Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | February 22 2020
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Moratorium Pembayaran Bunga Obligasi Rekap Perkuat Ekonomi RI

Sabtu 22/2/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
>> IMF mesti bertanggung jawab atas formula obligasi rekapitalisasi perbankan eks BLBI. >> Anggaran negara yang defisit sekarang ini karena habis untuk konsumsi...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Pameran Produk

Sabtu 22/2/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Penyerahan Data CSV

Sabtu 22/2/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Pengawasan Laut Natuna

Sabtu 22/2/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Impor Bahan Baku Amoksisilin 1.200 Ton

Sabtu 22/2/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Industri farmasi nasional masih mengimpor bahan baku Amoksisilin 1.200 ton per tahun. Untuk itu, pemerintah segera membangun pabrik Amoksisilin pertama. Demikian ditegaskan Deputi Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Panwas Pilkada Soppeng Dilindungi Asuransi

Jumat 7/2/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font

MAKASSAR - Panitia pengawas (Panwas) pemilihan ke­pala daerah (Pilkada) Kabupaten Soppeng mendapat per­lindungan asuransi dari Badan Penyelenggara Jaminan So­sial Ketenagakerjaan. Sebanyak 611 pengawas didaftarkan pada dua program BP Jamsostek yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

“Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sop­peng dan BP Jamsostek pada Rabu (5/2) menandatangani kerja sama kepesertaan dan perlindungan petugas Panwas Pilkada tahun 2020 di daerah setempat,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Soppeng, Winardi, di Makassar, Kamis (6/2).

Winardi menjelaskan lebih rinci mereka yang menda­patkan asuransi tersebut. Mereka berasal dari kecamatan 24 orang untuk periode Februari - November 2020, Pengawas Pemilihan Lapangan/PPL (kelurahan dan desa) 70 orang untuk periode Maret - November 2020, dan pengawas Tem­pat Pemilihan Suara (TPS) 517 orang selama satu bulan.

Menurut Winardi, ke-611 orang tersebut diberikan per­lindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yaitu JKK dan JKM dengan masa perlindungan berbeda-beda agar dalam menjalankan tugas aman dan tenang. Penandatanganan kerja sama dirangkaikan sosialisasi program jaminan sosial oleh Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Makassar, Dodit Isdiyono.

Dodit menyampaikan JKK merupakan program BP Jam­sostek yang memberikan perlindungan dari segala ben­tuk risiko, terjadi akibat hubungan kerja mulai perjalanan menuju ke tempat kerja. Dari rumah menuju tempat kerja maupun sebaliknya itu dilindungi.

Ant/N-3

Tampilkan Semua

HUT Partai Gerindra

Jumat 7/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Efek Korona

Jumat 7/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Desentralisasi Logistik Harus Disiapkan Secara Matang

Jumat 7/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Jika pengadaan barang dan jasa untuk pemilu menggunakan cara desentrali­sasi, perlu dipastikan kematan­gan sistem dan kesiapan jajar­an penyelenggara pemilu dan petugas terkait di daerah. Hal-hal yang perlu...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Pemerintah Jepang Izinkan Indonesia Evakuasi 74 WNI

Sabtu 22/2/2020 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Kapal pesiar Diamond Princess telah menjadi episentrum baru penyebaran virus korona jenis baru Covid-19.

 

TOKYO – Jepang telah memberikan izin kepada pemerintah Indonesia untuk mengevakuasi 74 warga negara Indonesia (WNI) kru kapal pesiar Diamond Princess kembali ke Tanah Air. “Kami telah menyetujui dua pemerintah yang meminta penjemputan warga masing-masing ke negaranya, yakni Indonesia dan Filipina,” ujar Menteri Luar Negeri Jepang, Toshimitsu Motegi, dalam konferensi pers, di Tokyo, Jumat (21/2).

Motegi melanjutkan, dua negara itu berencana mengerahkan pesawat carter untuk memulangkan warganya dari Yokohama, tempat kapal itu dikarantina. Langkah itu diambil setelah 759 penumpang sudah dievakuasi oleh AS, Korea Selatan, Australia, Hong Kong, Israel, dan Kanada. “Kapan pesawat tersebut bakal diberangkatkan dia menyerahkannya kepada pemerintahan negara masing-masing.

Izin sudah diberikan, silakan datang menjemput,” kata Motegi. Sementara itu, Kementerian Kesehatan menyebut ada dua opsi untuk mengevakuasi 74 WNI yang bekerja sebagai kru di kapal pesiar Diamond Princess itu. Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Achmad Yurianto, merinci opsi pemulangan itu terdiri dari jalur laut dan jalur udara.

Pertama, opsi jalur laut menggunakan kapal Rumah Sakit (RS) KRI dr Soeharso. Kepulangan WNI dengan KRI Soeharso membutuhkan waktu setidaknya 14 hari untuk penjemputan dan 14 hari untuk kembali ke Indonesia. Dengan demikian, opsi penjemputan ini sudah mencakup masa observasi. Artinya, para WNI itu tak perlu diobservasi di dalam negeri. Opsi kedua, pemulangan menggunakan pesawat miliki TNI-AU. Jika opsi ini diambil, Achmad menyebut perlu ada masa observasi di Indonesia selama 28 hari. Pihaknya mengeklaim sudah menyiapkan tempat observasi yang masih dirahasiakan. “Pokoknya sudah ada beberapa opsi tempat,” tegas Achmad di Jakarta, Jumat.

Belum Diputuskan

Kepulangan WNI dari kapal pesiar Diamond Princess ini membutuhkan penanganan khusus karena diduga virus telah mengalami mutasi genetik. Dampaknya, pasien tidak menunjukkan gejala seperti demam tinggi, flu, dan batuk, meski hasil tesnya positif virus korona. Kapal pesiar yang berada di perairan Yokohama itu telah menjadi episentrum baru virus korona jenis baru Covid-19.

Tetapi, Presiden Jokowi mengaku belum memutuskan opsi mana yang diambil. “Apakah nanti dievakuasi dengan kapal, rumah sakit langsung, atau evakuasi dengan pesawat, ini belum diputuskan. Saya kira secepatnya [diputuskan],” katanya, di Kabupaten Pelalawan, Riau. Saat ini ada 74 dari 78 WNI kru kapal pesiar yang negatif virus korona. Sementara empat orang lainnya telah dinyatakan positif virus, sehingga harus menjalani perawatan di rumah sakit Jepang.

Berkembang di Penjara

Di tempat terpisah, pemerintah Tiongkok telah memecat sejumlah pejabat sipir penjara di dua provinsi setelah 512 tahanan dan beberapa petugas lapas dinyatakan positif terinfeksi korona, yakni di Provinsi Shandong dan Provinsi Zhejiang.

Pemecatan itu dilakukan lantaran para pejabat itu dianggap lalai melakukan penanganan korona. Hingga Jumat pagi, korban meninggal akibat terinfeksi korona di seluruh dunia mencapai 2.244 orang. Sebagian besar korban merupakan warga Tiongkok, khususnya di Kota Wuhan, Provinsi Hubei. n ang/AFP/P-4

Tampilkan Semua

Pemkot Montreal Setop Operasional Skuter Listrik

Jumat 21/2/2020 | 06:46
A   A   A   Pengaturan Font
MONTREAL – Pemerintah Kota Montreal, Kanada, pada Rabu (19/2) menghentikan operasional skuter listrik. Sejak diuji coba pengoperasian moda kendaraan listrik ini pada Juni lalu, sudah 680 unit skuter dan sepeda listrik...
Selengkapnya

Meksiko Sidik Mantan Presiden Pena Nieto

Jumat 21/2/2020 | 06:46
A   A   A   Pengaturan Font
MEXICO CITY – Harian Wall Street Journal (WSJ) edisi Rabu (19/2) menulis bahwa pemerintah Meksiko telah mulai menyelidiki skandal korupsi pada era pemerintahan pimpinan Presiden Enrique Pena Nieto. “Penyelidikan ini...
Selengkapnya

Kebocoran Dana Mengalir ke “Tax Haven”

Jumat 21/2/2020 | 06:39
A   A   A   Pengaturan Font
WASHINGTON DC – Sebuah studi yang dibeberkan Bank Dunia pada Selasa (18/2) me­nyebutkan bahwa dana bantuan dari Bank Dunia ke negara-neg­ara yang membutuhkan, telah memicu aliran uang ke rekening bank di luar negeri. Hasil...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Pengolahan Data

Jumat 21/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Presiden Direktur Teradata Indonesia Erwin Sukiato (kanan) berbincang dengan Executive Vice President Asia Pasific of Teradata Keith Budge (tengah) dan Senior Director, Partner Organization Asia Pasific and Japan Teradata KC Lim saat memperkenalkan teradata vantage di Jakarta, Kamis (20/2). Teradata Vantage platform pengolaham data hybrid cloud menjadi solusi bisnis untuk memenuhi kebutuhan sektor perbankan dan pemerintahan.

Tampilkan Semua

statistik

Jumat 21/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Peluncuran Produk

Jumat 21/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Vice President PT Bigi Multi International Ari Purnomo (tengah) bersama Director of TP Link Sterling Li ( kiri) memberikan keterangan pers mengenai peluncuran kamera CCTV TAPO C200, Jakarta, Kamis (20/2). TP-Link bersama PT Bigi Multi...
Selengkapnya

Citilink Percayakan Perawatan Pesawat ke GMF

Jumat 21/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – PT Garuda Main­tenance Facility Aero Asia Tbk (GMF) dan maskapai Citilink kembali menyepakati kontrak kerja sama perawatan kom­ponen pesawat. Kerja sama ini mencakup Perjanjian Pera­watan dan Penyediaan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Layanan Kereta Api Cibatu-Garut Gratis di Awal Operasional

Jumat 31/1/2020 | 17:55
A   A   A   Pengaturan Font

GARUT – PT Kereta Api Indonesia (KAI) siap menggratiskan layanan transportasi kereta api Stasiun Cibatu-Garut di Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada awal operasional sebagai bentuk pelayanan dan menarik minat masyarakat untuk menggunakan jasa transportasi massal itu.

"Untuk promosi akan gratis, waktunya kita belum tentukan," kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro saat meninjau Stasiun Garut di Kabupaten Garut, Jumat (31/1).

Ia menuturkan, PT KAI sudah hampir menyelesaikan pelaksanaan proyek reaktivasi kereta api Stasiun Garut-Cibatu yang ditargetkan sudah bisa beroperasi pada pertengahan Februari 2020.

Pada tahap awal operasional, kata dia, PT KAI akan menggratiskan penumpang yang hendak melakukan perjalanan dari Stasiun Garut sampai Stasiun Cibatu maupun sebaliknya.

Terkait waktu operasional kereta api di jalur reaktivasi itu, kata dia, tetap harus mengikuti prosedur yakni menunggu keluarnya izin angkutan dari Kementerian Perhubungan.

"Saya sudah komunikasi dengan Dirjen (Perkeretaapian), secepatnya kalau bisa, kalau perizinan turun, kita bisa operasikan secara komersial," katanya.

Ia menyampaikan, PT KAI juga sedang memperhitungkan besaran tarif transportasi kereta api jurusan Stasiun Cibatu-Garut.

Tarif yang akan ditetapkan, lanjut dia, dipastikan akan terjangkau oleh semua kalangan masyarakat sehingga akan banyak orang menggunakan jasa transportasi kereta api.

"Harga tiket belum, masih dalam hitungan, tapi akan terjangkau oleh masyarakat Garut," katanya.

Ia berharap tiket yang terjangkau seluruh lapisan masyarakat itu bisa mendongkrak berbagai sektor seperti memudahkan pengiriman barang, maupun akan banyak orang datang ke Garut untuk berwisata, bisnis maupun kepentingan lainnya.

"Kabupaten Garut ini sangat potensial, memiliki banyak potensi yang dapat dibawa ke luar, baik hasil kerajinan tangan maupun hasil bumi," katanya. (Ant)

Tampilkan Semua

Pemkot Bandung Bangun Kolam Retensi di Jalan Bima Guna Cegah Banjir

Jumat 31/1/2020 | 09:44
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mulai membangun kolam retensi di Jalan Bima yang dirancang untuk mampu menampung air untuk menahan luapan dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Citepus. Wali Kota Bandung, Oded M Danial,...
Selengkapnya

Dua Unit "Solar Tree" Dipasang di Alun-alun Bandung

Kamis 30/1/2020 | 12:22
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG - Dua unit solar tree atau pohon panel surya dipasang di area Taman Alun-alun Bandung, Jawa Barat. Solar tree merupakan sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berbentuk seperti pohon yang energi listriknya dapat...
Selengkapnya

Gempa 5,8 SR di Maluku Utara Dampak Subduksi Lempeng Laut Maluku

Kamis 30/1/2020 | 09:06
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Gempa tektonik bermagnitudo 5,8 mengguncang Maluku Utara pada Kamis (30/1) pukul 06.46.58 WIB disebabkan subduksi Lempeng Laut Maluku. "Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Otomotif

Honda Jazz Miliki Varian Hibrida

Rabu 19/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Di Jepang, mulai 14 Februari 2020, Honda memasarkan All New Honda Fit yang di Indonesia dinamai dengan Honda Jazz. Hatchback ini dilengkapi dengan fitur canggih berupa Honda Sensing untuk bantuan pengemudi dan teknologi komunikasi on board Honda Connect.

All New Fit yang diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019 di Jepang, juga menawarkan versi tenaga penggara hibrida e:HEV. Teknologi ini berupa sistem dua motor untuk menggerakkan kendaraan demi mencapai efisiensi bahan bakar.

Seperti pendahulnya, Fit masih menawarkan kabin luas dengan pengaturan kursi serbaguna dan bahan bakar yang ekonomis. Tim R&D Honda berusaha untuk melengkapi All New Fit dengan kursi yang nyaman bagi pengguna. Tersedia kursi penstabil tubuh yang mendukung panggul dan tulang belakang pengguna dengan keset resin diadopsi pada kursi depan untuk pertama kalinya di antara semua model Honda.

All New Fit hadir dalam lima varian yang berbeda di mana pelanggan dapat memilih model yang tepat sesuai dengan gaya hidupnya, yaitu Basic, Home, Ness, Crosstar, dan Luxe. Basic berupa mobil yang sederhana dan berfokus pada kualitas individu pelanggan.

Varian Home menampilkan desain yang cocok secara alami dengan kehidupan sehari-hari dan kenyamanan yang maksimal, Ness dirancang untuk pelanggan yang memiliki gaya hidup aktif, Crosstar bagi pelanggan yang suka pergi berakhir pekan, sedangkan Luxe menawarkan gaya dan kecanggihan dan kualitas tinggi. Pada tipe e:HEV BASIC terdapat kursi penumpang yang dapat berputar.

Bentuk tepi depan bantal kursi dibuat halus untuk memudahkan penggunuanya masuk dan keluar mobil. Selain itu, ruang kaki yang luas diwujudkan melalui optimalisasi posisi kursi dan porosnya yang berputar.

Namun sayangnya Honda Fit 2020 terbaru sepertinya tidak akan dipasarkan di Indonesia. Menurut Direktur Inovasi Penjualan dan Pemasaran PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, menilai mobil ini kurang sesuai dengan karakter pengendara di Indonesia.

“Jazz Fit itu dibuat untuk pasar Jepang. Kami sedang mencari mana yang sesuai dengan pasar Indonesia,” kata dia.

Yusak menambahkan, Honda Fit 2020 sangat lembut, sesuai dengan karakter pengemudi di negara matahari terbit itu. Berdasarkan survei HPM karakter ini kurang sesuai dengan preferensi pengendara di Indonesia, yang lebih menyukai gaya yang sporti.  hay/S-2

Tampilkan Semua

Mobil Ikonik Bertenaga Super

Rabu 19/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Mini Cooper hadir dengan dua varian baru yang tetap nyaman digunakan untuk keseharian. Varian ini dibekali dengan kekuatan 306 tenaga kuda dan akselerasi yang fantastis. Di pasar Tanah Air, MINI meluncurkan dua kendaraan terbaru yaitu...
Selengkapnya

Solusi Pintar untuk Mobilitas Terhubung

Rabu 19/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Teknologi komunikasi akan membuat kendaraan semakin terkoneksi dan juga terotomastisasi. Pada ajang ConnectedWorld 2020 antara 19–20 Februari di Berlin, Bosch menghadirkan ragam kemutakhiran yang membuat kendaraan semakin...
Selengkapnya

Tampilan Sporti Model Hatchback

Rabu 12/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Model sedan hatchback terbaru menawarkan desain yang kompak dengan tampilan sporti yang menggoda. Di pasar Tanah Air, kendaraan hatchback atau sedan buntung lebih disukai ketimbang sedan. Padahal sedan yang lebih panjang memiliki...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
TELKO

Serahkan Donasi

Kamis 20/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Chief Public Policy and Government Relations Gojek, Shinto Nugroho (kedua dari kiri) bersama Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Harmensyah (ketiga dari kanan) usai melakukan penandatanganan nota kesepahaman tentang “Peran Serta Ekosistem Gojek dalam Penanggulangan Bencana”, Jakarta, Rabu (19/2). Gojek bersama Kitabisa secara simbolis melakukan serah terima donasi sebesar 1 miliar rupiah untuk membantu fase rehabilitasi pasca bencana banjir yang melanda Jabodetabek di awal tahun 2020 lalu kepada BAZNAS.

Tampilkan Semua

Ponsel Papan Bawah dengan Tiga Kamera

Kamis 20/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Realme kini memiliki produk anyar dari segmen bawah yaitu Realme C3. Produk yang diluncurkan di Jakarta pada Rabu (19/2) akan menggantikan seri sebelumnya yaitu Realme C3, yang disebut sebagai the new entry level king. Sebagai penerus,...
Selengkapnya

Massive MIMO untuk Dongkrak Kecepatan

Kamis 20/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Teknologi 4G terus berkembang untuk mencapai kecepatan yang lebih baik. Massive MIMO 32T32R mampu menghasilkan kecepatan opetimal hingga level 4,5G Pro. Teknologi besutan Bell Labs Nokia, Massive MIMO bekerja dengan menggunakan dua...
Selengkapnya

Belajar “Coding” Merangsang Penciptaan Teknologi

Kamis 20/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Memasuki industri 4.0 menuntut generasi muda untuk selalu memperkaya diri keahlian di bidang literasi digital yang berkembang cepat. Salah satunya dengan memperluas akses pembelajaran ilmu komputer yang kini sudah menjadi standar baru...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Olahraga

Memburu Rekor

Sabtu 22/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pemain sayap asal Inggris, Jadon Sancho mengungkapkan dirinya berada di tempatnya yang bahagia bersama Erling Braut Haaland. Dua pemain muda Borussia Dortmund ingin melanjutkan performa memecahkan rekor mereka saat berhadapan dengan Werder Bremen di Bundesliga, Sabtu (22/2).

Dortmund menuju ke kandang Bremen mengejar balas dendam atas kekalahan di Piala Jerman bulan lalu dan berusaha merebut tiga poin untuk tetap dalam perburuan gelar liga.

Pemimpin klasemen Bayern Munich menjamu tim papan bawah Paderborn pada Jumat. Bayern unggul empat poin dari Dortmund yang berada di urutan ketiga. Dortmund meraih kemenangan 4-0 akhir pekan lalu atas Frankfurt ketika Haaland dan Sancho sama-sama mencetak gol.

“Saya hanya merasa seperti berada di tempat yang menyenangkan,” ujar Sancho, yang saat ini tampak yakin akan dipanggil bergabung dengan skuad asuhan Gareth Southgate untuk pertandingan persahabatan Inggris bulan depan melawan Italia dan Denmark.

Sancho yang juga berusia 19 tahun bersama bersama Haaland menjadi momok bagi pertahanan PSG. Kedua pemain muda itu mengklaim rekor Bundesliga bulan lalu.

Haaland adalah yang pertama mencetak hattrick pada debutnya dalam kemenangan 5-3 atas Augsburg. Sancho kemudian menetapkan rekor dalam kemenangan 5-0 atas Union - ketika Haaland juga mencetak dua gol.

Dia menjadi pemain pertama yang mencetak 25 gol Bundesliga sebelum berusia 20 tahun. Dengan 14 assist di kompetisi papan atas Jerman, Sancho sejajar dengan bintang Bayern Thomas Mueller. Keduanya kini berpeluang mematahkan rekor Kevin de Bruyne, 21 assist untuk Wolfsburg yang ditetapkan pada 2014-2015.  ben/ AFP/S-1

Tampilkan Semua

Pekan Krusial Madrid

Sabtu 22/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
MADRID – Kembalinya Eden Hazard harus terbukti tepat waktu menjelang pekan krusial bagi Real Madrid. Meski demikian memasukkannya ke dalam tim mungkin bukan tugas yang mudah bagi Zinedine Zidane. Real Madrid akan berhadapan dengan...
Selengkapnya

Persaingan Empat Besar Memanas

Sabtu 22/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Arsenal dan Everton jauh di belakang dalam persaingan. Tapi dengan kemungkinan City kena sanksi larangan Liga Champions, finis kelima bisa cukup untuk mencapai kompetisi klub elit Eropa. LONDON – Semua mata akan tertuju ke...
Selengkapnya

Neymar Ingin “Pulang” ke Catalan

Sabtu 22/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BARCELONA - Kapten Barcelona Lionel Messi mengatakan Neymar tetap bertekad untuk kembali ke klub Catalan itu. Messi ingin dia dan Neymar mengubah Barcelona menjadi kekuatan yang tak terkalahkan lagi. Pemain asal Argentina itu...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Gebrakan KPK, Hentikan Perkara

Sabtu 22/2/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan akan menghentikan penyelidikan 36 perkara yang ditanganinya. Keputusan ini dilakukan KPK dengan hati-hati dan penuh pertimbangan.

Alasan lain, karena ke-36 perkara itu selama proses penyelidikan dilakukan tidak terpenuhi syarat untuk ditingkatkan ke penyidikan, seperti bukti permulaan yang cukup, bukan tindak pidana korupsi dan alasan lain yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Selain itu, dari 39 perkara itu, 9 di antaranya merupakan kasus yang sudah ditangani sejak lama, yakni sejak tahun 2011, 2013, dan 2015.

Masih menurut KPK, penghentian penyelidikan merupakan hal yang lumrah dilakukan. Bahkan, dalam lima tahun terakhir sejak 2016 sudah ada 162 penyelidikan yang dihentikan.

Tanpa menyebut secara spesifik, kasus yang penyelidikannya dihentikan cukup beragam, yaitu terkait dugaan korupsi oleh kepala daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), aparat penegak hukum, kementerian/lembaga, dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) atau Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Penghentian penyidikan tersebut sesuai Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

Berdasarkan Pasal 40 ayat (1), KPK dapat menghentikan penyidikan dan penuntutan terhadap perkara tindak pidana korupsi yang penyidikan dan penuntutannya tidak selesai dalam jangka waktu paling lama dua tahun.

Kemudian Pasal 40 ayat (2) menyatakan, penghentian penyidikan dan penuntutan harus dilaporkan kepada Dewan Pengawas paling lambat satu minggu terhitung sejak dikeluarkannya SP3. KPK juga wajib mengumumkan SP3 kepada publik. Penghentian penyidikan dan penuntutan dapat dicabut oleh pimpinan KPK apabila ditemukan bukti baru yang dapat membatalkan SP3 atau berdasarkan putusan praperadilan.

Diketahui, definisi penyelidikan adalah serangkaian kegiatan penyelidik untuk menemukan suatu peristiwa pidana untuk menentukan dapat atau tidaknya dilakukan penyidikan. Apabila dalam tahap penyelidikan ditemukan peristiwa pidana dan bukti permulaan yang cukup, perkara yang diselidiki dapat ditingkatkan ke tahap penyidikan. Dan, sebaliknya sebagai konsekuensi logis, jika tidak ditemukan hal tersebut maka perkara dihentikan penyelidikannya.

Sah-sah saja KPK mengumumkan untuk menghentikan penyelidikan. Cuma, tidak lazim. Sebab, proses penghentian perkara di ranah penyelidikan mestinya melalui gelar perkara yang mana melibatkan setiap unsur, mulai dari tim penyelidik, tim penyidik, hingga tim penuntut umum. Lebih dari itu, selama ini kita menganggap KPK selalu fokus pada pengungkapkan kasus. Jika ada alat bukti yang kurang, KPK pasti akan berusaha mencari dan sampai praperadilan hingga persidangan gigih untuk membuktikan kasus yang ditanganinya.

Tampaknya, kita tak bisa lagi selalu berharap pada KPK untuk bisa mengusut tuntas kasus yang ditanganinya. KPK sekarang berbeda dengan sebelumnya. Jangan-jangan, KPK sekarang hanya membereskan masalah administrasi semata. Terbukti, KPK malah mengumumkan akan menghentikan sejumlah perkara yang pernah ditanganinya.

Kita pikir, KPK sekarang lebih baik dari sebelumnya. Sebab, selain didukung oleh undang-undang baru, ada pula dewan pengawas dan status karyawan KPK sudah uenak, sama dengan pegawai negeri sipil. Boleh jadi, penghentian perkara itu cuma sekadar trik. Artinya, KPK sengaja mengundang reaksi agar mendapat simpati, khususnya dari yang berperkara.

Kita tak berharap, dengan adanya penghentian pekara, menguatkan dugaan publik bahwa kinerja penindakan KPK akan merosot tajam dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Apalagi, jika dibandingkan dengan kinerja penindakan, belum ada satu kasus yang disidik di era pimpinan KPK saat ini. Sebab, kasus OTT Bupati Sidoarjo dan juga OTT salah satu komisioner KPU bukan merupakan hasil pimpinan KPK sebelumnya.

Ya, kita berharap, penghentian perkara sebagai gebrakan baru KPK. Artinya, masih ada gebrakan lain yang lebih dari sekadar menghentikan perkara. KPK pasti bisa dan akan lebih baik lagi dari sebelumnya.

Tampilkan Semua

Polemik RUU Ketahanan Keluarga

Kamis 20/2/2020 | 07:53
A   A   A   Pengaturan Font
Rancangan Undang-Undang (RUU) Ketahanan Keluarga sedang menjadi polemik. RUU merupakan usul inisiatif DPR oleh lima anggota DPR dari empat fraksi. Mereka adalah anggota Fraksi PKS Ledia Hanifa dan Netty Prasetiyani, anggota Fraksi Golkar...
Selengkapnya

Tips Memilih Iklan Lowongan Kerja

Senin 17/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pertanyaan: Bu Rossa, saya fresh graduate dan sedang mencari pekerjaan. Bagaimana cara meniliti iklan lowongan kerja yang begitu banyak agar tidak terjebak dan sesuai dengan potensi saya? Jawaban: Belakangan, mencari iklan lowongan...
Selengkapnya

Bisnis “Startup” Mulai Menurun

Sabtu 15/2/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Usaha Startup atau perusahaan rintisan dalam negeri saat ini tak seheboh tahun lalu. Selain diam-diam promosi, programnya sekadar melanjutkan sebelumnya tanpa terobosan. Malah, startup unicorn yang bervaluasi di atas satu miliar dollar...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Akan Tampil di Virgin Fest

Sabtu 22/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Penyanyi dari SNSD yang kini lebih banyak bersolo karier, Tiffany Young, akan tampil di Virgin Fest 2020 di Los Angeles. Festival ini diselenggarakan oleh produsernya, Jason Felts dan Virgin Group, Sir Richard Branson.

Acara akan berlangsung dari 6 hingga 7 Juni 2020 di Banc of California Stadium and Exposition Park, Los Angeles. The Virgin Fest dulu dikenal sebagai Virgin Mobile FreeFest di Amerika. Virgin Fest adalah festival rock yang diselenggarakan di Amerika dan Kanada, lepasan dari V Festival di Inggris.

Di Kanada namanya The Virgin dan sekarang The Virgin Mobile, sebuah brand. Maka, wajar bila acara disponsori Virgin Mobile baik di AS ataupun Kanada. Dalam ajang ini, 60 persen penampil adalah perempuan. Tiffany wajar kalau tampil di Los Angeles karena memang lahir di Los Angeles, California, Amerika Serikat, pada 1 Agustus 1989. Setelah menjadi trainee selama beberapa tahun, Tiffany memulai debutnya bersama SNSD di tahun 2007.

Gadis bernama lengkap Stephanie Young Hwang ini setelah gabung SNSD kemudian lebih banyak dipanggil Tiffany Young. Kini dia lebih banyak menjalani solo karier. Dia memulai karier bermusik di Amerika Serikat. Para penggemar mengenalnya sebagai anggota girl band terpopuler, SNSD atau Girls’ Generation.

Ada juga Lay Exo yang akan tampil. Penampil lain adalah Lizzo, A$AP Rocky, Anderson, Paak & Free Nationals, Mayor Lazer, Ellie Goulding, dan banyak lagi! Tiffany begitu bersemangat untuk tampil dalam ajang tersebut.

Lebih-lebih setelah dia mendengar berita tentang sambutan penggemar yang luar biasa atas penampilan Lay Exo. Tiffany saking gembiranya lalu berbagi kepada fansnya di Instagram.

Katanya, “Musik adalah kekuatan emosional yang transformatif. Dia bisa dengan mudah mengubah emosi seseorang dan persepsi dalam hidup. Musik memiliki kekuataan untuk menyatukan dunia.”

Dia menambahkan, “Kita menerima harapan dan inspirasi, serta fakta bahwa musik dapat membawa orang-orang lebih dekat dan menuntun kita ke suatu tempat yang lebih baik, untuk para pendukung kita, untuk seluruh komunitas dan planet Bumi kita. Kita mengantisipasi suatu hari di mana festival-festival seperti ini dapat hidup dan bernapas luar biasa. Virgin Fest akan menuntun kita. Mari datang ke festival paling hijau ini,” ajak Tiffany.  Koreaboo/wid/G-1

Tampilkan Semua

Ultah sangat Istimewa

Sabtu 22/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Latino yang satu ini menyelenggarakan ulang tahun ke-32, Kamis (20/2) dengan sangat istimewa. Penyanyi dan pengusaha sukses ini memang merayakan ulang tahunnya secara meriah. Dia lebih memilih merayakan di Meksiko daripada di New York...
Selengkapnya

Kurang Perhatian Picu Cedera Otak Traumatis Anak Laki-laki

Sabtu 22/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Para peneliti menunjukkan bahwa anak laki-laki yang menunjukkan kurangnya perhatian-hiperaktif pada usia 10 memiliki risiko lebih tinggi untuk cedera otak traumatis (traumatic brain injuries -TBIs) pada masa remaja dan...
Selengkapnya

Wujudkan Indonesia sebagai Kiblat Fesyen Muslim Dunia

Sabtu 22/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Salah satu pergelaran fesyen muslim terbesar di Indonesia, Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020 resmi digelar pada Kamis (20/2) di Jakarta. Acara dibuka dengan kata sambutan dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Ratusan Warga Kampung Melayu Mengungsi Akibat Banjir

Jumat 21/2/2020 | 10:06
A   A   A   Pengaturan Font
Pemprov DKI menyiapkan 40 petugas dan pompa mobile untuk mengantisipasi adanya banjir kiriman.

 

JAKARTA - Sebanyak 487 jiwa korban banjir di Kebon Pala Tanah Rendah, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, mengungsi di empat posko darurat, Kamis (20/2)

Data yang dihimpun dari petugas posko melaporkan pengungsi kategori lanjut usia sebanyak 53 orang dan balita 58 orang, sementara sisanya usia produktif.

Posko yang disediakan berada di Aula Kantor Kelurahan, SMPN 26, Pos RW07, dan Masjid Jami Ittihadul Ikhwan.

“Mereka korban banjir di RW 04, RW05, RW07, dan RW08,” kata petugas posko.

Ketua RT06 Kebon Pala, Eddy Karyadi (53) mengatakan banjir terjadi sejak pukul 14.00 WIB imbas luapan Sungai Ciliwung di dekat permukiman warga.

Mereka yang diungsikan karena rumahnya belum berlantai dua saat ketinggian air sudah mencapai 1,5 meter.

“Rumah para pengungsi ini sudah sedada airnya. Kalau yang sudah dua lantai, mereka naik ke atas dan barangnya bisa diangkut juga,” katanya

Pengungsi menyebutkan bantuan yang tersedia dari pemerintah setempat sudah mencukupi.

Sementara itu, di Jakarta Timur, 13 permukiman penduduk di wilayah Jakarta Timur dilaporkan terendam banjir dengan ketinggian bervariasi 30 hingga 150 sentimeter, Kamis sore

Ke-13 lokasi tersebut adalah RW04, RW05, RW07, dan RW08 Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, yang dilaporkan tergenang air sedalam 71 hingga di atas 150 sentimeter.

Banjir juga dilaporkan melanda kawasan RW11 Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara dengan kedalaman air berkisar 150 sentimeter.

Banjir tersebut rata-rata terjadi sejak pukul 14.00 WIB akibat intensitas hujan yang tinggi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, yang melintas melalui Sungai Ciliwung di Jakarta Timur. Sementara itu di RW08, Kebon Pala Tanah Rendah, Kampung Melayu kedalaman air mencapai perut orang dewasa.

“Air naik itu tadi siang, cepat banget naiknya, arusnya juga deras, ini banjir yang ketiga tahun ini,” kata warga setempat Fahrozi.

Ketua RT06 Kebon Pala, Eddy Karyadi mengatakan warga sekitar sudah terbiasa dengan banjir karena sudah menetap sejak puluhan tahun silam “Kita udah enggak aneh lagi saya yang kaya gini, warga udah terbiasa kan tinggal disini udah berpuluhpuluh tahun,” katanya.

Warga setempat tampak belum mengungsi ke lokasi lain, sebab rata-rata rumah mereka sudah berlantai dua. “Biasa warga kalau ngungsi itu airnya udah setinggi leher baru pada ngungsi ke kantor kelurahan,” katanya.

Penanganan Banjir

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berujra akan mengosongkan Sungai Ciliwung, jika Bendung Katulampa siaga tiga. Langkah ini untuk menghindari Jakarta terkena banjir kiriman.

“Permukaan air laut itu landai sehingga Ciliwung bisa dikosongkan, bisa dialirkan, (pintu air) Manggarai dikosongkan,” ujar Anies di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta Timur

Jika Ciliwung telah kosong maka Jakarta siap menerima air kiriman dari Katulampa. Selain itu, petugas sudah dikerahkan untuk melancarkan aliran air dengan penyedotan dan pembersihan sampah.

Terpisah, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta, Juaini Jusuf mengatakan, pihaknya, telah menyiapkan petugas dan pompa mobile untuk mengantisipasi adanya banjir kiriman.

“Saat ini, kami sudah mengerahkan 40 petugas di masing- masing titik wilayah yang akan terdampak banjir kiriman, termasuk pompa mobile sebanyak dua sampai tiga unit di wilayah terdampak dengan kapasitas masing-masing 500 sampai 1.000 liter perdetik.

Menurutnya, ketinggian air Ciliwung sudah mencapai 700 cm itu diartikan sudah siaga tiga. Dia mengaku akan terus berupaya mengendalikan ketinggian air Kali Ciliwung agar tidak meluap ke pemukiman.

Terlebih, katanya, kondisi air laut saat ini sudah tidak pasang. Sehingga pintu air di sana bisa dibuka dan banjir kiriman masih bisa dikendalikan. Namun, dia tetap mengimbau kepada masyarakat, khususnya daerah bantaran Kali Ciliwung, Pesanggrahan dan sekitarnya untuk tetap waspada adanya banjir kiriman. pin/P-5

Tampilkan Semua

Tangsel Jadi Tuan Rumah Apeksi 2020

Jumat 21/2/2020 | 09:54
A   A   A   Pengaturan Font
TANGERANG SELATAN - Kota Tangerang Selatan terpilih sebagai tuan rumah Musyawarah Nasional (Munas) ke VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2020 pada 30 Juni hingga 3 Juli 2020 dan dijadwalkan dihadiri 98 Wali Kota di...
Selengkapnya

Pilwagub DKI Rawan Politik Uang

Jumat 21/2/2020 | 09:51
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – DPRD DKI Jakarta sudah menyepakati dalam Tata Tertib (tatib) bahwa pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta akan dilaksanakan secara tertutup, dengan cara masing-masing anggota DPRD DKI menuliskan nama calon Wagub DKI...
Selengkapnya

Pemain Sinetron “Anak Langit”, Aulia Farhan Terjerat Narkoba

Jumat 21/2/2020 | 09:48
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya telah menetapkan aktor “ Sinetron Anak Langit, Aulia Farhan sebagai tersangka dalam dugaan kasus penyalahgunaan narkotika. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

Satu Miliar Rupiah Itu Tabungan, bukan Dana Pensiun PNS

Kamis 20/2/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Berita tentang usulan Menpan RB Tjahjo Kumolo untuk memberikan dana pensiun sebesar 1 miliar rupiah kepada PNS memicu polemik. Ternyata masalah sesungguhnya bukan pada pemberian dana pensiun tersebut.

 

Menurut mantan Menteri Dalam Negeri tersebut, wartawan media online tidak lengkap mengutip penjelasannya atau salah kutip. Untuk mengupas itu lebih lanjut, Koran Jakarta berkesempatan mewawancarai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, di Jakarta. Berikut petikan wawancaranya.

Benarkah Anda mengusulkan kepada Menteri Keuangan agar PNS dapat dana pensiun satu miliar rupiah?

Perlu saya luruskan. Media online itu tidak memuat secara lengkap penjelasan saya. Yang pasti, saya tidak pernah mengusulkan ke Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani agar ASN dapat dana pensiun satu miliar. Jadi itu salah kutip. Karena ini kan sudah ramai, maka saya merasa perlu mengklarifikasi itu. Meluruskan itu. Karena saya merasa tidak pernah mengusulkan kepada Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani agar PNS atau ASN itu dapat dana pensiun satu miliar rupiah.

Jadi yang benar seperti apa duduk perkaranya?

Yang benar, saya sebagai Menpan RB memang pernah berdiskusi tentang pengelolaan dana tabungan ASN di PT Taspen. Diskusi juga bukan dengan Menkeu, tapi dengan Ketua Umum Pegawai Republik Indonesia (Kopri), Pak Zudan Arif Fakrulloh, dan pihak PT Taspen. Jadi apa yang dibahas? Diskusi itu juga bukan membicarakan usulan tentang ASN dapat dana pensiun satu miliar, melainkan yang dibicarakan adalah pengelolaan iuran bulanan ASN yang dikelola PT Taspen mulai dari jadi ASN, dari awal sampai akhir masa kerja. Nah, dalam diskusi itu saya berharap, iuran tabungan ASN itu dikelola dengan baik oleh PT Taspen, sehingga nanti diharapkan ASN bisa mendapatkan hasil tabungannya dengan jumlah siginifikan.

Syukur-syukur ASN yang pensiun dapat kompensasi tabungan pensiunannya sebesar satu miliar rupiah yang merupakan hasil dari iuran tabungan pegawai yang saat ini baru mencapai puluhan juta rupiah. Jadi itu yang didiskusikan antara saya dengan Ketua Umum Korpri dan juga dengan pihak PT Taspen yang sekarang pada posisi sehat pengelolaan keuangannya.

Kenapa Anda berharap jika dana pensiun atau iuran pensiun yang ditabungkan ASN di PT Taspen itu hasilnya bisa signifikan?

Ya karena saat ini kondisi manajemen PT Taspen itu kan sedang sehat. Makanya saya berharap pengelolaan iuran ASN pun bisa dilakukan dengan baik pula di PT Taspen. Sehingga nanti itu, ASN yang menabung iuran pensiunannya dapat hasil tabungan yang maksimal.

Berarti jumlah satu miliar itu harapan Anda agar dana pensiun PNS mencapai sebesar itu?

Ya, itu harapan saya, ASN yang menabung di PT Taspen dana pensiunnya bisa mencapai satu miliar. Saya sebagai Menpan RB, dalam menjabarkan visi Bapak Presiden Jokowi khususnya terkait dengan reformasi birokrasi, kan tidak sekadar memikirkan penyederhanaan birokrasi, tapi juga memikirkan tunjangan serta tabungan ASN kelak saat pensiun nanti. agus supriyatna/ AR-3

Tampilkan Semua

Upaya Penyelamatan Warga Menjadi Prioritas Utama

Rabu 19/2/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Beberapa waktu lalu masyarakat, terutama yang tinggal di kawasan Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan resah karena terdapat temuan zat radioaktif di kawasan tersebut.   Keresahan tersebut terjadi mengingat zat radioaktif...
Selengkapnya

Lembaga Eijkman Pastikan Bisa Deteksi Virus Korona

Selasa 18/2/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Belum adanya laporan kasus virus Korona di Indonesia membuat dunia internasional heran. Peneliti terkemuka di dunia memprediksi Indonesia seharusnya sudah melaporkan deteksi virus korona. Hal itu disebabkan tingginya intensitas penerbangan...
Selengkapnya

Persiapan Pemindahan ASN Pusat ke Ibu Kota Baru Terus Dimatangkan

Senin 17/2/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemindahan ibu kota adalah salah satu fokus utama pemerintahan Jokowi di periode keduanya. Persiapan pemindahan ibu kota negara pun sudah dikebut jauh-jauh hari.   Kalimantan Timur telah ditetapkan sebagai lokasi ibu kota negara...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Zulkifli Zaini : PLN Terus Tingkatkan Efisiensi

Sabtu 22/2/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Tohir, menunjuk Zulkifli Zaini sebagai orang nomor satu di PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero). Pria yang lebih dari 20 tahun menghabiskan hidupnya di lembaga perbankan ini ditunjuk melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar 22 Desember 2019 lalu.

Dalam menjalankan roda bisnis perusahaan, bankir ini akan meningkatkan efisiensi di perusahaan tersebut. Tak terbantahkan memang BUMN kelistrikan itu terbebani utang. Tentu tak ada jalan lain untuk mengatasinya yaitu dengan mendorong penghematan di semua lini perusahaan serta meningkatkan pendapatan.

Untuk mengetahui apa saja yang akan dilakukan jajaran pimpinan PLN ke depan dalam upaya meningkatkan kinerja perusahaan, wartawan Koran Jakarta, Fredrikus W Sabini, berkesempatan mewawancarai Direktur Utama PT PLN, Zulkifli Zaini, dalam beberapa kesempatan di Jakarta, baru-baru ini. Berikut kutipan selengkapnya.

Apa saja program prioritas Anda yang segera dijalankan di PT PLN?

Di bawah jajaran direksi dan komisaris yang baru, kami akan memfokuskan pada tiga aspek. Ketiga aspek tersebut adalah penurunan biaya operasi perusahaan, peningkatan keandalan dan pelayanan, serta peningkatan pendapatan usaha. Melalui tiga langkah ini, kami optimistis kontribusi PLN terhadap keuangan negara akan meningkat secara signifikan.

Bagaimana Anda memulai kerja di PT PLN?

Saya sampaikan kepada seluruh tim di perusahaan, kapal besar bernama PLN harus kita dayung bersama menuju arah yang sama. Jangan sampai ada yang melubangi dinding kapal, karena satu orang berbuat, seluruh orang di dalam kapal akan terkena imbasnya.

Apalagi, PLN mengemban tanggung jawab sebagai satu-satunya perusahaan yang diberikan kewenangan dan tanggung jawab oleh negara untuk menyediakan pelayanan ketenagalistrikan. Tanpa adanya visi, misi, dan spirit yang sama maka tanggung jawab itu akan menjadi beban, sehingga masyarakat yang akan menjadi korban.

 

Apa saja sebenarnya tanggung jawab PT PLN?

Kami memiliki tanggung jawab untuk menyediakan listrik 24/7 dengan kualitas yang baik, tidak padam, sehingga security of supply menjadi kunci utama dalam pelayanan. Sementara untuk bergerak maju, PLN juga bertanggung jawab untuk mewujudkan rasio elektrifikasi hingga 100 persen di seluruh wilayah Indonesia dan meningkatkan konsumsi listrik per kapita.

Untuk itu, kami menggunakan empat pedoman pokok yang harus dijalankan tanpa syarat oleh setiap insan di PLN. Pedoman tersebut, di antaranya menjalankan perusahaan dengan prinsip good corporate governance. Hanya dengan cara itu korporasi seperti PT PLN dengan tanggung jawab yang sedemikian tinggi, dapat menjalankan operasi dengan sebaik-baiknya.

Prinsip berikutnya ialah menempatkan pengguna listrik sebagai konsumen yang harus dilayani sebaik-baiknya. Dengan demikian, PLN sebagai penyedia kelistrikan harus menempatkan diri sebagai pelayan, dan bukan yang ingin dilayani.

Untuk bisa mewujudkan semua itu, konkretnya apa yang harus dilakukan oleh semua karyawan?

Untuk dapat menjalankan dua prinsip utama tersebut, seluruh pegawai PLN, termasuk direksi dan komisaris, mesti bekerja dengan penuh tanggung jawab, akuntabilitas tinggi, ownership terhadap tugas dan target, diiringi kemampuan eksekusi yang prima. Harus berkomitmen merealisasikan rencana yang sudah dibuat tanpa banyak alasan.

Seluruh jajaran di PLN harus memiliki kemampuan untuk membiayai mandat yang telah diberikan pemerintah kepada perusahaan ini. Untuk itu, kami mesti memiliki rasio keuangan yang baik, memiliki cashflow yang baik dan sustain, memiliki Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization/EBITDA atau pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi yang sehat dan meningkat, serta mampu menjadi perusahaan yang lebih efisien.

Apa target PLN ke depannya?

Hingga Januari 2020, kapasitas pembangkit yang dioperasikan oleh PLN mencapai 62.833 megawatt (MW) dengan daya tersambung ke pelanggan sebesar 138.077 MVA. Sampai saat ini, jumlah pelanggan PLN mencapai 75,70 juta orang di seluruh Indonesia, dengan panjang transmisi mencapai 58.959 kilometer sirkuit (KMs).

Jika dihitung kira-kira berapa total aset PT PLN saat ini?

Total aset mencapai 1.549 triliun rupiah berdasarkan laporan keuangan triwulan III tahun 2019. Pada triwulan III 2019, pajak dan dividen yang disumbangkan PT PLN kepada pemerintah adalah sebesar 21,7 triliun rupiah. Dalam triwulan yang sama, penjualan tenaga listrik meningkat sebesar 4,5 persen dibandingkan triwulan III 2018 atau sebesar 202,7 triliun rupiah.

Pendapatan usaha PLN dalam kurun waktu hingga triwulan III 2019 juga meningkat dengan persentase yang sama yakni 4,5 persen. Besarannya mencapai 209,3 triliun rupiah. Sepanjang lima tahun terakhir, kecenderungan kinerja PT PLN juga meningkat. Dari sisi jumlah pelanggan terakhir sebesar 75,70 juta, angka ini naik dari 61,168 juta pelanggan pada tahun 2015. Sementara pertumbuhan daya tersambung meningkat dari 106.582 megavolt ampere (MVA) menjadi 138.077 MVA.

Bagaimana dengan upaya penghematan?

Pemerintah telah menginstruksikan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) pada pembangkit kami. Faktanya dalam lima tahun terakhir, persentase konsumsi BBM untuk pembangkit kami menurun dari 8,3 persen pada tahun 2015 menjadi hanya 3,61 persen pada tahun 2019.

Angka ini terus kami turunkan, baik melalui penggunaan B20 dan B30, maupun dengan mengembangkan penelitian penggunaan crude palm oil (CPO) pada pembangkit-pembangkit kami. Dengan melakukan adaptasi dengan pemanfaatan B20 dan B30, kami dapat terus meningkatkan efisiensi untuk mencapai suistainability growth.

Bagaimana dengan penggunaan B20 dan B30?

Terkait dengan B20 dan B30, kami telah menjalankan penugasan dari pemerintah. Nyatanya ada peningkatan 1,3 kali penggunaan B20-B30 selama 2019 dibanding tahun 2018.

Lantas bagaimana dengan rencana B100 ke depannya?

Ini beda lagi. Mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) akan mengalami kendala ketika mengonsumsi Fatty Acid Methyl Ester (FAME) atau Bahan Bakar Nabati (BBN) murni tanpa campuran solar atau B100.

Kami telah menerapkan campuran FAME yang berbahan baku minyak sawit dengan solar, baik dengan kandungan 20 persen (B20) dan 30 persen (B30), yang digunakan sebagai bahan bakar PLTD. Dampaknya membuat emisi pembakaran meningkat dan berpotensi menimbulkan kerusakan komponen mesin PLTD.

Kerusakan seperti apa?

Kami menemukan penggunaan tersebut menghasilkan emisi lebih besar 1,5 sampai dua kali lipat. Selain itu, penggunaan CPO 100 persen akan menimbulkan kerak pada mesin dan berpotensi merusak komponen dari mesin PLTD.

Dari dampak penggunaan FAME tanpa campuran pada mesin PLTD tersebut maka implementasi program B100 lebih cocok diterapkan pada mesin pembangkit yang didesain menyerap BBN murni. Sebaiknya rencana penggunaan CPO ini diterapkan pada mesin diesel yang memang didesain untuk menggunakan BBN.

Seperti apa prospek gasifikasi dalam kelistrikan sesuai dengan keputusan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM)?

Dengan adanya perubahan konsumsi BBM menjadi Bahan Bakar Gas (BBG) pada 52 PLTD diperkirakan bisa menghemat 4 triliun rupiah. Kami telah mengidentifikasi untuk memetakan perencanaan konstruksi pembangkit guna merealisasikan rencana pengoperasian PLTD yang diubah bahan bakarnya dari BBM menjadi gas.

Langkah ini diambil sebagai bentuk implementasi Keputusan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2020 mengenai gasifikasi. Dari identifikasi tersebut, dibagi jadi lima wilayah. Dengan diterapkannya program penggantian konsumsi BBM menjadi gas, akan menurunkan konsumsi BBM pada sektor kelistrikan.

Pada tahun lalu realisasi konsumsi BBM PLTD sebanyak 2,6 juta juta KL, dengan digantinya bahan bakar 52 PLTD menjadi BBG maka potensi konsumsi BBM yang dapat dikurangi sebanyak 1,6 juta KL sehingga PLN dapat menghemat biaya sebesar empat triliun rupiah.

Saat ditunjuk sebagai Dirut, Anda katakan akan fokus mendorong pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT). Seperti apa rencananya?

Saat ini, daya pembangkit EBT terpasang 7.800 MW. Ada tambahan daya dari PLTA Hasang berkapasitas 39 MW di Sumatera Utara yang baru saja mendapatkan sertifikat laik operasi. Kapasitas terbesar yang dimiliki PLN untuk sektor EBT yakni PLTA sebanyak 4.750 MW atau 60 persen dari total seluruh EBT. Pada tahun 2020, PLN berencana menambah pembangkit dari sektor EBT sebanyak 1.492 MW.

Ada banyak tempat yang belum menikmati listrik, lantas bagaimana upaya PLN dalam mendorong ketersediaan listrik di desa-desa?

Kami memiliki program desa berlistrik yang mampu menerangi 70.391 desa pada tahun 2015 menjadi 81.085 desa dan kelurahan di seluruh Indonesia. Sebagian besar penambahan desa berlistrik dilakukan di daerah-daerah yang sulit dijangkau, sehingga memerlukan pekerjaan yang lebih kompleks. Program ini diharapkan bisa mendorong produktivitas di desa dan kelurahan.

N-3

Tampilkan Semua

Polimer untuk Beton Tahan terhadap Api

Sabtu 22/2/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Self-compacting high-performance concrete (SCHPC) atau beton pemadatan mandiri berperforma tinggi hingga saat ini masih memiliki satu kelemahan, yakni menjadi serpihan dan terbelah saat terkena api sehingga mengurangi kapasitas daya...
Selengkapnya

Mesin Roket Sederhana Hemat Bahan Bakar

Sabtu 22/2/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dengan teknologi detonasi mesin berputar memungkinkan pesawat ruang angkasa yang lebih murah dan lebih ringan. Para peneliti telah mengembangkan model matematika yang menggambarkan cara kerja detonasi mesin berputar (rotating detonation...
Selengkapnya

Jelajah Etosha National Park

Sabtu 22/2/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Ini adalah sebuah pilihan setelah berkunjung ke Afrika Selatan. Mendatangi Namibia yang bertetangga dengan Afrika Selatan bisa menambah pengalaman unik. Republik Namibia adalah sebuah negara di Afrika bagian barat daya tepatnya di...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta