Koran Jakarta | March 30 2017

Ketimpangan Desa dan Kota Harus Segera Diatasi

Kamis 30/3/2017 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Presiden inginkan percepatan pembangunan desa dengan mengoptimalkan dana desa. Pendekatan pengembangan ekonomi desa harus integratif dari hulu sampai hilir. Presiden inginkan percepatan pembangunan desa dengan mengoptimalkan dana desa. Pendekatan pengembangan ekonomi desa harus integratif dari hulu sampai hilir.   JAKARTA -...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
Nasional

SBY Ingatkan Keberpihakan Pers

Kamis 30/3/2017 | 07:30
A   A   A   Pengaturan Font

SURABAYA - Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menerima anugerah kehormatan Prapanca Agung untuk tokoh nasional. Penghargaan itu diserahkan pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, di Gedung Grahadi Surabaya, Rabu (29/3).

Ketua PWI Jawa Timur (Jatim), Ahmad Munir, mengatakan anugerah Prapanca Agung hanya diberikan kepada tokoh-tokoh nasional yang benar-benar berprestasi dan memiliki kategori sebagai putra terbaik bangsa. “SBY merupakan orang yang pertama menerima Anugerah Prapanca Agung karena prestasinya.

Beliau merupakan putra Jatim, kelahiran Pacitan, yang telah mengabdikan dirinya untuk negara dan bangsa, dan tidak ada yang meragukan integritasnya,” tuturnya. Sementara itu, SBY dalam sambutannya menyampaikan sangat bahagia dan bangga atas penghargaan yang diberikan tersebut.

Menurutnya, pers adalah pilar demokrasi yang sangat penting karena berperan menyuarakan kepentingan rakyat, mencerdaskan kehidupan berbangsa untuk mencapai kemakmuran dan keadilan. “Pres harus fair dan ballance, berangkat dari iktikad yang baik. Saya seorang realis, di dunia tidak ada media yang tidak berpihak, tapi jangan terlalu partisan,” kata dia.

Menurut SBY, sejarah perkembangan pers dalam kehidupan demokrasi pada berbagai negara sangat panjang. Termasuk di Amerika Serikat (AS), yang selama ini dianggap maju kehidupan demokrasinya, kalangan pers sempat mengalami masa-masa sangat partisan dalam perpolitikkan.

Ia mengingatkan agar kaum pers nasional belajar dari pengalaman dan sejarah yang ada di negara lain. “Pesan saya dari Kota Pahlawan, Kota Perjuangan ini, bagaimana pers dan media tidak terlalu partisan, tidak terlalu berpihak. Komunitas pers sekarang ini tengah mendapat ujian dan tantangan sejarah. Mari kita jawab dalam hati agar lebih aman, apa ada televisi, radio, koran, media sosial yang diorganisasi yang tidak berpihak, yang tidak terpengaruh pemilik modal.

Kalau jawabannya tidak ada, sungguh bahagia masyarakat kita. Tetapi, kalau jawabannya ada, maka pers punya pekerjaan rumah besar untuk mengembalikan marwah pers yang asli,” tuturnya. Dia berharap, pidato sambutan itu tidak dibelokkan media, apalagi dibenturkan dengan rezim yang berkuasa saat ini.

SBY mengaku sudah lelah menghadapi hoax atas apa yang tidak dilakukannya. “Sempat saya berpikir, apakah tepat saat ini saya bicara soal demokrasi, apakah nanti ada pihak yang tidak nyaman atas pidato ini. Tapi, setelah saya pikir, tentu tidak baik bila tiba-tiba takut bicara di negara sendiri. Pertemuan saya dengan Presiden Jokowi berlangsung dengan baik dan konstruktif, jangan nanti dibenturkan,” pungkas dia. SB/E-3

Tampilkan Semua

Jatim Perkuat Kerja Sama Riset dengan Swiss

Kamis 30/3/2017 | 07:30
A   A   A   Pengaturan Font
SURABAYA – Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) memperkuat kerja sama dengan Swiss dalam bidang riset perguruan tinggi untuk menghasilkan produk-produk industri yang lebih baik. Hal itu disampaikan Gubernur Jatim, Soekarwo,...
Selengkapnya

Program CSR Belum Berdampak pada Pengentasan Kemiskinan

Kamis 30/3/2017 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Pengelolaan program Corporate Social Responsibility (CSR) belum optimal sehingga belum berdampak pada upaya mengentaskan kemiskinan. Penulis buku CSR and Sustainable Development: Social Capital and Corporate Development in...
Selengkapnya

Semua Perwira Polri Wajib Serahkan LHKPN

Kamis 30/3/2017 | 06:50
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Semua perwira Polri akan diwajibkan menyerahkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) secara berkesinambungan. Kewajiban itu tertuang dalam Peraturan Kapolri (Perkap) tentang LHKPN yang saat ini tengah digodok....
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
Mondial

Hillary Kritik Presiden Trump

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Hillary Clinton kembali ke arena politik AS. Selain menumpahkan kekecewaan atas hasil pilpres, Hillary juga mengkritik kinerja Presiden Donald Trump.

SAN FRANCISCO – Setelah menghilang dari pandangan publik setelah kalah dalam pemilu Amerika Serikat (AS) November 2016, mantan calon presiden dan mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Hillary Clinton, untuk pertama kali muncul dihadapan publik AS dan menyatakan kembali ke arena politik.

Setelah gagal untuk kedua kalinya menjadi Presiden AS, Hillary jarang sekali memberikan pidato dalam acara-acara pertemuan publik. Dia terlihat sangat menarik diri sejak kekalahan pemilu 2016 dan memilih lebih banyak menghabiskan waktu di kediamannya di New York bersama suaminya. Hillary terakhir kali tertangkap kamera menghadiri acara inaugurasi Presiden Donald Trump.

“Tidak ada tempat bagi saya, selain bersama Anda disini, ketimbang di Gedung Putih,” pidato Hillary, dalam pidato sambutannya di acara konferensi tahunan yang diselenggarakan oleh Professional Business Women of California, Selasa (28/3).

Dalam konferensi itu, Hillary banyak berbicara soal kesetaraan perempuan. Sesekali, dia melontarkan kritik terhadap Presiden Trump dan Partai Republik, serta kekecewaannya terhadap hasil pemilu AS 2016.

“Sangat jelas hasil pemilu bukan sesuatu yang saya harapkan, tetapi saya tidak akan berhenti berbicara,” ucap Hillary.

Hillary tidak menyebut nama Trump satu kali pun dalam pidatonya, tetapi dia menggunakan simbolisasi. Menurutnya berdasarkan pidato inaugurasi Trump, akan sulit untuk menentang pemerintah AS saat ini, khususnya untuk membujuk pemerintah agar mau bekerja sama dalam memperlakukan perempuan agar setara dalam lingkungannya, memberikan dukungan pada mereka dan partisipasi yang adil bagi perempuan dalam perekonomian.

Dalam konferensi tersebut, Hillary menyerukan adanya kebutuhan peningkatan hak-hak perempuan dewasa dan remaja, dimana hal ini sebetulnya merupakan sebuah usaha yang belum rampung pada abad ke-21. Pada pidatonya, dia menyimpulkan bahwa dia akan kembali muncul untuk memperjuangkan kemajuan hak-hak perempuan.

“Beberapa bulan terakhir belum seperti yang saya bayangkan meskipun saya tahu apa yang saya perangi. Saya berperang untuk sebuah keadilan, hati yang lapang dan Amerika yang terbuka. Untuk usaha yang belum selesai pada abad ke-21, saya sudah tidak sabar lagi. Sekarang adalah waktunya untuk menuntut kemajuan yang ingin kita lihat dan saya akan berada disana bersama Anda dalam setiap langkah,” tegas Hillary.

RUU Kesehatan

Hillary sebelumnya telah berulang kali mendorong para peserta konferensi yang hadir agar jangan berdiam diri dan menyampaikan simpati kepada perempuan bekerja yang telah dilecehkan, seperti komentar-komentar mengandung pornografi atau mencoba melindungi mereka. 

Dia mengkritisi kelompok-kelompok laki-laki di pemerintahan, yang membuat keputusan soal kesehatan perempuan. Kritik tersebut ditujukan pada politisi Partai Republik, yang baru-baru ini kalah dalam upaya meloloskan rancangan undang-undang (RUU) kesehatan untuk memangkas pendanaan Planned Parenthood selama 1 tahun.

Sebuah analisa yang dilakukan oleh Congressional Budget Office menyebut, RUU ini bisa membuat 24 juta jiwa masyarakat AS tidak memiliki perlindungan kesehatan hingga beberapa dekade ke depan.

“Ketika RUU penuh bencana ini gagal, maka ini adalah kemenangan bagi seluruh masyarakat AS,” kata Hillary, yang disambut tepuk tangan meriah peserta konferensi. 

Hingga akhir pidatonya, Hillary tidak menyebut secara spesifik kemana dia akan menghabiskan waktunya atau bagaimana dia memfokuskan upaya-upayanya. Dia hanya mempertegas, bahwa dia tidak akan keluar dari sorotan publik AS. uci/CNN/Rtr/I-1

Tampilkan Semua

Korut Diduga dalam Tahap Akhir Uji Coba Nuklir

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
PYONGYANG – Citra satelit yang diambil pada akhir pekan lalu di pusat uji coba nuklir Korea Utara (Korut), Punggye-ri, mengindikasikan bahwa pemerintah Korut sudah dalam tahap akhir untuk uji coba nuklir yang ke-6 kalinya. Demikian...
Selengkapnya

Parlemen Skotlandia Dukung Usul Sturgeon

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
EDINBURG - Parlemen Skotlandia pada Selasa (28/3) melakukan pemungutan suara untuk menindaklanjuti usul Menteri Utama Skotlandia, Nicola Sturgeon, tentang referendum ke-2 bagi kemerdekaan pada akhir 2018 atau 2019, setelah persyaratan...
Selengkapnya

Trump Teken Perintah Pembatalan Kebijakan Iklim

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
WASHINGTON DC – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, pada Selasa (28/3) menandatangani perintah eksekutif bagi pembatalan aturan perubahan iklim era mantan Presiden Barack Obama.  Langkah ini diambil Trump untuk...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Emiten Media Bukukan Pendapatan Rp2,68 Triliun

Kamis 30/3/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) pada 2016 berhasil membukukan pertumbuhan pendapatan sebesar 2,68 triliun atau tumbuh sebesar 27 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 2,10 triliun rupiah. Capaian ini juga ditopang oleh keberhasilan VIVA meningkatkan jumlah pemirsa atau audience shares selama 2016.

Presiden Direktur VIVA, Anindya N. Bakrie mengatakan pertumbuhan pendapatan VIVA sebesar 27 persen secara year on year (YoY), membuat VIVA optimistis dalam persaingan industri penyiaran. “Pertumbuhan pendapatan VIVA di industri yang mencapai 27 persen, lebih besar jika dibandingkan dengan pertumbuhan pendapatan rata-rata industri sebesar 22 persen YoY,” ungkapnya, Rabu (29/3).

Peningkatan pendapatan VIVA juga diikuti dengan peningkatan EBITDA. Pada 2016, EBITDA VIVA dibukukan 858 miliar rupiah atau tumbuh 37 persen YoY. Seiring peningkatan EBITDA tersebut, marjin EBITDA VIVA tahun 2016 mencapai 32 persen, dibandingkan periode 2015 yang mencapai 29,8 persen YoY. “

Kami akan berusaha untuk terus meningkatkan marjin EBITDA VIVA,” ucapnya. Menurut Anin, pertumbuhan pendapatan VIVA, khususnya ANTV adalah buah dari penerapan strategi yang ditetapkan oleh manajemen ANTV pada akhir kuartal ketiga 2013, yaitu mengubah fokus bidikan pemirsa menjadi wanita dan anak-anak.

Sejak strategi ini diterapkan, ANTV secara konsisten berhasil meningkatkan TV share melalui penyajian program - program unggulan yang berkualitas yang tepat bagi para pemirsa dan pengiklan. “Diharapkan VIVA dan seluruh entitas anak dapat melanjutkan kinerja yang baik di masa mendatang,” tukasnya.

Ditambahkan Anin, ke depannya melalui perkembangan dan sinergi yang ingin dicapai oleh Grup VIVA adalah k mendorong bisnis melalui digital dan menggunakan viva.co.id sebagai pendukung ANTV dan TV One. Grup VIVA berpotensi untuk ditumbuhkembangkan dan tetap menjadi market leader di industri.

“Kami sangat percaya bahwa sinergi digital antar ANTV, tvOne dan viva. co.id adalah “winning formula” untuk pertumbuhan masa depan grup VIVA,” pungkasnya. Secara keseluruhan selama 2016 VIVA Group berhasil meraih audience shares sebesar 19,4 untuk all people dan terus meningkat terus pada 2 bulan pertama pada 2017 yaitu Januari sebesar 20,6 dan Februari sebesar 20,5 menjadikan VIVA sebagai grup media dengan pertumbuhan audience shares tertinggi di industri TV Free To Air 2 tahun terakhir. (Sumber Nielsen TA All People, 1 Jan – 28 Feb 2016, 1 Jan – 28 Feb 2017).

ANTV sendiri meraih audience shares rata-rata 14,0 (sumber Nielsen Media Research 1 Januari 2001 sampai 31 Desember 2016).

 

yni/AR-2

Tampilkan Semua

Kepemilikan Asing di SUN Meningkat

Kamis 30/3/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Secara year to date (ytd) nilai net buy investor asing telah masuk ke pasar SUN sebesar 48,6 triliun rupiah. JAKARTA - Porsi kepemilikan asing di dalam Surat Utang Negara (SUN) masih cukup besar mengalami peningkatan. Meski investor asing...
Selengkapnya

IHSG Bergerak “Mixed” Tertekan

Kamis 30/3/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan akan bergerak cenderung variatif atau mixed tertekan pada perdagangan hari ini (30/3). Pergerakan IHSG secara teknikal kembali mencetak rekor baru dengan bergerak mendekati level...
Selengkapnya

KRAS Targetkan Pendapatan Tumbuh 48,48 Persen

Kamis 30/3/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Emiten baja pelat merah, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) menargetkan pendapatan bersih 2017 meningkat 48,47 persen menjadi 1,99 miliar dollar AS, dibandingkan tahun lalu sebesar 1,34 miliar dollar AS. Perseroan juga...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Selamatkan Ekonomi Riau dengan Pariwisata

Senin 27/3/2017 | 06:20
A   A   A   Pengaturan Font

Akibat bergantung pada komoditas minyak dan gas (Migas) serta perkebunan yang harga komoditas dari kedua sektor itu terus turun, sejak 2015, Riau mengalami keterlambatan ekonomi. Untuk mengatasinya, Provinsi Riau mencoba mengaktifkan sektor pariwisata agar dapat menyelamatkan perekonomian daerah tersebut. Untuk mengetahui upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, wartawan Koran Jakarta, Muhammad Zaki Alatas berkesempatan mewawancarai Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, pada acara launching “Calendar of Event Riau 2017”, di Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jakarta, baru-baru ini.

Apakah sektor Migas dan perkebunan sudah tidak menguntungkan lagi? Kami tidak pungkiri bahwa harga komoditas dari kedua sektor itu terus turun. Pertumbuhan ekonomi 1,20 persen 2016. Pada tahun ini, menurut saya, tiga persen juga susah.

Lalu, apa yang akan dilakukan? Saat ini, kami berusaha mengaktifkan kembali sektor pariwisata. Kami akan berusaha agar pariwisata bisa menyelamatkan perekonomian Riau.

Potensi apa saja yang akan dimanfaatkan? Kami akan memanfaatkan potensi wisata budaya dan alam Riau secara maksimal. Potensi wisata dari empat sungai besar di Riau, yakni Sungai Rikan, Siak, Indragiri, dan Kampar diyakini bisa mendongkrak pariwisata Bumi Lancang Kuning.

Hanya itu? Tentu tidak. Kami mempunyai potensi wisata yang kami andalkan, yaitu Bono. Pemerintah telah menetapkan Bono sebagai ikon budaya Riau. Wisata ini menarik sebab di dunia ini wisata selancar di sungai itu hanya ada dua, yakni di Sungai Amazon, Brasil, dan di Kampar ini. Maka Bono dijadikan ikon wisata Riau.

Bagaimana dengan target wisatawan? Pemprov Riau bertekad meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman). Menurut perhitungan Pemprov, jumlah kunjungan 100.000 Wisman tahun ini.

Lalu, target jangka panjang? Kami akan terus wujudkan mimpi kita agar pada 2020 Riau menjadi pusat kebudayaan melayu. Ini target jangka panjang kami. Lalu, dukungan dari Kemenpar bagaimana? Iya, untuk menggerakkan sektor ini, kami mendapat suport penuh dari Kemenpar. Dukungan tersebut, antara lain dalam mewujudkan “Calendar of Event Riau 2017” dengan tagline “Riau Menyapa Dunia”. N-3

Tampilkan Semua

Pergub DIY Taksi “Online” Segera Diterbitkan

Senin 20/3/2017 | 07:20
A   A   A   Pengaturan Font
Dalam dua minggu terakhir pemberitaan mengenai pelarangan taksi online di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) cukup menyita perhatian publik. Pemicunya salah satunya adalah pernyataan Plt Kepala Dinas Perhubungan DIY, Gatot Saptadi yang...
Selengkapnya

Terapkan “Smart City” Kota Bandung di Daerah Lain

Senin 13/3/2017 | 06:31
A   A   A   Pengaturan Font
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, mengapresiasi konsep smart city di Kota Bandung. Konsep ini bisa diterapkan di seluruh kota di Indonesia untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakat. Imbauan ini disampaikan saat Mendagri...
Selengkapnya

6.329 Rumah Terendam Banjirada

Rabu 8/3/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Akibat curah hujan tinggi membuat Sungai Kuantan menggenangi 6.329 rumah dan areal persawahan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi. KUANTAN SINGINGI - Sebanyak 6.329 rumah di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Pengembang Ekspansi Mal di Koridor Cinere

Senin 27/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Koridor Cinere menjadi salah satu wilayah favorit untuk hunian di Jabodetabek. Selain landed house atau rumah tapak dan hunian vertikal ‎(apartemen), integrasi hunian berkonsep superblok juga marak dibangun. 

Misalnya saja, ‎pengembang properti nasional Megapolitan Developments, melalui anak usahanya PT Mega Pasanggrahan Indah, terus memacu pengembangan kawasan superblok terpadu. Megapolitan membangun superblok seluas 15 hektar di wilayah Cinere yakni Centro Cinere.

Pengembangan yang dilakukan yaitu membangun pusat perbelanjaan (mal) dan kuliner Cinere Terrace Walk yang terhubung dengan pusat perbelanjaan Cinere Bellevue Mall yang sudah beroperasi sejak 2014.

Menurut Managing Director Megapolitan Developments, Ronald Wihardja, penambahan area pusat perbelanjaan ini dilakukan berdasarkan tingginya tingkat hunian di wilayah Cinere. 

“Saat ini Cinere menjadi salah satu wilayah favorit untuk hunian karena lokasinya yang strategis yaitu dekat dengan Jakarta Selatan dan ditunjang oleh berbagai akses tol. Seiring dengan pertumbuhan hunian, kami melakukan ekspansi pusat perbelanjaan yang nyaman sehingga warga Cinere tetap dapat melakukan segala pemenuhan kebutuhan sehari-hari di wilayah ini,” ujarnya. 

Cinere Terrace Walk merupakan area komersial yang berada di bawah apartemen Cloud Tower dan Sky Tower dengan luas lahan 1,8 hektar.

Saat ini pembangunan Cinere Terrace Walk sudah dilakukan penutupan atap pada Jum’at, 24 Maret 2017. “Cinere Terrace Walkdirencanakan akan mulai beroperasi pada tahun 2018”," ungkap Ronald. 

Cinere Terrace Walk mengusung konsep fresco dining food terrace yang modern dengan shopping arcade yang berada di lantai dasar sampai lantai tiga bangunan apartemen dengan ketinggian 18 lantai.

Megapolitan Developments menargetkan serah terima unit dilakukan di tahun yang sama dengan beroperasinya Cinere Terrace Walk. Pusat perbelanjaan ini juga terintegrasi dengan apartemen Cinere Bellevue Suites yang telah terjual habis di tahun 2014 dengan total 1.069 unit. 

Saat ini tingkat hunian di apartemen tersebut mencapai sekitar 85 persen. "Kehadiran Cinere Terrace Walk bukan hanya sekadar menjadi fasilitas komersial saja, kami yakin kedepan proyek ini akan menjadi pusat komersial dan lambang gaya hidup di wilayah Cinere," ujar Ronald.  yun/E-6

Tampilkan Semua

Kawasan Industri ‎Terus Kembangkan Infrastruktur

Senin 27/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pengembangan kawasan industri harus didukung oleh pembangunan infrastruktur ‎yang memadai. Tanpa layanan dan tata kelola infrastruktur yang baik, kawasan industri hanya akan menjadi commercial area yang tidak kompetitif bagi tenant...
Selengkapnya

Menata Broker Lewat Sertifikasi

Senin 27/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Untuk menjadi agen realestat sukses, banyak tantangan yang harus dihadapi dan ilmu yang harus dikuasai. Karenanya, diperlukan standar kompetensi dan sertifikasi bagi para agen realestat. Di tengah perkembangan industri properti di tanah...
Selengkapnya

Amazing March di BSD City

Senin 20/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Konsep smart city mengembangkan kawasan urban dengan menciptakan pembangunan ekonomi berkelanjutan dan peningkatan kualitas hidup. Kawasan ini memiliki keunggulan di berbagai bidang seperti ekonomi, mobilitas, lingkungan, masyarakat,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Vendor Layani Belanja Buah via “Online”

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Layanan pesan antar kebutuhan sehari-hari seperti buah, sayur, dan lauk pauk saat ini cukup marak. Ada tiga pemain pada layanan ini yaitu Happy Fresh, Go Mart, dan Honestbee dan kemungkinan bakal bertambah.

Siapa konsumennya? Salah satu kendala sebagian ibu rumah tangga adalah berbelanja kebutuhan konsumsi sehari-hari. Mereka yang memiliki anak kecil tentu repot jika harus berbelanja ke toko, untuk memenuhi kebutuhan beras, sayuran, buah, dan bumbu dapur.

“Saya ibu rumah tangga dengan anak kecil yang tidak bisa ditinggal. Sementara kami butuh sayuran dan buah segar setiap hari untuk dikomsumsi,” ujar Hemi dalam konferensi HappyFresh di Jakarta Kamis (23/3).

Dengan kondisi ini Hemi kemudian memanfaatkan toko online HappyFresh untuk keperluan pesan antar. Lewat Happy Fresh, ia bisa memilih barang dari toko. Ia kini menjadi pelanggan aktif toko online ini dengan trafik belanja cukup tinggi.

HappyFresh saat ini menyasar kelas menengah sebagai konsumennya, yaitu orang sibuk atau ibu rumah tangga yang tidak sempat pergi ke toko untuk memenuhi kebutuhan konsumsi harian karena anak yang masih kecil, tidak ada yang mengantar, macet, dan sebagainya.

Menurut Direktur Pelaksana HappyFresh Filipo Candrini, tokonya hadir sebagai pionir aplikasi grocery shopping online di Indonesia sejak 2015. Toko daring ini melayani konsumen dengan menawarkan jasa pesan antar produk dari 7 supermarket dan 1 toko khusus, seperti Lotte, Ranch Market, Carrefour, dan lainnya.

“Happy Corporate telah mendapat  sambutan  positif  dan  menjaring 14  perusahaan  sebagai  penggunanya.  Layanan HappyCorporate  ini  sesuai  dengan  misi kami untuk  dapat  menyediakan lebih  banyak  pilihan produk dan juga melayani lebih banyak pelanggan,” ujar   Filipo di Jakarta Kamis (23/3).

Tahun  ini, HappyFresh memperkenalkan aplikasi HappyFresh versi 2.0 dengan tampilan antar-muka (user  interface) dan home screen terbaru. Happy Fresh juga  menghadirkan  fitur-fitur  lain, seperti My Items, yang  memungkinkan pelanggan untuk melakukan pengecekan terhadap produk-produk yang sering dibeli. Fitur Delivery Checker untuk melacak pesanan pelanggan.

Sedangkan fitur Shopper Notes, yang menyediakan kolom agar pelanggan dapat memberi pesan kepada personal shopper melalui aplikasi terkait spesifikasi barang yang ingin dibeli, peta terbaru, dan kolom notifikasi.

Sejak diluncurkan pada 23 Maret 2015, HappyFresh  Indonesia telah  memiliki ratusan karyawan. Saat ini  HappyFresh telah melayani lebih dari 40.000 pelanggan yang tersebar di kota Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Surabaya.  hay/E-6

 

Tampilkan Semua

Garmin Rilis Produk “Internet of Things”

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Merek yang mengembangkan produk berbasis GPS, Garmin, membawa produk gelang pintar dan kamera ke Indonesia. Dengan menggandeng Erajaya yang kini juga fokus pada penjualan perangkat internet of things (IoT), merek asal Kansas, AS, ini...
Selengkapnya

“Drone” Versi Konsumer Makin “Smart”

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Teknologi pesawat tanpa awak (drone) komersial terus meningat. Bukan sekedar mengambil swa foto (selfie) dan gambar video, namun juga dipakai untuk bermacam kegunaan seperti penyebaran pupuk, pemetaan, pencarian korban banjir, hingga...
Selengkapnya

Ponsel RAM 4G di Segmen Menengah

Kamis 23/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Setelah meluncurkan Moto Z yang bermain pada segmen atas, Lenovo meluncurkan kembali Moto M. Ponsel dengan harga 3,999 juta ini diharapkan bisa menjadi penantang lawan pada segmen menengah yang dihuni oleh banyak pemain.  Di...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Mesin Vespa Sprint dan LX Lebih Irit

Rabu 29/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Vespa memiliki bermacam varian untuk menyasar segmen konsumen yang berbeda. Khusus untuk level konsumen entry level, merek asal Italia ini menyematkan mesin terbaru pada produk Vespa Sprint 125 i-Get dan Vespa LX 125 i-get.

Keunggulan mesin i-Get pada kedua produk adalah mampu meninimalkan getaran sehingga mesin lebih halus, disamping mampu menghemat bahan bakar dan juga meningkatkan torsi. "Mesin i-get, performa lebih baik, emisi lebih baik dari yang sebelumnya," kata President Director PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega di Jakarta, Jumat (24/3).

Saat ini mesin i-Get bisa ditemui pada varian kapasitas 125cc dan 150cc.‎ Vespa Sprint 125 dan Vespa LX 125 i-get memiliki disain yang cukup menarik, yang cocok untuk generasi muda yang ingin tampil beda. "Stylish, ikonik untuk generasi muda, yang mencari detil, penyuka disain klasik.," tutur Marco.‎

Pada Vespa Sprint 125 i-Get, memiliki bentuk rumah lampu dan spion kotak. Baluran warna matte serta hadirnya stripping pada tepong dan bodi depan. Desain dasi juga direvisi pada model terbaru ini. 

‎Pada Vespa LX 125 i-get, punya muffler knalpot baru, dasi, dan velg palang lima berkelir hitam. ‎Aksen krom tertuang pada bentuk spion bulat, serta jengger pada spakbor depan. Vespa LX i-Get tampil dengan tiga pilihan warna yakni Nero Vulcano (Hitam), Rosso Dragon (Merah), dan Giallo Lime (Kuning). “Warna merupakan kunci karakteristik generasi muda,” ungkap Marco.

Sementara Vespa Sprint i-Get hadir dengan lampu depan kotak ditambah velg dan warna grafis kontras, yang diklaim memunculkan kesan modern dan fashionable. Model ini tersedia dalam tiga varian warna, yakni Titanium Grey, Red Matte dan Green Matte, 

Vespa Sprint 125 i-Get dibanderol dengan harga 31,5 juta rupiah on the road di Jakarta, sementara skuter LX 125 i-Get dijual dengan harga 29,9 juta rupiah on the road, juga di  Jakarta. hay/E-6

Tampilkan Semua

Fitur Berlimpah MPV Premium

Rabu 29/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Keluarga kelas atas membutuhkan kendaraan multiguna (MPV) premium untuk mendukung keselamatan, kenyamanan, dan hiburan. Pabrikan otomotif merespons dengan menawarkan fitur berlimpah untuk memenuhi harapan konsumen di segmen MPV. Kalau...
Selengkapnya

Mobil Penumpang Perlu Oli Khusus

Rabu 29/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kemacetan parah membuat mesin menjadi panas. Mesin panas membuat piston menjadi lunak, pembakaran tidak sempurna dan pelumas atau oli menjdai mudah rusak. Pada kondisi ini dibutuhkan pelumas berkirja tinggi yang tahan panas, awt, dan...
Selengkapnya

Merek Eropa Pasarkan Model Truk Murah

Rabu 22/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Mercedes-Benz saat ini memiliki model andalan untuk bermain pada segmen truk kelas bawah, yaitu Axor. Truk buatan India dengan harga terjangkau ini akan segera dirakit di Indonesia agar bisa bersaing dengan merek Jepang. Ada lima tipe...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
Olahraga

Alexis Sanchez Teladan Bagi Pemain Arsenal

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pemain Arsenal harus mencerminkan sikap tidak pernah menyerah dan selalu bekerja keras seperti yang dicontohkan striker Alexis Sanchez jika mereka berharap untuk menyelamatkan diri dari musim buruk. Hal itu diungkap mantan bek Inggris Sol Campbell.

Sanchez menjadi pahlawan kemenangan Chile di kualifikasi Piala Dunia ketika mengalahkan Venezuela 3-1, Rabu (29/3) WIB. Dia mencetak gol pertama Chile pada menit ke-4, bintang Arsenal itu juga memberikan assist pada Esteban Paredes menit ke-7 dan ke-22.

Jika Chile berhasil mempertahankan kemenangan, maka pasukan Juan Antonio Pizzi itu akan naik ke peringkat empat untuk membuka peluang lolos langsung ke Rusia.

 “(Arsenal butuh) lebih banyak pemain dengan mentalitas seperti Sanchez,” ujar Campbell, yang memenangi dua gelar liga dan dua Piala FA bersama Arsenal, kepada ESPN.

“Saya berpikir bahwa bagi saya mereka membutuhkan lebih banyak pemain seperti itu di lapangan. Dia memiliki segalanya. Jika ingin memenangkan sesuatu, Arsenal harus memiliki lebih banyak orang-orang seperti itu,” sambungnya.

Sanchez yang kini berusia 28 tahun, dilaporkan mengulur-ulur pada kesepakatan baru dengan klub, telah mencetak 22 gol musim ini. Tapi dia frustrasi dalam beberapa pekan terakhir karena kegagalan Arsenal untuk bersaing meraih trofi musim ini.

Campbell, yang kini menjadi asisten pelatih Trinidad dan Tobago, juga meyakini prestasi pelatih Arsene Wenger di Arsenal tidak boleh dilupakan di tengah isu-isu saat ini. “Dia lolos ke Liga Champions untuk 20 tahun terakhir dan itu adalah fenomenal.” ben/Rtr/S-1

 

 

Tampilkan Semua

Italia Optimistis

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
AMSTERDAM – Pelatih Italia Giampiero Ventura memprediksi tim asuhannya berpotensi mengejutkan Piala Dunia 2018 setelah mereka menang 2-1 atas Belanda. Pada pertandingan persahabatan yang berlangsung Rabu (23/3) dini hari WIB,...
Selengkapnya

Essien Abaikan Kritik

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG – Marquee player (pemain yang pernah bermain di Piala Dunia) milik Persib Bandung, Michael Essien mulai melakukan latihan perdana bersama klub barunya, Rabu (29/3). Pemain asal Ghana yang sempat menjadi andalah Chelsea dan...
Selengkapnya

Brasil Kian Kokoh di Puncak

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
SAO PAOLO – Philippe Coutin­ho, Neymar dan Marcelo mem­bawa Brasil mengalahkan Para­guay 3-0 pada pertandingan ke-14 Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Sao Paolo, Brasil, Rabu (29/3). Keme­nangan tersebut memastikan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Embung dan Kedaulatan Pangan

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Oleh Suyatno

Harapan Presiden Joko Widodo setiap desa menganggarkan pembangunan embung sangat penting guna mewujudkan kedaulatan pangan desa seluruh Tanah Air. Langkah secara konkret ditempuh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengarahkan alokasi tambahan 20 triliun rupiah dana desa untuk membangun embung (waduk mini) tiap desa. Salah satu tujuan membangun embung agar dapat meningkatkan produktivitas lahan pertanian desa. Embung diharapkan mampu menggandakan produksi pangan dari indeks pertanaman dari 1,4 kali menjadi 2–3 kali setahun.

Jumlah embung desa memang terus ditingkatkan jumlahnya. Tahun ini diharapkan ada 30.000 embung dibangun dengan dana desa. Anggaran 20 triliun merupakan bagian dari 60 triliun dana desa tahun 2017 untuk 74.900 desa. Setiap desa menerima rata-rata 800 juta. Alokasinya untuk membangun sebuah embung antara 200 juta dan 500 juta rupiah. Pembangunan embung diputuskan melalui musyawarah tiap-tiap desa.

Menurut Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, ada sekitar empat juta hektare lahan tadah hujan kurang produktif akan mendapat manfaat dari tambahan pembangunan waduk mini baru ini. Desa dengan lahan pertanian non-irigasi atau tadah hujan akan bisa dimanfaatkan sepanjang tahun. Embung penopang produksi pangan baik padi, jagung, bawang, ketela pohon, kedelai, maupun komoditas pangan lain. 

Embung merupakan cekungan penampung air irigasi. Asal air yang ditampung bisa dari air sungai atau hujan. Embung bisa dibangun di desa yang memiliki sungai dan tidak. Embung bisa untuk menampung air hujan saja. Embung mencegah banjir saat musim hujan dan mengatasi kekeringan saat kemarau. 

Banjir banyak menimpa desa-desa selama 2016. Contoh, banjir menerjang desa-desa di Bima, NTT, dan merendam ribuan rumah. Kerugiannya lebih dari satu triliun rupiah. Demikian juga 13 desa Sampang, Madura terendam. Empat desa di Buleleng, Bali juga diterjang banjir bandang. Di Gresik ada sembilan desa terendam karena luapan Bengawan Solo. Banjir melanda desa juga menelan korban jiwa di Garut, Jawa Barat, dan Banyumas, Jawa Tengah.

Sementara itu, giliran musim kemarau, kekeringan melanda sejumlah besar desa. Selama 2016, kekeringan berdampak luas di sejumlah desa. Ada 375 desa di NTT krisis air bersih. Kemudian, empat desa di Sumenep kekeringan. Sebelumnya, 46 desa di Sampang juga mengalaminya. Dalam waktu hampir bersamaan, 115 desa di lima Kecamatan Gunungkidul, Yogyakarta, juga dilanda kekeringan. Ini suatu keadaan yang ekstrem antara dua musim. 

Embung untuk menampung air sungai atau hujan bermultifungsi. Saat ini, air sungai desa yang melimpah saat hujan cepat hilang mengalir. Dulu, pada era tahun 80-an, setelah hujan, air sungai-sungai desa di Yogyakarta masih melimpah hingga dua atau tiga hari sesudahnya. Kini, tinggal bertahan bebarap jam. Itu pun sudah berubah dari air sungai yang jernih menjadi keruh. Embung dapat menampung air sungai agar bertahan lama serta mengendapkannya menjadi jernih.

Air hujan bisa ditampung untuk persediaan saat kemarau. Embung adalah tampungan besar yang bisa menyimpan ribuan kubik air hujan. Penggunaannya bisa diatur menyesuaikan kebutuhan dan ketersediaan air pada waktu kemarau saja. Selama hujan, persediaan air melimpah sehingga embung menjadi tabungan air.

Manfaat 

Embung bisa dibangun di daerah dataran tinggi yang tidak dilalui aliran sungai. Air embung bisa berasal dari air hujan. Perbukitan yang dulu gersang bisa memiliki persediaan air. Perbukitan perdesaan yang biasanya gundul pada musim kemarau sehingga banyak tanaman mati karena kekurangan air, bisa bertahan dengan irigasi dari waduk mini tersebut. 

Kedaulatan pangan desa semakin mendesak bagi masyarakat. Peran embung terkait kedaulatan pangan, terutama guna mengurangi faktor gangguan akibat kekeringan. Embung menjadi pilar dalam produksi pangan desa sehingga penduduk dekat dengan sumber makanan dan terhindar dari persoalan distribusi. Embung mendorong terciptanya swadaya pangan penduduk desa. 

Waduk juga bisa mendukung intensifikasi pertanian sehingga bisa meningkatkan frekuensi panen. Ini terutama tanaman padi dari setahun sekali menjadi dua atau tiga kali setahun. Kelipatan hasil pertanian akan bisa diwujudkan para petani desa dengan ketersediaan air.

Selain itu, penampungan air juga menopang diversifikasi pertanian. Peningkatan hasil pertanian melalui variasi jenis tanaman seperti pola tumpang sari. Sawah di Jawa bahkan disela-selanya dapat diselingi tanaman untuk ternak. Peningkatan hasil ternak akan menaikkan produksi protein hewani warga desa.

Dalam embung juga dapat disebar ikan untuk usaha perikanan yang diharapkan bisa mencegah kemungkinan perkembangan jentik nyamuk. Sementara, sekitar embung juga bisa dikembangkan kolam-kolam ikan menggunakan sistem pengairan berbasis.

Dalam sejumlah embung di Kulonprogo, Yogyakarta, kini menjadi objek wisata baru yang menarik baik domestik maupun mancanegara. Waduk yang dibangun indah dikelilingi taman atau kebun berbagai buah-buahan. Semua tanaman memperoleh suplai irigasi dari embung tersebut yang terletak di perbukitan pedesaan. Di situ juga terdapat panorama pemandangan yang menawan lengkap dengan udara sejuk.

Penduduk desa harus ikut mengelola dan merawat embung secara aktif bergotong-royong. Ketentuan penggunaan air dilakukan secara musyawarah warga atau kelompok tani. Kedaulatan pangan harus diupayakan mulai dari desa. Embung memiliki peran strategis dalam turut menciptakan kedaulatan pangan perdesaan. Ini bisa jadi terobosan mengatasi banjir dan kekeringan desa. 

Penulis Dosen Universitas Terbuka 

Tampilkan Semua

Belle, Gadis Sederhana yang Menginspirasi

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Judul : Beauty and the Beast Penulis : Madame de Villeneuve Penerbit : Qanita Terbit : Februari 2017 Tebal : 244 ISBN : 978-602-402-054 5 Kisah Beauty and the Beast kembali ramai dibicarakan. Kisah ini mengingatkan dongeng masa...
Selengkapnya

Pencurian Berkas Mahkamah Konstitusi

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai garda terakhir bagi pihak yang ingin mencari keadilan, kini terus dilanda masalah. Bukan hanya oleh pimpinan, dan hakim, tetapi juga karyawan dan satuan pengamanan atau satpam. Kini, MK benar-benar...
Selengkapnya

Mengejar Target Pariwisata

Rabu 29/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Oleh Rahmat Pramulya Indonesia dengan segala potensi keindahan, kekayaan alam, dan budaya, sebenarnya mempunyai nilai tinggi dalam pasar wisata alam, lingkungan, dan budaya. Setiap turis asing menghabiskan rata-rata 1.100 dollar AS...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Program Komputer untuk Deteksi Dini Kanker

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Program komputer yang dikembangkan oleh para ilmuwan di Amerika Serikat (AS) ini adalah untuk mendeteksi kanker dan mengindentifikasi keberadaannya dalam tubuh pasien. Temuan ini menjadi bagian dari deteksi non invansi bagi deteksi kanker yang dapat dilakukan dari awal.

Dipublikasikan dalam jurnal Geomoe Biol­ogy, para peneliti dari University of California, Los Angeles, AS ini telah mengem­bangkan sebuah program komputer untuk program deteksi dini kanker pada pasien. Program komputer ini secara bersama-sama dapat men­deteksi keberadaan kanker dengan mengidentifikasi keberadaan kanker tersebut di dalam tubuh pasen serta jenis kanker. Semua hanya dilaku­kan menggunakan sampel darah pasien.

Adalah Profesor Jasmine Zhou, co-penulis dalam riset ini, sekaligus ilmuwan yang memimpin peneli­tian ini melihat pentingnya upaya diagnosis dini terhadap kanker bagi masyarakat. Deteksi dini terhadap kanker, diharapkan dapat menekan angka kematian akibat kanker yang terus meningkat dari tahun ke ta­hun.

“Diagnosis kanker non-invasif adalah sangat penting, karena hal ini memungkinkan diagnosis dini kan­ker dan sebelum kanker tertangkap. Pada akhirnya akan semakin tinggi kesempatan bagi pasien untuk me­ngalahkan penyakit kanker ini,” kata Zhou.

Menurut Zhou, ia dan timnya telah mengembangkan sebuah tes berbasis komputer yang dapat men­deteksi kanker hanya dengan meng­gunakan sampel darah tunggal. Teknologi yang mereka kembangkan ini memang masih memerlukan sejumlah pengembangan ke depan dan masih membutuhkan beberapa tes untuk validasi lebih lanjut. Na­mun, Zhou dan rekannya, melihat teknologi ini memberikan potensi yang cukup besar untuk dikembang­kan menjadi sistem deteksi dini kan­ker yang membawa manfaat besar bagi masyarakat.

Program yang dikembangkan ini tidak hanya dapat digunakan untuk deteksi dini keberadaan kanker melalui sampel darah tunggal. Hasil yang terbaca juga menunjukkan jenis kanker yang ada termasuk ke­beradaan kanker itu sendiri dalam tubuh.

Program ini bekerja dengan men­cari pola molekul tertentu dalam DNA (Deoxyribonucleic Acid / Asam Deoksiribo Nukleat) kanker yang bebas mengalir dalam darah pasien dan membandingkan pola tersebut terhadap database epigenetik tumor, dari jenis kanker yang berbeda.

Database ini sendiri disusun oleh tim penulis. DNA dari sel-sel tumor diketahui berakhir di aliran darah pada tahap awal kanker sehing­ga menawarkan target unik untuk deteksi dini penyakit.

Profesor Zhou menjelaskan be­hwa timnya membangun database penanda epigenetik, khususnya pola metilasi, yang umum di banyak jenis kanker dan juga khusus untuk kanker yang berasal dari jaringan tertentu, seperti paru-paru atau hati. “Kami juga menyusun jejak molekul yang sama untuk sampel non-kanker sehingga kami memiliki jejak dasar untuk membandingkan sampel kanker. Penilaian ini dapat digunakan untuk deconvolute DNA yang ditemukan secara bebas di da­lam darah ke dalam DNA tumor dan DNA non-tumor,” tambah Zhou.

Dalam penelitian ini, program komputer baru dan dua metode lainnya disebut dengan istilah­Random Forest and Support Vector Machine dan diuji dengan menggu­nakan sejumlah sampel darah dari masing-masing kanker. Yakni terdiri dari 29 sampel darah pasien kanker hati, 12 pasien kanker paru-paru, dan 5 pasien kanker payudara. Tes dijalankan 10 kali pada setiap sam­pel untuk memvalidasi hasil.

Metode Random Forest and Sup­port Vector Machine memiliki ting­kat kesalahan secara keseluruhan (kesempatan bahwa tes menghasil­kan false positive) dari masing-ma­sing adalah 0,646 dan 0,604, sedang­kan program baru diperoleh tingkat kesalahan lebih rendah dari 0,265.

Dari hasil tes yang dilakukan menunjukan 25 dari 29 pasien kan­ker hati dan 5 dari 12 pasien kanker paru-paru yang diuji dalam pene­litian ini memiliki kanker stadium awal, dimana program ini mampu mendeteksi dalam 80 persen kasus. Meskipun tingkat DNA tumor yang ada dalam darah jauh lebih rendah selama tahap awal dari kanker ini, program ini masih mampu mem­buat diagnosis yang akurat. Dan hal ini menunjukkan bahwa metode ini memiliki potensi untuk deteksi dini kanker.

Profesor Zhou menambahkan, karena terbatasnya jumlah sampel darah, maka hasil penelitian yang dievaluasi ini hanya pada tiga jenis kanker (payudara, hati, dan paru-paru). Namun demikian, secara umum, semakin tinggi fraksi DNA tumor dalam darah maka akan se­makin akurat,” kata Zhou.

Program ini menurut Zhou adalah untuk menghasilkan hasil diagnostik. Oleh karena itu, tumor-tumor yang ada pada organ-organ tertentu seperti hati atau paru-paru lebih mudah untuk diagnosa secara awal dengan menggunakan pen­dekatan ini, daripada di organ lain seperti payudara. nik/berbagai sumber/E-6

Metode Lain Deteksi Kanker via Cek Darah

Sebuah tes RNA (Ribonucleic Acid / Asam Ribonukleat) baru dari trombosit darah da­pat digunakan untuk mendeteksi, mengklasifikasikan, dan menentu­kan lokasi kanker dengan mengana­lisis sampel setara dengan satu tetes darah. Metode baru yang dikem­bangkan ini memiliki tingkat akurasi hingga 96 persen.

Teknologi deteksi dini kanker berbasis darah terus dikembangkan oleh para ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu. Tujuannya mengarah pada tahap deteksi dini keberadaan kanker tampa perlu proses deteksi yang menyakitkan bagi pasien. Se­belum program komputer untuk deteksi kanker, ilmuwan Umeå Uni­versity di Swedia juga mengembang­kan metode tes RNA baru berbasis trombosit darah. Temuan mereka di terbitkan dalam jurnal Cancer Cell.

“Mampu mendeteksi kanker pada tahap awal sangat penting. Kami telah mempelajari bagai­mana metode berbasis darah baru dari biopsi dapat digunakan untuk mendeteksi kanker, yang di masa depan menyebabkan sebuah sampel jaringan sel invasif yang tidak perlu dalam mendiagnosis. Misalnya untuk kanker paru-paru, hampir semua bentuk kanker diidentifikasi yang membuktikan bahwa biopsi berbasis darah memiliki potensi be­sar untuk meningkatkan deteksi dini kanker,” kata Jonas Nilsson, peneliti kanker di Umeå University dan juga penulis dalam riset ini.

Dalam studi tersebut, peneliti dari Umea University, berkolaborasi dengan peneliti dari Belanda dan Amerika Serikat untuk menyelidiki bagaimana metode tes RNA baru berbasis darah dari bagian darah yang disebut sebagai trombosit dapat digunakan untuk mendeteksi dan mengklasifikasikan kanker.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa trombosit darah merupakan sumber berbasis darah lengkap dan mudah diakses untuk pengambilan sampel. Karena itu bisa digunakan dalam mendiagnosis kanker serta dalam pilihan metode pengobatan.

Sampel darah dari 283 individu yang dipelajari, 228 orang tercatat memiliki beberapa bentuk kanker dan 55 tidak menunjukkan bukti kanker. Dengan membandingkan profil sampel RNA darah, peneliti dapat mengidentifikasi adanya kanker dengan akurasi 96 persen di antara pasien. Di antara 39 pasien dalam penelitian, di mana deteksi dini kanker telah dibuat, 100 persen dari kasus dapat diidentifikasi dan diklasifikasikan.

Dalam tes tindak lanjut yang menggunakan metode yang sama, peneliti bisa mengidentifikasi asal tumor dengan akurasi hingga 71 persen pada pasien dengan kanker didiagnosis di paru-paru, payudara, pankreas, otak, hati, usus besar, dan rektum. Sampel juga bisa diurutkan dalam sub divisi tergantung pada perbedaan molekuler dalam bentuk kanker yang bisa sangat bermanfaat dalam pilihan metode pengobatan. nik/berbagai sumber/E-6

Tampilkan Semua

Festival Seni Ratu Boko Yoga Hadirkan Tema “Transform Your Body, Mind and Life”

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Hidup yang sehat serta seimbang baik jiwa, pikiran, dan tubuh tentunya menjadi harapan semua orang. Melakukan yoga, adalah salah satu cara yang dipilih banyak orang tidak hanya untuk memperoleh tubuh yang bugar namun juga untuk...
Selengkapnya

Liam Payne Sambut Kelahiran Anak

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Personel boy band asal Inggris One Direction, Liam Payne, bersama pacarnya Cheryl Cole mengumumkan kelahiran putra mereka yang belum diberi nama. Mereka mengungkapkan kabar bahagia itu dalam Instagram, akhir pekan lalu, di mana Liam...
Selengkapnya

Cegah Kanker Serviks dengan Vaksin HPV

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Hingga kini, artis Julia Perez masih berjuang melawan kanker serviks yang menggerogoti tubuhnya. Bahkan, kanker stadium 4 ini sudah menjalar ke saraf dan otaknya. Kanker leher rahim atau lebih dikenal dengan kanker serviks saat ini...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
Megapolitan

DKI Terima 150 Ribu Blangko E-KTP

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pemenang tender pencetakan e-KTP dimenangi oleh perusahaan dalam negeri, dan April mendatang mencetak 7 juta e-KTP.

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menegaskan, pihaknya telah mendistribusikan 150 ribu blangko KTP elektronik (e-KTP) untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pendistribusian ini merupakan tahap pertama setelah pihaknya menghentikan sementara pengadaan blangko e-KTP selama lebih dari dua tahun. 

“Sudah di drop kemarin, saya kira hasil akhir, nanti dikumpulkan dulu. Nanti itu nanti bulan april semuanya. Untuk DKI, tahap pertama seratus lima puluh ribu dulu. Sedangkan untuk daerah lain mungkin di bulan April itu, bertahap,” ujar Tjahjo usai Musrenbang DKI Jakarta, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (29/3).

Menurutnya, pemerintah tidak bisa langsung mencetak e-KTP sekaligus. Sebab, masih ada 4,5 juta penduduk yang sudah melakukan perekaman e-KTP, tetapi belum melakukam pencetakan, sehingga harus dilakukan bertahap. Saat ini, katanya, pemenang tender e-KTP merupakan perusahaan dalam negeri. 

“Yang mencetak e-KTP itu orang kita. Yang menang tendernya dari dalam negeri. Bulan April nanti, kita cetak hingga 7 juta e-KTP. Karena yang sudah merekam saja 4,5 juta penduduk, dan kita cadangkan 3 juta untuk mereka yang belum dapat, seperti pindah alamat atau remaja menjadi dewasa,” katanya. 

“Selama 2,5 tahun ini, enam bulan pertama itu saya hentikan mengenai e-KTP, untuk mengecek secara detil dulu. Walaupun bau-baunya sudah terasa akan berurusan dengan hukum,” ucapnya. 

Target Mendagri

Saat ini, kata Tjahjo, pemerintah telah merekam data e-KTP mencapai 96,54 persen atau sekitar 172.046.898 penduduk. Sementara yang belum melakukan perekaman mencapai 3,46 persen (6.160.452). 

“Ada 4,5 juta warga negara Indonesia yang sudah merekam data kependudukan dengan status print ready record (PRR) per Februari 2017. Mereka belum mendapatkan blangko e-KTP karena habis. Sebanyak 3,2 juta warga yang datanya belum data tunggal,” imbuhnya. 

Dari catatannya, terdapat 25,9 juta blangko e-KTP yang mulai dicetak untuk menuntaskan pencatakan e-KTP tahun 2017. Targetnya pada akhir 2017, data kependudukan yang memiliki e-KTP sebanyak 178.207.350 dari total jumlah penduduk mencapai 257.912.349. 

“Kenapa dalam 2,5 tahun sedikit terhambat. Saya baru sadar karena ada 68 pejabat kemendagri yang selalu dipanggil KPK. Juga Panitia lelang/staff kemendagri ada 40 orang, dan ada 70an pejabat atau staff dukcapil daerah yang juga dipanggil KPK. Secara psikis, hal ini mempengarusi optimalisasi kerja mereka,” tegasnya. pin/P-5

Tampilkan Semua

Kendaraan PNS Wajib Lulus Uji Emisi

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemprov DKI Jakarta melakukan uji emisi terhadap ratusan ke kendaraan dinas operasional dan kendaraan pribadi karyawan Dinas Lingkungan Hidup...
Selengkapnya

Soni Akan Keluarkan Pergub RPTRA Kalijodo

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Sejak diresmikan oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Februari lalu, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta Barat tak pernah sepi pengunjung. Setiap...
Selengkapnya

Wali Kota Bekasi Kukuhkan 150 Anggota Saber Pungli

Kamis 30/3/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BEKASI- Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengukuhkan 150 anggota Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), Rabu (29/3), yang resmi beroperasional di wilayah hukum setempat. “Semoga tim saber pungli ini mampu memaksimalkan peran...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

“Keputusan Ini Murni untuk Gairahkan Petani”

Kamis 30/3/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Kementerian Pertanian (Kementan) telah mampu menekan impor jagung hingga 66 persen atau setara dengan tiga juta ton dengan nilai sekitar 10 trilliun rupiah. Hal itu dilakukan agar devisa negara tidak terkuras dan jagung dalam negeri diserap oleh perusahaan pengguna makanan ternak.

 

Langkah awal Kementan itu tidak mudah. Selain menjadi sasaran kemarahan dan kritikan banyak pihak, harga jagung lokal justru melambung sehingga menyulitkan pengusaha pakan ternak.Kini, seiring waktu berjalan karena intervensi pemerintah pula, harga jagung lokal pun stabil. Untuk mengupas lebih dalam berikut wawancara Koran Jakarta dengan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman.


Apa alasan Anda dalam mengendalikan impor jagung?


Saya tidak peduli apa pun kata orang terkait langkah ini. Saya di-bully, tapi tutup telinga saja. Keputusan ini murni untuk menggairahkan petani di dalam negeri. Selama ini, semangat petani untuk menanam jagung lesu. Itu berdampak pada kesulitan serapan jagung oleh industri. Tetapi, dengan kebijakan ini, mereka kembali bergairah. Nyatanya, semenjak kebijakan itu, produksi jagung terus meningkat hingga 21,8 persen.

Peningkatan produksi itu terjadi di hampir semua daerah yang menjadi sentra produksi jagung, baik di Jawa maupun luar Jawa. Kita buat kebijakan karena melihat kondisi riil di petani. Potensi kita besar hanya masih salah penataan agar tersambung dengan perusahaan. Tahun ini pun kami tetap konsisten untuk tidak impor jagung.


Apakah selama ini ada desakan agar impor kembali dibuka?


Iya, selalu ada desakan. Tahun lalu ada pengusaha ternak yang minta impor dibuka. Dia mengeluhkan keterbatasan pakan jagung dalam negeri. Tetapi, saya tolak. Keuntungan importir itu besar.

Sekali lolos, keuntungannya bisa mencapai enam trilliun rupiah. Nilai yang tidak sedikit. Jadi, ketika impor dibuka, selain mereka yang untung, petani menanggung kerugian karena jagungnya tak terserap. Dampaknya, mereka enggan lagi menanam. Kita pun terusan impor, tidak henti-henti. Saya tidak mau seperti itu.


Bagaimana produksi ke depannya?


Produksi jagung diperkirakan jauh melebihi kebutuhan sekitar 18 juta ton per tahun. Hal itu seiring dengan penambahan luas tanam di banyak wilayah sekitar enam juta hektare (ha) pada tahun ini. Diperkirakan produksinya mencapai 30 juta ton dengan target produktivitas sekitar 5,3 ton per hektare.


Kami sudah gerakan daerah-daerah sentra produksi untuk tambah luasan lahan. Hari ini di Pandeglang, Banten. Bupatinya sudah siap tambah luas lahan sampai 100 ribu hektare dengan manfaatkan lahan tidur. Mereka siap menyanggah kebutuhan jagung untuk industri-industri. Hal serupa juga kami dorong di daerah-daerah lainnya.


Lalu, bagaimana mengantisipasi harga anjlok jika produksinya melimpah?


Iya, berdasarkan laporan memang ada daerah yang harganya jatuh seperti di Sulawesi. Harganya lebih rendah dari harga acuan yang ditetapkan pemerintah. Kami akan intervensi untuk kembali normal.

Memang hal ini akan berjalan buruk bila tidak segera diantisipasi. Makanya kami minta Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT) dan Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk menyerap jagung petani. Produsen jagung nasional bisa penuhi kebutuhan GPMT.


Bagaimana dengan ekspor, apakah realistis?


Pertanyaannya bagus. Indonesia akan memasok jagung ke Malaysia sebanyak tiga juta ton dalam rentang waktu tiga tahun ke depan. Baru-baru ini, Menteri Pertanian dan Industri Azas Tani Malaysia, Dato’ Sri Ahmad, datang menyampaikan hal itu.

Adapun caranya dengan memaksimalkan lahan di wilayah perbatasan seperti di Riau dan Entikong, Kalimantan Barat. Kementan memanfaatkan lahan seluas 50 ribu hektare (ha) di perbatasan. erik sabini/AR-2

Tampilkan Semua

Seleksi Selesai pada 12 April

Rabu 29/3/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Publik sempat meradang saat DPR berencana menunda uji kelayakan dan kepatutan calon komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu. Seleksi ini tidak perlu berlama-lama menunggu UU baru pemilu rampung direvisi DPR.   Setelah...
Selengkapnya

“Untuk Hindari Konflik, Kita Akan Lakukan Pengukuran Ulang”

Kamis 23/3/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Warga Pulau Pari, Kepulauan Seribu, geram dengan adanya pihak swasta yang akan mengembangkan bisnis pariwisata di sana. Pasalnya pihak swasta, yakni PT Bumi Pari Asri, dianggap telah menyerobot tanah warga untuk keperluan komersial. ...
Selengkapnya

“Kita Ingin Memberi Peluang Sama dan Iklim Usaha yang Sehat”

Rabu 22/3/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Tidak ingin konflik antara transportasi konvesional dan yang berbasis aplikasi berkepanjangan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan sejumlah cara yang diharapkan dapat membuat damai serta memberikan keadilan bagi semua pihak dan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
Edisi Weekend

“Busway” Layang dan Kenangan yang Melayang

Sabtu 25/3/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Bulan Juni nanti, katanya ada bus Transjakarta melayang di jalan atas , jurusan Ciledug–Blok M–Tendean. Rute yang menguntungkan kalau saya diundang ke studio CNN seperti selama ini di akhir pekan.

Artinya, dengan sekali jalan, hanya dengan 25 menit bisa sampai tujuan. Jalan layang sepanjang 9,3 kilometer yang dikerjakan menghabiskan bea sebesar 2,5 triliun rupiah ini memberi kesempatan penumpang naik—dan turun di 12 halte. Jalan layang itu sendiri berdiri di atas tanah setinggi 18–23 meter.

Cukup untuk disebut melayang. Dengan fasilitas, sebagian denganb lift dan eskalator, memudahkan penumpang—meskipun masih ada keluhan sana sini. Yang jelas, sebagai satu-satunya pengguna jalan, bus Transjakarta tak perlu salip-menyalip, atau ngetem berkepanjangan.


Saya termasuk yang antusias ingin menjajal. Selama ini cukup sudah penderitaan. Bagi kami yang biasa melalui jalan Ciledug–Kebayoran Lama–Baru sampai Tendean merasakan kesengsaraan yang menghimpit dada.

Saat pembangunan jalan layang, jalan di bawahnya bagai adukan kue besar yang menyesakkan. Bahkan, tanpa tambahan banjir atau hujan pun, siksaan tak terampunkan. Bukan hanya mereka yang melalui jalanan itu, melainkan juga penghuni sepanjang jalan itu.

Para pemilik kios, toko, kantor, rumah, atau tukang parkir pun terkena gangguan. Ada beberapa kios yang tutup, atau mangkrak karenanya. Pedagang asongan pun—seperti halnya “pak ogah” pengatur lalu lintas amatir, tersisih sementara. Pembangunan yang menuntut banyak pengorbanan, baik material, moral, dan kesabaran untuk tidak stres karenanya.


Saya mengingat dan mengingatkan bahwa sesungguhnya pengorbanan untuk lahirnya jalan layang bukanlah hal kecil. Saya mengingatkan bukan untuk meminta gratisan ketika pertama kali diresmikan.

Saya mengingatkan bahwa jalan busway layang (elevated) adalah hasil kebersamaan: akan kesadaran bersama, pengorbanan jangka waktu panjang, dan juga harapan. Harapan bahwa jalan layang nantinya bisa lancar, bisa tepat waktu. Bisa tetap bersih, tanpa coretan yang memalukan.

Coretan tanda frustasi, kecewa, dan tak pernah jelas—seperti yang liar di lorong-lorong. Harapan termasuk tidak menjadi tempat pacaran anak muda, seperti yang terjadi di tempat penyeberangan orang yang melintasi jalan tol—dalam atau luar kota.

Harapan berbangga bahwa pada akhirnya masyarakat Ibu Kota ini bisa memiliki yang pertama kali. Dan membuktikan kita bisa menjaga, merawat, dan karenanya bisa bersikap baik—atau lebih baik.


Saya merasakan karena mengenali jalan Ciledug–Cipulir sebelum dipotong dengan jalan JORR yang saya tuliskan beberapa kali, yang saya kenali sudut-sudutnya ketika dibangun, termasuk saya ingat di mana saya pipis.

Banyak lagi kenangan dari banyak orang yang merasakan langsung pembangunan jalanan itu lebih dari satu tahun. Lebih dari satu tahun termacetkan atau terbuntu atau terkunci dalam arti sebenarnya. Jalanan tahu-tahu ditutup satu arah, dan harus saling menunggu.

Atau crane yang terbakar Atau benda berat yang jatuh mengagetkan. Juga percikan kerikil yang menggores kaca mobil atau helm—tanpa bisa diprotes.


Saya mengingat semua pengorbanan ini , terutama untuk tujuan, inilah hasil dari perjuangan kita sendiri. Mereka yang melalui jalan itu, juga keluarganya, juga teman yang berkunjung, yang semuanya pernah mengalami disusahkan karenanya.

Juga pengorbanan besar para pekerja yang lembur, dan tetap bekerja di saat libur, yang diomeli dan paling tidak dikesalkan saat kita melewati.


Saya mengingatkan bahwa jalan layang busway ini adalah jalan kemenangan kita atas penderitaan, atas pengorbanan sebelumnya.

Selayaknya dimanfaatkan dengan baik, dinikmati sebaik mungkin, dan karena jalan di bawah menjadi lancar, dan pedagang yang terpuasakan rezekinya, kini menemukan harapan lebih baik dibanding sebelumnya. Kita semua berhak bangga dan menjaga kebanggaan ini.

Tampilkan Semua

Ikrar Nusa Bhakti

Sabtu 25/3/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik 17 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Dubes LBPP) Republik Indonesia yang akan bertugas di sejumlah negara sahabat. Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (13/3) lalu. ...
Selengkapnya

Perkembangan Hidrogel dan Biomedis

Sabtu 25/3/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Hidrogel. Karena ketangguhan dan plastisitas, substansi agar-agar ini memiliki beberapa aplikasi biomedis, termasuk perbaikan tulang rawan, implan untuk operasi invasif minimal, dan pengiriman obat. Para ilmuwan di University of Akron,...
Selengkapnya

Indonesia Darurat Rokok

Sabtu 25/3/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Berdasarkan riset Atlas Tobbaco, Indonesia menduduki ranking pertama konsumsi rokok. Jumlah perokoknya tertinggi dunia mencapai 90 juta orang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat kabinet terbatas membahas pertembakauan, Selasa...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya