek, Grogol, Petamburan, Jakarta Barat. Pasokan listrik sebesar 12,5 Juta Volt Ampere (VA) untuk mal dan kondominium menggunakan Power Bank dari PLN.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, M Ikhsan Asaad, mengungkapkan gardu listrik PLN yang memasok listrik mal dan kondominium Taman Anggrek dalam kondisi aman dan siap operasi. “Namun, karena instalasi listrik di sisi pelanggan belum siap, maka listrik tidak bisa disalurkan,” katanya di Jakarta, Jumat (17/1).

Ikhsan mengatakan layanan penyambungan listrik sementara untuk Mal Taman Anggrek dan Kondominium Taman Anggrek telah dilakukan secara bertahap menggunakan Power Bank dari PLN sejak 8 hingga 16 Januari 2020. “Penyambungan listrik sementara pertama untuk kondominium di tanggal 8 Januari, lalu untuk mal dilakukan secara bertahap sejak 13 Januari dan 16 Januari sudah terpasang semua. Total penyambungan dengan Power Bank kurang lebih 12,5 Juta VA,” ujar Ikhsan.

Setelah penyambungan menggunakan Power Bank PLN terpasang seluruhnya, mal Taman Anggrek kembali beroperasi setelah tutup selama kurang lebih 2 minggu. Adapun pasokan listrik yang dibutuhkan untuk operasional mal sendiri adalah sebesar 8 Juta VA dan untuk kondominium di Apartemen Taman Anggrek membutuhkan pasokan listrik sebesar 4,5 Juta VA.

Selain memberikan layanan penyambungan sementara, PLN juga memberikan fasilitas penggantian meter secara gratis tanpa dipungut biaya untuk pelanggan yang kWh meternya terkena dampak banjir. Sesuai data PLN, sebanyak 9.242 kWh meter rusak di Jakarta dan sekitarnya akan diganti oleh PLN. Warga yang kWh meternya rusak dan belum terdata bisa melaporkannya ke PLN melalui Contact Center 123. Selanjutnya PLN akan melakukan inspeksi dan menggantinya. ers/AR-2

Tampilkan Semua

Gangguan Listrik

Jumat 17/1/2020 | 09:30
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Perusahaan Asuransi Bayar Klaim di Muka Korban Banjir

Jumat 17/1/2020 | 09:30
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - PT KSK Insurance Indonesia memberikan kepedulian nyata kepada nasabahnya dengan memberikan pembayaran di muka (prepayment) klaim asuransi nasabah yang terdampak banjir. Tak tanggung-tanggung, PT KSK Insurance Indonesia berani...
Selengkapnya

Otak Penculikan di Pulo Mas Serahkan Diri

Jumat 17/1/2020 | 09:30
A   A   A   Pengaturan Font
Utang piutang diduga motif penculikan yang dilakukan oleh bos PT OHP kepada salah satu karyawannya. JAKARTA - Tersangka Andri, manajer PT OHP, yang merupakan otak penculikan dan penyekapan terhadap Mike Goenawan, di Jalan Pulo Mas Barat...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

Harus Ada Keseimbangan Produksi Garam dengan Rencana Impor

Jumat 17/1/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah berencana untuk menambah kuota impor garam tahun ini hingga mencapai 2,92 juta ton. Jumlah tersebut lebih besar dari kuota tahun 2019 lalu yang masih sebanyak 2,75 juta ton

 

Oleh berbagai kalangan, rencana ini mengancam daya saing garam lokal, sebab tak terbantahkan di lapangan garam yang semestinya untuk kebutuhan industri itu justru beredar di pasar konsumsi.

Untuk mengupas masalah ini, Koran Jakarta dengan mewawanca­rai Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. Berikut petikannya.

Bagaimana komitmen Anda untuk meningkatkan serapan garam rakyat?

Pastinya pemerintah berkomit­men untuk meningkatkan serapan garam produksi rakyat dan menjaga harga yang layak. Akan tetapi, ada be­berapa kebutuhan yang tidak mampu dipenuhi oleh garam rakyat seperti kebutuhan industri yang mengandung chlor alkali plant (CAP). Na­mun, saya tidak ingin garam produksi rakyat dikesampingkan.

Kita kan punya PT Garam. Ga­ram harus kuat. Tidak fair juga ka­lau kita untuk menghadapi orang-orang yang suka impor itu dengan cara kita mengeluarkan subsidi.

Bagaimana cara kita mengha­dapi garam impor?

Saya telah meminta jajarannya di KKP dan pelaku usaha perga­raman untuk memastikan kuota garam yang dapat dipenuhi oleh produksi dalam negeri. Data kita per November lalu hampir 2,1 juta ton. Tolong dipastikan sekarang posisinya ada di mana saja.

Kalau saya lihat, PT Garam ini hanya punya sedikit dari yang dimiliki secara nasional. Nah, produksi garam rakyat ini ada di daerah mana saja, ada di gudang mana saja, supaya kita bisa bicara dengan data yang jelas.

Seberapa penting data produksi itu?

Dengan pendataan yang baik, pemerintah pun dapat merumuskan kebijakan jika ditemukan permasalahan di pergudangan. Kalau kita punya 2,1 juta ton, semuan­ya harus terserap. Kalau kebutuhan garam nasional 4–5 juta ton, sisanya baru boleh diimpor. Yang jelas, kuota impor yang diberikan tidak boleh lebih dari yang dibutuhkan.

Bagaimana pendapat Anda soal impor garam ini?

Jika impor terlalu dibatasi se­mentara kebutuhan garam nasional tinggi, dikhawatirkan akan terjadi permainan di petambak garam yang menyebabkan harga melonjak sehingga terjadi inflasi. Sebaliknya, jika impor garam tidak dikenda­likan dengan baik, garam impor akan bocor di pasaran sehingga menyebabkan petambak garam dalam negeri merugi. Makanya kita harus bikin keseimbangan.

Berapa luas lahan garam nasional?

Indonesia memiliki luas lahan garam nasional sebesar 27.047,65 ha. Seluas 22.592,65 ha merupakan lahan garam rakyat dengan jumlah petambak sebanyak 19.503 orang. Sementara 4.455 hektare lainnya milik PT Garam.

Apa yang telah dilakukan KKP untuk memperkuat produksi garam lokal?

Pemerintah memang sedang membangun pilot project untuk industri garam chlor alkali plan di Nusa Tenggara Timur (NTT). Namun, dari rencana luas tambak garamnya 400 hektare baru tereal­isasi sekitar 4–6 hektare. Ini yang akan terus kita dorong.

Seperti apa kerja sama KKP dengan lembaga lain terkait garam ini?

Dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tahun 2019 Desember lalu, Menteri PUPR, Basuki Ha­dimuljono, menyebutkan bahwa sepanjang 2015–2019 ia telah membangun 410 ribu hektare irigasi dan merehabilitasi 3.740 hektare tambak garam. Kami telah meminta Menteri PUPR untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur ini.

Lagi pula stakeholder pergara­man juga telah meminta dukungan infrastruktur pembangunan dan perbaikan jalan tambak. Tentu saya akan berkoordinasi dengan Kemen­terian PUPR.

Apa Anda telah bertemu dengan stakeholder penggaraman?

Tentu saya sudah bertemu. Demi Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (Pugar) saya telah melakukan audiensi dengan stakeholder per­garaman nasional pada November lalu. Saya tegaskan ke mereka bah­wa garam merupakan komoditas yang dibutuhkan setiap manusia, akan tetapi belum dihargai dengan baik, sehingga perlu ada pengema­san dan pemasaran yang terstruk­tur agar garam nasional memiliki nilai tambah yang layak. eric sabini/AR-3

Tampilkan Semua

Dengan Struktur Baru, Pelayanan Bidang Kebudayaan Akan Lebih Fokus

Kamis 16/1/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) banyak melakukan perubahan, baik dari segi kebijakan maupun struktur kelembagaan. Salah satu perubahan yang terjadi adalah penggantian di tubuh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud....
Selengkapnya

PNS Harus Berdaya Saing Guna Mewujudkan Indonesia yang Lebih Maju

Rabu 15/1/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Tahun 2019, pemerintah kembali membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Hari Senin (14/1), Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, menerima secara resmi naskah soal Seleksi...
Selengkapnya

Tunjangan Guru Pascabencana Harus Adil

Selasa 14/1/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Indonesia merupakan negara yang rawan terhadap bencana, salah satunya banjir yang melanda Jabodetabek beberapa waktu lalu. Hal tersebut mengganggu kegiatan masyarakat di segala sektor, termasuk pendidikan.   Kementerian Pendidik an...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Kebun Raya untuk Riset Keanekaragaman Hayati

Rabu 15/1/2020 | 05:05
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang juga diberi tugas menge­lola sejumlah Kebun Raya akan menjadikan Kebun Raya me­miliki banyak fungsi, salah sat­unya menjadikan sebagai plat­form riset terutama riset ke­anekaragaman hayati.

“Kebun Raya adalah platform untuk melakukan penelitian ter­kait kekayaan keanekaragaman hayati Indonesia,” kata Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko, di Jakarta, Selasa (14/1).

Indonesia saat ini memiliki 39 kebun raya yang mencer­minkan keragaman eco-region Indonesia. Lima kebun raya, yakni Kebun Raya Bogor, Ke­bun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Bali, dan Kebun Raya Cibinong, dikelola oleh LIPI, sedangkan 34 lainnya dikelola pemerintah daerah juga perguruan tinggi.

Handoko menjelaskan prin­sip konservasi menjadi lan­dasan dalam kegiatan riset pe­manfaatan kekayaan haya­ti yang dilakukan Kebun Raya. Menurutnya, prinsip terse­but menjadi bagian penting dan harus dilakukan, sebelum melakukan penelitian untuk pemanfaatan lebih lanjut.

Ia mengungkapkan Kebun Raya selain jadi kegiatan kon­servasi dan riset, juga memiliki fungsi jasa lingkungan, pendi­dikan, dan wisata. “LIPI akan fokus pada fungsi konservasi dan riset sesuai perannya seb­agai lembaga penelitian,” tam­bahnya.

Handoko menilai partisipa­si berbagai pihak perlu dilaku­kan agar fungsi-fugsi lainnya bisa memenuhi harapan ma­syarakat sebagai pengguna lay­anan. Ia berharap keterlibatan publik bisa mengembangkan variasi layanan edukasi tentang pentingnya konservasi lingkun­gan dengan cara-cara yang leb­ih mengena kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbu­han dan Kebun Raya LIPI, R Hendrian menyebut salah sa­tu Kebun Raya yang dikelo­la LIPI yaitu Kebun Raya Bo­gor telah menjadi representasi kekayaan tumbuhan nusanta­ra. Menurutnya, Kebun Raya Bogor merupakan upaya kon­servasi ex-situ atau usaha pele­starian alam yang dilakukan di luar habitat aslinya di tengah laju kepunahan.

“Sebagai wahana konser­vasi ex-situ, Kebun Raya Bo­gor mempunyai koleksi flora langka Indonesia yang terdo­kumentasi. Ini mempermudah para peneliti, akademisi, ju­ga masyarakat untuk mengeta­hui dan mempelajari kekayaan hayati Indonesia,” ucapnya. ruf/E-3

Tampilkan Semua

Zainudin Amali : Pembinaan Atlet Harus dari Usia Dini

Sabtu 11/1/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menghadapi tugas yang tak mudah. Latar belakangnya sebagai seorang politisi membuat banyak pihak meragukan dia mampu membenahi prestasi olahraga nasional. Presiden Joko Widodo meminta...
Selengkapnya

Izin Operasional 11 PPUI Dicabut

Sabtu 11/1/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Kementerian Agama mencabut izin operasional 11 Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Sanksi pencabutan izin diberikan karena sampai batas waktu yang ditentukan, 11 PPIU tersebut tidak melakukan sertifikasi sebagai Biro...
Selengkapnya

UGM dan TNI AD Kerja Sama Pendidikan

Sabtu 11/1/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) bekerja sama di bidang pendidikan, khususnya program pascasarjana bagi perwira dan bintara TNI AD.Penandatanganan perjanjian kerja...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta