Koran Jakarta | April 22 2019
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Paus Fransiskus Mengutuk Serangan Bom di Sri Lanka

Senin 22/4/2019 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
>> Polisi Sri Lanka pernah mengeluarkan peringatan sebelum serangan terjadi.

>> Sri Lanka memberlakukan jam malam sampai pemberitahuan lebih lanjut.



>> Polisi Sri Lanka pernah mengeluarkan peringatan sebelum serangan terjadi.>> Sri Lanka memberlakukan jam malam sampai pemberitahuan lebih lanjut. KOLOMBO – Dunia mengutuk...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Kementerian Kominfo Blokir Situs “Jurdil2019.org”

Senin 22/4/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memutuskan untuk memblokir situs Jurdil2019. org. pemblokiran dilakukan atas permintaan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Situs tersebut sudah tidak bisa diakses sejak Sabtu, (20/4) malam.

“Benar diblokir,” ujar Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu, di Jakarta, Minggu (21/4). Alasannya, menurut pria yang akrab disapa Nando tersebut, Jurdil2019.org hanya terdaftar sebagai pemantau pemilu. Dalam praktiknya, situs ini melakukan real count dan memublikasi hasilnya.

Selain Jurdil2019.org, Nando mengatakan Kominfo akan memblokir situs lainnya yang sejenis apabila ada permintaan dari Bawaslu. “Jurdil2019.org bukan lembaga survei yang bisa melakukan quick count dan memublikasi hasilnya. Situs ini melakukan penyimpangan karena menyalahgunakan sertifikasi dari Bawaslu terkait pemilu,” tegas Nando.

Situs semacam ini dijalankan secara urun daya alias crowdsourcing. Artinya, sistem ini membutuhkan partisipasi dari masyarakat secara sukarela untuk mengambil foto form C1 Plano di kurang lebih 813.350 TPS yang tersebar di seluruh Tanah Air.

Meski dalam Pemilu serentak 2019 ada lima surat suara, yakni presiden-wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten, tapi Jurdil2019.org hanya fokus pada surat suara, yakni presiden dan DPR RI.

 

Situs “Jurdil2019.net”

 

Sementara itu, anggota Bawaslu, Rahmat Bagja mengatakan, selain mencabut sertifikasi Jurdil2019. org, Bawaslu juga telah mencabut sertifikasi situs Jurdil2019.net.

Bawaslu juga telah meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memblokir situs Jurdil2019.net. Menurut dia, kedua situs tersebut melanggar izin yang diberikan kepada situs website terkait pemilu.

Awalnya, dua situs tersebut mendaftarkan kepada Bawaslu sebagai situs pemantau pemilu. Namun dalam praktiknya, kedua situs tersebut malah menyebarkan informasi terkait hasil perhitungan suara dalam pemilu. 

 

tri/Ant/P-4

Tampilkan Semua

Dana Desa Jadi Stimulus Ekonomi Rakyat

Senin 22/4/2019 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Dana Desa bertujuan, salah satunya sebagai stimulus untuk menggairahkan ekonomi kerakyatan di perdesaan. Oleh karena itu, Dana Desa semestinya digunakan untuk membangun infrastruktur desa dan mendorong usaha produktif desa guna...
Selengkapnya

TKN Jokowi-Ma’ruf Buka Posko Kawal “Real Count” KPU

Senin 22/4/2019 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Mengawal proses penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU), Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin meluncurkan sebuah aplikasi bernama JAMIN, sebagai publikasi data real count perolehan suara Pilpres...
Selengkapnya

Sejumlah Daerah Terpapar Hujan Abu

Senin 22/4/2019 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
Hujan abu sampai ke sejumlah desa di Kecamatan Selat, seperti desa Bukit Galah, Sebun, Telung Bhuana, Badeg Tengah, Badeg Dukuh, Perang Sari, dan Geriana Kauh. Denpasar – Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Surat Suara Rusak

Kamis 18/4/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Tunjukkan Kertas Suara

Kamis 18/4/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Partisipasi Masyarakat dalam Memilih Capai 83,90 Persen

Kamis 18/4/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta - Tingkat partisipasi masyarakat dalam memi­lih pada Pemilu 2019 tercatat mencapai 83,90 persen seba­gaimana hasil yang diperoleh dalam hitung cepat Lembaga Survei Indikator Politik. Peneliti Senior Indikator Politik...
Selengkapnya

Pemilu Indonesia Paling Rumit di Dunia

Kamis 18/4/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta - Lembaga kajian Australia, Lowy Institute, me­nyebut bahwa pemilihan umum 2019 di Indonesia termasuk pa­ling rumit dan paling menakjub­kan di dunia karena skalanya yang besar dan dilaksanakan serentak dalam satu...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Mondial

PUING LEDAKAN BOM

Senin 22/4/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Aksi ”Rompi Kuning”

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Serangan di Riyadh Digagalkan, Empat Orang Tewas

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Riyadh - Empat orang tewas sementara serangan terhadap satu kantor polisi di Provinsi Riyadh, Arab Saudi, digagalkan, demikian stasiun televisi Al Arabiya milik Saudi melaporkan pada Minggu (21/4), yang mengutip sumber-sumbernya. Empat...
Selengkapnya

Rakyat Ukraina Cenderung Pilih Komedian sebagai Presiden

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kiev - Rakyat Ukraina memberikan suara dalam pemilihan pada Minggu (21/4), yang diperkirakan mendorong seorang komedian tanpa pengalaman politik dan kebijakan-kebijakan terperinci menduduki kursi kepresidenan di negara yang berada dalam...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Jalin Kemitraan

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Optimalkan Kapal Ternak

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Pemanfaatan muatan balik kapal ternak diakui masih belum dioptimalkan sehingga mengakibatkan biaya operasionalnya cukup tinggi. Hal ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah (pemda) serta pelaku...
Selengkapnya

Sriwijaya Air Beri Kejutan untuk Penumpang Wanita

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
TANGERANG – Dalam memeriahkan peringatan Hari Kartini, dua maskapai nasional yang tergabung dalam Garuda Indonesia Group, Sriwijaya Air dan NAM Air, memberikan kejutan kepada para penumpang wanita dalam penerbangan SJ 266 tujuan...
Selengkapnya

UMKM Perlu Terapkan Konsep Korporasi

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
YOGYAKARTA – Korporatisasi untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) per sektor dinilai sangat penting. Sebab, penggabungan UMKM dan koperasi menjadi korporasi diharapkan bisa meningkatkan skala dan produktivitasnya sehingga...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Jadikan Nias sebagai Destinasi Wisata Berkelas Dunia

Senin 15/4/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Sail Nias Tahun 2019 resmi diluncurkan di Jakarta, baru-baru ini. Dengan Sail Nias ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumate­ra Utara (Sumut) optimistis jika pariwisata di Nias akan bangkit. Pemprov yakin daerah tersebut akan menjadi desti­nasi wisata berkelas dunia.

Untuk itu, Pemprov yang mendapat dukungan dari sejumlah lembaga pemerin­tah pusat, seperti Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tengah mempersiapkan hal tersebut. Dengan kerja sinergis dari banyak pihak maka cita-cita menjadikan Nias sebagai wisata berkelas dunia bisa se­gera diwujudkan.

Untuk mengetahui lebih jauh terkait persiapan yang akan dilakukan jajaran Pem­prov Sumut menjadikan Nias sebagai wisata berkelas dunia, wartawan Koran Jakarta, Muhammad Zaki Alatas berkesempatan mewawanca­rai Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, di Jakarta, belum lama ini. Berikut peti­kan selengkapnya.

Seberapa yakin pengem­bangan wisata Nias akan berhasil?

Kami sangat yakin. Hal ini karena Nias memiliki potensi destinasi wisata yang luar bi­asa. Sekarang tinggal upaya kami mendorong supaya Nias lebih dikenal oleh wisatawan mancanegara (Wisman).

Apa saja wisata ung­gulan di Nias?

Nias memilki atraksi wisata alam, budaya, dan buat­an manusia, antara lain Desa Bawomataluo menjadi ikon wisata budaya Pulau Nias de­ngan daya tarik tari fataele dan fahombo batu. Pantai Sorake dan Lagundri juga merupakan salah satu spot surfing terbaik di dunia. Teluk Dalam, desti­nasi diving dengan pantai yang alami serta Desa Hilisao’oto yang memiliki Situs Megalitik Tetegewo di Nias Selatan se­bagai rumah bagi peradaban megalitikum yang hidup.

Upaya apa yang dilakukan untuk mendorong Nias men­jadi desitinasi dunia?

Salah satunya dengan membuat Sail Nias Tahun 2019 yang merupakan strategi pari­wisata yang tepat. Hal ini di­harap­kan men­da­tangkan banyak wisatawan domestik mau­pun mancanegara yang akan memberi kontribusi devisa dan membantu meningkat­kan pertumbuhan ekonomi Nias dan Sumut secara khusus, serta Indonesia secara umum.

Hanya itu saja?

Untuk menyukseskan Sail Nias ini, diperlukan sinergi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah. Ini merupa­kan momentum strategis bagi Nias. Saya harapkan impian kami mengembangkan Nias sebagai destinasi wisata du­nia bukan hanya tahun 2019, tetapi berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya.

Maksudnya?

Iya, jadi setelah Sail Nias 2019, kami menginginkan event-event nasional dan internasional dihadirkan ke Nias. Dengan begitu, per­ekonomian di daerah akan bangkit dan meningkatkan wisatawan lokal maupun man­canegara yang berkunjung ke Nias dan Sumut.

Diisi acara apa saja Sail Nias itu?

Ada beberapa rang­kaian, di antara 17 kegiatan yakni world surf league Nias, won­derful expo, parade kapal nelayan tradisional, seminar warisan bu­daya Nias, kuliner, festival lompat batu (fahombo batu), ekspedisi, festival ke­pulauan, atraksi terjun payung, dan lainnya.

Berapa target wiasatawan yang berkunjung ke event tersebut?

Kami target 100 ribu orang saat Sail. Mudah-mudahan ini tercapai. Target itu kami dasar­kan sebelumnya event bertaraf Nasional Nias Pro juga sudah dilakukan di Nias. Kami yakin itu akan tercapai, apalagi kami bisa lihat dalam pembukaan ini antusias cukup luas biasa.

Jika boleh tahu, berapa jumlah wisatawan yang berkunjung ke Nias?

Jumlah pengunjungnya dalam empat tahun terakhir mencapai rata-rata 240 ribu orang per tahun dan proyeksi 2024 dikunjungi satu juta orang. Hal ini diyakini karena potensi wisata unggulan di Nias dapat mendongkrak jumlah wisatawan yang ada, terlebih ombak Pantai Nias menjadi salah satu ombak terbaik di dunia.

Bagaimana dengan infra­struktur pariwisata di sana?

Terus terang, kami masih mengejar beberapa infra­struktur yang dalam proses perbaikan hingga Sail Nias 2019 dapat segera difungsikan seperti sarana dan prasarana umum, Bandara, pelabuhan, dan lokasi-lokasi penginapan untuk para wisatawan ke de­pannya.

Bagaimana dengan hotel?

Kami melihat hotel-hotel di Nias sudah baik, cuma kami berharap banyak hotel yang bertaraf internasional bisa da­tang ke Nias dan berinvestasi supaya banyak wisatawan yang datang.

Lalu, untuk akses trans­portasi bagaimana?

Akses menuju Nias semakin mudah, penerbangan Jakar­ta–Gunung Sitoli 3 kali per minggu ditempuh dalam 2 jam 20 menit. Sedangkan pener­bangan Medan–Gunung Sitoli 6–7 kali per hari dengan waktu tempuh hanya 50 menit de­ngan pesawat jenis ATR. Juga penerbangan dari Padang–Gunung Sitoli 1 kali sehari dalam 1 jam, dan Padang–Tello–Gunung Sitoli–Sibolga 3 kali seminggu.

Hanya lewat udara?

Tidak. Untuk transpor­tasi laut dilayani dengan rute pelayaran Gunung Sitoli-Sibol­ga setiap hari ditempuh dalam 8 jam dan Teluk Dalam-Sibol­ga, Teluk Dalam-Tello-Padang, dan Gunung Sitoli-Padang.

Untuk bandara sudah in­ternasional?

Belum. Saat ini Bandara Binaka Nias baru dikembang­kan dengan panjang landasan pacu 2.200–2.500 meter dan lebar 30 meter sehingga baru bisa didarati pesat Bombardier CRJ 1.000 berkapasitas 100 penumpang. Untuk bandara internasional minimal panjang landasan 2.500 meter, lebar 45 meter dengan kekuatan me­nahan beban 56 PCN supaya dapat didarati pesawat jenis Boeing 737-800.

N-3

Tampilkan Semua

Pemprov Pacu Sejahterakan Warga Jateng

Senin 8/4/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) untuk me­nekan angka kemiskinan. Pro­gram yang kini dengan gencar dilakukan adalah menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB),...
Selengkapnya

Pemkab Ponorogo Antisipasi Ajaran Menyimpang

Senin 18/3/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Masyarakat baru-baru ini dikejutkan oleh pemberitaan soal kepindahan sejumlah warga Desa Watubonang, Kecamatan Badegan, Kabupaten Pono­rogo, Jawa Timur, ke Malang. Mereka berpindah karena khawatir akan terjadi bencana kiamat di...
Selengkapnya

Atasi Calo Perizinan di Bandung dengan Layanan “Online”

Senin 11/3/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Keluhan mengurus izin terkait tata ruang di Kota Bandung bisa diatasi dengan layanan online yang sudah diluncurkan. Sela­ma ini, keluhan sering muncul karena sulitnya mengetahui peruntukan lahan yang boleh dan tidak boleh dibangun...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Membuat Taman Lebih Artistik dan Fungsional

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Mendesain taman yang menarik butuh perencanaan matang. Dengan konsep terbuka, maka tamu yang datang ke rumah semestinya akan merasa betah dan nyaman.

Ketika tamu datang ke rumah Anda, sudah pasti Anda ingin menjamu mereka secara maksimal dengan tetap membuat tamu Anda merasa nyaman berada di rumah Anda. Ruang tamu indoor mungkin saja sudah terlalu biasa. Karena itu, desainer hunian menawawarkan konsep ruang tama di taman.

Sebelum mewujudkan impian Anda untuk membuat taman yang berfungsi sebagai ruang tamu luar, ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan agar ruang tamu outdoor yang Anda ciptakan membuat semua orang nyaman. Architectaria, sebuah kantor desain interior memberikan beberapa pertimbangan untuk membuat konsep ruang tamu terbuka.

Pertama, harus ada perencenaan matang tentang desain yang Anda inginkan. Anda harus memerhatikan desain secara keseluruhan. Apakah ruang tamu tersebut lebih menekankan pada sisi artistik atau fungsinya saja.

Apakah privasi masih menjadi pilihan utama ataukah ruang yang Anda desain akan lebih terbuka. Setelah itu Anda juga harus menetapkan anggaran dana yang Anda punya sehingga proses pembuatan ruang tamu outdoor tidak terkendala budget.

Setelah menyiapkan anggaran, setelah Anda harus membuat gambaran secara umum tentang taman untuk ruang tamu pada selembar kertas agar nantinya desain yang Anda buat dapat dipahami oleh tukang yang Anda sewa.

Tentu saja memberikan tampilan yang harmonis wajib Anda lakukan. Tema ruang tamu outdoor haruslah sesuai dengan bangunan arsitektural rumah.

Jika bangunan rumah bertema tradistional, tentunya ruang tamu outdoor harus memiliki sedikit unsur tradisional agar tampilan nampak harmonis. Bukan berarti bahwa Anda tidak boleh memasukkan unsur modern, namun prinsip keselarasan harus tetap Anda kedepankan.

Kedua, buatlah pintu masuk yang dapat menarik tamu yang berkunjung. Pintu gerbang yang unik dengan jalan setapak menuju rumah akan membuat desain pintu masuk terlihat lebih menarik. Anda juga dapat melengkapi ruang depan dengan taman dengan beraneka tanaman yang akan memanjakan mata.

“Rumput hijau yang luas menutupi tanah akan semakin membuat suasana rumah lebih segar. Ditambah dengan bunga berwarna-warni yang akan menambah indahnya pemandangan,” papar Architectaria dalam rilisnya. Anda dapat menempatkan kursi panjang di daerah taman yang mungkin saja akan membuat tamu Anda betah berlama-lama disana.

Agar tampilan taman nampak lebih rapi, Anda dapat meletakkan tanaman pada pot yang tentu saja akan sangat mudah untuk dipindahkan ketika Anda ingin mengganti tampilan taman agar tidak membosankan.

Ketiga, buatlah taman dengan elemen batuan keras. Ruang tamu outdoor akan sangat menarik jika dipadukan dengan elemen batuan keras yang tentunya mampu memberikan tampilan unik, menarik, dan terlihat klasik.

Apalagi jika ruang tamu outdoor Anda terletak di dekat taman, membuat ruang outdoor dari dinding berbahan batu yang juga dipadukan dengan beberapa pilar akan membuat tampilan terlihat lebih klasik dan mewah.

Pilihlah batuan yang kokoh yang berada disekitar area tempat tinggal Anda. Karena mungkin saja batu yang dipesan di luar daerah akan lebih mahal karena Anda harus menanggung ongkos kirim.

Keempat, penampakan dan suara air tanpa disadari mampu memberikan efek menenangkan bagi siapa saja yang berada disekitarnya. Itulah mengapa kehadiran elemen air sangat dibutuhkan di ruang outdoor rumah Anda.

Elemen air dapat dihadirkan dengan membuat pancuran, air terjun atau kolam dan hal ini tentu saja tergantung pada ketersediaan ruang untuk membuatnya. yun/E-6

Tampilkan Semua

Elegan, Paduan Klasik dan Modern

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Memadukan furnitur klasik dengan interior modern akan membuat tampilan hunian lebih artistik. Mengandalkan furnitur dan desain modern agar interior lebih mewah memang tak salah. Hanya saja, konsep modern bisa jadi akan membuat mata...
Selengkapnya

Konstruksi Tepat Waktu Proyek Mega Superblok Batam

Senin 15/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pengembang PT Pollux Properti Indonesia Tbk. terus memantapkan posisinya sebagai developer terpercaya di Indonesia. Komitmen ini salah satunya direalisasikan perusahaan properti berkode emiten POLL tersebut dengan mengupayakan...
Selengkapnya

Desain Modis dan Segar Interior Modern

Senin 15/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Keluarga muda yang bertipe modern milineal mempunyai banyak kesibukan di luar rumah. Biasanya, keluarga dengan tipe ini memilih rumah dengan gaya yang sederhana dan alami untuk mendukung fungsi dan kenyamanan saat berada di dalam rumah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Modem Premium Berkecepatan Maksimal

Kamis 18/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Bagi operator seluler, kenyamanan pelanggan dalam mengakses internet merupakan hal penting. XL Axiata menawarkan dua modem WiFi (mifi) 4G canggih berkualitas premium dari Huawei, untuk akses internet lebih maksimal.

Kedua mifi XL tersebut adalah tipe Huawei E5573 dan tipe Huawei E5577 Max. Keunggulannya memiliki kecepatan unduh hingga 150 Mbps dengan teknologi 4G versi Cat4. Kapasitas aksesnya hingga mencapai 10 perangkat.

Baterai keduanya memiliki kapasitas 1.500 mAh berdaya tahan tinggi, yang bisa beroperasi lebih kurang selama 6 jam. “Kami berusaha menjawab kebutuhan pelanggan akan akses internet cepat dengan menyediakan dua modem canggih 4G terbaru dari Huawei,” kata Chief Marketing Officer XL Axiata, David Arcelus Oses.

Sebagai perangkat mobil mifi Huawei E5573 mempunyai desain yang simpel dan dengan dimensi yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan modem Huawei e5577. Namun demikian dimensi keduanya tetap minimalis dan muah untuk dibawa.

Khusus Huawei E5577 Max memiliki layar yang bisa menampilkan informasi kuota, kekuatan sinyal, SSID WiFi, password, dan nomor XL pelanggan. Selain itu ada juga dukungan untuk konektor antena eksternal, dan slot MicroSD up to 32 GB.

Pelanggan bisa mendapatkan paket bundel XL GO IZI Huawei E5573 seharga 599 ribu rupiah, dan paket bundling XL GO IZI Huawei E5577 Max seharga 869 ribu rupiah, harga tersebut sudah termasuk Ppn.

Pelanggan yang membeli secara budel otomatis akan mendapatkan manfaat berupa kuota data utama 20 GB di jaringan 3G/4G yang berlaku untuk selamanya, dan XL Pass Lite untuk roaming gratis selama 1 tahun.

Produk ini bisa didapatkan di Toko Pulsa, Outlet Handphone, XL Center/Xplor, Toko Online dan Toko Komputer. XL GO IZI bundling E5573 sudah bisa dibeli sejak Februari 2019 sedangkan Tipe E5577 Max bisa dibeli mulai tanggal 15 April 2019. hay/E-6

Tampilkan Semua

Ponsel Pintar Andalkan Layar Super Amoled

Kamis 18/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Samsung Electronics kembali mengeluarkan amunisi terbaru pada segmen ponsel menengah atas yaitu Galaxy A70. Ponsel ini mengandalkan layar super amoled (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang jernih dan dirancang untuk...
Selengkapnya

Vendor Rilis Teknologi Multitasking 2.0

Kamis 18/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Produktivitas menjadi kunci keberhasilan bisnis perusahaan. Produsen perangkat keras dan perangkat lunak mulai mengenalkan perangkat yang mendukung kinerja multitasking atau kemampuan mengoperasikan banyak tugas (fitur). Teknologi...
Selengkapnya

Beri Penjelasan

Selasa 16/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Program Investasi Sosial Shell

Rabu 17/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Diluncurkan, Generasi Keempat BMW X5

Rabu 17/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pada segmen SUV (mobil sport multifungsi) premium, BMW memiliki seri X, mulai dari X1, X2, X3, X4, hingga X5. Pada Kamis (11 April 2019) lalu di Jakarta, BMW meluncurkan All New BMW X5, di pasar Indonesia. Mobil ini diposisikan sebagai...
Selengkapnya

Parade Mobil Baru IIMS 2019

Rabu 17/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pameran otmotif merupakan ajang agen pemegang merek (APM) menampilkan model dan teknologi terbaru. Beberapa diantaranya telah secara terbuka bakal dipamerkan di IIMS 2019. Pameran otomotif tahunan Indonesia International Motor Show...
Selengkapnya

Terima Penghargaan

Rabu 10/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Scudetto ke-35 Juve

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sukses memastikan gelar membantu meringankan kepedihan usai disingkirkan Ajax dari Liga Champions. MILAN – Cristiano Ronaldo mengatakan dia berkomitmen 1.000 persen untuk tetap bersama Juventus musim depan. Hal itu diungkap...
Selengkapnya

Kejutan Suzuki di Arena MotoGP Diprediksi Berlanjut

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JEREZ - Di seri pertama musim balapan Mo­toGP 2019 digelar di Qatar, Suzuki tak perlu menunggu lama untuk mem­buat kejutan ketika dua pe­balapnya, Alex Rins dan Joan Mir, mengancam posisi para pebalap di rombongan depan. Duo...
Selengkapnya

Jadi Pelatih Terbaik Asia, Eni Termotivasi Loloskan Estafet ke Olimpiade

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Setelah dinobatkan sebagai pelatih terbaik Asia, pela­tih lari jarak pendek pelatnas PB PASI, Eni Nuraeni, mengaku kian termotivasi untuk meloloskan anak asuhnya untuk lolos ke Olimpiade 2020 Tokyo. “Saya berterima...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Tips Lolos Seleksi Wawancara “Online “

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, bagaimana agar kita sukses mengikuti tes wawancara online?

Jawaban:

Pada zaman serba digital seperti saat ini, berbagai macam hal bisa dipermu­dah. Bahkan, dalam proses rekrutmen pekerja, banyak perusahaan yang memilih melakukan wawancara jarak jauh secara online. Sebab hal ini memudahkan calon kar­yawan yang ada di luar kota atupun luar negeri untuk mendapatkan kesempatan wawancara pekerjaan.

Tak hanya menghemat biaya dan waktu, tetapi seleksi online ini akan men­jaring lebih banyak lagi calon pekerja dari berbagai daerah. Biasanya wawancara online ini memanfaatkan media Skype untuk wawancara jarak jauh. Meskipun tidak dilaku­kan secara tatap muka, bukan berarti wawancara online mudah saja dilakukan.

Bahkan, banyak sekali tan­tangan dan gangguan yang mungkin bisa saja terjadi selama proses wawancara. Jika Anda berniat melakukan wawancara online, pelajari trik-trik ini untuk memban­tu Anda lolos seleksi, seperti dikutip dari Cermati.com:

  1. Cek Apakah Koneksi Internet dan Sarana Pendu­kung Lainnya Siap Diguna­kan

Hal pertama yang per­lu Anda persiapkan adalah koneksi internet yang stabil dan sarana pendukung lain­nya dalam kondisi yang baik. Hal ini untuk mencegah tidak terjadinya gangguan teknis komunikasi.

Untuk memberikan kesan profesional, siapkan alat pendukung presentasi sebaik mungkin. Mulai dari gadget yang digunakan, speaker atau headset, aplikasi pendukung video, pencahayaan, hingga lainnya yang dapat meme­ngaruhi kualitas wawancara online.

  1. Pilih Lokasi yang Tepat

Pilihlah lokasi atau tempat untuk wawancara online. Tidak ada batasan di mana Anda bisa melakukan wawancara online. Anda bisa memanfaatkan tempat mana pun untuk digunakan seba­gai background wawancara asalkan terlihat rapi dan jauh dari keramaian.

Hindari public acces, semisal kafe, restoran, dan lainnya. Sebab akan ba­nyak gangguan yang bisa mengganggu kelancaran wawancara online yang Anda lakukan. Coba pilihlah lokasi yang netral. Jika per­lu, gunakan latar belakang dinding sebuah ruangan sehingga menghindari ada­nya gangguan-gangguan dari orang yang lewat.

  1. Sekalipun Dilakukan On­line, Tetap Harus Menjaga Penampilan

Meskipun dilakukan se­cara online, tetap perhatikan penampilan Anda. Sesuaikan pakaian yang Anda gunakan dengan karakter dari per­usahaan tersebut. Dengan begitu, nantinya Anda terke­san lebih profesional. Atau se­tidaknya gunakan baju formal layaknya wawancara tatap muka. Usahakan untuk tetap berdandan, berbusana yang rapi, sopan, dan formal agar menjadi nilai plus tersendiri.

  1. Atur Posisi Duduk demi Kenyamanan Selama Wawancara

Sebelum melakukan video call, pastikan posisi duduk Anda sudah berada dalam posisi yang nyaman. Perta­ma, posisikan kamera agar wajah Anda nantinya dapat terlihat jelas. Usahakan agar pihak pewawancara dapat melihat Anda setengah ba­dan ataupun sebatas siku. Duduk dengan tenang dan tegak, tapi jangan sampai ter­lalu dekat.

Meskipun wawancara di­lakukan secara online, sedikit kemungkinan untuk bisa melakukan eye contact. Na­mun, tetap saja bahasa tubuh Anda akan dinilai untuk bisa menentukan kesuksesan wawancara. Tetap tersenyum dan jaga intonasi bicara sejelas mungkin.

  1. Jangan Memandangi Diri Terus-Menerus

Sebisa mungkin hindari untuk memandangi diri secara terus-menerus pada layar monitor. Anda bisa mencoba untuk memandang pihak pewawancara, tetapi tanpa harus memandangi diri. Jika Anda melakukan kebiasaan buruk ini secara terus-menerus, nantinya da­pat membuat Anda terkesan kurang berkosentrasi saat menjawab pertanyaan.

  1. Miliki Rencana Cadangan

Sebelum melakukan wawancara, ada baiknya jika Anda memiliki ren­cana cadangan. Hal ini guna mengantisipasi jika terjadi gangguan saat wawancara terjadi. Akan lebih baik untuk mencatat email dan nomor telepon pihak pewawan­cara terlebih dahulu untuk mengantisipasi jika koneksi internet terputus saat inter­view sedang berlangsung ataupun gangguan-gangguan lainnya.

Tampilkan Semua

Perjuangan Kartini Menentang Budaya Diskriminatif

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Judul buku : Celoteh RA KartiniPenyunting : Ahmad NurcholishPenerbit : Elex Media ComputindoCetakan : Maret 2018Tebal : xxii + 246 halamanISBN : 978–602- 04-5598-3 Kartini tidak menentang kaum laki-laki yang saat itu sangat...
Selengkapnya

Perempuan dan Politik Indonesia

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Peringatan Hari Kartini tahun 2019 agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, masyarakat di seluruh Indonesia dan yang tinggal di berbagai belahan dunia, baru saja menyalurkan hak pilihnya dalam pemilu serentak yang...
Selengkapnya

Keteladanan Kartini

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
oleh Paulus Mujiran Ibu kita Kartini putri sejati, putri Indonesia harum namanya. Ibu kita Kartini pendekar bangsa. Pendekar kaumnya untuk merdeka. Wahai Ibu kita Kartini putri yang mulia. Sungguh besar cita-citanya bagi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Ragam Rasa Nasi Goreng di Dunia

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Nasi yang diberi aneka bumbu dan topping kemudian digoreng ini, memang sangat lezat. Karena kelezatannya, nasi goreng termasuk dalam makanan populer di dunia.

Setiap negara-negara di dunia punya masakan khas. Antara satu negara dengan nega­ra lainnya saling memuji keanekaragaman sentuhan rasa kelezatannya.

Yang unik, negara-negara di du­nia kadang melakukan kombinasi resep. Menu-menu Eropa kadang mengadopsi bumbu-bumbu dari Asia. Dan begitu juga sebaliknya.

Akibatnya, dalam banyak ne­gara ada masakan yang identik agak sama meski rasa dan topping berbeda. Salah satu makanan yang banyak dijumpai di banyak negara adalah nasi goreng.

Ya, nasi goreng (nasgor) sudah sangat populer di dunia. Di bebera­pa negara di Asia bahkan di bebe­rapa bagian dunia lain yang juga memiliki nasi goreng dengan ciri khas masing-masing.

Nasi yang diberi aneka bumbu dan topping ini, kemudian digo­reng tersebut memang sangat lezat. Karena kelezatannya ini, nasi goreng Indonesia termasuk dalam makanan populer di dunia.

Berdasarkan sejarahnya, nasi goreng ini berasal dari China. Ne­gara Tiongkok ini, sangat mempe­ngaruhi ragam masakan di kawasan Asia termasuk Indonesia. Konon, nasi goreng sudah ada sejak 4.000 sebelum masehi (SM) yang dibawa pedagang atau perantau-perantau Tionghoa yang menyebar ke Asia Tenggara.

Masyarakat Tiongkok memang sudah akrab dengan nasi. Terciptanya nasi goreng berasal dari kecen­derungan masyarakat Tiongkok yang sayang membuang nasi sisa.

Untuk mengakali agar tidak mubazir, mereka memilih menggo­reng kembali nasi yang sisa. Agar te­tap enak, nasi sisa digoreng lagi dan ditambahi bumbu, juga isian seperti sayur dan ayam. Jadilah nasi goreng.

Lantas, bagaimana bisa sampai di Indonesia? Pada abad ke-10, ma­syarakat Tionghoa mulai masuk ke Indonesia. saat itu mereka tersebar di berbagai pulau.

Di tempat yang mereka diami, dibuatlah nasi goreng. Namun yang berbeda, nasi goreng tersebut disesuaikan dengan bahan yang ter­dapat ditempat tersebut. Makanya ada nasi goreng seafood untuk orang daerah pantai dan nasi goreng sayur untuk masyarakat pegunungan.

Karena itu, tak heran bila nasi goreng ini disebut sebagai makanan sejuta umat. Selain sangat mudah mendapatkannya, karena banyak dijual oleh pedagang-pedagang keliling, ada juga yang dijual di restoran dan kaki lima.

Namun kini, nasi goreng pun sudah sangat popular di dunia. Di beberapa negara di Asia bahkan di beberapa bagian dunia lain yang juga memiliki nasi goreng dengan ciri khas masing-masing.

Misalnya, nasi goreng nanas asal Thailand. Salah satu ciri khasnya adalah potongan nanas yang men­jadi pelengkap serta daging seafood yang digunakan. Sensasi rasa asam dan gurih membuat nasi goreng satu ini sangat menyegarkan.

Di Korea juga ada nasi goreng Kimchi. Nasi goreng Kimchi adalah nasi goreng dengan tambahan Kim­chi yang berasal dari Korea Selatan. Warnanya yang merah sudah bisa menunjukkan bahwa nasi goreng ini memiliki cita rasa pedas dan sedikit asam dari Kimchi yang ada dida­lamnya.

Kemudian di Jepang dikenal pula dengan Omurice. Ciri nasi goreng Jepang ini, telur tidak diorek di wa­jan tetapi justru didadar dan dipakai untuk membungkus nasi goreng yang lezat.

Filipina pun ternyata memiliki jenis nasi goreng, yang popular sebagai Nasi Goreng Bawang Putih. Nasi goreng ini ditumis dengan ba­wang putih dan beberapa beberapa bumbu lain tanpa kecap sehingga penampilannya jauh lebih pucat. Namun rasanya nggak kalah enak dari nasi goreng pada umumnya.

Di Amerika Latin pun ternyata ada. Tepatnya di negara Peru yang memiliki Cahufa. Nasi goreng ini di­masak dengan potongan dadu telur dadar dan daging Ham serta dibum­bui rempah-rempah khas Peru. Rasa dari nasi goreng ini sangat kaya dan gurih.

Di negeri asalnya China, terkenal dengan nasi goreng Hokkian. Nasi goreng satu ini digoreng dengan bumbu yang tidak banyak dan menggunakan mentega sehingga warnanya pucat. Namun penyajian­nya dilengkapi dengan siraman sa­yuran seafood yang dimasak dengan bumbu oriental.

Rasa Lokal

Dan Indonesia, nasi goreng pa­ling popular adalah nasi goreng gila. Nasi goreng satu ini merupakan nasi goreng kampung yang disiram de­ngan sayur gila (tumisan telur, sosis, dan bahan lainnya) yang akan me­nambah sedapnya kuliner tersebut.

Kepopuleran nasi goreng Indone­sia sudah mendunia. Makanan yang dikenal dengan sebutan nasgor ini, dinobatkan sebagai makanan paling enak nomor 2 di dunia.

Ada banyak jenis nasi goreng di Indonesia, dengan berbagai va­rian resep dan isian didalamnya. Ada nasi goreng ayam, nasi goreng seafood, nasi goreng kambing, nasi goreng telur dan lain-lain. Semua­nya dengan kelezatannya dan sen­sasi rasa yang berbeda-beda.

Begitu pun dengan bumbu yang menyertainya. Sekarang disesuaikan dengan daerah di Nusantara. Ada nasi goreng Aceh, karena memakai bumbu-bumbu khas Aceh, nasi goreng Padang, nasi goreng Jawa dan lainnya. Yang membedakan nasi goreng itu hanyalah bumbu, bahan pelengkap, daerah asal, dan lain sebagainya. yun/E-6

Resep Khas Asia

Membuat nasi goreng ini sangat mudah. Anda pun bisa melakukan dan mem­buat sendiri di rumah. Salah satunya adalah nasi goreng Hong Kong. Sesuai namanya, resep nasi goreng ini berasal dari Hong Kong atau khas Asia.

Sebenarnya hampir sama seperti resep nasi goreng biasa, rasanya pun mirip dengan nasi goreng oriental. Hanya beberapa bahan masakannya yang membedakannya. Jika diamati, perbedaan yang paling mendasar antara nasi goreng Hong Kong ini dengan nasi goreng dari Indonesia adalah penggunaan kecap asin di dalamnya.

Di Indonesia, nasi goreng biasa­nya ditambahkan dengan kecap manis, jika nasi goreng Hong Kong ini sebaliknya. Anda pun bisa meng­ganti kecap asin menggunakan kecap Inggris.

Tertarik untuk mencoba mem­buat nasi goreng Hong Kong yang berbeda ini? Berikut ini adalah cara membuat nasi goreng tersebut.

Bahan :

- 450 gram nasi putih dingin

- 3 siung bawang putih, cincang

- 2 buah cabai merah, diiris

- 100 gram ayam fillet, potong kota-kotak

- 150 gram udang kupas

- 2 butir telur, kocok lepas dengan ¼ sendok teh garam

- 6 butir bakso ikan, potong men­jadi dua bagian

- 50 gram kacang polong

- 2 ruas daun bawang, diiris

- ½ sendok makan kecap ikan

- 1 sendok teh kecap Inggris lokal

- ½ sendok teh merica bubuk

- 1 ¼ sendok teh garam

- 1 sendok makan angciu.

Setelah bahan-bahan utama di atas Anda siapkan, maka Anda telah siap untuk membuat nasi goreng Hong Kong yang kini tengah populer di dunia kuliner Indonesia.

- Siapkan wajan, panaskan minyak goreng.

- Setelah panas, tumis bawang putih dan cabai hingga harum.

- Masukkan daging ayam juga udang kupas, aduk hingga benar-benar berubah warna

- Masukkan daun bawang yang te­lah diiris, aduk hingga layu.

- Masukan telur yang sudah dikocok lepas agar menjadi telur orak-arik dan bakso ikan secara bersamaan. Aduk hingga berbutir.

- Masukkan nasi, lalu aduk hingga rata.

- Tambahkan kecap ikan, kecap Inggris lokal, merica bubuk, garam, dan juga angciu. Aduk hingga semua bumbu benar-be­nar meresap.

- Tiriskan dan nasi goreng Hong Kong siap untuk disajikan kepada keluarga.

Tips untuk Nasi Goreng Hong Kong

- Gunakan nasi yang benar-benar pulen, tak terlalu keras juga lem­bek. Caranya dengan memasak nasi menggunakan air secuku­pnya, biasanya setinggi ruas jari telunjuk paling ujung.

- Masukan nasi ketika bumbunya benar-benar sudah matang, biar­kan bawang agak sedikit gosong yang menimbulkan aroma sedap.

- Jangan menambahkan bahan yang terlalu banyak air pada saat menggoreng, karena hasilnya akan buruk dan nasi akan ber­campur dan tidak terpisah.

Mudah bukan cara membuat nasi goreng Hong Kong di atas? Anda juga bisa mencoba menu lain se­perti nasi goreng Aceh, nasi goreng Jawa, atau nasi goreng Magelangan setelah Anda mencoba resep nasi goreng Hong Kong di atas. yun/berbagai sumber/E-6

Tampilkan Semua

Gili Trawangan Menggeliat

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Seperti kota mati, pulau tak berpenghuni. Gelap gulita, listrik padam, air laut naik, rumah-rumah warga hancur, hostel dan hotel yang menjadi tempat menginap para wisatawan pun tak luput mengalami rusak parah. Sebanyak 8.381 wisatawan,...
Selengkapnya

Sajikan Produk Kreatif Kota Bandung

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah Kota (Pem­kot) Bandung meng­gelar pameran bertajuk #LocalVocal di Graha Mang­gala Siliwangi mulai Kamis (18/4) hingga Sabtu (20/4). Pameran tersebut menyaji­kan produk kreatif Kota Bandung seperti fesyen dan...
Selengkapnya

Ayu Azhari Bintangi Film Serial Komedi Malaysia

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Aktris Ayu Azhari kini tengah sibuk membintangi sebuah film serial komedi di Malaysia. Serial yang bakal tayang di aplikasi Viu Originals itu bertajuk "Keluarga Bahadon". Film serial "Keluarga Bahadon" ini menceritakan tentang sosok...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Bima Arya Tegaskan Berdiri Di Atas Semua Golongan

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

BOGOR – Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, menyampaikan pidato pertamanya dalam acara inaugurasi masa jabatan wali kota Bogor 2019–2024. Dalam pidatonya, Bima Arya menyampaikan sikapnya untuk berdiri di atas semua golongan meskipun dirinya maju sebagai wali kota lewat dukungan Partai Amanat Nasional (PAN).

Wali Kota Bogor, Bima Arya, dan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, hari Minggu (21/4), menghadiri inaugurasi untuk masa jabatan 2019–2024. Sejumlah tokoh seperti Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, hingga Ketua MPR sekaligus Ketum PAN, Zulkifli Hasan hadir.

Hadir juga anggota DPR RI, Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio, Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Arif Satria, serta Unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Bogor.

Saat tiba di Balai Kota Bogor, Bima-Dedie disambut Rampak Gendang, kesenian khas Jawa Barat. Bima Arya didampingi istri, Yane Ardian, dan anaknya, diikuti Dedie bersama istri, Yanti Rachim, dan anaknya.

Sebelum menghadiri inaugurasi, ada beberapa rangkaian acara yang dilaksanakan. Bima-Dedie di antaranya berpidato di hadapan publik Bogor saat pelaksanaan Car Free Day (CFD).

Sebelumnya, pada hari Sabtu (20/4) Bima Arya dan Dedie A Rachim dilantik sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bogor oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat. PelantiBumikan ini sempat ditunda selama sebulan dari bulan Maret karena adanya proses pemilihan umum (Pemilu) 2019.

Rujuk PAN

Meskipun hubungan Bima Arya dengan Partai Amanat Nasional diketahui sedang tidak baik karena dukungannya ke Jokowi dalam pilpres, Bima tetap menghaturkan terima kasih kepada Zulkifli Hasan dalam pidato pertamanya sebagai Wali Kota Bogor periode 2019–2024. Menurutnya, jabatan yang kini ia duduki tentunya atas dasar restu Zulkifli.

“Tanpa restu dari PAN, tidak mungkin saya ada di sini. Insya Allah, saya akan berjuang dan saya selalu bangga menjadi kader PAN,” kata Wakil Ketua Umum PAN itu saat menyampaikan pidato.

Selain itu, Bima mengaku akan menjalankan mandat dari partai maupun masyarakat Kota Bogor dengan sebaik-baiknya. “Hadirin izinkan saya menjadi Wali Kota untuk semua bagi yang tidak memilih atau memilih semua kiai, semua golongan, semua agama, semua rakyat Bogor tanpa terkecuali,” tuturnya.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, menyanjung Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, dalam kesempatan yang sama, Minggu. Seolah tidak terlihat kalau keduanya sedang terlibat konflik internal PAN terkait dukungan Bima di Pemilihan Presiden (Pilpres) yang berseberangan dengan partai.

“Semua sukunya, agamanya, yang milih atau tak milih, Bima (tetap) jadi bapaknya Kota Bogor. Kebersamaan intinya,” kata Zulkifli.

Ketika ditanya mengenai penyelesaian konflik keduanya di internal partai, Zulkifli enggan berbicara panjang lebar. Menurutnya, PAN sampai sekarang masih fokus menunggu hasil dari Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.  Ant/P-6

Tampilkan Semua

Sistem Ganjil-Genap Masih Dikaji

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemkot Depok seharusnya mulai memikirkan masalah transportasi, bukan hanya berfokus terhadap pembangunan semata. Depok epok – Kasat Lantas Polres Depok, Kompol Sutomo, mengatakan hingga saat ini penerapan ganjil-genap di kawasan...
Selengkapnya

Hari Bumi

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Bahaya Perlintasan

Senin 22/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

Aplikasi Situng Hanya untuk Keperluan Publikasi

Senin 22/4/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemungutan suara Pemilu 2019 telah dilaksanakan. Meskipun hasil quick count atau hitung cepat sudah dimuat berbagai media, tetapi masyarakat masih menunggu hasil real count yang tengah dikerjakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Perkembangan proses real count bisa dilihat lewat aplikasi Situng yang dapat diakses via laman web resmi KPU. Untuk membahas hal tersebut lebih lanjut, Koran Jakarta bersama awak media mewawancarai Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi, di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Jumat (19/4).

Bagaimana proses entri data hasil perhitungan suara ke aplikasi Situng?

Jadi, hasil perhitungan suara di tiap TPS (Form C1) dari seluruh Indonesia itu selain dimasukkan ke kotak untuk dibawa di rekapitulasi tingkat kecamatan, disalinkan ke saksi paslon, saksi parpol, dan pengawas pemilu. Nah, nanti ada satu salinan lagi yang langsung di transfer ke KPU Kabupaten/kota melalui desa/kelurahan, dan di Kabupaten/ kota nanti yang melakukan scan, upload, dan entri data, lalu data masuk ke aplikasi Situng.

Apakah sudah ada laporan dari masyarakat mengenai salah input data Situng?

Terkait dengan beredarnya informasi salah input di Situng KPU, memang informasi itu sudah masuk di kita, ada lima daerah. Masing-masing satu TPS di Maluku, NTB, Jawa Tengah, Riau, dan Jakarta Timur. Itu tentu sangat kami apresiasi informasi-informasi seperti itu dan itu memang yang kita tunggu dari publikasi Situng kita.

Lalu, apa tanggapan Anda?

Kita sangat terbuka untuk menerima masukan dari masyarakat, sehingga nanti bisa kita koreksi dan kita perbaiki. Tetapi yang perlu kita tegaskan bahwa Situng itu betul-betul hanya untuk publikasi, sama sekali tidak ada kaitannya dengan penetapan hasil akhir penetapan Pemilu.

Berarti, kalau ada revisi langsung diganti tampilan data di aplikasinya?

Langsung diganti di tampilannya. Jadi, nanti kalau ada yang keliru itu langsung kita informasikan ke daerah setempat, kemudian di daerah setempat akan dilakukan seleksi, karena scan, upload, dan entri data Situng itu tersebar di KPU Kabupaten/kota, bukan dilaksanakan oleh KPU RI. Sehingga, informasi kekeliruan atau ketidakakuratan itu nanti masuk di kita, itu langsung kita teruskan ke KPU masing-masing daerah untuk dilakukan koreksi di tempatnya sana.

Lalu, mengenai server error dan server down, ada indikas serangan siber, apakah benar?

Kita pastikan itu sama sekali bukan karena serangan hacker atau serangan siber. Itu betul-betul semata-mata kesalahan entri. Kalau server down saya karena beban traffic masyarakat yang antusias mengunjungi web bisa sampai ribuan, bahkan jutaan user sekali masuk. Kami sangat terbuka untuk melakukan koreksi.

Terakhir, apakah Situng dapat menjadi acuan pemenang pemilu?

Meskipun tampilan Situng terus berjalan, tetapi perhitungan suara untuk Pemilu 2019 yang resmi adalah yang dilakukan melalui proses rekapitulasi manual yang sekarang tengah di proses ditingkat kecamatan. Kemudian, diteruskan rekapitulasi di tingkat kabupaten/ kota, provinsi, dan sampai di tingkat nasional. Jadi, Situng betul-betul hanya untuk kepentingan publikasi, sama sekali tidak ada kaitannya atau mempengaruhi penetapan hasil pemilu. 

 

trisno juliantoro/AR-3

Tampilkan Semua

Pelanggaran Masa Tenang Terjadi pada “Platform” Media Sosial

Rabu 17/4/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menegaskan bahwa kampanye dalam bentuk apapun sudah tidak boleh dilakukan lagi selama masa tenang pada 14-16 April. Untuk membatasi beredarnya informasi yang tidak...
Selengkapnya

Media Sosial Bisa Picu Kasus Perundungan Siswa

Senin 15/4/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kasus perundungan kembali terjadi di kalangan siswa. Teranyar, kasus menimpa siswi SMP 2 Pontianak berinisial AY. Kasus ini mendapat respons cepat dari masyarakat khususnya di media sosial. Bahkan sampai muncul petisi agar pelaku diganjar...
Selengkapnya

Format Debat Terakhir Sama dengan Debat Keempat

Jumat 12/4/2019 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Debat kelima atau debat terakhir pilpres akan digelar Sabtu (13/4), di Hotel Sultan, Jakarta. Adapun tema debat ini; Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan, dan Investasi, serta Perdagangan dan Industri. Pelaksanaan debat ini...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Edi Sukmoro

Sabtu 20/4/2019 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Menjelang arus mudik Lebaran 2019, PT Kereta Api Indonesia (Persero)/KAI sudah bersiap menyambut ribuan penumpang. Tiket sudah dijual jauh-jauh hari atau tiga bulan sebelum waktu keberangkatan, masyarakat bisa mulai memesan atau membelinya.

Aneka persiapan dan pembenahan terus dilakukan jajaran direksi agar masyarakat makin nyaman saat mudik dengan naik kereta. Seluruh jajaran direksi sudah diperintahkan untuk siap siaga menyambut kedatangan momen Lebaran 2019.

Untuk mengetahui apa saja yang telah dan akan dilakukan jajaran PT KAI untuk menyambut para pemudik pada Lebaran 2019, wartawan Koran Jakarta, Teguh Raharjo berkesempatan mewawancarai Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, pada sidak persiapan mudik dan rilis penambahan kursi mudik, di Stasiun Bandung, Jawa Barat, baru-baru ini. Berikut petikan selengkapnya.

Setiap tahun minat masyarakat menggunakan moda KA terus meningkat, tahun ini seperti apa perkiraannya?

Minat masyarakat akan moda transportasi kereta api sangat tinggi pada masa angkutan Lebaran 2019. Hal tersebut terbukti dengan telah habisnya tiket KA-KA favorit untuk mudik pada keberangkatan mulai dari H-7 Lebaran, H-6, dan seterusnya.

Untuk arus balik, keberangkatan H+2 dan H+3 Lebaran menjadi tanggal pilihan para penumpang untuk kembali ke kota asal pada masa arus balik. Kami terus-menerus meningkatkan pelayanan dengan menambah sejumlah KA tambahan pada angkutan Lebaran 2019 tanpa mengurangi kenyamanan penumpang.

Total berapa kursi yang disiapkan untuk mudik?

Angkutan reguler yang disiapkan mulai H-10 hingga H+10 sebanyak 217 ribu seat lebih yang setiap hari dijual. Memang banyak yang memilih di hari tertentu seperti saya katakan tadi. Nah, di hari favorit itu memang habis, meski ada yang masih kosong di hari lain. Kami melihat keinginan mudik pada tanggal tersebut sangat tinggi, jadi kami tambah lagi kursinya.

Kami menjual lagi tiket untuk 50 perjalanan KA tambahan mulai tanggal 6 April 2018. Kami menambah KA-KA dengan berbagai rute yang menjadi favorit masyarakat, di antaranya keberangkatan Stasiun Pasar Senen dan Gambir menuju Tegal, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, dan lainnya.

Berapa jumlahnya?

Jumlah seat pada KA Tambahan sebanyak 29.456 seat yang dijual setiap hari. Sama untuk keberangkatan H-10 dan H+10 juga bisa dipesan melalui KAI Akses atau channel lain yang sudah kerja sama dengan kami. Jumlah tersebut meningkat 8 persen dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 27.072 seat KA tambahan. Jadi, total per hari kami jual hampir 250 ribu tiket selama momen mudik 2019.

Keluhan masyarakat adalah sulitnya membeli secara online?

Kami tentu belajar dari pengalaman tahun lalu. Tahun ini, kami siapkan 20 server dengan kekuatan 120 MBPS. Seharusnya dengan kapasitas yang ada sekarang tidak akan terganggu. Memang pada jam tertentu akan melonjak yang akses. Nah, masyarakat tentu harus jeli melihat waktu dan tanggal keberangkatan yang masih kosong.

Memang banyak yang membeli langsung ke KAI Akses, meski ada channel lain, kami sudah antisipasi. Sekitar 32 persen membeli langsung ke KAI Akses ini. Tapi yang sudah terjual saya kira masih di bawah 50 persen dari total kursi, ya bukan di tanggal favorit yang masih ada.

Jadi, bisa diantisipasi mudiknya jangan mepet dan di hari favorit H-7 dan H-6. Kalau arus balik yang penuh karena jadi favorit itu H+2 dan H+3, atau misal membeli tiket tidak yang langsung dari Gambir atau Jakarta. Dari Bandung juga masih banyak yang kosong.

PT KAI mulai kapan memulai kesiapan arus mudik tahun 2019?

Kami sudah menyiapkan posko dan akan dioperasikan mulai 26 Mei hingga 16 Juni 2019. Posko di semua stasiun, terutama stasiun besar untuk menjaga keamanan pemudik di stasiun. Nanti kami akan bagi takjil kepada penumpang dan makan sahur, gratis. Mulai H-10 saat berbuka dan sahur ada makan gratis untuk penumpang.

Kesiapan apa lagi?

Pada akhir April ini, kami seluruh direksi wajib turun ke lapangan untuk memeriksa secara langsung jalur mudik, terutama untuk jalur selatan, inspeksi direksi akan fokus ke sana. Ada dua lintas yang disiapkan untuk disurvei. Total, kami juga menyiapkan tenaga pengamanan sebanyak 10 ribu orang terdiri dari pengamanan internal, pegawai KAI, dan eksternal bantuan TNI dan Polri.

Kenapa jalur selatan?

Selama ini memang banyak kendala terjadi di jalur selatan karena bencana alam, seperti banjir, ambles, aksi pelemparan, dan longsor. Kami mendeteksi sekitar 340 titik rawan di sepanjang jalur KA mudik di Jawa. Kami menempatkan penjaga ekstra di titik-titik itu. Petugas akan berjaga selama 24 jam. Kami sudah siapkan sebanyak 270 personel untuk menunggui titik rawan itu. Ditambah tenaga ekstra sekitar 1.456 orang untuk mengawasi juga.

Ada sekitar 5.238 titik perlintasan yang kami awasi. Saat mudik, tentu ada peningkatan kendaraan yang melintas. Kebiasaan warga setempat yang sudah sering melintas akan berbeda dengan pemudik yang baru melalui jalan itu. Jadi kami ekstra waspada. Sebenarnya sudah biasa karena ini memang juga sudah dilakukan sejak lama. Jika ada sesuatu yang berpotensi mengganggu, petugas lapangan akan memberikan informasi ke pusat kendali KAI.

Angkutan barang sendiri ada?

Kami siapkan angkutan motis yakni untuk mengangkut motor. Bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), kami siap mengangkut sekitar 18 ribu motor dengan KA. Kereta berangkat dari gudang KAI di Jakarta menuju Kutoarjo dan Surabaya. Angkutan logistik atau barang tetap akan berjalan seperti biasa selama arus mudik.

PT KAI juga mulai mengubah kokpit masinis dengan menambah AC, kenapa?

Setiap hari masinis membawa kereta di belakangnya yang sudah nyaman dan ber-AC, kenapa lokomotifnya tidak. Kami juga ingin membuat nyaman masinis, biar tetap segar, fit, dan ganteng. Ha...ha...ha. Ke depan kan juga akan ada masinis perempuan. Jadi lokomotif juga harus nyaman biar prima.

Semua akan dipasang AC?

Iya, akan dipasang semua. Kami ingin 251 lokomotif yang ada saat ini ber-AC. Tetapi, kami lakukan bertahap, tidak bisa serentak sebab kan lokomotifnya juga dipakai setiap hari. Sementara ini baru ada 17. Giliran satu per satu masuk depo untuk dipasang AC.

Kapan bisa semua selesai dipasang?

Secepatnya saja. Tahun ini, kalau bisa semua sudah diinstal AC, tapi kami juga melihat kemampuan depo. Investasinya murah kok, hanya nambah AC saja. Kami pasang dan modifikasi sendiri, komponen lokal produk dalam negeri sekitar 58 persen, dan sudah terdaftar dan bersertifikat dari Sucofindo. Kami memodifikasi loko ini di Balaiyasa Yogyakarta. AC memiliki kapasitas pendingin sekitar 8.000 Kcal dan daya 3.000 watt.

PT KAI terus meningkatkan kenyamanan di stasiun, seperti membuat coworking space. Untuk apa?

Kami sudah melihat, saat ini penumpang kereta paling banyak itu kaum muda, milenial. Jadi, datang ke stasiun tidak hanya sekadar ingin segera berangkat. Mereka kadang menghabiskan waktu untuk bekerja atau bisnis. Makanya, kami siapkan tempat yang nyaman bagi kaum milenial atau bisnis yang ingin memanfaatkan transportasi KA tanpa harus kehabisan kesempatan dan waktu untuk berbisnis, bahkan sekadar ngopi dan surfing internet.

Tinggal menunjukkan tiket kereta maka bisa digunakan. Ada WiFi dan kopi. Saat ini, kami sudah siapkan di sembilan stasiun besar dengan kapasitas kursi mulai 10 hingga 20 seat. Terbesar coworking space ada di Stasiun Gambir. Tinggal tunjukkan boarding pass bisa menikmati fasilitas ini gratis selama dua jam, di hari yang sama dengan jadwal keberangkatan.

Lalu, inovasi apa lagi yang sedang disiapkan?

Sebanyak yang bisa kami buat akan dibuat, untuk kenyamanan penumpang dan kemajuan perusahaan. Karena pada dasarnya PT KAI itu utamanya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jangan dianggap kereta api itu perusahaan yang mencari untung melulu.

Untuk meningkatkan kepuasan penumpang, ya seperti ini, kami terus menata ulang stasiun dan memperbaiki kereta. Tidak menyulitkan penumpang naik turun, keluar masuk peron, nanti akan dibuat semakin baik dan nyaman.

Termasuk peremajaan kereta?

Tentu saja. Saat ini, kami mempercayakan kereta dibuat oleh PT Industri Kereta Api (Inka), sekarang produk bangsa sendiri. Yang kami remajakan karena usianya sudah di atas 30 tahun. Tidak ada hubungannya dengan kesehatan keuangan KAI, tapi untuk peningkatan pelayanan. Masyarakat tentu berhak mendapatkan angkutan kereta yang aman, nyaman, dan baru. MRT saja bagus sekali kok.

Ada sekitar 886 kereta yang harus diganti. Tentunya bertahap karena kemampuan PT Inka juga terbatas. Kontrak pertama kami bangun 438 unit. Itu kalau digandeng akan terangkai sebanyak 38 train set. Sampai hari ini sudah 70–90 persen yang dikirim oleh PT Inka ke kami atau sudah 32 train set, tinggal sedikit lagi. Saat ini, kami masih menunggu sertifikasi dari Dirjen Kementerin Perhubungan agar bisa segera dipakai.

Terakhir, terkait rencana aktivasi jalur KA di Jawa Barat bagaimana perkembangannya?

Soal itu masing-masing memiliki perkembangannya tersendiri. Ada yang baru tahap pemetaan, survei, perhitungan, dan lainnya. Ada kendala beberapa jembatan sudah tua dan rapuh. Tidak mungkin kami pakai lagi, sudah karatan. Mudah-mudahan bisa cepat. 

 

Tampilkan Semua

Kabel Listrik Organik yang Tak Mudah Terbakar

Sabtu 20/4/2019 | 01:05
A   A   A   Pengaturan Font
Sebuah riset baru yang berguna untuk sektor instalansi dikem­bangkan tengah ilmuwan. Riset ini dipimpin oleh seorang pe­neliti dari University of Melbourne, Kate Nguyen. Nguyen dan timnya memimpin pengembangan yang terbilang...
Selengkapnya

Produksi Air Bersih, Inspirasi dari Biota Gurun

Sabtu 20/4/2019 | 01:03
A   A   A   Pengaturan Font
Ketersediaan pasokan air bersih merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi orang-orang tinggal di wilayah paling gersang di dunia. Masalah ini menjadi perhatian ilmuwan dunia.   Meski dua per tiga wila­yah bumi adalah air,...
Selengkapnya

“Nge-vlog” di Dataran Tinggi Dieng

Sabtu 20/4/2019 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Perkembangan dan penerapan teknologi informasi serta arus dunia digital mampu mengubah hampir seluruh tatanan bisnis pariwisata dunia. Perilaku masyarakat dalam menentukan cara menikmati berwisata juga sangat mengikuti perkembangan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta