Koran Jakarta | September 24 2018
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Utang Indonesia Lebih Banyak untuk Bayar Bunga

Senin 24/9/2018 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
>>Pelemahan rupiah dan kenaikan bunga The Fed membuat bunga utang naik 15,1 persen. >>Pemerintah masih bisa menghemat belanja dengan melakukan efisiensi...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Kasus Campak dan Rubella Banyak Terjadi di Indonesia

Senin 24/9/2018 | 06:49
A   A   A   Pengaturan Font

YOGYAKARTA - Dosen Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM), Mei Neni Sitaresmi, menekankan pentingnya pemberian vaksin measles rubella (MR). Pasalnya, hingga saat ini masih terjadi banyak kasus campak dan rubela di Indonesia.

“Campak dan rubella merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan masih banyak terjadi di Indonesia, jadi ja­ngan sepelekan vaksin MR,” jelas Neni, di Yogyakarta, akhir pekan lalu.

Infeksi campak, kata dia, bisa menyebabkan radang paru-paru, radang otak, bahkan kematian pada bayi. Se­mentara rubella sangat berbahaya jika menulari ibu hamil, terutama pada kehamilan awal yang dapat menyebabkan bayi lahir cacat.

Rubella sering menyerang anak-anak dan penyakit ini bersifat ringan serta akan sembuh dengan sendirinya. Na­mun jika menulari ibu hamil pada trismester pertama atau awal kehamilan, bisa menyebabkan dampak yang sangat serius. Infeksi rubella dapat mengyebabkan bayi lahir de­ngan congenital rubella syndrome (CRS) seperti lahir de­ngan kepala kecil, tuli, kelainan jantung dan mata.

“Ini tentunya akan menimbulkan beban yang sangat be­rat bagi bagi dengan CRS,” tutur wanita yang tergabung da­lam Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDAI) ini.

Pemberian imunisasi dengan vaksin MR disebutkan Neni merupakan langkah pencegahan terbaik untuk mencegah penularan kedua penyakit ini. Dengan satu vaksin bisa se­kaligus mencegah campak dan rubella.

“Satu-satunya cara untuk mencegah kedua penyakit ini adalah dengan vaksin MR,” tegas Neni. YK/E-3

Tampilkan Semua

Produk Kerajinan

Senin 24/9/2018 | 06:35
A   A   A   Pengaturan Font
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise (kedua dari kanan) bersama Bupati Jember, Faida (ketiga dari kanan) saat kunjungan kerja ke Ledokombo, Jember, Jawa Timur, Sabtu (22/9). Dalam kunjungannya, Yohana...
Selengkapnya

Seleksi PPPK Guru Honorer Dibuka setelah Seleksi CPNS

Senin 24/9/2018 | 06:23
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Pemerintah memberikan kesempatan kepada para guru honorer yang berusia lebih dari 35 tahun yang ingin mengabdi untuk negara melalui pengangkatan seba­gai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang seleksinya...
Selengkapnya

UI Tertarik Kembangkan Perekonomian Banyuwangi

Senin 24/9/2018 | 06:07
A   A   A   Pengaturan Font
BANYUWANGI – Universitas Indone­sia (UI) tertarik melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pem­kab) Banyuwangi untuk mengem­bangkan daerah tersebut. Rektor UI, Muhammad Anis, me­ngatakan lewat...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Airlangga Hartarto: Golkar Paling Siap Ikut Pemilu Serentak 2019

Senin 24/9/2018 | 04:36
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – DPP Partai Golkar memberikan bantuan atribut partai kepada para calon angggota legislatif di seluruh Indonesia guna memudahkan kampanye.Atribut itu secara simbolis diserahkan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam acara pelepasan caleg DPR RI dan DPRD DKI Jakarta Partai Golkar, di Kantor DPD Partai Golkar DKI Jakarta.

“Mudah-mudahan dengan bantuan atribut ini, Golkar bisa mewujudkan target kursi anggota parlemen,” kata Airlangga Hartarto, Minggu (23/9). Airlangga mengatakan Partai Gokar merupakan partai pertama yang melakukan pelepasan terhadap para calegnya bersamaan dengan hari pertama kampanye Pemilu 2019.

Airlangga menyatakan Golkar adalah partai yang paling siap menghadapi Pemilu. Karena itu ia berpesan kepada para caleg Partai Golkar untuk berjuang di daerahnya masing-masing untuk memenangi Partai Golkar sekaligus memenangi Presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019.

Kehormatan Partai Golkar kata Airlangga Hartarto, harus dikembalikan melalui kemenangan di parlemen. “Kita punya waktu enam bulan tiga minggu. Pemilu kali ini bisa dikatakan pemilihan terbesar di dunia, karena ini pemilu diselenggarakan secara bersamaan,” jelasnya.

Selain acara pelepasan caleg DPR RI dan caleg DPRD DKI Jakarta, Airlangga Hartarto juga memperkenalkan tagline baru partai berlambang pohon beringin itu. Tagline baru Partai Golkar yakni “Suara Rakyat Suara Golkar”.

Dalam acara itu hadir, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, Sekjen DPP Partai Golkar Lodewijk F Paulus, kader Partai Golkar yang juga Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Bendahara Umum DPP Partai Golkar Robert J Kardinal dan Ketua Fraksi Partai Golkar DPR Melchias Mekeng serta Plt Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Rizal Mallarangeng.

Bendera Partai

Rizal Mallarangeng mengungkapkan partainya telah mencetak sebanyak satu juta bendera partai untuk dibagikan kepada para caleg, guna kepentingan kampanye.

Secara simbolis, atribut itu dibagikan kepada 575 caleg DPR RI dan 106 caleg DPRD DKI Jakarta. “Partai Golkar mencetak 1 juta bendera Partai Golkar dan akan disebarkan ke semua daerah pemilihan tanpa terkecuali,” kata Rizal Mallarangeng.

Di tempat yang sama, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie berharap Partai Golkar pada Pemilu 2019 bisa meraih target 110 kursi di DPR.

“Mudah-mudahan Golkar bisa mendapatkan jumlah kursi yang sudah ditargetkan DPP Partai Golkar yaitu 110 kursi. Insya Allah ini berhasil dan kita harapkan mereka (caleg Golkar) punya semangat besar untuk memenangkan Partai Golkar ke depan,” tutur Aburizal. sur/AR-3

Tampilkan Semua

Deklarasi Damai di Lampung

Senin 24/9/2018 | 04:27
A   A   A   Pengaturan Font
Warga masyarakat bersama Komisioner KPU Lampung dan calon anggota legislatif serta perwakilan parpol peserta Pemilu 2019 melepas balon dan burung merpati saat “Deklarasi Damai Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019” di...
Selengkapnya

Hindari Saling Memprovokasi

Senin 24/9/2018 | 04:09
A   A   A   Pengaturan Font
Suasana panas mulai menyelimuti Pilpres 2019 meski kampanye baru akan dimulai hari ini. semua pihak diharapkan menjaga kondisi damai.   JAKARTA – Kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam deklarasi kampanye...
Selengkapnya

Bamsoet Minta Kemenkominfo Cermati Akun Penyebar “Hoax”

Jumat 21/9/2018 | 04:56
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Badan Pengawas Pemilu (Kemenkominfo dan Bawaslu) mencermati akun-akun di media sosial pembuat dan penyebar hoaks menjelang Pemilu 2019....
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Mondial

India Luncurkan Jaminan Kesehatan “Modicare”

Senin 24/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

NEW DELHI - Pemerintah India pada Minggu (23/9) meluncurkan skema program jaminan asuransi kesehatan yang terbesar di dunia dikenal dengan nama “Modicare”. Menurut Perdana Menteri India, Narendra Modi, program jaminan kesehatan ini akan melindungi lebih dari 500 juta rakyat miskin yang ada di negerinya.

Program Modicare akan memberikan jaminan kesehatan senilai 500 ribu rupee bagi setiap keluarga miskin yang menderita keluhan sakit parah,” demikian pernyataan resmi dari pemerintah India.

Adapun uang jaminan kesehatan ini akan ditanggung melalui anggaran di pemerintah pusat dan 29 pemerintah negara bagian di India dengan nilai total 1,6 miliar dollar AS per tahunnya. Alokasi anggaran akan ditambah secara bertahap seiring dengan pertambahan jumlah dari warga yang sakit.

Peresmian program jaminan kesehatan ini dilakukan oleh PM Modi saat ia berkunjung ke Ibu Kota Negara Bagian Jharkhand. “Peresmian jaminan kesehatan ini merupakan momentum bersejarah bagi India,” ucap PM Modi.

Dalam penjabarannya, PM India itu menambahkan skema jaminan kesehatan ini akan jadi langkah besar bagi peningkatan kualitas hidup dan aksesibilitas bagi kaum miskin di India dimana 100 juta keluarga miskin di negara itu akan menerima manfaatnya.Sebelumnya sistem jaminan kesehatan publik di India mengalami kekacauan akibat terlalu sedikitnya fasilitas rumah sakit umum dan dokter. Akibatnya banyak warga India terpaksa pergi ke klinik dan rumah sakit swasta, jika mereka sanggup membayar biaya pengobatan.

Sekali konsultasi untuk berobat di klinik atau rumah sakit swasta di India, setiap pasien dibebani tagihan senilai 1.000 rupee (setara dengan 15 dollar AS), dan angka itu amat besar bagi kebanyakan warga miskin di India dengan pendapatan kurang dari 2 dollar AS per harinya.

Pemerintah India memperkirakan lebih dari 60 persen dari penghasilan setiap keluarga dialokasikan untuk membeli obat-obatan dan aspek kesehatan lainnya.

Para pakar memuji program Modicare ini, namun mereka pun menyarankan agar program jaminan kesehatan ini melingkupi aspek kesehatan primer harian selain hanya untuk pemberian layanan aspek pengobatan yang lebih serius dan perawatan kesehatan dalam jangka panjang.

“Modicare sebaiknya tak hanya merupakan jaminan kesehatan utama. Kami yakin ini merupakan kelemahan dari program kesehatan publik di India,” kata Rajiv Lall dan Vivere Dehejia, pakar dari lembaga pemikir IDFC Institute seperti diungkapkan mereka pada kolom opini yang dimuat di harian lokal, Mint.

“Namun ada aspek penting dimana warga miskin mendapatkan layanan utama kesehatan,secara tak langsung akan meningkatkan beban atas sektor kesehatan dan keuangan di bawah alur level sekunder dan tersier,” pungkas mereka.

 

AFP/I-1/AR-3

Tampilkan Semua

Hong Kong-Tiongkok Kini Terhubung dengan Kereta Cepat

Senin 24/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tiongkok terus membangun jaringan kereta cepat di seluruh negeri, yang paling anyar adalah jalur kereta cepat yang menghubungkan Hongkong dan Tiongkok.   HONG KONG - Sebuah jalur kereta cepat terbaru yang menghubungkan Hong Kong...
Selengkapnya

60 Tahun RI-Spanyol, Kerja Sama Ekonomi Meningkat

Senin 24/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
MADRID - KBRI Madrid bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dan Konfederasi Organisasi Pengusaha Spanyol (Confederación Española de Organizaciones Empresariales - CEOE) telah menyelenggarakan...
Selengkapnya

Ratusan Ribu Orang Tanpa Listrik di Ottawa setelah Dilanda Tornado

Senin 24/9/2018 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
OTTAWA - Angin Tornado meluluhlantakkan beberapa wilayah utama Kanada, khususnya Ottawa. Puluhan orang mengalami luka serius dan ratusan ribu orang terjebak tanpa pasokan listrik sejak Sabtu (23/9). Angin kencang berkekuatan 200...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Pererat Kemitraan

Senin 24/9/2018 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Peluncuran GPN

Senin 24/9/2018 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Pergerakan IHSG Terbatas

Senin 24/9/2018 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan bergerak terbatas karena secara teknikal terkonfirmasi break out resistance level namun bergerak terkonsolidasi pada area upper bollinger bands dengan pola northern star....
Selengkapnya

Maybank Gelar Aksi Sosial di Medan

Senin 24/9/2018 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
MEDAN - Karyawan dan pimpinan PT Maybank Indonesia Tbk bergotong-royong membersihkan Masjid Raya Medan dan berbagai kegiatan sosial lainnya sebagai wujud komitmen kampanye kepedulian toleransi dalam keberagaman. “Aksi sosial itu...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Kembangkan Budaya Bali untuk Tarik Wisatawan

Senin 24/9/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Selama ini, Provinsi Bali sangat dikenal men­jadi tujuan wisata bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Para wisatawan tersebut ingin menikmati semua keindahan yang ada di Pulau Dewata ini.

Berbagai destinasi wisata seperti keindahan pantai, pegunungan serta alam di sekitar Pulau Dewata ini yang membuat wisatawan rela me­ngeluarkan uangnya. Jutaan wisatawan telah menyambangi pulau yang berbatasan dengan Pulau Jawa dan Provinsi Nusa Tenggara Barat ini.

Meski sudah menjadi tu­juan wisatawan dari dalam maupun luar negeri lewat ke­indahan alamnya, Pemerintah Provinsi Bali masih akan terus berusaha menggaet wisatawan lewat adat dan kebudayaan Bali yang sangat terkenal. Ane­ka kekayaan adat dan budaya ini akan terus dipoles dan dipromosikan.

Untuk mengetahui apa saja yang akan dilakukan jajaran Pemerintah Provinsi Bali, war­tawan Koran Jakarta, Muham­mad Umar Fadloli, berhasil mewawancarai Gubernur Bali, I Wayan Koster, seusai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, baru-baru ini. Berikut petikan selengkapnya.

Apa yang akan Anda laku­kan dalam mengembangkan Bali ke depan?

Kami akan memberikan warna pada penguatan budaya Bali, khususnya yang berkaitan dengan adat, tradisi, dan seni budaya. Hal ini kami lakukan karena Bali kekuatannya pada budaya. Jadi, ini yang harus kami perbuat. Untuk itulah penguatan budaya menjadi prioritas utama kami di dalam membangun Bali ke depan.

Apakah dengan kebijakan itu juga akan ikut membantu meningkatkan perekono­mian masyarakat Bali?

Iya, ini juga akan kami jadi­kan satu pilar dalam memba­ngun perekonomian Bali.

Selain soal budaya, apa­lagi yang akan Anda lakukan dalam lima tahun ke depan dalam upaya menyejahtera­kan masyarakat Bali?

Tentu saja yang kami butuhkan karena Bali tujuan wisata dunia kami membutuh­kan pelayanan yang baik. Hal ini harus dilakukan karena itu kami meningkatkan standar kualitas pelayanan kepari­wisataan di Bali. Peningkata­kan tersebut, termasuk di dalamnya mengembang­kan infrastruktur darat, udara, dan laut secara terintegrasi. Untuk semua itu, kami telah menyusun desain master plan-nya.

Sebentar lagi ada agenda pertemuan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank Group (WBG) di Bali. Apakah Anda menetap­kan target berapa wisatawan yang hadir?

Annual meeting melibatkan 15 ribu peserta. Saya kira itu akan menjadi sarana untuk meningkatkan citra baru bagi dunia wisata di Bali. Dari rangkaian kegiatan tersebut saya kira akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Dewata.

Apa harapannya terkait penyelenggaraan pertemuan IMF dan WBG ini bagi Bali?

Tentu kami ber­harap agar annual meeting mem­beri dampak langsung bagi kehidupan ma­syarakat di Bali, khususnya indus­tri di sektor usaha kecil menengah (UKM).

Terkait adanya reklamasi di Teluk Benoa, apa tidak akan mengganggu?

Kalau soal reklamasi, sudah jelas sesuai dengan visi kami bahwa reklamasi di kawasan Teluk Benoa itu tidak dapat dilaksanakan.

Tapi, bagaimana dengan adanya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 51 Tahun 2014 tentang Tata Ruang Kawasan Perkotaan?

Saya kira Perpres tersebut tidak menyuruh reklamasi. Jadi, mau ada Perpres atau enggak, kalau gubernur me­ngatakan tidak ada reklamasi maka tidak akan dilaksanakan.

Apa sudah ada komuni­kasi dengan Presiden terkait Perpres tersebut?

Perpres itu mem­beri ruang kalau mau dilakukan reklama­si boleh, tapi tidak menyuruh. Jadi, mau direklamasi, memanfaatkan ru­ang yang disedia­kan atau tidak itu tergantung pengambil kebijak­an.

N-3

Tampilkan Semua

Pemkab Jemput Bola Layani Masyarakat Sleman

Senin 17/9/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Angka kemiskinan di Ka­bupaten Sleman masih di level dua digit, yakni di angka 10,6 persen dari total warga sekitar 1,2 juta. Peme­rintah Kabupaten (Pemkab) Sleman terus berusaha untuk menurunkan tingkat kemis­kinan dengan...
Selengkapnya

Pemkot Batu Gencarkan Pengembangan Sektor Pertanian

Senin 10/9/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selama ini Kota Batu, Jawa Timur, dikenal sebagai salah satu tu­juan wisata yang cukup terkenal di Tanah Air. Selain mengandalkan berbagai ta­man hiburan dengan beragam wahana edukasi yang unik, panorama asri kawasan yang...
Selengkapnya

Pelayanan untuk Warga Lombok Utara Tetap Berjalan

Senin 3/9/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kabupaten Lombok Utara, menjadi daerah yang paling parah kena dampak gempa. Banyak rumah warga hancur. Kantor-kantor pemerintahan pun, termasuk rumah sakit, tak bisa difung­sikan lagi. Korban meninggal tercatat lebih dari 400...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Peresmian Kantor Cabang

Senin 24/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Direktur BTN, Dasuki Amsir (kedua kiri) didampingi Wakil Wali Kota Jakarta Utara Junaedi (kedua kanan), Kepala Kantor Wilayah II Bank BTN, Dewi Fitrianingrum (kiri) dan Kepala Kantor Cabang Pluit, Fifi Afiati Hasan, menggunting pita saat peresmian Kantor Cabang Pluit di Jakarta, Jumat (21/9) malam. Bank BTN menargetkan KC Pluit dapat menyumbang DPK lebih dari 1 triliun rupiah dalam 3 tahun ke depan dan berkontribusi mengucurkan KPR Subsidi untuk sekitar 400 ribu hunian baru bagi masyarakat menengah bawah di wilayah Pluit.

Tampilkan Semua

Pengembang Hypermart Siapkan Belanja Gratis

Senin 24/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Konsep bisnis hypermart kian memanjakan pelanggan. Manajemen pengembang ritel LuLu Hypermarket & Department Store, misalnya, menyiapkan sejumlah program menarik untuk pelanggan. Dalam rangka merayakan Anniversary yang ke-2, LuLu...
Selengkapnya

Sinergi Hunian dengan Ruko Komersial

Senin 24/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pengembang hunian vertikal kian inovatif menawarkan produk kepada masyarakat. Selain konsep hunian yang dinamis, pengembang juga menawarkan kemudahan dari sisi kredit pemilikan apartemen (KPA. Pikko Group, misalnya, menawarkan apartemen...
Selengkapnya

Disiapkan, Skema KPR Khusus Milenial

Senin 24/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah dan perbankan BUMN perlu mengeluarkan paket kebijakan untuk mempermudah generasi milenial untuk mendapatkan rumah. Paket kebijakan kredit pemilikan rumah (KPR) untuk para generasi milenial dinilai penting untuk dikeluarkan....
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Lintasarta Kumpulkan “Start Up” Muda Surabaya

Jumat 21/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Dalam rangka meresmikan kegiatan Creative Application Development Competition Appcelerate 2018 Surabaya, Lintasarta bersama Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya mengadakan kick off seminar pada Kamis (20/9) di Gedung Robotika ITS, Surabaya. Acara ini mengawali rangkaian Appcelerate 2018 yang meliputi seleksi proposal rencana bisnis, inkubasi bisnis, hingga presentasi final di hadapan direksi Lintasarta.

Appcelerate merupakan realisasi program Sosial Investment Lintasarta dalam bentuk kompetisi rencana bisnis yang berfokus pada inovasi produk berbasis aplikasi digital,

seperti mobile application maupun web, yang memiliki nilai bisnis dan dapat diterapkan untuk mendukung berbagai sektor industri dan pemerintahan. Kompetisi ini terbuka untuk kelompok beranggotakan mahasiswa dan alumni Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di kota Surabaya dan Malang.

Kick Off Appcelerate ITS 2018 dibuka oleh Prof Ir Joni Hermana, MSc.ES. PhD selaku Rektor ITS Surabaya dan Agus Triyanto (GM East Indonesia Regional) yang sekaligus meresmikan rangkaian acara kegiatan. Sedangkan para pembicara yang diundang adalah Okky Aditya Putra (Banking Expert) dan Yudhi Ferraro (Insurance Expert), Imam Baihaqi (Head of Dept Business Management ITS), Yudho Sebriadi (Kabid E-Gov Diskominfo Surabaya) dan Ryo Naldho (Appcelerate Program Director) yang memaparkan Appcelerate ITS 2018 pada sesi talk show.

Dalam kesempatan ini, para pembicara memaparkan poin-poin dari industri Keuangan Bank, Keuangan Non-Bank, dan Smart City dalam berbagai aspek bisnis. Selain memberikan gambaran mengenai topik permasalahan yang dapat diselesaikan oleh para calon peserta menggunakan media aplikasi digital, kegiatan ini ditujukan untuk mensosialisasikan rangkaian Appcelerate 2018. Dengan resmi dibukanya Appcelerate 2018, para peserta diberikan kesempatan untuk menyusun proposal rencana bisnis sebaik mungkin, sebelum akhir masa submit proposal melalui website Appcelerate (its.appcelerate.id) pada 19 Oktober 2018.

 

yzd/R-1

Tampilkan Semua

Desain Berkelas Ponsel Asal Tiongkok

Kamis 20/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Merek ponsel pintar Honor meluncurkan ponsel pasar bawah Honor 9i, yang dibanderol pada harga cukup kompetitif untuk pasar Indonesia. Dengan banderol harga 2.599 rupiah untuk versi 3+32 GB dan 3,099 juta rupiah untuk versi 4+64 GB, harga...
Selengkapnya

“Speaker” Portabel Harga Terjangkau

Kamis 20/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Era mobile membuat perilaku mendengarkan musik menjadi berbeda. Pengguna bisa menikmati musik pilihan dari mana saja dan kapan saja melalui earphone ataupun speaker portable yang ringkas. Movi menawarkan dua seri speaker nirkabel kecil...
Selengkapnya

Chatbot Permudah Otomasi Layanan Keuangan

Kamis 20/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Chatbot perlahan akan menggantikan manusia dalam kemampuan komunikasi via pesan instan. Chatbot berasal dari kata Chatterbot. Chat artinya ngobrol dan bot kependekan dari robot. Saat perusahan semakin besar dan pertugas call center dari...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Crossover SUV: Menawan dan Lebih Canggih

Rabu 19/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

PT Honda Prospect Motor (HPM) telah meluncurkan model terbaru dari Honda HR-V. New Honda HR-V hadir dengan tampilan yang semakin tangguh dan menawan, fitur yang lebih lengkap serta sebuah varian baru yang menawarkan nilai lebih bagi konsumen. Hingga saat ini, mobil Crossover SUV Honda HR-V ini telah mencatat penjualan sebesar 139.228 unit. Tidak hanya dari sisi penjualan, pengakuan terhadap Honda HR-V juga terlihat dari total 21 penghargaan yang telah dicapai sejak diluncurkan. Eksterior New Honda HR-V memiliki desain baru pada Front Grille yang membuat New Honda HR-V semakin gagah.

Kehadiran New Full LED Headlight with LED Daytime Running Light dengan penerangan maksimal membuat tampilan New Honda HR-V menjadi semakin elegan dan New LED Fog Lamp menambah visibilitas saat berkendara di kondisi berkabut. Kini New Honda HR-V juga dilengkapi dengan 17” Alloy Wheel Design dan Shark Fin Antenna yang menambah kesan agresif.

Di dalam kabin, New Honda HR-V kini disegarkan dengan New 8” Floating Capacitive Touchscreen Display Audio yang dilengkapi dengan berbagai format musik dan video melalui media, seperti AM/FM radio, AUX-in Port, USB Port, Bluetooth dan Miracast / Mirroring yang kompatibel untuk Android. Pada bagian kursi juga telah dilengkapi dengan desain baru dengan bahan dasar kulit yang semakin menambah kesan sporty untuk menunjang kenyamanan pengendara selama di perjalanan.

Tidak hanya itu, New Sporty Pedal Pad juga menambah kesan sporty. “Honda HR-V merupakan sebuah model global yang telah diterima baik oleh konsumen di berbagai negara, dan meraih banyak penghargaan bergengsi. Honda menghadirkan model terbarunya di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan sebuah compact crossover yang modern, tangguh dan stylish,” ucap Takehiro Watanabe, President Director PT HPM. Sementara itu, Jonfis Fandy selaku Marketing and After Sales Service Director PT HPM mengatakan, Honda HR-V pertama kali diperkenalkan di Indonesia tahun 2014 dan langsung menjadi salah satu kontributor terbesar untuk penjualan Honda selama tiga tahun terakhir ini.

“Kami percaya New Honda HR-V akan meneruskan tren positif ini dan diterima dengan baik oleh konsumennya di Indonesia,” terang Jonfid. New Honda HR-V tersedia dalam 4 varian, yaitu tipe 1.8L Prestige CVT, tipe 1.5 E Special Edition CVT, tipe 1.5L E CVT, tipe 1.5L S CVT dan 1.5L S M/T. Selain itu, New Honda HR-V tersedia dalam 6 warna, yaitu White Orchid Pearl (Two-tone Khusus tipe Prestige), Modern Steel Metallic, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Rallye Red, Brownish Amethyst Metallic (khusus New Honda HR-V 1.8 Prestige) dan Dark Olive Metallic (khusus New Honda HR-V tipe 1.5L).

New Honda HR-V ditawarkan dengan rentang harga antara 279 juta rupiah hingga 395 juta rupiah. New Honda HR-V tipe dilengkapi dengan New 6.2” Touchscreen Audio, Vanity Mirror, Seatback Pocket, Meter Cluster with Floating Illumination Ring, ECO AssistTM, Multi Information LED Display, One Touch Turning Signal, Seat Arrangement, Day/ Night Rearview Mirror, Tilt & Telescopic Steering Wheel, Driver Seat Height Adjuster. Dari sisi keselamatan, tipe ini telah memiliki standar fitur yang lengkap termasuk G-CON + ACETM with Side Impact Beam, Dual Front SRS Airbags, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, Driver Seatbelt Reminder, Emergency Stop Signal, ABS+EBD+BA, Hill Start Assist, Motion Adaptive EPS + Vehicle Stability Assist, ISOFIX + Tether. Dilengkapi pula dengan fitur keamanan seperti Wave Key, Keyless Entry, Auto Door Lock by Speed, Immobilizer dan Alarm System.

New Honda HR-V dilengkapi juga dengan Electric Parking Brake yang memberi kemudahan dalam melakukan parking brake, cukup dengan satu sentuhan & Auto Brake Hold untuk menahan rem secara otomatis ketika kendaraan berhenti sempurna pada saat tanjakan atau turunan, untuk menghindari mobil meluncur tanpa menginjak rem terusmenerus. Transmisi CVT pada tipe ini telah menggunakan Earth Dreams Technology.

Spesifikasi New Honda HR-V 1.5L E CVT

Tipe ini memiliki semua fitur dari tipe 1.5 liter S dengan tambahan Chrome Outer Door Handle di bagian eksterior dan beberapa fitur canggih, seperti Smart Entry System dan One Push Ignition System. Bagian interior untuk tipe ini menggunakan semi Leather Seat dengan dominasi warna hitam.

Spesifikasi HR-V 1.5L E Special Edition CVT

Tipe ini adalah varian baru dari New Honda HR-V yang memiliki semua fitur dari tipe E CVT ditambah lampu depan telah menggunakan New Full LED Headlight dengan LED Daytime Running Light & LED Fog Lamp pada bagian eksterior. Dari sisi interior, tipe ini dilengkapi dengan New Sport Pedal Pad dan didominasi dengan desain berbahan kulit pada bagian kursi, Door Lining, Shift Knob dan Steering Wheel yang memberikan nilai lebih bagi konsumen.

Sistem audio menggunakan New 8” Capacitive Floating Touchscreen Display Audio yang kompatibel dengan berbagai format musik. Pada bagian eksterior, tipe ini memiliki fitur yang sama dengan Honda HR-V 1.5L E Special Edition CVT. Selain itu, tipe ini telah dilengkapi dengan Power Panoramic Sunroof yang dapat dibuka secara elektrik sehingga pengendara dan penumpang dapat menikmati indahnya langit dengan lebih luas. Di dalam kabin, tipe ini menggunakan interior dengan paduan warna hitam dan ivory yang dilengkapi dengan LED Map Light & Room Lamp.

Sedangkan untuk fitur keselamatan juga telah dilengkapi dengan Side Curtain Airbags + Side Airbags dan Passenger Seatbelt Reminder. yun/E-6

Tampilkan Semua

Nyaman Berkendara dengan Mobil MPV

Rabu 19/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Bagi para peminat mobil jenis low MPV (LMPV/mobil keluarga multifungsi kelas menengah), Honda Mobilio tetap menjadi salah satu pilihan menarik untuk dimiliki. Kenyamanan sebuah sedan yang dikombinasikan dengan sebuah mobil keluarga yang...
Selengkapnya

Jogjakarta Truck Festival 2018

Rabu 12/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Marketing Director Sales & Marketing Division PT PT rama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Duljatmono (kanan), dan Asisten Keistimewaan Sekretaris Daerah Pemerintah DIY Didik Purwadi (tengah) meninjau lokasi pameran usai meresmikan...
Selengkapnya

Mobil Murah Terus Bersolek

Rabu 12/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Datsun sebagai merek yang memiliki harga paling terjangkau terus memberikan sentuhan pada mobil Datsun Go Live. Yang terbaru, Datsun menghadirkan Datsun Go-livespecial version. Dengan basis Datsun Go varian tertinggi, pabrikan Jepang ini...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

James Rodriguez Tampil Bersinar

Senin 24/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

James Rodriguez tampil bersinar untuk Bayern Munich, mencetak gol dan memenangkan penalti, saat juara Bundesliga itu meraih empat kemenangan dari empat pertandingan liga pertama musim ini. Bayen menang 2-0 atas Schalke, Minggu (23/9) untuk tetap di puncak klasemen. Rodriguez membuka keunggulan setelah laga berlangsung delapan menit di Veltins Arena Gelsenkirchen.

Bagi Schalke, itu menjadi kekalahan liga keempat berturut-turut setelah menyelesaikan musim lalu dengan berada di posisi kedua, sementara Bayern adalah satu-satunya tim dengan catatan kemenangan 100 persen musim ini.

Pemain asal Kolombia berusia 27 tahun itu menjadi starter untuk pertama kali di liga musim ini. Dia seharusnya mencetak gol kedua, namun menyia-nyiakan peluang emas lima menit setelah turun minum. Untuk memperparah masalah Schalke, pemain internasional AS, Weston McKennie, 20, dibawa keluar lapangan dengan cedera kaki pada menit ke-50. Bayern mendapatkan hadiah penalti pada menit 63 setelah Allesandro Schoepf melakukan pelanggaran di area terlarang.

Robert Lewandowski melangkah dan sukses menjaringkan bola untuk membuat kedudukan menjadi 2-0. “Kami membuat awal yang luar biasa dan pada akhirnya layak menang,” ujar mantan gelandang Schalke yang kini membela Bayern, Leon Goretzka. Pada pertandingan lain, Hertha Berlin menang 4-2 atas Borussia Moenchengladbach.

Kapten Hertha Vedad Ibisevic mencetak dua gol dalam kemenangan kandang itu. Christian Pulisic kembali menyelamatkan Borussia Dortmund dengan menyamakan kedudukan dalam hasil imbang 1-1 kontra Hoffenheim. ben/ AFP/S-1

Tampilkan Semua

Persaingan Ketat Tetap Berlanjut

Senin 24/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Liverpool dan City menjaga keduanya tetap bersaing ketat di puncak klasemen Liga Inggris. LONDON – Liverpool dan Manchester City menjaga persaingan mereka untuk gelar Liga Inggris musin ini dengan kemenangan mudah atas Southampton...
Selengkapnya

Asensio Menangkan James Rodriguez Madrid

Senin 24/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
MADRID – Real Madrid untuk sementara pindah ke puncak klasemen La Liga setelah pada laga yang berlangsung Minggu (23/9), gol Marco Asensio terbukti menjadi pembeda dalam kemenangan 1-0 atas Espanyol. Kemenanga di Santiago Bernabeu...
Selengkapnya

Indonesia Tak Asing dengan Vietnam

Senin 24/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
SELANGOR – Tim nasional sepakbola Indonesia U-16 akan menghadapi Vietnam dalam pertandingan kedua Grup C Piala Asia U-16 2018, di Stadion Bukit Jalil, Senin (24/9). Pelatih timnas U-16, Fakhri Husaini mengatakan, pihaknya sudah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Problem Guru Honorer

Senin 24/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Oleh Udi Utomo

 

Aksi mogok mengajar guru honorer di Garut, Jabar, makin meluas. Mogok bermula dari ketersinggungan guru honorer terhadap pernyataan Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Garut, Djatjat Sudrajat. Dia menyebut guru honorer sebagai “guru ilegal”. Untuk meredam gejolak, Bupati Garut, Rudy Gunawan, bertindak cepat dengan mengganti Kadisdik.

Tentu ini sangat memprihatinkan. Apa pun alasannya, guru mogok mengajar yang sangat dirugikan siswa. Sepertinya aksi demo guru honorer akan terus berlanjut dan meluas ke seluruh wilayah Indonesia. Sebab, ada rasa perlakuan diskriminatif yang dirasakan guru honorer kategori 2 (K2).

Ada guru honorer kategori 1 (K1) dan kategori 2 (K2). Ini sesuai Surat Edaran (SE) Menpan RB No 05/2010 tentang Pendataan Tenaga Honorer di Lingkungan Instansi Pemerintah. K1 merupakan guru honorer yang diangkat per 1 Januari 2005 dan mendapat gaji dari APBD/APBN. Guru honorer K1 dapat diangkat langsung menjadi PNS.

Adapun K2 merupakan guru honorer yang diangkat per 1 Januari 2005, tetapi tidak mendapat gaji dari APBD/APBN. Guru honorer K2 tidak dapat diangkat langsung menjadi PNS. Mereka harus melalui seleksi/tes.

Perlakuan diskriminatif tecermin dalam Permenpan RB No 36/2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018. Permenpan RB tersebut membatasi syarat umur pendaftar CPNS untuk guru honorer K2 maksimal 35 tahun.

Padahal sebagian besar guru honorer K2 yang masa kerjanya puluhan tahun sudah melebihi umur tersebut. Inilah yang memicu gelombang demo guru honorer K2 di berbagai daerah. Tuntutan demo pun meluas tidak hanya menolak Permenpan RB No 36/2018, tetapi juga minta pembatalan perekrutan CPNS yang mulai dibuka 19 September 2018. Mereka juga menuntut agar guru honorer K2 diangkat langsung menjadi PNS, tanpa tes.

Keberadaan guru honorer K2 tidak dapat diabaikan karena jumlahnya besar. Menurut Mendikbud, Muhadjir Effendy, hampir setengah dari jumlah guru di Indonesia berstatus guru honorer K2. Jumlah guru 3,2 juta. Sebanyak 1,53 juta honorer K2. Mereka mengajar di sekolah negeri 735 ribu dan swasta 798 ribu.

Persoalan guru honorer makin membesar karena tidak ada langkah komprehensif menyelesaikan, cenderung parsial hanya pada tiap lembaga. Tiap ganti pemerintahan berubah kebijakan. Guru honorer hanya menjadi komoditas politik.

Banyak guru honorer bermula dari tidak sebandingnya jumlah guru PNS dan kebutuhan. Pengangkatan PNS baru hanya sedikit. Kebijakan moratorium pengangkatan PNS sudah berjalan empat tahun. Jumlah guru yang pensiun terus bertambah. Ini yang menyebabkan perbandingan jumlah guru PNS dan kebutuhan timpang.

Data Kemdikbud kurun 2017–2021 akan terjadi gelombang pensiun guru PNS dalam jumlah besar mencapai lebih dari 295 ribu. Mendikbud menyebut saat ini, Indonesia kekurangan guru berstatus PNS 988.133.

Langkah instan pun dilakukan kepala sekolah dalam rangka menambal kekurangan guru dengan mengangkat guru honorer agar proses pembelajaran tidak terhambat. Padahal sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No 48/2005 jo PP No 43/2007 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), kepala sekolah dilarang mengangkat guru honorer.

Tetapi, tidak adanya sanksi tegas menyebabkan kepala sekolah terus merekrut guru honorer sesuai kebutuhan. Ketidakpatuhan kepala sekolah ini mengakibatkan jumlah guru honorer membengkak.

Selain itu, penanganan parsial tiap lembaga terlihat dari institusi pendidikan dan tenaga kependidikan (LPTK) yang berperan mencetak calon guru. Jumlah guru telah berlebih, tetapi LPTK terus menambah kuota mahasiswa dan jumlah prodi. Menurut data Kemristekdikti, tiap tahun ada 245.669 lulusan sarjana kependidikan.

Padahal, kebutuhan guru tiap tahun hanya 43.000. LPTK baru pun terus bermunculan. Pada 2005 hanya ada 90. Pada 2016 melonjak menjadi 421. Seakan tidak ada kebijakan apa pun dari pemerintah untuk menghentikan laju lulusan LPTK tersebut.

Kebijakan instan merekrut guru honorer untuk memenuhi kebutuhan sekolah ibarat menanam bom waktu. Sewaktu-waktu permasalahan ini akan meledak dan pemerintah kesulitan menanganinya.

 

Terbatas

Keberadaan guru honorer tidak akan berubah. Tidak mungkin pemerintah mengangkat semua guru honorer menjadi PNS karena anggaran menggaji PNS pun terbatas. Saat ini, guru honorer tidak memiliki posisi yang jelas. Tidak ada peraturan yang mengaturnya.

Maka hak-haknya akan terabaikan. Tuntutan guru honorer untuk mendapat surat keputusan (SK) dari kepala daerah pasti akan ditolak. Kepala daerah tidak akan berani mengeluarkan karena tidak memiliki dasar hukum. Kepala daerah tidak akan gegabah dan tidak mau dipersalahkan. Ini karena sesuai Undang-Undang No 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) hanya mengakui dua bentuk hubungan kerja: PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Padahal harapan guru honorer diberi SK dari kepala daerah menjadi jalan untuk menuntut hak-haknya, terutama kesejahteraan. Guru honorer selama ini mendapat gaji dari biaya operasional sekolah (BOS) antara 300 ribu dan 500 ribu, tergantung sekolahnya. Ada tambahan dari pemda 200 ribu sampai 500 ribu. Besarannya tiap daerah berbeda-beda dan biasanya dibayarkan tiap triwulan.

Yang memprihatinkan, banyak guru honorer sudah mengabdi puluhan tahun dan tidak ada kejelasan nasibnya. Lebih prihatin lagi, sesuai dengan peraturan, guru honorer yang bertugas di sekolah negeri tidak dapat diusulkan mendapat sertifikasi atau tunjangan profesi guru (TPG).

Itulah carut marut pendidikan. Pembicaraan masih sekitar persoalan kesejahteraan guru, belum sampai memperbincangkan kualitas gurunya. Kita berharap guru honorer K2 tidak terus mogok kerja. Pasti ada solusi. Tinggal political will pemerintah pusat dan daerah.

Jelas tidak mungkin apabila semua guru honorer diangkat menjadi PNS karena keterbatasan anggaran pemerintah pusat. Yang paling memungkinkan dengan mengacu pada UU ASN, pemerintah daerah dapat merekrut guru honorer menjadi P3K. P3K ini mendapat gaji setaraf PNS, tetapi tidak mendapat pensiun.

Gaji P3K diambilkan dari anggaran daerah. Sayangnya, hingga kini pemerintah belum membuat aturan perekrutan P3K. Sekali lagi, selama tidak merugikan hak siswa dalam mendapatkan pengajaran, silakan guru honorer terus memperjuangkan hak dan mudah-mudahan tercapai. Walau sepertinya sulit, di tahun-tahun politik ini, apa pun bisa terjadi.


Penulis Guru SMP 5 Pati

Tampilkan Semua

Partai Korupsi Sangat Gamblang

Senin 24/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Awal pekan lalu, kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikagetkan dengan kedatangan mantan anggota DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN), Wa Ode Nurhayati. Kedatangannya bukan untuk memenuhi panggilan KPK sebagai tersangka atau untuk...
Selengkapnya

Kiat Sukses Menjadi Mahasiswa dan Lulusan Luar Biasa

Senin 24/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Judul : A-Z Seputar Perkuliahan Penulis : Yoga Pratama Penerbit : Semesta Hikmah Publishing Cetakan : Pertama, 2018 Tebal : vi + 202 halaman ISBN : 978-602-51994-6-2   Banyak orang beranggapan, kuliah hanya buang-buang waktu....
Selengkapnya

Mengatasi Kekurangan Waktu

Senin 24/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pertanyaan: Bu Rossa saya sering stress dengan pekerjaan yang menumpuk sementara waktu yang ada sangat sempit. Ba­gaimana mengatasi kendala kekurangan waktu di tempat kerja? Jawaban: Kekurangan waktu adalah alasan klasik bagi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Memilih Hidangan saat Suasana Santai

Senin 24/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Suasana saat kongkow bersama keluarga menjadi lebih berkesan dengan sajian hidangan-hidangan ringan yang mendukung suasana santai.

Konsumsi hidangan tertentu ikut mewarnai suasana di saat berkumpul dengan kerabat atau teman. Tidak perlu harus selalu mengonsumsi makanan berat saat kongkow . Artinya, hidangan bisa menyesuaikan dengan suasana.

Apalagi, selera makan kadang berubah-ubah. Saat suasana kongkow kadang tidak membutuhkan makanan berat. Selain karena faktor suasana, juga karena metabolisme tubuh cenderung meningkat pula, yang membuat kita merasa cepat lapar.

Nah, jika suasana bersantai bersama kerabat dan teman dalam cuaca dingin, biasanya orang cenderung mencari makanan dan minuman yang hangat.

Apalagi kala malam hari, suasana sejuk akan mendorong hasrat lapar kita untuk terus mengunyah makanan. Makanan berkuah seperti bakso, soto atau mie instan, paling favorit yang banyak dicari orang di saat suasana dingin dan santai.

Makanan hangat ini paling nikmati disantap sambil lihat televisi atau berkumpul dengan keluarga atau teman-teman. Selain itu ada lagi aneka makanan dan minuman yang juga enak dinikmati saat bersantai dalam suasana santai seperti pisang goreng, bakwan, dimsum, teh dan kopi hangat, wedang jahe atau susu hangat.

Mari kita bahas satu persatu makanan dan minuman favorit saat bersantai. Yang pertama adalah bakso. Bakso biasanya terbuat dari daging sapi yang digiling kemudian ditambah dengan tepung danbumbu-bumbu. Selain itu, bakso juga memiliki banyak varian, diantaranya bakso telur, bakso urat, bakso halus dan lain-lain.

Tak salah, jika bakso menjadi makanan favorit saat rame-rame bersama teman. Bakso yang kenyal dicampur kuah hangat yang gurih sedap, akan membuat tubuh menjadi hangat berkeringat. Apalagi ditambah sambal yang pedas, pasti sangat mantap rasanya.

Selain itu, salah satu makanan favorit orang Indonesia ini juga bisa ditemui di mana saja. Misalnya saat kita di rumah, banyak pedagang bakso keliling yang bisa kita panggil. Atau sengaja datang ke kedai-kedai bakso baik yang di pinggir jalan atau di resto-resto, banyak pilihannya.

Atau kita bisa membuat bakso sendiri di rumah. Karena bakso ini mudah dibuat, apalagi sekarang bakso juga ada yang sudah siap saji. Jadi tidak repot membuatnya.

Kedua mie instan. Makanan praktis dan siap saji ini juga sangat istimewa saat bersantai sambil kongkow. Yang mau makanan murah meriah dan praktis, mie instan solusinya.

Tinggal beli di warung, atau kita sudah punya stok di rumah, nyalain kompor, direbus, dibumbui kemudian ditambai telur atau bawang goreng, siap deh dalam waktu lima menit saja. Pilihannya bisa mie yang berkuah atau mie kering. Murah, enak, mudah, hangat dan kenyang.

Ketiga adalah jagung bakar atau rebus. Kalau kita jalan-jalan, apalagi saat kebetulan saat musim penjual jagung rebus/bakar banyak kita temui di pinggir jalan.

Enaknya makan jagung bakar atau rebus ini sambil nongkrong bareng teman-teman, di tempat yang lebih terbuka. Untuk jagung yang dibakar, lebih baik memakai jagung yang muda, karena tidak terlalu keras.

Jagung ini paling enak dinikmati waktu turun hujan saat hangat. Jagung sendiri banyak mengandung serat, vitamin B kompleks, serta antioksidan.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan lain, yang enak dimakan saat santai. Misalnya otak-otak, pempek, aneka gorengan atau hidangan berkuah lainnya.

Untuk jenis minuman, yang popular saat musim penghujan atau bersantai adalah kopi, teh, wedang jahe, atau susu hangat dengan aneka variannya.

Susu adalah minuman yang menyehatkan, saat bersantai, apalagi suasana hujan dan malam hari. Susu hangat adalah minuman yang pas dinikmati sambil menikmati dinginnya udara apalagi ditemani aneka gorengan, pasti nikmat. Susu juga bisa divariasikan dengan coklat, kopi atau vanilla.

Kemudian kopi, minuman khas yang selalu dicari penggemarnya. Rasa kopi yang pahit manis membuat daya tarik tersendiri, sangat pas dinikmati saat berbincang dengan teman.

Banyak kedai kedai kopi yang mudah kita temui. Bisa dari kelas kios kecil hingga kafe-kafe kopi yang saat ini makin marak tumbuh di berbagai tempat.

Teh juga minuman yang sangat pas dinikmati sambil bersantai dan malam hari. Selain rasanya yang enak, teh juga dapat menghangatkan tubuh. Minumnya bisa disajikan dalam rasa manis atau tawar. Dua-duanya enak, dengan ditemani camilan seperti pisang goreng atau roti bakar. yun/E-6

Baso Sapi Kenyal

Sebagai makanan dan minuman favorit di saat suasana santai, berikut resep-resep yang mudah dan murah, serta bisa dilakukan di rumah.

Bahan-bahan:

- Daging sapi ½ kg, giling

- Tepung kanji 50 g

- Telur 1 butir

- Lada bubuk ½ sdt

- Garam 1 sdt

- Bawang putih 4 siung, haluskan

- Es batu 40 g, hancurkan

- Air 2 liter

Cara membuat:

  1. Masukkan daging sapi yang telah digiling ke dalam wadah, campurkan tepung kanji, telur, lada bubuk, garam dan bawang putih yang telah dihaluskan. Campur atau uleni dengan tangan atau bisa menggunakan alat sampai semua tercampur sempurna.
  2. Jika dirasa adonan masih lembek dan sulit dibentuk, maka bisa ditambahkan es batu secara perlahan sampai dirasa adonan bisa dibentuk.
  3. Rebus air dalam panci sampai mendidih.
  4. Ambil adonan daging dengan tangan lalu bentuk bulat baik dengan kedua tangan atau dengan satu tangan ditekan hingga adonan keluar melalui jari telunjuk dan jempol.
  5. Masukkan adonan yang telah terbentuk ke dalam air panas.
  6. Lanjutkan hingga semua adonan habis.
  7. Jika pentol telah mengapung maka pentol telah matang. Angkat

Kopi Latte Panas

Bahan-bahan:

- 6 sdm kopi instan

- 1000 ml susu cair panas

- 250 ml krim kental

- 100 gram gula pasir

Cara membuat:

  1. Larutkan kopi instan dengan sedikit susu panas, aduk hingga larut. Masukkan sisa susu, aduk rata.
  2. Kocok krim kental bersama gula pasir hingga lembut dan agak kaku.
  3. Tuang kopi hangat ke dalam cangkir, beri krim kental secukupnya, sajikan selagi panas atau anget/hangat.

Pisang Goreng Crispy Keju

Bahan-bahan:

- 1 sisir pisang kepok kuning

- 250 gram tepung terigu

- 2 sdm gula pasir

- 125 ml susu cair

- 1 sdt essen vanila

- 150 gram keju chedar yang sudah diparut

- 1 sdt garam

- 250 gram tepung panir kasar

- Minyak goreng secukupnya

Bahan saus:

- 1 buah kuning telur

- 50 gram keju chedar diparut

- 100 ml susu cair

- 10 sdm susu kental manis

- 1 sdm tepung maizena yang dilarutkan dengan sedikit air

Cara membuat:

- Pertama campurkan tepung terigu, gula pasir, susu cair, essen vanila, garam dan keju. Kejunya 50 gram aja ya, nanti sisanya buat di campuran yang lain. Campurkan sampai jadi adonan basah yang rata dan kental, sisihkan.

- Setelah itu siapkan campuran untuk baluran biar tambah crispy, yaitu tepung panir kasar dan 100 gram keju chedar parut. Campur bahan kering sampai rata ya, kemudian disisihkan dulu.

- Siapkan pisang, potong jadi bentuk kipas, atau belah dua juga boleh. Usahakan saat membelah jangan sampai putus, biar bentuknya bagus.

- Masukkan pisang yang sudah dipotong tadi ke dalam adonan basah. Kemudian gulungkan ke bahan kering, yang campuran tepung panir sama keju tadi. Simpan dalam kulkas selama 15 menit.

- Sambil menunggu pisang yang baru disimpan, buat sausnya dulu. Kocok kuning telur, susu kental manis dan susu cair di atas api sedang.

- Kemudian masukkan susu kental manis dan parutan keju chedar, aduk sampai tercampur rata. Masukkan larutan tepung maizena, aduk kembali hingga saus mengental, lalu matikan apinya.

- Setelah pisang siap, panaskan minyak lalu goreng pisang sampai matang. Kemudian angkat dan dinginkan pisang gorengnya.

- Pisang goreng siap disajikan, jangan lupa sausnya ya. Bisa dituangkan di atas pisang goreng, atau dipisahkan dalam wadah tersendiri.

Tampilkan Semua

Rihanna Ditunjuk Jadi Dubes Luar Biasa Barbados

Senin 24/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Penyanyi yang juga aktris Rihanna ditunjuk sebagai duta besar luar biasa dan berkuasa penuh oleh negara asalnya Barbados. Dikutip dari laman layanan Informasi Pemerintah Barbados, Sabtu (22/9) dini hari waktu setempat, disebut­kan...
Selengkapnya

Krisdayanti Suka Jual Perabotan Rumah Jika Bosan

Senin 24/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Perabotan rumah tangga seperti furniture menjadi salah satu hal yang tak luput dari perhatian Krisdayanti. Namun, jika merasa bosan dengan tampilan perabotan yang ada di rumahnya, artis yang akrab disapa KD atau Yanti ini kerap...
Selengkapnya

Isyana dan Gugun Blues Shelter Bakal Ramaikan TP Jazz Festival

Senin 24/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Belasan musisi jazz nasional dan inter­nasional akan menghibur penikmat jazz dalam ajang The Papandayan (TP) Jazz Festival 2018. Selama tiga hari pada 4, 5, dan 6 Oktober mendatang, musisi jazz seperti Dwiki Darmawan hingga Mergie...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Asian Para Games Momentum Perbaiki Layanan

Senin 24/9/2018 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Asian Para Games menjadi momentum bagi seluruh pemangku kepentingan di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk memperbaiki layanan bagi disabilitas.

“Saya mengajak kepada semuanya. Saya sudah instruksikan aparatur untuk memanfaatkan momen Asian Para Games ini untuk memperbaiki pelayanan bagi warga disabilitas di Jakarta,” ujar Gubernur DKI, Anies Baswedan, saat Parade Momo yang merupakan maskot pelaksanaan Asian Para Games 2018, di Silang Monas Tenggara, Jakarta Pusat, Minggu (23/9).

Menurutnya, Asian Para Games yang digelar pada 6–13 Oktober 2018 itu harus bisa menyadarkan masyarakat akan arti penting kesetaraan dalam semua aspek, baik setara dalam kesempatan, maupun setara dalam fasilitas. Dia menegaskan seluruh warga Indonesia memiliki hak yang sama untuk mendapatkan hak yang sama.

Di sisi lain, kata Anies, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah siap untuk mengulang kesuksesan penyelenggaraan sebagaimana pada Asian Games lalu. Mulai dari infrastruktur venue, transportasi bagi para atlet penyandang disabilitas, tenaga kesehatan, hingga aparat keamanan.

“Asian Para Games mendapat dukungan penuh dari Pemprov DKI Jakarta, sebagaimana Asian Games kemarin. Kita telah menyiapkan infrastruktur penunjang sehingga pelaksanaan Asian Games berjalan dengan baik. Semua persiapan, mulai dari dukungan venue, lalu lintas, transportasi, termasuk penyiapan kendaraan bagi para atlet semuanya sudah siap,” ungkapnya.

Salah satu yang telah disiapkan untuk mendukung Asian Para Games adalah penyediaan 251 Bus Transjakarta dengan sasis (dek) yang rendah, sehingga ramah bagi penyandang disabilitas. Bahkan, pihaknya akan menggratiskan bus Transjakarta bagi penyandang disabilitas selama Asian Paragames.

“Untuk bus, dengan dek rendah sehingga ramah bagi penyandang disabilitas. Begitu juga dengan fasilitas umum, terutama jalan protokol, sejak beberapa bulan lalu sudah kita dorong untuk perbaikan. Bagi warga penyandang disabilitas juga bisa menggunakan Transjakarta secara gratis selama pelaksanaan Asia Para Games. Begitu juga pada Sabtu dan Minggu, kita akan gratiskan bagi para penonton untuk datang ke venue untuk menonton,” tuturnya.

Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono, mengatakan pihaknya akan memberikan dukungan penuh untuk mobilitas atlet dan ofisial Asian Paragames. Menurutnya, ada 270 bus berlantai rendah yang telah disiapkannya. “Bus ini kami persiapkan untuk memudahkan transportasi atlet dan ofisial Asian Para Games menuju venue dan pelanggan Transjakarta yang ingin menonton Asian Para Games,” katanya. 

 

pin/P-5

Tampilkan Semua

Keamanan MRT Ditingkatkan

Senin 24/9/2018 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font
Pasca corat-coret gerbong MRT, Gubernur DKI Anies Baswedan minta pihak pengelola meningkatkan pengamanan.   JAKARTA - Pengelola PT Mass Rapid Transit (MRT) diminta meningkatkan pengamanan dan memasang CCTV pada kawasan Depo Lebak...
Selengkapnya

Pemegang Saham Publik Pertanyakan Komitmen OJK

Senin 24/9/2018 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Pemegang saham publik mempertanyakan komitmen Otoritas Jasa Keuangan atau OJK maupun Polri dalam mengungkap perkara pembobolan deposito milik PT Yulie Sekuritas Indonesia, Tbk. Kasus ini dinilai merugikan pemegang saham dan...
Selengkapnya

13 Tahanan yang Kabur Masih Buron

Senin 24/9/2018 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Tim Khusus Kepulauan Seribu dan Polda Metro Jaya memburu 13 tahanan yang melarikan diri pada Jumat (21/9) sekitar pukul 15.30 WIB. “Tujuh orang sudah ditangkap, sedangkan 13 tahanan masih dalam pengejaran,” kata...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

KPU Membiayai Kampanye di Media Massa

Jumat 21/9/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan daftar calon tetap (DCT) dan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden untuk mengikuti Pemilu Serentak 2019.

 

Berbagai kendala pun dihadapi, mulai munculnya polemik eks napi korupsi dilarang nyaleg dalam PKPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota Legislatif yang pada akhirnya Mahkamah Agung pun mengabulkan agar eks napi Korupsi boleh ikut nyaleg.


Kemudian, soal pemilih ganda dalam penyusunan daftar pemilih tetap pada 5 September 2018 lalu. Untuk mengulas hal itu, Koran Jakarta mewawancarai Ketua KPU, Arief Budiman, di Jakarta. Berikut isi wawancaranya:


Terkait penetapan DCT seperti apa mekanismenya?


Pertama, penetapan DCT itu dilakukan oleh KPU dalam rapat tertutup. Jadi stratifikasinya, seluruh berkas sudah masuk, tinggal nanti KPU memeriksa seluruh berkas sampai bagian akhirnya, kalau capres dan cawapres sudah selesai semua.

Kemudian kalau pencalonan DPD itu masih harus kita tunggu sampai dengan 1 hari sebelum tanggal 20, karena ada putusan Mahkamah Konstitusi yang mengatakan pengurus parpol tidak boleh nyalon di DPD.

Kemudian untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota itu masih ada tindaklanjut atas putusan MA yang mengatakan pasal tentang larangan mantan terpidana korupsi narkoba bandar narkoba dan kejahatan seksual itu dibatalkan.


Berkas caleg yang sudah memenuhi syarat yang telah diterima KPU apakah masih diteliti lagi?


Jadi, sekarang proses yang sudah selesai itu harus kita teliti lagi karena ada putusan-putusan tersebut, baik putusan MK untuk DPD maupun putusan MA untuk DPD dan DPR, DPRD provinsi dan kabupaten kota, jadi itu hanya rapat tertutup saja.

Setelah itu, kami memublikasikan penetapan tersebut. Kemudian karena DPD dan DPR RI DPRD provinsi dan kabupaten kota itu nomor urutnya sudah diatur langsung maka tidak perlu pengundian nomor urut, tetapi untuk capres-cawapres karena nomor urut pasangan calonnya itu belum ditetapkan maka KPU melakukan pengundian nomor urut untuk capres dan cawapres.


Masa kampenye akan dimulai 23 September lusa, bisa dijelaskan?


Ada waktu sekitar kurang lebih enam bulan setengah untuk masa kampanye di mana di dalamnya juga ada 21 hari masa kampanye melalui media massa cetak dan elektronik.

Jadi, saya ingin ingatkan juga kepada peserta pemilu undang-undang sudah mengatur untuk kampanye melalui media massa cetak dan elektronik itu nanti dibiayai oleh negara.


Soal DPT ganda sampai saat ini bagaimana?


Kemarin, sebetulnya kegandaan itu masih berpotensi ganda, jadi sampai dengan tanggal 16 September kemarin itu tercatat masih tersisa berdasarkan pemeriksaan bersama ada sekitar 1,2 juta pemilih.

Tapi menurut catatan KPU, sebetulnya sudah tersisa sekitar 700 ribu sekian. Tetapi, apakah benar atau tidak itu sebetulnya yang perlu dilakukan verifikasi faktual. Nah, 60 hari ini selain menyelesaikan sisanya yang ganda itu juga akan menyelesaikan catatan-catatan yang lain termasuk tentang pemilih yang belum punya KTP elektronik.


Lalu, Sekjen Partai Berkarya, Priyo Budi Santoso, bilang masih ada 8,1 juta DPT ganda, apakah benar?


Enggak apa-apa silakan saja diserahkan kami kalau memang ada. Kan kemarin sudah melakukan rapat yang melibatkan banyak pihak, mulai penyelenggara pemilu, peserta pemilu, pemerintah dan LSM yang semuanya hadir dan semuanya memberi catatan. rama agusta/AR-3

Tampilkan Semua

Kepala Daerah Boleh Kampanye Capres asal Izin Cuti

Selasa 18/9/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Aksi dukung mendukung calon presiden oleh kepala daerah tengah ramai dibincangkan. Seperti diketahui, beberapa kepala daerah khususnya gubernur terpilih yang baru dilantik secara terang-terangan telah menyatakan dukungannya kepada calon...
Selengkapnya

Kaum Muda Dituntut Kuasai Iptek dan Memajukan Bangsa dan Negara

Senin 17/9/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemuda memiliki peranan yang besar dalam menentukan kehidupan bangsa Indonesia ke depannya. Pentingnya generasi penerus bangsa untuk menjaga solidaritas dalam kemajemukan masyarakat dalam membangun bangsa karena generasi muda yang akan...
Selengkapnya

Jangan Kaitkan Kasus KTP Tercecer dengan Kepentingan Politik

Kamis 13/9/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kembali publik dihebohkan dengan kasus tercecernya kepingan Kartu Tanpa Penduduk (KTP) di Kampung Tarikolot RT 03/RW 02, Desa Cikande, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang. Pihak Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Cinta Bisa Tumbuh di Segala Usia

Sabtu 22/9/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Cinta bisa tumbuh di segala usia. Bahkan ketika belum dinamai cinta. Cinta tumbuh di segala usia, bahkan sudah dimulai sejak masih balita—usia bawah lima tahun.

Kali ini seorang bocah, yang tak usah disebutkan namanya, berusia 4 tahun, masih sekolah di taman kanak-kanak di Changsha, Provinsi Hunan, Tiongkok. Sekolah itu juga dipergunakan sore hari.

Anak lelaki yang tak perlu diungkap jati dirinya, pada jam 17.00 menunggu dijemput orang tuanya. Namun ternyata, bisa menyelinap ke luar kompleks sekolah, melalui kompleks perumahan, menyusul bocah perempuan, teman sekolahnya, yang sudah dijemput orang tua.

Dia sudah bertualang. Begitu kalau dijudulkan dalam karya tulis. Dan memang sebuah petualangan untuk menemui “si jantung hati”. Walau sebenarnya sudah selalu ditemui di kelas, karena mereka satu kelas.

Namun apa daya, teman sekolah yang menarik perhatian ini, tak memberi respons menyenangkan. Dalam bahasa kanak-kanak, yang dimengerti sesama kanak-kanak, menyatakan tak mau didekati.

Si bocah lanang diharap pulang saja. Demikian gadis yang juga tak disebutkan namanya dalam berita meneruskan perjalanan pulang. Dan bocah yang mempunyai keinginan kuat itu, menurut penolakan, memilih pulang.

Tak mudah karena tak mengenali jalur bus, sehingga sempat berputar-putar sebelum akhirnya ditemukan sekitar pukul 20.00 sore. Dia sudah bertualangan. Walau hanya tiga jam. Dia sudah berani mengikuti pujaan hati.

Walau hanya di bus dan ditolak. Dia sudah menjadi berita, dan berita yang membuat senyum. Nyatanya menjadi berita. Ada daya tarik, ada yang baru untuk disampaikan. Usia mana saja yang memungkinkan untuk tertarik lawan jenis.

Terpesona, spontan dan nyaman karenanya. Berada dalam situasi yang mendebarkan, walau akhirnya ditolak. Dan tidak menjadikan pemaksaan karena kuasa, atau kekayaan, atau gabungan keduanya.

Cinta kanak-kanak lebih murni, lebih sebagai cinta, tanpa ukuran tertentu tentang sukses atau gagal. Saya senang berita yang bukan berita utama, bukan berita yang menimbulkan pro dan kontra, bukan berita yang menambah beban pikiran.

Kalaupun ada yang kena sanksi dalam kasus ini, adalah guru yang mengawasi, sehingga si bocah lanang bisa lolos dari kompleks sekolah.

Saya senang berita ini, karena menyajikan pelajaran yang lucu, yang haru, dan yang sesungguhnya banyak terjadi di sekeliling kita, asal kita mau membuka mata lebih lebar. Lebih dari itu bisa meneruskan teori:

bahwa cinta bisa tumbuh di segala usia, demikian juga cinta bisa ditolak di segala saat dan segala tempat. Dan mengembalikan sebagian kenangan yang pernah kita alami, yang samar-samar, tapi tak pernah benar-benar hilang. Cinta bisa ditolak, tapi kenangan mengawetkannya.

Tampilkan Semua

Nicke Widyawati

Sabtu 22/9/2018 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pada akhir Agustus 2018, pemerintah memutuskan untuk mengganti direktur utama (dirut) PT Pertamina (Persero). Nicke Widyawati kini dipercaya untuk memegang pucuk pimpinan di perusahaan migas pelat merah tersebut. Tugas dan tantangan yang...
Selengkapnya

Alternatif Antibiotik yang Efektif Berantas Bakteri Kolera

Sabtu 22/9/2018 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Antibiotik adalah cara efektif untuk mengobati kontaminasi bakteri. Namun, penggunaan ekstensif zat antibiotik dalam pengobatan dan pertanian telah menghasilkan bakteri yang resisten terhadap antibiotik. Pada 2014, Organisasi Kesehatan...
Selengkapnya

“Kulit Elektronik” untuk Memantau Kesehatan Lansia

Sabtu 22/9/2018 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Teknologi “kulit elektonik” ini merupakan hasil kolaborasi antara para peneliti di Jepang di bawah pimpinan Profesor Takao Someya dari Sekolah teknik Pascasarjana Universitas Tokyo. Para lanjut usia (lansia) membutuhkan sensor yang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta