Koran Jakarta | June 21 2018
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Perang Dagang Bakal Tekan Ekspor dan Kurs Rupiah

Kamis 21/6/2018 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
>>Sejumlah negara mitra ekspor Indonesia kini lebih proteksionis meniru sikap AS. >>Risiko dari sisi keuangan bisa menekan rupiah dan turunkan minat investasi...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Pilkada Jatim

Kamis 21/6/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Waspadai Gelombang Tinggi

Kamis 21/6/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
SURABAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia. Ini sebagai dampak peningkatan kecepatan angin, demi keselamatan dan...
Selengkapnya

Mensos Bantu Penerima PKH Korban Kebakaran

Kamis 21/6/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Menteri Sosial (Mensos), Idrus Marham membantu keluarga Hadra, penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) yang menjadi korban kebakaran di Kelurahan Data, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan....
Selengkapnya

Partisipasi Pilkada Jabar Diharapkan Cukup Tinggi

Kamis 21/6/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG – Angka partisipasi Pilkada Jawa Barat (Jabar) diharapkan cukup tinggi sebagai salah satu indikasi suksesnya event pemilihan kepala daerah. Pilkada harus dimulai dan selesai dengan sebaikbaiknya. Aparat harus menjunjung...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

WNI Jadi Anggota Komite Penyandang Disabilitas PBB

Kamis 14/6/2018 | 09:00
A   A   A   Pengaturan Font

Setelah berjuang sejak 2017 melalui kerja sama Perwakilan RI di berbagai negara sahabat, seorang WNI terpilih menjadi anggota komite penyandang disabilitas PBB.

JAKARTA - PBB memilih seorang warga negara Indonesia (WNI), Risnawati Utami sebagai anggota Komite Hak Penyandang Disabilitas (Committee on the Rights of Persons with Disabilities/CRPD) periode 2019-2022. Risnawati adalah aktivis dan pendiri lembaga swadaya masyarakat Organisasi Harapan Nusantara (Ohana) yang bergerak di bidang hakhak penyandang disabilitas.

“Bangga untuk keberhasilan diplomasi Indonesia karena untuk pertama kalinya, seorang WNI terpilih sebagai anggota Komite Hak-hak Penyandang Disabilitas PBB,” kata Wakil Tetap RI untuk PBB, di New York, Dubes Dian Triansyah Djani, Rabu (13/6). Dalam keterangan tertulis dari kantor Perwakilan Tetap RI untuk PBB di New York, yang diterima kemarin, Dubes Triansyah mengatakan terpilihnya Risnawati sebagai anggota CRPD merupakan hasil dari upaya Pemerintah RI di bidang penegakan Hak Asasi Manusia (HAM), terutama hak-hak penyandang disabilitas.

Ini bentuk kepercayaan masyarakat internasional terhadap kemampuan dan pengalaman Risnawati. Risnawati semula bersaing dengan 30 kandidat, namun pada pemilihan ada delapan kandidat mengundurkan diri sehingga 22 kandidat lainnya tersisa untuk memperebutkan sembilan kursi yang tersedia.

Selain Risnawati, terpilih juga kandidat dari Lithuania, Nigeria, Australia, Swiss, Korea Selatan, Ghana, Brasil, dan Meksiko untuk menjadi anggota CRPD. Pemilihan anggota CRPD periode 2019-2022 berlangsung pada pertemuan ke-11 Negara-negara Pihak Konvensi Hak-Hak Penyandang Disabilitas (Convention on the Rights of Persons with Disabilities/ CRPD) PBB di New York, Amerika Serikat.

Menurut Dubes Triansyah, faktor utama terpilihnya Risnawati adalah keaktifan dan porfolio pada tingkat nasional dan internasional, terkait pemajuan hak-hak penyandang disabilitas, baik dalam tingkat advokasi kebijakan, maupun penyediaan akses kursi roda dan sarana publik yang ramah bagi penyandang disabilitas.

“Keberhasilan diplomasi Indonesia dalam mengawal pencalonan Risnawati merupakan kemenangan diplomasi multilateral Indonesia yang kedua dalam seminggu terakhir ini setelah berhasil menjadi anggota tidak tetap DK PBB periode 2019-2020 pada pemilihan tanggal 8 Juni 2018,” ujar Dubes Triansyah Djani.

Galang Dukungan

Kampanye pencalonan Risnawati telah dimulai sejak pertengahan 2017, melalui kerja sama yang erat antara Perwakilan RI di berbagai negara sahabat dan Kementerian Luar Negeri, serta pendekatan one-on-one, di New York dalam menggalang dukungan dengan negara-negara pihak konvensi CRPD. Komite CRPD yang dibentuk pada 2008 merupakan badan traktat HAM PBB yang terdiri dari 18 pakar independen di bidang hak-hak penyandang disabilitas dari seluruh dunia.

Komite dengan masa kerja empat tahun tersebut bertugas untuk memantau implementasi Konvensi CRPD oleh negara- negara pihak CRPD. Direktur Lembaga Advokasi Inklusi Disabilitas, Yustitia Arief mengaku turut senang dengan penunjukkan Risnawati Utami sebagai anggota Komite Hak Penyandang Disabilitas periode 2019-2022 tersebut.

“Mbak Risna sahabat saya dan saya ikut senang dengan penunjukan beliau,” kata Yustitia saat dihubungi Koran Jakarta, Rabu (13/6). Yustitia bersama Risna sempat lolos seleksi enam besar di Indonesia. “Saya dulu bersama beliau lulus seleksi enam besar di Indonesia untuk posisi tersebut. Alhamdulillah mbak Risna lolos,” tukas Yustitia.

Dengan terpilihnya Risnawati tersebut, diharapkan Risnawati dapat lebih ketat mengawal implementasi CRPD di Tanah Air, terlebih Indonesia sudah punya payung hukum nasional yaitu UU No 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. UU tersebut merupakan nafas dari CRPD dan menjadi platform bagi perlindungan, pemenuhan, dan penghormatan hak disabilitas. eko/Ant/N-3

Tampilkan Semua

Gubernur Aher Serahkan Memori Jabatan

Kamis 14/6/2018 | 08:50
A   A   A   Pengaturan Font
Bandung - Ahmad Heryawan menyerahkan memori jabatan kepada Iwa Karniwa sebagai Pelaksana Harian (Plh) Gubernur Jawa Barat di Gedung Sate Bandung pada Rabu (13/6) Aher secara resmi mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur Jawa Barat...
Selengkapnya

Cagub Kalbar Sutarmidji Ajak Relawan Tetap Santun

Kamis 14/6/2018 | 08:45
A   A   A   Pengaturan Font
Pontianak - Calon gubernur Kalimantan Barat nomor urut tiga, Sutarmidji mengajak para relawannya untuk tetap santun dalam menanggapi komentar negatif yang menyerang pasangan Sutarmidji-Ria Norsan.”Apa pun yang dikatakan orang...
Selengkapnya

Khofifah Sapa Tukang Sayur

Kamis 14/6/2018 | 08:40
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Mondial

AS Hengkang dari Dewan HAM PBB

Kamis 21/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Amerika Serikat membuktikan ancamannya untuk keluar dari keanggotaan Dewan HAM PBB. AS menilai Dewan HAM PBB sebagai organisasi munafik dan egois yang melecehkan HAM.

 

WASHINGTON DC – Amerika Serikat (AS) pada Selasa (19/6) secara resmi menarik diri dari keanggotaan Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa dan mengecam anggota badan PBB itu karena munafik serta menuding mereka telah bias terhadap Israel.

“Kami mengambil langkah ini karena komitmen kami tidak mengizinkan tetap jadi bagian dari organisasi munafik dan egois yang melecehkan HAM,” kata Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley.

Pengumuman penarikan diri AS itu disampaikan Dubes Haley di kantor Kementerian Luar Negeri AS di Washington DC, dan ia didampingi oleh Menlu Mike Pompeo. Kebanyakan negara menyebut putusan untuk hengkang itu mencerminkan perilaku politik Presiden AS, Donald Trump, yang dipenuhi kebencian terhadap organisasi internasional dan diplomasi multilateral secara umum.

Atas respons negatif itu, Haley dan Pompeo menegaskan bahwa putusan itu telah dipertimbangkan jauh-jauh hari saat mengecam dewan karena perlu direformasi dan menyingkirkan negara-negara anggota yang telah melakukan pelanggaran HAM.

“Reformasi-reformasi dibutuhkan agar Dewan HAM PBB menjadi badan advokasi HAM yang serius,” ucap Dubes Haley. “Sudah terlalu lama, Dewan HAM PBB jadi pelindung bagi pelanggar HAM dan kubangan bagi prasangka politik. Kami menyesal seruan atas reformasi tak ditanggapi,” imbuh dia.

Dewan HAM PBB yang bermarkas di Jenewa, Swiss, dibentuk pada 2006 dengan tujuan mempromosikan dan melindungi HAM di seluruh dunia. Sayangnya setiap pernyataan dan laporan dari dewan ini kerap bertentangan dengan prioritas AS.

Salah satu contoh, Dewan HAM PBB selalu menyoroti pelanggaran HAM oleh Israel terhadap warga Palestina di kawasan pendudukan di tepi Barat dan Jalur Gaza yang selalu menyulut kemarahan Washington DC. Dubes Haley menyebut Dewan HAM PBB tak adil karena selalu menyorot Israel dan kurang hirau atas pelanggaran HAM dari negara lawan AS seperti Venezuela dan Kuba.

“Sejak pertama kali didirikan, Dewan HAM PBB telah mengadopsi banyak resolusi yang mengecam Israel dibandingkan keseluruhan resolusi di dunia,” kata Menlu Pompeo.

Putusan AS keluar dari Dewan HAM PBB disambut gembira oleh Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. “Dewan itu merupakan organisasi yang bias, bermusuhan, dan anti-Israel yang mengkhianati misinya untuk melindungi HAM,” kata PM Netanyahu.

 

Reaksi Dunia

Ancaman untuk keluar dari Dewan HAM PBB telah disuarakan AS sejak setahun lalu. Sekjen PBB, Antonio Guterres, menyesalkan putusan AS itu dengan menyatakan bahwa badan HAM PBB itu amat penting untuk menyokong promosi dan perlindungan terhadap HAM di seluruh penjuru dunia.

Atas hengkangnya AS, lembaga independen Human Rights Watch (HRW) mengkritiknya karena ketidakhadiran AS bisa membuat pemerintah lain kesulitan menyoroti sejumlah masalah HAM serius.

Reaksi atas keluarnya AS juga dilontarkan Menlu RI, Retno LP Marsudi. “Indonesia sangat menyayangkan keputusan AS untuk keluar dari Dewan HAM PBB,” ucap Menlu RI.

Ditambahkan oleh Menlu Retno bahwa Indonesia menyadari bahwa kerja Dewan HAM belum sempurna, akan tetapi proses reformasi seperti yang dibutuhkan beberapa badan PBB lainnya antara lain Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB, justru membutuhkan komitmen politis dan semangat kerja sama multilateralisme dari anggota PBB. 

 

AFP/I-1

Tampilkan Semua

Penobatan Raja Ancam Jadwal Pemilu di Thailand

Kamis 21/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BANGKOK – Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha, pada Selasa (19/6) mengatakan bahwa pemerintahannya akan menggelar pemilihan umum setelah upacara penobatan Raja Thailand yang baru. Pernyataan PM Chan-ocha itu kembali...
Selengkapnya

Kim Puji Persatuan Korut-Tiongkok

Kamis 21/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BEIJING – Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, pada Rabu (20/6) mengakhiri kunjungannya selama dua hari ke Tiongkok. Dalam sambutan akhirnya, Kim melontarkan pujian atas persahabatan bilateral yang tak goyah dengan Tiongkok,...
Selengkapnya

Tokoh Oposisi Kamboja Hadapi Dakwaan Penghinaan Kerajaan

Kamis 21/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
PHNOM PENH – Mantan ketua oposisi Kamboja, Sam Rainsy, diwartakan sedang menghadapi dakwaan pasal penghinaan terhadap kerajaan (lese majeste) dan terancam hukuman maksimal 5 tahun penjara. Informasi ini disampaikan jaksa penuntut...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Valas Kamis 21 Juni 2018

Kamis 21/6/2018 | 08:40
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

GE Terdepak dari Indeks Dow Jones

Kamis 21/6/2018 | 08:40
A   A   A   Pengaturan Font
NEW YORK- General Electric (GE) yang sahamnya tercatat pada indeks Dow Jones Industrial Average (DJIA) sejak tahun 1896 akhirnya terdepak setelah 111 tahun bertahan. Terdepaknya GE dari indeks saham unggulan itu karena harga bobot...
Selengkapnya

Penjualan Seragam Sekolah

Kamis 21/6/2018 | 08:40
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Inggris Tetap Kaji Upaya Akhiri Penjualan Mobil Diesel dan Bensin

Kamis 21/6/2018 | 08:40
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Inggris masih berencana mengakhiri penjualan mobil diesel dan bensin pada tahun 2040 dan diharapkan pekan ini kajian secara detail disampaikan. Perdana Menteri Theresa May pada mengatakan tahun lalu menyatakan akan melarang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Saat Lebaran Layanan Warga Kota Semarang Tetap Berjalan

Senin 11/6/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Selama cuti bersama libur Lebaran 2018, sebagian pelayanan di Pemerin­tah Kota (Pemkot) Semarang akan tetap berjalan. Sejumlah pegawai tetap masuk untuk melayani masyarakat. Hal tersebut dilakukan karena Kota Semarang daerah yang akan dipadati pemudik sehingga pelayanan harus berjalan untuk melayani masyarakat yang melintas atau mudik ke Semarang.

Pelayan kesehatan bagi masyarakat di Puskesmas juga tetap berjalan. Sebanyak 11 Puskesmas di Kota Semarang dipastikan buka selama 24 jam penuh saat libur Lebaran. Selain itu, seluruh pegawai di lingkungan Pemkot Sema­rang yang akan mudik, tidak diperbolehkan menggunakan mobil dinas.

Untuk mengetahui per­siapan Pemkot Semarang menghadapi libur Lebaran dan mengantisipasi agar pelayanan kepada masyarakat terus berjalan, wartawan Koran Jakarta, Henri Pelupessy, berkesempatan mewawan­carai Wali Kota Semarang, Hendar Prihadi, di Semarang, baru-baru ini. Berikut petikan selengkapnya.

Cuti bersama dan libur Lebaran tahun ini cukup lama. Apa yang dilakukan Pemkot agar pelayanan masyarakat tetap berjalan?

Masyarakat tidak perlu kha­watir, sebagian pelayanan di Pemkot Semarang akan tetap berjalan selama libur Lebaran. Itu berarti sejumlah pegawai akan tetap masuk untuk me­layani masyarakat. Hari ini kita petakan, pelayanan apa saja yang dibutuhkan masyarakat selama mudik ke Kota Sema­rang atau untuk masyarakat yang melintas menuju kota lain.

Kota Semarang merupakan daerah yang akan dipadati pemudik sehingga pelayanan harus tetap berjalan. Sejum­lah layanan kami anggap penting untuk tetap berjalan alias tidak libur. Misalnya, Dispendukcapil untuk meme­nuhi kebutuhan administrasi kependudukan masyarakat yang domisilinya di luar, tapi ber-KTP Kota Semarang.

Selain kantor Dispenduk­capil, kantor apa yang tetap dibuka?

Ada 11 puskesmas di Kota Semarang akan buka selama 24 jam penuh saat libur Leba­ran dan cuti bersama berlang­sung. Sebanyak 11 puskesmas tersebut, Mangkang, Ngaliyan, Mijen, Karangmalang, Karang­doro, Gunungpati, Srondol, Ngesrep, Halmahera, Banget­ayu, dan Tlogosari Kulon.

Mereka bisa dipantau?

Seluruh Puskesmas tersebut akan terhubung dengan layan­an call center 112 Kota Sema­rang yang juga akan melayani selama 24 jam. Situation Room Pemerintah Kota Semarang tidak akan libur, tetap berop­erasi 24 jam. Ini sebagai pusat kendali berbagai kegiatan, mulai dari pompa, perbaikan infrastruktur, hingga layanan call center gawat darurat Kota Semarang di nomor 112.

Pemkot Semarang melarang mobil dinas untuk mudik?

Seluruh pegawai di ling­kungan Pemkot Semarang yang akan mudik tidak boleh menggunakan mobil dinas. Karena mengacu pada larangan yang dikeluarkan KPK untuk menghindari ada­nya benturan kepentingan.

Apa sanksinya bagi pe­mudik yang tetap mengguna­kan mobil dinas?

Bagi pegawai yang tidak mengindahkan larangan terse­but dan tetap menggunakan mobil dinas untuk keperluan mudik akan diberikan sanksi sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil. Bisa dipotong tunjan­gan pegawainya minimal satu bulan kalau tetap ngotot bawa mobil dinas buat mudik.Bagaimana kesiapan arus mudik di Kota Se­marang karena dilintasi para pemudik?

Volume kendaraan yang memasuki Kota Semarang terus meningkat, mulai dari Mangkang hingga Jrakah. Pan­tauan dilakukan dari kamera close circuit television (CCTV) yang tersambung di Situation Room Balai Kota. Kepadatan lalu lintas akan terus ber­tambah sampai puncak arus mudik.

Bagaimana menganti­sipasi kemacetan di Kota Semarang?

Dishub dan Satlantas Polrestabes Semarang sudah menempatkan petugas di ruas jalan Mangkang-Jrakah hingga masuk ke kota untuk men­gantisipasi kemacetan. Jadi, jalur reguler tetap akan kami kawal, meski nanti tol sudah difungsikan untuk fungsional. Untuk tol fungsional telah disepakati bahwa pintu tol di Krapyak ditutup. Begitu juga dengan di Manyaran dan Ngaliyan. Pemudik yang masuk ke Semarang memalui tol hanya bisa lewat di pintu keluar Gayamsari, Jatingaleh, Ka­ligawe, dan Banyumanik.

Apa imbuan Anda ke warga Semarang menyambut ke­datangan para pemudik?

Warga hendaknya berbenah diri me­nyambut kedatan­gan para pemudik dari luar yang melintas dan akan mam­pir di Kota Semarang. Saya minta yang tidak mudik juga harus berbenah karena keda­tangan tamu yang luar biasa. Pemudik yang akan melintas dan masuk ke Kota Semarang jumlahnya bertambah.

Sejumlah fasilitas transpor­tasi sudah dibenahi dengan baik, seperti Bandara Interna­sional Ahmad Yani Kota Sema­rang dan jalan tol Semarang–Batang sesi 4 dan 5 yang sudah difungsikan saat arus mudik. Tamunya pasti semakin banyak, bandaranya sudah jadi, tadinya kapasitas empat juta sudah menjadi kapasitasnya 10 juta. Bertambah orang lagi ma­suk, jalan tolnya meski belum jadi, sudah fungsional.

Ada pesan untuk warga Semarang yang akan mudik?

Dengan banyaknya pe­mudik yang singgah ke Kota Semarang akan berpengaruh pada peningkatan perekono­mian warga. Bagi warga yang mau meninggalkan, keluar Kota Semarang, saya tetap wanti-wanti, minimal tiga hal.

Pertama, listrik dan gas dimatikan dengan benar. Gas pipanya dicopot dari tabung­nya, kompornya dimatikan. Listriknya dimatikan supaya tidak boros. Kedua, rumahnya dititipkan pada tetangga. Ke­tiga, jika perlu rumah yang ditinggalkan mudik didata, kemudian dilaporkan ke pengurus seperti RT, RW, atau diberitahukan kepada pihak berwajib agar rumah itu ter­pantau.

N-3

Tampilkan Semua

Tangani Geng Motor di Bandung secara Komprehensif

Senin 4/6/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
   Aksi kelompok geng bermotor sempat membuat resah warga Kota Bandung belum lama ini. Di suasana Ramadan yang tenang, aksi mereka sungguh meresahkan. Dalam aksinya, dengan menggunakan motor berboncengan, salah satu...
Selengkapnya

Aceh Siapkan 100 “Event” untuk Tarik Wisatawan

Senin 28/5/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
   Pada akhir April lalu, digelar acara Sabang Marine Festival 2018 di Sabang. Pemerintah Kota Sabang dan Badan Pengem­bangan Kawasan Sabang (BPKS ) telah sukses mengge­lar perhelatan Sabang Marine Festival tahun 2018....
Selengkapnya

Gorontalo Promosikan Wisata Besar-besaran

Senin 21/5/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Untuk memacu pemba­ngunan di Gorontalo, pemerintah provinsi mencanangkan visi yaitu ter­wujudnya masyarakat Goron­talo yang maju, unggul, dan sejahtera. Untuk mewujudkan visi tersebut telah dielabo­rasi dalam lima misi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Ruang Lebih Luas dengan Dekorasi Furnitur Multifungsi

Senin 18/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kadang para pemilik rumah lupa bahwa ruang tamu memiliki sumbu vertikal yang mampu dimaksimalkan untuk mem­buat ruangan nampak lebih luas. Dengan menambahkan dekorasi vertikal, mata akan fokus melihat ke arah atas. Dekorasi vertikal yang bisa Anda terapkan pada ruang tamu adalah menggantungkan tirai dekat dengan langit-langit sehingga ruangan tidak saja nampak luas tapi juga nampak lebih tinggi.

Untuk kesan yang lebih dramatis, Anda dapat menam­bahkan lampu pada lantai untuk memberikan penerang­an secara vertikal. Misalnya, menyesuaikan ukuran furnitur dengan ukuran ruang tamu. Jika ruang tamu berukuran kecil, tentunya furnitur harus disesuaikan dengan ukuran. Pilihlah kursi tamu yang tidak memiliki penopang siku. Jika Anda lebih suka dengan sofa, pilihlah bentuk sofa sudut yang dapat diletakkan pada pojokan ruangan yang akan menyisakan tempat di tengah.

Namun perlu di ingat bahwa Anda tidak boleh terlalu banyak meletakkan barang-barang kecil diruang tamu yang akan membuat tampilannya nampak beran­takan. Architectaria, sebuah lembaga jasa interior dan eksterior hunian juga me­nyarankan untuk memili­hlah furnitur ruang tamu yang memiliki banyak fungsi.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi ruang tamu yang kecil agar terlihat lebih luas adalah dengan memilih furnitur multi­fungsi. Misalnya, meja kopi yang diletakkan di ruang tamu yang dapat difungsi­kan sebagai rak buku di area bawahnya. “Di balik pintu ruang tamu, Anda juga dapat meletakkan barang seperti sapu yang ditempel pada dinding,” terang Arie dari Architectaria.

Sementara, untuk de­sain interior ruang tamu agar tampil indah dengan warna cerah, Architectaria menyarankan jangan sampai ada barang yang tercecer pada ruang tamu. Temukanlah cara agar semua benda kecil yang ada pada ruang tamu dapat disimpan dengan rapi.

Pasanglah rak dinding yang digunakan untuk menaruh aksesoris ruang tamu be­rupa kenangan ketika Anda bepergian mungkin. Jika ada meja didekat sofa, pilihlah yang memiliki laci banyak agar dapat menyimpan barang seperti buku dan majalah. Pencahayaan juga sangat di­butuhkan hampir diseluruh ruangan. Pastikan bahwa pencahayaan pada ruang tamu cukup untuk membuatnya nampak lebih lega.

Ketika siang hari, bukalah jendela untuk memperlancar sirkulasi udara dan agar ca­haya natural masuk kedalam ruangan. Anda juga harus memasang lampu hias yang akan menjadi salah satu dekorasi menarik. Jika perlu tambahkan lampu dinding un­tuk menambah suasana lebih intens dan dramatis. Dengan pencahayaan berlapis tentu ruang tamu nampak memiliki dimensi yang berbeda. yun/E-6

Tampilkan Semua

Elemen Interior yang Segarkan Suasana

Senin 18/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Karena rumah juga berfungsi sebagai pelepas stres, mendesain hunian semenarik merupakan keputusan yang tepat. Ada beberapa cara efektif agar suasana rumah lebih menyenangkan. Semua orang tentunya menginginkan suasana rumah yang...
Selengkapnya

Respons Presiden di Isu Properti Global

Senin 11/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Guna menyukseskan perhelatan akbar kelas dunia di isu perumahan tersebut, REI telah melakukan koordinasi dengan sejumlah instansi terkait antara lain bertemu dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono,...
Selengkapnya

Kontribusi Bank BTN

Senin 11/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Maryono (kedua kiri) mendampingi Menteri BUMN Rini M Soemarno meninjau arena Mudik Bersama BUMN 2018 di Pantai Carnaval Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (9/6). Tahun ini Bank BTN...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Perangkat “Mobile” Sasaran Empuk Kejahatan Siber

Kamis 21/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Adopsi kecerdasan buatan (artificial intelligence/ AI) pada bermacam perangkat mobile membuat peretas merancang program jahat. Menurut Avast, kejahatan siber pada perangkat AI akan terjadi pada 2018. Mereka juga memperkirakan peningkatan serangan massal, serangan ransomeware, serangan terhadap perangkat Internet of Things (IoT), malware cryptomining dan serangan terhadap layanan yang dibangun dengan Blockchain.

Laporannya juga mengindikasikan potensi serangan rantai pasokan tingkat tinggi akan muncul, dan peningkatan serangan dari fileless malware, pelanggaran data dan serangan pada perangkat mobile, misalnya trojan perbankan.

“Kami memperkirakan penjahat siber akan memanfaatkan teknologi AI pada ponsel untuk meluncurkan serangan phising yang canggih, di samping serangan malware,” ujar CTO & EVP Avast, Ondrej Vlcek, belum lama ini. Perangkat bergerak masih menarik bagi penjahat siber karena seringkali pengguna sering mengunduh, rooter dan aplikasi palsu. Jumlah aplikasi palsu, trojan perbankan dan ransomeware diperkirakan akan meningkat pada tahun ini.

Ia menambahkan, semakin bertambahnya kerangka pembelajaran mesin open source, ditambah dengan penurunan harga perangkat keras yang signifikan, penjahat siber kian memiliki peluang untuk menggunakan kerangka pembelajaran mesin untuk menyusup melewati algoritme pembelajaran mesin yang dikembangkan perusahaan keamanan.

Ancaman AI pada 2018 akan beralihan pada vektor serangan. Mereka akan menyerang ponsel pintar dan perangkat IoT. Sementara itu, akan terjadi peralihan pada vektor serangan, dengan rantai pasokan menjadi target utama, dan kerentanan kunci RSA berpotensi disalahgunakan untuk mencuri data dan menyuntikkan muatan berbahaya ke dalam data yang ditandatangani.

Penjahat siber akan melancarkan lebih banyak serangan dengan ransomware, malware cryptomining dan fileless malware. Mereka juga akan menyerang layanan berbasiskan Blockchain yang diklaim aman. Serangan malware cryptomining, pencurian uang digital dan penipuan seputar uang digital akan meningkat seiring dengan kian populernya mata uang tersebut. hay/E-6

Tampilkan Semua

Ponsel Menengah, Hasil Jepretan Lebih Natural

Kamis 21/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Merek Oppo sebentar lagi bakal meluncurkan model Oppo A83. Produk ini akan memiliki fitur A.I Beauty Recognition Technology dan layar penuh. Ponsel swafoto ini menyasar pasar menengah dan dibanderol pada harga 2,999 juta rupiah....
Selengkapnya

Vendor Tawarkan Konten Musik Gratis

Kamis 21/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Penyedia konten mulai memanjakan penikmat musik dengan menghadirkan aplikasi musik gratis yang diselipkan iklan audio. Aplikasi mudik seperti Yonder dan Spotify masih mengenakan biaya berlangganan di awal dan pengguna bisa menikmati...
Selengkapnya

Pilihan Baru Jajaran Laptop “Gaming”

Selasa 19/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebagai salah satu brand gaming terkemuka di dunia, Micro-Star International atau yang lebih dikenal dengan sebutan MSI, selalu berusaha memenuhi keinginan para penggemar merek laptop gaming ini. Salah satunya adalah dengan terus...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Aplikasi Unik untuk Pencari Pengemudi

Rabu 20/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Bagi pemilik kendaraan yang ingin mendapat­kan sopir untuk men­gantarnya ke suatu tempat, PT Astra Graphia Information Technology/AGIT menawar­kan solusi berupa sopir yang bisa dipesan secara online me­lalui aplikasi Mytra Driver.

Mytra Driver yang telah diunduh sebanyak 2.700 kali, merupakan layanan peme­sanan jasa sopir berpengalam­an yang, membantu meng­antarkan dan mengendarai mobil pribadi kapan saja dan dalam area tertentu di wilayah Jakarta.

“Biasanya pemilik kendara­an mengalami kelelahan untuk menyetir. Sedangkan bagi me­reka yang memakai sopir pri­badi, kadang sopirnya pulang kampung atau sakit. Padahal mereka butuh sopir secara cepat,” Vice President Director AGIT, Wanny Wijaya.

Selain itu Mytra Driver yang kini memiliki 10 sopir dan akan bertambah sesuai per­minataan dengan menggan­deng Pt Gamira, diharapkan menjadi solusi bagi kemacetan Jakarta. Tingkat kemacetan melahirkan tingkat stress tinggi, sehingga mengendarai mobil sendiri kadang sangat melelahkan dan tidak efektif.

Bagaimana cara memesan Mytra Driver? Pengguna bisa memesan dari web, dan juga mengunduh aplikasi untuk pengguna Android dan iOS di toko aplikasi. ‘Sebaiknya pemesanan dilakukan dua jam sebelumnya karena sopir kami butuh waktu untuk mencapai lokasi,” ujar Wanny.

Selanjutnya sopir akan datang ke lokasi pemesan dengan akutan online atau tidak menggunakan kendaraan pribadi. Mereka selanjutnya akan mengantar pemesan baik secara pergi-pulang, atau dari satu titik ke titik lain (point to point). “Untuk point to point akan dikenakan biaya lebih karena si sopir butuh biaya kembali ke titik awal atau ke ru­mah,” ujar Wanny. hay/E-6

Tampilkan Semua

Skutik Gambot Terus Percantik Tampilan

Rabu 20/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Skutik Yamaha yang sedang digandrungi konsumen Aerox mangalami penyega­ran tampilan. Ya­mahan menampil­kan Aerox 155VVA R-Version tampil de­ngan balutan warna baru yaitu Matte Silver dan Racing Yellow. Dengan warna ini...
Selengkapnya

“Crossover” Baru Andalkan X-Tronic CVT

Rabu 20/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Model crossover diciptakan seiring dengan perubahan gaya hidup pelanggan yang terus berubah. Pabrikan Datsun merom­bak tampilan Datsun. Jika sebelumnya tampak biasa, Datsun versi 2018 tampil dengan bentuk mobil yang lebih sporty,...
Selengkapnya

Warna Baru Raja Bebek Sport

Rabu 13/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Motor Honda Supra yang menjadi raja pada segmen bebek menghadirkan dua pilihan warna baru. PT Astra Honda Motor (AHM) manawarkan penyegaran pada New Honda Supra GTR150 dengan dua varian warna baru yaitu Exclusive Matte Red dan Sporty...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Eriksen Dijaga Ketat

Kamis 21/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

KAZAN – Kapten Mile Jedinak mengatakan Australia akan mewaspadai Christian Eriksen ketika menghadapi Denmark. Kemenangan pada pertandingan yang berlangsung Kamis (21/6) itu akan menyelamatkan langkah tim berjuluk “Socceroos” di Russia 2018.

Kekalahan 1-2 dari Prancis pada laga pembuka Grup C telah membuat Australia menargetkan kemenangan atas Denmark saat mereka berupaya lolos dari babak grup.

Pemain Tottenham Hotspur Eriksen, yang mencetak 11 gol Denmark di laga kualifikasi, adalah ancaman utama untuk tim asuhan Age Hareide di Samara Arena.

Tapi Jedinak, yang mencetak gol dari titik penalti saat melawan Prancis, mengatakan peningkatan kinerja dan disiplin -yang membuat Prancis butuh gol penalti dari Antoine Griezmann lewat keputusan VAR (Video Asisten Wasit), sebelum Aziz Behich gol bunuh diri di menit akhir -juga kunci untuk Australia.

“Kami paham dia (Eriksen). Dia adalah pemain fantastis dan jelas dia punya peran besar untuk permainan mereka,” ujar Jedinak.

Sementara dengan keuntungan psikologis kemenangan 1-0 atas Peru pada pertandingan pembukaan, saat kiper Kasper Schmeichel menampilkan serangkaian penyelamatan gemilang, Denmark mampu menjadi lebih fleksibel dengan strategi mereka.

Schmeichel, putra dari kiper l e genda r i s Manchester Peter, mengungguli catatan ayahnya untuk waktu tanpa keb o b o l a n gol. Dia mencatat 534 menit, sementara Peter 470 menit. ben/ AFP/S-1

Tampilkan Semua

Neymar Terpincang-pincang saat Latihan

Kamis 21/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Neymar tertatih-tatih keluar dari sesi latihan tim nasional Brasil, Selasa (19/6) waktu setempat. Kondisi itu menjadi peringatan selanjutnya bagi Brasil saat mereka mempersiapkan diri untuk pertandingan kedua babak penyisihan grup...
Selengkapnya

“Les Bleus” Siap Buktikan Diri

Kamis 21/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Prancis ingin membuktikan diri tampil sebagai tim favorit yang tak terkalahkan. EKATERINBURG – Beberapa tim raksasa di ajang Piala Dunia 2018 banyak yang gagal meraih kemenangan di laga pembuka. Kondisi itu siap dimanfaatkan...
Selengkapnya

Blatter Hadir di Russia Meski Dihukum FIFA

Kamis 21/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
MOSKOW – Mantan Presiden FIFA Sepp Blatter menentang larangan untuk menghadiri pertandingan Piala Dunia. Dia hadir di Russia pada Selasa (19/6) atas undangan Presiden Vladimir Putin. “Saya di sini bukan untuk mengomentari...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

“Penumpang Gelap” Arus Balik

Kamis 21/6/2018 | 09:00
A   A   A   Pengaturan Font

Oleh Arfanda Siregar

Arus balik Idul Fitri mulai ramai. Bukan hanya pemudik yang kembali, banyak kerabat dari kampung halaman menjadi “penumpang gelap” menuju kota. Pergerakan arus balik bukan sekadar membawa pemudik, pendud uk desa yang terpana “penampilan” penduduk kota yang pulang kampung, tergoda ingin mencicipi gemerlap kota dan Ibu Kota.

Penumpang gelap pada arus balik bukan persoalan sepele bagi kota. Jumlah mereka tak sedikit karena bisa mencapai ratusan ribu jiwa menuju kota, seperti Surabaya, Jakarta, Medan, Bandung, dan lain-lain. Kementerian Perhubungan meramalkan sejuta pendatang baru bakal memadati Jakarta usai Lebaran Jakarta yang luasnya hanya sebesar Singapura bakal mendapat tambahan seperempat penduduk kota singa itu.

Padahal dengan kondisi sekarang saja wajah Jakarta sudah semerawut. Apalagi ditambah dengan kedatangan sejuta kaum urban. Dalam sudut pandang kependudukan, keberadaaan penumpang gelap tersebut diistilahkan dengan urbanisasi. Urbanisasi pascamudik sering diistilahkan dengan migrasi berantai karena perpindahan penduduk ke kota disertai kerabat yang memiliki hubungn darah.

Atas dasar jaminan kerabat, pendatang baru ke kota besar berani ambil risiko, meskipun bekal dan keterampilan sangat minim. Padahal, mencari perkerjaan tanpa keterampilan di kota amat sulit. Banyak cerita tentang pencari kerja yang akhirnya jatuh ke lembah “hitam” kehidupan. Kaum wanita terpaksa berkerja di panti pijat dan rumah bordil.

Sementara itu, kaum pria ada yang menjadi pelaku kriminal. Memang, ada juga cerita sukses menyertai kaum urban. Namun, itu hanya sedikit, lebih banyak cerita kegagalan. Di balik kilau, kota mempunyai keterbatasan daya dukung lahan, kapasitas infrastruktur, peluang kerja, atau sarana publik. Orang-orang yang beruntung akan menjadi contoh sukses bagi kerabat di desa.

Sedangkan yang kurang beruntung dituduh menjadi biang ketidaknyamanan kehidupan kota. Celakanya, kebanyakan para pengadu nasib bagian dari cerita gagal tersebut. Akibatnya, para pengelola kota yang sudah kerepotan mengurus mereka yang telanjur berada di kota berusaha keras menangkal kehadiran para pencari kerja baru.

Banyak upaya dilakukan seperti melalui operasi operasi yustisi atau pembuatan KTP lokal. Namun, hasilnya belum signifikan mengurangi laju pertumbuhan penduduk. Buku Cities, Poverty and Development: Urbanization in the Third World karangan Gilbert & Gigler menyebutkan, banyak literatur menemukan bukti bahwa motivasi utama urbanisasi masalah ekonomi. Ini terutama di Asia, Afrika dan Amerika Latin.

Bukti-bukti tersebut ditemukan Simmonz, Diaz-Briquette dan Laquian (1977), yang menguatkan penemuan Shaw (1975) dan Lowder (1978). Bahkan Yap (1990) lebih jauh telah membuat model ekonometri atas korelasi antara perbedaan pendapatan desa-kota dengan arus urbanisasi. Sepanjang pemerintah era reformasi, kemajuan ekonomi selalu diidentikkan dengan pertumbuhan.

Pertumbuhan ekonomi selalu menjadi klaim kesuksesan pemerintah. Namun faktanya, pertumbuhan tersebut bukan merepresentasikan kesejahteraan seluruh rakyat. Pertumbuhan ekonomi hanya dirasakan segelintir rakyat, khususnya orang kaya yang tinggal di kota besar. Sementara itu, mayoritas rakyat negeri ini sama sekali belum merasakan pertumbuhan ekonomi, sehingga setiap tahun, khususnya pascamudik makin banyak urban ke ibu kota.

Saat ini, 60 persen penduduk Indonesia berada di perdesaan dan 40 persen di perkotaan. Artinya, sebagian besar penduduk yang tak menikmati berkah pertumbuhan ekonomi berasal dari desa. Maka, wajar mereka berobsesi pindah ke kota demi mendapat kehidupan yang lebih baik.

Paduan

Selama ini pemerintah hanya bisa menciptakan konsentrasi ekonomi di kota besar Pulau Jawa seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, sehingga orang berbondong-bondong menuju tiga kota itu. Strategi pembangunan yang berorientasi ke desa perlu digalakkan. Salah satu strategi penting yang dapat diterapkan dalam mengembangkan ekonomi perdesaan memadukan antarasektor. Dengan begitu, diharapkan dapat mendorong dan merangsang pertumbuhan sektor-sektor ekonomi perdesaan dan menciptakan peluang kerja.

Selama ini, desa hanya berfungsi sebagai penghasil komoditas. Alangkah lebih baiknya seluruh subsektor penunjang produksi komoditas juga dbangun di desa. Dengan demikian, keterpaduan tersebut mampu menciptakan kaitan-kaitan antara usaha skala kecil dan besar. Keterkaitan seperti ini dapat membantu alih teknologi, peluasan pasar, ataupun bantuan modal kepada usaha kecil.

Menurut Ranis, Stewart, dan Reyes, keterkaitan merujuk pada berbagai macam interaksi dan saling hubungan antarkegiatan ekonomi. Keterpaduan dapat membantu mengidentifikasi sifat dan dampak interaksi antarkegiatan ekonomi. Identifikasi ini mempunyai implikasi kebijakan penting untuk pengembangan ekonomi.

Hal ini tidak hanya dapat meningkatkan keseimbangan pengembangan ekonomi wilayah, tapi juga membantu merangsang pertumbuhan ekonomi baik sektor pertanian maupun nonpertanian (industri perdagangan dan jasa), yang pada gilirannya dapat dipakai sebagai pola dasar pembangunan menyeluruh (Rara : 2011).

Selain itu, pemerintah pusat juga perlu mengembangkan kota-kota kecil di daerah sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru. Cara ini mendapat respons positif dari berbagai negara dan menjadi bahan kajian badan kependudukan dunia dalam rangka membangun kemajuan suatu bangsa. Kajian itu didasarkan atas pemikiran bahwa urbanisasi merupakan salah satu wujud modernisasi, sehingga perlu dikelola secara baik. Dalam jangka panjang, jika pemusatan pembangunan diarahkan ke desa, tidak ada lagi penumpang gelap yang menyertai arus balik.

Penulis Dosen Politeknik Negeri Medan, Doktor PTK UNP

Tampilkan Semua

Hidup Harus Dijalani dengan Bahagia

Kamis 21/6/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Judul : Jalani, Nikmati, SyukuriPenulis : Dwi SuwiknyoTerbit : 2018Penerbit : NoktahTebal : 260 HalamanISBN : 978-602-50754-5-2 Kebahagian dan kesedihan menyatu dalam hidup. Kemarin bersedih, hari ini sudah tertawa. Hari ini penuh...
Selengkapnya

Kelalaian Berujung Maut

Kamis 21/6/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di tengah suasana libur Idul Fitri atau Lebaran dan saat sebagian masyarakat melanjutkan si­laturahmi keluarga dan kolega, serta sebagian lagi menikmati tempat wisata, kita dikejutkan musibah tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar...
Selengkapnya

Menakar Prospek Bisnis Produk Tiongkok

Rabu 20/6/2018 | 05:53
A   A   A   Pengaturan Font
Judul       : Terbongkar! Rahasia Bisnis                  Besar Impor Produk China Penulis    : Yana Mulyana Penerbit  : Elex Media...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Jakarta Anniversary Indonesian Special Menu

Kamis 21/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta dulu dikenal sebagai kota pelabuhan bernama Sunda Kelapa, namun pada 22 Juni 1527 Pangeran Fatahillah menghancurkan Sunda Kelapa dan sebagai gantinya mendirikan kota Jayakarta.

Tanggal inilah yang kemudian ditetapkan sebagai tanggal berdirinya Kota Jakarta. Kota Jayakarta berkembang sebagai kota pelabuhan yang sibuk.

Tahun 1619, Pemerintahan Belanda dengan bendera perdagangannya (VOC) di bawah kepemimpinan Jan Pieterszoon Coen menghancurkan Jayakarta dan lalu membangun kota baru yang terletak di bagian barat sungai Ciliwung, yang diberi nama Batavia, nama yang diambil dari Batavieren, nenek moyang bangsa Belanda.

Batavia direncanakan dan dibangun nyaris mirip dengan kota-kota di Belanda, yaitu bangunan dalam bentuk blok, masing-masing dipisahkan oleh kanal dan dilindungi oleh dinding sebagai benteng, dan parit. Batavia ini selesai dibangun pada 1650.

Batavia tua adalah tempat tinggal bangsa Eropa. Di masa-masa kejayaannya Batavia yang terkenal sebagai ‘Permata dari Timur’, diduduki oleh VOC dan akhirnya diambil pemerintah Belanda . Lalu pada masa penjajahan Jepang di tahun 1942, nama Batavia diganti menjadi Jakarta. Perjalanan sejarah inilah yang diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Kota Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, mencanangkan HUT ke 491 Kota Jakarta pada 22 Juni dirayakan di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.

Hampir semua usaha di Kota Jakarta ikut merayakan hari ulang tahun tersebut. Ini juga yang dilakukan JJ Royal Bistro salah satu resto yang berada di pusat perbelanjaan Senayan City Jakarta Selatan.

Berkonsep casual dinning, resto ini menjadi tempat pilihan untuk merayakan acara ulang tahun. Resto yang berudara sejuk tersebut, selain memiliki meja kursi yang mewah dengan gambar-gambar menarik serta warna-warni hiasan di kursi hingga langit-langitnya, ternyata menyediakan menu lengkap dari Indonesia, Asia hingga Eropa. Khusus untuk HUT Kota Jakarta kali ini disiapkan Jakarta Anniversary Indonesian Special Menu ( Rp 75.000 nett) sudah termasuk free flow Iced Tea.

Pilihan menunya ada beberapa macam seperti Nasi Uduk Jakarta. Menu ini berupa nasi yang dimasak dengan santan disajikan dengan Ayam balado, bihun goreng, tempe orek, perkedel, lalapan dan kerupuk. Nasi uduk memang biasanya untuk sarapan, tapi dalam perkembangannya nasi ini juga disantap saat siang, sore bahkan malam hari.

Menu berikutnya adalah nasi goreng , yang bisa dibilang merupakan masakan favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Berbagai macam rasa nasi goreng bisa dijumpai. Umumnya nasi goreng memakai suwiran daging ayam, atau potongan dadu daging kambing, bisa ditambah dengan irisan hati dan rempela ayam. Bahkan di sebuah tempat di Jakarta Selatan tersedia nasi goreng dengan campuran jeroan babat atau usus goreng.

Di resto ini tersedia Nasi Goreng Kampung. Nasi goreng tradisional Indonesia, dimasak dengan pasta udang dan di atasnya diberi suwiran telur dan juga ayam goreng.

Menu lainnya adalah soto. Bagi penyuka soto dengan kuah kental, bisa menikmati Soto Betawi. Soto ini berupa kaldu santan dengan potongan daging sapi, babat, paru, irisan tomat, emping dan nasi yang bertabur bawang goreng. Dijamin mendapatkan rasa segar saat memakan nasi yang dicampur kaldu soto.

Berikutnya yang tidak kalah lezatnya adalah menu asli Betawi yang sudah sangat terkenal, apalagi kalau bukan Lontong Sayur, berupa sayuran tradisional dalam kuah santan disajikan dengan ayam goreng, tahu goreng, dan lontong.

Penyuka hidangan khas Betawi, dipersilahkan juga menikmati Nasi Ulam. Nasi ini merupakan hidangan Melayu yang juga banyak dijumpai di negeri jiran. Lalu yang jadi ciri khas Nasi Ulam di sini adanya tambahan dendeng sapi yang disajikan bersama telur iris, bihun goreng, tempe goreng, kerupuk udang dan emping.

Salah satu keunggulan dari JJ Royal Bistro, selain dari makanannya, adalah keanekaragaman minuman kopi yang ditawarkan. Pengunjung bisa memilih minuman racikan kopi sesuai selera. Kopi standar yang tersedia seperti Americano, Café Latte atau Flavored latte dan Cappuccino. Lalu untuk memberi sensasi yang berbeda dalam menikmati kopi, JJ Royal Bistro juga mencampurkan beberapa varian rasa.

Semua menu yang ditawarkan dalam rangka HUT Kota Jakarta tersebut berlaku untuk periode 20 – 26 Juni 2018 pada jam 12:00 – 14:00 WIB.

 

ars

Tampilkan Semua

Lia Callia Rutin Mudik ke Banjarmasin

Kamis 21/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Libur Lebaran tahun ini, seper­ti biasanya penyanyi Lia Callia mudik ke kampung halamannya di Barjarmasin, Kalimantan. Seperti um­umnya orang merayakan Hari Raya Idul Fitri, Lia juga memanfaatkan momen itu sebagai ajang...
Selengkapnya

Gwyneth Paltrow Akan Menikah di Musim Panas

Kamis 21/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kabar pernikahan aktris Hol­lywood Gwyneth Paltrow dengan Brad Falchuk mulai merebak. Paltrow dikabar­kan telah siap menggelar pernika­hannya pada musim panas ini yang akan dihelat di kediaman Gwyneth di Hamptons. Mantan...
Selengkapnya

Paul McCartney Luncurkan Dua Lagu Baru

Kamis 21/6/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Paul McCartney meluncurkan single da­lam bentuk sebuah double A-side yang terdiri dari dua lagu baru "I Don’t Know" dan "Come On To Me" lewat perusahaan re­kaman Capitol Records. Lagu-lagunya menan­dai cita rasa dari...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
Megapolitan

Warga Wisata ke Candi “Borobudur”

Kamis 21/6/2018 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

BOGOR – Warga Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang memiliki destinasi baru berupa candi mirip Borobudur. Beberapa warga Jabodetabek, Rabu (20/6), berkunjung ke candi yang terletak Cianjur, Jabar tersebut. “Borobudur” mini tersebut tepatnya berada di Kampung Gunungputri, Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, Cianjur, Jawa Barat. Ini menjadi tujuan wisata baru.

Iis Susilawati (26), wisatawan asal Citeureup, Bogor, mengatakan dia bersama lima temannya sengaja datang ke Gunungputri untuk melihat langsung candi mini tersebut, usai rekreasi ke Kebun Raya Cibodas. Sebagian besar wisatawan dari luar kota mengetahui keberadaan tempat wisata yang berdiri di atas tanah pribadi seluas 8.000 meter itu dari media sosial yang menyebutkan candi Cianjur ini seperti miniatur Candi Borobudur.

“Saya pertama kali tahu dari Instagram. Ada candi mini di wilayah Cipanas-Puncak layaknya Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Ternyata benar. Lokasinya di bawah kaki Gunung Gede-Pangrango,” katanya. Ia menilai keberadaan candi mini itu sangat berpotensi dijadikan destinasi wisata baru karena berdaya tarik. Namun harus ditata lebih menarik dan rapi.

Hal senada dikatakan Isna (25), wisatawan asal Tanggerang. Menurutnya, keberadaan Candi “Borobudur” mini itu menjadi perhatian karena unik. Lokasinya, dari Jalan Raya Puncak menuju Gunungputri yang merupakan pintu pendakian ke Gunung Gede-Pangrango. “Kalau dilihat dari foto seperti berada di candi Borobudur betulan,” katanya.

Sementara itu, penunggu lahan bernama Ismat mengatakan, warga sempat menolak keberadaan candi. Mereka khawatir disalahgunakan.

“Saya hanya penunggu. Sebenarnya tidak ada tariff. Pengunjung yang datang memberi uang untuk perawatan dan kebersihan,” kata Ismat. Meskipun bangunan tersebut belum tuntas, tambah dia, setahun terakhir banyak warga lokal dan luar kota datang. Kalau libur tak kurang dari 100 pengunjung.

 

Ant/G-1

Tampilkan Semua

Pasar Tradisional Masih Belum Normal

Kamis 21/6/2018 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Aktivitas ekonomi di pasar tradisional Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, masih belum normal seperti biasanya. Sejumlah unit usaha atau kios terlihat masih ditutup pemiliknya. Meski demikian, beberapa penjual berupaya tetap...
Selengkapnya

Dinas LH Antisipasi Lonjakan Sampah Usai Lebaran

Kamis 21/6/2018 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta siap mengantisipasi lonjakan volume sampah yang cenderung terjadi usai libur Lebaran. Penanganan tonase sampah diperkirakan dimulai pada H+7 hingga H+10 Lebaran setelah berakhirnya masa...
Selengkapnya

ASN Bolos Akan Ditindak

Kamis 21/6/2018 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font
BEKASI - Penjabat Wali Kota Bekasi, R Ruddy Gandakusumah, mengimbau seluruh aparatur sipil negara (ASN) masuk kerja mulai Kamis (21/6). “Saya ingin pelayanan umum kembali berjalan normal hari pertama masuk kerja,”...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

Profesionalisme dan Netralitas Komjen Iriawan Tak Diragukan

Rabu 20/6/2018 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, secara resmi telah melantik Penjabat Gubernur Jawa Barat, Komisaris Jenderal Polisi Mohammad Iriawan.

Sebelum dilantik menjadi Penjabat Gubernur Jabar, Iriawan adalah Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

Untuk mengupas itu lebih lanjut, Koran Jakarta berkesempatan mewawancarai Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri,Sumarsono, di Bandung. Berikut petikan wawancaranya.

Pengangkatan Pak Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jabar sudah sesuai aturan?

Ya, posisinya dimungkinkan secara aturan sebagai penjabat gubernur karena Pak Iriawan adalah Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional atau Lemhannas dan ini termasuk jabatan sipil utama, sehingga secara aturan saya kira sah dan tidak ada masalah. Soal aktif dan tidak aktif, itu ditentukan dengan aturan lain Peraturan Nomor 21 Tahun 2002. Untuk instansi ada 9 sampai 11 jabatan TNI atau Polri, tidak harus kemudian dialihkan statusnya kemudian menjadi sipil seperti jabatan Polri di Lemhanas, di Polhukam itu tidak perlu dialihkan statusnya.

Mendagri meminta izin ke Gubernur Lemhanas?

Yang minta Pak Mendagri ke Gubernur Lemhanas untuk kemudian dikabulkan karena enggak mungkin semua penjabat dari Kemendagri, karena enggak ada ketentuan itu. Yang ketentuan instansi pusat yang memang mempunyai kompetensi yang sama dengan Kemendagri. Pak Mendagri bersama saya ke Lemhanas, diizinkan.

Kenapa Iriawan?

Ya, karena beliau juga di samping menguasai karena pernah menjadi Kapolda, asli orang sini (Jabar), dan juga kompetensinya tidak perlu diragukan.

Soal netralitas?

Pak Iriawan itu program utama dan komitmen utama adalah netralitas. Pak Iriawan menjamin netralitas dan tidak akan ada konflik interes. Bahkan, kalau tidak netral, dia siap ditarik kembali sebagai penjabat gubernur. Jadi, saya kira netralitas tidak perlu diragukan. Dia juga adalah orang yang profesional karena waktu saya gubernur DKI Jakarta, dia juga Kapolda sana. Saya tahu persis netralitas Pak Iriawan. Lagi pula waktu tinggal seminggu ini tidak mungkin ada. Saya lihat itu semua dipikirkan. Jadi yang prinsip beliau asli sini, menguasai sini, mantan Kapolda dan juga memiliki kompetensi. Saya kira masyarakat Jabar bangga memiliki gubernur yang juga orang sini.

Siapa lagi penjabat yang berlatar TNI dan Polri?

Pak Darmo (Soedarmo, Penjabat Gubernur Papua) itu kan mayor jenderal, Pak Didi (Didi Suprayitno, Penjabat Gubernur Lampung) itu angkatan udara. Satu lagi dari Polhukam sehingga nanti di Nusa Tenggara Timur. Tapi masih belum diproses, baru dalam proses wacana saja. Tapi, semua yang diangkat walaupun TNI dan Polri pun tetep harus minimal pejabat struktur eselon I di instansi sipil. 

 

agus supriyatna/AR-3

Tampilkan Semua

Menerbangkan Balon Udara Sangat Membahayakan Penerbangan

Selasa 19/6/2018 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tradisi menerbangkan balon udara yang biasa dilakukan oleh masyarakat di sejumlah kota pada saat hari Idul Fitri harus dilakukan dengan bijak. Jika dilakukan tanpa kontrol, sangat membahayakan penerbangan disebabkan balon tersebut dapat...
Selengkapnya

Penyusunan APBD 2019 Harus Menghindari Kongkalikong

Senin 18/6/2018 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Peraturan Daerah (Perda) tentang Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2019 yang disetujui bersama oleh oleh Kepala Daerah terpilih dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) diharapkan dapat mendukung tercapainya...
Selengkapnya

Maskapai Tidak Boleh Menjual Tiket di Luar Aturan Pemerintah

Kamis 14/6/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Menjelang libur Lebaran angkutan udara menjadi salah satu favorit masyarakat, khususnya yang ingin mudik keluar pulau Jawa. Hal yang selalu menjadi perhatian pemerintah adalah harga tiket yang tidak boleh melebihi dari ketentuan yang telah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Via Vallen dan Tak Perlu Bikini

Sabtu 9/6/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Via Vallen adalah ratunya ratu dangdut yang sesungguhnya. Lagu Sayang—lagu dari Jepang yang dibumikan dan ditambahi irama rap selain napas koplo yang jadi cirinya, ditonton lebih dari 150 juta pemirsa di internet.

Lebih dari lagu mana pun, lebih dari penyanyi mana pun. Dan masih terus dilihat ulang. Lagu Sayang juga masih terus diputar—ratusan, ribuan kali setiap minggu, dalam pentas-pentas di berbagai pelosok.

Via Vallen tampil fenomenal, bahkan sejak 2010 ketika meluncurkan lagu Selingkuh. Via Vallen melengkapi kisah ratu yang sesungguhnya, mengalahkan ratu-ratu yang dibuat oleh pedangdut dalam kelompoknya sendiri, menyisihkan ratu yang lahir dari akademi atau liga atau festival sejenis.

Pemilik nama Maulidyah Oktavia, 27 tahun, sudah menyanyi sejak masih sekolah SMP. Ayahnya pemusik dangdut. Via bahkan dikabarkan ngamen di jalanan, di lampu merah bersama adik-adiknya, sampai tertangkap petugas keamanan.

Dengan berat badan 51 kg, dengan tinggi 165 cm, Via meratui dunia dangdut tanpa kostum terbuka, atau pakaian minim, juga tanpa goyang.

Via Vallen adalah pedangdut asal Jawa Timur—seperti halnya Inul Daratista yang pada masanya meledak—berbeda dengan pedangdut Tasikmalaya, atau daerah Jawa Barat.

Sifatnya lebih keras, lebih terbuka, dan tak menyimpan rasa—sebagaimana penyanyi Jawa Tengah, misalnya.

Maka ketika di Instagram-nya masuk secara pribadi ungkapan yang bisa dianggap melecehkan dirinya, Via Vallen tak ragu membuat screen shot—salinan percakapan, ke yang dibaca oleh mengikutinya.

Ajakan merendahkan itu dari pemain sepak bola—dan Via Vallen suka menonton pertandingan sepak bola. Sikap Via Vallen adalah langkah besar keberanian yang tidak biasa dilakukan rata-rata perempuan Indonesia.

Juga langkah yang tepat. Karena kini, dunia hiburan di dunia—terutama dimotori Amerika Serikat, sedang bergerak melawan pelecehan seksual secara terbuka, berani dan memberi sanksi.

Tokoh-tokoh perfilman dengan nama besar kini terkapar karena ditolak membintangi film. Bahkan, film yang sudah diproduksi dan dibintangi bisa kena boikot.

Artis film terhormat seperti Morgan Freeman sekali pun, yang pernah memerankan “Tuhan”, atau juga presiden, juga presenter seri “Semesta” di televisi—meminta maaf terbuka dan tersisihkan.

Gelombang pasang menentang pelecehan seksual di dunia artis makin lama makin pasang. Juga di Eropa Barat.

Sedemikian besar perhatian untuk tidak terjadinya perundungan seksual ini, pemilihan ratu kecantikan—atau apa pun istilahnya, tak lagi mewajibkan pesertanya memakai bikini— pakaian yang ada dua potong untuk dada dan bagian bawah.

Sebuah perubahan besar dan mendasar. Apa yang dilakukan Via Vallen benar dan besar maknanya. Dengan pengikut sedemikian besar, dengan kuasa komunikasi yang dimiliki, upaya untuk menghentikan pelecehan seksual kepada perempuan bisa efektif.

Langkah Via Vallen—yang kadang malah dianggap remeh, justru oleh sesama artis dianggap cari dan curi perhatian—adalah sikap tegas dan keberanian.

Tahun lalu, 2017, Komnas Perempuan misalnya, mencatat ada 91 kasus yang “mengganggu dan mengancam perempuan”, namun tak satu pun bergema di media.

Via Vallen berani. Popularitasnya mempunyai arti bagi kesadaran bersama yang baik adanya.

Tampilkan Semua

Marina Estella Anwar Bey

Sabtu 9/6/2018 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Untuk meningkatkan pembangunan di dalam negeri, Indonesia harus aktif dan gencar menjalin kerja sama dengan negara-negara sahabat. Menjadi tugas para duta besar (Dubes) Indonesia, termasuk Dubes Indonesia untuk Republik Peru merangkap...
Selengkapnya

“Bacteria on chip”, Sinyal Nirkabel Pemantau Kesehatan Perut

Sabtu 9/6/2018 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Desain sensor baru yang dikembangkan ilmuwan Massachusetts Institute of Technology (MIT) ini telah dilengkapi dengan bakteri yang diprogram untuk merasakan kondisi lingkungan dan menyampaikan informasi ke sirkuit elektronik. Sensor...
Selengkapnya

Sensor Pendeteksi Kesehatan Saluran Pencernaan

Sabtu 9/6/2018 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Para peneliti di Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Brigham Women’s Hospital (BWH) telah mengembangkan sensor fleksibel untuk mendeteksi kesehatan saluran pencernaan. Sensor digital ini cukup unik karena dapat...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta