Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | March 30 2020
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Aturan Karantina Wilayah Segera Dikeluarkan

Senin 30/3/2020 | 00:05
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah sedang mengatur batas-batas dan prosedur serta apa yang boleh dilakukan atau tidak saat dilakukan karantina wilayah. Pemerintah sedang mengatur batas-batas dan prosedur serta apa yang boleh dilakukan atau tidak saat dilakukan karantina wilayah.   JAKARTA – Pemerintah telah membuat...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Perkuat Pengawasan Guna Cegah Peredaran Narkotika di Lapas

Senin 30/3/2020 | 09:29
A   A   A   Pengaturan Font
Semua pihak harus bekerja sinergis mencegah peredaran narkoba, khususnya yang ada di Lapas dengan menindak tegas sipir yang terlibat pelangaran hukum.

 

JAKARTA - Kehadiran narkotika dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) makin mengkhawatirkan. Lemahnya pengawasan dan adanya oknum petugas yang bekerja sama dengan narapidana (Napi) menjadi faktor terjadinya praktik kecurangan tersebut. Untuk itu dibutuhkan langkah nyata pemerintah dan DPR dalam memutus mata rantai peredaran narkotika di penjara.

“Jika melihat kondisi saat ini pengawasan yang makin lemah kemudian perdaran itu semakin masif sehingga membuat narkoba di penjara makin tidak terkontrol. Selain pengawasan, fakta di lapangan menunjukkan lemahnya penegakan hukum terhadap sipir yang bermain dengan bandar narkoba,” kata pengamat kebijakan publik, Trubus Rahadiansyah kepada Koran Jakarta, di Jakarta, kemarin.

Atas dasar itulah, Trubus menyarankan agar pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dapat melakukan mutasi petugas secara berkala, semisal setiap satu atau dua tahun sekali. Dengan begitu, dapat menjadi solusi untuk meminimalisir peredaran narkotika di Lapas.

Di sisi lain, dia tak bisa memungkiri kurangnya petugas Lapas juga menjadi penyebab lain tindakan ilegal itu lazim terjadi. Ditambah lagi kebijakan pembatasan tenaga honorer membuat rasio jumlah petugas Lapas tidak sebanding dengan keseluruhan Napi dalam sebuah penjara.

Padahal, tambah Trubus, ada pula petugas yang bersih dan berani memerangi narkotika namun tidak jarang justru malah dipindahkan oleh Kepala Lapas (Kalapasnya) sendiri.

“Jadi ini persoalannya di pengawasan, profesionalisme petugas, dan banyak program pemasyarakatan yang tidak jalan. Misalnya mengenai pelatihan keahlian dan memisahkan Napi narkotika dalam ruang tersendiri,” jelas Trubus.

Pengawasan Ketat

Lebih lanjut dia mengatakan solusi lainnya adalah dengan melakukan rehabilitasi bagi pengguna narkotika pemula. Akan tetapi tindakan ini perlu dilakukan dalam pengawasan yang ketat sehingga para pengguna akan sembuh sempurna tanpa terjerat masuk ke lingkaran narkotika.

“Memang sebagian sudah dilakukan rehabilitasi tapi memang program rehabilitasi pengawasannya harus ketat. Tapi yang terjadi, pengawasannya lemah ya rehabilitasi tidak jalan karena kemudian kembali diserahkan kepada keluarga yang akhirnya memakai narkoba lagi,” kata Trubus.

Untuk membenahi problematika ini, menurut Trubus, terdapa beberapa langkah yang bisa diambil pemerintah. Mulai dari memastikan rancangan undang-undang (RUU) tentang Lapas dapat segera dirampungkan. Kemudian membahasnya bersama DPR hingga menghasilkan UU yang dapat diaplikasikan dengan baik dan benar.

“Pembenahan organisasi mutlak dilakukan. Semisal Direktorat Jendralnya (Dirjen) harus diisi oleh orang yang kompeten bukan dari campur tangan kekuasaan politik. Apalagi sekarang kan Lapas sudah over kapasitas, pembangungan Lapas juga tidak ada programnya tidak berjalan. Jadi memang semakin dilematis dan ironi. Kita, masyarakat maunya mereka para oknum itu harus dibabat habis,” tegas Trubus.

Di samping itu, tambah dia, anggaran pengelolaan dan pembangunan Lapas tidak berjalan optimal. Oleh karena itu dalam mengatasi minimnya anggaran pemerintah bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah (Pemda) atau swasta dalam pengadaan Lapas di wilayahnya. Terlebih, Trubus merasa Lapas yang ada saat ini kondisinya sudah banyak yang rusak dan tidak cukup menampung para Napi. yag/N-3

Tampilkan Semua

Awasi Penumpang Kapal

Senin 30/3/2020 | 09:28
A   A   A   Pengaturan Font
Sejumlah anggota TNI AD dan Polri mengawasi penumpang kapal yang tiba di Pelabuhan Bandar Sri Junjungan Dumai, Riau, Sabtu (28/3). Keterlibatan TNI pada pencegahan wabah Covid-19 ikut membantu Polri dalam melakukan ketertiban umum untuk...
Selengkapnya

Siapkan dengan Baik Sidang “Video Conference”

Senin 30/3/2020 | 09:24
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang mengupayakan persidangangan tindak pidana korupsi (Tipikor) tetap berjalan di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dengan menggunakan video conference. Supaya semua...
Selengkapnya

Jejaring Alumni Airlangga Bagikan “Hand Sanitizer”

Senin 30/3/2020 | 09:22
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Jatim for Indonesia (JFI) membagikan hand sanitizer dan sosialisasi pencegahan Covid-19 di Surabaya dan Malang, diikuti jejaring alumni Airlangga, Jaringan Arek Ksatria Airlangga (JAKA) di Surabaya dan sekitarnya. Mulai Jumat...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Paus Fransiskus Dukung Imbauan PBB

Senin 30/3/2020 | 06:53
A   A   A   Pengaturan Font

VATICAN CITY - Pemimpin Gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus, pada Minggu (29/3) mendukung imbauan Sekretaris Jenderal Perserika­tan Bangsa-Bangsa, Antonio Guterres, untuk aksi gencatan senjata global agar dunia dap­at berfokus memerangi pande­mi virus korona.

Berbicara pada pember­katan mingguan yang disam­paikan dari perpustakaan res­mi kepausan sebagai penggan­ti Lapangan St Petrus akibat karantina wilayah di Italia, Paus secara khusus menyebut seru­an yang dilakukan Guterres da­lam konferensi pers virtual pa­da awal pekan lalu.

Berbicara soal penyakit yang tak kenal batas, Paus Fransiskus mengajak setiap orang untuk menghentikan setiap bentuk permusuhan agresif dan men­dukung menciptakan jalan ba­gi bantuan kemanusiaan, up­aya diplomatik dan perhatian kepada mereka yang berada dalam situasi paling rentan.

“Komitmen bersama mela­wan pandemi bisa mengarah­kan semua orang untuk men­gakui kebutuhan kita untuk memperkuat jalinan persau­daraan sebagai sebuah anggota keluarga umat manusia,” ucap Paus Fransiskus.

Wabah virus korona saat ini telah menginfeksi lebih dari 662.700 orang di seluruh dunia dan telah mengakibatkan 30.751 orang tewas. Sekitar seperti­ga kematian terjadi di Italia se­mentara korban tewas melewa­ti 10.000 jiwa pada Sabtu (28/3), angka yang membuat perpan­jangan karantina wilayah na­sional hampir pasti dilakukan. Kasus terkonfirmasi di Italia mencapai 92.472, dan angka ka­sus itu yang terbesar sedunia di belakang Amerika Serikat (AS).

Vatikan, negara kota sel­uas 182 hektare yang dikelil­ingi Roma, mencatat enam kasus terkonfirmasi dan pa­da Sabtu. Juru bicara Vatikan, Matteo Bruni, mengatakan se­rangkaian tes dilakukan set­elah seorang pendeta yang berdomisili di tempat tinggal kepausan terbukti positif. “Se­mentara Paus dan pembantu-pembantu terdekatnya tak ter­infeksi,” kata Bruni.

Seruan Agar Peka

Dampak sosial pandemi itu melahirkan perbandingan de­ngan masa-masa pedih seperti Perang Dunia II, krisis keuangan pada 2008 dan wabah flu Spany­ol 1918 yang menewaskan seki­tar 50 juta jiwa seluruh dunia.

PBB telah berupaya meme­diasi untuk mengakhiri konflik di negara-negara termasuk Suri­ah, Yaman dan Libia, seraya juga memberikan bantuan kemanu­siaan kepada jutaan warga sipil.

Sekjen Guterres memper­ingatkan bahwa sistem kese­hatan di negara-negara yang dilanda perang telah lumpuh dan sejumlah kecil tenaga kes­ehatan yang tersisa sering jadi sasaran dalam perang.  Ant/I-1

Tampilkan Semua

Arab Saudi Tutup Akses Keluar-Masuk ke Jeddah

Senin 30/3/2020 | 06:50
A   A   A   Pengaturan Font
DUBAI - Kantor berita Saudi Press Agency (SPA) pada Minggu (29/3) melaporkan bahwa pemerintah Arab Sau­di telah menutup akses keluar dan masuk ke wilayah Jed­dah serta akan memperpanjang jam malam hingga dimulai pada jam 3 sore....
Selengkapnya

Kota Wuhan Mulai Akhiri “Lockdown”

Senin 30/3/2020 | 06:50
A   A   A   Pengaturan Font
Kota Wuhan di Provinsi Hubei, Tiongkok, yang jadi lokasi pertama kalinya wa­bah virus korona merebak, pada Sabtu (28/3) mulai mengakhiri lockdown. Diakhirinya penutu­pan kota yang telah berlangsung selama tiga bulan itu ditandai...
Selengkapnya

WHO: Obat Covid-19 Diuji Coba di Malaysia

Senin 30/3/2020 | 06:47
A   A   A   Pengaturan Font
PETALING JAYA - Malaysia dipilih oleh World Health Or­ganization (WHO) jadi salah satu negara untuk menguji co­ba keampuhan obat baru untuk mengobati pasien pengidap Covid-19. Hal itu diumumkan Dewan Keamanan Nasional Malaysia...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Polkam

30% Dana Bantuan Negara Diusulkan untuk Perempuan

Senin 24/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Untuk bisa menyiapkan calon pemimpin bangsa yang berintegritas, khususnya dari kalangan perempuan maka partai harus anggarkan dana khusus kederisasi kaum hawa.

JAKARTA - Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengusulkan 30 persen dana negara untuk par­tai politik dialokasikan untuk kaderisasi perempuan. Hal itu disampaikan karena selama ini partai mengeluh kesulitan mencari kader perempuan un­tuk dicalonkan dalam pemilih­an legislatif.

“Ada ketentuan pencalonan 30 persen dalam pemilu legis­latif (Pileg). Maka dari itu, sa­lah satu caranya adalah men­dorong alokasi 30 persen dari dana negara digunakan untuk kaderisasi perempuan,” kata peneliti Perludem, Khairunni­sa Nur Agustyati kepada Koran Jakarta, Minggu (23/2).

Untuk itu, tambah Khairun­nisa, partai pun bisa memak­simalkan sayap partai perem­puan sebagai sarana kaderisasi perempuan. Dengan begitu ke depan akan banyak muncul ca­lon pemimpim yang berintegri­tas dari jajaran internal Parpol.

Syarat Jadi Caleg

Secara khusus Khairunnisa menggarisbawahi perlunya diwujudkan demokratisasi di internal partai. Hal ini sebagai bagian dari membentuk sistem integritas partai. Dia mencon­tohkan soal syarat menjadi ca­lon anggota legislatif (Caleg). Misalnya yang mau dicalonkan sebagai Caleg, haruslah orang yang sudah menjadi kader minimal dua tahun sebelum Pemilu.

Perludem, tambah Khai­runnisa, juga mendorong sya­rat pembentukan partai politik dipermudah. Saat ini syarat pembentukan partai politik di­nilai sulit. Hal itu disebabkan biaya yang dikeluarkan mahal, Maka yang dapat mendirikan partai adalah para pemodal.

Khairunnisa menjelaskan lebih rinci. Dalam mendirikan partai harus memiliki kantor di seluruh wilayah Indonesia yaitu 100 persen di seluruh provinsi, 75 persen di kabupa­ten/kota, dan 50 persen di ke­camatan. Maka dari itu, partai tidak bisa muncul dari bawah.

“Kami mendorong agar sya­ratnya dipermudah, misalnya dengan menunjukkan dukung­an sejumlah harga satu kursi di wilayah tersebut. Kalau dia bisa menunjukkan hal tersebut maka bisa mendirikan partai, dan partai bisa muncul dari lo­kal,” jelas Khairunnisa.

Usulan lainnya, sambung Khairunnisa, yaitu terkait dis­intensif kepada partai politik. Jadi, jika Parpol yang sudah mendapatkan dana negara, te­tapi tidak dapat melaporkan­nya secara transparan maka akan dikenai disintensif.

“Disintensifnya adalah de­ngan mengurangi dana negara untuk partai tersebut di tahun berikutnya atau bahkan tidak mendapatkan dana negara sama sekali,” tukas Khairunnisa.

Sebelumnya, pengamat po­litik dari Universitas Indonesia, Ade Reza Hariyadi mengatakan bantuan dana negara untuk Parpol harus diaudit dengan baik. Hal itu menjadi kon­sekuensi Parpol sebagai pene­rima Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) se­hingga penggunaannya harus terikat dengan prinsip penggu­naan keuangan negara.

“Dengan demikian soal Par­pol menerima sumber dana dari APBN itu bisa dipertang­gungjawabkan,” kata Ade.

n dis/N-3

Tampilkan Semua

Panwas Pilkada Soppeng Dilindungi Asuransi

Jumat 7/2/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
MAKASSAR - Panitia pengawas (Panwas) pemilihan ke­pala daerah (Pilkada) Kabupaten Soppeng mendapat per­lindungan asuransi dari Badan Penyelenggara Jaminan So­sial Ketenagakerjaan. Sebanyak 611 pengawas didaftarkan pada dua...
Selengkapnya

HUT Partai Gerindra

Jumat 7/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Efek Korona

Jumat 7/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
beriklan di koran jakarta
Ekonomi

Permintaan Masker

Senin 30/3/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pekerja menyelesaikan pembuatan masker dari bahan kain katun combed di Kaos Bogor 767 Teguh Printing, Sindang Barang Pilar, Kelurahan Bubulak, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/3). Permintaan pembuatan masker di jasa konveksi kaos dan jaket di tempat tersebut mengalami peningkatan mencapai sedikitnya 2 ribu masker sementara kapasitas produksi hanya mencapai 50 lusin setiap harinya untuk memenuhi kelangkaan masker dan harga yang tinggi akibat pandemi virus korona (Covid-19).

Tampilkan Semua

Trafik Komunikasi Naik

Senin 30/3/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Warga melakukan rapat daring menggunakan layanan Telkomsel di Kota Sorong, Papua Barat, Minggu (29/3). Sejak pemberlakuan himbauan belajar, bekerja dan beribadah dari rumah oleh pemerintah, Telkomsel mencatat lonjakan trafik komunikasi...
Selengkapnya

Tata Cara Impor Minyak Perlu Dibenahi

Senin 30/3/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – PT Pertamina (Persero) perlu membenahi tata impor minyak mentah atau crude oil. Perbaikan ter­sebut meliputi transparansi pembelian minyak mentah, kondensat serta lequified pe­troleum gas (LPG) untuk kon­sumsi...
Selengkapnya

Pasokan Energi Dijamin Aman

Senin 30/3/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Saat ini, pasokan rata-rata nasional untuk BBM mampu memenuhi kebutuhan masyarakat selama 23 hari ke depan, sementara stok LPG selama 17 hari ke depan.   JAKARTA – Selama masa darurat virus korona atau Covid 19, PT Pertamina...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Mewujudkan Bengkulu yang Maju, dan Berdaya Saing

Senin 24/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Gubernur Bengkulu saat ini, Rohidin Mersyah bertekad untuk mewu­judkan Bengkulu yang ma­ju, sejahtera dan bermartabat dan berdaya saing tinggi. Un­tuk mengupas itu lebih lan­jut Koran Jakarta berkesempa­tan mewawancarai Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah. Berikut petikan wawancaranya.

Anda bertekad mewujud­kan Bengkulu yang maju. Bi­sa dijelaskan maknanya?

Bengkulu maju itu men­gandung makna masyara­kat Bengkulu yang berpenge­tahuan dan sadar akan kebu­tuhan secara individual atau kelompok. Masyarakat yang mampu menyesuaikan den­gan perkembangan dan ke­butuhan regional, nasional dan global tapi dengan tetap mempertahankan ciri dan identitas masyarakat Bengku­lu yang beragam serta bijak­sana dalam menghargai adat dan kearifan-kearifan lokal.

Jadi dalam lima tahun kepemimpinan saya, saya in­gin membangun Bengku­lu sehingga provinsi ini me­miliki keunggulan kompara­tif dan keunggulan kompetitif dibandingkan dengan dae­rah lain dalam segala aspek pembangunan. Bengkulu ber­daya saing tinggi yang in­gin kami wujudkan yang ter­cermin dalam pelayanan pub­lik, iklim usaha dan investasi, profesionalisme aparatur, per­aturan-peraturan yang di­hasilkan, dan sebagainya.

Apa saja infrastruktur strategis yang bisa men­dukung visi misi Anda membuat Bengkulu ber­daya saing tinggi?

Ya, meningkatkan kapasitas infrastruktur strategis dan berdaya sa­ing adalah salah satu yang masuk dalam visi misi ka­mi. Salah satunya, adalah meningkatkan kapasitas pelabuhan. Kami punya Pelabu­han Pulau Baai. Ini yang akan diting­katkan kapasitasnya, mengin­gat potensi peran pelabuhan Pulau Baai dalam pembangu­nan ekonomi Bengkulu san­gat besar dan penting.

Apa saja terobosan yang diperlukan untuk mening­katkan kapasitas pelabuhan Pulau Baai ini?

Ya diperlukan adanya tero­bosan kebijakan untuk opti­malisasi kapasitas pelabuhan melalui peningkatan kapasi­tas sarana dan prasarananya, maupun tata ke­lolanya, pem­bangunan dan pemban­gunan beber­apa terminal pelabuhan seperti peti kemas, benda cair, karantina hewan, termi­nal pen­gantongan semen curah. Ju­ga diperlukan pengembangan kerjasama dengan multi pihak untuk menjadikan pelabu­han Pulau Baai sebagai pusat koneksi pelabuhan samu­dera di Indonesia Bagian Barat. Peningkatan kapasitas pelabuhan ini harus mencer­minkan adanya keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif dibandingkan den­gan pelabuhan sejenis yang ada di provinsi lain.

Infrastruktur strategis lainnya yang perlu diting­katkan kapasitasnya?

Bandara udara Fatmawa­ti. Bandara ini memerlukan perluasan dari sisi kapasitas bandara sebagai sarana trans­portasi orang dan barang. Ke­mudian pembangunan sa­rana dan prasarana kargo sesuai dengan standar inter­nasional. Kami ingin menja­dikan bandara Fatmawati se­bagai pusat kegiatan lalu in­tas arus barang dan orang, paling tidak di wilayah Suma­tera bagian Selatan. Tapi per­luasan kapasitan bandara ini juga harus mampu mencer­minkan keunggulan kompara­tif dan keunggulan kompeti­tif dibandingkan dengan ban­dara lain.

Infrastruktur strategis lainnya?

Infrastrukur kelistrikan. Sekarang yang mendesak di­lakukan adalah pembangu­nan jaringan internal provinsi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan indus­tri. Kemudian pembangu­nan pembangkit listrik tena­ga batu bara (padat dan cair). Pembangunan transmisi yang menjangkau provins-provin­si tetangga. Dan re-orientasi bisnis kelistrikan Bengkulu se­bagai pemasok tenaga listrik provinsi-provinsi di wilayah Sumatera bagian Selatan.

Peningkatan akses lintas provinsi juga sangat penting. Ini untuk membuka keter­isolasian dan atau kelancaran arus barang dan orang dari dan ke provinsi Bengkulu.

agus supriyatna/AR-3

Tampilkan Semua

Layanan Kereta Api Cibatu-Garut Gratis di Awal Operasional

Jumat 31/1/2020 | 17:55
A   A   A   Pengaturan Font
GARUT – PT Kereta Api Indonesia (KAI) siap menggratiskan layanan transportasi kereta api Stasiun Cibatu-Garut di Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada awal operasional sebagai bentuk pelayanan dan menarik minat masyarakat untuk...
Selengkapnya

Pemkot Bandung Bangun Kolam Retensi di Jalan Bima Guna Cegah Banjir

Jumat 31/1/2020 | 09:44
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mulai membangun kolam retensi di Jalan Bima yang dirancang untuk mampu menampung air untuk menahan luapan dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Citepus. Wali Kota Bandung, Oded M Danial,...
Selengkapnya

Dua Unit "Solar Tree" Dipasang di Alun-alun Bandung

Kamis 30/1/2020 | 12:22
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG - Dua unit solar tree atau pohon panel surya dipasang di area Taman Alun-alun Bandung, Jawa Barat. Solar tree merupakan sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berbentuk seperti pohon yang energi listriknya dapat...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Otomotif

Sejarah Motor Bebek di Indonesia

Jumat 20/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Popularitas motor matik membuat motor bebek kini semakin ditinggalkan, meski sebagian konsumen masih tetap bertahan. Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia ( AISI), sepanjang September 2019 penjualan motor bebek mengalami penurunan tertinggi yakni 14,8 persen dibanding bulan sebelumnya, atau hanya menjadi 33.747 unit.

Motor bebek, adalah sepeda motor kecil yang dibangun di atas kerangka yang sebagian besar terdiri dari sebuah pipa berdiameter besar. Desain ini di Barat dikenal sebagai design step-through.

Meskipun posisi tangki bahan bakar,dan penahan percikan air pada motor bebek dibuat mirip dengan skuter, tetapi roda, posisi mesin, dan transmisi lebih mirip dengan desain sepeda motor konvensional. Memang ada perbedaan mendasar dalam desainnya, tapi terkadang motor bebek dipasarkan sebagai skuter di Barat.

Motor bebek sangat populer di seluruh dunia, utamanya di Asia Timur dan negara-negara Asia Tenggara, mereka mendominasi segmen pasar motor murah dengan kemudahan penggunaan seperti skuter, modelnya yang cocok untuk pria dan wanita, dan sifat pengendalian yang bisa diandalkan seperti sepeda motor.

Motor bebek dengan kapasitas mesin dari 49 cc atau kurang, biasanya akan diklasifikasikan sebagai moped di negara-negara Barat, jika mereka memenuhi persyaratan hukum setempat, biasanya kecepatan tertinggi dibatasi sampai 50 km/jam.

Konsep motor bebek dapat dilihat dalam beberapa moped Eropa pada awal tahun 1950-an, ada NSU Speed dan Heinkel Perle. Yang paling penting adalah motor bebek berbingkai tulang belakang, fairing terbuat dari plastik seperti Honda 50 yang diproduksi tahun 1958. Honda 50 ini masih diproduksi dan sudah lebih dari 60 juta unit dibuat, menjadi kendaraan terlaris sepanjang masa.

Di Barat, motor jenis ini disebut underbone, di Malaysia dan Singapura kendaraan ini umumnya dikenal sebagai Kapcai atau Kapchai, sebuah kata plesetan yang berasal dari Kanton, yang merupakan kombinasi dari kata “Cub” dari kata Honda Cub dan dalam bahasa Tiongkok yang diucapkan “jai” yang berarti “kecil”.

Oleh karena itu, Kapcai secara harfiah berarti Little Cub. Pasar motor bebek didominasi oleh pabrikan Jepang, walaupun banyak dari mereka yang dibuat di pabrik-pabrik di tempat lain, termasuk Indonesia, Tiongkok dan Thailand. Banyak peminat memodifikasi motor bebek baik untuk pertunjukan, seperti menginstal sistem suara kecil, lampu neon, dan cat secara custom atau untuk kinerja, seperti meningkatkan daya mesin dan penyetelan suspensi.

Drag racing motor bebek adalah ilegal, menjadi populer di negara-negara seperti Filipina dan menimbulkan masalah keselamatan bagi masyarakat serta pengendara itu sendiri, karena motor bebek hanya ada sedikit perlindungan untuk masalah kecelakaan.

Motor bebek awalnya masuk dan beredar di Indonesia tahun 1960. Penggunaan nama bebek sebagai salah satu jenis sepeda motor karena desainnya jika dilihat dari samping sama seperti lekukan bebek. Tahun 1980 sampai tahun 2000, motor jenis ini mengadopsi fairing tipis di kiri dan kanan yang menyerupai sayap bebek.

Mencapai Titik Jenuh

Makin maraknya motor-motor jenis skuter matik (skutik) serta tumbuhnya pasar motor sport diprediski dapat mengurangi dominasi motor jenis bebek di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan President Director PT Minerva Motor Indonesia (MMI) Kristianto Goenadi, seperti dilansir dari situs okezone. Motor jenis bebek akan mengalami titik jenuh tersendiri yang pada akhirnya akan mulai ditinggalkan oleh konsumen di Indonesia. “Boleh dibilang masa kejayaan bebek sudah sunset, beberapa pemain besar kini makin fokus di kelas motor sport maupun skutik,” paparnya.

Saat ini tren pergeseran selera konsumen dari sebelumnya menggunakan motor jenis bebek kemudian beralih ke sport maupun skutik sudah terjadi. “Kalau kita lihat di Thailand saja pasar motor bebek terus turun, dan bukan tidak mungkin ini juga terjadi di Indonesia,” katanya.

Kristianto menyebut, skutik dan sport akan makin dilirik pembeli di Indonesia. Apalagi kini skutik sudah banyak yang tampil dengan gaya sporty. Pernah Berjaya Motor bebek sempat menjadi pilihan utama konsumen Indonesia di era 1990-an. Pada masa itu motor bebek adalah raja pasar sepeda motor di Indonesia. Pada masa kejayaannya di tahun 2004, pangsa pasar motor bebek sempat menembus 90,87 persen. Kala itu, motor sport hanya bisa mengambil pasar 8,73 persen, dan skutik saat itu baru menguasai 0,35 persen.

Kehadiran motor skutik buatan Kymco dan Yamaha Nouvo belum dilirik konsumen, motor tersebut dianggap cocok untuk wanita. Periode 2007-2008, ancaman mulai terasa setelah Yamaha merilis Mio. Skutik perdana Yamaha itu sukses mencuri perhatian konsumen dan langsung melejit. Tonggak penting terjadi pada 2010, saat pangsa pasar skutik menembus 49,01 persen, hampir menjungkalkan pasar motor bebek yang sudah turun menjadi 50,85 persen.

Pada 2017, motor bebek benar-benar sudah tak bisa berkutik oleh motor skutik. Catatan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Januari-Juni 2017, dari sekitar 2,8 juta total motor yang terdistribusi dari pabrikan, motor bebek hanya bisa mengambil pasar 9,24 persen, atau tertinggal jauh dengan motor sport yang pasarnya mulai gemuk di angka 10,7 persen karena model baru yang dibarengi dengan sentuhan teknologi baru.

Sang raja skutik mampu meraih pasar 80,06 persen Kenyataan ini tak terbantahkan dengan jumlah line up masing-masing produsen motor terutama Honda dan Yamaha sebagai penguasa pasar.

Yamaha sampai saat ini mengeluarkan 9 model skutik yang sudah dirilis ke pasar, dan hanya lima untuk model bebek. Model motor bebek Honda saat ini hanya tiga model yang tersedia di pasar, sedangkan skutik sudah enam model. Motor bebek kini dalam posisi tertinggal. Pangsa pasar mereka tergerus habis-habisan oleh motor matik.

Nostalgia Motor Bebek

Tentunya para motoris di Indonesia tidak akan pernah melupakan bagaimana tangguh dan iritnya menggunakan motor jenis bebek. Pada tahun 2000-an menjadi awal mula kejayaan motor bebek.

Motor ini semakin ramai dikonsumsi baik tua maupun muda. Diantara deretan motor bebek legendaris, pastinya nama Honda Astrea merupakan pilihan untuk motor bebek.

Motor bebek ini irit bahan bakar. Maka, wajar saja menjadi kendaraan untuk sehari-hari. Sesuai perkembangan zaman, motor bebek ini mengusung desain body yang lebih besar dan kokoh. Motor ini sangat ngetren di akhir 90-an dan 2000-an. Desainnya yang sederhana dan mesinnya yang tangguh menjadikannya motor terlaris kala itu. Honda Supra.

Motor keluaran Honda ini dirilis pada 2003, sempat menjadi motor bebek paling sukses di Indonesia. Memiliki dua varian, yakni Honda Supra Fit dan Honda Supra X sebagai motor bebek pertama yang menggunakan rem cakram. Muncul juga Honda Supra-XX bebek pertama yang pakai kopling manual.

Disaat pabrikan lainnya berlomba-lomba bikin motor kencang dengan mesin 2 tak, Honda malah menciptakan motor irit, bandel dan awet dengan mesin 4 tak. Pada 2006, kembali mengangkat nama Supra si raja bebek ke posisinya yang paling tinggi, dengan membenamkan mesin baru 125cc, dan nama Honda Supra-X 125 eksis hingga tahun 2017.

Honda Supra series menjadi varian bebek tertinggi dengan membenamkan mesin 150cc DOHC, dengan nama All New Honda Supra GTR. Yamaha Jupiter. Motor bebek satu ini diproduksi oleh pabrikan Jepang Yamaha.

Penjualan Yamaha Jupiter sempat menjadi primadona kala itu. Handling yang mantap dan performa mesin yang powerful membuat motor ini jadi pesaing terberat Honda Supra. Suzuki Shogun.

Motor Suzuki ini diluncurkan untuk menyaingi Honda Supra. Shogun yang arti katanya adalah jenderal, menjadi lawan serius Honda Astrea. Kelebihan Shogun dibandingkan rivalnya adalah kualitas material motor ini yang di atas rata-rata. berbagaisumber/ars

Tampilkan Semua

Saatnya Pakai Mobil Listrik

Jumat 13/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Perusahaan data IHS Markit mengatakan, jumlah model kendaraan listrik yang tersedia untuk pembeli di Eropa, akan melonjak dari 100 menjadi 175 hingga akhir tahun depan. Sejumlah peraturan baru akan mulai diberlakukan di Uni Eropa pada 1...
Selengkapnya

APM Siap Jalankan Standar Euro 4

Rabu 11/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Mandatori penggunaan bahan campuran minyak kelapa sawit sebagai campuran bahan bakar disel atau disebut dengan Biodiesel 30 (B30) sejalan dengan penerapan Euro 4 di Indonesia. Dengan pemberlakukan B30 maka emisi yang dihasilkan setara...
Selengkapnya

Pendatang Baru di Segmen Compact SUV

Rabu 11/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pada segmen SUV kompak akan hadir penghuni baru dari tiongkok. Mobil ini menawarkan fitur yang beragam untuk bersaing dengan para kompetitor Honda HR-V sebagai penguasa pasar segmen SUV kompak sepertinya akan sedikit terusik dengan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

Belajar Gratis dari Rumah saat Korona Mewabah

Selasa 24/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kebijakan beberapa Pemerintah Daerah (Pemda) meliburkan sekolah dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus korona, bukan berarti siswa tidak melakukan proses belajar. Mereka tetap diwajibkan untuk belajar secara mendiri di rumah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan belajar online melalu platform online. Zenius sebagai penyedia konten edutech misalnya menawarkan konten gratis 80.000 video pembelajaran di seluruh platformnya tanpa terkecuali, melalui program #SemuaBisaZenius yang diluncurkan pada Desember 2019 silam.

“Hal ini dilakukan untuk memudahkan akses para siswa belajar di rumah secara mandiri dan mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional (UN),” ujar Chief Executive Officer Zenius Education, Rohan Monga, Minggu (15/3).

Menurut Rohan penggratisan ini konten belajar ini untuk merespons kebijakan dari beberapa pemerntah daerah untuk menghentikan sementara aktivitas bersekolah, serta pertimbangan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mendukung implementasi penundaan UN. “Dalam kondisi saat ini, Zenius berupaya mengerahkan seluruh upaya terbaik kami untuk mendukung kebijakan pemerintah yang sementara waktu harus melakukan kegiatan belajar mengajar jarak jauh,” ujar dia.

Video dari Zenius selain dapat diakses secara gratis, mayoritas video pembelajaran dihadirkan dengan format whiteboard yang memerlukan kuota internet paling hemat, sehingga diharapkan dapat memudahkan akses seluruh siswa kelas 1 sampai 12 untuk belajar mandiri dan mempersiapkan diri untuk menghadapi UN.

Saat ini, Zenius juga menyediakan akses latihan soal terbesar dengan ratusan ribu soal latihan untuk pembelajaran mandiri siswa. Guru pun dapat turut membagikan konten berupa video pembelajaran dan latihan soal tersebut kepada siswa dan orang tua murid melalui berbagai platform media sosial yang ada, seperti grup WhatsApp. Video Pembelajaran Terhitung hingga Maret 2020, Zenius memiliki lebih dari 80.000 video pembelajaran untuk kelas 1 SD hingga 12 SMA sesuai kurikulum nasional.

Tidak hanya video materi yang menekankan pemahaman konsep, Zenius juga menyediakan materi latihan soal serta pembahasan kumpulan soal-soal UN. Di samping menggratiskan akses ke platform-nya, Zenius menyiapkan tryout online gratis dan diselenggarakan serentak di website dan aplikasi Zenius. Tryout akan kembali diadakan pada tanggal 26 Maret 2020 untuk gelombang kedua, setelah sebelumnya gelombang pertama telah diadakan pada 13 Maret 2020 lalu.

“Jika sebelumnya belajar secara mandiri dianggap tidak terarah dan terukur, Zenius pun merumuskan cara untuk membantu anak belajar mandiri di rumah yang efektif dan efisien, terarah dan terukur. Kami berharap dapat membantu lebih banyak pelajar, pembelajar, dan guru di seluruh Indonesia terutama di masa-masa kritis ini,” tutup Rohan.  hay/S-2

Tampilkan Semua

Pertama, Bundel Kartu Pascabayar dan Internet Rumah

Selasa 24/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
XL Axiata meluncurkan paket bundel pascabayar terbaru “myPriohome.” Pakat bundel dengan kartu pasca bayar XL Prioritas dan internet rumah XL Home memungkinkan pelanggan dari segmen keluarga untuk mendapatkan akses data...
Selengkapnya

Printer Sublimasi Terbaru untuk Bahan Tekstil

Selasa 24/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Umumnya printer dirancang untuk mencetak pada media kertas. Namun terdapat juga printer yang dirancang untuk mencetak pada media tekstil, melalui teknik sublimasi, yaitu teknik perpindahan gambar dari media kertas ke media...
Selengkapnya

Membuat Karya Film Bermodal Ponsel

Selasa 24/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kecanggihan kamera pada ponsel pintar membuat vlogger, traveler, jurnalis, hingga sutradara film memanfaatkannya dalam menghasilkan karya. Kini, para sutradara tanpa ragu menggunakan ponsel pintar dalam pembuatan film. Sutradara Angga...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Properti

Bangunan untuk “Rumah Sakit Darurat”

Senin 30/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Seiring dengan merebaknya wabah virus Korona atau Covid-19, banyak bangunan yang berubah fungsi menjadi “rumah sakit dadakan”. Perubahan fungsi ini tentu harus memenuhi standar rumah sakit agar modifikasi yang dilakukan benar-benar aman bagi pasien maupun tenaga medisnya.

Untuk mengatasi membeludaknya pasien yang terpapar virus Covid-19 di sejumlah rumah sakit, pemerintah Indonesia telah menyiapkan Wisma Atlet Kemayoran sebagai “Rumah Sakit Darurat”. “Rumah Sakit” yang disiapkan untuk menampung 3000 pasien tersebut kini telah menampung 387 pasien hingga Minggu (29/3).

Kemudian Pemprov DKI juga menyiapkan dua hotel yaitu Grand Cempaka Bisnis dan hotel D’Arcici untuk menampung tenaga medis. Kondisi tersebut tidak hanya terjadi di Tanah Air, melainkan juga di sejumlah negara seperti di Amerika Serikat, Spanyol, Italia, dan Brasil. Di Amerika Serikat, sejumlah hotel dan bangunan kosong telah berubah fungsi menjadi pusat penanganan sementara, seperti Javits Center di New York.

Di tempat tersebut sedianya akan diadakan Pameran Perabotan Kontemporer Internasional, namun karena tempat digunakan sebagai pusat bantuan sementara, penyelenggaraan pameran dibatalkan.

Di sisi lain, American Institute of Architects (AIA), sebuah organisasi profesi arsitek di Amerika Serikat telah meluncurkan satuan tugas (satgas) untuk berkonsultasi tentang cara mengadaptasi bangunan menjadi fasilitas kesehatan selama pandemi virus korona.

Satgas tersebut ditugaskan untuk memberikan informasi tentang cara mengubah bangunan yang ada menjadi fasilitas perawatan kesehatan, terutama untuk merawat pasien virus korona.

“Setiap hari, saya mendengar dari asitek kami yang merasakan rasa kewajiban moral yang mendalam untuk mendukung penyedia layanan kesehatan kami di garis depan pandemi ini,” ujar Jane Frederick, Presiden AIA seperti yang dilansir dari portal dezeen.

Memastikan Kesesuaian Frederick berpendapat pihaknya perlu memberikan informasi mengenai bangunan yang sesuai untuk para pasien. Hal tersebut lantaran, sejumlah bangunan mulai digunakan untuk menampung pasien yang terus mengalami lonjakan.

“Kami berharap gugus tugas ini menjadi sumber daya untuk memastikan bangunan disesuaikan dan aman untuk dokter dan perawat kamu,” ujar dia. Kirsten Waltz, Direktur Fasilitas,

Perencanaan dan Desain Layanan Kesehatan, Baystate Health, Massachesetts, sebuah lembaga nirlaba yang bekerja sama dengan gugus satuan tugas akan memberikan saran dalam memodifikasi bangunan menjadi sebuah rumah sakit. Untuk memenuhi pasien yang melonjak, fasilitas rumah sakit dapat lebih kecil. “Ini adalah perlombaan melawan waktu untuk fasilitas kesehatan untuk memenuhi kapasitas lonjakan tempat tidur,” ujar Waltz.

Selain itu, gugus tugas ini akan membantu menginformasikan tempat praktik terbaik untuk menilai dan menginventaris bangunan serta mengidentifikasi lokasi yang paling tepat untuk dapat digunakan dalam krisis ini. Molly Scanlon, ilmuwan dan arsitek kesehatan lingkungan, Ketua Gugus AIA mengatakan diperlukan tempat untuk merawat orang yang terpengaruh.

Penggunaan bangunan untuk menampung pasien yang terpapar virus korona merupakan pengalaman pertama penggunaan bangunan untuk pasien dengan virus yang tergolong sangat membahayakan tersebut.

Sebelumnya, belum ada penggunaan bangunan untuk kasus semacam ini. “Arsitek dan profesional desain serta konstruksi dalam posisi unik untuk membantu meningkatkan keterampilan pemecahan permasalaan.

Kami memunculkan ide untuk implementasi di masyarakat,” ujar dia. AIA juga mengembangkan laporan Covid-19 yang disebut Rapid Space Safety Assessment untuk mempertimbangkan kesesuaian bangunan dan ruangan untuk perawatan yang relavan.

Penyediaan Tempat Tinggal “Khusus”

Di tengah wabah virus korona, tempat tinggal menjadi kebutuhan utama bagi para pasien maupun tenaga medis. Masalahnya, orang yang telah terpapar Covid-19 tidak dapat sembarangan tinggal, sedangkan tenaga medis menjadi garis terdepan dalam penangan virus.

Dengan kondisi itu, mereka pun membutuhkan tempat tinggal “khusus” supaya virus tidak semakin menyebar. Persoalannya, ketika rumah sakit dibanjiri pasien virus korona hingga melebihi kapasitas, ruang istirahat menjadi tempat yang sangat dibutuhkan.

Pengusaha Jeff Wilson dan banker investasi Cameron Blizzard menyediakan perumahan untuk orang-orang-orang yang membutuhkan tempat tinggal di tengah wabah Korona di Amerika Serikat. Kedua pengusaha itu bekerja sama dengan Esther Choo, dokter, dan desainer kemanusiaan, Cameron Sinclair, mengembangkan tempat tinggal yang disebut Jupe Health.

Tempat tinggal Jupe Health tersebut menyediakan tiga fasilitas yang dapat digunakan secara cepat khususnya oleh rumah sakit di Amerika Serikat yang tengah mengalami lonjakan pasien Korona.

Tiga fasilitas tersebut terdiri Jupe Care yang dirancang untuk pasien yang tidak kritis, Jupe Plus sebagai unit perawatan intensif “ringan” serta area istirahat yang menyediakan tempat tidur untuk para tenaga profesional medis.

“Memiliki unit pemulihan yang dapat digunakan memberikan peluang untuk memerangi Covid-19 dan untuk mendukung para profesional medis di garis depan,” ujar Sinclair, seperti yang dilansir dari dezeen.

Cegah Penyebaran Label yang berada di bawah naungan Jupe ini telah membuat prototipe Unit Perawatan dan Istirahat. Unit ruang istirahat dirancang untuk menyediakan tempat istirahat bagi profesional medis yang ingin beristirahat. Langkah ini dilakukan agar mereka tidak perlu pulang ke rumahnya masing-masing untuk menghindari penyebaran virus korona.

Masing-masing dilengkapi tempat tidur dan Internet of Things untuk berbagi data serta kontrol terhadap udara, iklim, maupun kebisingan. Untuk Jupe Care yang digunakan untuk pasien yang tidak kritis dilengkapi dengan fasilitas tempat tidur, toilet, wastafel, dan shower.

Ruangan ini juga terdapat ventilator dan ruang terpisah untuk para professional medis yang akan melepas dan mengenakan pelindung. Unit-unit tertutup dengan lingkungan luar.

Selain itu, unit dilengkapi tenaga surya dan tenaga baterai serta pembuangan air. Wilson mengatakan proyek ini telah mempertemukan para profesional dari berbagai bidang, termasuk film, desain dan percetakan 3D.

“Belum pernah ada tim insinyur roket, perancang mobil, arsitek, kemanusiaan, dokter, ahli IoT, dan pelaku bisnis perhotelan berkumpul dalam proyek seperti ini,” ujar dia.

Bantuan Gedung BNN untuk Tangani Covid-19

Pemerintah Kota Bogor mempertimbangkan tawaran dari Badan Nasional Narkotika (BNN) untuk menggunakan ruangan di Pusat Rehabilitasi Narkoba di Lido Kabupaten Bogor, sebagai tempat penampungan pasien positif Covid-19 jika jumlahnya terus bertambah.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, mengatakan hal itu kepada pers melalui dialog secara daring, di Kota Bogor, Rabu, terkait dengan upaya pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19.

Menurut Dedie A Rachim, Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko menawarkan kepada Pemerintah Kota Bogor untuk menggunakan ruangan di Pusat Rehabilitasi Narkoba BNN di Lido, jika pasien positif Covid-19 jumlahnya terus bertambah dan tidak tertampung di rumah sakit di Kota Bogor.

Tawaran dari Komjen Pol Heru Winarko, menurut Dedie, bahwa Gedung Pusat Rehabilitasi di Narkoba di Lido, Cigombong, Kabupaten Bogor, dapat dimanfaatkan sebagai rumah sakit pendukung, jika pasien positif Covid-19 tidak tertampung lagi di rumah sakit di Kota Bogor.

“Tawaran dari BNN ini menjadi pertimbangan dan sedang dibicarakan dengan Tim Crisis Center Covid-19 Kota Bogor. Karena, memanfaatkan ruangan Pusat Rehabilitasi Narkoba ini perlu modifikasi, menyiapkan alat-alat pendukung, serta membangun ruang isolasi kompresi negatif,” katanya.

Dedie menambahkan, Pemerintah Kota Bogor juga mendapat tawaran untuk memanfaatkan gedung milik sebuah perusahaan properti yakni Grup Elang Properti di Jalan Cifor, Bogor Barat, Kota Bogor, untuk dimanfaatkan menjadi rumah sakit sementara guna menampung pasien positif Covid-19.

“Baik tawaran dari BNN maupun dari Elang Properti, kami apresiasi. Ini menunjukkan kepedulian berbagai pihak pada penanganan pandemi corona di Indonesia, khususnya di Kota Bogor,” katanya.

Selain bantuan gedung untuk rumah sakit sementara, menurut Dedie, Pemerintah Kota Bogor juga mendapatkan bantuan lainnya dari berbagai pihak yang terkait dengan penanganan pandemi Covid-19 di Kota Bogor, seperti google medis, masker, pembersih tangan dan cairan disinfektan.  Ant/S-2

Tampilkan Semua

Media Pesan untuk Perangi Korona

Senin 23/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Bangunan pencakar langit menjadi media aksi solidaritas terhadap wabah virus korona. Kepedulian tersebut ditunjukkan pada bangunan yang terdapat di Tiongkok dan Timur Tengah. Bangunan biasanya menunjukkan respon yang lambat terhadap...
Selengkapnya

Revolusi Batu untuk Struktur Bangunan

Senin 23/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di era modern seperti saat ini, batu bisa menjadi bahan bangunan alternatif untuk membuat struktur bangunan kontemporer, selain beton dan baja yang telah lazim digunakan selama ini. Batu merupakan bahan baku yang kuat, memiliki estetika,...
Selengkapnya

Properti Tertekan Wabah Virus Korona

Senin 9/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Wabah virus korona diperkirakan menekan sektor properti karena pengembang tidak akan jorjoran dan lebih hati-hati dalam berinvestasi. Selain itu, pasokan bahan baku besi dari Tiongkok kemungkinan besar bakal tersendat Sejauh ini, sektor...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Olahraga

Tak Terdampak Korona

Senin 30/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Penyerang Manchester United Marcus Rashford mengatakan pemulihannya dari cedera punggung yang membuatnya absen sejak Januari tidak terpengaruh oleh krisis virus korona. Rashford mengalami patah tulang dalam pertandingan Piala FA melawan Wolves yang awalnya tampaknya akan membuatnya absen hingga akhir musim ini. Tapi, dengan pandemi menunda Liga Inggris setidaknya hingga 30 April, Rashford memiliki kesempatan untuk kembali beraksi jika kompetisi dapat dilanjutkan.

“Saya merasa jauh lebih baik. Saya memiliki pemindaian dalam beberapa hari lagi. Saya merasa 10 kali lebih baik disbanding dua atau tiga pekan lalu. Bagi saya sekarang ini hanya tentang bersiap-siap untuk pulih sepenuhnya. Siap kembali berlatih dan bermain bersama,” ujar Rashford kepada Sky Sports News, Sabtu (28/3).

“Saya dalam kondisi yang jauh lebih baik, saya jauh lebih bahagia daripada sekitar sebulan yang lalu sehingga semuanya terlihat positif,” sambungnya. Meskipun pemerintah menyarankan untuk tetap di rumah selama pandemi, Rashford mengatakan situasi itu hanya berdampak kecil pada proses pemulihan kebugarannya.

“Semua orang hanya berurusan dengan keadaan sebaik yang mereka bisa. Saya berada di rumah saya, melakukan olahraga dan pemulihan, membaca buku, menonton Netflix, apa pun yang dapat dilakukan untuk membuat waktu berlalu dengan benar,” jelasnya.

“Saya cukup beruntung memiliki sepeda statis di gym sehingga tidak banyak yang benarbenar berubah bagi saya karena masih bisa melakukan rutinitas seharihari,” sambungnya. ben/ AFP/S-1

Tampilkan Semua

Dybala Ungkap Gejala Covid-19

Senin 30/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
TURIN – Bintang Juventus Paulo Dybala mengungkapkan bagaimana ia mengalami kesulitan bernapas ketika terjangkit penyakit virus korona yang telah menewaskan sedikitnya 9.000 orang di Italia. Striker asal Argentina itu pada Sabtu...
Selengkapnya

Sepakbola Eropa Masih Berharap

Senin 30/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Ronaldo tidak memiliki kesempatan merayakan gol bagi Juventus selama hampir tiga pekan karena Serie A Italia harus ditunda. ROMA – Pemilik klub-klub sepakbola Eropa belum menyerah untuk menyelesaikan kompetisi musim ini yang...
Selengkapnya

Liga 1 Dihentikan karena “Force Majeure”

Senin 30/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA –Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyatakan bahwa PSSI telah mengeluarkan surat keputusan bahwa kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 dalam status keadaan tertentu darurat bencana virus korona (Covid) 19. Iriawan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Signal-signal Promosi Sudah di Depan Mata Seorang Karyawan

Senin 30/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, saat mengobrol dengan rekan-rekan senior di kantor. Mereka banyak membahas tentang jenjang karir dan promosi. Terlebih lagi tentang bos kami yang killer dan suka menguji dengan memberikan berbagai tugas yang menantang. Bagaimana cara mengetahui bahwa bos menyukai hasil kerja dan berencana mempromosikan kami?

Jawaban:

Siapa pun pasti bersuka cita jika dipromosikan naik jabatan. Tapi tentu saja untuk mendapat promosi tidaklah mudah. Butuh usaha dan perjuangan keras untuk mendapatkannya. Karena tidak ada seorang atasan pun yang mau begitu saja mempromosikan anak buah. Tapi ada beberapa pertanda yang mengisyaratkan bahwa sebentar lagi bos akan mempromosikan Anda.

Simaktujuh isyarat penting berikut. Bos memuji di belakang Ada tipe bos yang tidak suka berterus terang memuji anak buahnya. Nah kalo teman Anda menyampaikan bahwa diam-diam bos suka memuji di belakang Anda, ada kans untuk naik jabatan.

Biasanya bos yang seperti ini khawatir jika pujian yang dilontarkannya akan menyebabkan anak buahnya besar kepala, sehingga lebih suka memuji di belakang punggung. Bos meminta mengerjakan tugas senior Bila tiba-tiba bos menugaskan mengerjakan hal-hal sulit, yang seharusnya menjadi tugas senior, Anda boleh berbangga. Karena berarti bos mulai menyadari potensi dan yakin bahwa Anda mampu mengerjakannya.

Maka jangan mengeluh atau menyatakan ketidaksanggupan. Terima dan hadapilah tantangan tersebut. Bos mempercayakan tugas di saat kritis Bila tiba-tiba mendapat tugas darurat yang ternyata bisa menyelamatkan perusahaan, itu salah satu isyarat penting bahwa bos sangat yakin dengan kemampuan Anda. Dan jika mampu menyelesaikannya nama Anda langsung masuk dalam daftar karyawan yang akan segera ‘naik pangkat’.

Bos mendorong melakukan pekerjaan lebih berat Tak perlu cemas dengan tugas berat, karena sering kali kita tak mampu melihat kesanggupan diri pribadi. Sedang, bos sadar akan semua kelebihan anak buahnya. Sehingga berani menyerahkan tugas yang tidak bisa dianggap ringan pada salah satu anak buahnya.

Bos membiarkan bekerja sendiri Bila Anda harus bekerja seorang diri, jangan buru-buru mengambil kesimpulan bos mengabaikan. Inilah tanda bahwa bos sangat mempercayai. Tidak hanya soal kepercayaan tetapi juga etika. Bukankah sangat tak nyaman bila saat bekerja bos mondarmandir mengawasi seperti seorang satpam? Bos melibatkan dalam kegiatan di luar Anda bisa bangga bila diberi tugas mewakili perusahaan pada kegiatan di luar. Apalagi mewakili langsung bos yang tak dapat hadir.

Bila mendapat tugas itu, berarti bos sangat menghargai keahlian serta karakter. Ia dengan bangga memperkenalkan Anda sebagai kesatuan dalam tim kerjanya. Bos memperhatikan kesejahteraan Bila pernah menerima email dari bos menanyakan soal kesejahteraan dan dia memperjuangkannya secara diam-diam, itu tandanya bos memperhatikan kesejahteraan Anda.

Dan tentu saja perhatian ini bukan tanpa alasan. Bos merasa Anda layak mendapatkan kesejahteraan yang lebih karena potensi dan keahlian. Tujuh isyarat tersebut dapat menunjukkan sesungguhnya sikap bos. Ingat, sikap cuek, senyum sinis, kritikan atau kejutan pekerjaan bos, tidak harus berarti negatif.

Yang penting Anda harus menyertakan ketulusan dalam menjalankan tugas, kerja keras dan dedikasi. Bila bos memang seorang pimpinan yang hebat, dia pasti mengamati dengan sejumlah rencana masa depan yang lebih gemilang. Nah jika mengalami tujuh isyarat tersebut, siap-siaplah menyambut karir yang lebih oke!

Tampilkan Semua

Masyarakat Harus Tetap di Rumah

Sabtu 28/3/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi virus korona atau Covid-19  yang telah menjangkiti hampir seluruh dunia dan menimbulkan korban jiwa lebih dari seribu, sesungguhnya bisa dicegah persebarannya dengan mudah dan tidak memerlukan biaya besar. Tetapi, jika...
Selengkapnya

DUKUNG PENUH PEMBERDAYAAN EKONOMI MANDIRI, TUPPERWARE INDONESIA BERANGKATKAN RIBUAN MEMBER BERPRESTASI BERLIBUR BERSAMA

Senin 23/3/2020 | 07:43
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta, 20 Maret 2020, Celebrated Each Other (Merayakan Bersama) merupakan salah satu nilai yang di usung oleh Tupperware. Merayakan keberhasilan dan kesuksesan para member berprestasi merupakan ‘ritual’ tahunan yang...
Selengkapnya

Saatnya Hengkang dari Perusahaan

Senin 23/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pertanyaan : Bu Rossa, dari hari ke hari saya semakin enggan masuk kantor. Jenuh dengan rutinas yang berulang, tanpa variasi dan tantangan. Itulah yang saya rasakan. Apakah ini sudah cukup menjadi alasan untuk saya guna mengajukan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Bakal Makin Moncer

Senin 30/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Salah satu anggota grup musik IZ * One, Kim Min Joo akhirnya mendapat sorotan yang memang pantas diterima. Baru-baru ini, sebuah unggahan forum komunitas yang populer menyoroti tampilan Minju (nama panggung Kim) dan menyebutkan bahwa perempuan kelahiran 5 Februari 2001 itu telah menyaingi personel TWZ, Tzuyu dan idola Red Velvet, Irene.

Unggahan itu juga mencatat bahwa Kim Min Joo jelas adalah salah satu bintang idola yang akan semakin terkenal di masa depan. Komentar netizen antara lain menyebutkan,

“Orang-orang khawatir dengan penampilannya karena dia secantik itu.” Kemudian orang lain berkomentar, “Dia benar-benar layak mendapat perhatian.” Yang lain bilang, “Dia cantik, tapi dia terlihat sangat baik juga.” Perjalanan Minju yang lahir 5 Februari 2001 sebagai penyanyi pop asal Korea Selatan cukup panjang sebelum bergabung Iz*One.

Ia menjadi siswa pelatihan di bawah kontrak Urban Works Entertainment. Minju berlatih selama dua tahun sepuluh bulan sebelum tampil pada Produce 48 tahun 2018. Ia meraih peringkat 11 pada episode terakhir Produce 48 dengan total 227 suara. Minju lalu menjadi anggota grup vokal perempuan Iz*One.  alkpop/SB/G-1

Tampilkan Semua

Diganggu Orang yang Tidak Berperikemanusiaan

Senin 30/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Yang namanya penjahat memang sejahat virus korona. Dia menjadi virus masyarakat yang tidak melihat kondisi apa pun. Mereka tetap saja beroperasi melakukan kejahatan. Begitulah kira-kira yang dialami desainer masyur, Anne Avantie. Betapa...
Selengkapnya

Uji Coba Obat untuk Pemberantasan Covid-19

Senin 30/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Lebih dari 70 obat-obatan dan senyawa eksperimen yang diduga berkemungkinan efektif untuk menyembuhkan Covid-19 yang disebabkan dari virus korona. Beberapa pengobatan telah dilakukan untuk mengobati penyakit lainnya dan digunakan juga...
Selengkapnya

Peduli Sesama Cegah Virus Korona

Senin 30/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Covid-19 telah menghantam nyaris semua aspek kehidupan di Indonesia. Pengaruh paling signifikan adalah kerugian ekonomi yang diderita para pekerja sektor informal karena mereka terpaksa berhenti beraktivitas, atau omzet yang berkurang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Hari Bumi 2020

Senin 30/3/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Pembatalan Tiket

Senin 30/3/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Jalan Lengang

Senin 30/3/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Semprot Disinfektan

Senin 30/3/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
The Alun-Alun

Batuk Saat Hamil, Amankah Minum Obat?

Senin 30/3/2020 | 07:30
A   A   A   Pengaturan Font

Kondisi kesehatan ibu hamil memang perlu perhatian lebih. Melansir laman halodoc.com, dimana dr Fadhli Riza Makarim menjelaskan, perubahan fisik dan hormonal selama kehamilan, membuat ibu harus menjaga daya tahan tubuh agar tidak terserang penyakit.

Tapi ada kalanya ibu juga bisa jatuh sakit akibat faktor lain, seperti cuaca atau konsumsi makanan yang tidak sehat. Batuk adalah penyakit yang rentan dialami ibu hamil. Meskipun batuk sering dianggap sepele, namun beda kasusnya ketika ibu hamil yang mengidapnya.

Selama masa kehamilan, ada beberapa obat yang pantang dikonsumsi oleh ibu hamil. Alasan praktisnya, segala sesuatu yang dikonsumsi oleh ibu memengaruhi sang jabang bayi. Itulah mengapa, mengobati batuk pada ibu hamil jauh lebih sulit ketimbang orang biasa.

Bolehkah ibu hamil minum obat batuk? Menurut University of Michigan Health System, wanita yang memiliki usia kehamilan 12 minggu harus menghindari semua jenis obat. Pasalnya, 12 minggu pertama kehamilan adalah saat yang kritis untuk perkembangan organ vital bayi. Setelah melewati usia 12 minggu, ada obat yang bisa ibu konsumsi untuk meredakan batuk dan meringankan gejalanya.

Dikutip dari Healthline, beberapa contoh obat yang digunakan setelah 12 minggu kehamilan, contohnya balsam yang bisa dioleskan ke dada, pelipis, dan di bawah hidung, obat batuk atau tablet hisap, acetaminophen untuk meredakan nyeri, dan demam, penekan batuk di malam hari, ekspektoran pada siang hari, atau sirup obat batuk biasa. Meskipun dianggap aman, ibu perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Hindari obat all in one yang menggabungkan bahan untuk mengatasi banyak gejala. Sebaliknya, pilih obat tunggal untuk gejala yang dialami ibu hamil. Adapun jenis obat yang dihindari kecuali disarankan oleh dokter. Beberapa obat-obatan yang perlu dihindari yaitu aspirin, ibuprofen, naproxen, kodein, dan antibiotik.

Beberapa tips yang bisa dilakukan saat ibu hamil melakukan pengobatan rumahan seperti yang dikutip dari American Pregnancy Association,

- Istirahat yang cukup. Coba untuk mendapatkan tidur malam setidaknya delapan jam sehari. Ibu perlu mendapatkan tidur siang dan tidak beraktivitas terlalu banyak.

- Minum banyak cairan. Jangan lupa untuk minum air putih minimal delapan gelas sehari. Ibu juga bisa memilih jus atau kaldu untuk menambah nutrisi jabang bayi.

- Makan secara teratur. Batuk terkadang membuat ibu malas untuk makan. Tetapi, jangan sampai ibu melewatkan makan karena dapat memperlambat penyembuhan. Cobalah makan dalam porsi kecil sesering mungkin.

-Meringankan sakit tenggorokan. Kalau batuk yang ibu alami dibarengi dengan sakit tenggorokan, bisa meringankan dengan minum es, minum teh hangat, atau berkumur dengan air garam hangat. Langkah terpenting yaitu mempertahankan gaya hidup sehat. Pastikan mengonsumsi makan bergizi, banyak beristirahat dan berolahraga secara teratur.

Selain itu, penting untuk mengonsumsi vitamin prenatal, serta probiotik. Jangan lupa untuk mencuci tangan secara teratur, terutama sebelum makan dan setelah menggunakan toilet. berbagaisumber/ars

Tampilkan Semua

Cara Mengatasi Ibu Hamil yang Sering Batuk

Senin 30/3/2020 | 07:25
A   A   A   Pengaturan Font
Ibu hamil memang tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat. Karena bila salah minum obat malah bisa meningkatkan risiko gangguan pada pertumbuhan janin maupun kehamilan. Dilansir dari laman halodoc.com, dr Rizal Fadli menjelaskan...
Selengkapnya

Obat Batuk Alami

Senin 30/3/2020 | 07:24
A   A   A   Pengaturan Font
Bagi ibu hamil memang disarankan untuk memilih makanan maupun minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Begitu juga saat diserang penyakit, sebaiknya ibu hamil juga hati-hati dalam memilih obat. Seperti yang dianjurkan oleh dr. Fadhli Rizal...
Selengkapnya

SEJARAH PASOLA

Sabtu 28/3/2020 | 07:30
A   A   A   Pengaturan Font
Paulus Lete Boro dalam buku Sumba Tribe Horse Riding Contest menjelaskan, Perang Pasola merupakan sebuah ritual adat yang selalu dilakukan setiap tahunnya pada bulan Februari atau Maret, tulisnya. Di balik kegiatan yang ekstrem itu,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita the alun-alun lainnya
Kupas

Kalau Sudah Dinyatakan Negatif, Tinggal Jalankan “Physical Distancing”

Senin 30/3/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Jumlah pasien terjangkit virus korona terus bertambah setiap hari. Hingga Minggu (19/3) siang, terdapat penambahan kasus positif Covid-19 sejumlah 130 orang.

 

Dengan demikian, hingga Minggu ini, total terdapat 1.285 kasus di Indonesia. Sementara itu, sebanyak 114 pasien mening­gal dunia. Jumlah itu bertambah 12 pasien dari sehari sebelumnya.

Penanganan secara serius dan cepat terutama dari pemeriksaan terus dilakukan. Pemerintah sudah memeriksa lebih dari 6.500 spesimen. Di sisi lain, masyarakat yang ingin melakukan tes tidak semua mengetahui prosedur yang berlaku.

Untuk mengupas hal tersebut, Koran Jakarta mewawancarai Ketua Satuan Tugas Covid-19 Ika­tan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban. Berikut petikan wawan­caranya.

Bagaimana tanggapan Anda terkait banyaknya masyara­kat yang ingin melakukan tes Covid-19?

Kondisinya sampai saat ini ma­syarakat yang ingin tes banyak, tapi fasilitasnya sedikit. Kita memang punya banyak rumah sakit rujukan, tapi jumlah laboratorium yang memastikan positif atau tidak belum sebanding.

Di DKI Jakarta saja hanya ada tiga tempat, yaitu laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Ke­menterian Kesehatan (Balitbangkes), Lem­baga Bi­ologi dan Molekular Eijkman, dan Fakultas Kedokteran Universi­tas Indonesia. Itu prosesnya meng­gunakan polymerase chain reaction (PCR) dan membutuhkan waktu yang lama.

Bila ada warga yang mendapati dirinya memiliki ciri-ciri seperti batuk dan pilek, men­datangi rumah sakit. Pihak RS menyatakan yang bersangkutan hanya sakit biasa, bukan gejala korona. Warga itu ingin melakukan tes lanjutan. Apa itu perlu?

Tidak perlu. Kalau sudah negatif ya bagus. Tinggal jalankan isolasi mandiri dengan melakukan social distancing atau physical distancing. Hasil tes dari labora­torium sudah akurat, meskipun waktu­nya lama.

Pemerintah sudah mendatangkan alat “Rapid Detection Test” (RDT) untuk memper­cepat pengecekan. Apakah ini efektif?

Saya melihatnya di Indonesia RDT ini justru belum jalan karena mungkin belum didistribusikan ke rumah sakit. Jadi, saya minta alat yang sudah ada harus segera dibagikan ke rumah sakit agar bisa langsung digunakan.

Tes secepat mungkin sebanyak mungkin itu menjadi penting agar kita tahu seberapa besar masalahnya. Lalu, bisa segera dilakukan iso­lasi dan karantina untuk memutus rantai penularan.

RDT di Korea Selatan per harinya digunakan untuk menger­jakan 10 ribu tes. Begitu juga di negara-negara lain agar mengeta­hui besaran masalah.

RDT ini apa harus juga bagi masyarakat yang tidak mengala­mi riwayat kontak?

Memang diprioritaskan untuk orang dalam pengawasan (ODP) dan pasien dalam pemantauan (PDP). Tapi, kalau mau ke masyara­kat yan g tidak ada kaitannya bisa juga. Yang terpenting adalah dikerjakan dan hasilnya diumumkan. Saya harapkan dalam seminggu sudah didistribusikan.

Ada permintaan agar Indo­nesia juga membuat alat RDT sendiri dengan data pasien positif Indonesia. Bagaimana tanggapan Anda?

Untuk bikin sendiri bisa, tapi terlalu lama. Alat yang sudah di­datangkan itu jumlahnya satu juta sudah bagus. Yang ada dulu saja di­manfaatkan. n muh ma’arup/P-4

Tampilkan Semua

Kalau Ada Gejala Demam, Batuk, dan Sesak Napas, Segera Hubungi 119 “Ext” 9

Sabtu 28/3/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Hingga Jumat (27/3), tercatat 153 kasus baru pasien terinfeksi positif Covid-19. Penambahan kasus baru tersebut cukup signifikan sehingga total kasus Covid-19 di Indonesia berjumlah 1.046 kasus.   Khusus untuk Provinsi DKI Jakarta,...
Selengkapnya

Kita Bukan Tidak Punya Ahli, tapi Terlalu Banyak “Meeting”

Jumat 27/3/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Kekhawatiran dunia terus meningkat seiring dengan jangkauan sebaran pandemi virus Covid-19 yang semakin cepat dan luas.   Jumlah negara yang mengon­firmasi kasus positif virus korona sampai Kamis (26/3) terus bertambah. Menurut...
Selengkapnya

Jumlah Rumah Sakit yang Menangani Pasien Korona Ditambah Menjadi 22

Kamis 26/3/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Seorang bayi berusia empat bulan dan anak berusia 7 tahun di Yogyakarta dinyatakan positif virus korona (Covid-19). Keduanya berjenis kelamin laki-laki berasal dari Kabupaten Bantul dan Kabupaten Kulonprogo.   Anak berusia tujuh...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Erick Thohir : Perusahaan BUMN Bantu Atasi Virus Korona

Sabtu 28/3/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Salah satu menteri yang sangat populer di bulan-bulan awal Kabinet Indonesia Maju Jilid II adalah Erick Thohir. Lulusan Universitas Nasional California, AS, dan Glendale University ini ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Dengan posisi baru ini, beban yang ada di pundak Erick jelas tidak ringan karena banyak masalah yang ada di BUMN. Erick dituntut bisa mengurus 142 perusahaan BUMN yang selama ini banyak mendapat penyertaan modal negara, tapi kinerja sejumlah BUMN tersebut banyak yang tak beres.

Untuk mengetahui apa saja yang akan dilakukan jajaran Kementerian BUMN memperbaiki kinerja perusahaan-perusahaan pelat merah ini, wartawan Koran Jakarta, Fredrikus W Sabini, berkesempatan mewawancarai Menteri BUMN, Erick Thohir, dalam beberapa kesempatan di Jakarta, baru-baru ini. Berikut petikan selengkapnya.

Bapak ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menteri BUMN, yang berarti  menjadi bos bagi ribuan BUMN, termasuk anak usaha dan cucu BUMN. Apa visi Bapak?

Saya memiliki visi membuat BUMN berkiprah hingga tingkat internasional. Dengan mengusung Indonesia Maju yang merupakan sebutan bagi kabinet baru Presiden Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin, saya bertekad meningkatkan kolaborasi agar BUMN kita mampu menjadi pemain global.

Membangun ekosistem yang sehat antar-BUMN dengan semangat berkolaborasi satu sama lain maka menjadi pemain global bukan sekadar mimpi. Presiden Jokowi dalam pidatonya mengatakan pada 2045 kita akan menjadi negara maju, sesuatu yang saya rasa bukan di awang-awang, tetapi harus kita mulai dari sekarang.

Apa Bapak tidak membayangkan jika tugas ini berat, apalagi dengan visi menjadi pemain global?

Tentu, tugas Menteri BUMN sangat berat apalagi peran BUMN sebagai lokomotif pembangunan di Indonesia sangat kontradiktif dengan prinsip korporasi yang berorientasi keuntungan. Harus disadari bahwa kami merupakan agen perubahan bagi Indonesia, sehingga kami harus memikirkan bagaimana kami bisa menjadi pusat kinerja bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

 

Di pekan-pekan awal bertugas, Bapak merampingkan organisasi Kementerian BUMN. Apa pertimbangannya?

Dengan mengefisiensikan struktur organisasi, kehadiran dua wakil menteri (wamen) akan mengubah susunan tujuh deputi teknis menjadi tiga deputi fungsional yang bukan berdasarkan industri seperti sebelumnya. Restrukturisasi bertujuan agar Kementerian dapat bekerja lebih optimal dan menjadi lokomotif pembangunan. Perampingan sesuai amanat Presiden Jokowi.

Saya mengharapkan semua yang bekerja di dalam lingkungan Kementerian BUMN memiliki orientasi melayani, service oriented. Kementerian BUMN dibentuk bukan untuk memperpanjang birokrasi, justru membantu agar korporasi di bawahnya dapat sehat dan melayani masyarakat.

Kementerian BUMN punya dua wamen, seperti apa pembagian tugasnya?

Untuk Wamen BUMN I, dia membina BUMN sektor farmasi, jasa survei, energi, pertambangan, industri strategis, dan media. Sedangkan Wamen BUMN II membina BUMN sektor industri agro, kawasan, logistik, pariwisata, jasa keuangan, konstruksi, jasa konsultan, sarana dan prasarana perhubungan. Ini sudah disepakati sehingga masing-masing wamen dapat bersinergi dengan baik dan mengakselerasi tugas-tugas yang sudah diberikan.

Bagaimana harapan Bapak dengan perusahaan BUMN?

Saya menaruh harapan yang besar pada jajaran direksi dan komisaris. Saya menginginkan adanya pengelola perusahaan yang berintegritas tinggi dan mampu bekerja baik, bukan membuat gurita sendiri yang akan menggulung perusahaannya, merusak ekosistem bisnis, mengganggu stabilitas BUMS, BUMD, juga Bumdes.

Buat saya, integritas dan akhlak yang baik bagi pengelola BUMN menjadi hal yang penting. Bila manajemen BUMN berakhlak tinggi, BUMN akan tumbuh dengan baik. Saya tekankan kepada pejabat di Kementerin BUMN dan Direksi BUMN untuk utamakan loyalitas kepada negara dan kerja sama tim.

Wabah virus korona menimbulkan kepanikan bagi sebagian masyarakat. Akibatnya ada panic buying, seperti apa stok pangan kita?

Saya pekan lalu meninjau stok beras di Kompleks Pergudangan Badan Urusan Logistik (Bulog) Kelapa Gading, Jakarta Utara. Saya didampingi Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso. Peninjauan dilakukan menyusul masuknya virus korona ke Indonesia yang membuat kepanikan masyarakat dengan memborong kebutuhan pangan di sejumlah kawasan.

Dari pantauan kami, insya Allah stok beras aman. Saya imbau kepada masyarakat, kecemasan dan panik berlebihan tidak menjawab persoalan. Pemerintah serius melindungi masyarakat. Kita hadapi bersama ya. Percayalah, bersatu selalu menguatkan kita.

Apa yang bisa Bapak simpulkan?

Kami saksikan sendiri Bulog mampu menyediakan bahan makanan untuk seluruh masyarakat Indonesia dengan stok beras yang tersimpan di unit-unit Gudang Bulog seluruh Indonesia. Hingga saat ini, stok beras Bulog mencapai 1,6 juta ton yang tersimpan di 1.647 unit Gudang Bulog yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ketersediaan stok beras akan terus bertambah mengingat akan memasuki musim panen raya. Dengan begitu, pasokan beras betul-betul aman tersedia bagi kebutuhan masyarakat dalam situasi apa pun.

Khusus untuk Jakarta, seperti apa kesiapannya?

Khusus untuk Gudang Bulog di Jakarta, stok beras yang dikuasai ada sebanyak 334 ribu ton. Ini merupakan posisi gudang dengan penguasaan stok terbesar kedua di Indonesia setelah Gudang Jawa Timur. Bulog memastikan mampu mengatasi kebutuhan lonjakan beras yang tak terduga sekaligus meminta seluruh jajaran Bulog mewaspadai lonjakan tersebut sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terkait akan kebutuhan beras.

Bulog memastikan seluruh jaringan yang bekerja sama dengan Perum Bulog sudah menyediakan kebutuhan beras di tingkat lokal, baik secara online melalui e-commerce Bulog dengan nama iPANGANANDOTCOM melalui aplikasi Shopee yang bisa digunakan di tujuh kota (Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar) maupun secara offline, juga outlet-outlet milik Perum Bulog seperti rumah pangan kita (RPK) yang tersebar di seluruh Indonesia, serta jaringan retail modern.

Apakah BUMN tetap bekerja di tengah pandemi Covid-19 ini?

Tentu kami tetap memberikan pelayanan terbaik. Namun, saya minta untuk di rumah, bukan liburan. Memindahkan aktivitas harian, dikerjakan dari rumah. Saya paham ada sebagian orang yang tidak bisa melakukan pekerjaannya dari rumah. Hal ini menjadi tantangan di BUMN.

BUMN berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik di tengah pendemi virus korona. Namun, semua harus tetap memperhatikan protokol kesehatan sehingga rekan-rekan yang masih harus turun di lapangan saat ini tetap terjaga kesehatannya.

Seberapa besar kerugian BUMN dengan pandemi virus korona ini?

Tentunya ada kerugian, seperti yang dialami PT Angkasa Pura dan PT Kereta Api Indonesia. Kami sedang menghitung. Meskipun rugi, perusahaan-perusahaan itu tetap dituntut memberikan pelayanan kepada masyarakat.

PT Angkasa Pura misalnya, kami lihat flow-nya dari mulai masuk terminal keberangkatan hingga kedatangan. Kami coba meminimalisir risiko dengan adanya thermal scanner-nya yang besar maupun kecil. Saya rasa ruang karantina sudah siap. Saya instruksikan untuk minimalisir penyebarannya di dalam negeri.

Yang tidak mengalami kerugian secara langsung adalah perbankan, kendati demikian harus tetap melayani karena ke depan ada program bantuan langsung tunai (BLT). Banyak bank BUMN yang menjadi tempat menyalurkan langsung ke rakyat.

Bagaimana suplai masker dan alat pelindung diri (APD). Ini yang menjadi kecemasan warga dan petugas kesehatan?

Untuk memerangi wabah korona ini, pemerintah telah mendistribusikan 4,7 juta masker lewat perusahaan farmasi, Kimia Farma, agar kebutuhan masker terpenuhi. Pemerintah terus berupaya memproduksi masker. Jutaan masker diproduksi tidak hanya oleh BUMN, swasta juga dilibatkan.

Untuk yang produksi masker ini ada sekitar 30 perusahaan. April siap diproduksi. Pemerintah juga telah berikan keringanan impor bahan baku. Ini untuk mendorong pengadaan masker yang langkah di masyarakat.

Untuk alat kesehatan lain, seperti APD yang tengah minim, memang belum ada yang mampu memproduksi. Di dalam negeri hanya ada dua perusahaan swasta yang saat ini dapat memproduksi APD. Selama ini, pasokan APD kita hanya dari dua perusahaan itu sehingga ditempuh langkah impor. Garuda sudah siapkan kargonya.

BUMN dengan jaringan logistiknya akan mempercepat pengadaan alat medis untuk Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Altet Kemayoran, Jakarta. Untuk obat-obatan bagi pasien, avigan dan klorokuin sudah tersedia stoknya dalam negeri. Kekurangannya akan didatangkan dari luar negeri. Masyarakat tidak usah panik dan khawatir karena segala upaya mencegah virus korona terus dilakukan.

Presiden Jokowi telah berkunjung ke Uni Emirat Arab (UEA) dan dijalin beberapa kerja sama dagang, seperti apa kontribusi BUMN terhadap kerja sama itu?

Intinya, UEA akan tetap menjadi salah satu mitra penting kerja sama ekonomi Indonesia, terutama di bidang investasi. Sebanyak  11 perjanjian bisnis dan lima perjanjian pemerintahan disepakati dalam pertemuan tersebut. Kerja sama itu, di antaranya di bidang energi, migas, petrokimia, pelabuhan, telekomunikasi, dan riset dengan estimasi total nilai investasi hingga sebesar 22.89 miliar dollar AS atau sekitar 314,9 triliun rupiah.

Dalam investasi tersebut, beberapa  BUMN turut berkontribusi, antara lain PT Pertamina (Persero), PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero), dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Saya bisa pastikan kerja sama antara BUMN dan Persatuan Emirat Arab akan berjalan baik dan dapat memenuhi target yang sudah ditetapkan. Alih teknologi juga terjadi sehingga hasilnya win-win bagi kedua belah pihak.

Selain dengan UEA, akan ada lagi kerja sama investasi dengan negara-negara lain. Saya senang tingkat kepercayaan mitra strategis luar negeri terhadap BUMN-BUMN Indonesia semakin meningkat karena perusahaan dikelola dengan  baik, transparan, dan mengedepankan good corporate governance (GCG).

Bagaimana dengan kasus Jiwasraya?

Intinya, permasalahan Jiwasraya ini bukan permasalahan yang ringan, cukup panjang. Permasalahan di Jiwasraya terjadi karena manajemen sebelumnya tak mengelola investasi dengan baik. Ini menjadi perhatian khusus kami agar bagaimana proses investasi dan penempatan saham harus diperketat.

Jiwasraya juga menawarkan bunga yang tinggi kepada nasabahnya. Adapun bunga yang ditawarkan Jiwasraya 9 sampai 13 persen. Itu jauh dari yang ada di pasar. Ini jadi hal penting ke depannya, perlu ada safety investasi tak hanya kejar dari sisi bunga, tapi tentu pensiun jangka panjang harus dioptimalkan, harus ada kepastian.

Bagaimana pembayaran klaim nasabah?

Kami upayakan selesaikan mulai pembayaran awal di akhir Maret, namun kalau memang bisa lebih cepat kami coba lakukan. Akan tetapi, pembayaran tersebut bisa terlaksana jika para panitia kerja (Panja) menerima skema yang akan dilakukan Jiwasraya untuk membayar klaim kepada nasabahnya. Cara pertama, dengan pembentukan holding BUMN asuransi. Kedua, recovery aset Jiwasraya.

Apa benar Bapak diancam?

Ancaman sehari-sehari apalagi dengan terbongkarnya kasus Jiwasraya dan PT Asabri (Persero). Untuk membentuk GCG syaratnya adalah leader yang memiliki akhlak, loyalitas, dan teamwork. Untuk kasus ini prosesnya tetap berjalan. Pimpinan-pimpinan yang tidak menerapkan ini, pasti akan terkena dan yang kasusnya hukum, akan terproses.

Untuk likuiditas Asabri aman dan terjamin karena cash flow-nya sebenarnya asetnya semua masih bagus. Ini beda dengan Jiwasraya. Asabri konsepnya lebih ke asuransi yang domain pemerintah, tentu cash flow yang diberikan sangat konsisten dari Menteri Keuangan (Sri Mulyani Indrawati). Jadi tidak ada isu cash flow.

N-3

Tampilkan Semua

Permudah Pemindaian MRI bagi Pasien

Sabtu 28/3/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebuah tim peneliti berhasil menciptakan kain yang dapat disesuaikan, dipakai, dan diulur, serta disulam dengan benang konduktif yang memberikan rasio signal-to-noise. Hasil ini sangat baik untuk pemindaian MRI. Siapa pun yang pernah...
Selengkapnya

Perangkat Genggam untuk Mendiagnosis Kanker Kulit

Sabtu 28/3/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Menggunakan sinar gelombang pendek yang dipasang di ponsel dan pemindai keamanan bandara, para peneliti telah mengembangkan teknik yang mampu mendeteksi lesi kulit dan menentukan apakah mereka bersifat kanker atau jinak. Hal ini mnejadi...
Selengkapnya

Sejenak di Kota Hantu Kolmanskop, Namibia

Sabtu 28/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Berwisata ke Namibia di Afrika Barat Daya, banyak mendapatkan destinasi yang mencengangkan. Salah satunya adalah Kota Hantu Kolmaskop. Kolmanskop adalah kota hantu di Namib, Namibia selatan, 10 kilometer ke pedalaman dari kota pelabuhan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta