Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | August 14 2020
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Alihkan Bunga Obligasi Rekap untuk Pemulihan Ekonomi

Jumat 14/8/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Pembayaran bunga obligasi rekap mesti dimoratorium karena menyandera APBN. » Pembayaran bunga obligasi rekap mesti dimoratorium karena menyandera APBN.   JAKARTA – Pemerintah sebaiknya mengalihkan pembayaran bunga obligasi...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Alihkan Bunga Obligasi Rekap untuk Pemulihan Ekonomi

Jumat 14/8/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Pembayaran bunga obligasi rekap mesti dimoratorium karena menyandera APBN.

 

JAKARTA – Pemerintah sebaiknya mengalihkan pembayaran bunga obligasi rekapita­lisasi perbankan penerima Bantuan Likuditas Bank Indonesia (BLBI) dalam Anggaran Pen­dapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020 seki­tar 400 triliun rupiah untuk membiayai progam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Ekonom Universitas Surakarta, R. Agus Tri­hatmoko, yang dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (13/8), mengimbau pemerintah sebaiknya ke­luar dari kebiasaan mengelola APBN selama ini, yakni tidak harus mengalokasikan belanja bunga utang. Anggaran yang cukup besar itu sebaiknya digunakan untuk pos belanja lain, misalnya untuk menutup defisit karena pem­biayaan kesehatan dan program PEN akibat dampak Covid-19.

“Pemerintah bisa merelokasi mata anggaran yang tidak produktif atau dampak keekonomi­annya lama. Kebijakan sangat fleksibel atau mudah dilakukan pemerintah karena sudah ada UU-nya masa Covid-19,” kata Agus.

Hal itu termasuk menghentikan pembayar­an bunga utang akibat kesalahan di masa lalu dengan menerbitkan obligasi rekapitalisasi.

Menurutnya, kondisi yang terjadi saat pande­mi Covid-19 kembali mengulang kebijakan yang dilakukan saat krisis ekonomi 1998 dan krisis global pada 2008. Pada krisis awal masa refor­masi, pemerintah justru mengeluarkan obligasi rekap dan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) dengan pertimbangan untuk menyela­matkan perekonomian. Namun dalam perjala­nannya, dana talangan tersebut dinikmati se­gelintir kelompok dan beban bunganya malah membebani keuangan negara hingga saat ini.

“Inilah sebuah pembelajaran lama ketika ada masalah keuangan APBN kebijakan utang (Su­rat Utang Negara) dipergunakan sebagai lang­kah utama, termasuk utang luar negeri, sehing­ga bunga utang dan obligasi membebani APBN berikutnya dengan nominal besar, apalagi saat pokok utang tersebut jatuh tempo,” kata Agus.

Dia menjelaskan jumlah anggaran untuk pembiayaan Covid-19 dan Pemulihan Eko­nomi Nasional (PEN) mencapai 695,2 triliun ru­piah yang diperoleh dengan menerbitkan Surat Utang Negara sehingga defisit APBN membeng­kak menjadi 1.039, 2 triliun rupiah atau 6,34 per­sen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Sementara itu, pembayaran bunga utang yang dianggarkan dalam APBN 2020 tercatat sebesar 295,2 triliun rupiah. Sebagian belanja bunga utang tersebut untuk pembayaran bu­nga obligasi rekapitalisasi perbankan eks BLBI sekitar 70 triliun rupiah.

Jumlah tersebut akan sangat membantu me­ringankan beban keuangan negara seandainya disetop dan dialihkan untuk membiayai dampak Covid-19 yang mencapai 695,2 triliun rupiah.

“Pengelolaan anggaran harus taktis dan jeli dengan membuat inisiatif baru yang bisa meri­ngankan beban keuangan negara, apalagi kon­disi saat ini memungkinkan,” kata Agus.

Agus juga mengutip pernyataan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, beberapa waktu lalu, tentang ada dua kebijakan keliru yang di­lakukan pemerintah sehingga menghabiskan anggaran 6.000 triliun rupiah. Kebijakan salah itu adalah pengalihan utang BLBI kepada nega­ra dan anggaran subsidi yang besar.

“Inilah sebab pembayaran bunga obligasi rekap mesti dimoratorium, karena terlalu lama, menghabiskan anggaran negara dan membuat kapasitas APBN jadi tersandera,” jelasnya.

Baru Wacana

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE), Yusuf Rendy Manilet, yang dihubungi terpisah mengatakan wacana penghentian pembayaran bunga obligasi rekap sebenarnya sudah pernah diutarakan sebelumnya. Solusi­nya sudah pernah disampaikan bahwa peme­rintah men-swap bunga obligasi ke bunga 0 persen. Hanya saja, memang secara politik be­lum ada niat yang serius dari pemerintah untuk mengeksekusi rencana tersebut.

“Jika dikaitkan dengan Covid-19, jika ti­dak bisa disetop, setidaknya di-swap ke bunga utang yang lebih rendah,” kata Yusuf.

Dia menduga keengganan pemerintah mengambil langkah penghentian pembayaran bunga utang obligasi rekap itu karena masih ada proses pemeriksaan atas kasus BLBI yang berlangsung hingga sekarang. Sebab itu, pen­ting mempercepat pemeriksaan itu agar ada kepastian yang bisa dilakukan pemerintah. yni/E-9

Tampilkan Semua

Pemerintah Mesti Beri Contoh Masyarakat Gunakan Produk Lokal

Jumat 14/8/2020 | 00:03
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA -Keberpihak­an pemerintah menggunakan produk riset dan inovasi da­lam negeri akan meningkatkan kepercayaan masyarakat me­manfaatkan produk lokal. Jika sudah ditunjukkan dalam aksi nyata, maka akan melahirkan...
Selengkapnya

Protokol Kesehatan Belajar Tatap Muka Banyak Diabaikan

Jumat 14/8/2020 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah pusat mengizinkan pembukaan sekolah tatap muka dengan sejumlah syarat yang ketat.   JAKARTA – Sejumlah dae­rah mengabaikan persyaratan-persyaratan ketat yang harus dipenuhi saat memberlakukan pembelajaran tatap...
Selengkapnya

MENYAMBUT HUT KE-75 REPUBLIK INDONESIA

Jumat 14/8/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
MENYAMBUT HUT KE-75 REPUBLIK INDONESIA I Sejumlah siswa dan robot karya mereka melakukan hormat kepada Bendera Merah Putih saat upacara menyambut HUT ke-75 Republik Indonesia di Sekolah Automasi dan Robotika (Autobot), Klaten, Jawa...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Pasangan Biden dan Harris Berhasil Kumpulkan Dana 26 Juta Dollar AS

Jumat 14/8/2020 | 00:02
A   A   A   Pengaturan Font

WILMINGTON – Pasangan calon presiden (capres) Amerika Serikat, Joe Biden, dan calon wakil presiden (cawapres), Kamala Harris, tampil di gym Sekolah Alexis I. DuPont di Wilmington, Delaware, kota tempat tinggal Biden, Rabu (12/08) waktu setempat. Biden berhasil mengum­pulkan dana 26 juta dollar AS dalam 24 jam setelah dia menunjuk Harris sebagai pasangannya.

Dalam debut perdana kampanye mereka untuk pilpres, 3 November mendatang, politisi Partai Demokrat tersebut menuding petahana Donald Trump sebagai sosok jago merengek.

“Donald Trump telah memu­lai serangannnya dengan menyebut Kamala wanita yang buruk, tidak­lah mengejutkan karena itulah me­mang kelebihan Trump yaitu terus merengek, presiden yang paling jago merengek dalam sejarah Amerika Serikat (AS),” kata Biden.

Biden tidak lupa melontarkan pu­jian hangat kepada Harris, wanita Afro-Amerika dan Asia-Amerika per­tama yang menjadi cawapres dalam sejarah AS. Dalam pidato politiknya, Biden mengatakan dia bersama Har­ris akan kembali membangun AS yang tengah dalam kekacauan aki­bat kepemimpinan Presiden Trump. Biden menuduh Trump gagal me­mimpin AS selama menghadapi kri­sis akibat virus korona.

“Saya Harris akan memperbaiki kekacauan yang telah dibuat oleh Presiden Trump dan Wakil Presiden Pence di dalam dan luar negeri.”

Harris tidak kalah garang mengkri­tik Presiden Trump. “Presiden Trump mewarisi ekonomi yang sehat dari pen­dahulunya Obama dan Biden, namun seperti segala yang dipegangnya, dia menghancurkannya dalam sekejap.”

Senator California itu mengatakan inilah akibatnya jika memilih presi­den yang tidak kompeten dan tidak mengerti tanggung jawabnya dalam menangani banyak hal mulai dari pan­demi Covid-19, krisis ekonomi, dan ke­rusuhan rasial yang melanda AS.

“Amerika menjadi compang-camping dan reputasi kita rusak di seluruh dunia.”

Lebih Cerah

Menyebut Trump sebagai lawan yang harus segera dilenyapkan, Har­ris percaya 83 hari lagi, rakyat Ame­rika dapat memilih masa depan yang lebih cerah untuk negara mereka.

Harris mengingatkan warga AS mesti berhati-hati dengan sejumlah konflik rasialisme yang belakang­an terjadi selama kepemimpinan Trump. Sebagai wanita kulit berwar­na pertama yang menjadi pasangan calon presiden untuk partai besar AS, Harris mengatakan negaranya mesti menyudahi masalah rasisme.

“Rasisme dan ketidakadilan sistemik yang telah membawa koalisi baru, hati nurani ke jalan-jalan untuk menuntut perubahan,” katanya.

Harris diharapkan memainkan pe­ran kunci dalam upaya itu. Dia berga­bung dengan Biden di Delaware untuk penggalangan dana pertama mereka bersama sebagai calon wakil presiden. AFP/SB/P-4

Tampilkan Semua

Vaksin Russia Dikhawatirkan Memiliki Efek Samping

Jumat 14/8/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
MOSKWA – Vaksin virus ko­rona, Sputnik V, yang dikem­bangkan Russia, hanya diuji coba kepada 38 orang relawan. Uji coba vaksin pun berhenti sampai di situ, kemudian di­produksi massal sebagai vaksin yang disetujui pihak...
Selengkapnya

Peneliti: Hampir 6 Persen Orang di Inggris Pernah Derita Covid-19

Kamis 13/8/2020 | 22:15
A   A   A   Pengaturan Font
LONDON- Hampir 6 persen orang di Inggris kemungkinan terinfeksi Covid-19 selama puncak pandemi, kata para peneliti yang mempelajari prevalensi infeksi, Kamis (13/8). Sebanyak 313.798 orang dinyatakan positif COVID-19 di Inggris, 270.971...
Selengkapnya

Platform Digital Berdayakan Pedagang Eceran

Kamis 13/8/2020 | 20:17
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA– Selama pandemi Covid 19, pedagang grosir dan eceran yang bergerak dalam fast moving consumer goods (FMCG) salah satu yang terdampak dari kebijakan pembatasan fisik. Kondisi ini perlu diatasi karena produk-produk FMCG...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Polkam

Facebook Blokir Pendukung Presiden Jair Bolsonaro secara Global

Minggu 2/8/2020 | 17:33
A   A   A   Pengaturan Font

 

Brasilia - Facebook menyatakan pada Sabtu (1/8) bahwa pihaknya melakukan pemblokiran secara global terhadap akun-akun tertentu yang dikelola oleh pendukung Presiden Brazil Jair Bolsonaro yang terlibat dalam penyelidikan berita bohong.

Keputusan itu diambil sehari setelah Facebook dijatuhi denda karena tidak mematuhi putusan hakim Mahkamah Agung yang memerintahkan demikian.

Juru bicara perusahaan media sosial itu mengatakan perintah tersebut amat ekstrem serta mengancam kebebasan berekspresi di lingkup luar kewenangan hukum Brazil, namun pihak perusahaan telah menyetujuinya.

"Dengan adanya kemungkinan ancaman kriminal terhadap seorang pegawai lokal, pada titik ini kami tidak menemukan jalan selain mematuhi keputusan untuk memblokir akun-akun terkait secara global, sementara kami melakukan banding kepada Mahkamah Agung," ujar juru bicara Facebook.



Pada Kamis (30/7), Hakim Alexandre de Moraes menyatakan bahwa Facebook dan Twitter telah gagal mematuhi perintah pemblokiran terhadap akun-akun tersebut karena kedua perusahaan hanya memblokir di dalam negeri, padahal akun masih dapat diakses dengan menggunakan alamat IP asing.

Satu hari kemudian, Jumat (31/7), hakim yang sama memutuskan bahwa Facebook harus membayar denda sebesar 1,92 juta  real Brazil (setara Rp5,4 miliar) atas kegagalan mematuhi perintah, serta akan didenda tambahan 100.000 real Brazil (setara Rp281 juta) per hari jika tidak segera melakukan pemblokiran global.

Sebelum hukuman denda diumumkan, Facebook menyebut akan mengajukan banding atas keputusan tersebut. Perusahaan menyatakan pihaknya menghormati hukum di negara tempat mereka beroperasi, namun juga Brazil harus memahami batas yurisdiksi negara.

Sejauh ini denda tersebut hanya menyasar ketidakpatuhan hukum yang dilakukan Facebook, dan belum jelas apakah Twitter juga akan dijatuhi hukuman serupa.

Awalnya, hakim memutuskan pada Mei lalu untuk memblokir 16 akun Twitter dan 12 akun Facebook pendukung Bolsonaro yang terkait dengan penyelidikan atas penyebaran berita palsu selama periode pemilu Brazil 2018.

Akun-akun tersebut diblokir atas dugaan bahwa mereka melanggar regulasi mengenai ujaran kebencian.Ant/P-4

Tampilkan Semua

Penyaluran Gas

Selasa 28/7/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Transaksi Perbankan Rawan “Malware”

Kamis 23/7/2020 | 18:47
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat transaksi perbankan secara daring meningkat. Namun demikian, peningkatan memunculkan ancaman kejahatan siber, seperti yang pernah terjadi pada insiden Cyberheist pada 2016 dengan kerugian sebesar 81...
Selengkapnya

Menteri PUPR Tegaskan Penentuan Tarif Tol Dibicarakan dengan BUJT

Rabu 24/6/2020 | 16:00
A   A   A   Pengaturan Font
  Jakarta,- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa penetapan tarif tol bukan keputusan sepihak pemerintah dan harus dibicarakan dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) karena...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Ekonomi

BTN Gelar Pameran Properti Virtual

Kamis 13/8/2020 | 18:38
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Bank Tabungan Negara (BTN) mengadakan pameran properti virtual dengan menyasar segmentasi kaum milenial karena memiliki peluang besar menjadi pangsa pasar sektor kredit pemilikan rumah (KPR).

“Kami ada harga khusus dengan tingkat bunga untuk KPR Merdeka 4,17 persen. Ini kesempatan bagi para milenial membeli rumah,” kata Direktur Utama BTN Pahala Mansury dalam diskusi virtual di Jakarta, Kamis (13/8).

Pameran dalam jaringan itu bisa diakses melalui laman ipex.btnproperti.co.id mulai 22 Agustus hingga 30 September 2020.

Memaknai HUT ke-75 RI, lanjut dia, bank BUMN ini juga menawarkan sejumlah promo menarik di antaranya bebas biaya administrasi, biaya appraisal, diskon asuransi jiwa serta pengembang juga akan memberikan harga khusus.

Dalam pameran daring itu, BTN menggandeng 75 pengembang properti nonsubsidi dan 100 pengembang subsidi.

Ia optimistis pameran yang berlaku selama 45 hari itu dikunjungi sekitar dua juta pengunjung karena melihat minat masyarakat mengunjungi situs btnproperti.co.id selama enam bukan dikunjungi tiga juta orang.

Melalui kampanye Hidup Gak Cuma Tentang Hari Ini, BTN mendorong generasi muda untuk memikirkan masa depan salah satunya dengan berinvestasi di sektor properti.

“Mau senang-senang itu penting atau memiliki gadget mjtakhir itu penting tapi penting juga fokus ke masa depan. Kita harus punya prioritas, perencanaan,” kata Pahala seperti dikutip Antara.

Sementara itu, Direktur Distrubusi dan Ritel Funding BTN, Jasmin menambahkan pihaknya memberikan kemudahan pengajuan yang disesuaikan dengan pandemi Covid-19 saat ini melalui aplikasi daring.

Untuk memperluas target pasar, lanjut dia, bank gencar melakukan sosialisasi di sejumlah media sosial termasuk menggandeng mitra pengembang di seluruh Indonesia.

“Kami punya kerja sama 5.000 pengembang, kami punya nasabah delapan juta dan yang aktif sekitar 4 juta itu lebih dari cukup,” katanya.bud/E-9

Tampilkan Semua

Pelni Beri Potongan Harga Tiket Jelang HUT RI ke-75

Kamis 13/8/2020 | 18:30
A   A   A   Pengaturan Font
BATAM- PT Pelni (Persero) memberikan potongan harga tiket kepada calon penumpang dalam merayakan hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-75. “Dengan tema semarak harga merdeka hemat tiket PELNI 75 persen pelanggan cukup membayar 75 persen...
Selengkapnya

BNI Syariah Percepat Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah Melalui Jalur Litigasi

Kamis 13/8/2020 | 18:18
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- BNI Syariah mengoptimalkan penyelesaian pembiayaan bermasalah melalui jalur litigasi dengan menggandeng Pengadilan Agama untuk proses sita eksekusi dan gugatan sederhana. Direktur Keuangan dan Operasional BNI Syariah, Wahyu...
Selengkapnya

CIMB Niaga Ajak Nasabah Hindari Kontak Fisik saat Berbelanja

Kamis 13/8/2020 | 17:38
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- PT Bank CIMB Niaga Tbk mengajak masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan agar tidak mudah terpapar virus Covid-19 terutama saat berbelanja keperluan sehari-hari di supermarket. Untuk memfasilitasi masyarakat...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Tiongkok Dominasi Investasi di Sulawesi Tengah

Selasa 11/8/2020 | 18:18
A   A   A   Pengaturan Font

PALU- Tiongkok tercatat sebagai negara yang mendominasi investasi pada berbagai sektor di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Berdasarkan data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulteng, capaian realisasi investasi triwulan II 2020 negara Tirai Bambu itu di Sulteng mencapai 3,96 triliun rupiah atau menurun dibanding triwulan II 2019 senilai 4,53 triliun rupiah.

“Jumlah tersebut 61,48 persen dari total capaian realisasi investasi triwulan II 2020 di Sulteng. Berikutnya Singapura 1,53 triliun rupiah atau 23,69 persen, Hongkong 894,57 miliar rupiah,” kata Kepala DPMPTSP Sulteng Christina Shandra Tobondo dalam Web- Seminar (Webinar) bertajuk “Menatap Pelemahan Ekonomi Dampak Covid-19 di Sulteng” yang diadakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulteng di Palu, Selasa (11/8).

Berikutnya Inggris dengan nilai investasi di Sulteng pada triwulan II 2020 sebesar 30,76 miliar rupiah atau 0,48 persen, India 17,51 miliar rupiah atau 0,27 persen dan Jepang 10,59 miliar rupiah atau 0,16 persen.

“Berdasarkan sektor usahanya, capaian realisasi investasi di Sulteng paling banyak pada sektor industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatannya senilai 5,24 triliun rupiah atau 59,9 persen,” ujarnya seperti dikutip Antara.

Kemudian, lanjut Shandra, sektor listrik, gas dan air 1,80 triliun rupiah atau 20,6 persen. Adapun capaian investasi pada sektor tanaman pangan, perkebunan dan peternakan senilai 743,75 miliar rupiah atau 8,5 persen.

“Transportasi, gudang dan telekomunikasi 407,71 miliar rupiah atau 4,7 persen, perumahan, kawasan industri dan perkantoran 217,09 miliar rupiah atau 2,5 persen, industri makanan 147,96 miliar rupiah atau 1,7 persen, pertambangan 121,59 miliar  rupiah atau 1,4 persen dan sektor lainnya 72,01 miliar  rupiah atau 0,8 persen,” kata Shandra.

Ia menyebut Pemerintah Provinsi Sulteng menargetkan realisasi investasi Sulteng pada tahun 2020 senilai 24,20 triliun rupiah.

Dari target tersebut, hingga periode Januari-Juni capaian realisasi investasi dari hasil penambahan nilai Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) senilai 14,88 triliun rupiah.bud/E-9

Tampilkan Semua

Gubernur Sulsel Ajak PT IKI Sejahterakan Nelayan

Senin 10/8/2020 | 23:03
A   A   A   Pengaturan Font
MAKASSAR- Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah mengajak Direktur Utama PT Industri Perkapalan Indonesia (PT IKI Persero) Diana Rosa untuk bersama-sama mensejahterakan nelayan di pulau-pulau melalui penyediaan 20 unit kapal fiber...
Selengkapnya

PLTB Sidrap Tahap II Segera Dibangun

Senin 10/8/2020 | 22:44
A   A   A   Pengaturan Font
MAKASSAR- Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap Tahap II dipastikan segera mulai dibangun, setelah pengembang PT UPC Renewables Indonesia melengkapi persyaratan perizinan ekspansinya. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan...
Selengkapnya

Labuan Bajo Terus Berbenah Menyambut KTT G-20

Senin 10/8/2020 | 22:36
A   A   A   Pengaturan Font
MANGGARAI BARAT-  Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur terus berbenah meningkatkan kualitas layanan menuju kesiapan diri sebagai tuan rumah ASEAN Summit dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 yang akan digelar pada 2023. Direktur...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Otomotif

Ducati dan MT Distribution Hadirkan Lini Baru Sepeda Lipat Elektrik

Minggu 9/8/2020 | 14:59
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Setelah merilis skuter listrik, perusahaan otomotif Ducati bersama MT Distribution, menghadirkan tiga model baru untuk lini sepeda lipat elektrik (folding e-bikes) dengan pedal assistance.

Dikutip dari laman resmi Ducati, Minggu (9/8), e-bike lipat dirancang untuk mereka yang ingin berkeliling kota tanpa mengurangi gaya dan kenyamanan. Lini ini terdiri dari tiga model, yaitu Ducati Urban-E, serta Ducati Scrambler SCR -E dan SCR-E Sport.

Seperti produknya di lini skuter listrik, perhatian yang cukup besar pun diberikan pada desain dalam pengembangan e-bikes, yang menjadi tanggung jawab Centro Stile Ducati.

Untuk model Urban-E, desainer Ducati berkolaborasi dengan Italdesign, untuk mengusulkan model unik dari jenisnya, dengan komponen khusus yang dicirikan oleh gaya original nan khas.

Ducati Urban-E tersedia dalam warna hitam dan abu-abu. Sepeda dibangun di sekitar bingkai aluminium khusus dengan sistem penguncian lipat yang mudah.

Setang memiliki LCD display terintegrasi penuh di stem yang memungkinkan pengendara untuk mengontrol semua fungsi bantuan, untuk memeriksa sisa daya baterai dan untuk menyalakan dan mematikan lampu LED yang terintegrasi dalam rangka.

Desainer dan pengembang telah bekerja sama untuk membuat e-bike dengan gaya yang bersih dan linier. Baterai 378 Wh terintegrasi ke dalam rangka dan menjadi elemen gaya itu sendiri, mengingatkan pada tangki bahan bakar motor dengan warna merah khas Ducati dan bentuk melengkung.

Lebih lanjut, varian SCR-E adalah satu dari dua model sepeda berbantuan pedal (pedal assistance) yang dibuat dengan merek Ducati Scrambler. Roda 20''x4'' memungkinkan pengendara melakukan perjalanan dengan cengkeraman penuh bahkan di bagian yang kasar atau off-road.

Baterai 374,4 Wh terintegrasi penuh ke dalam rangka dan jika terisi penuh, memungkinkan pengguna untuk menempuh jarak hingga 70 km.

Rangkanya terbuat dari aluminium dan dilengkapi dengan pegangan mewah dengan teknologi lipat yang mudah untuk dilipat sedemikian rupa dengan sederhana dan cepat.

Lampu belakang diintegrasikan ke tiang jok untuk menjaga garis estetika yang bersih dan menarik. Sepeda ini memiliki LCD display untuk generasi terbarunya, dan dilengkapi sensor senja untuk menyalakan lampu secara otomatis dan mendeteksi suhu eksternal.

Sementara, varian SCR-E SPORT adalah versi yang lebih sporty dari model SCR-E. Model suspensi penuh dilengkapi dengan peredam kejut ganda (double shock absorber).

Velg dinding tunggal dan ban road tyres memberikan model tampilan yang halus dan sporty. Baterai 468 Wh yang ditingkatkan terintegrasi sepenuhnya ke dalam sasis dan dapat menempuh jarak hingga 80 km.

“Ducati Scrambler SCR -E dan SCR-E Sport sudah tersedia di pasar sejak Juli, sedangkan e-bike Ducati Urban-E akan tersedia untuk dibeli mulai Oktober,” demikian rilis dari Ducati. Ant/I-1

Tampilkan Semua

Honda Diperkirakan Bakal Hidupkan Kembali Konsep MotoCompo

Senin 3/8/2020 | 21:59
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - MotoCompo yang sempat diluncurkan pada 1981 hingga 1983, tampaknya akan kembali hadir dengan serangkaian pembaharuan yang mengusung konsep kendaraan bertenaga listrik yang nantinya akan diberi julukan Motocompacto. Nantinya,...
Selengkapnya

Motor Listrik Gesits Hadir di Tokopedia

Sabtu 1/8/2020 | 22:34
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Gesits membuka official store di Tokopedia guna memperluas akses penjualan motor listrik Gesits, sekaligus sebagai solusi agar konsumen tidak perlu ke diler selama pandemi Covid-19. "Alhamdulillah, sekarang memasuki fase new...
Selengkapnya

Berkendara Aman dengan Teknik Pengereman yang Benar

Kamis 30/7/2020 | 14:39
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Tidak hanya bisa menggunakan sepeda motor, pengendara juga dituntut untuk memiliki kemampuan yang mumpuni agar tidak membahayakan dirinya dan juga pengguna jalan lain. Saat ini, sepeda motor tak kalah canggih dengan mobil yang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

Produksi iPhone 12 Segera Dimulai  

Selasa 11/8/2020 | 15:58
A   A   A   Pengaturan Font

 

JAKARTA - Apple dikabarkan akan segera mulai produksi iPhone 12 yang akan dirilis menjelang akhir tahun ini.

Laman Apple Insider, dikutip Selasa (11/8), melaporkan Foxconn, salah satu manufaktur besar iPhone, sudah mulai merekrut pekerja untuk pabrik di Zhengzhou, China.

Pabrik Foxconn di Zhangzhou disebut membuka lowongan kerja hampir untuk satu juta pekerja, jauh lebih banyak dibandingkan pekerja mereka saat bukan musim produksi (off-season) yang berjumlah puluhan ribu.

Laman tersebut menulis Foxconn setiap tahun memang membuka lowongan kerja ketika akan memproduksi iPhone, namun, perekrutan pekerja tahun ini terlambat dibandingkan 2019 lalu.

Tahun lalu, Foxconn membuka lowongan kerja pada Juli, sebulan kemudian, iPhone diluncurkan. Keterlambatan pembukaan lowongan kerja di Foxconn senada dengan pernyataan CFO Apple, Luca Maestri, akhir Juli lalu kepada investor, bahwa peluncuran iPhone akan tertunda.

"Tahun lalu, kami mulai menjual iPhone pada akhir September. Tahun ini, kami perkirakan pasokan tersedia beberapa minggu kemudian," kata Maestri, dikutip dari The Verge, Jumat (31/7).

Klaim yang beredar menyebutkan Apple memesan Foxconn untuk memproduksi sekitar 80 juta unit iPhone 12, namun, karena situasi, manufaktur harus mengubah regulasi, yang bisa menyebabkan jumlah pesanan berkurang secara signifikan. Ant/I-1

Tampilkan Semua

Huawei Akan Hentikan Produksi Chipset Kirin karena Tekanan AS

Minggu 9/8/2020 | 18:31
A   A   A   Pengaturan Font
 Huawei akan berhenti memproduksi chipset Kirin andalannya bulan depan, karena meningkatnya dampak tekanan Amerika Serikat terhadap raksasa teknologi asal China tersebut. Tekanan AS terhadap Huawei telah membuat...
Selengkapnya

Apple Konfirmasi Penundaan Peluncuran iPhone 12

Sabtu 1/8/2020 | 06:32
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Apple dalam pertemuan dengan para investor mengonfirmasi akan menunda peluncuran iPhone 12 yang biasanya dilakukan setiap September. "Tahun lalu, kami mulai menjual iPhone pada akhir September. Tahun ini, kami perkirakan...
Selengkapnya

Hadapi New Normal, BAKTI Siapkan 2.000 Titik Akses Internet

Kamis 4/6/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Badan Aksesibilitas Teknologi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyiapkan 2.000 titik akses internet di lokasi baru sebagai respons New Normal, dimana hal itu kegiatan bekerja dari rumah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Properti

Ruang Kerja Nyaman saat “Work From Home”

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Skema work from home (WFH) menjadi pola kerja yang banyak dilakukan di tengah wabah Covid-19. Rumah pun mendadak bertambah fungsi sebagai ruang kerja. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, penghuni dapat memanfaatkan berbagai sudut ruang di dalam rumah sebagai ruang kerja. Pindahnya ruang kerja dari kantor ke rumah tidak dipungkiri membawa sejumlah konsekuensi. Para pekerja perlu beradaptasi “di tempat baru” untuk menyelesaikan pekerjaannya yang biasa dilakoni kurang lebih selama delapan jam per hari.

Alhasil, mereka pun membutuhkan ruang kerja yang nyaman untuk menyelesaikan pekerjaannya. Dilansir dari laman Dezeen, ruang kerja di dalam rumah dapat memanfaatkan bagian rumah yang menghadap ke jendela, sehingga saat bekerja, para pekerja dapat memandang lingkungan di luar ruangan. Konsep ruang kerja semacam ini membuat kerja tidak membosankan, menumbuhkan ide baru serta menciptakan suasana yang tidak terpisah dengan lingkungan sekitar.

Dalam konsep tersebut, penghuni dapat meletakkan tempat tidur di belakang meja kerja yang digunakan untuk melepas lelah saat jeda kerja. Di tempat tersebut juga dapat digunakan untuk membaca buku secara lebih santai. Perlu Sentuhan YLAB Arquitectos, studio arsitek di Bercelona, Spanyol, merekomendasikan ruang kerja dapat dibuat dengan meja yang menempel pada lemari dinding. Meja kerja tersebut terlihat disembunyikan di lemari dinding. Saat akan digunakan, meja yang bergabung dengan lemari dibuka serta dilenngkapi dengan kursi kerja.

Sementara itu, IDIN Architects, studio arsitek di Bangkok, ailand, menggunakan meja kerja yang terdapat dalam tempat tinggal sebagai ruang kerja.

Selain leluasa, meja kerja yang terhubung dengan dapur mampu memberikan kedekatan di antara anggota keluarga. Lantaran ruangan yang ditujukan untuk pasangan muda ini dengan bebas dapat melongok aktivitas pasangannya untuk mempererat hubungan pribadi.Widger Architecture, studio desain interior di London, Inggris, menggunakan bagian loteng at untuk ruang kerja.

Ruang tersebut ditutup dengan kayu lapis warna cerah untuk bagian langit-langit dan dinding. Material serupa digunakan untuk membuat meja build in.

Sebagai padanannya, material dekorasi (seperti lampu, bingkai kursi, dan jendela) menggunakan warna hitam. Padanan warna tersebut menjadikan ruang kerja yang terletak di loteng tidak terasa pengap serta menjadikan ruang terasa lebih hidup. Jendela yang menempel pada dinding loteng memberikan salah satu keuntungan.

Karena loteng yang identik sebagai ruang bukan digunakan untuk beraktivitas mampu memberikan kehidupan untuk penghuninya. Alhasil, dengan sedikit sentuhan desain serta memahami makna ruangan, tempat tinggal pun dapat menjadi ruang kerja yang nyaman terutama selama WFH. din/S-2

Tampilkan Semua

Pandemi Covid-19 Bakal Pengaruhi Desain Interior

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 dinilai bakal mampu menelurkan ide baru dan memengaruhi adanya perubahan dalam desain interior, baik untuk hunian maupun perkantoran. Selain itu, adanya pola hidup untuk selalu menjaga kebersihan juga akan menjadi...
Selengkapnya

Desain Pasar Mikro untuk Minimalisir Penyebaran Korona

Selasa 7/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pasar saat ini menjadi lokasi yang patut dihindari seiring dengan merebaknya wabah virus Korona atau Covid-19.  Mengingat pasar merupakan lokasi yang tidak dapat dihindari oleh masyarakat di tengah wabah virus, dipandang perlu...
Selengkapnya

Bangunan untuk “Rumah Sakit Darurat”

Senin 30/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Seiring dengan merebaknya wabah virus Korona atau Covid-19, banyak bangunan yang berubah fungsi menjadi “rumah sakit dadakan”. Perubahan fungsi ini tentu harus memenuhi standar rumah sakit agar modifikasi yang dilakukan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Olahraga

Tanpa Werner, Nagelsmann Tetap Yakin dengan Peluang Leipzig

Kamis 13/8/2020 | 14:50
A   A   A   Pengaturan Font

LISBON - Manajer RB Leipzig, Julian Nagelsmann meyakini peluang timnya di Liga Champions tak berkurang hanya karena mereka kini sudah tak diperkuat penyerang tajam Timo Werner.

Werner sudah hijrah ke London untuk bergabung dengan tim barunya Chelsea, sementara Leipzig baru akan memulai kembali perjuangan di babak perempat final Liga Champions menghadapi Atletico Madrid di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Kamis waktu setempat atau Jumat (14/8) WIB.

“Hal itu sudah berkali-kali dibahas, tetapi Timo sudah tak ada di sini," kata Nagelsmann dalam jumpa pers, Kamis (13/8) dini hari WIB.

"Namun, bukan berarti kami harus tampil dengan 10 pemain. Kami punya banyak pemain di lini tengah dan depan untuk mencetak gol," ujarnya menambahkan.

Bahkan, menurut Nagelsmann kepergian Werner membuka pintu kesempatan bagi pemain-pemain lain yang selama ini sulit tak banyak berpeluang menunjukkan kebolehannya.

“Kami memiliki beberapa pemain yang waktu merumputnya sedikit karena Timo dan mereka berada di bawah bayang-bayangnya kini bisa mengambil alih tanggung jawab yang ada," kata Nagelsmann.

Optimisme Nagelsmann juga didukung oleh kiper utama Leipzig, Peter Gulacsi, yang menilai timnya akan tetap punya ketajaman di lini depan meski kini tak lagi diperkuat Werner yang mencetak 95 gol dalam 159 pertandingan selama empat musim memperkuat Die Roten Bulen.

“Skuat kami memiliki kualitas yang luar biasa. Dengan kepergian Timo Werner, beberapa pemain kini berkesempatan unjuk kemampuan lebih," ujar Gulacsi dilansir laman resmi Leipzig.

"Itulah mengapa saya yakin kami akan tetap bisa menebar ancaman di depan gawang di masa mendatang," kata mantan kiper Liverpool itu melengkapi.

Capaian perempat final Liga Champions menjadi panggung baru bagi Leipzig, klub yang usianya baru satu dekade lebih saja.

Jika berhasil melewati hadangan Atletico, Leipzig sudah ditunggu pemenang perempat final lain antara Atalanta kontra Paris Saint-Germain di babak semifinal. (ion/AFP/S-2)

Tampilkan Semua

Martin Odegaard Bakal Kembali ke Real Madrid

Kamis 13/8/2020 | 14:42
A   A   A   Pengaturan Font
MADRID - Real Sociedad mengonfirmasi bahwa masa pinjam dua tahun Martin Odegaard telah dipotong, dan pemain asal Norwegia itu akan kembali ke Real Madrid. Pemain 21 tahun itu meninggalkan Sociedad setelah hanya merumput di sana selama...
Selengkapnya

Sulit Dapatkan Jadon Sancho, MU Beralih ke Ousmane Dembele

Kamis 13/8/2020 | 14:37
A   A   A   Pengaturan Font
MANCHESTER – Peluang Manchester United (MU) untuk mendatangkan pemain Borussia Dortmund Jadon Sancho dikabarkan semakin sulit. Kini Setan Merah sudah mulai mencari alternatif lain dan mulai mempertimbangkan untuk mendekati pemain...
Selengkapnya

Bebas Bersyarat, Ronaldinho Langsung Gelar Pesta dengan Para Model

Kamis 13/8/2020 | 14:15
A   A   A   Pengaturan Font
ASUNCION - Baru terbebas dari penjara di Paraguay, Ronaldinho kembali terlibat kontroversi setelah ia menggelar sebuah pesta dengan para model. Mantan pemain Barcelona dan AC Milan tersebut sempat mendekam di penjara sejak April bersama...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Perspektif

“Pedoman” yang Berumur Lima Hari

Kamis 13/8/2020 | 13:16
A   A   A   Pengaturan Font
Kita mengapresiasi langkah Jaksa Agung mencabut Pedoman Nomor 7 Tahun 2020 itu. Keputusan pencabutan itu sekaligus dapat menghilangkan kecurigaan publik bahwa Kejaksaan Agung ingin membuat barikade ¬untuk melindungi dirinya.

Hanya berlaku lima hari dan setelah itu dicabut. Demikian nasib surat edaran yang dikeluarkan Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin tentang pemanggilan dan penahanan jaksa. Pada 6 Agustus 2020, Jaksa Agung mengeluarkan Pedoman Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pemberian Izin Jaksa Agung atas Pemanggilan, Pemeriksaan, Penggeledahan, Penangkapan, dan Penahanan terhadap Jaksa yang Diduga Melakukan Tindak Pidana. Kemudian, pedoman tersebut dicabut melalui Keputusan Jaksa Agung Nomor 163 Tahun 2020, tertanggal 11 Agustus 2020.

Pedoman Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pemberian Izin Jaksa Agung atas Pemanggilan, Pemeriksaan, Penggeledahan, Penangkapan dan Penahanan terhadap Jaksa yang Diduga Melakukan Tindak Pidana, mengatur bahwa pemanggilan hingga penahanan jaksa yang diduga melakukan tindak pidana hanya dapat dilakukan atas seizin Jaksa Agung. Pedoman tersebut dibuat dengan tujuan memberi perlindungan kepada jaksa agar dapat melaksanakan tugasnya tanpa gangguan atau dari hal yang belum diuji kebenarannya, seperti pertanggungjawaban pidana serta perdata.

Di dalam pedoman tersebut turut diatur tata cara memperoleh izin Jaksa Agung. Instansi yang ingin melakukan pemanggilan hingga penahanan harus mengajukan permohonan yang dilengkapi dengan sejumlah dokumen persyaratan. Asisten Umum Jaksa Agung, Asisten Khusus Jaksa Agung, atau pejabat lainnya yang ditunjuk Jaksa Agung akan memeriksa permohonan tersebut. Pejabat yang ditunjuk juga dapat berkoordinasi dengan Jaksa Agung Muda untuk memperoleh informasi tentang jaksa yang akan dipanggil atau ditahan.

Jaksa Agung Muda bahkan dapat melakukan ekspose untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait jaksa tersebut. Pejabat yang ditunjuk kemudian memberi rekomendasi kepada Jaksa Agung untuk menolak permohonan izin apabila tidak lengkap, tidak sesuai, atau tidak memiliki urgensi. Persetujuan atau penolakan permohonan izin Jaksa Agung disampaikan kepada instansi pemohon maksimal dua hari sejak diterbitkan.

Namun, izin Jaksa Agung itu tidak diperlukan untuk jaksa yang tertangkap tangan melakukan tindak pidana. Untuk jaksa yang tertangkap tangan, kepala satuan kerja diinstruksikan mengambil langkah dan memberi pendampingan hukum terhadap jaksa tersebut.

Kita mengapresiasi langkah Jaksa Agung mencabut Pedoman Nomor 7 Tahun 2020 itu.

Keputusan pencabutan Pedoman Nomor 7 Tahun 2020 itu sekaligus dapat menghilangkan kecurigaan publik bahwa Kejaksaan Agung ingin membuat barikade untuk melindungi dirinya.

Pencabutan pedoman itu selaras dengan semangat pemberantasan korupsi serta menunjukkan sikap responsif Kejagung setelah pedoman tersebut mendapat kritik dari masyarakat.

Banyak yang keliru dalam pedoman yang dikeluarkan Jaksa Agung itu. Hukum acara pidana berlaku bagi setiap aparat penegak hukum yang melanggar hukum. Siapa pun penegak hukum, polisi, jaksa, hakim atau advokat, jika berhadapan dengan hukum atau karena melanggar hukum, maka hukum acara pidana (UU) berlaku memaksa. Tidak bisa dikalahkan oleh aturan internal atau aturan komunitas.

KUHAP menyatakan bahwa penyidik “dengan paksa” atas nama hukum (UU) dapat memanggil, menangkap dan menahan penegak hukum, polisi, jaksa, hakim atau advokat. Penyidik tetap dapat memanggil secara paksa apabila jaksa yang melakukan pidana mangkir. Hal tersebut selaras dengan UUD 1945 ­yang menyebutkan bahwa setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum. Asas equality before the law.

Pedoman yang dibuat Jaksa Agung itu juga berpotensi menjadi alat impunitas bagi anggota kejaksaan dan berpotensi juga menghalangi proses penyidikan yang melibatkan oknum jaksa. Apalagi pedoman tersebut mengikat institusi lain yang menangani dugaan tindak pidana yang dilakukan jaksa. Walaupun Pedoman Nomor 7 Tahun 2020 itu merupakan aturan internal kejaksaan, namun sering kali dijadikan alasan untuk menolak pemeriksaan yang dilakukan penyidik di KPK, ­kepolisian, atau Penyidik PNS lain.

Tampilkan Semua

Cinta Buatan Indonesia Jangan Terpaksa

Rabu 12/8/2020 | 13:35
A   A   A   Pengaturan Font
"Cinta Buatan Indonesia” jangan hanya menjadi slogan, jangan hangat-hangat tai ayam. Entah sudah berapa kali pencanangan cinta buatan Indonesia dilakukan. Rasanya hampir semua Kepala Negara di masa pemerintahannya selalu mencanangkan...
Selengkapnya

Protokol Kesehatan Penumpang Pesawat

Senin 10/8/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dunia penerbangan mulai beranjak ramai. Setelah selama tiga bulan lebih mati suri karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kini beberapa bandara mulai sibuk. Masyarakat sudah berani bepergian, baik untuk urusan bisnis, urusan...
Selengkapnya

Iklim Investasi

Sabtu 8/8/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Negara lain lebih cepat memperbaiki diri. Ini yang membuat meski skor Indonesia naik, tetapi peringkatnya stagnan bahkan cenderung turun. Pandemi Covid-19 telah menyebabkan perekonomian negara-negara di dunia ambruk dan terpuruk, termasuk...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita perspektif lainnya
Rona

Platform Digital Berdayakan Pedagang Eceran

Kamis 13/8/2020 | 20:17
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA– Selama pandemi Covid 19, pedagang grosir dan eceran yang bergerak dalam fast moving consumer goods (FMCG) salah satu yang terdampak dari kebijakan pembatasan fisik.

Kondisi ini perlu diatasi karena produk-produk FMCG termasuk di dalamnya kebutuhan bahan pokok sangat dibutuhkan masyarakat. Selain itu, aktivitas para pedagang tradisional berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi.

Berdasarkan data Euromonitor International 2018, mayoritas masyarakat Indonesia, India, dan Filipina berbelanja di toko kelontong. Dari nilai pasar ritel senilai 7,5 juta triliun rupiah, sebanyak 6,85 juta triliun atau sekitar 92 persen merupakan transaksi di toko kelontong.

Sementara itu, Researcher at Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Ahmad Heri Firdaus mengungkapkan, “Para pedagang tradisional harus bisa mengambil peluang-peluang di tengah pandemi agar tetap eksis,” ujar dia dalam webinar Rabu (13/8).

Maka, mereka perlu teknologi dan digitalisasi. Sekarang transaksi online tidak dapat dihindari. Cepat atau lambat digitalisasi bisnis pasti terjadi.

Saat ini B2B e-commerce maupun marketplace menjadi penting dalam membantu pedagang tradisional memanfaatkan teknologi. Digitalisasi dapat juga mengatasi masalah rantai suplai sehingga kendala usaha ritel konvensional dapat lebih  mudah teratasi.

Salah satu platform digital terbaru yang dapat dimanfaatkan pedagang grosir dan eceran adalah GudangAda. Platform dalam bentuk aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang dapat mendukung para pedagang tradisional FMCG untuk dapat bersaing di era digitalisasi.

“Kami memiliki visi misi mendukung dan memberdayakan para pedagang tradisional FMCG agar dapat bertahan di masa pandemi dengan menyediakan solusi bisnis berbasis teknologi. Prinsipnya, faster, cheaper, smarter, dan bigger,” tambah Founder GudangAda, Steven Sang.

GudangAda menghadirkan aplikasi berbasis digital, dengan mengombinasikan penggunaan human touch dalam melakukan edukasi dan pendampingan di awal pengenalan agar pedagang tradisional FMCG dapat terbantu.

“Untuk menjalankan fungsi tersebut, kami memiliki lebih dari 600 orang di tim Business Development kami yang tersebar di 500 kota lebih di Indonesia yang siap mengedukasi para pedagang. Hingga saat ini, jumlah member GudangAda 150.000,” ungkap Sr VP Marketing & Commercial of GudangAda, Imelda Scherers. Hay/G-1

 

 

Tampilkan Semua

Masker Termahal Bertahtakan 3.600 Berlian

Kamis 13/8/2020 | 14:22
A   A   A   Pengaturan Font
Ahli perhiasan Israel membuat masker virus korona paling mahal sedunia seharga 1,5 juta dollar AS (sekitar 225 miliar rupiah) untuk klien anonim asal Amerika Serikat. Masker ini terbuat dari emas 18 karat dan bertatahkan 3.600 berlian...
Selengkapnya

Drama Musikal Putri Diana Tampil di Broadway

Kamis 13/8/2020 | 14:10
A   A   A   Pengaturan Font
Pentas musikal baru tentang mendiang Putri Diana dari kerajaan Inggris akan direkam tanpa penonton. Kemudian itu alam ditayang di Netflix awal 2021 sebelum debut di panggung Broadway.  Ini langkah tak biasa pentas Diana dilakukan...
Selengkapnya

Tinggal di Rumah, Bernilai Lebih Tinggi dari Bantuannya

Kamis 13/8/2020 | 13:54
A   A   A   Pengaturan Font
Salah satu pendiri band rock X Japan, Yoshiki Hayashi, yang terkenal dengan sebutan Yoshiki, telah memberi dunia lebih dari sekadar musik. Kontribusi kedermawanannya cukup menonjol. Yoshiki mendirikan “Yoshiki Foundation...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Enam Puskesmas di Bogor Ditutup, Karena Pegawainya Covid

Kamis 13/8/2020 | 22:54
A   A   A   Pengaturan Font

BOGOR - Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Kesehatan menutup sementara selama tiga hari operasional enam puskesmas di daerah itu karena pegawainya ada yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Enam puskesmas itu ditutup sementara selama tiga hari, pada 12-14 Agustus 2020, karena pegawainya ada yang terkonfirmasi positif COVID-19. Selama ditutup dilakukan penyemprotan disinfetan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno, di Kota Bogor, Kamis (13/8).

Antara melansir, sebanyak enam puskesmas yang tutup sementara, Puskesmas Gang Aut Kecamatan Bogor Tengah, Puskesmas Cipaku Kecamatan Bogor Selatan, Puskesmas Bogor Utara dan Puskesmas Mekarwangi Kecamatan Tanah Sareal, serta Puskesmas Sindangbarang dan Puskesmas Semplak Kecamatan Bogor Barat.

Selama ditutup, kata dia, gedung puskesmas dilakukan penyemprotan disinfektan sedangkan pegawai lainnya yang menjadi kontak erat menjalani tes usap.

Sebanyak tiga puskesmas lainnya ditutup selama tiga hari sebagian pelayanannya. Ketiga puskesmas itu Puskesmas Pulo Armin Kecamatan Bogor Timur ditutup sementara pelayanan klinik ibu dan anak serta persalinan, Puskesmas Merdeka Kecamatan Bogor Tengah ditutup sementara pelayanan Laboratorium, sedangkan Puskesmas Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal tetap beroperasi seperti biasa.

Sri Nowo Retno menjelaskan penutupan enam puskesmas tersebut menyusul ditemukan 30 pegawai di delapan puskesmas yang terkonfirmasi positif COVID-19 dari kegiatan "active case finding" atau pencarian aktif kasus COVID-19.

Sebanyak 30 pegawai yang terkonformasi positif COVID-19 adalah tenaga kesehatan, yakni dokter, bidan, dan perawat, tenaga administrasi, serta tenaga pendukung.

Ia menjelaskan penelusuran dan pendalaman kontak erat pada 11 Agustus 2020 dan kajian ulang pada 12 Agustus, dengan mempertimbangkan jumlah dan jenis tenaga yang positif, jumlah dan jenis tenaga yang menjadi kontak erat, serta penilaian kemampuan puskesmas, maka diputuskan enam puskesmas ditutup sementara operasionalnya selama tiga hari.

Ia mengatakan empat puskesmas tersebut akan dibuka kembali pada Sabtu (15/8), tetapi pelayanannya masih dibatasi hanya untuk kunjungan pasien rawat jalan, gawat darurat, dan rujukan BPJS.

Selama dilakukan penutupan sementara, kata dia, maka pasien untuk pelayanan emergensi dan rujukan BPJS dari puskesmas yang ditutup dialihkan ke puskesmas terdekat.

Dari Puskesmas Mekareangi dialihkan ke Puskesmas Kedungbadak, dari Puskesmas Cipaku dialihkan ke Puskesmas Bogor Selatan, dari Puskesmas Gang Aut dialihkan ke Puskesmas Belong, dari Puskesmas Bogor Utara ke Puskesmas Tegal Gundil, dari Puskesmas Sindangbarang ke Puskesmas Pasir Mulya, serta dari Puskesmas Semplak ke Puskesmas Gang Kelor. ant/P-5

Tampilkan Semua

Bupati Bogor Ade Yasin Resmikan Jembatan Gerendong

Kamis 13/8/2020 | 22:53
A   A   A   Pengaturan Font
Bogor  - Bupati Bogor Ade Yasin meresmikan Jembatan Gerendong, penghubung Kecamatan Ciseeng dan Rumpin Kabupaten Bogor Jawa Barat, Kamis (13/8). "Jembatan lama panjangnya 60 meter dan lebar 5 meter. Karena sudah ada jembatan baru,...
Selengkapnya

Jakarta Hujan, Genangan Terjadi di Beberapa Lokasi

Kamis 13/8/2020 | 22:29
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Imbas dari hujan deras yang terjadi pada Kamis sore pada 13 Agustus 2020, terdapat sejumlah genangan air pada beberapa titik di Jakarta. "Karena curah hujan yang tinggi Kamis tadi, ada tiga RT di dua kelurahan, serta enam...
Selengkapnya

Warga Komplek DKI Pondok Kelapa Sedekah Wifi untuk Siswa

Kamis 13/8/2020 | 17:46
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA -  Warga Kompleks DKI Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur, bersedekah WiFi bagi kalangan siswa tidak mampu di lingkungan setempat untuk kegiatan belajar mengajar selama Covid-9. “Kami bantu dan bersedekah WiFi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
The Alun-Alun

Droog Moto 3 Sepeda Motor Menakjubkan

Jumat 14/8/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

 Droog Moto 3 adalah motor fantastis yang mengambil pengaruh dari masa depan apokaliptik. Droog Moto pertama kali didirikan oleh suami dan istri Max dan Erica Droog, dan dengan cepat mendapatkan perhatian, karena estetika yang kasar. Banyak pabrikan sepeda motor menampilkan desain minimalis dan dystopian. Moto 3 tidak terkecuali dalam aturan ini, karena penampilannya yang sangar, namun halus, menghasilkan keseimbangan yang mengesankan antara kinerja dan estetika.

 

Moto 3 kali ini merombak Yamaha FZ-09, dengan sejumlah upgrade dan desain ulang, motor ini hampir tidak terlihat seperti kerangka aslinya. Tangki bahan bakar menampilkan gaya yang usang, dan menawarkan ergonomi yang luar biasa, untuk sebagian besar posisi berkendara. Knalpot dudukan tinggi, khusus untuk memberikan tampilan agresif serta suara yang keras.

 

Pelat tracker adalah fokus utama motor ini, karena pelat yang dibuat khusus tampaknya telah selesai dari toko logam dystopian, dilengkapi lampu LED enam pod yang cerah. Instrumen ditempatkan dalam sebuah kluster pengaman.


Sepeda motor ini agresif, cepat, keras, dan sangat menyenangkan untuk dikendarai. Peningkatan yang dilakukan, termasuk pegas garpu depan baru, lift suspensi 2 inci, plat tracker khusus, fender, subframe khusus dan dudukan tangki khusus. Ban menggunakan TKC80 untuk melintas di medan apa pun.

 

Subframe khusus dan dudukan kursi juga dibuat sebelum ditutup dengan sadel kulit hitam. Panel samping khusus mengisi ruang, antara bagian bawah jok dan subframe, yang dipesan lebih dahulu, dan sepotong fender depan yang dipasang khusus, berada di bawah pelat nomor yang dibuat khusus, buatan tangan.

 

Penutup radiator dipesan lebih dahulu, dan setang khusus dirancang, dan dibangun di rumah oleh Droog, sebelum dibungkus dengan satu set pegangan Biltwell.

 

Didirikan pada tahun 2016, oleh suami dan istri Max dan Erica Droog, toko yang berbasis di Arizona adalah tujuan utama para pecinta Moto 3. Karya Droog telah ditampilkan di situs-situs besar seperti Silodrome, Motor1, BikeExif, dan HiConsumption, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, karya Droog telah menghiasi segudang acara motor yang terkenal. ars

Tampilkan Semua

Brand Otomotif yang Malah Naik di Masa Pandemi

Jumat 14/8/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Merebaknya pandemi Covid-19 membuat pabrikan motor di berbagai belahan dunia menutup fasilitas produksinya. Di saat yang sama, permintaan terhadap otomotif anjlok tajam seiring melemahnya daya beli masyarakat. Namun demikian tetap ada...
Selengkapnya

Motor Konsep Streetfighter Lancelot Powerfull

Jumat 14/8/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Masih dimasa pandemic virus corona, ternyata banyak orang yang terus mencari kegiatan yang menyenangkan. Salah satunya adalah mengedarai motor yang memiliki mesin canggih. Laman Trendhunter.com mengungkapkan bagaimana sebuah pabrikan...
Selengkapnya

Platform Digital Berdayakan Pedagang Eceran

Kamis 13/8/2020 | 20:17
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA– Selama pandemi Covid 19, pedagang grosir dan eceran yang bergerak dalam fast moving consumer goods (FMCG) salah satu yang terdampak dari kebijakan pembatasan fisik. Kondisi ini perlu diatasi karena produk-produk FMCG...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita the alun-alun lainnya
Kupas

Sistem Pendidikan Harus Terus Tanamkan Norma Sosial dalam Bertingkah Laku

Rabu 12/8/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 telah mengubah gaya hidup warga dunia, termasuk Indonesia. Peringatan WHO yang mengatakan ahwa virus itu bisa menyebar lewat udara, mengharuskan kita beraktivitas dengan kebiasaan baru.

 

Pertemuan tatap muka di­kurangi, diganti pertemuan virtual dengan bantuan teknologi. Tapi belum se­lesai menghadapi pandemi ini, kita juga dihadapkan dengan masalah baru yakni kejahatan siber.

Untuk mengupas masalah ini, Koran Jakarta telah merangkum jawaban dari Guru Besar Krimi­nologi ,FISIP, Universitas Indonesia, Mustofa. Pernyataan Mustofa itu dis­ampaikan dalam webinar bertema Kejahatan Siber di Masa Covid-19 dan Penanganannya yang digelar Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia, Senin (10/8).

Bagaimana Anda melihat keja­hatan siber yang terjadi pada saat pandemi Covid-19?

Saya akan menjelaskan ini secara makro sosiologis. Pertama kali, yang perlu kita pahami adalah ini men­gacu kepada banyak sosiologi posi­tivisme, yang mengatakan bahwa perubahan sosial yang cepat akan berdampak pada banyaknya ang­gota masyarakat yang kebingungan dalam memilih di dalam mencari acuan norma bertingkah laku. Dan dia (Durkheim-Sosiologis) menye­butnya sebagai keadaan anomie.

Tema ini (Kejahatan Siber dan Covid-19) adalah dua hal yang berhubungan dengan perubahan sosial. Pertama, perkembangan teknologi siber telah berdampak dalam perubahan sosial yang besar, khususnya dalam cara orang ber­interaksi sosial.

Dan pandemi Covid-19, juga ber­dampak berdampak pada peruba­han sosial yang besar dan dalam cara orang berinteraksi sosial. Dua keadaan yang sedang kita hadapi sekarang ini, saya sebut sebagai anomie berganda. Jadi tingkat keseriusannya berlipat ganda.

Bantuan teknologi juga dapat menjadi permasalah di dalam masa pandemik Covid-19?

Perkembangan teknologi siber, kalau kita lihat terlebih dahulu, telah menyebabkan manusia bisa bekerja secara efisien, tanpa dihalan­gi oleh waktu dan tempat.

Namun, seiring dengan penerapan teknologi siber dalam setiap dimensi kehidupan manu­sia, ternyata diikuti juga dengan penyalahgunaan teknologi siber untuk tujuan kejahatan, dan ini adalah musibah. Pandemi Covid-19 lebih besar musibahnya, ada juga berkahnya, tapi sedikit. Dan bila cyber crime terjadi bersa­maan dengan pan­demi Covid-19, ini adalah musibah ber­ganda.

Bagaima­na jalan keluarnya?

Cara mengatasi masalah cyber crime dalam era pandemi Covid-19 harus disesuai­kan dengan akar masalahnya. Pertama, tidak kalah pentingnya dan harus diingat, menjadi kegiatan yang rutin bukan proyek, melaku­kan literasi nilai norma sosial secara komperhensif, baik yang bersifat luring maupun daring.

Karena perubahan sosial yang tidak berhubungan dengan cyber crime, itu menyebabkan anomie ketika orang kemudian membuat orang kehilangan norma bertingkah laku. Ini harus disadari, masyarakat akan selalu berubah, sistem pendidikan harus secara sadar menanamkan nilai norma sosial dalam bertingkah laku.

Agen-agen pengendalian sosial yang penting, yang pertama adalah orang tua. Tapi banyak orang yang tidak punya kapasitas untuk men­jadi agen pengendalian sosial. Ke­mudian sekolah, guru juga banyak yang tidak mempunyai kapasitas dan kompetensi.

Sehingga, negara harus secara aktif proaktif memberdayakan, me­nyosialisasikan literasi norma sosial baik dilakukan secara di luar jar­ingan maupun di dalam jaringan, melalui berbagai macam. Program di tv daripada menonton sinetron rebutan waris, pembunuhan, pertempuran, lebih baik membuat sinetron bagaimana berinteraksi sosial seusai dengan norma sosial ketika secara luring maupun daring. Dan ini harus dilakukan.

Kedua, literasi manfaat dan bahaya teknologi siber secara komperhensif dan terus menerus. Ketiga, melakukan fasilitasi kepada warga masyarakat untuk dapat mengakses teknologinya siber dalam masa pandemi Covid-19. Keempat, perlu mengintensifkan cyber patrol. Kelima, hanya kalau terpaksa saja, baru dilakukan penegakan hukum dalam rangka penghukuman. n yolanda permata putri syahtanjung/P-4

Tampilkan Semua

Sinergi dan Kolaborasi “Triple Helix” Kunci Kesuksesan Inovasi

Selasa 11/8/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Kita tidak boleh bergantung pada sumber daya alam sebagai basis ekonomi. Dengan target empat besar negara dengan ekonomi tertinggi pada 2045, Indonesia mesti berbenah.   Pola ekonomi yang semula berbasis sumber daya alam atau...
Selengkapnya

“Kita Berharap Korporasi Jauh dari Budaya Kriminal”

Jumat 7/8/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Penetapan tersangka tindak pidana korupsi hingga tindak pidana pencucian uang (TPPU) sering kali hanya dibebankan kepada orang-perorangan.   Padahal, kasus aliran uang panas itu, terjadi memba­wa nama perusahaan yang tentunya...
Selengkapnya

Masalah Utamanya Arogansi Birokrasi dan Tumpang Tindih Aturan di Daerah

Rabu 5/8/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah terus mendorong masuknya investasi baru. Dengan adanya investasi baru diharapkan dapat membuka lapangan kerja baru.   Pasalnya, saat ini ada sekitar tujuh juta orang (eksisting) yang tengah mencari kerja. Badan Koordinasi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Budi Gunadi Sadikin, Ketua Tim Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Jaga Pertumbuhan Ekonomi dengan Dorong UMKM

Sabtu 8/8/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tugas berat kini dipikul oleh Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin. Mantan Direktur PT. Inalum itu diberi mandat oleh Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Tim Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (Satgas PEN) yang ditugaskan untuk memastikan pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Lantas langkah-langkah dan program apa saja yang akan dilakukan Budi Gunadi Sadikin terkait dengan pemulihan ekonomi Indonesia saat ini, menjaga agar pertumbuhan ekonomi kuartal III tidak negatif, dan tersedianya lapangan kerja di tengah pandemi korona. Berikut kutipan wawancara wartawan Koran Jakarta, Fredrikus W Sabini, dengan Budi Gunadi Sadikin, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baru-baru ini Kementerian BUMN menjalin kerja sama dengan organisasi internasional yang juga menjadi anggota World Bank Group, International Finance Corporation (IFC). Apa tujuannya?

Itu demi meningkatkan Tata Kelola Perusahaan yang Baik atau Good Corporate Governance (GCG) dalam peranan Direksi dan Dewan Komisaris BUMN. Kerja sama ini ditandai dengan prosesi penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) pada 13 Juli lalu. Diharapkan mampu memperbaiki kualitas penerapan GCG pada BUMN, utamanya terkait peningkatan peran dan profesionalitas Direksi dan Dewan Komisaris BUMN.

Dengan semakin membaiknya GCG tersebut, kami yakin ke depan akan berpengaruh positif bagi BUMN dalam hal mendorong efisiensi dan efektivitas operasional serta transparansi dan akuntabilitas pengelolaan BUMN, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kinerja dan daya saing BUMN itu sendiri.

Anda ditunjuk menjadi Ketua Satgas PEN. Apa tugas khusus yang dimandatkan Presiden untuk Anda?

Pesan khusus dari Presiden supaya Satgas ini bisa menjaga pertumbuhan ekonomi, terutama kuartal III sampai akhir bulan September 2020. Tentu instruksi itu penting dijaga demi pertumbuhan tidak negatif.

Presiden juga memberikan pesan agar kita bisa menjaga lapangan kerja bagi rakyat Indonesia dan juga menjaga agar level income-nya bisa dipertahankan di level yang cukup untuk kehidupan sehari-hari.

Kita akan menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi ini dengan kita menjaga tingkat ketersediaan lapangan kerja, kita juga menjaga kemampuan belanja dari seluruh rakyat.

Perlu diketahui bahwa krisis ekonomi yang terjadi saat ini berbeda dengan sebelumnya tahun 1998, 2008, dan 2013. Penyebabnya ialah krisis-krisis ekonomi tersebut disebabkan oleh krisis keuangan, sedangkan kali ini krisis ekonominya disebabkan krisis kesehatan, sehingga semua program-program ekonomi kami harus mendukung dan men-support kegiatan atau program-program kesehatan.

Program kesehatan diperlukan supaya masyarakat itu kembali menjadi memiliki rasa aman. Dengan masyarakat memiliki rasa aman maka akan kembali ke luar, kontak fisik akan terjadi, dan aktivitas ekonomi akan berputar kembali. Hanya masalah saat ini ialah masyarakat tidak berani keluar karena ada krisis kesehatan, kontak fisik tidak terjadi sehingga kegiatan ekonomi juga berkurang drastis.

Kontak-kontak fisik yang diganti dengan kontak digital atau kontak virtual, belum bisa sama level aktivitas ekonominya seperti kontak fisik biasa.

Dampaknya, semakin lama rasa aman ini terbangun kembali, akan kian banyak ruang fiskal yang harus dipakai untuk menjembatani karena aktivitas ekonomi belum kembali.

Kalau kita bisa lebih cepat membangun rasa aman di masyarakat, kita bisa lebih cepat mengajari masyarakat dengan perubahan perilaku yang baik, dengan protokol kesehatan yang lebih disiplin, rasa aman ini akan kembali, orang akan berani keluar melakukan kontak fisik dan kegiatan ekonomi berputar sehingga ruang fiskal pemerintah akan kembali ke level normal.

Satgas ekonomi dinamakan satgas pemulihan dan transformasi ekonomi maksudnya fokus ke bidang pemulihan ekonomi yang sifatnya cepat dan jangka pendek, dan juga harus fokus ke program transformasi ekonomi yang sifatnya fundamental dan jangka panjang.

Dalam masa pemulihan rasa aman, insentif ekonomi atau stimulus fiskal diperlukan agar rakyat tetap merasakan pertumbuhan walaupun berkurang aktivitas kerjanya tetap mendapatkan income-nya cukup.

Ada banyak program yang sudah dibuat dan melihat bahwa kuartal III penting, sehingga akan fokus ke beberapa program secara spesifik tugasnya adalah mencoba menahan menjaga pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja di rakyat.

Dua program utama yang akan kami konsentrasikan dalam dua sampai empat minggu ke depan adalah program bantuan UMKM produktif. Bantuan ini dalam bentuk grant dalam bentuk bantuan, bukan dalam bentuk pinjaman.

Rencananya, akan diberikan sebesar 2,4 juta rupiah per orang dan diharapkan bisa digunakan bukan hanya untuk kehidupan sehari-hari, tapi juga digunakan oleh para UMKM untuk mulai berusaha.

Arahan Presiden diusahakan, cepat mulai, dan secara bertahap bisa dinaikkan 10 hingga 12 juta UMKM yang bisa mendapatkan bantuan usaha ini. Ini akan langsung kita berikan secara bertahap ke mulainya dari satu juta yang sudah kita identifikasi, nanti akan naik secara bertahap ke 12 juta UMKM.

Apa program berikutnya?

Program kedua ialah menyalurkan kredit usaha berbunga rendah ke UMKM. Ini grant sifatnya, tapi kredit pinjaman menggunakan mekanisme yang sudah ada dan ditargetkan ke pengusaha-pengusaha yang diutamakan adalah terkena PHK dan memiliki usaha rumah tangga.

Rencana kami adalah program kredit berbunga rendah UMKM ini akan kami integrasikan dengan program bantuan UMKM yang tadi, sehingga kita akan berikan dulu program UMKM-nya untuk mereka yang baru di-PHK atau memang baru memulai usaha.

Kalau memang usahanya sudah mulai jalan, akan ditambahkan dengan fasilitas kredit berbunga rendah UMKM agar mereka mulai bisa menggulirkan usahanya. Kredit ini diharapkan besarnya adalah dua juta rupiah untuk masing-masing keluarga dan bisa ditambahkan sesuai dengan kebutuhannya modal kerja.

Kita harapkan dua program yang fokus ke UMKM ini baik dalam bentuk bantuan maupun dalam bentuk kredit berbunga rendah, ini bisa mencapai dua perintah Bapak Presiden tadi.

Jadi, bantuan ini bisa menjaga pendapatan masyarakat baik yang kehilangan pekerjaan atau tinggal di rumah tangga. Bantuan ini bisa digunakan untuk awal modal kerja berusaha yang produktif dan nanti akan ditambah dengan kredit berbunga rendah untuk yang mulai berusaha.

Dua program itu yang akan kami dorong. Kami pun akan monitor ketat pelaksanaannya dalam dua sampai empat minggu ke depan dan mudah-mudahan angkanya bisa segera kita lihat.

Saya diberi tugas untuk mengidentifikasi sektor mana yang paling terkena dampak dari pandemi Covid-19 ini. Tim yang saya pimpin nantinya akan berdiskusi dengan instansi dan pengusaha untuk mencari jalan keluar dari permasalahan ini. Kemudian, kita akan susun program-program prioritas dengan tajam untuk menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Program yang selama ini berjalan, seperti bantuan sosial untuk warga yang terdampak, masih akan berlanjut. Kita akan terus menggali ide

bagaimana kita bisa meningkatkan pendapatan negara supaya kita bisa mendukung pembiayaan masif yang kita lakukan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia yang merupakan arahan presiden.

Apa ada hal lainnya?

Selain fokus pada pemulihan ekonomi jangka pendek, dalam menghadapi pandemi Covid-19, pihaknya juga fokus pada program transformasi ekonomi yang sifatnya fundamental dan jangka panjang.

Kami juga diingatkan oleh Pak Airlangga (Ketua Komite Kebijakan) dan Pak Erick Thohir (Ketua Pelaksana Komite) agar memastikan program-program kita di mana kita akan spending ratusan triliun di sini selain dimanfaatkan untuk pemulihan ekonomi, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk transformasi ekonomi yang sifatnya fundamental untuk masa yang akan datang.

Bagaimana tanggapan Anda dengan Satgas PEN terkait diperpanjangnya pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Apa ini tak berdampak ke fiskal?

Ruang fiskal negara saat ini berpotensi tidak mampu lagi menopang perekonomian apabila kegiatan ekonomi masyarakat tidak segera dibuka.

Untuk itu, pembukaan kegiatan ekonomi harus dilakukan secara bertahap dan menggunakan prinsip “gas dan rem” sesuai dengan kondisi penyebaran virus korona atau Covid-19 di setiap wilayah. Kalau terus-menerus lockdown, enggak akan tahan ruang fiskal kita. Perlu kita sama-sama membangkitkan rasa aman dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan.

Apabila rasa aman semakin lama terbangun, maka akan semakin banyak ruang fiskal yang harus dipakai untuk menjembatani aktivitas ekonomi yang belum kembali.

Sebaliknya, jika bisa lebih cepat membangun rasa aman di masyarakat dengan mengajari masyarakat akan perubahan perilaku yang baik, dengan protokol kesehatannya lebih disiplin, maka rasa aman akan cepat kembali, dan orang akan berani keluar melakukan kontak fisik dan kegiatan ekonomi berputar, sehingga ruang fiskal pemerintah akan kembali ke level normal. Itu sebabnya memang kami harus benar-benar bekerja bersama-sama dengan sektor kesehatan, dengan Pak Doni (Ketua Satgas Penanganan Covid-19).

Pemerintah menganggarkan 695,2 triliun rupiah untuk menangani masalah kesehatan sekaligus memulihkan ekonomi hingga akhir tahun ini. Saat ini, ruang fiskal masih sangat lebar.

Kami juga minta pelaku usaha segera memanfaatkan berbagai insentif fiskal seperti PPh Pasal 21 ditanggung pemerintah (DTP), PPh final UMKM DTP, pembebasan PPh Pasal 22 impor, diskon angsuran PPh Pasal 25, dan restitusi pajak PPN dipercepat.

Kami masih punya room yang cukup banyak untuk bisa memberikan stimulus fiskal, untuk mengganjal perlambatan ekonomi. Arah kebijakan fiskal 2021 tetap akan memuat agenda pemulihan perekonomian dari tekanan pandemi.

Pemerintah juga masih berupaya mencari vaksin virus korona. Diharapkan vaksin bisa ditemukan tahun ini sehingga program vaksinasi bisa langsung terlaksana tahun depan, dan ekonomi bisa pulih sepenuhnya. Kami sudah mempersiapkan, sudah mengajukan, dan kami sudah anggarkan ruang fiskal yang cukup untuk bisa mengganjal aktivitas ekonomi di tahun depan.

Bagaimana dengan bantuan sektor UMKM?

Tentunya dalam mengeluarkan stimulus ekomomi selama pandemi ini, pemerintah memprioritaskan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Namun, bukan berarti tidak memperhatikan pengusaha besar.

Tabungan pengusaha UMKM tidak sebanyak pengusaha besar. Selain itu, jumlah UMKM di Indonesia sangat banyak meski skala usahanya tidak besar, sehingga secara agregat kontribusi ke ekonomi juga besar.

Presiden mengarahkan Satgas PEN untuk memprioritaskan UMKM. Apalagi, UMKM menyerap tenaga kerja yang sangat banyak, sehingga itu juga menjadi prioritas kita. Kita berikan perhatian ke pengusaha Indonesia tapi fokus ke UMKM.

Pemerintah bakal menerapkan dua program bantuan bagi UMKM agar bisa bertahan di tengah pandemi covid-19. Bantuan pertama yaitu uang tunai sebesar 2,4 juta rupiah per orang dan bukan bersifat pinjaman. Program selanjutnya yaitu menyalurkan kredit usaha berbunga rendah bagi UMKM. Bantuan ini bersifat pinjaman.

Bagaiamana Anda melihat ekonomi ke depannya?

Perekonomian nasional masih berpotensi tumbuh positif pada periode Juli hingga September 2020. Pertumbuhan ekonomi kita tahu pertumbuhan ini di seluruh negara susah. Tapi, chance untuk memperoleh pertumbuhan yang tidak negatif di kuartal III masih ada.

Diharapkan dapat merealisasikan pertumbuhan yang positif, perlu adanya upaya bersama untuk memunculkan kepercayaan dari pelaku aktivitas ekonomi, di tengah bayang-bayang pandemi Covid-19. Hal tersebut dapat dilakukan dengan terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam operasional berbagai aktivitas ekonomi. Itu akan dibantu oleh kami, percepatan disbursement anggaran fiskal yang sudah diberikan dan cukup besar.

Melalui operasional aktivitas ekonomi dengan protokol kesehatan yang ketat dan percepatan realisasi stimulus oleh pemerintah, diharapkan pertumbuhan ekonomi kuartal III tahun ini tidak berada di level negatif. Harapan kesempatan chance mendapat pertumbuhan yang flat atau nol itu masih ada.

S-1

Tampilkan Semua

Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Muhammad Yusuf Ateh, Ak, MBA, CSFA: ”Saya Ingatkan, PEN Banyak Lubang”

Sabtu 1/8/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan dunia membuat pemerintah mengucurkan dana 695 triliun rupiah guna mencegah terus meluasnya penyebaran. Di sisi lain, kementerian keuangan juga mengatakan, belanja pemerintah pada semester II-2020...
Selengkapnya

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Prof Drh Wiku Bakti Bawono Adisasmito, MSc, PhD : Tenaga Kesehatan Harus Kita Lindungi

Sabtu 25/7/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Penanganan wabah Covid-19 di Indonesia memasuki babak baru. Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2020 tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) dan...
Selengkapnya

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E, M.M : Menegakkan Kedaulatan NKRI di Laut

Sabtu 18/7/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Adanya pelanggaran hukum yang terjadi di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia oleh negara lain dan krisis di laut Natuna Utara yang semakin mengarah pada konflik terbuka antara Tiongkok dan Amerika Serikat mengharuskan untuk meningkatkan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta