Koran Jakarta | June 19 2019
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Penerimaan Seret, Jangan Agresif Tarik Utang

Rabu 19/6/2019 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
Jika ada perusahaan yang menabrak prinsip kehati-hatian berutang, BI sebagai otoritas moneter perlu memperingatkan. Jika ada perusahaan yang menabrak prinsip kehati-hatian berutang, BI sebagai otoritas moneter perlu memperingatkan.   JAKARTA – Pemerintah Indonesia dan sek­tor...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Penerimaan Seret, Jangan Agresif Tarik Utang

Rabu 19/6/2019 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
Jika ada perusahaan yang menabrak prinsip kehati-hatian berutang, BI sebagai otoritas moneter perlu memperingatkan.

 

JAKARTA – Pemerintah Indonesia dan sek­tor swasta, termasuk BUMN, diharapkan tidak terlalu agresif menarik utang karena potensi pertumbuhan pendapatan pada kedua sektor tersebut tidak begitu menggembirakan.

Mengenai utang swasta, ekonom Indef, Bhima Yudhistira Adhinegara, mengemukakan melesat­nya utang luar negeri (ULN) swasta dan BUMN mesti dicermati lebih ketat. Sebab, performa ke­uangan sebagian besar swasta dan BUMN se­dang tidak baik, terutama karena iklim bisnis ter­ganggu oleh pelemahan ekonomi global.

“Ini tentunya berpotensi mengurangi kemam­puan bayar utang perusahaan. Apalagi, utang valas (valuta asing) yang tinggi juga bisa memicu kenaikan risiko moneter ketika nilai tukar rupiah melemah,” jelas dia, di Jakarta, Selasa (18/6).

Bhima mencontohkan, Turki pada 2018 mengalami tekanan cukup berat karena keber­gantungan yang tinggi pada pembiayaan valas. Banyak perusahaan Turki yang sempat gagal bayar utang. “Ini menjadi pelajaran penting bahwa utang di satu sisi menjadi daya ungkit, tapi juga bisa menyebabkan krisis keuangan.”

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) meng­umumkan ULN Indonesia naik 8,7 persen se­cara tahunan (year-on-year/yoy) per akhir April 2019 menjadi 389,3 miliar dolar AS atau seta­ra 5.533 triliun rupiah dengan menggunakan perhitungan kurs tengah pada 30 April yakni 14.215 rupiah per dolar AS.

Kenaikan ULN lebih didominasi melesatnya utang swasta, karena ULN pemerintah tumbuh melambat. Data BI menunjukkan ULN swasta naik 14,5 persen (yoy) menjadi 199,6 miliar dol­lar AS, lebih tinggi dibandingkan dengan pertum­buhan pada Maret 2019 sebesar 13 persen (yoy).

Menurut Bhima, BI perlu terus memonitor perusahaan yang menerbitkan utang luar ne­geri, sekaligus memastikan bahwa perusaha­an swasta sudah melakukan lindung nilai atau hedging. “Jika ada perusahaan yang main ta­brak prinsip kehati-hatian, BI sebagai otoritas moneter perlu memperingatkan,” tukas dia.

Masalah pembiayaan valas, lanjut Bhima, juga terlihat dari defisit neraca perdagangan. Ini menunjukkan bahwa utang belum mampu mengangkat daya saing Indonesia. Akibatnya, beban bunga pinjaman cenderung tinggi.

Sementara itu, sektor perdagangan jasa da­lam negeri dan perbankan menghadapi tan­tangan berupa pertumbuhan ekonomi yang stagnan di level 5 persen. “Kalau situasi ini terus dibiarkan maka pembayaran kewajiban jangka pendeknya akan makin berat,” kata Bhima.

Peneliti Asosiasi Ekonomi Politik, Salamud­din Daeng, menambahkan melesatnya utang valas sektor swasta justru dibarengi dengan pertumbuhan pendapatan yang stagnan. Pada­hal, banyak ULN swasta yang digunakan untuk bisnis dengan pendapatan dalam rupiah.

“Maka lesatan jumlah utang akan mengha­dapi tekanan berat currency, bunga, dan risiko yang selalu naik. Maka kebijakannya naikkan suku bunga,” papar Salamuddin.

Posisi Puncak

Salamuddin mengingatkan masalah ke­uangan terbesar yang dihadapi Indonesia saat ini adalah utang swasta yang melesat tinggi seperti pada masa sebelum krisis 1997/1998, namun pada saat yang sama beban keuangan pemerintah sendiri berada pada posisi puncak.

“Yang harus diwaspadai saat ini adalah pe­nerimaan pemerintah yang juga sedang buruk di saat beban bayar utang pemerintah sangat besar dan masih ditambah oleh utang swasta yang sangat besar pula,” ujar dia.

Kemenkeu mencatat penerimaan pajak pe­riode Januari–Mei 2019 hanya tumbuh satu digit, antara 2–3 persen. Melihat realisasi penerimaan pajak pada periode yang sama tahun lalu yang sebesar 484,5 triliun rupiah, maka penerimaan pajak pada lima bulan pertama tahun ini berki­sar 494,19 triliun hingga 499,03 triliun rupiah.

Meskipun membaik dibandingkan capaian Januari–April 2019 yang hanya tumbuh 1 per­sen, realisasi pertumbuhan pajak hingga bulan kelima masih jauh dari target pertumbuhan 2019 sebesar 19 persen. Pada periode Janu­ari–Mei 2018, pertumbuhan penerimaan pajak mencapai 14,13 persen secara tahunan.

Menurut Salamuddin, pemerintah saat ini menghadapi masalah keuangan yang pelik. Pe­merintah berkali-kali menaikkan suku bunga obligasi negara untuk menarik minat investor. Kebijakan ini bisa membahayakan keuangan nasional karena bunga surat utang pemerintah melebihi bunga deposito perbankkan. YK/WP

Tampilkan Semua

MK Tolak Permintaan Kubu Prabowo agar Saksi Dilindungi LPSK

Rabu 19/6/2019 | 00:03
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permintaan kuasa hukum Prabowo Subianto- Sandiaga Uno agar Lembaga Perlindungan Saksi dan Kor­ban (LPSK) melindungi saksi yang akan dihadirkan dalam sidang sengketa...
Selengkapnya

Presiden Undang Pengusaha UMKM Desain Kebijakan Konkret

Rabu 19/6/2019 | 00:02
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bisa memberikan masukan-masukan yang konkret dalam membantu pemerintah agar dapat memutuskan langkah-lang­kah yang tepat dalam rangka...
Selengkapnya

Dua Anggota DPR Diperiksa Terkait Raker Gula Rafinasi

Rabu 19/6/2019 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Penyidik mendalami bagaimana proses rapat-rapat kerja yang dilakukan DPR bersama Kementerian Perdagangan.   JAKARTA – Dua anggota Komisi VI DPR , Inas Nasrullah Dzubir dan Nasril Bahar, dicecar penyidik Komisi Pemberantasan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Halal Bihalal PKB

Selasa 18/6/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Diskusi Konsolidasi Parpol

Selasa 18/6/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Latihan Armada Jaya 2019

Selasa 18/6/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Kondisi Keamanan Selama Sidang MK Terkendali

Selasa 18/6/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengatakan bahwa situasi keamanan dalam rangka sidang gugatan hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) masih terkendali. “Kalau keamanan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Mondial

Mursi Roboh dan Meninggal saat di Persidangan

Rabu 19/6/2019 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

KAIRO – Mantan Presiden Mesir, Muhammad Mursi, meninggal dunia saat menghadiri persidangan kasus kegiatan spionase, di Ibu Kota Kairo, Senin (17/6) pukul 16.50 sore waktu setempat. Tim pembela hukum Mursi, Osama El Helw, menggambarkan saat-saat Mursi roboh di tengah persidangan.

“Kami mendengar para tahanan lain di dalam kurungan kaca menggedor- gedor dan berteriak bahwa Mursi telah meninggal,” kata pengacara tim pembela Mursi, Osama El Helw. Mursi diketahui mengidap sejumlah penyakit, di antaranya diabetes, liver, dan ginjal. Selama di penjara, kesehatannya cenderung tak terawat. Kondisinya semakin parah dengan buruknya kondisi penjara.

Mursi sempat dilarikan ke rumah sakit sebelum meninggal. Sumber dari gedung pengadilan menerangkan, Mursi sedang berbicara kepada hakim selama 20 menit ketika dia tibatiba roboh. “Saat itu, dia tengah bersemangat sebelum jatuh pingsan. Mursi segera dilarikan ke rumah sakit di mana dia kemudian dinyatakan meninggal dunia,” terang sumber itu. Mursi adalah presiden pertama Mesir yang dipilih secara demokrasi pada 30 Juni 2012.

Namun, dia hanya berkuasa selama setahun. Masa pemerintahannya berakhir pada 3 Juli 2013 menyusul aksi kudeta yang dilakukan Abdel Fattah el-Sisi, buntut aksi protes yang terjadi di Mesir. Dia kemudian dituduh telah melakukan kegiatan spionase dengan organisasi yang dipimpinnya, Ikhwanul Muslimin.

Ikhwanul Muslimin dinyatakan sebagai organisasi terlarang. Mursi telah dimakamkan di pemakaman Al-Wafaa Wa al-Amal, Distrik Medinat Nasr, Kairo, Selasa (18/6). Menurut pemberitaan oleh stasiun televisi pemerintah, mantan Presiden berusia 67 tahun itu meninggal akibat serangan jantung. “Dia dimakamkan di Medinat Nasr, timur Kairo, dengan anggota keluarganya hadir,” kata Abdel Moneim Abdel Maksoud, salah seorang pengacara Mursi.

Meski penyebab kematian telah diumumkan sebagai serangan jantung, kelompok-kelompok hak asasi menyerukan agar dilakukannya penyelidikan independen terhadap kondisi penahanan dan kematian sang mantan Presiden itu. ang/AFP/P-4

Tampilkan Semua

Pemeriksaan Kesehatan

Selasa 18/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Kongres ke-5 Diaspora Indonesia Akan Kembali Digelar

Selasa 18/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Kongres Diaspora Indonesia ke-5 atau The Fifth Congress of Indonesian Diaspora (CID-5) akan kem­bali digelar pada Sabtu, 10 Agustus 2019 mendatang di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Jakarta. Kongres ini nantinya akan...
Selengkapnya

Tanker Rusak Tiba di Pelabuhan Setelah Serangan di Teluk Oman

Selasa 18/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
DUBAI - Dua kapal tanker yang rusak tiba dengan sela­mat pada hari Minggu (17/6) di lokasi-lokasi lepas pantai Emirati setelah mereka diguncang oleh ledakan di perairan Teluk, dalam sebuah insiden yang dituduhkan Arab Saudi pada...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Tawarkan Obligasi

Selasa 18/6/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Permintaan Meningkat

Selasa 18/6/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Prospek Perekonomian

Selasa 18/6/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Saham Bali United Diminati Investor

Selasa 18/6/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Pemilik dan pengelola klub sepakbola profesional “Bali United”, yakni PT Bali Bintang Sejahtera Tbk resmi menjadi perusahaan publik ke-632 yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Pemkab Terus Atasi Kawasan Kumuh di Ponorogo

Senin 17/6/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2015, hampir separuh penduduk Indonesia tinggal di kawasan perkotaan. Pada 2035, jumlah tersebut diper­kirakan akan naik menjadi 67 persen. Salah satu persoalan umum pada daerah perkotaan terkait kenaikan jumlah pen­duduk adalah urbanisasi yang memicu tumbuhnya kawasan kumuh.

Kawasan kumuh ini mudah ditemukan di wilayah dengan tingkat kepadatan populasi tinggi di sebuah kota yang umumnya dihuni masyarakat miskin. Bagi pemerintah dae­rah, diperlukan kemampuan manajemen perkotaan yang memadai guna mengatasi ber­bagai persoalan yang muncul dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada warga.

Kini, masalah kawasan kumuh sudah bukan monopoli dari kota metropolitan. Sejum­lah kabupaten di Jawa Timur juga mengalami problem serupa, salah satunya adalah Ponorogo. Berangkat dari data Dinas Perumahan dan Ka­wasan Permukiman Ponorgo 2014, tercatat, sedikitnya 30 hektare lahan di Ponorogo ma­suk kategori kumuh.

Untuk itu, sejak 2107, Pe­merintah Kabupaten Ponorogo menggelar inovasi program nasional kota tanpa kumuh (Kotaku). Kini, program Ko­taku telah berhasil mengubah kawasan kumuh di Ponorogo menjadi kawasan bersih dan tertata.

Untuk mengetahui apa saja yang telah dan akan dilaku­kan jajaran Pemerintah Kabupaten Ponorogo untuk mengikis keberadaan kawasan kumuh tersebut, wartawan Koran Jakarta, Selocahyo, berkesempatan mewawan­carai Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, di Ponorogo, baru-baru ini. Berikut petikan selengkapnya.

Apa latar belakang adanya program Kotaku di Pono­rogo?

Seiring meningkatnya urbanisasi, diperlukan pe­ngembangan kawasan yang memadai, mulai dari aspek infrastruktur, layanan dasar, kecukupan air, ruang terbuka hijau, dan lainnya. Kalau itu tidak dipenuhi, urbanisasi justru menimbulkan masyara­kat miskin baru di perkotaan, yang mendorong persoalan sosial seperti tumbuhnya ka­wasan kumuh baru, degradasi lingkungan, meningkatnya kesenjangan sosial, hingga kriminalitas.

Bisa dijelaskan soal program Ko­taku?

Program Kotaku yang dicanang­kan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut untuk mengatasi tingkat ke­kumuhan di wilayah kota dalam rangka menyukses­kan tercapainya percepatan Universal Akses 100.0.100. Universal Akses 100.0.100 adalah keadaan di mana akses air minum terpenuhi untuk masyarakat hingga 100 persen. Bagaimana kawasan kumuh itu hilang hingga target 0 per­sen serta bagaimana sanitasi lingkungan terpenuhi dengan baik 100 persen.

Dananya dari mana un­tuk melaksanakan program tersebut?

Kotaku disokong bantuan dana investasi dari APBN se­besar empat miliar rupiah. Di Ponorogo, program ini berada di bawah komando Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Kabupaten Ponorogo. Dengan program itu, Ponorogo berhasil meng­ubah citra ka­wasan kumuh menjadi kota yang bersih. Targetnya, dengan berbagai kegiatan, pemba­ngunan infrastruktur dan peralatan dalam program ini akan men­dor­ong kawasan di Ponorogo bebas dari kondisi kumuh di tahun 2020 nanti.

Realisasi program sudah terwujud?

Tahun lalu, enam ke­lurahan, yakni Jingglong, Nologaten, Paju, Pinggirsari, Tamanarum, dan Brotonega­ran mendapatkan alokasi dana sebesar empat miliar rupiah dari Kementerian PUPR. Dana tersebut digunakan untuk ber­bagai kegiatan dan infrastruk­tur. Mulai dari pengerasan jalan, pembuatan selokan, dan pengadaan motor gerobak sampah.

Hasilnya sampai sekarang seperti apa?

Terbukti, dalam dua tahun terakhir wilayah kumuh di Ponorogo, berkurang signi­fikan. Dulu, kami punya 30 hektare lahan kumuh di enam kelurahan tersebut. Saat ini angka itu sudah turun drastis hingga 0 persen.

Rencana selanjutnya bagaimana?

Pemkab Ponorogo masih punya pekerjaan rumah, 10,83 hektare lahan kumuh yang ter­sebar di 20 kelurahan lainnya. Rencananya, pada tahun 2019 ini Pemkab akan menangani wilayah kumuh itu. Kami dapat tiga miliar rupiah un­tuk anggarannya, yang akan digunakan untuk mengerjakan infrastruktur, drainase, dan persampahan.

Selain itu, dana tersebut juga diusulkan untuk me­ningkatkan sanitasi masyara­kat. Di enam kelurahan ini kan belum semua wilayahnya kena program Kotaku. Contohnya di Jingglong hanya di dekat sungai saja yang kena. Maka di 2019 ini, daerah dalam enam kelurahan yang belum terkena program Kotaku akan kami beri.

Bagaimana dengan pen­anganan masalah kesehatan?

Dinas Kesehatan Kabu­paten Ponorogo terus meng­galakkan fogging, terutama pada wilayah endemik demam berdarah. Fokus kegiatan fog­ging memang pada wilayah endemik, tapi pada kawasan-kawasan lain pada gilirannya juga akan dilakukan.

Upaya apa saja yang di­lakukan untuk menciptakan Ponorogo sebagai kabupaten layak anak?

Memang targetnya, di ta­hun 2019 ini, Ponorogo akan menjadi kabupaten layak anak. Kami lakukan mulai dari koordinasi sampai sinergisitas berbagai program pendukung. Pertama, koordinasi dengan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) agar dalam membuat berbagai program yang selalu mengarah pada penciptaan kabupaten layak anak.

Pemkab akan memben­tuk gugus tugas kabupaten layak anak, mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa. Di samping itu, kami akan berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti orga­nisasi masyarakat dan dunia usaha untuk bisa menyin­ergikan beberapa kegiatan di masing-masing instansi meng­arah pada kabupaten layak anak.

N-3

Tampilkan Semua

Wujudkan Sumsel sebagai Provinsi Pembawa Berkah

Senin 13/5/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus berbe­nah. Berbagai program pembangunan terus digenjot agar Sumsel benar-benar men­jadi provinsi yang membawa berkah bagi semuanya. Gu­bernur Sumsel, Herman Daru, bertekad mewujudkan...
Selengkapnya

Banyuwangi Terus Berbenah Jadi Kabupaten Inovatif

Senin 6/5/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
   Pada 25 April 2019, di­gelar peringatan hari otonomi daerah yang ke-23. Kali ini acara perin­gatan hari otonomi daerah tingkat nasional dipusatkan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim). Banyuwangi dalam...
Selengkapnya

Jatim Pacu Pemasukan dari Sektor Perikanan

Senin 29/4/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Jawa Timur (Jatim), nilai produksi ikan wilayah tersebut menurut kabupaten/kota dan subsektor perikanan pada 2015 mencapai 12,430 triliun ru­piah. Setelah itu meningkat menjadi 13,272 triliun...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Prosesi “Groundbreaking”

Senin 17/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Konsep Modern Minimalis untuk Dapur

Senin 17/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebuah ruang memasak minimimalis sekarang ini menjadi salah satu desain favorit bagi keluarga kecil yang sangat menyukai sesuatu yang sederhana. Bagaiamana mendesain dapur berkonsep minimalis? Ruang memasak minimalis sangat cocok untuk...
Selengkapnya

Teknik Memperkuat Struktur Bangunan

Senin 17/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Diperlukan teknik renovasi bangunan yang lebih detil untuk memperkuat lagi struktur bangunan. Ada beberapa teknik untuk mengatasi indikasi konstruksi bangunan yang rusak atau rapuh. Antara lain solusinya adalah dengan memperkuat...
Selengkapnya

Tren Global: Menerapkan Desain Kota Sehat

Jumat 14/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kota yang sehat menjadi dambaan setiap warganya. Hal ini lantaran, kehidupan kota menggunakan energi yang lebih banyak dibandingkan wilayah lainnya memicu pemanasan global. Dengan sebuah desain, emisi karbon sebagai salah satu penyebab...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Fitur Berkelas Kamera Instax

Selasa 18/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

FujiFilm menghadirkan inovasi terbaru dengan meluncurkan instax mini LiPlay (Live, Life & Play). Keunggulan kamera mungil instan 2-in-1 dilengkapi lebih banyak fitur unggulan menarik yang belum pernah ada sebelumnya.

Salah satu keunggulan kamera ini adalah adanya fitur rekam suara (voice note) untuk memberikan pengalaman unik dalam eksplorasi menggunakan instax. Pengguna bisa merekam suara berdurasi sepuluh detik, kemudian kamera akan mengubah data audio ini menjadi kode QR, dan mencantumkan kode QR ke foto instax untuk dicetak bersama.

Fitur suara dalam kertas foto instax mini LiPlay dapat diaktifkan dengan memindai QR code menggunakan ponsel pintar. “Dengan begitu, pengguna bisa mencetak foto favorit sembari memberikan pesan suara yang manis kepada teman-teman atau keluarga,” ujar Presiden Direktur PT Fujifilm Indonesia. Noriyuki Kawakubo, di Jakarta.

Inovasi selanjutnya, kamera ini menawarkan fitur “Pemotretan Jarak Jauh.” Dengan menggunakan smartphone sebagai remote, pengguna bisa mengambil gambar dari jauh secara mudah.

Selain sebagai kamera, Instax Mini, LiPlay merupakan produk instax 2-in-1 pertama yang dapat berfungsi sebagai instax printer untuk mencetak foto dari ponsel. Dengan koneksi Bluetooth, file foto pada ponsel dapat dicetak langsung dari ponsel melalui aplikasi.

Noriyuk mengatakan, melalui Instax Mini LiPlay, Fujifilm kembali memperkuat komitmen untuk tidak pernah berhenti berinovasi mengembangkan berbagai fitur baru yang dapat menjawab kebutuhan para pengguna.

“Instax mini Li- Play menghadirkan berbagai fitur yang berbeda dari sebelumnya, lebih dinamis dan mendukung para pecinta Instax untuk memperkaya kreativitas mereka,” ujar Noriyuki.

Instax Mini LiPlay yang tersedia dalam pilihan warna Elegant Black, Blush Gold, dan Stone White. dibanderol dengan harga 2,449 juta rupiah. Instax menyediakan paket edisi spesial dengan jumlah terbatas, yang terdiri dari instax mini LiPlay, instax mini film serta aksesoris instax, melalui Tokopedia.com. hay/E-6

Tampilkan Semua

Era Baru Kecepatan Data

Selasa 18/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Perkembangan teknologi kabel laut berbasis serta optik mengalami kemajuan dalam kecepatan. Dengan teknologi optik koheren saat ini, kabel dapat mendukung hingga 36 terabit per detik. Kecepatan ini setara dengan secara bersamaan streaming...
Selengkapnya

Memerangi Serangan Web Gelap

Selasa 18/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Web gelap atau “dark web” menjadi salah satu serangan siber yang perlu diwaspadai. Pasalnya web anonim ini menjadi cara bagi penjahat melakukan bermacam tindakan jahat. Asia Pasifik kini menjadi salah satu wilayah dengan...
Selengkapnya

Teknologi Baru untuk Atasi Blank Spot

Kamis 13/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jaringan kuat yang dimiliki oleh operator telekomunikasi pitar lebar jaringan tetap (fixed broadband) perlu diikuti dengan teknologi router terkini untuk mendapatkan kualitas jaringan yang luas dan kuat. Teknologi EnMesh Whole Home Wi-...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Tampilan Baru Motor Sport Yamaha

Rabu 12/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Yamaha menawarkan tambahan pilihan warna dan stripping baru pada All New R15. Dengan tambahan warna ini diharapkan memberikan banyak pilihan konsumen motor yang pernah meraih Best of Sport Fairing 150 pada ajang Otomotif Award 2019.

R15 kini hadir dalam tiga varian warna yang lebih menarik, yaitu Racing Blue, Racing Black serta Racing Yellow. Untuk varian Racing Blue, All New R15 tampil dengan kombinasi warna biru-hitam dengan tambahan stripping berbentuk huruf “R” yang merepresentasikan simbol R Series pada kedua sisi fairing.

Sementara itu, untuk varian Racing Black yaitu perpaduan warna hitam-merah dan Racing Yellow perpaduan warna kuning-kelabu, memiliki desain stripping dibuat lebih tajam dan agresif dengan tambahan logo bertuliskan R15 yang disematkan pada kedua bagian sisi fairing. Selain itu, pada area buritan motor turut pula ditambahkan stripping minimalis yang semakin memperkuat kesan racy pada All New R15.

“Penyegaran pada All New R15 merupakan upaya yang dilakukan Yamaha Indonesia untuk senantiasa memberikan nilai tambah kepada para penggemar motor sport yang menginginkan motor yang tampil lebih sporty,” kata Deputy GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Mfg Yordan Satriadi.

Sejak pertama kali diperkenalkan kepada publik pada tahun 2017 silam, All New R15 berhasil bertransformasi menjadi salah satu motor sport fairing terbaik dan paling digemari di kelasnya. Model ini hadir dengan desain tajam yang aerodinamis sangat menunjukan karakter DNA dari R Series yang ikonik.

All New R15 menawarkan fitur modern seperti lampu belakang LED, untuk pencahayaan lebih terang dan tahan lama, disertai dengan lampu Hazardyang berfungsi memberi tanda ketika pengemudi sedang dalam kondisi darurat. Untuk kemudahan membaca informasi dilengkapi dengan Speedometer Full Digital, dan Sift-Timing Light untuk mendapatkan performa optimal.

Kaki-kaki, All New R15 juga telah menggunakan rangka Delta Box yang terbukti kuat dan kokoh. Pengaplikasian suspensi Up Side Down yang di dukung dengan ban tubeless lebar serta Aluminium Rear Arm turut menghadirkan manuver berkendara yang lincah dan agresif.

Motor uang dijual pada harga 35,760 juta rupiah ini dibekali dengan mesin 155cc, 6-percepatan yang dilengkapi dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA) yang mampu menjaga tenaga serta torsi merata disetiap putaran mesin serta Assist & Slipper Clutch (ASC) yang membuat kopling menjadi ringan dan proses perpindahan gigi menjadi lebih halus. hay/E-6

Tampilkan Semua

“Power Full” si SUV Kompak

Rabu 12/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di pasar Indonesia, Jeep menghadirkan mobil terbaru pada segmen SUV kompak. Mobil ini punya kelebihan pada desain, tenaga, fitur yang kaya, dan kemampuan di medan off road ringan. Meski telah dipasarkan di AS sejak 2008, Jeep Compass...
Selengkapnya

Model Baru Motor Premium

Rabu 29/5/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Merek motor asal AS (Amerika Serikat), Harley Davidson (HD) menghadirkan motor paling murah di jajaran motor premium yang dimiliki. Kedua model Power Cruiser teranyarnya, FXDR 114 dan Iron 1200, diharapkan dapat memperluas komunitas...
Selengkapnya

Tenaga Melimpah Sedan Bisnis

Rabu 29/5/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Mobil bisnis premium menawarkan  tenaga besar,  fitur lengkap dan kecanggihan  yang merepresentasikan  penggunanya para  eksekutif perusahaan. Mercedes Benz melengkapi jajaran sedan E Class dengan menambah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Persib dalam Motivasi Tinggi

Selasa 18/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Pelatih PERSIB Robert Alberts men­yatakan semua pemainnya dalam motivasi tinggi menghadapi Tira Persikabo yang akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (18/6). Ini adalah laga perdana klub berjuluk “Maung Bandung” itu setelah rehat kompetisi.

Roberts memastikan, Supardi Nasir dan kawan-kawan akan tampil penuh semangat setelah libur bertanding cukup lama.

“Saya senang pekan ini kami bisa fokus ke pertandingan lagi. Para pemain bisa menatap se­mangat dalam berlatih. Termotivasi karena sudah lama kami tidak bertanding dan akhirnya kami bisa memulai lagi pertandingan,” kata Robert di laman resmi Persib.

Semangat bertanding menurut Robert penting artinya bagi timnya. Sebab, Tira Persikabo adalah tim yang mempunyai catatan baik di awal kompe­tisi musim ini. Tim asuhan Rahmad Darmawan ini juga dinilai sebagai tim yang kuat dan berkarakter.

“Kami tahu ini akan mrnjadi pertandingan sulit, tapi kami bertekad untuk memenangkan pertand­ingan, meraih tiga angka, kami juga ingin tetap dekat dengan tim lain dalam perolehan poin,” te­gasnya.

Kemenangan menjadi target Persib untuk bisa kembali ke papan atas klasemen. Gelandang “Maung Bandung” Kim Jeffrey Kurniawan ber­janji akan kerja keras. Persia­pan panjang timnya menjadi modal penting mendulang tiga poin.

“Untuk pertandingan kami siap, sudah cuk­up lama dan panjang. Tadi sudah masuk ke taktik untuk hadapi mereka. Jadi saya pikir pemain sudah enjoy di latihan, saya rasa siap un­tuk pertandingan hari Selasa,” katan­ya. S-1

Tampilkan Semua

Sarri Dibebani Trofi Liga Champions

Selasa 18/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
MILAN – Maurizio Sarri re­smi ditunjuk sebagai pelatih baru Juventus setelah kepergi­annya dari Chelsea dikonfirmasi oleh kedua klub pada hari Ming­gu (16/6) waktu setempat. Sarri kembali ke Italia den­gan kontrak...
Selengkapnya

PSG Peringatkan Neymar

Selasa 18/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
PARIS – Presiden Paris Saint-Germain, Nasser Al-Khe­laifi, memperingatkan Neymar dan bintang-bintang klub lain­nya bahwa mereka harus mem­perbaiki diri atau akan dbuang. Hal itu diungkap Al-Khelaifi, Minggu (16/6) waktu...
Selengkapnya

Salah Tampil di Laga Pemanasan

Selasa 18/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JOHANNESBURG – Bintang tim nasional Mesir Mohamed Salah bangkit dari bangku cadangan pada laga persa­habatan kontra Guinea, Senin (17/6) dini hari WIB. Meski Salah tidak mencetak gol, tim tuan rumah Piala Afrika 2019 itu menang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Merawat Gigi demi Masa Depan Profesi dan Karier

Selasa 18/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Judul : Gigi

Penulis : drg Dwi Setianingtyas, Sp.PM; drg. Agam Ferry Erwana, Sp.PM

Penerbit : Andi Offset

Cetakan : 2018

Tebal : xii + 116 halaman

ISBN : 978-979-29-6776-0

Data Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan, hanya 2,8 persen masyarakat berusia 3 tahun ke atas yang menyikat gigi dua kali sehari (pagi dan malam). Merawat kesehatan gigi dan mulut terbukti belum disadari. Kesehatan gigi dan mulut sangat krusial, khususnya anak-anak. Kondisi gigi dan mulut memengaruhi kesehatan dan perfor­ma, bahkan penentu karier dan profesi masa depan.

Buku ini mengkritik Kemenkes RI yang belum konkret memprioritaskan kesehatan gigi dan mulut. Gebra­kan program sebatas kuratif, belum preventif maupun promotif. Menjadi kontraproduktif jika Kemenkes menar­getkan tahun 2030 masyarakat bebas penyakit karies gigi dan berlubang.

Ada 90,2 persen anak Indonesia berusia 5 tahun giginya berlubang. Rata-rata kerusakan gigi 8,1. Kemu­dian anak usia 12 terdata membaik, 72 persen yang bermasalah gigi berlubang sebesar 1,9. Justru kondisi memburuk untuk usia dewasa 35–44 tahun, 92,2 persen bermasalah gigi berlubang dengan rerata kerusakan gigi 6,9.

Beberapa tahun lalu dicatat prevalensi (jumlah keseluruhan kasus penyakit) nasional masalah gigi-mulut 25,9 persen. Prevalensi pengalaman karies gigi 72,3 persen. Prevalensi na­sional karies aktif 53,2 persen. Maka, dibutuhkan beragam cara memper­baiki status kesehatan gigi-mulut.

Saat inilah secara konkret karies dan gigi berlubang menjadi masalah besar anak Indonesia. Penyakit gigi dan mulut menempati urutan ke-6 dan urutan ke-4 penyakit termahal perawatannya. Penyakit gigi dan mulut kebanyakan penyakit jaringan penyangga gigi (abses, gingivitis, ra­dang gusi), karies gigi, dan bau mulut (halitosis). Penyakit ini terkait erat dengan kebiasaan membersihkan gigi dan mulut sehari-hari.

Gigi depan adalah investasi masa depan. Banyak orang harus mengubur cita-cita gara-gara masalah gigi. Sebe­narnya hubungan antara gigi depan yang bagus dan komplet tidak berlaku rata untuk semua cita-cita. Namun, secara khusus akan menjadi vital yang mau menata karier di kepolisian atau ketentaraan (Polri/TNI). Performa gigi syarat mutlak. Masalah gigi depan me­miliki potensi sama besar dengan gigi belakang karena dapat menjegal para peminat karier di TNI/Polri (hlm 21).

Performa gigi juga diterapkan un­tuk tes pilot dan pramugari. Secara rutin kini calon mahasiswa yang dibia­yai negaraseperti Statistik dan STAN juga mensyaratkannya. Di lingkungan TNI/Polri, para anggotanya pun ma­sih tetap mendapat pemeriksaan gigi secara berkala setiap tahun. Jadi, ada rumus atau hitungan tertentu untuk kenaikan pangkat, tugas belajar, atau dinas ke luar negeri (hlm 16).

Sebagai solusi, daripada nanti sulit memperbaiki masalah gigi karena ter­lalu banyak harus dipermak, mulailah merawat dan menjaga sejak dini. Gigi depan atau belakang harus dijamin sama. Jangan sampai masa depan rusak karena gigi kacau. Alih-alih tuntutan profesi TNI/Polri, seba­gai seorang artis, guru, dosen, MC, dan marketing/sales membutuhkan penampilan apik untuk tersenyum dan berbicara. Gigi menjadi aset yang sangat fantastis.

Untuk merawat gigi pasien ha­rus sadar check up dan memastikan performa gigi (hindari gigi berlubang, tambalan bocor, dan bebaskan karang gigi). Pacaklah gigi yang tidak rata de­ngan perawatan ortotodontia (me­makai kawat gigi/behel) sejak dini.

Sebaiknya enam bulan sekali me­meriksakan agar setelah tamat SMA/SMK tidak tergopoh-gopoh menam­bal dan membersihkan gigi dalam semalam. Ke dokter gigi tidak harus menunggu sakit. Jika ada gigi yang menumpuk atau tidak rapi, pasanglah behel selama satu hingga dua tahun. Diresensi Yustina Windarni, alumna Politeknik API Yogyakarta

Tampilkan Semua

Tugas Berat Pansel KPK

Selasa 18/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Masa jabatan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di bawah kendali Agus Rahardjo, Basaria Panjaitan, Saut Situmorang, Laode M. Syarif, dan Alexander Marwata sebagai pimpinan KPK jilid keempat, akan berakhir pada Desember 2019....
Selengkapnya

Menata Peradilan Pemilu

Selasa 18/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
oleh januari sihotang, sh, llm Menurut Pa­sal 22E Ayat (1) UUD 1945, pe­milu dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Namun demikian, dalam setiap penye­lenggaraannya selalu saja ter­jadi...
Selengkapnya

Sukses Berbisnis Kuliner

Senin 17/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pertanyaan: Bu Rossa, kami sekeluarga hobi kuliner dan ingin men­coba berbisnis kuliner. Tolong tips-tipsnya ya Bu. Jawaban: Anda tertarik dengan bisnis kuliner atau makan­an? Bisnis makanan me­mang bisa menjadi bisnis...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Shannen Merk Kosmetik Lokal Peluang Usaha Mandiri Berpenghasilan Jutaan

Selasa 18/6/2019 | 08:26
A   A   A   Pengaturan Font

Besarnya kebutuhan market kosmetik yang terjamin kualitasnya, itulah menjadikan Shannen Global Indonesia didirikan, sebuah perusahaan yang tidak hanya menyediakan produk lokal kosmetik berbahan dasar dari Korea standar Asia kualitas Internasional untuk dipasarkan di seluruh Indonesia tetapi juga sebagai wadah untuk berbisnis.  Terlebih Shannen memberikan kompensasi sponsor kurang lebih sebesar 30 persen dari paket yang dipilih untuk kontribusi kepada Shannen. Ini tentunya merupakan sebuah peluang usaha mandiri yang berpenghasilan jutaan.

Shannen Global Indonesia memang sudah cukup dikenal, pemasaran sudah hampir menyeluruh di seluruh daerah Indonesia terutama dalam bisnis Multi Level Marketing atau MLM. Hal itu bisa dilihat dari antusiasme member yang hadir pada acara dan event yang diselenggarakan oleh Shannen diantaranya roadshow 23 kota dan halal bihalal. Seperti terlihat bergeloranya semangat mitra, staff, jajaran manajemen, lebih dari 100 ribu member penjual dan pengguna produk Shannen pada (17/6 ) di salah satu hotel ternama di Cengkareng, Jakarta Barat yang hadir dalam acara halal bihalal keluarga besar Shannen Global Indonesia. Dalam acara, diberikan sajian hidangan prasmanan yang beraneka diantaranya kue bolu, kue lapis, nasi goreng atau nasi putih dengan beragam lauk pauk, soto, sup kepiting asparagus dan es buah. Terlihat disana nuansa dekorasi panggung yang sederhana namun terkesan mewah.

Disamping itu, untuk roadshow 23 kota pun mendapatkan respon komentar yang positif dari masyarakat. Memang sesekali mendapatkan komentar kurang sedap ketika produk sold out cepat dengan tingkat pemesanan yang cukup tinggi sehingga mungkin tidak bertahan lama. Dalam roadshow, Shannen menampilkan company profile, background speaker yang mana Presiden Direktur, produk, marketing plan dari pembicara khusus dalam hal kosmetik dan demo produk. Shannen juga memberikan doorprize dan quiz kepada masyarakat yang ada disana.

Shannen Global Indonesia dipimpin oleh Presiden Direktur Faradina Dwi Safitri bersama para jajaran diantaranya Dana Arif Kurniawan sebagai Komisaris Utama, Nadya Chaya Imani sebagai Komisaris dan lain sebagainya. Didirikan pada September 2018 dan dilaksanakan soft launching pada 15 Desember 2018. Nama brand Shannen Global Indonesia memiliki arti tersendiri yang cukup memberikan apresiasi bagi Faradina dan memang passionnya dengan lahir dari hati. Dirinya bercerita kepada salah satu jurnalis Koran Jakarta. Dirinya sewaktu menempuh kuliah kosmetik di Irlandia, dirinya terpikirkan akan sesuatu hadiah terindah dari Tuhan untuknya kecantikan wajah seorang wanita dari Tuhan. Kecantikan wajah memang harus dijaga dan diapresiasi. Shannen merupakan bahasa Irlandia. Global Indonesia dimaksudkan bahwa produk lokal Shannen akan bisa mengglobal atau mendunia.

Shannen memberikan dampak yang cukup positif bagi membernya yaitu member bisa mendapatkan income pasif. Produk Shannen menggunakan bahan – bahan alami seperti food great. Hasil produksinya ada lipstick, BB cussion dan facemist. Lipstick diproduksi dengan warna gelap. Sementara BB cussion dan facemist lebih menekankan kepada bahan yang bermanfaat untuk skin care, anti aging, kelembaban wajah dan whitening. Penjualan produk Shannen berupa lipstick yang berciri khas warna gelap sudah terjual lebih dari 800 ribu di seluruh Indonesia seperti Palembang, Banjarmasin, Papua, Surabaya, Ternate dan sebagainya. Shannen ingin membuktikan bahwa tetap terlihat cantik bibir wanita Indonesia walaupun menggunakan warna gelap lipsticknya. Harganya pun sudah bisa didapatkan dengan merogoh kocek 100 ribuan saja.

Shannen dari kualitas memang tidak perlu dipertanyakan. Sudah lulus uji dan bersertifikat halal dari BPOM dan APLI ( Asosiasi Pengusaha Langsung Indonesia ). Bahan – bahannya tidak beracun, no mercury dan impor korea. Shannen pun sangat yakin bisa berkembang dan bertahan dalam jangka waktu yang panjang dalam industri kosemetik. Bekerja sama dengan pabrik besar kosmetik Korea dengan menjalin hubungan mutual friend yang baik dan membentuk jaringan MLM dengan konsep Konsumen Relation menjadi prioritas utama dalam bisnis Shannen. Walaupun terbilang masih dini dalam pendirian perusahaan, Shannen mampu menghasilkan profit puluhan miliar. Profit demikian bisa didapatkan tentunya juga dari kontribusi mitra yang sangat mendukung Shannen. Terbukti dengan omset tertinggi sebesar 16 miliar di kota Palembang dengan masa 6 hingga 7 bulan.

Sebagai bentuk apresiasi Shannen kepada mitranya, Shannen memberikan hadiah dianataranya jalan – jalan ke Bangkok, umroh, mobil dan lainnya. Sudah sekitar 23 mobil diberikan kepada mitra Shannen. Hadiah yang diberikan berdasarkan prestasi dalam point penjualan. Salah satu mitra yang berprestasi mendapatkan hadiah yaitu Dandi dari Palembang, Lia Kabil dari Banjarmasin dan Agus dari Makassar.

Melihat banyaknya animo masyarakat akan produk Shannen, Shannen sudah berencana memproduksi inovasi seperti pensil alis, sabun pencuci muka berbahan buah – buahan dan produk lain dengan bahan yang unik. Shannen akan melaksanakan grand launching dan launching beberapa produk baru pada September 2019 mendatang.

Tampilkan Semua

Kanker yang Menginvasi Jaringan Otak Sehat

Selasa 18/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Agung Hercules, komedian yang kini terbaring di rumah sakit, tengah berjuang melawan Glioblastoma, sejenis kanker yang terbentuk dari sel berbentuk bintang di otak, yang disebut astrosit. Apa sesungguhnya Glioblastoma, dan bagaimana...
Selengkapnya

Justin Bieber Batalkan Tantangan pada Tom Cruise

Selasa 18/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Justin Bieber sempat membuat dunia tercengang ketika dia dengan berani melem­par tantangan berta­rung pada Tom Cruise. Padahal, seperti diketa­hui, Cruise sudah punya banyak pengalaman ber­tarung setelah membin­tangi...
Selengkapnya

Konsep Pertunangan Menggambarkan Cinta dan Wangi

Selasa 18/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Acara pertunangan pasangan selebritas Jessica Iskandar dan Richard Kyle meng­usung konsep bertajuk "Intimate Flowery" yang didominasi warna putih dan pink, dilengkapi dengan ragam rangkaian bunga. "Untuk nuansa warna di tema pesta,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Tol Mangkrak

Selasa 18/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Peduli Anak

Selasa 18/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Mulai Ramai

Selasa 18/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Proyek Tol Bogor

Selasa 18/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

Potensi Gejolak Sosial Kecil selama dan sesudah Sidang MK

Selasa 18/6/2019 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Proses penyelenggaraan Pemilu 2019 saat ini tengah dalam tahap persidangan gugatan sengketa hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK). Kendati demikian, polarisasi yang terjadi di masyarakat akibat dari Pilpres 2019 belum mereda.

 

Bahkan, temuan yang terdapat dalam survei nasional yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), kepuasan dan kepercayaan terhadap demokrasi Indonesia turun pascakerusuhan 21–22 Mei 2019. Kerusuhan usai pengumuman pemenang Pemilu 2019 tersebut dinilai akan terulang setelah keputusan sidang MK jika salah satu peserta pemilu tidak puas terhadap hasilnya.

Untuk mengupas hal tersebut, Koran Jakarta mewawancarai Sosiolog Universitas Indonesia (UI), Thamrin Amal Tamagola, di Jakarta, Minggu (16/6). Berikut hasil pem­bahasannya.

Pendapat Anda soal polarisasi masyarakat yang masih terjadi saat ini?

Polarisasi masyarakat itu meluas karena terseret oleh polarisasi elite politik. Nah, kalau elite politiknya itu sekarang mulai sadar dan menganjurkan hal-hal yang baik, saya kira dapat membuat sejuk dan mudah-mudahan suhu politik yang sempat panas itu makin lama makin membaik. Saya apresiasi ucapan Prabowo yang mengimbau pendukungnya untuk tidak melaku­kan aksi massa saat sidang MK dan menganjurkan supaya menerima keputusan MK apa pun itu demi ke­damaian bangsa dan negara.

Tapi, apakah masih ada potensi gejolak sosial pascasidang MK?

Saya kira potensinya makin kecil, sesudah imbauan dari Prabowo itu. Selain itu, kelihatan pihak 02, mereka tidak punya bukti yang cukup terkait kekuatan hukum di MK, dan saya rasa mereka sadar dan menerima apa pun keputusan MK. Namun, menurut saya, tergantung polisi bagaimana bisa mengin­trogasi dalang kerusuhan 21–22 Mei 2019. Bagaimana poli­si bisa meng­gulung kalau ada komplotan di belakang­nya, sehingga akan dingin potensinya. Rakyat juga semakin lama semakin lelah dengan situasi politik semacam ini.

Namun, kemarin masih ada beberapa aksi massa?

Iya, mereka itu kelompok yang memiliki kepentingan karena mera­sa dirugikan ketika Jokowi berkuasa. Seperti HTI, Pan Islamisme, FPI, serta jenderal-jenderal purnawirawan Orde Baru yang pro-Cendana. Mereka kan paling kehilangan ketika Jokowi naik jadi presiden. Oleh karena itu, mereka tidak puas, terutama juga pensiunan jenderal-jenderal yang dulu besar pada masa Orde Baru, sehingga merapat ke 02.

Bagaimana dengan narasi tim hukum 02 yang mendelegitimasi hasil pemilu dan integritas MK?

Kalau ada yang bisa meng-coun­ter, dengan menjelaskan secara proporsional mengenai fungsi dan kedudukan MK, lama-lama orang akan masuk akal. Menu­rut saya, saat ini fenomena sosial yang terjadi di masyarakat adalah persaingan informasi antara orang yang mencoba untuk mencerahkan rakyat dengan orang yang mau mempengaruhi pikiran rakyat.

Secara sosiologis, apakah ma­sih bisa berdampak ke masyara­kat narasi tersebut?

Masih bisa terjadi, kalau pihak-pihak pilar Orde Baru bertemu dengan gerakan Pan Islamisme, kemudian ketemu dengan ke­nyataan bahwa masih banyak umat Islam yang miskin dan terdepak dari politik. Lalu dari kenyataan tersebut, pihak oportunis politik mengeksploitasi sehingga terjadi gejolak sosial di masyarakat.

Lalu, rekonsiliasi apa yang dibutuhkan untuk mengurangi polarisasi ini?

Rekonsiliasi substantif, yaitu kita harus tahu akar masalahnya, sub­stansinya harus kita tahu. Sebagai contoh, menurut data KPK, tingkat korupsi di Aceh dan Sumatera Barat masih tinggi, dan itu harus diper­hatikan pemerintah. Kesejahteraan rakyat tidak bisa terjadi jika pemer­intahan korup. Kemudian, program KH Ma’ruf Amin soal ekonomi keumatan, program Jokowi soal kartu-kartu pendidikan dan kesehatan diseriusi pada periode keduanya, itu yang harus diselesaikan pemerintah. trisno juliantoro/AR-3

Tampilkan Semua

Sistem Zonasi Bukan untuk Mempersulit Peserta Didik

Senin 17/6/2019 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi dalam pelaksanaannya. Hal tersebut kerap menimbulkan keresahan karena dianggap membatasi anak didik dalam memilih sekolah.   Di tingkat daerah, baik provinsi...
Selengkapnya

Keputusan Jatah Menteri Itu Hak Prerogratif Presiden Joko Widodo

Sabtu 15/6/2019 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Isu kabinet rekonsiliasi terus berhembus pascakemenangan Jokowi-Ma’ruf pada Pilpres 2019. Walaupun hasil pemilu masih disengketakan di Mahkamah Konstitusi (MK) oleh pihak Prabowo-Sandi, namun ada sinyal dari dua partai koalisi 02, PAN...
Selengkapnya

Pembatasan Medsos Saat Sidang Sengketa Pilpres di MK Tidak Tepat

Jumat 14/6/2019 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Wacana pembatasan akses media sosial mencuat menjelang gugatan hasil Pilpres 2019 oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Rencananya, MK akan menggelar sidang pembacaan putusan pada hari Jumat, 28 Juni mendatang.   Pembatasan layanan media...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Budi Setiyadi

Sabtu 15/6/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2019/1440 H resmi ditutup pada Jumat (14/6). Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan kegiatan angkutan Lebaran diselenggarakan secara baik sehingga angka kecelakaan menurun secara siginifikan dibandingkan tahun 2018.

Atas capaian yang baik pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun ini, Kemenhub mengapresiasi pihak-pihak terkait penyelenggaraan angkutan Lebaran 2019. Mereka, antara lain TNI, Polri, Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, Kementerian ESDM, Kementerian BUMN, Basarnas, BMKG atas koordinasi yang berjalan baik sehingga angkutan Lebaran 2019 berjalan dengan kondusif.

Untuk mengetahui evaluasi mudik Lebaran 2019, wartawan Koran Jakarta, Mohammad Zaki Alatas berkesempatan mewawancarai Koordinator Nasional Angkutan Lebaran 2019, Budi Setiyadi, di Jakarta, Jumat (14/6). Budi ini juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub. Berikut petikan selengkapnya.

Dari hasil evaluasi mudik apa yang paling menonjol?

Satu hal yang paling penting bagi Kemenhub adalah analisis terhadap safety. Sudah ditunjukkan dengan ada suatu penurunan yang signifikan berkaitan dengan kecelakaan. Angkanya turun lebih dari 70%. Tapi kami ingin lebih dari ini ke depannya. Ini suatu hasil yang baik dari imbauan-imbauan yang sudah kami lakukan.

Ada datanya?

Tercatat dari data yang disampaikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenhub per Jumat (14/6), angka kecelakaan yang terjadi di tahun 2019 turun sebesar 75%. Dari sebelumnya terjadi 2.234 kejadian kecelakaan menjadi 563 kejadian pada tahun ini.

Kalau untuk sepeda motor bagaimana?

Iya kami bersyukur telah terjadi penurunan tingkat penggunaan kendaraan sepeda motor dalam masa angkutan Lebaran 2019 yaitu 1.378.574 sepeda motor atau turun sebesar 12,75 persen dibandingkan tahun lalu berjumlah 1.580.016 sepeda motor.

Apa yang akan dilakukan dari hasil evaluasi ini?

Kami mengevaluasi pelaksanaan angkutan Lebaran untuk bahan perbaikan pada angkutan Lebaran tahun selanjutnya. Beberapa hal yang akan diusulkan, antara lain lebih mengintensifkan angkutan massal baik moda darat, laut, udara, dan kereta api untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Kemudian pengaturan waktu cuti yang sama panjang pada saat arus mudik dan arus balik, serta pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) lebih awal.

Langkah konkretnya?

Intinya ke depan ada kecenderungan penggunaan angkutan individu yang lebih masif. Oleh karenanya, menjadi relevan bila kami mengintensifkan angkutan massal baik itu angkutan darat, laut, udara, dan kereta api.

Bagaimana dengan jumlah pemudik?

Dari data sementara dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenhub per Jumat (14/6) sampai pukul 07.00 WIB, secara garis besar realisasi total penumpang yang melakukan perjalanan mudik angkutan Lebaran 2019 pada periode H-7 (29 Mei 2019) sampai dengan H+7 (13 Juni 2019) adalah 18.343.021 penumpang.

Bisa dirinci?

Pada moda angkutan jalan, jumlah penumpang naik sebesar 11,19% dari sebelumnya 3.741.741 menjadi 4.160.622 penumpang. Jumlah penumpang dengan moda kereta api juga naik 6,62 %, dari jumlah 4.771.324 pada 2018 menjadi 5.087.342 di tahun ini.

Bagaimana untuk laut?

Peningkatan juga terlihat pada moda angkutan laut. Dengan dukungan dari perusahaan-perusahaan swasta serta BUMN yang melakukan program mudik gratis menyumbangkan peningkatan 8,77% pada moda angkutan laut, dari jumlah 1.366.254 pada tahun lalu menjadi 1.486.065 penumpang di tahun ini.

Lalu bagaimana untuk udara?

Penurunan jumlah pemudik hanya terjadi pada moda angkutan udara yaitu sebesar 27,37 % dengan total jumlah pemudik 3.522.585 sedangkan total jumlah pemudik angkutan udara tahun 2018 sebanyak 4.850.028.

Arus balik kemarin strategi apa yang diterapkan?

Iya kemarin kami memutuskan untuk menggelar rapat rencana penanganan arus balik Angkutan Lebaran 2019 bersama Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas) Refdi Andri dan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani dengan stakeholder terkait. Dalam rapat tersebut menghasilkan beberapa poin strategis untuk arus balik.

Apa saja itu?

Yang terpenting adalah rambu-rambu di akses masuk rest area harus sudah terpasang sebelum pelaksanaan one way arus balik yakni sebelum arus balik berlangsung. Begitu juga dengan penambahan mobile toilet termasuk kanopi pelindung untuk antrean toilet harus dipenuhi.

Selain itu?

Untuk mengantisipasi mobil mogok di jalan tol, diminta kepada BUJT untuk menambah mobil layanan jalan tol (mobil patroli) dan menempatkan mobil derek serta menempatkan bengkel Agen Pemegang Merk (APM) di rest area tipe A. Menempatkan informasi call center bantuan emergency yang dapat dihubungi setiap saat, yang ditempatkan di bawah rambu dan tempat strategis.

Bagaimana dengan aktivitas di jalan tol?

Gerbang Tol Palimanan merupakan gerbang tol pembayaran kluster 2 dan tapping kluster 1 sehingga perlu adanya penambahan mobile reader dari 28 unit menjadi 38 unit dan EDC dari dua menjadi 12 di GT Palimanan.

Bagaimana untuk aturan one way?

Waktu pelaksanaan one way tanggal 7 Juni sampai 10 Juni dimulai pukul 12.00 WIB - 24.00 WIB dari KM 414 Kalikangkung sampai KM 70 Cikampek Utama. Selanjutnya diberlakukan contraflow dari KM 70 sampai KM 65 atau sesuai dinamika di lapangan dengan pertimbangan dari Kepolisian.

Adakah imbauan khusus bagi pemudik untuk arus balik?

Kami mengimbau agar para pemudik mengatur waktu kepulangan mereka. Misalnya pulanglah lebih awal, tidak berbarengan dengan puncak balik. Lalu untuk jamnya juga harus diatur sehingga kalau perjalanan pagi hari maka tidak ada terlalu mengantuk.

Terkait sistem one way informasi yang disampaikan apakah cukup membuahkan hasil?

Iya kami bersyukur kalau rekayasa yang kami lakukan tersebut cukup tepat sasaran. Skema one way dinilai cukup efektif mengurai kepadatan di jalan Tol Trans Jawa pada arus mudik tahun ini.

Untuk keputusan pemberlakuan one way siapa yang memutuskan?

Semua kebijakan terkait rekayasa lalu lintas diserahkan kepada Kakorlantas Polri sebagai komandan di lapangan.

Bagaimana dengan arus mudik melalui penyeberangan?

Trafik penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni yang akan menyeberang ke Merak, sudah kembali normal dan lancar. Arus balik diperkirakan akan mengalir dan terdistribusi hingga akhir pekan kemarin.

Untuk puncak arus balik?

Jika melihat data, puncak arus balik dari Bakauheni menuju Merak terjadi pada Minggu (9/6) atau H+3, di mana penumpang pejalan kaki mencapai 25.968 orang, roda dua mencapai 21.231 unit dan khusus mobil pribadi mencapai 19.077 unit.

Kalau dibandingkan arus mudik?

Tren puncak arus balik di Bakauheni tahun ini cukup tinggi. Bahkan mengalahkan jumlah trafik penumpang dan kendaraan saat puncak arus mudik dari Merak pekan lalu di mana trafik penumpang pejalan kaki di Merak sebanyak 20.344 orang, diikuti roda dua 14.973 unit dan mobil pribadi sebanyak 17.679 unit.

Kami coba beralih ke ojek online. Ini terkait perang tarif. Bagaimana Anda melihatnya?

Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) per 1 Mei yang lalu telah menerapkan biaya jasa yang sesuai dengan Permenhub No 12 tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat.

Dari hasil evaluasi ditemukan aplikator sering memberikan promo berupa diskon tarif yang cenderung jual rugi kepada para pengguna agar tetap diminati masyarakat. Berdasarkan hasil evaluasi penerapan Keputusan Menteri No 348 tahun 2019, Ditjen Hubdat menemukan adanya penerapan diskon ataupun promosi terhadap tarif ojek online (ojol) di luar batas wajar atau jual rugi yang melewati tarif batas bawah.

Sebenarnya boleh tidak memberikan diskon?

Sebenarnya kami tidak melarang sistem diskon bagi tarif ojek online. Kami menyarankan promosi yang berkelanjutan, tidak bakar duit. Karena ini tidak baik bagi keberlangsungan usaha, tidak hanya pada bisnis ojek online, tapi juga penyedia jasa transportasi konvensional yang juga melayani konsumen yang sama.

Lalu sudah ada komunikasi dengan pihak terkait?

Sudah, sebelumnya kami sudah konsultasi dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Bank Indonesia menyangkut masalah alat pembayaran dari aplikator. Tentang diskon ini saya rasa harus dipatuhi aplikator. Diskon tidak boleh terus menerus dan berlebihan apalagi jika melanggar tarif batas atas dan bawah, sehingga tidak berpotensi sebagai predatory pricing yaitu diskon besar-besaran sehingga malah saling mematikan (bisnis antar aplikator) satu sama lain.

Tapi untuk diskon ini apakah akan diatur khusus?

Kami mengerti kalau diskon ini dilakukan oleh entitas tersendiri bukan oleh manajemen yang sama, mungkin nanti aturan kami hanya menyangkut aturan transportasinya maka jika pihak ketiga melakukan diskon pembayarannya maka saya kira tetap koridornya menyangkut masalah transportasi dan tarif. Jadi diskon boleh atau dengan loyalty program yang sustainable sehingga tidak merusak tarif batas atas dan batas bawah.

Bagi yang melanggar akan dikenakan sanksi?

Setelah konsultasi dengan beberapa pihak, kami menegaskan jika sampai terjadi monopoli akibat predatory pricing ini maka sanksi bukanlah diterapkan dari pihaknya, melainkan dari KPPU. Promo atau diskon yang dirasa tidak sesuai tersebut adalah cara jual rugi atau menetapkan harga yang sangat rendah di bawah biaya produksi yang wajar. Harga yang sangat rendah ini bukan berasal dari efisiensi namun dari kekuatan modal.

Sebenarnya apa yang dikhawatirkan?

Dengan adanya praktik jual rugi ini dikhawatirkan akan mematikan pelaku usaha lain atau saling mematikan usaha. 

N-3

Tampilkan Semua

Teknologi Modern Memurnikan Air dari Limbah Medis

Sabtu 15/6/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebelum kembali ke alam, kontaminan seperti residu medis dan pestisida menjalani proses pemurnian air limbah terlebih dahulu. Sementara itu, perhatian terhadap kandungan mereka dalam limbah dan air minum sendiri terus berkembang secara...
Selengkapnya

Biomimetik Baru untuk Menjernihkan Air

Sabtu 15/6/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tim peneliti global telah merancang dan membuat sistem pemurnian dan pengolahan air biomimetik baru yang sangat efisien. Teknologi untuk memurnikan air dari kandungan garam saat ini dinilai masih terlalu mahal. Sehingga ke depan, untuk...
Selengkapnya

Membagi Kasih Sayang Melalui Sanggar

Sabtu 15/6/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Melalui sanggar belajar, masyarakat pra sejahtera seolah memiliki media untuk menjangkau kehidupan di luar lingkungannya. Kehidupan yang sebenarnya telah melekat pada diri manusia, seperti kasih sayang maupun berpendapat. Namun,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta