Koran Jakarta | October 18 2018
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Alokasi Utang Dinilai Tidak Produktif

Kamis 18/10/2018 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
Utang tak mampu dongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia. Faktanya, dalam lima tahun terakhir, pertumbuhan terjebak dalam stagnasi di level 5 persen. Utang tak mampu dongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia. Faktanya, dalam lima tahun terakhir, pertumbuhan terjebak dalam stagnasi di level 5 persen. JAKARTA - Pemerintah diminta...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

KOTA LAYAK ANAK

Kamis 18/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Baterai Alat Pemantau Gunung Anak Krakatau Dicuri

Kamis 18/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
SERANG - Kepala Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau (GAK) di Kalianda, Lampung Selatan, Andi Suwardi, mengatakan baterai atau aki untuk mengaktifkan alat perekam getaran atau seismometer Gunung Anak Krakatau hilang dicuri. Bahkan, kabel...
Selengkapnya

KPK Dalami Proses Perizinan Meikarta

Kamis 18/10/2018 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami proses perizinan pembangunan megaproyek hunian Meikarta di Bekasi, Jawa Barat, yang dilakukan oleh perusahaan Lippo Group. “Terkait dengan perizinan, KPK menduga suap...
Selengkapnya

Perubahan Tata Ruang Lapangan Tembak Senayan Akan Dikaji 2019

Kamis 18/10/2018 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan pihaknya bakal mengkaji perubahan tata ruang terkait lokasi Lapangan Tembak Senayan pascapeluru nyasar ke Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Anies mengatakan keamanan jadi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Paparan Pemerintahan Negara

Rabu 17/10/2018 | 04:42
A   A   A   Pengaturan Font

Ketua DPR, Bambang Soesatyo (kiri) didampingi Ketua Lembaga Pengkajian MPR, Rully Chairul Azwar (tengah) mengikuti Sidang Pleno Ke 48 Lembaga Pengkajian MPR di ruang sidang GBHN Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (16/10). Rully Chairul Azwar mengatakan lembaga yang dipimpinnya kali ini mengundang Ketua DPR untuk memberi pemaparan materi mengenai ‘Pemerintahan Negara’.

Tampilkan Semua

Tiga Provinsi Dinilai Rawan

Rabu 17/10/2018 | 04:29
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Tiga provinsi yakni Provinsi Papua Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Sumatera Barat dinilai memiliki yinuiat kerawanan paling tinggi dibanding daerah lainnya dalam pemilu serentak nanti. Hal itu diungkapkan...
Selengkapnya

Wabup Malang Jadi Plt Bupati

Rabu 17/10/2018 | 04:26
A   A   A   Pengaturan Font
SURABAYA – Pasca Bupati Malang, Rendra Kresna ditahan KPK karena terduga terlibat gratifikasi, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, minta agar Pemerintah Kabupaten Malang tetap menjalankan pelayanan publik seperti biasa. Menteri Dalam...
Selengkapnya

Menag Minta Pesantren Tidak Digunakan untuk Politik Praktis

Rabu 17/10/2018 | 04:07
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Syaifuddin meminta agar Pondok Pesantren (Ponpes) tidak digunakan sebagai tempat berpolitik praktis dengan melakukan kampanye didalamnya. Sebab, Ponpes juga masuk ranah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Mondial

Jepang Protes Kapal Tiongkok Dekati Senkaku

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

TOKYO – Pemerintah Jepang telah menyampaikan nota protes resmi pada Tiongkok pada Rabu (17/10) setelah sejumlah kapal Tiongkok berlayar mendekati kepulauan sengketa di Laut Tiongkok Timur (LTT). Insiden ini terjadi beberapa hari sebelum pertemuan tingkat tinggi bersejarah antara pemimpin dua negara tersebut.

“Intrusi ini amat disesalkan,” kata juru bicara pemerintah Jepang, Yoshihide Suga. “Meski demikian, Tokyo masih berharap hubungan Jepang-Tiongkok bisa meningkat ke tingkat selanjutnya,” imbuh Suga.

Laman berita Nikkei Asian Review yang mengutip keterangan Penjaga Pantai Jepang menulis ada empat kapal Penjaga Pantai Tiongkok yang memasuki perairan Jepang sekitar Kepulauan Senkaku di LTT pada Rabu kemarin.

Kepulauan Senkaku atau Diaoyu saat ini dikuasai Jepang, namun kepemilikannya juga di klaim oleh Tiongkok dan Taiwan.

“Kapal-kapal itu terpantau mendekati Kepulauan Sengkaku setelah jam 10 pagi dan meninggal pulau sengketa itu satu setengah jam kemudian.

 

Kunjungan Pertama

Nota protes Tokyo dilayangkan sebelum Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, melakukan kunjungan kenegaraan ke Tiongkok pada 25 Oktober pekan depan. PM Abe rencananya akan melakukan pertemuan dan pembicaraan dengan Presiden Tiongkok, Xi Jinping.

Kunjungan kenegaraan resmi PM Abe ke Tiongkok merupakan yang pertama bagi pemimpin Jepang itu dalam kurun waktu 7 tahun masa kekuasaannya. Sebelumnya PM Abe pernah ke Tiongkok, namun dalam rangka menghadiri event-event internasional saja, bukan dalam kerangka kunjungan resmi kenegaraan bilateral.

Hubungan diplomasi dua negara dengan kekuatan ekonomi terkuat di Asia itu selama ini mengalami pasang surut karena dihantui kenangan buruk pendudukan Jepang di masa Perang Dunia II. Hubungan Jepang-Tiongkok mulai memburuk saat pada September 2012, ketika Tokyo mengklaim kepemilikan atas beberapa pulau sengketa taak berpenghuni di LTT.

Walau memburuk, masih ada upaya secara bertahap untuk memulihkan hubungan bilateral Jepang-Tiongkok. Namun upaya itu terhalang karena Tiongkok kerap mengirimkan kapal-kapal penjaga pantai bahkan kapal perang ke perairan di sekitar kepulauan sengketa.

Pada Senin (15/10), Jepang dan Tiongkok memutuskan untuk meneken kerja sama untuk memfasilitasi operasi SAR saat terjadi insiden di perairan yang berbatasan antara dua negara. Kesepakatan kerja sama ini akan diteken Abe saat PM Jepang bertemu dengan Presiden Xi pada 26 Oktober.

 

AFP/Kyodo/I-1

Tampilkan Semua

Kediaman Konsul Saudi Digeledah

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Setelah kantor Konsulat Arab Saudi di Istanbul digeledah, polisi Turki pada Rabu (17/10) juga memeriksa kediaman resmi Konsul Arab Saudi. Pemeriksaan ini dilakukan untuk meindaklanjuti penyelidikan raibnya Jamal...
Selengkapnya

RI - India Peringati 70 Tahun Hubungan Bilateral

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
NEW DELHI - Duta Besar Republik Indonesia untuk India, Sidharto Suryodipuro, berencana akan membuat festival film untuk memperingati 70 tahun hubungan Indonesia dan India. “Kita hendak bersinergi antara KBRI, Kemendikbud, Badan...
Selengkapnya

Polisi Minta Presiden Brasil Segera Dituntut

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BRASILIA – Pihak Kepolisian Federal Brasil pada Selasa (16/10) meminta kantor Jaksa Umum agar segera menuntut Presiden Michel Temer dan 10 orang lainnya atas dakwaan tindak pidana korupsi, pencucian uang, dan persekongkolan untuk...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Pengembangan Geothermal Bisa Terhambat

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Pengembangan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) dikhawatirkan bisa terhambat seiring pembatalan proyek PLTP Dieng dan Patuha yang dikembangkan BUMN Geo Dipa Energi (GDE). Hal itu berpotensi mengganggu upaya pemenuhan kebutuhan listrik nasional dari sektor geothermal.

Direktur Utama GDE, Riki Ibrahim menyatakan BUMN semestinya diprioritaskan dalam mengembangkan sumber energi, khususnya energi baru dan terbarukan (EBT). “Pembatalan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tersebut bertentangan dengan hukum dan fakta persidangan yang berlangsung sebelumnya,” tegasnya di Jakarta, Rabu (17/10).

Seperti diketahui, Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan mengabulkan permintaan PT Bumigas Energi (Bumigas) untuk membatalkan Putusan Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) No. 922/ 2017 pada 30 Mei 2018. Putusan BANI itu adalah tentang perjanjian pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng dan Patuha pada 1 Februari 2005.

GDE berkontrak dengan Bumigas untuk mengembangkan PLTP Dieng (Jawa Tengah) dan Patuha (Jawa Barat) sesuai kontrak No. KTR.001/GDE/11/2005 pada 1 Februari 2005. Namun, karena Bumigas gagal melakukan kewajiban kontrak, pelaksanaan proyek Dieng & Patuha tersebut terbengkalai. Karenanya, GDE meminta pembatalan Perjanjian kepada BANI pada 26 November 2007. Permohonan GDE tersebut dikabulkan, BANI kemudian mengeluarkan putusan pembatalan kontrak.

Sesuai program percepatan pembangunan pembangkit listrik 10.000 MW tahap kedua, GDE melaksanakan sendiri pembangunan PLTP Patuha Unit 1 (1 x 55 MW) dengan dukungan pinjaman dana dari BNI. PLTP Patuha Unit 1 ini mulai beroperasi secara komersial pada September 2014, setelah tersambung dengan Jaringan listri PLN Jawa, Madura dan Bali.

Dampak pembatalan Putusan BANI adalah Bumigas meminta GDE membayar ganti rugi 5 triliun rupiah sebagaimana gugatannya di PN Jakarta Selatan. Bumigas pun meminta GDE menyerahkan aset PLTP Patuha Unit 1 senilai 2,5 triliun rupiah kepada Bumigas.

 

Turun Tangan

Direktur Eksekutif IRESS, Marwan Batubara menyampaikan kronologi kasus kontrak PLTP Dieng dan Patuha di atas memperlihatkan berbagai pelanggaran dan penyelewengan yang dilakukan Bumigas dan lembaga pengadilan.

Bumigas terbukti gagal memenuhi ketentuan kontrak, gagal menyediakan dana proyek, melakukan kriminalisasi dan berbohong memiliki rekening di HSBC Hongkong.

 

ers/E-10

Tampilkan Semua

Lahan Rawa Solusi saat Paceklik

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Optimalisasi rawa merupakan salah satu solusi mewujudkan ketahanan pangan, di tengah jumlah penduduk yang kian meningkat dan lahan pertanian yang kian menyempit.   Banjarbaru – Pemerintah terus mengoptimalkan pemanfaatan...
Selengkapnya

Pameran Indometal

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Penyaluran Bantuan

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Pemkot Terus Entaskan Kemiskinan Rakyat Semarang

Senin 8/10/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Perekonomian global yang menunjukkan risiko perlambatan pertumbuhan dalam jangka menengah, mengakibatkan menurunnya nilai mata uang di beberapa negara, termasuk Indonesia. Sejumlah wilayah di Indonesia, mencemaskan hal tersebut, termasuk Kota Semarang.

Kota Semarang menjadi daerah dengan ketimpang­an masyarakat terbesar di Indonesia saat terjadi krisis ekonomi global pada tahun 2008–2009. Namun, Kota Se­marang di era kepemimpinan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, sejak tahun 2012 berbenah dengan cepat me­lakukan reformasi struktural dengan berbagai kebijakan ekonomi kerakyatan.

Untuk mengetahui apa yang dilakukan untuk mengatasi perlambatan ekonomi di Kota Semarang, wartawan Koran Jakarta, Henri Pelupessy, ber­kesempatan mewawancarai Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, di Semarang, bebera­pa waktu lalu. Berikut petikan wawancaranya.

Perekonomian global menunjukkan risiko perlam­batan pertumbuhan. Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut?

Salah satunya dilakukan reformasi struktur konsentrasi ekonomi Kota Semarang. Se­mula dominan di sektor indus­tri menjadi berkonsentasi pada sektor perdagangan dan jasa. Kebijakan menghentikan penambahan kawasan industri di Kota Semarang hingga pe­ngembangan pariwisata.

Reformasi struktural yang kami lakukan menjadi salah satu yang paling tepat di In­donesia. Dengan catatan Gini Rasio 0,31 di tahun 2015, Kota Semarang mampu menjaga kondisi ekonomi lebih stabil dibandingkan kota-kota besar lain.

Bagaimana dengan jumlah penduduk miskin?

Data BPS, terjadi penu­runan angka kemiskinan sempurna (tanpa fluktuasi) dari tahun 2013 sebesar 5,25 persen menjadi 4,62 persen di tahun 2017. Bahkan, indeks keparahan kemis­kinan di Kota Sema­rang tercatat sangat kecil di angka 0,12 persen yang meng­gambarkan ketimpang­an pengeluaran pendu­duk miskin dan kaya semakin kecil.

Untuk per­tama kalinya dalam se­jarah, pada saat bulan Ramadan, infla­si di Kota Semarang justru turun dan harga-harga stabil. Ini membuktikan bagaimana kokoh dan kuatnya ekonomi kami saat ini. Jadi, mari ting­katkan optimisme agar dapat semakin saling menguatkan.

Masyarakat miskin masih susah hidupnya, bagaimana dengan gejolak ekonomi saat ini?

Kalau dikatakan ada orang yang punya usaha lalu gagal atau ada masyarakat miskin yang masih susah hidupnya, ya pasti ada. Angka kemiskinan sebesar 4,62 persen bukan jumlah yang sedikit. Tapi kalau bicaranya semakin banyak atau bertambah, ya tunggu dulu karena datanya tidak begitu dan optimisme harus dibangun.

Kota Semarang akan mewujud­kan diri sebagai daerah poros maritim Indone­sai?

Pelabuhan di Semarang ini nama­nya Tanjung Emas, kalau di Sura­baya namanya Tanjung Perak. Jadi kalau perolehan medali, harusnya Semarang yang jadi juara 1. Sejarah menyebutkan Kota Semarang adalah me­rupakan daerah pusat per­dagangan di Indonesia yang menjadi bagian penting dari aktivitas perdagangan dunia melalui jalur sutra. Sejarah tersebut harus dapat dibangun kembali.

Apa tantangannya untuk mewujudkan hal tersebut?

Untuk menjadi poros maritim di Indonesia, Kota Semarang menghadapi dua tantangan yaitu terkait penataan infrastruktur dan penambahan nilai pemanfaat­an kekayaan laut. Bila dua hal tersebut mampu diupayakan bersama-sama, Kota Semarang akan dapat semakin cepat me­wujudkan diri sebagai daerah poros maritim di Indonesia.

Konon, Kota Semarang ini adalah daerah wilayah maritim yang hebat, namun kenyata­annya hari ini banyak potensi yang belum terbangun baik dari sisi infrastrukturnya mau­pun kekayaan lautnya. Men­jadi tanggung jawab generasi muda, khususnya para siswa untuk bersama dengan kami mengembangkan kemaritimin di Kota Semarang.

Bagaimana dengan pe­ningkatan infrastrukturnya?

Terkait peningkatan in­frastruktur sejumlah upaya dilakukan, di antaranya meng­atasi permasalahan rob dan banjir dengan penataan sistem drainase, pembangunan kolam retensi, normalisasi sungai-sungai, hingga penataan pemukiman di kawasan pesisir Tambak Loro. Terkait peman­faatan kekayaan alam laut, tidak tergarapnya potensi ter­sebut terlihat dari nilai ekspor nonmigas Kota Semarang pada sektor perikanan dan makanan yang nilainya sangat kecil.

Nilai ekspor nonmigas, khususnya Kota Semarang terutama perikanan dan ma­kanan masih kurang karena cara menjual ikan masih sederhana. Maka ke depan­nya, kami butuh pemikiran generasi muda untuk mampu memberikan nilai tambah.

Kenapa Anda rajin me­ngunjungi sekolah-sekolah di Kota Semarang?

Kunjungan itu sebagai upaya meningkatkan fasilitas pendidikan di seluruh Kota Semarang. Mendatangi seko­lah satu per satu akan dapat melihat langsung kondisi nyata di lapangan. Komitmen saya untuk Kota Semarang, antara lain fasilitas pendidikan dan kesehatannya harus prima. Bagi saya, dua sektor tersebut adalah kunci kesejahteraan masyarakat disamping eko­nomi tentu saja.

N-3

Tampilkan Semua

Pemkab Terus Kembangkan Pariwisata di Ponorogo

Senin 1/10/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
   Tahun Baru Islam yang jatuh di bulan Muharam bertepatan dengan awal penanggalan kalender Jawa, yang dimulai dari bulan Suro. Bagi sebagian masyara­kat, satu Muharam atau satu Suro dianggap penting dan sangat lekat...
Selengkapnya

Kembangkan Budaya Bali untuk Tarik Wisatawan

Senin 24/9/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selama ini, Provinsi Bali sangat dikenal men­jadi tujuan wisata bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Para wisatawan tersebut ingin menikmati semua keindahan yang ada di Pulau Dewata ini. Berbagai destinasi wisata seperti...
Selengkapnya

Pemkab Jemput Bola Layani Masyarakat Sleman

Senin 17/9/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Angka kemiskinan di Ka­bupaten Sleman masih di level dua digit, yakni di angka 10,6 persen dari total warga sekitar 1,2 juta. Peme­rintah Kabupaten (Pemkab) Sleman terus berusaha untuk menurunkan tingkat kemis­kinan dengan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Efek Cahaya dan Furnitur untuk Ruang Mungil

Senin 15/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Banyak pemilik rumah berpikir bahwa ruang tamu berukuran kecil akan menghemat ruang yang ada sehingga mereka dapat memaksimalkan desain interior yang di inginkan.

Ruang tamu biasanya membutuhkan desain khusus yang tidak hanya indah saja namun juga kenyamanan yang harus tetap diutamakan. Membuat ruang tamu berukuran kecil nampak lebih besar dan menarik bisa Anda lakukan dengan tipuan visual dengan beberapa trik memaksimalkan warna. Ingin tahu bagaimana cara mendekor ruang tamu berukuran kecil agar lebih menarik bagi tamu Anda, berikut ini ada tips dari Arcitectaria. Pertama, pencahayaan berlapis. Pencahayaan sangat dibutuhkan hampir diseluruh ruangan.

Pastikan bahwa pencahayaan pada ruang tamu cukup untuk membuatnya nampak lebih lega. Ketika siang hari, bukalah jendela untuk memperlancar sirkulasi udara dan agar cahaya natural masuk kedalam ruangan. Anda juga harus memasang lampu hias yang akan menjadi salah satu dekorasi menarik.

Jika perlu tambahkan lampu dinding untuk menambah suasana lebih intens dan dramatis. Dengan pencahayaan berlapis tentu ruang tamu nampak memiliki dimensi yang berbeda.

Kedua, pilihlah furnitur ringan dengan bentuk simple. Ruang tamu berukuran kecil membutuhkan furnitur yang tampilannya tidak terlalu berat. Untuk itu, pilihlah furnitur ruang tamu dengan warna yang cerah. Warna gelap seperti warna coklat tua pada meja akan membuat tampilan kamar tamu yang kecil terlihat kurang segar.

Pemilihan firnitur dengan karakteristik ringan akan memperingan tampilan visual apalagi jika furnitur yang Anda pilih memiliki sudut kaki yang akan membuat lantai nampak lebih terbuka. Lengkapilah ruang tamu kecil dirumah Anda dengan meja kopi yang terbuat dari kaca atau logam yang akan mengalihkan pandangan mata ke arah furniture tersebut sehingga ruangan akan nampak lebih terasa luas.

Furnitur bergaya ottoman biasanya menjadi favorit ruang tamu berukuran kecil karena bentuknya yang terlihat unik dan elegan apalagi jika dipadukan dengan gaya klasik.

Ketiga, pasanglah cermin pada ruang tamu untuk memberikan ilusi ruangan yang lebih luas. Penempatan cermin yang tepat mampu membuat ruangan kecil nampak lebih luas. Keempat, maksimalkan dekorasi vertikal pada ruang tamu. Kadang para pemilik rumah lupa bahwa ruang tamu memiliki sumbu vertikal yang mampu dimaksimalkan untuk membuat ruangan nampak lebih luas. Dengan menambahkan dekorasi vertikal, mata akan fokus melihat ke arah atas.

Kelima, sesuaikan ukuran furnitur dengan ukuran ruang tamu. Jika ruang tamu berukuran kecil, tentunya furnitur harus disesuaikan dengan ukuran. Pilihlah kursi tamu yang tidak memiliki penopang siku. Jika Anda lebih suka dengan sofa, pilihlah bentuk sofa sudut yang dapat diletakkan pada pojokan ruangan yang akan menyisakan tempat di tengah. yun/E-6

Tampilkan Semua

Pengembang Realestat Peduli CSR

Senin 15/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Triniti Dinamik kembali menoreh prestasi dengan meraih dua penghargaan TOP CSR 2018. Ajang ini merupakan penganugerahan tertinggi dan bergengsi bagi perusahaanperusahaan yang beroperasi di Indonesia. Perusahaan peraih TOP CSR dinilai...
Selengkapnya

Pasar Potensial Rumah untuk MBR

Senin 15/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pengusaha realestat mendorong lahirnya skim-skim pembiayaan dan program riil yang memungkinkan kelompok pekerja sektor informal ini dapat membeli rumah murah atau rumah untuk Masyarakat B erpenghasilan Rendah (MBR). Program sejuta rumah...
Selengkapnya

Mandiri KPR Milenial

Jumat 12/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Direktur Retail Banking Bank Mandiri Donsuwan Simatupang (kiri) dan EVP Consumer Loans Bank Mandiri, Ignatius Susatyo W (kanan) berfoto usai meluncurkan program Mandiri KPR Milenial di Jakarta, Rabu (10/10). Dengan skema KPR tanpa DP,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Good Corporate Governance

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga (kiri) dan Jamdatun Loeke Larasati Agoestina (kanan) usai penandatanganan Kesepakatan Bersama tentang Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara di Jakarta, Rabu (17/10). Kerja sama ini sebagai upaya memperkuat penerapan tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance) di lingkungan PT Telkom serta menunjang kinerja perusahaan.

Tampilkan Semua

Ponsel Tiongkok Andalkan Desain Milenial

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Keberadaan Xiaomi di pasar Indonesia, dengan menawarkan harga terjangkau dengan kualitas mumpuni, sepertinya bakal mendapat saingin dari pendatang baru Realme. Ponsel dari Tiongkok masuk ke Indonesia dengan banderol harga mulai 1,999...
Selengkapnya

Dapur Pacu untuk Komputasi “Game” Ekstrem

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pada komputer terdapat lima komponen agar sebuah laptop atau PC bisa manyala, yaitu prosessor, RAM, Media Penyimpanan, PSU, GPU. Semua komponen ini terpasang dalam papan induk atau motherboard atau dapur pacu untuk komputer. Kualitas...
Selengkapnya

Dunia “Games” Dukung Industri E-Sport

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Layanan game online akan memerlukan standar jaringan yang sangat bagus dengan kecepatan tinggi dan latensi yang rendah. Untuk itu, perusahaan telekomunikasi terus berupaya meningkatkan kualitas jaringan broadband 4G LTE. Menurut...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Makin Ngebut dengan Desain Baru Aerodinamika

Rabu 17/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Yamaha telah resmi merilis seri terbaru dari Yamaha R25 dan R3. Dengan acara peluncuran bertajuk R1 20th Anniversary “We Are R” Global Launching, sekaligus menjadi ajang perayaan dari ulang tahun ke 20 Yamaha R1. Tema “We Are R”, diusung karena Yamaha berhasil dalam melahirkan Yamaha seri R.

“PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) adalah satu-satunya pabrik yang memproduksi R25 dan R3 sejak kami menjualnya pertama kali pada Juli, 2014,” kata Presiden Direktur Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Minoru Morimoto. Menurut Minoru, Yamaha R25 dan R3 generasi terbaru tampil lebih sporty dengan desain anyar bertemakan “Super Sport Desain.”

Motor ini terinspirasi dari YZR-M1, desain body Yamaha R25 generasi terbaru memiliki aerodinaka tinggi yang dapat meningkatkan performa berkendara. Dengan R25 dapat melaju lebih kencang 8 kilometer per jam pada kecepatan puncak (top speed) dari model sebelumnya.

Peningkatan berforma tercipta berkat penggunaan sirip-sirip tambahan yang menambah aerodinamis motor itu Pada bagian lampu depan dan belakang juga sudah mengadopsi full LED yang menjadikan sistem pencahayaan menjadi lebih terang, efisien serta tahan lama. Bagian cockpit turut di desain menyerupai Yamaha R1 mulai dari bentuk speedometer full digital hingga gaya stang under yoke dengan plat crown segitiga yang memiliki beberapa kisi lubang diatasnya.

Pengaplikasian fitur suspensi Up Side Down (USD) pada kedua motor diklaim tidak hanya menambah macho tampilan motor tetapi turut meningkatkan handling yang membantu dalam agresifitas serta kenyamanan berkendara.

“Hal ini sesuai dengan konsep “Riding The R Anytime” yang diusung oleh Yamaha R25 dan R3 generasi terbaru,” tambah Minoru. Yamaha R25 sendiri dibanderol pada harga 58,600 juta untuk tipe yang biasa dan 58,950,000 untuk tipe Movistar Livery. Sementara untuk seri R3 Yamaha belum mengeluarkan harga secara resmi. hay/E-6

Tampilkan Semua

Desain Brio Baru Lebih Sporti

Rabu 17/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Generasi kedua Honda Brio akan menambah marak persaingan di segmen hatcback. All New Honda Brio ini merupakan model yang dikembangkan melalui survei terhadap kebutuhan konsumen, terutama di Indonesia. Model yang terdiri dari varian RS...
Selengkapnya

Coupe Empat Pintu yang Tetap Elegan

Rabu 17/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Desain mobil coupe yang elegan dan sporty menjadi pilihan pembeda dengan model lain. Dengan fitur kenyamanan yang lengkap coupe mampu memanjakan penggunanya. Selain menawarkan mobil terbaru New A Class, Mercedes Benz juga mengusung...
Selengkapnya

Inisiasi Program SATU Indonesia Awards

Rabu 10/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Co-Chairman IdeaFest, Ben Soebiakto (kedua dari kanan) berbincang bersama Head of  Corporate Communications PT Astra International Tbk, Boy Kelana Soebroto (kedua dari kiri)  bersama official partners lainnya usai memberikan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Miranda Bawa Brasil Atasi Argentina

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JEDDAH – Brasil meraih ke­menangan dramatis 1-0 atas Argentina. Gol sundulan pada injury-time dari Miranda me­mastikan kemenangan Brasil dalam pertandingan persaha­batan yang digelar di Jeddah, Arab Saudi, Rabu (17/10) dini hari WIB.

Bek tengah Inter Milan itu luput dari penjagaan dan ber­hasil menyundul bola pada menit ke-93 dari sepak pojok Neymar. Hingga menit ke-90 pertandingan antara rival sen­git Amerika Selatan tampak terlihat menemui jalan buntu.

Torehan Miranda yang kini berusia 34 tahun itu menun­jukkan kariernya yang juga te­lah berlangsung di Prancis dan Spanyol, mengatakan dia jauh dari selesai untuk memakai ko­stum Brasil.

“Meskipun usia saya sudah bisa menunjukkan bahwa saya dalam kondisi fisik yang bagus, dan tentu saja saya ingin tetap bermain untuk tim nasional karena saya masih harus ba­nyak tampil dengan jersey ini,” ujarnya.

Dengan Neymar berada di de­pan, Brasil melakukan tekanan pada akhir laga dan bisa men­cetak gol dalam beberapa menit sebelum torehan Miranda.

Peluang terbaik Argentina datang pada menit ke-60. Tem­bakan Leandro Paredes mem­bentur tiang gawang.

Brasil menurunkan kekua­tan penuh dengan memainkan pemain-pemain bintang me­reka, Gabriel Jesus, Philippe Coutinho dari Barcelona dan Roberto Firmino dari Liverpool bersama Neymar di lini serang. Sementara Argentina tanpa se­jumlah bintang, termasuk Lio­nel Messi.

“Itu selalu sulit, tetapi tim kami lebih baik dari mereka karena kami sudah memiliki hasil sama selama bertahun-tahun saat mereka sedang da­lam proses renovasi yang dras­tis,” ujar bek Brasil Felipe Luis kepada TV Globo.

Beberapa pemain yang hi­lang dari line-up Argentina juga termasuk striker Manchester City Sergio Aguero, pemain say­ap Paris Saint-Germain Angel Di Maria dan striker AC Milan Gon­zalo Higuain. ben/AFP/S-1

Tampilkan Semua

Hadapi Taiwan, Timnas U-19 Indonesia Belajar dari Laga Uji Coba

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Tim nasional sepak bola U-19 Indonesia terus mem­perkuat pertahanan dan mengan­tisipasi situasi bola mati agar tidak membawa hasil negatif dari laga kontra Taiwan di Grup A Piala U-19 Asia 2018, Kamis (18/10). Pelatih...
Selengkapnya

“De Oranje” Lanjutkan Kebangkitan

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BRUSSEL – Belanda melanjutkan ke­bangkitan mereka di bawah pelatih Ronald Koeman. Gol pertama pemain muda Arnaut Groeneveld untuk tim nasional Belanda me­mastikan hasil imbang 1-1 kontra Belgia di Brussels, Rabu (17/10)...
Selengkapnya

Mourinho Terancam Sanksi FA

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
LONDON – Manajer Man­chester United Jose Mourinho telah didakwa oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris karena ba­hasa yang kasar setelah timnya memenangi Liga Premier atas Newcastle United bulan ini, de­mikian badan sepak...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Guru Harusnya Menyejukkan

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Oleh Retno Adiani

 

Guru pegawai negeri sipil (PNS) menyebarkan ujaran kebencian kepada anak didik untuk anti-Presiden Joko Widodo (Jokowi) jelas sudah keluar dari koridor tugas pokok dan fungsi guru untuk mengajar dan mendidik. Itulah yang terjadi pada diri guru Nelty Khairiyah. Menyebarkan ujaran kebencian terhadap seseorang, apalagi kepada seorang Kepala Negara jelas tidak etis.

Sama sekali tak konek urusan guru SMA dengan Jokowi, gempa, tsunami, penderitaan dan para korban. Memberi indoktrinasi sarat politicking di lingkungan sekolah, selain melanggar koridor hukum, bukan urusan seorang guru. Apa tujuannya? PNS, termasuk guru dilarang berpolitik praktis.

Maka, guru dilarang masuk tim pemenangan capres dan cawapres. Semua guru se- Indonesia mengetahuinya. Entah apa alasan Nelty Khairiyah, guru SMA Negeri 87 melakukan sebagaimana banyak diberitakan. Penyampaian ujaran kebencian jelas nonpedagogis dan berlawanan dengan statusnya sebagai guru agama. Nelty telah mengumpulkan murid-murid di masjid untuk diputarkan video berkonten gempa dan tsunami Palu, Donggala, dan Sigi. Kepada anak-anak dikatakan semua itu karena Jokowi. Masih mau memilihnya untuk periode kedua?

Pertanyaannya, apa tujuan Nelty membawa puluhan murid ke masjid. Jika untuk salat, memperoleh siraman rohani dari ustaz, maka itu nilai tambah. Nilai tambah juga dengan acara nonton bareng atau “nobar” video gempa dan tsunami di Palu Donggala, Sigi. Tindakan yang wajar dan positif. Sambil nobar Nelty pun bisa menerangkan kepada para siswa tentang gempa bumi dari kacamata agama.

Video yang menayangkan gempa dan tsunami di Palu, Donggala, diyakini menggambarkan derita para korban. Para korban amat sangat menderita, lapar, dan haus. Derita yang sangat luar biasa. Ratusan ribu orang itu sungguh mencekam. Selain lapar, haus, sakit, trauma, komunikasi dengan dunia luar pun terputus. Gardu listrik PLN rusak, tidak berfungsi berdampak listrik mati total. Malam gelap gulita, diiringi gempa susulan ratusan kali.

Jaringan Telkom, telepon seluler terputus. Run way bandara sebagian rusak. Menara pengawas penerbangan roboh. Kota Palu, Donggala, Sigi tersisolasi dari dunia luar. Ini sungguh bikin merinding. Penderitaan korban mungkin berlangsung dalam waktu lama, bisa enam bulan, setahun, atau lebih dikarenakan puluhan ribu rumah hancur. Hampir 70.000-an orang menderita luka berat dan ringan.

Penderitaan mereka juga derita kita, menyentuh rasa kemanusiaan kita. Kita ibarat satu tubuh manusia. Jika tangan sakit, seluruh badan dan perasaan ikut sakit. Kita yang jauh dari lokasi gempa hanya melihat dampak bencana melalui teve dan koran, namun kita berempati, berdoa agar beban para korban diringankan.

Puluhan ribu keluarga menderita dan berduka di lokasi bencana seharusnya guru mengaitkan dengan kerja keras pemerintah, bukan sebaliknya. Begitu banyak perbuatan baik Jokowi, tanda negara hadir. Mengapa sisi baik Jokowi dalam menangani bencana tidak diceriktan?

Seluruh dunia mengetahui, kurang dari 48 jam usai gempa dan tsunami, Jokowi sudah berada di tengah para korban. Padahal, Bandara Mutiara SIS Al Jufrie di Palu dalam keadaan kurang sempurna untuk landing dan take off pesawat. Tidak berlebihan menilai, Jokowi memang presiden pemberani. Jokowi berani landing karena alasan utama: kemanusiaan. Presiden Jokowi dan beberapa menteri lebih dulu menyapa korban di tenda, meninjau lokasi reruntuhan ketimbang gubernur Sulawesi Tengah dan wagubnya, wali kota dan wakil wali kota Palu.

Hanya satu alasan tunggal Presiden Jokowi perlu segera hadir di tengah para korban: menyapa dan segera menolong. Ini bukti dia mencintai, memedulikan rakyatnya yang tengah berduka, lapar, haus, dan sakit. Saat rombongan Presiden dari Jakarta mencium bau kurang sedap dari mayat maupun limbah, pejabat lain dalam rombongan menggunakan masker, tapi Presiden Jokowi tidak memakai masker. Luar biasa! Presiden berkeliling dari tenda ke tenda penampungan berdialog dengan pengungsi.

Jokowi memberi semangat petugas dan relawan yang bekerja keras membongkar beton penghalang untuk menyelamatkan dan menemukan sejumlah orang yang terperangkap reruntuhan. Keberadaan Presiden Jokowi, representasi konkret kehadiran negara yang sigap menolong para korban. Kurang apalagi Presiden kita dalam menangani bencana di Palu, Donggala, Sigi, sehingga guru Nelty malah memprovokasi murid-murid SMA 87 agar anti-Jokowi?

 

Pusat Kebudayaan

Apa hubungan gempa, tsunami, korban meninggal, sakit, harta benda hilang, rumah roboh, infrastruktur rusak, dan eksistensi Jokowi? Lemparan opini Nelty tidak logis di mata siswa yang kritis. Pantas, indoktrinasinya dikritisi siswanya sendiri. Pada titik ini, dia jauh dari predikat pendidik pembangun manusia Pancasilais. Mendikbud Muhadjir Effendi pun menilai perbuatannya memalukan, sehingga harus ditindak.

Nama SMAN 87 viral. Seharusnya guru agama, apa pun agamanya, berkewajiban mentransformasi kesejukan dan kebaikan, bukan hasutan. Ujaran anti-Jokowi dianggap mengarahkan siswa, sebagai pemilih pemula, tidak memilih Jokowi pada Pilpres 2019.

Mungkin di daerah lain masih terdapat guru yang mengompori anak didik dengan ujaran kebencian, terutama bernuansa SARA, anti-Presiden dan antipemerintah. Kasihan anak didik kita masih labil, dalam proses perkembangan jiwa-raga, tapi telah diasupi benih kebencian.

SMAN 87 adalah tempat saya mengabdikan diri sampai purnabakti. Saya bangga menjadi bagian dari SMAN 87. Sampai peristiwa ini terjadi, sekolah bukan ajang menghakimi pemerintahan. Senang atau tidak, sekolah bukanlah arena berkampanye. Sekolah bukan alat atau agen partai politik. Dia juga bukan kubu capres dan cawapres tertentu.

Sekolah merupakan pusat kebudayaan untuk memajukan peradaban bangsa. Memang, kita berhak mengkritik pemerintahan, tapi harus cerdas. Rasanya, tidak etis dalam kegiatan belajar mengajar ada “jurkam”. Siswa harus cerdas memilah yang benar dan salah. Jika perlu, siswa mengingatkan guru, kalau ada yang menyimpang dari tugas mengajar dan mendidik. Semoga kasus ini cepat terselesaikan. Mulai hari ini dengan hati tulus saling memaafkan. Masa depan negara di tangan murid-murid. Kiranya damai sejahtera menyertai kita semua.


Penulis pensiunan guru BK SMA Negeri 87 Rempoa, Jakarta Selatan

Tampilkan Semua

Tempat Pendidikan dan Kampanye

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pencabutan izin ruangan untuk sebuah “Seminar Kebangsaan Kepemimpinan Era Milenial” di kampus UGM Yogyakarta, akhir pekan lalu dengan dua mantan menteri Kabinet Kerja, Sudirman Said dan Ferry Mursyidan Baldan, sempat...
Selengkapnya

Kisah-kisah Keteladanan Guru yang Penuh Kasih

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Judul : Kekuatan Cinta Sang Guru Editor : A Mintara Sufiyanta, SJ dan Cicilia Heni Penerbit : Kanisius Cetakan : 2018 Tebal : 270 halaman ISBN : 978–979- 21-5680-5   Guru hadir untuk melayani. Mereka terpanggil untuk...
Selengkapnya

Keluarga Motor Berbagi Pangan

Rabu 17/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Oleh Mgr I Suharyo,Pr   Setiap tanggal 16 Oktober, Gereja Katolik ikut memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS) sebagai wujud ketertiban Gereja di tengah keprihatinan dan kecemasan dunia sekarang ini. HPS dimaklumkan dalam Sidang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Catherine Wilson Kembali Berakting di Film Layar Lebar

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Model dan aktris Catherine Wilson akhirnya kembali ke ranah akting di film layar le­bar, setelah ia sempat memilih vakum dari dunia entertainment. Catherine Wilson memang lama vakum dari dunia hiburan sejak menikah dengan Achmad Muchlas Arofat pada 2012 silam. Kini, ia mengaku senang bisa kembali bermain film.

“Masih di entertain. Sekarang lagi promo film layar lebar yang akan keluar, genrenya drama komedi," ujar Catherine Wilson, di bilangan Mam­pang, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Seusai bercerai tahun 2013, Catherine Wilson memang pernah terlibat di sinetron, namun tak begitu lama. Kini, ia memutuskan untuk kembali ke layar lebar. “Lumayan lama vakum ya, semenjak aku menikah itu terus pisah kan ya sampai sekarang. Sem­pat pas itu syuting sinetron sih sebentar. Tapi kan belum puas dibanding dulu ya. Kalau dulu kan aktif syuting terus," kata artis berdarah campuran Inggris-Arab-Indonesia ini.

Ternyata, lama tak syuting membuat aktris yang membintangi film "Rintihan Kuntilanak Perawan" (2010) ini rindu berada di depan kamera. Sejak mulai mengambil pekerjaan di film layar lebar, artis yang akrab disapa Keket ini nanyinya bakal mulai menerima tawaran film seperti dulu lagi, meski tak bisa seaktif di awal kariernya dulu saat masih di modelling.

“Dulu waktu di modeling langsing, sekarang lebih berisi. Jalan di catwalk juga udah nggak. Tahun lalu masih ada tuk acara fashion kebaya, di acara wedding gitu," tutur Keket.

Disinggung soal tawaran film, Keket mengakui tak banyak pilah-pilih. Menurutnya, selama jalan cerita film itu menarik, maka ia tak akan menolaknya. Demikian pula dengan film terbarunya itu, Keket tak pikir panjang dan menerima tawaran yang datang ke pangkuan­nya. “Film kenamaan juga tahun era 80an, sekarang remake lagi. Filmnya ini bagus, ceritanya bagus, lucu, menghibur," pungkas Catherine Wilson. yzd/S-2

Tampilkan Semua

Iqbaal Ramadhan Fokus dengan Svmmerdose

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selain sibuk dengan dunia akting, Iqbaal Ramadhan juga se­dang membangun kembali karier bermusiknya bersama grup Svmmerdose, setelah sebelumnya sukses dengan Coboy Junior. Svmmerdose mengusung genre R&B eksperimental yang...
Selengkapnya

Upaya Melestarikan Kearifan Lokal Jakarta

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Budaya Betawi yang menjadi ciri khas Kota Jakarta, bukan saja menjadi ikon bagi Ibukota, namun juga membutuhkan upaya pelestarian, agar generasi penerus tidak kehilangan jati dirinya.   Para ibu berbaju kurung merah muda dengan...
Selengkapnya

Inovasi Teknologi Budidaya Lada Perdu

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tren permintaan lada juga terus meningkat. Karena itu, penerapan perbaikan teknologi dalam budidaya lada menjadi sangat penting. Pemerintah Indonesia te­lah mencanangkan untuk Mengembalikan Kejayaan Rempah Indonesia ( MKRI) di mana...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

16 Truk Sampah Milik DKI Bodong

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Jawa Barat, melakukan penghentian operasional.

Sebanyak 16 truk sampah milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diberhentikan Dinas Perhubungan DKI Jakarta karena terbukti tidak dilengkapi surat-surat.

“Kalau ada kendaraan tidak memiliki surat-surat, truknya saja secara kelengkapan sudah jelas salah secara aturan lalu lintas,” kata Kepala Dishub Kota Bekasi, Yayan Yuliana, di Bekasi, Rabu (17/10).

Kelangkapan surat yang dimaksud berupa KIR, surat izin jalan dari instansi terkait, hingga Surat Izin Mengemudi (SIM).

Yayan mengatakan kendaraan yang distop oleh sejumlah aparatur Dishub itu terjadi di pintu keluar Tol Bekasi Barat, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Barat.

Sejumlah petugas dari Dishub Kota Bekasi menghentikan laju truk sampah DKI yang keluar dari Tol Jakarta-Cikampek menuju Jalan Ahmad Yani Bekasi Selatan dan mengarahkannya menuju Hutan Kota di Jalan Jendral Sudirman, Bekasi Barat.

Di lokasi itu, petugas memeriksa satu persatu kelengkapan surat guna memastikan legalitas dari operasional truk sampah DKI yang berwarna oranye itu.

Hingga Rabu siang, tercatat sedikitnya 16 truk sampah DKI yang bermuatan sampah maupun yang telah membuang sampah ke TPST Bantargebang terparkir di bahu Jalan Jendral Sudirman dengan dikawal petugas.

Yayan mengatakan, upaya penyetopan iring-ringan truk sampah itu sekaligus bentuk peringatan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk mematuhi kesepakatan kemitraan daerah terkait kompensasi.

“Sampai saat ini ada sekitar 41 poin kesepakatan kemitraan kedua daerah yang tidak berjalan. Ini adalah peringatan bagi Pemprov DKI atas tindakan mereka mengacuhkan kesepakatan kerja sama,” katanya.

Pemkot Bekasi mengajukan 41 kegiatan kemitraan Kota Bekasi-DKI Jakarta pada 2018 senilai total 900 miliar rupiah lebih.

Salah satu sopir truk sampah DKI, Ismail, mengaku bingung dengan upaya penyetopan truk sampah oleh Dishub Kota Bekasi saat akan membuang sampah ke Bantargebang melalui Jalan Ahmad Yani-Jalan Siliwangi-Bantargebang. 

 

Ant/P-5

Tampilkan Semua

PKL Ditolerir Berdagang di Trotoar Jalan Jati Baru

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Rencana sterilisasi pedagang kaki lima di Jalan Jati Baru batal karena pemprov DKI membolehkan PKL berjualan di trotoar.   JAKARTA – Pedagang kaki lima (PKL) Tanah Abang yang berjalan di Jalan Jatibaru Raya ditolerir oleh...
Selengkapnya

Kala Anak PAUD Histeris Digusur Anak Buah Anies

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Ruang sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tunas Bina, yang terletak di Jalan Cengkeh, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat, itu telah rata dengan tanah. Sebuah alat berat memporak-porandakan gedung itu, Rabu...
Selengkapnya

Penyidik Evaluasi Hasil Keterangan Saksi Ratna Sarumpaet

Kamis 18/10/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Polda Metro Jaya mengevaluasi hasil pemeriksaan saksi kasus penyebaran hoax atas tersangka Ratna Sarumpaet. Setelah lengkap, maka hasil evaluasi tersebut akan langsung dibuatkan dalam berita acara. “Terkait kasus Ratna...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

Kepala Daerah Korupsi Lebih karena Mental Pribadi Mereka

Rabu 17/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kepala daerah kena jerat kasus korupsi seperti tiada henti. Baru saja Wali Kota Pasuruan kena operasi tangkap tangan, dalam jeda waktu singkat, giliran Bupati Malang yang harus berurusan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kini, kembali KPK menetapkan Bupati Bekasi Neneng Hassanah Yasin dalam kasus dugaan suap proses perizinan proyek Meikarta di Bekasi.

Tiga kasus kepala daerah dalam waktu yang berdekatan hanya menambah panjang daftar kepala daerah yang harus jadi pesakitan karena kasus korupsi.

Untuk mengupas itu lebih lanjut, Koran Jakarta mewawancarai Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, di Jakarta. Berikut petikan wawancaranya.

Setelah Wali Kota Pasuruan, lalu Bupati Malang, kini Bupati Bekasi yang kena jerat KPK. Semuanya terjerat kasus dugaan suap. Tanggapan Anda sebagai Mendagri?

Sebagai Mendagri saya merasa prihatin.

Apakah tidak ada upaya pencegahan korupsi?

Sistemnya sudah bagus, fungsi pencegahannya terus ditingkatkan. Memahami area rawan korupsi sudah terus. Seluruh kementerian lembaga juga sudah bekerja sama dengan KPK. Jadi kembali ke manusianya.

Anda juga sekarang rajin mengajak kepala daerah terutama gubernur yang baru dilantik bertemu dan berdiskusi dengan pimpinan KPK. Tujuannya untuk apa?

Ini untuk membangun komunikasi antara KPK dengan daerah, tujuannya ya dalam upaya optimalisasi pencegahan masalah korupsi. Sehingga para kepala daerah itu paham dan mencermati area rawan korupsi seperti perencanaan anggaran, mekanisme jual beli barang dan jasa. Pimpinan KPK juga berkomitmen siap untuk memberikan materi dan fungsi pengawasan ataupun diundang oleh teman- teman gubernur untuk berdiskusi dan memberikan supervisi.

Apa yang dibicarakan dalam pertemuan itu?

Saya kira ini salah satu solusi yang baik. Jadi kita (dalam pertemuan itu) hampir semua bicara. Berdiksusi hampir semua masalah yang ada. Misalnya, bagaimana cara-cara menanganinya dengan baik sehingga teman-teman kepala daerah juga bisa melaksnakan tugas dan saya yakin mereka punya komitmen juga untuk memberantas korupsi sama-sama dengan melihat berbagai kendala yang ada termasuk DPRD dan sebagainya.

Pertemuan gubernur yang baru dilantik bertemu KPK, inisiatif Anda sendiri?

Ini awalnya pihak KPK ingin mendengarkan apa yang menjadi permasalahan di daerah. Intinya, KPK mengundang kita, saya merepsons langsung, mengadakan silaturahmi supaya teman-teman di daerah ini loh KPK. Jangan dianggap KPK itu hanya mau OTT, enggak. Mari kita sama-sama mengedepankan fungsi pencegahan dan KPK bisa jalan kalau di samping laporan masyarakat juga teman- teman kepala daerah juga ikut mendukung penuh KPK.

KPK juga kan sudah Koordinasi dan Supervisi Bidang Pencegahan (Korsupgah) yang hadir di semua provinsi. Juga ada kejaksaan dan kepolisian. Mari kita mulai dari diri kita, diri saya juga.

Penguatan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) bagian dari upaya pencegahan?

Ya, karena inspektorat itu kan tugasnya mengawasi, tapi praktiknya tidak bisa, wong inspektorat itu masih di bawah sekda. Bahkan mau memeriksa sesama SKPD, itu temannya. Repot. Harusnya ya inspektorat kabupaten dan kota bertangg jawab kepada gubernur. Inspektorat provinsi bertanggung jawab ke Mendagri atau Irjen. Tapi, kemandiriannya itu yang harus kita lihat. Pangkatnya harusnya di atas sekda. Honornya harusnya sama meningkat. Kalau masih seperti ini, sampai kapan pun juga ndak akan bisa. 

 

agus supriyatna/AR-3

Tampilkan Semua

Bawaslu Akan Awasi secara Ketat Para Kandidat yang Kunjungi Pesantren

Selasa 16/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sejak 23 September 2018 hingga 13 April 2019, peserta pemilu baik partai politik, calon perseorangan dan calon presiden dan wakil presiden sudah dapat melakukan kampanye politik. Namun, sejumlah hal justru terjadi, semisal muncul friksi...
Selengkapnya

Harus Ada Pos Penanganan Bencana di APBD

Rabu 10/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kementerian Dalam Negeri telah menurunkan tim pendampingan ke wilayah terdampak gempa di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Tim yang diturunkan selain untuk melakukan pendataan berapa aparatur pemerintahan yang meninggal, juga mendata...
Selengkapnya

Ratna Sarumpaet Bisa Dijerat dengan KUHP

Kamis 4/10/2018 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Ratna Sarumpaet mengakui telah menciptakan berita bohong alias hoaks soal penganiayaan yang dialaminya yang dilakukan tiga orang tak dikenal di Bandara Husein Sastra Negara di Bandung, Jawa Barat. Pihak kepolisian mulai menjalankan proses...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Jean-Charles Berthonnet

Sabtu 13/10/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Awal 2017, Presiden François Hollande menjadi pemimpin Prancis pertama yang melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia dalam 30 tahun terakhir. Bersama Presiden Joko Widodo, kedua pemimpin menyatakan komitmen kerja sama pada sejumlah bidang.

 

Hubungan antara kedua negara begitu penting karena Indonesia dan Prancis adalah republik demokratis.

Kedua negara besar ini memegang pengaruh geopolitik yang sangat penting di kawasan masing-masing. Prancis adalah anggota penting dari Uni Eropa, begitu pula Indonesia adalah anggota penting ASEAN.

Hubungan diplomatik antara Prancis dan Indonesia merupakan elemen kunci untuk mengembangkan hubungan antara Indonesia dan Uni Eropa, antara Prancis dan ASEAN serta kedua negara samasama tercatat sebagai anggota G-20. Hubungan bilateral Indonesia dan Prancis semakin erat.

Salah seorang yang punya peran penting memelihara masa depan hubungan Prancis-Indonesia adalah Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Jean-Charles Berthonnet.

Sejak akhir 2016, pria berkaca mata ini resmi menjabat menggantikan duta besar sebelumnya, Corinne Breuzé, yang telah bertugas sejak 2013.

Untuk mengetahui apa saja yang telah dan akan dilakukan pemerintah Prancis untuk mempererat hubungannya dengan Indonesia, wartawan Koran Jakarta, Selocahyo,

berkesempatan mewawancarai Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Jean-Charles Berthonnet, usai menghadiri pemutaran film pendek karya sineas Prancis dan Indonesia, di Surabaya, baru-baru ini. Berikut petikan selengkapnya.

Apa saja yang telah Anda lakukan untuk mempererat hubungan Prancis dan Indonesia?

Sejak saya dan isteri saya, Caroline, tiba di Jakarta pada Oktober 2016, kami sudah bertemu dengan banyak orang. Saya sudah bertemu dengan beberapa menteri serta menghadiri pameran industri pertahanan.

Selain Kedutaan dan Institut Prancis di Indonesia (IFI), saya sudah mengunjungi sekolah Prancis di Jakarta dan kantor Badan Prancis untuk Pembangunan (AFD).

Saya telah berbicara dengan para penasihat konsuler, penasihat perdagangan luar negeri Prancis di Jakarta. Indonesia adalah negara besar yang penuh daya tarik dengan segala keberagaman dan keindahan.

Salah satunya Bali, pulau yang menjadi tempat bermukim setengah masyarakat Prancis di Indonesia, dan tentu daerah-daerah lain.

Misi Anda dengan semua itu?

Peta jalan saya amat sederhana, mengembangkan hubungan Prancis-Indonesia di segala bidang dan menjamin keselamatan warga Prancis yang tinggal di Indonesia.

Saat ini warga Prancis yang terdaftar di kedutaan jumlahnya mencapai lebih dari 4.200 jiwa.

Bagaimana Anda menilai hubungan Prancis-Indonesia selama ini?

Prancis dan Indonesia adalah partner strategis dan itu bukan kebetulan. Keduanya negara demokrasi yang membawa nilai-nilai, visi, dan pesan perihal isu-isu yang ingin didengar dunia.

Dinamisme masyarakat Prancis di Indonesia amat saya hargai. Demikian pula semangat ribuan pemuda Indonesia yang telah berangkat ke Prancis untuk menimba ilmu di universitasuniversitas kami, juga kegiatan komunitas pengusaha dalam mengembangkan proyek-proyek mereka.

Terkait kerja sama, bidang mana yang menjadi fokus Anda?

Banyak prioritas, sepertinya kerja sama ekonomi yang utama karena itu sangat penting untuk diperkuat, dengan mempromosikan pelaku bisnis dan investor Prancis.

Begitu juga dengan keberadaan IFI di berbagai kota, termasuk Surabaya, telah menjadi tugas penting bagi saya untuk mendukung kegiatan pengajaran (bahasa Prancis), dan bentuk kerja sama budaya lainnya.

Seberapa besar pengaruh budaya Prancis terhadap Indonesia?

Tujuan dari kerja sama budaya Prancis untuk mendukung pembangunan Indonesia sebagai negara yang tengah berkembang.

Untuk itu kami terus berupaya agar budaya Prancis lebih dikenal, salah satunya dengan mendukung cabang-cabang IFI di Surabaya, dan di beberapa kota lain.

Kami berharap penikmat budaya Prancis di Indonesia dapat tumbuh lebih banyak lagi.

Bagaimana perkembangannya?

Semakin banyak anak-anak muda yang tertarik dengan bahasa Prancis. Tahun ini ada 500 penerima ijazah bahasa Prancis DELF, dari cabang-cabang IFI di seluruh Indonesia.

Soal kerja sama ekonomi, bisa lebih dijelaskan?

Hubungan kita tentu saja sejalan dengan konteks peningkatan hubungan Indonesia dengan Uni Eropa (UE).

Prancis berharap agar perundingan-perundingan yang telah dimulai sebelumnya sesegera mungkin membuahkan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA) yang ambisius, global, dan seimbang.

Ada empat bidang kerja sama yang ingin kami kembangkan, yakni energi terbarukan, kemaritiman, ekonomi kreatif, dan pembangunan perkotaan berkelanjutan.

Menjadi tugas penting Kedutaan Besar Prancis untuk menindaklanjuti kerja sama yang diprakarsai dalam bidang-bidang tersebut.

Prancis bersama negara-negara anggota Uni Eropa tengah diambang perang dagang dengan Amerika Serikat (AS), bagaimana kalangan usaha di Prancis menyikapinya?

Saya kira, secara umum mereka menerima ini sebagai kabar buruk, karena perang dagang akan membawa pelemahan pertumbuhan ekonomi.

Untuk itu kami akan melakukan dengan segala daya untuk membalik keadaan dari dampak perang dagang ini. Kami akan memberi reaksi, namun tanpa bermaksud meningkatkan ketegangan.

Lebih detailnya seperti apa?

Perlu diketahui, kami tidak memulai perang dagang ini. Dimulai oleh inisiatif Presiden Trump dan tentu kami tidak bisa menyikapinya dengan diam saja, saat berada dalam serangan.

Selanjutnya, karena tarif AS menarget UE secara kesatuan, maka respons juga harus berasal dari UE, tidak dilakukan negara anggota sendiri-sendiri.

Kami menyesalkan perkembangan ini dan ingin membatasi dampak buruknya. Kami harus bereaksi dan UE telah menyiapkan langkah-langkah penanggulangan, dengan me-review sejumlah produk dari AS untuk dikenai tarif serupa.

Tanggapan Anda soal keamanan di Indonesia, terutama setelah serangan bom di Surabaya beberapa waktu lalu?

Terorisme adalah ancaman yang dihadapi oleh banyak negara, termasuk Indonesia. Kita harus berjuang melawannya bersamasama.

Mengambil langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mencegah kemungkinan serangan berikutnya. Tentu sangat sedih mengetahui apa yang telah terjadi di Surabaya,

menggunakan anggota keluarga untuk melakukan serangan pada tempat ibadah. Hal itu bukan mencerminkan perilaku masyarakat Surabaya, dan Indonesia secara keseluruhan,

di mana negara memiliki Pancasila untuk menjaga keberagaman. Itu (Pancasila) merupakan salah satu kekuatan bagi Indonesia yang menjadi salah satu negara emerging economy.

Untuk kerja sama bidang lingkungan bagaimana?

Prancis bertekad menerapkan seluruh komitmen yang dibuat dalam kerangka “Kesepakatan Paris” tentang perubahan iklim. Perlindungan lingkungan menjadi pusat perhatian kita.

Desember lalu, Indonesia mengirim tiga menteri dalam pertemuan puncak “One Planet” di Paris. Para peneliti kita bekerja sama erat pada isu-isu penting, seperti deforestasi. Kita akan berupaya keras, bersama-sama, untuk mengatasi tantangan ini.

energi terbarukan?

Ada Klub Energi Terbarukan Prancis untuk Indonesia (FREGI), yang beranggotakan sekitar empat puluh perusahaan Prancis ini mempromosikan teknologi dan solusi energi terbarukan.

Klub juga memfasilitasi anggotanya untuk mengembangkan usaha mereka di Indonesia. FREGI mewakili seluruh cabang industri energi terbarukan, termasuk bioenergi, energi angin, surya, panas bumi, energi angin, energi arus laut, smart grid, maupun pemanfaatan limbah menjadi energi.

Klub bertujuan mengintegrasikan berbagai komponen rantai nilai di bidang energi terbarukan, mulai dari rekayasa dan pembiayaan proyek,

hingga pengoperasian fasilitas industri dan niaga, serta penyediaan solusi peralatan, solusi perangkat lunak dan teknologi.

FREGI mendukung upaya-upaya yang dilakukan Indonesia untuk mempercepat transisi energi, demi mencapai sasaran penurunan emisi yang ditetapkan dalam kerangka Kesepakatan Iklim Paris (COP 21).

Pendapat Anda soal visi Indonesia menjadi poros maritim dunia?

Presiden Hollande mendukung tekad Presiden Joko Widodo agar Indonesia memainkan peran utama dalam poros maritim dunia.

Itu dibuktikan saat kunjungannya tahun lalu, Presiden Francois Hollande menggarisbawahi pentingnya poros maritim dunia bagi pembangunan di Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia.

Presiden Joko Widodo mengakui kontribusi Prancis terhadap keamanan dan keselamatan maritim internasional. Kedua Kepala Negara menegaskan pembangunan blue economy merupakan prioritas bersama bagi kedua negara.

Guna mewujudkan hal tersebut, kedua Kepala Negara bertekad mendorong hubungan yang lebih erat antardunia usaha Prancis dan Indonesia.

Itu diwujudkan dengan kerja sama perikanan, transportasi dan logistik, pembuatan kapal, pelayanan kelautan dan pelabuhan, energi kelautan dan lepas pantai, termasuk pariwisata.

Kedua Kepala Negara menggarisbawahi pentingnya ruang udara dan zona maritim dalam pertukaran ekonomi internasional, dan tanggung jawab setiap negara yang memiliki batas teritorial tersebut untuk menjamin perdamaian dan keamanan.

Bicara keamanan, bagaimana kerja sama yang ada?

Prancis maupun Indonesia telah menegaskan untuk mengawasi zona maritim masing-masing dan melaksanakan yurisdiksi atas zona tersebut sesuai dengan hukum internasional.

Kedua negara berkeinginan memajukan kerja sama, termasuk dalam upaya memerangi pembajakan di laut lepas, pemberantasan pencurian ikan, dan kejahatan terkait lain, termasuk perlindungan terhadap lingkungan laut.

Untuk kerja sama militer bagaimana?

Sejak pernyataan bersama tentang kerja sama di bidang kelautan tahun lalu, interaksi antara angkatan laut kedua negara meningkat dengan sejumlah persinggahan kapal di pelabuhan, terakhir di Surabaya dan Jayapura.

Latihan militer di laut dan beberapa program pelatihan di bidang arteleri laut, kartografi, dan hidrografi. Dalam bidang pendidikan dan pelatihan, misi latihan Angkatan Laut Prancis yang dijalankan oleh dua kapal Angkatan Laut Prancis “Jeanne d’Arc”,

membuka kesempatan bagi seorang kadet dari Indonesia untuk ikut serta dalam program setiap dua tahun sekali.

Tahun ini, misi Kelompok Pelatihan “Jeanne d’Arc” akan melibatkan dua unit kapal, yaitu kapal induk amfibi dan komando BPC Dixmude dan kapal pendampingnya,

yakni kapal fregat siluman, Surcouf. Prancis juga berpartispasi dalam latihan multinasional setiap dua tahun sekali di Indonesia, “Multilateral Naval Exercice Komodo 2018”.

Fokus latihan pada tema bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana. Ini merupakan tema kerja sama yang sudah dijalankan secara berkelanjutan antara Prancis dan Indonesia.

Anda dikenal menyukai budaya dan musik. Jenis musik apa yang Anda minati?

Saya lebih memilih musik klasik. Namun, saya punya anak sehingga harus tetap mengikuti perkembangan, mulai pop sampai rap. Jadi tetap mendengarkan berbagai genre musik, tapi prioritas saya tetap musik klasik.

Siapa komposer klasik favorit Anda?

Berlioz, Bizet lalu (Maurice) Ravel, dan (Claude) Debussy. Debussy mendengar gamelan Jawa pertama kali saat ada Universal Exhibition di Paris sekitar tahun 1900, sehingga ada interkoneksi (antara musik karyanya dan gamelan), membuat saya makin tertarik.

Anda menguasi tiga bahasa asing, bagaimana dengan bahasa Indonesia?

Saya tertarik sekali dengan bahasa Indonesia, tapi belum sempat untuk mengambil kursus. Saya lebih banyak berlatih dengan membaca dan sehari-hari melihat orang bercakap-cakap. N-3

Tampilkan Semua

Bioteknologi Modern Sukses Kembangkan Mawar Biru

Sabtu 13/10/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
      Selama berabad-abad, para pemuliaan (pengubah susunan genetik populasi) tanaman bunga mawar terus berusaha un­tuk membiakkan mawar biru. Sayangnya, upaya mereka cende­rung tanpa hasil. Akan tetapi saat...
Selengkapnya

Elite Jaga Tindak Tanduk

Sabtu 13/10/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sekarang ini para elite politik semakin ngawur dalam bertindak tanduk. Mereka tidak bisa menempatkan diri. Mereka tidak bisa melihat kehormatan yang disandang dengan posisi tertentu yang dia pegang. Contoh, Fadli Zon, yang merupakan...
Selengkapnya

Mengungkap Rahasia Tanaman Lavender

Sabtu 13/10/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebuah tim peneliti berhasil mengidentifikasi susunan genetik lengkap dari tanaman lavender, Lavandula angustifolia. Temuan ini membuka peluang untuk mengekplorasi lebih lanjut potensi dari tanaman lavender termasuk kegunaanya di masa...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta