Koran Jakarta | April 20 2019
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Saatnya Bangun Ekonomi Kerakyatan secara Komprehensif

Sabtu 20/4/2019 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Sejumlah kalangan menyatakan Pemilu Serentak 2019 bisa dikatakan sudah selesai sehingga kini saatnya bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk segera memulai program...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Gubernur Ridwan Kamil Nilai Pelaksanaan Pemilu di Jabar Aman

Sabtu 20/4/2019 | 07:57
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – Pemilu 2019 di wilayah Jawa Barat berjalan lancar tanpa gangguan berarti. Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada Menteri Dalam Negeri dalam sambungan video conference di Gedung Sate, Kamis (18/4). “Ada sedikit permasalahan seperti ada TPS yang kekurangan surat suara, tapi petugas setempat langsung barupaya mengambil dari TPS lain untuk menambal TPS yang kekurangan,” ujarnya.

Kendala lain yakni ada sejumlah TPS yang kesulitan menyimpan logistik pemilu seperti kotak suara karena jumlahnya banyak yakni lima kotak. “Sehingga saya bersama Kapolda Jawa Barat mengambil keputusan yaitu dahulukan penyimpanan kotak pilpres di kecamatan,” kata Emil, sapaan akrab gubernur.

Emil juga melaporkan potensi kerawanan cuaca saat pencoblosan dan penghitungan suara yang semula dikhawatirkan ternyata tidak seperti yang dibayangkan. Selain evaluasi penyelenggaraan pemilu, Emil juga memberi masukan ke Kemendagri yang bersifat administrasi. thg/AR-3

Tampilkan Semua

Penjelasan Jokowi

Sabtu 20/4/2019 | 07:50
A   A   A   Pengaturan Font
Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma’ruf Amin didampingi pimpinan partai yang tergabung Koalisi Indonesia Kerja memberikan keterangan kepada awak media massa usai pertemuan...
Selengkapnya

Hoaks Hasil Pemilu Masih Tinggi

Sabtu 20/4/2019 | 07:46
A   A   A   Pengaturan Font
SEMARANG – Pakar teknologi informasi (TI) Universitas Dian Nuswantoro Semarang Solichul Huda menyebut jumlah berita bohong atau hoaks seputar perhitungan hasil pemilu di media sosial usai pelaksanaan pemungutan suara 17 April...
Selengkapnya

Seruan PBNU

Sabtu 20/4/2019 | 07:37
A   A   A   Pengaturan Font
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang juga Ketua Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) KH Said Aqil Siroj (tengah) bersama sejumlah perwakilan ormas Islam mengangkat tangan usai memberi keterangan pers di kantor PBNU,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Surat Suara Rusak

Kamis 18/4/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Tunjukkan Kertas Suara

Kamis 18/4/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Partisipasi Masyarakat dalam Memilih Capai 83,90 Persen

Kamis 18/4/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta - Tingkat partisipasi masyarakat dalam memi­lih pada Pemilu 2019 tercatat mencapai 83,90 persen seba­gaimana hasil yang diperoleh dalam hitung cepat Lembaga Survei Indikator Politik. Peneliti Senior Indikator Politik...
Selengkapnya

Pemilu Indonesia Paling Rumit di Dunia

Kamis 18/4/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta - Lembaga kajian Australia, Lowy Institute, me­nyebut bahwa pemilihan umum 2019 di Indonesia termasuk pa­ling rumit dan paling menakjub­kan di dunia karena skalanya yang besar dan dilaksanakan serentak dalam satu...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Mondial

Ralph Lauren Ubah Botol Plastik Jadi Kaos Polo

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

NEW YORK - Ralph Lauren pada Kamis (18/4) meluncurkan versi kaos polo ikonik yang diberi nama Earth Polo dan seluruhnya terbuat dari botol plastik daur ulang dan diwarnai melalui proses tanpa menggunakan air.

David Lauren, putra bungsu dari pendiri perusahaan dan kepala inovasi Ralph Lauren mengatakan bahwa kaos terbaru itu adalah bagian dari strategi yang lebih luas dari tujuan ramah lingkungan selama proses pembuatan.

“Setiap hari kita belajar tentang apa yang terjadi dengan pemanasan global dan apa yang terjadi di seluruh dunia, dan karyawan serta pelanggan kita benar-benar merasa bahwa sudah waktunya untuk melangkah dan membuat perbedaan,” kata David.

Polo bukan yang pertama yang memperkenalkan baju yang ramah lingkungan. Merek baju yang kurang ternama di seluruh dunia telah menggunakan bahan daur ulang.

Saat mengumumkan kaos Earth Polo yang ramah lingkungan, Ralph Lauren berkomitmen untuk mengurangi setidaknya 170 juta botol dari tempat pembuangan akhir dan lautan pada 2025. Kaos tersebut diproduksi di Taiwan, tempat botol dikumpulkan. Satu kaos masing-masing menggunakan rata-rata 12 botol.

Kaos Earth Polo tersebut diproduksi dalam kemitraan dengan First Mile, sebuah organisasi yang mengumpulkan botol-botol berubah menjadi benang dan, akhirnya, kain. Serat-serat baru juga akan digunakan untuk baju kerja yang sudah ada dan terbuat dari polifiber, yang populer karena kemampuannya untuk menghilangkan kelembaban.

Earth Polo mulai dijual Kamis, menjelang Hari Bumi, Senin (22/4) awal pekan depan, di RalphLauren.com dan toko ritel di seluruh dunia.

Earth Polo tersedia dalam gaya untuk pria dan perempuan dalam warna hijau, putih, biru tua dan biru muda. Kaos ramah lingkungan ini diklaim tidak lebih mahal dari kaos polo lainnya.

Ubah Budaya

Ralph Lauren telah mengambil inisiatif lingkungan selama bertahun-tahun, tetapi telah menempatkan strategi yang lebih signifikan yang bertujuan mengubah budaya perusahaan dan cara berpikirnya tentang pakaian yang diproduksi.

Upaya ini termasuk rantai pasokan baru dan petugas bidang keberlanjutan, Halide Alagoz, mengatakan rincian lebih lanjut akan dirilis pada bulan Juni.

“Saat ini kami sedang menyegarkan pendekatan dan kerangka kerja kami di sekitar keberlanjutan,” katanya.

Di antara tujuan perusahaan yang lain adalah penggunaan 100 persen katun bersumber berkelanjutan pada 2025 dan 100 persen bahan kemasan didaur ulang atau bersumber berkelanjutan pada tahun yang sama.

Tak hanya Ralph Lauren, sejumlah industri mode lainnya juga semakin agresif terhadap kepedulian lingkungan. Akhir tahun lalu, Burberry dan H&M berada di antara para pemangku kepentingan fesyen untuk menandatangani Piagam Industri Mode untuk Aksi Iklim, yang diluncurkan pada Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa, COP24, di Polandia. Piagam berisi visi untuk mencapai emisi bersih nol pada 2050.
Ralph Lauren bukan penandatangan tetapi sedang menjajaki ajakan untuk bertindak. APNews/I-1

Tampilkan Semua

Kebebasan Pers Global Terancam

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
PARIS – Laporan tentang indeks kebebasan pers yang dikeluarkan Reporters Without Borders pada Kamis (18/4) menyimpulkan bahwa rasa permusuhan terhadap wartawan di banyak bagian dunia terutama disebabkan oleh tingkah laku para...
Selengkapnya

Pelajar Asal Bangladesh Dibakar Sampai Mati

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
DHAKA - Keberanian seorang pelajar asal Bangladesh bernama Nusrat Jahan Rafi saat melaporkan penentangannya terhadap kekerasan seksual, malah menghantarkan dirinya pada kematian. Nusrat, 19 tahun, berasal dari Feni, sebuah kota kecil...
Selengkapnya

Warga Swiss Lebih Memilih Transaksi secara Tunai

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
ZURICH - Pada Maret 2019 lalu, Swiss meluncurkan uang kertas baru untuk disimpan di dompet warganya. Pecahan 1.000 franc berwarna ungu adalah seri uang kertas yang terbaru yang dikeluarkan oleh Bank Nasional Swiss (SNB) setelah mengalami...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Target Pertanian

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Produksi Gerabah

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

IHSG Berakhir Menguat 0,39%

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil ditutup menguat pada perdagangan pekan ini yang berakhir Kamis (18/4). IHSG sempat menguat hampir 2 persen namun akhirnya ditutup terhempas aksi jual dan hanya mampu ditutup...
Selengkapnya

Allianz Indonesia Angkat Direksi Baru

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Allianz Indonesia mengumumkan penunjukan pimpinan baru yaitu Bianto Surodjo sebagai Chief of Partnership Distribution Officer, PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) efektif per tanggal 1 April 2019. Bianto...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Jadikan Nias sebagai Destinasi Wisata Berkelas Dunia

Senin 15/4/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sail Nias Tahun 2019 resmi diluncurkan di Jakarta, baru-baru ini. Dengan Sail Nias ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumate­ra Utara (Sumut) optimistis jika pariwisata di Nias akan bangkit. Pemprov yakin daerah tersebut akan menjadi desti­nasi wisata berkelas dunia.

Untuk itu, Pemprov yang mendapat dukungan dari sejumlah lembaga pemerin­tah pusat, seperti Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tengah mempersiapkan hal tersebut. Dengan kerja sinergis dari banyak pihak maka cita-cita menjadikan Nias sebagai wisata berkelas dunia bisa se­gera diwujudkan.

Untuk mengetahui lebih jauh terkait persiapan yang akan dilakukan jajaran Pem­prov Sumut menjadikan Nias sebagai wisata berkelas dunia, wartawan Koran Jakarta, Muhammad Zaki Alatas berkesempatan mewawanca­rai Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, di Jakarta, belum lama ini. Berikut peti­kan selengkapnya.

Seberapa yakin pengem­bangan wisata Nias akan berhasil?

Kami sangat yakin. Hal ini karena Nias memiliki potensi destinasi wisata yang luar bi­asa. Sekarang tinggal upaya kami mendorong supaya Nias lebih dikenal oleh wisatawan mancanegara (Wisman).

Apa saja wisata ung­gulan di Nias?

Nias memilki atraksi wisata alam, budaya, dan buat­an manusia, antara lain Desa Bawomataluo menjadi ikon wisata budaya Pulau Nias de­ngan daya tarik tari fataele dan fahombo batu. Pantai Sorake dan Lagundri juga merupakan salah satu spot surfing terbaik di dunia. Teluk Dalam, desti­nasi diving dengan pantai yang alami serta Desa Hilisao’oto yang memiliki Situs Megalitik Tetegewo di Nias Selatan se­bagai rumah bagi peradaban megalitikum yang hidup.

Upaya apa yang dilakukan untuk mendorong Nias men­jadi desitinasi dunia?

Salah satunya dengan membuat Sail Nias Tahun 2019 yang merupakan strategi pari­wisata yang tepat. Hal ini di­harap­kan men­da­tangkan banyak wisatawan domestik mau­pun mancanegara yang akan memberi kontribusi devisa dan membantu meningkat­kan pertumbuhan ekonomi Nias dan Sumut secara khusus, serta Indonesia secara umum.

Hanya itu saja?

Untuk menyukseskan Sail Nias ini, diperlukan sinergi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah. Ini merupa­kan momentum strategis bagi Nias. Saya harapkan impian kami mengembangkan Nias sebagai destinasi wisata du­nia bukan hanya tahun 2019, tetapi berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya.

Maksudnya?

Iya, jadi setelah Sail Nias 2019, kami menginginkan event-event nasional dan internasional dihadirkan ke Nias. Dengan begitu, per­ekonomian di daerah akan bangkit dan meningkatkan wisatawan lokal maupun man­canegara yang berkunjung ke Nias dan Sumut.

Diisi acara apa saja Sail Nias itu?

Ada beberapa rang­kaian, di antara 17 kegiatan yakni world surf league Nias, won­derful expo, parade kapal nelayan tradisional, seminar warisan bu­daya Nias, kuliner, festival lompat batu (fahombo batu), ekspedisi, festival ke­pulauan, atraksi terjun payung, dan lainnya.

Berapa target wiasatawan yang berkunjung ke event tersebut?

Kami target 100 ribu orang saat Sail. Mudah-mudahan ini tercapai. Target itu kami dasar­kan sebelumnya event bertaraf Nasional Nias Pro juga sudah dilakukan di Nias. Kami yakin itu akan tercapai, apalagi kami bisa lihat dalam pembukaan ini antusias cukup luas biasa.

Jika boleh tahu, berapa jumlah wisatawan yang berkunjung ke Nias?

Jumlah pengunjungnya dalam empat tahun terakhir mencapai rata-rata 240 ribu orang per tahun dan proyeksi 2024 dikunjungi satu juta orang. Hal ini diyakini karena potensi wisata unggulan di Nias dapat mendongkrak jumlah wisatawan yang ada, terlebih ombak Pantai Nias menjadi salah satu ombak terbaik di dunia.

Bagaimana dengan infra­struktur pariwisata di sana?

Terus terang, kami masih mengejar beberapa infra­struktur yang dalam proses perbaikan hingga Sail Nias 2019 dapat segera difungsikan seperti sarana dan prasarana umum, Bandara, pelabuhan, dan lokasi-lokasi penginapan untuk para wisatawan ke de­pannya.

Bagaimana dengan hotel?

Kami melihat hotel-hotel di Nias sudah baik, cuma kami berharap banyak hotel yang bertaraf internasional bisa da­tang ke Nias dan berinvestasi supaya banyak wisatawan yang datang.

Lalu, untuk akses trans­portasi bagaimana?

Akses menuju Nias semakin mudah, penerbangan Jakar­ta–Gunung Sitoli 3 kali per minggu ditempuh dalam 2 jam 20 menit. Sedangkan pener­bangan Medan–Gunung Sitoli 6–7 kali per hari dengan waktu tempuh hanya 50 menit de­ngan pesawat jenis ATR. Juga penerbangan dari Padang–Gunung Sitoli 1 kali sehari dalam 1 jam, dan Padang–Tello–Gunung Sitoli–Sibolga 3 kali seminggu.

Hanya lewat udara?

Tidak. Untuk transpor­tasi laut dilayani dengan rute pelayaran Gunung Sitoli-Sibol­ga setiap hari ditempuh dalam 8 jam dan Teluk Dalam-Sibol­ga, Teluk Dalam-Tello-Padang, dan Gunung Sitoli-Padang.

Untuk bandara sudah in­ternasional?

Belum. Saat ini Bandara Binaka Nias baru dikembang­kan dengan panjang landasan pacu 2.200–2.500 meter dan lebar 30 meter sehingga baru bisa didarati pesat Bombardier CRJ 1.000 berkapasitas 100 penumpang. Untuk bandara internasional minimal panjang landasan 2.500 meter, lebar 45 meter dengan kekuatan me­nahan beban 56 PCN supaya dapat didarati pesawat jenis Boeing 737-800.

N-3

Tampilkan Semua

Pemprov Pacu Sejahterakan Warga Jateng

Senin 8/4/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) untuk me­nekan angka kemiskinan. Pro­gram yang kini dengan gencar dilakukan adalah menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB),...
Selengkapnya

Pemkab Ponorogo Antisipasi Ajaran Menyimpang

Senin 18/3/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Masyarakat baru-baru ini dikejutkan oleh pemberitaan soal kepindahan sejumlah warga Desa Watubonang, Kecamatan Badegan, Kabupaten Pono­rogo, Jawa Timur, ke Malang. Mereka berpindah karena khawatir akan terjadi bencana kiamat di...
Selengkapnya

Atasi Calo Perizinan di Bandung dengan Layanan “Online”

Senin 11/3/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Keluhan mengurus izin terkait tata ruang di Kota Bandung bisa diatasi dengan layanan online yang sudah diluncurkan. Sela­ma ini, keluhan sering muncul karena sulitnya mengetahui peruntukan lahan yang boleh dan tidak boleh dibangun...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Konstruksi Tepat Waktu Proyek Mega Superblok Batam

Senin 15/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pengembang PT Pollux Properti Indonesia Tbk. terus memantapkan posisinya sebagai developer terpercaya di Indonesia. Komitmen ini salah satunya direalisasikan perusahaan properti berkode emiten POLL tersebut dengan mengupayakan penyelesaian pembangunan seluruh portofolio projek secara baik dan tepat waktu.

Terbaru, setelah sukses menggelar Topping Off untuk Tower A1 dan A2 pada pertengahan Januari dan Maret 2019 lalu, pengembang kawasan megasuperblok Meisterstadt Batam, PT Pollux Barelang Megasuperblok atau yang biasa dikenal dengan brand Pollux Habibie International – perusahaan kolaborasi antara PT Pollux Properti Indonesia Tbk. dan keluarga besar mantan Presiden RI, BJ. Habibie ini, kembali memastikan proses konstruksi Tower A3.

Tower ini menjadi bagian dari phase pertama (4 Tower) dari proyek megasuperblok Meisterstadt Batam telah rampung pembangunannya. Kepastian ini direalisasikan dengan menggelar topping off ceremony (penutupan atap) untuk tower apartemen A3 yang berlokasi di Jl Ahmad Yani, Batam Center, Kota Batam.

Prosesi Topping Off dilakukan pada hari Rabu sore, 10 April 2019 bertempat di Swiss - Belhotel Harbour Bay, Batam dan turut dihadiri oleh jajaran Direksi beserta Dewan Komisaris dari PT Pollux Barelang Megasuperblok serta PT Pollux Properti Indonesia Tbk.

Pelaksanaan acara penutupan atap yang dilakukan secara simbolis tersebut sekaligus dengan menggelar acara VVIP Investor Gathering. ”Serupa dengan Tower A2 sebelumnya, prosesi topping off Tower A3 yang hanya berselang sebulan dari Tower A2 adalah bentuk komitmen kami untuk membangun kawasan megasuperblok Meisterstadt Batam secara keseluruhan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” ujar Po Sun Kok, Presiden Komisaris Pollux Properti Indonesia.

Po Sun Kok menuturkan, selain ketepatan jadwal dalam hal pembangunan, wujud komitmen yang dilakukan Pollux Properti Indonesia untuk Meisterstadt Batam juga dibuktikan dengan pemilihan mitra kerja hingga material yang berkualitas.

“Untuk kontraktor kami menggandeng kontraktor PT PP (Persero) Tbk. yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, sementara untuk material elevator dan eskalator kami menggandeng KONE, perusahaan asal Finlandia yang merupakan salah satu market leader industri elevator dan escalator di dunia,” tutur Po Sun Kok.

Sementara itu, Maikel Tanuwidjaya, Sales and Marketing Director PT Pollux Properti Indonesia Tbk., menyebutkan, selain melakukan topping off, pada hari itu juga dilakukan product knowledge untuk tower terbaru yaitu A5 yang merupakan tower keempat dan mengusung konsep penthouse.

Tower ini juga bagian dari phase pertama sekaligus masterpiece dari Meisterstadt Batam. Tower A5 merangkum sebanyak 385 unit dan ditawarkan dalam beberapa type, mulai dari type Studio – 24 m2, 1BR – 49 m2, 2BR – 66 m2 sampai dengan type 3BR – 80 m2. Sementara, harga yang ditawarkan 1,6 miliar untuk type 2BR dan 2 miliar rupiah untuk type 3BR. yun/E-6

Tampilkan Semua

Desain Modis dan Segar Interior Modern

Senin 15/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Keluarga muda yang bertipe modern milineal mempunyai banyak kesibukan di luar rumah. Biasanya, keluarga dengan tipe ini memilih rumah dengan gaya yang sederhana dan alami untuk mendukung fungsi dan kenyamanan saat berada di dalam rumah...
Selengkapnya

Potensi Menggiurkan Kawasan Sentul

Senin 15/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kawasan Sentul berada di ketinggian 200-500 meter di atas permukaan laut dan memiliki pemandangan yang eksotis yakni pegunungan dan sungai. Kawasan Sentul, Bogor, kini semakin diminati end user dan investor properti dan menjadi kawasan...
Selengkapnya

RUPS PPRO

Jumat 12/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Modem Premium Berkecepatan Maksimal

Kamis 18/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Bagi operator seluler, kenyamanan pelanggan dalam mengakses internet merupakan hal penting. XL Axiata menawarkan dua modem WiFi (mifi) 4G canggih berkualitas premium dari Huawei, untuk akses internet lebih maksimal.

Kedua mifi XL tersebut adalah tipe Huawei E5573 dan tipe Huawei E5577 Max. Keunggulannya memiliki kecepatan unduh hingga 150 Mbps dengan teknologi 4G versi Cat4. Kapasitas aksesnya hingga mencapai 10 perangkat.

Baterai keduanya memiliki kapasitas 1.500 mAh berdaya tahan tinggi, yang bisa beroperasi lebih kurang selama 6 jam. “Kami berusaha menjawab kebutuhan pelanggan akan akses internet cepat dengan menyediakan dua modem canggih 4G terbaru dari Huawei,” kata Chief Marketing Officer XL Axiata, David Arcelus Oses.

Sebagai perangkat mobil mifi Huawei E5573 mempunyai desain yang simpel dan dengan dimensi yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan modem Huawei e5577. Namun demikian dimensi keduanya tetap minimalis dan muah untuk dibawa.

Khusus Huawei E5577 Max memiliki layar yang bisa menampilkan informasi kuota, kekuatan sinyal, SSID WiFi, password, dan nomor XL pelanggan. Selain itu ada juga dukungan untuk konektor antena eksternal, dan slot MicroSD up to 32 GB.

Pelanggan bisa mendapatkan paket bundel XL GO IZI Huawei E5573 seharga 599 ribu rupiah, dan paket bundling XL GO IZI Huawei E5577 Max seharga 869 ribu rupiah, harga tersebut sudah termasuk Ppn.

Pelanggan yang membeli secara budel otomatis akan mendapatkan manfaat berupa kuota data utama 20 GB di jaringan 3G/4G yang berlaku untuk selamanya, dan XL Pass Lite untuk roaming gratis selama 1 tahun.

Produk ini bisa didapatkan di Toko Pulsa, Outlet Handphone, XL Center/Xplor, Toko Online dan Toko Komputer. XL GO IZI bundling E5573 sudah bisa dibeli sejak Februari 2019 sedangkan Tipe E5577 Max bisa dibeli mulai tanggal 15 April 2019. hay/E-6

Tampilkan Semua

Ponsel Pintar Andalkan Layar Super Amoled

Kamis 18/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Samsung Electronics kembali mengeluarkan amunisi terbaru pada segmen ponsel menengah atas yaitu Galaxy A70. Ponsel ini mengandalkan layar super amoled (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang jernih dan dirancang untuk...
Selengkapnya

Vendor Rilis Teknologi Multitasking 2.0

Kamis 18/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Produktivitas menjadi kunci keberhasilan bisnis perusahaan. Produsen perangkat keras dan perangkat lunak mulai mengenalkan perangkat yang mendukung kinerja multitasking atau kemampuan mengoperasikan banyak tugas (fitur). Teknologi...
Selengkapnya

Beri Penjelasan

Selasa 16/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Program Investasi Sosial Shell

Rabu 17/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Diluncurkan, Generasi Keempat BMW X5

Rabu 17/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pada segmen SUV (mobil sport multifungsi) premium, BMW memiliki seri X, mulai dari X1, X2, X3, X4, hingga X5. Pada Kamis (11 April 2019) lalu di Jakarta, BMW meluncurkan All New BMW X5, di pasar Indonesia. Mobil ini diposisikan sebagai...
Selengkapnya

Parade Mobil Baru IIMS 2019

Rabu 17/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pameran otmotif merupakan ajang agen pemegang merek (APM) menampilkan model dan teknologi terbaru. Beberapa diantaranya telah secara terbuka bakal dipamerkan di IIMS 2019. Pameran otomotif tahunan Indonesia International Motor Show...
Selengkapnya

Terima Penghargaan

Rabu 10/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Barca Amankan Puncak

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BARCELONA – Barcelona akan berupaya memperkuat cengkraman mereka di pun­cak klasemen saat menjamu Real Sociedad di Camp Nou, Sabtu (20/4). Klub Catalan itu unggul sembilan poin di atas pesaing terdekat Atletico Madrid dengan enam pertandingan tersisa.

Meski bermain dalam kemenangan atas Manchester United di leg kedua perempat fi­nal Liga Champions tengah pekan ini, striker Barcelona Philippe Coutinho berada di bawah tekanan untuk menunjukkan konsistensinya.

Pemain asal Brasil itu sejauh ini dianggap gagal karena Barca telah membayar mahal 165 juta euro untuk memboyongnya dari Liver­pool pada Januari 2018. Penampilannya yang mengecewakan telah membuatnya dicemooh oleh pendukung Barca.

Coutinho mencatatkan lima gol dan dua assist dalam 30 penampilan La Liga. Tapia dia berupaya membuktikan dirinya dengan penampilan gemilang dalam kemenan­gan 3-0 atas MU dengan mencetak gol lewat tendangan jarak jauh yang spek­takuler .

Tapi perayaannya, meletakkan jari-jarinya di telinganya tampak menghina penggemar Barca. Media olahraga Spanyol menggambarkan itu se­bagai gerakan jelek dan kurang hormat.

“Itu bukan isyarat yang baik, dia mence­tak gol yang hebat tetapi tidak pernah baik untuk berper­ilaku seperti itu kepada para penggemar,” ujar mantan penyerang Barca asal Brasil Rivaldo seper­ti dikutip oleh surat kabar Marca.

“Fans mengkritiknya karena mereka tahu dia bisa berbuat lebih banyak,” tandasn­ya. ben/AFP/S-1

Tampilkan Semua

Arsenal ke Semifinal

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
NAPLES – Alexandre Lacazette mencetak satu-satunya gol saat Arsenal menang 1-0 atas Napoli, Jumat (19/4) dini hari WIB. “The Gunners” melaju ke semifinal Liga Europa dengan unggul agregat 3-0. Tendangan bebas Lacazette...
Selengkapnya

Klopp Mulai Memikirkan Messi

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
PORTO – Usai memastikan laju ke babak empat besar Liga Champions, pelatih Liverpool Jurgen Klopp mulai berpikir ten­tang cara menghentikan Lionel Messi. “The Reds” bertemu Bar­ca di semifinal setelah menang...
Selengkapnya

Scudetto Pengobat Luka

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
MILAN – Juventus akan be­rupaya mengobati luka keke­cewaan tersingkir dari Liga Champions saat mereka fokus menyegel gelar Serie A kedela­pan berturut-turut di kandang, Sabtu (19/4). Tum asuhan Massimiliano Allegri...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Pemilu 2019 Masih Berjalan

Sabtu 20/4/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
CATATAN ARSWENDO

Pemilu 2019, Rabu (17/4), berjalan dengan meriah, gembira, ibarat pesta pejalanan menemui kekasih yang saling tunggu. Bahkan sejak jam 07.00 WIB, kegiatan di tenda-tenda tempat coblosan telah berhias, sebagian dihias lumpur karena turun hujan.

Saya termasuk yang ikut berangkat pagi—walau anak saya yang tinggal di kompleks perumahan yang sama bisa lebih pagi, buktinya ia nyoblos pertama. Dan seperti pencoblos lainnya, saya masih bermain di sekitar lapangan, pulang, dan tak melakukan apa-apa. Sampai siang sedikit, kembali ke lapangan, atau lapangan pencoblosan sebelumnya, yang letaknya berdekatan.

Ikut mengikuti penghitungan suara pemilihan presiden yang diberitakan penuh canda. Ada ungkapan khusus untuk calon 01, ada tag line khusus untuk paslon 02. Ada suara kecewa ketika surat suara teryata tak memenuhi suara. Umumnya karena tergesa, atau belum dibuka sempurna.

Semua meriah, bersemangat, dalam tegur sapa akrab. Untuk tidak mengatakan akrab sekali. Kedua kubu mengeluarkan kemampuan menyampaikan dalam bentuk lagu atau pantun. Lalu meneruskan di depan TV. Mulai pukul 15.00 WIB perhitungan cepat diumumkan dari berbagai lembaga survei. Angka meninggalkan satu dengan yang lain.

Jumlah suara masuk menjadi 70 persen, jatah suara yang dianggap mewakili pemenang. Namun, klaim itu tak terdengar dari kelompok 01, juga tidak dari kelompok 02 yang mengakui kemenangan lawan. Kali ini agaknya semua pihak menahan diri sampai 22 April, Selasa depan, untuk mengumumkan. Secara resmi memang KPU yang mengumumkan dari hasil manual.

Bukan yang model quick, model perhitungan cepat, tapi akurat, melainkan model manual— seperti menghitung satu demi satu bersama barangnya. Sampai di sini masih bisa dimaklumi. Sebelum kelompok 02, dalam hal ini Prabowo Subianto sendiri yang menyatakan bahwa perhitungan yang dilakukan sendiri, menunjukkan pasangannya memenangkan.

Bahwa sampai 62 persen. Sampai di sini, yang dimaklumi media ada perbedaan hasil. Bukan sekadar cara baru atau cara lama. Perbedaan hasil yang menghasilkan perbedaan besar siapa sesungguhnya pemenangnya? Jokowi- Ma’ruf atau Prabowo-Sandi? Bagaimana jika keduanya ngotot, dan menganggap lawannya main curang.

Mau tak mau harus melihat pergerakan berita yang - kalau Prabowo menggelar tiga konpers untuk menyebutkan perhitungan kemenangannya pastilah bukan main-main. Andai alasan dianggap tidak benar, tak memenuhi syarat, bisa lain lagi. Pada titik yang sama, ancaman entah benar entah samar ada “people power”, kekuataan massa rakyat terjun ke jalan mulai beredar ulang.

Artinya, ini bukan berita lucu-lucuan lagi, atau teriakan lagi, melainkan berita mengenai kelangsungan bernegara. Mungkin ini berlebihan— saya pun harap begitu. Namun, sumber berita yang beredar dikuasai sepenuhnya oleh media sosial. Media cetak masih terjebak dengan pola lama: hari libur mereka tak terbit.

Mungkin ini hanya penundaan, sampai pemenangnya diumumkan secara resmi sesuai peraturan. Lalu semua berjalan seperti biasa. Keberhasilan negeri ini mengadakan pesta demokrasi terbesar ketiga, kegembiraan dan semangat masyarakat adalah makna sebenarnya yng bisa dirasakan secara nyata. Rasanya sudah saatnya negeri ini melakukan langkahlangkah yang memesona dan memperlihatan bukti-bukti mengatasi rintangan. Semoga. 

Tampilkan Semua

Membujuk Diri agar Cerdas Bermedia Sosial

Sabtu 20/4/2019 | 00:49
A   A   A   Pengaturan Font
Judul      : Saring sebelum Sharing Penulis   : Nadirsyah Hosen Penerbit : PT Bentang Pustaka Terbitan : 2019 Tebal      : xv + 326 hlm ISBN       :...
Selengkapnya

Paskah Jalan Keselamatan

Sabtu 20/4/2019 | 00:48
A   A   A   Pengaturan Font
Bangsa Indonesia telah mampu merayakan pesta demokrasi lima tahunan. Kali ini malahan ber­langsung serentak, Pilpres, DPR, DPD, dan DPRD (kab/kota/prov). Puji Tuhan, semua berlangsung lancar dan damai. Semoga semua pihak dapat...
Selengkapnya

Paskah yang Menghidupkan

Sabtu 20/4/2019 | 00:46
A   A   A   Pengaturan Font
OLEH PDT JUNRY ALOW, MTH Bangsa ini baru saja merampung­kan pekerjaan berat, sebuah pesta demokrasi untuk memilih presiden dan wakil, DPR, DPRD prov/kab/kota, dan DPD. Puji Tuhan, semua berlangsung dalam suasana damai dan lancar....
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Novita Dewi Digandeng Uncle Stone untuk Mini Album

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Lama tak muncul di ranah tarik suara, penyanyi No­vita Dewi digandeng Sael Simatupang atau penyanyi yang akrab disapa Uncle Stone dalam karya mini albumnya yang mem­bawakan kembali karya lagu dari Broery Marantika. Novita Dewi, penyanyi yang lahir dari ajang pen­carian bakat X Factor ini pun senang diajak bergabung dalam menyanyikan lagu Broery Marantika.

Novita Dewi pun merasa ter­sanjung diajak berduet dengan Uncle Stone yang memang sudah dikenalnya sebel­umnya. “Waktu pertama kali ke­temu beliau saya sempat takjub karena karakter suaranya mirip banget sama Om Broery. Ketika didaulat untuk mengisi suara di lagu ‘Rindu Terlarang’ yang dinyanyikan om Broery sama Mbak Dewi Yull, aku ngerasa seperti mimpi. Meski lagunya memang nggak tertandingi sama penyanyi aslinya, tapi yang penting sih enak didengar,” papar Novita.

Novita pun mengakui lagu yang dinyanyikannya itu mensapat respon yang cukup bagus dari anak milenial di media sosial. “Respon di IG aku juga ternyata disukai anak milenial. Ya hara­pan kita lagu ini juga bisa diterima oleh kalangan milenial dan semua penden­gar musik Tanah Air,” harap Novita.

Dalam mini album Uncle Stone itu ada empat lagu lawas yang mereka recyle ulang dari lagu yang dipopulerkan oleh Broery, yakni lagu berjudul “Rindu yang Terlarang”, “Hati Yang Terluka” ciptaan A Riyanto, “Kurelakan” ciptaan Papa Fauza, dan lagu “Keliru” ciptaan Fatur dan Capung-Java Jive.

Di samping itu, Uncle Stone sendi­ri memang sengaja menggandeng Novita Dewi dalam karyan­ya itu. “Saya pikir, kita harus masuk kekalangan milenial, akhirnya pilihan jatuh sama Novita Dewi iyang merupakan finalis X Factor. Dia bisa mempresentasikan gen­erasi muda untuk suka dan kenal lagu-lagu lawas di Indonesia,” tukas Uncle Stone. yzd/S-1

Tampilkan Semua

Usia Harapan Hidup Masyarakat Indonesia Meningkat

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Usia harapan hidup masyarakat Indonesia terus meningkat, seiring perbaikan layanan kesehatan yang menyentuh di seluruh lapisan masyarakat. Menteri Kesehatan Nila F Moelek di Palembang, Jumat (12/4), mengatakan usia rata-rata harapan...
Selengkapnya

Film “After” Mengundang Kontroversi

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Baru dirilis 16 April lalu di berbagai bioskop di Indonesia, film After sudah mengundang kontroversi. Berbagai sorotan mun­cul, terutama karena adanya adegan yang dianggap terlalu vulgar. Sekretaris Umum PP Muham­madiyah, Abdul...
Selengkapnya

Michelle Yeoh Diajak James Cameron Bintangi “Avatar 2”

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Aktris asal Malaysia Michelle Yeoh akan kebali membintangi film produkso Hollywood. Setelah tahun lalu sukses membintangi Crazy Rich Asians, Michelle Yeoh dipas­tikan terlibat dalam penggarapan sekuel Avatar. Kabar itu...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Bersatu Kembali

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Ganjil Genap Depok

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Katedral Gelar Misa dengan Pengamanan Ketat

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Gereja Katedral menggelar rangkaian ibadah Jumat Agung, Malam Paskah, dan Ibadah Paskah mulai dari Jumat (19/4) hingga Minggu (21/4). Untuk mengamankan misa yang berlangsung 3 hingga 4 kali setiap harinya, pihak katedral...
Selengkapnya

Festival Pencak Silat Betawi

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA–Suku Dinas (Sudin) Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Jakarta Selatan (Jaksel) menyelenggarakan Festival Pencak Silat Betawi, mulai hari ini, Sabtu (20/4), di Lapangan Parkir Taman Swadarma, Jalan Swadarma Raya, Gang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

Pelanggaran Masa Tenang Terjadi pada “Platform” Media Sosial

Rabu 17/4/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menegaskan bahwa kampanye dalam bentuk apapun sudah tidak boleh dilakukan lagi selama masa tenang pada 14-16 April.

Untuk membatasi beredarnya informasi yang tidak bener atau hoaks Kemenkominfo telah melakukan pemantauan pada platform media sosial.

Kominfo mencatat pihaknya telah menemukan tujuh konten yang diduga melanggar aturan masa tenang kampanye yang berlangsung pada 14 hingga 16 April 2019. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut berikut perbincangan dengan Menkominfo Rudiantara di Jakarta, Selasa (16/4).

Bagaimana hasil pengawasan Kemenkominfo pada masa tenang ini?

Iya sejak Minggu pukul 00.00 WIB sampai dengan tadi Siang, konten yang dianggap melanggar Undang-Undang Pemilu, terduga pelanggar sudah ada tujuh konten tersebut sebagian besar muncul di platform media sosial Instagram.

Lalu bagaimana dengan laporan masyarakat?

Iya selain hasil penelusuran tim, masyarakat juga ada yang melaporkan dan Facebook jadi platform media sosial yang paling banyak dilaporkan terkait adanya pemasangan iklan kampanye oleh oknum akun selama masa tenang Pemilu 2019.

Berapa banyak?

Pelanggaran tayangnya iklan kampanye di Facebook itu mencapai 70 temuan pelanggaran.

Itu benar-benar melanggar?

Ia ke semua konten itu diduga melanggar Undang-undang (UU) Komisi Pemilihan Umum (KPU) No.7 Tahun 2017 tentang Masa Tenang Kampanye. Masa tenang itu tidak boleh ada aktivitas baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Aktivitas yang sifatnya mempromosikan, yang sifatnya kampanye karena masanya sudah lewat. Selain itu, ada aturan untuk meniadakan adanya kampanye iklan politik terpasang di masingmasing platform. Dari perusahaan yang hadir ada Facebook, Google, Twitter, Line, Bigo, Live Me, dan Kwai Go sepakat untuk pelarangan iklan kampanye nongol di masa tenang pemilu.

Sudah dilaporkan?

Tentu sudah kami telah melaporkan konten yang diduga melanggar tersebut kepada Bawaslu. Dan langkah hukum terhadap pelanggaran masa tenang kampanye itu akan ditentukan oleh Bawaslu sebagai lembaga yang berwenang.

Seandainya terbukti maka ada ancaman hukumannya?

Bersama dengan Bawaslu kami melakukan pengaisan setiap hari atas konten-konten yang diduga melanggar pasal 492 UU 7 tahun 2017 berisi tentang Pemilu mengatur ancaman pidana paling lama satu tahun dan denda paling banyak 12 juta rupiah.

Lalu langkah yang dilakukan Kemenkominfo?

Sama seperti kasus-kasus hoaks lainnya, untuk masalah ini kami telah di-take down kontenkonten tersebut . Kemudian di dunia nyata, ditindaklanjuti oleh polisi. Ini karena menurut undang-undangnya, UU Pemilu, pihak yang mengawasi adalah Bawaslu, dan akan menindaklanjutinya oleh Bawaslu.

Terkait ada alasan dari para pengguna kalau mereka dilindungi oleh kebebasan berekspresi, bagaimana menurut Anda?

Untuk para pengguna akun media sosial lainnya, memang benar diperbolehkan mengunggah konten apapun. Sebab, kebebasan berekspresi sudah diatur dalam Pasal 28 Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Hanya saja, konten yang diunggah tidak boleh melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Harapan Anda?

Kami sangat berharap para pengguna media sosial lebih bijak dan mentaati aturan yang telah ditetap. Dan masyarakat kami jugu meminta Pemilu ini dapat dijalankan dengan suka cita dan penuh rasa persaudaraan, sehingga tidak ada caci maki dan ujaran kebencian yang terlontar melalui media sosial. 

 

m zaki alatas/AR-3

Tampilkan Semua

Media Sosial Bisa Picu Kasus Perundungan Siswa

Senin 15/4/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kasus perundungan kembali terjadi di kalangan siswa. Teranyar, kasus menimpa siswi SMP 2 Pontianak berinisial AY. Kasus ini mendapat respons cepat dari masyarakat khususnya di media sosial. Bahkan sampai muncul petisi agar pelaku diganjar...
Selengkapnya

Format Debat Terakhir Sama dengan Debat Keempat

Jumat 12/4/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Debat kelima atau debat terakhir pilpres akan digelar Sabtu (13/4), di Hotel Sultan, Jakarta. Adapun tema debat ini; Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan, dan Investasi, serta Perdagangan dan Industri. Pelaksanaan debat ini...
Selengkapnya

Bawaslu Komitmen Lakukan Pengawasan Iklan Kampanye Pemilu 2019

Kamis 11/4/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Masa kampanye terbuka Pemilu 2019 dimulai sejak 24 Maret–13 April 2019. Masing-masing peserta pemilu, baik pasangan calon (paslon) presiden-wakil presiden, maupun calon legislatif (caleg) mulai melakukan kegiatan kampanye terbukanya,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Edi Sukmoro

Sabtu 20/4/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Menjelang arus mudik Lebaran 2019, PT Kereta Api Indonesia (Persero)/KAI sudah bersiap menyambut ribuan penumpang. Tiket sudah dijual jauh-jauh hari atau tiga bulan sebelum waktu keberangkatan, masyarakat bisa mulai memesan atau membelinya.

Aneka persiapan dan pembenahan terus dilakukan jajaran direksi agar masyarakat makin nyaman saat mudik dengan naik kereta. Seluruh jajaran direksi sudah diperintahkan untuk siap siaga menyambut kedatangan momen Lebaran 2019.

Untuk mengetahui apa saja yang telah dan akan dilakukan jajaran PT KAI untuk menyambut para pemudik pada Lebaran 2019, wartawan Koran Jakarta, Teguh Raharjo berkesempatan mewawancarai Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, pada sidak persiapan mudik dan rilis penambahan kursi mudik, di Stasiun Bandung, Jawa Barat, baru-baru ini. Berikut petikan selengkapnya.

Setiap tahun minat masyarakat menggunakan moda KA terus meningkat, tahun ini seperti apa perkiraannya?

Minat masyarakat akan moda transportasi kereta api sangat tinggi pada masa angkutan Lebaran 2019. Hal tersebut terbukti dengan telah habisnya tiket KA-KA favorit untuk mudik pada keberangkatan mulai dari H-7 Lebaran, H-6, dan seterusnya.

Untuk arus balik, keberangkatan H+2 dan H+3 Lebaran menjadi tanggal pilihan para penumpang untuk kembali ke kota asal pada masa arus balik. Kami terus-menerus meningkatkan pelayanan dengan menambah sejumlah KA tambahan pada angkutan Lebaran 2019 tanpa mengurangi kenyamanan penumpang.

Total berapa kursi yang disiapkan untuk mudik?

Angkutan reguler yang disiapkan mulai H-10 hingga H+10 sebanyak 217 ribu seat lebih yang setiap hari dijual. Memang banyak yang memilih di hari tertentu seperti saya katakan tadi. Nah, di hari favorit itu memang habis, meski ada yang masih kosong di hari lain. Kami melihat keinginan mudik pada tanggal tersebut sangat tinggi, jadi kami tambah lagi kursinya.

Kami menjual lagi tiket untuk 50 perjalanan KA tambahan mulai tanggal 6 April 2018. Kami menambah KA-KA dengan berbagai rute yang menjadi favorit masyarakat, di antaranya keberangkatan Stasiun Pasar Senen dan Gambir menuju Tegal, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, dan lainnya.

Berapa jumlahnya?

Jumlah seat pada KA Tambahan sebanyak 29.456 seat yang dijual setiap hari. Sama untuk keberangkatan H-10 dan H+10 juga bisa dipesan melalui KAI Akses atau channel lain yang sudah kerja sama dengan kami. Jumlah tersebut meningkat 8 persen dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 27.072 seat KA tambahan. Jadi, total per hari kami jual hampir 250 ribu tiket selama momen mudik 2019.

Keluhan masyarakat adalah sulitnya membeli secara online?

Kami tentu belajar dari pengalaman tahun lalu. Tahun ini, kami siapkan 20 server dengan kekuatan 120 MBPS. Seharusnya dengan kapasitas yang ada sekarang tidak akan terganggu. Memang pada jam tertentu akan melonjak yang akses. Nah, masyarakat tentu harus jeli melihat waktu dan tanggal keberangkatan yang masih kosong.

Memang banyak yang membeli langsung ke KAI Akses, meski ada channel lain, kami sudah antisipasi. Sekitar 32 persen membeli langsung ke KAI Akses ini. Tapi yang sudah terjual saya kira masih di bawah 50 persen dari total kursi, ya bukan di tanggal favorit yang masih ada.

Jadi, bisa diantisipasi mudiknya jangan mepet dan di hari favorit H-7 dan H-6. Kalau arus balik yang penuh karena jadi favorit itu H+2 dan H+3, atau misal membeli tiket tidak yang langsung dari Gambir atau Jakarta. Dari Bandung juga masih banyak yang kosong.

PT KAI mulai kapan memulai kesiapan arus mudik tahun 2019?

Kami sudah menyiapkan posko dan akan dioperasikan mulai 26 Mei hingga 16 Juni 2019. Posko di semua stasiun, terutama stasiun besar untuk menjaga keamanan pemudik di stasiun. Nanti kami akan bagi takjil kepada penumpang dan makan sahur, gratis. Mulai H-10 saat berbuka dan sahur ada makan gratis untuk penumpang.

Kesiapan apa lagi?

Pada akhir April ini, kami seluruh direksi wajib turun ke lapangan untuk memeriksa secara langsung jalur mudik, terutama untuk jalur selatan, inspeksi direksi akan fokus ke sana. Ada dua lintas yang disiapkan untuk disurvei. Total, kami juga menyiapkan tenaga pengamanan sebanyak 10 ribu orang terdiri dari pengamanan internal, pegawai KAI, dan eksternal bantuan TNI dan Polri.

Kenapa jalur selatan?

Selama ini memang banyak kendala terjadi di jalur selatan karena bencana alam, seperti banjir, ambles, aksi pelemparan, dan longsor. Kami mendeteksi sekitar 340 titik rawan di sepanjang jalur KA mudik di Jawa. Kami menempatkan penjaga ekstra di titik-titik itu. Petugas akan berjaga selama 24 jam. Kami sudah siapkan sebanyak 270 personel untuk menunggui titik rawan itu. Ditambah tenaga ekstra sekitar 1.456 orang untuk mengawasi juga.

Ada sekitar 5.238 titik perlintasan yang kami awasi. Saat mudik, tentu ada peningkatan kendaraan yang melintas. Kebiasaan warga setempat yang sudah sering melintas akan berbeda dengan pemudik yang baru melalui jalan itu. Jadi kami ekstra waspada. Sebenarnya sudah biasa karena ini memang juga sudah dilakukan sejak lama. Jika ada sesuatu yang berpotensi mengganggu, petugas lapangan akan memberikan informasi ke pusat kendali KAI.

Angkutan barang sendiri ada?

Kami siapkan angkutan motis yakni untuk mengangkut motor. Bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), kami siap mengangkut sekitar 18 ribu motor dengan KA. Kereta berangkat dari gudang KAI di Jakarta menuju Kutoarjo dan Surabaya. Angkutan logistik atau barang tetap akan berjalan seperti biasa selama arus mudik.

PT KAI juga mulai mengubah kokpit masinis dengan menambah AC, kenapa?

Setiap hari masinis membawa kereta di belakangnya yang sudah nyaman dan ber-AC, kenapa lokomotifnya tidak. Kami juga ingin membuat nyaman masinis, biar tetap segar, fit, dan ganteng. Ha...ha...ha. Ke depan kan juga akan ada masinis perempuan. Jadi lokomotif juga harus nyaman biar prima.

Semua akan dipasang AC?

Iya, akan dipasang semua. Kami ingin 251 lokomotif yang ada saat ini ber-AC. Tetapi, kami lakukan bertahap, tidak bisa serentak sebab kan lokomotifnya juga dipakai setiap hari. Sementara ini baru ada 17. Giliran satu per satu masuk depo untuk dipasang AC.

Kapan bisa semua selesai dipasang?

Secepatnya saja. Tahun ini, kalau bisa semua sudah diinstal AC, tapi kami juga melihat kemampuan depo. Investasinya murah kok, hanya nambah AC saja. Kami pasang dan modifikasi sendiri, komponen lokal produk dalam negeri sekitar 58 persen, dan sudah terdaftar dan bersertifikat dari Sucofindo. Kami memodifikasi loko ini di Balaiyasa Yogyakarta. AC memiliki kapasitas pendingin sekitar 8.000 Kcal dan daya 3.000 watt.

PT KAI terus meningkatkan kenyamanan di stasiun, seperti membuat coworking space. Untuk apa?

Kami sudah melihat, saat ini penumpang kereta paling banyak itu kaum muda, milenial. Jadi, datang ke stasiun tidak hanya sekadar ingin segera berangkat. Mereka kadang menghabiskan waktu untuk bekerja atau bisnis. Makanya, kami siapkan tempat yang nyaman bagi kaum milenial atau bisnis yang ingin memanfaatkan transportasi KA tanpa harus kehabisan kesempatan dan waktu untuk berbisnis, bahkan sekadar ngopi dan surfing internet.

Tinggal menunjukkan tiket kereta maka bisa digunakan. Ada WiFi dan kopi. Saat ini, kami sudah siapkan di sembilan stasiun besar dengan kapasitas kursi mulai 10 hingga 20 seat. Terbesar coworking space ada di Stasiun Gambir. Tinggal tunjukkan boarding pass bisa menikmati fasilitas ini gratis selama dua jam, di hari yang sama dengan jadwal keberangkatan.

Lalu, inovasi apa lagi yang sedang disiapkan?

Sebanyak yang bisa kami buat akan dibuat, untuk kenyamanan penumpang dan kemajuan perusahaan. Karena pada dasarnya PT KAI itu utamanya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jangan dianggap kereta api itu perusahaan yang mencari untung melulu.

Untuk meningkatkan kepuasan penumpang, ya seperti ini, kami terus menata ulang stasiun dan memperbaiki kereta. Tidak menyulitkan penumpang naik turun, keluar masuk peron, nanti akan dibuat semakin baik dan nyaman.

Termasuk peremajaan kereta?

Tentu saja. Saat ini, kami mempercayakan kereta dibuat oleh PT Industri Kereta Api (Inka), sekarang produk bangsa sendiri. Yang kami remajakan karena usianya sudah di atas 30 tahun. Tidak ada hubungannya dengan kesehatan keuangan KAI, tapi untuk peningkatan pelayanan. Masyarakat tentu berhak mendapatkan angkutan kereta yang aman, nyaman, dan baru. MRT saja bagus sekali kok.

Ada sekitar 886 kereta yang harus diganti. Tentunya bertahap karena kemampuan PT Inka juga terbatas. Kontrak pertama kami bangun 438 unit. Itu kalau digandeng akan terangkai sebanyak 38 train set. Sampai hari ini sudah 70–90 persen yang dikirim oleh PT Inka ke kami atau sudah 32 train set, tinggal sedikit lagi. Saat ini, kami masih menunggu sertifikasi dari Dirjen Kementerin Perhubungan agar bisa segera dipakai.

Terakhir, terkait rencana aktivasi jalur KA di Jawa Barat bagaimana perkembangannya?

Soal itu masing-masing memiliki perkembangannya tersendiri. Ada yang baru tahap pemetaan, survei, perhitungan, dan lainnya. Ada kendala beberapa jembatan sudah tua dan rapuh. Tidak mungkin kami pakai lagi, sudah karatan. Mudah-mudahan bisa cepat. 

 

Tampilkan Semua

Kabel Listrik Organik yang Tak Mudah Terbakar

Sabtu 20/4/2019 | 01:05
A   A   A   Pengaturan Font
Sebuah riset baru yang berguna untuk sektor instalansi dikem­bangkan tengah ilmuwan. Riset ini dipimpin oleh seorang pe­neliti dari University of Melbourne, Kate Nguyen. Nguyen dan timnya memimpin pengembangan yang terbilang...
Selengkapnya

Produksi Air Bersih, Inspirasi dari Biota Gurun

Sabtu 20/4/2019 | 01:03
A   A   A   Pengaturan Font
Ketersediaan pasokan air bersih merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi orang-orang tinggal di wilayah paling gersang di dunia. Masalah ini menjadi perhatian ilmuwan dunia.   Meski dua per tiga wila­yah bumi adalah air,...
Selengkapnya

“Nge-vlog” di Dataran Tinggi Dieng

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Perkembangan dan penerapan teknologi informasi serta arus dunia digital mampu mengubah hampir seluruh tatanan bisnis pariwisata dunia. Perilaku masyarakat dalam menentukan cara menikmati berwisata juga sangat mengikuti perkembangan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta