Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | April 7 2020
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Daerah yang Minta PSBB Belum Ajukan Rencana Aksi

Selasa 7/4/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya aturan teknis agar tidak ada perbedaan pandangan pusat dan daerah saat pemberlakuan PSBB. Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya aturan teknis agar tidak ada perbedaan pandangan pusat dan daerah saat pemberlakuan PSBB.   JAKARTA – Sejumlah daerah telah...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Perlu Intervensi Teknologi untuk Majukan Pendidikan

Selasa 7/4/2020 | 09:46
A   A   A   Pengaturan Font
Indonesia harus mengejar ketertinggalan dalam pendidikan nasional, karena itu penggunaan teknologi suatu keharusan.

 

JAKARTA - Teknologi jadi solusi dalam pembelajaran dalam jaringan (daring) di masa pandemi virus korona baru (Covid-19). Meski begitu, intervensi teknologi memang dibutuhkan terutama untuk memajukan sektor pendidikan.

“Besarnya sektor pendidikan membuat kebijakan pendidikan tidak mungkin dieksekusi tanpa teknologi,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, di Jakarta, Senin (6/4).

Nadiem menjelaskan besaran sektor di bidang pendidikan di antaranya mencakup jumlah guru dan murid seluruh Indonesia. Menurutnya, kebijakan pendidikan tidak akan berdampak menyeluruh tanpa bantuan teknologi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah membuat sebuah platform. Nantinya, platform tersebut bisa digunakan secara massal oleh pihak sekolah maupun pegiat-pegiat pendidikan.”Platform teknologi ini bisa digunakan untuk berbagai macam hal,” imbuhnya.

Lebih lanjut Nadiem menyebut terdapat tiga fokus dalam pemanfaatan platform tersebut. Fokus pertama terkait penyederhanaan administrasi seperti urusan keuangan sekolah. Ia menginginkan pengelolaan keuangan di sektor pendidikan lebih transparan, akuntabel, terukur, dan cashless atau tanpa transaksi uang kertas.

“Ini bisa merendahkan beban administrasi pelaporan guru dan kepala sekolah. Sehingga mereka bisa fokus pada pembelajaran,” jelasnya.

Selain itu, teknologi juga akan digunakan untuk asesmen siswa sehingga menentukan proses belajar yang sesuai bagi siswa. Teknologi, lanjut Nadiem, juga digunakan untuk mengidenti kasi kualitas guru agar tidak menggunakan tes tulis saja.

Nadiem menyadari pemanfaatan teknologi menjadi kendala tersendiri bagi wilayahwilayah tertinggal, terdepan dan terluar. Ia menjamin Kemendikbud akan menjalankan kebijakan-kebijakan a rmasi terkait kesiapan pengembangan infrastruktur dan peningkatan kualitas SDM pendidikan sampai tahun 2024.

Masih Gagap

Dihubungi secara terpisah, Pakar pendidikan dari Center for Education Regulation and Development Analysis (CERDAS), Indra Charismiadji, menilai ada kegagapan penggunaan teknologi dalam pembelajaran daring di Indonesia selama masa pandemi Covid-19. Menurutnya, ada salah pemahaman dari para guru dalam pembelajaran daring dari rumah.

Ia menyebut pembelajaran yang terjadi hanya memindahkan kelas ke digital atau sebatas menggunakan aplikasi pembelajaran saja. Pemanfaatan teknologi, lanjutnya, juga harus berorientasi pada kemampuan siswa memanfaatkan teknologi dalam menghasilkan karya. ruf/AR-3

Tampilkan Semua

Pembelajaran Daring

Selasa 7/4/2020 | 09:44
A   A   A   Pengaturan Font
Guru dan siswa SMK Pariwisata Dalung melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring di Badung Bali, Senin (6/4). Sekolah tersebut menerapkan pembelajaran secara daring menggunakan sejumlah aplikasi setelah kegiatan belajar mengajar di...
Selengkapnya

Pakar UGM Imbau Pemerintah Larang Mudik

Selasa 7/4/2020 | 09:42
A   A   A   Pengaturan Font
YOGYAKARTA - Wacana mengenai mudik lebaran kembali bergulir tahun ini. Bulan Ramadhan yang sudah dekat, begitu pula dengan Lebaran Idul Fitri setelahnya. Namun, wacana tersebut kali ini dikaitkan dengan pandemi Covid-19 yang masih...
Selengkapnya

Layanan Transportasi Sesuai Protokol Kesehatan

Selasa 7/4/2020 | 09:29
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan bahwa layanan operasional transportasi seperti bandara, pelabuhan, terminal dan stasiun tetap berjalan namun harus mengikuti protokol kesehatan yang saat ini...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Singapura Karantina 20 Ribu Pekerja Migran

Selasa 7/4/2020 | 06:48
A   A   A   Pengaturan Font

SINGAPURA - Otoritas kesehatan di Singapura pada Minggu (5/4) telah memerintahkan isolasi bagi 20 ribu pekerja migran setelah laporan kasus infeksi virus korona di asrama yang menampung mereka. “Langkah itu diambil setelah ada peningkatan 120 kasus infeksi baru per hari yang sebagian besar dikaitkan dengan para pekerja asing yang menginap di asrama tersebut,” demikian pernyataan otoritas kesehatan Singapura.

Dijelaskan oleh otoritas kesehatan Singapura bahwa dua asrama yang dipergunakan untuk menampung 19.800 pekerja asing itu akan dikarantina selama dua pekan dan para kebutuhan penghuni atas pangan, medis dan lainnya akan disediakan oleh pemerintah Singapura.

Di Singapura ada sekitar 280 ribu buruh konstruksi yang berasal dari Bangladesh dan Tiongkok yang sebagian besar tinggal dalam kompleks asrama yang amat besar. Saat ini otoritas kesehatan di Singapura sedang mengupayakan agar asrama-asrama itu tak sesak agar tak memudahkan penyebaran virus korona diantara para pekerja migran itu.  eko/AFP/I-1

Tampilkan Semua

Harimau di Kebun Binatang Bronx Positif Covid-19

Selasa 7/4/2020 | 06:46
A   A   A   Pengaturan Font
NEW YORK - Pihak pengelola Kebun Binatang Bronx di New York, Amerika Serikat (AS), pada Minggu (5/4) mengumumkan bahwa seekor harimau yang menghuni kebun binatang itu dinyatakan positif terkena Covid-19. Diduga harimau berusia 4 tahun...
Selengkapnya

Biden Wacanakan Konvensi Demokrat Via Virtual

Selasa 7/4/2020 | 06:45
A   A   A   Pengaturan Font
WASHINGTON DC - Kan­didat calon presiden Amerika Serikat (AS) unggulan dari ku­bu Demokrat, Joe Biden, pada Minggu (5/4) mengatakan bah­wa Konvensi Nasional Partai Demokrat mungkin akan dise­lenggarakan secara virtual...
Selengkapnya

Iran Kembangkan “Software” Percepat Deteksi Virus Korona

Selasa 7/4/2020 | 06:41
A   A   A   Pengaturan Font
TEHERAN - Pemerintah Iran telah mengembangkan sistem perangkat lunak kecerdasan buatan baru yang bisa mempercepat deteksi virus Covid-19. Akibat sanksi ekonomi Amerika Serikat (AS) yang membuat negara itu kesulitan mendapat peralatan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Polkam

30% Dana Bantuan Negara Diusulkan untuk Perempuan

Senin 24/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Untuk bisa menyiapkan calon pemimpin bangsa yang berintegritas, khususnya dari kalangan perempuan maka partai harus anggarkan dana khusus kederisasi kaum hawa.

JAKARTA - Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengusulkan 30 persen dana negara untuk par­tai politik dialokasikan untuk kaderisasi perempuan. Hal itu disampaikan karena selama ini partai mengeluh kesulitan mencari kader perempuan un­tuk dicalonkan dalam pemilih­an legislatif.

“Ada ketentuan pencalonan 30 persen dalam pemilu legis­latif (Pileg). Maka dari itu, sa­lah satu caranya adalah men­dorong alokasi 30 persen dari dana negara digunakan untuk kaderisasi perempuan,” kata peneliti Perludem, Khairunni­sa Nur Agustyati kepada Koran Jakarta, Minggu (23/2).

Untuk itu, tambah Khairun­nisa, partai pun bisa memak­simalkan sayap partai perem­puan sebagai sarana kaderisasi perempuan. Dengan begitu ke depan akan banyak muncul ca­lon pemimpim yang berintegri­tas dari jajaran internal Parpol.

Syarat Jadi Caleg

Secara khusus Khairunnisa menggarisbawahi perlunya diwujudkan demokratisasi di internal partai. Hal ini sebagai bagian dari membentuk sistem integritas partai. Dia mencon­tohkan soal syarat menjadi ca­lon anggota legislatif (Caleg). Misalnya yang mau dicalonkan sebagai Caleg, haruslah orang yang sudah menjadi kader minimal dua tahun sebelum Pemilu.

Perludem, tambah Khai­runnisa, juga mendorong sya­rat pembentukan partai politik dipermudah. Saat ini syarat pembentukan partai politik di­nilai sulit. Hal itu disebabkan biaya yang dikeluarkan mahal, Maka yang dapat mendirikan partai adalah para pemodal.

Khairunnisa menjelaskan lebih rinci. Dalam mendirikan partai harus memiliki kantor di seluruh wilayah Indonesia yaitu 100 persen di seluruh provinsi, 75 persen di kabupa­ten/kota, dan 50 persen di ke­camatan. Maka dari itu, partai tidak bisa muncul dari bawah.

“Kami mendorong agar sya­ratnya dipermudah, misalnya dengan menunjukkan dukung­an sejumlah harga satu kursi di wilayah tersebut. Kalau dia bisa menunjukkan hal tersebut maka bisa mendirikan partai, dan partai bisa muncul dari lo­kal,” jelas Khairunnisa.

Usulan lainnya, sambung Khairunnisa, yaitu terkait dis­intensif kepada partai politik. Jadi, jika Parpol yang sudah mendapatkan dana negara, te­tapi tidak dapat melaporkan­nya secara transparan maka akan dikenai disintensif.

“Disintensifnya adalah de­ngan mengurangi dana negara untuk partai tersebut di tahun berikutnya atau bahkan tidak mendapatkan dana negara sama sekali,” tukas Khairunnisa.

Sebelumnya, pengamat po­litik dari Universitas Indonesia, Ade Reza Hariyadi mengatakan bantuan dana negara untuk Parpol harus diaudit dengan baik. Hal itu menjadi kon­sekuensi Parpol sebagai pene­rima Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) se­hingga penggunaannya harus terikat dengan prinsip penggu­naan keuangan negara.

“Dengan demikian soal Par­pol menerima sumber dana dari APBN itu bisa dipertang­gungjawabkan,” kata Ade.

n dis/N-3

Tampilkan Semua

Panwas Pilkada Soppeng Dilindungi Asuransi

Jumat 7/2/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font
MAKASSAR - Panitia pengawas (Panwas) pemilihan ke­pala daerah (Pilkada) Kabupaten Soppeng mendapat per­lindungan asuransi dari Badan Penyelenggara Jaminan So­sial Ketenagakerjaan. Sebanyak 611 pengawas didaftarkan pada dua...
Selengkapnya

HUT Partai Gerindra

Jumat 7/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Efek Korona

Jumat 7/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Ekonomi

Bahas Kondisi Ekonomi

Selasa 7/4/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

IHSG Berpeluang Naik

Selasa 7/4/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan akan mengalami kenaikan pada perdagangan, Selasa (7/4). Sebab, berdasarkan rasio fibonacci, support pertama maupun kedua memiliki range pada level 4.697,67 and 4.529,48....
Selengkapnya

Jelang Ramadan, Stok Bawang Merah Dipastikan Aman

Selasa 7/4/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Pasokan bawang merah dipastikan aman menjelang Ramadan dan Idul Fitri. Kepastian itu didasarkan pada hasil pantauan terakhir di lapangan pada awal April ini. Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Prihasto Setyanto...
Selengkapnya

Maksimalkan Tol Laut di Tengah Pandemi Covid 19

Selasa 7/4/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan memaksimalkan peran tol laut. Selama ini, tol laut menjadi tumpuan logistik, khususnya di daerah 3TP (tertinggal, terpencil, terluar,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Mewujudkan Bengkulu yang Maju, dan Berdaya Saing

Senin 24/2/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Gubernur Bengkulu saat ini, Rohidin Mersyah bertekad untuk mewu­judkan Bengkulu yang ma­ju, sejahtera dan bermartabat dan berdaya saing tinggi. Un­tuk mengupas itu lebih lan­jut Koran Jakarta berkesempa­tan mewawancarai Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah. Berikut petikan wawancaranya.

Anda bertekad mewujud­kan Bengkulu yang maju. Bi­sa dijelaskan maknanya?

Bengkulu maju itu men­gandung makna masyara­kat Bengkulu yang berpenge­tahuan dan sadar akan kebu­tuhan secara individual atau kelompok. Masyarakat yang mampu menyesuaikan den­gan perkembangan dan ke­butuhan regional, nasional dan global tapi dengan tetap mempertahankan ciri dan identitas masyarakat Bengku­lu yang beragam serta bijak­sana dalam menghargai adat dan kearifan-kearifan lokal.

Jadi dalam lima tahun kepemimpinan saya, saya in­gin membangun Bengku­lu sehingga provinsi ini me­miliki keunggulan kompara­tif dan keunggulan kompetitif dibandingkan dengan dae­rah lain dalam segala aspek pembangunan. Bengkulu ber­daya saing tinggi yang in­gin kami wujudkan yang ter­cermin dalam pelayanan pub­lik, iklim usaha dan investasi, profesionalisme aparatur, per­aturan-peraturan yang di­hasilkan, dan sebagainya.

Apa saja infrastruktur strategis yang bisa men­dukung visi misi Anda membuat Bengkulu ber­daya saing tinggi?

Ya, meningkatkan kapasitas infrastruktur strategis dan berdaya sa­ing adalah salah satu yang masuk dalam visi misi ka­mi. Salah satunya, adalah meningkatkan kapasitas pelabuhan. Kami punya Pelabu­han Pulau Baai. Ini yang akan diting­katkan kapasitasnya, mengin­gat potensi peran pelabuhan Pulau Baai dalam pembangu­nan ekonomi Bengkulu san­gat besar dan penting.

Apa saja terobosan yang diperlukan untuk mening­katkan kapasitas pelabuhan Pulau Baai ini?

Ya diperlukan adanya tero­bosan kebijakan untuk opti­malisasi kapasitas pelabuhan melalui peningkatan kapasi­tas sarana dan prasarananya, maupun tata ke­lolanya, pem­bangunan dan pemban­gunan beber­apa terminal pelabuhan seperti peti kemas, benda cair, karantina hewan, termi­nal pen­gantongan semen curah. Ju­ga diperlukan pengembangan kerjasama dengan multi pihak untuk menjadikan pelabu­han Pulau Baai sebagai pusat koneksi pelabuhan samu­dera di Indonesia Bagian Barat. Peningkatan kapasitas pelabuhan ini harus mencer­minkan adanya keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif dibandingkan den­gan pelabuhan sejenis yang ada di provinsi lain.

Infrastruktur strategis lainnya yang perlu diting­katkan kapasitasnya?

Bandara udara Fatmawa­ti. Bandara ini memerlukan perluasan dari sisi kapasitas bandara sebagai sarana trans­portasi orang dan barang. Ke­mudian pembangunan sa­rana dan prasarana kargo sesuai dengan standar inter­nasional. Kami ingin menja­dikan bandara Fatmawati se­bagai pusat kegiatan lalu in­tas arus barang dan orang, paling tidak di wilayah Suma­tera bagian Selatan. Tapi per­luasan kapasitan bandara ini juga harus mampu mencer­minkan keunggulan kompara­tif dan keunggulan kompeti­tif dibandingkan dengan ban­dara lain.

Infrastruktur strategis lainnya?

Infrastrukur kelistrikan. Sekarang yang mendesak di­lakukan adalah pembangu­nan jaringan internal provinsi untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan indus­tri. Kemudian pembangu­nan pembangkit listrik tena­ga batu bara (padat dan cair). Pembangunan transmisi yang menjangkau provins-provin­si tetangga. Dan re-orientasi bisnis kelistrikan Bengkulu se­bagai pemasok tenaga listrik provinsi-provinsi di wilayah Sumatera bagian Selatan.

Peningkatan akses lintas provinsi juga sangat penting. Ini untuk membuka keter­isolasian dan atau kelancaran arus barang dan orang dari dan ke provinsi Bengkulu.

agus supriyatna/AR-3

Tampilkan Semua

Layanan Kereta Api Cibatu-Garut Gratis di Awal Operasional

Jumat 31/1/2020 | 17:55
A   A   A   Pengaturan Font
GARUT – PT Kereta Api Indonesia (KAI) siap menggratiskan layanan transportasi kereta api Stasiun Cibatu-Garut di Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada awal operasional sebagai bentuk pelayanan dan menarik minat masyarakat untuk...
Selengkapnya

Pemkot Bandung Bangun Kolam Retensi di Jalan Bima Guna Cegah Banjir

Jumat 31/1/2020 | 09:44
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mulai membangun kolam retensi di Jalan Bima yang dirancang untuk mampu menampung air untuk menahan luapan dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Sungai Citepus. Wali Kota Bandung, Oded M Danial,...
Selengkapnya

Dua Unit "Solar Tree" Dipasang di Alun-alun Bandung

Kamis 30/1/2020 | 12:22
A   A   A   Pengaturan Font
BANDUNG - Dua unit solar tree atau pohon panel surya dipasang di area Taman Alun-alun Bandung, Jawa Barat. Solar tree merupakan sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berbentuk seperti pohon yang energi listriknya dapat...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Otomotif

Kenyamanan Berkelas Mobil Premium 7 PenumpangToyota

Rabu 1/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Agen pemegang merek (APM) PT Mercedes-Benz Distribution (MBD) terus melengkapi portofolio produknya dengan bermacam varian model baru. Untuk mobil premium dengan kapasitas 7 penumpang, MBD menghadirkan Mercedes-Benz V-Class.

Dengan dimensi besar Mercedes-Benz V-Class dirancang untuk menjadikan perjalanan lebih santai, bergaya, dan lebih nyaman dengan menggabungkan aspek-aspek daya tarik kelas tinggi, kenyamanan, serta keseruan berkendara yang aman.

“Terlepas apakah Anda sedang dalam perjalanan bisnis atau bepergian bersama keluarga, V-Class memberikan fleksibilitas optimal dengan kenyamanan interior sekaligus tampilan yang elegan,” ujar Deputy Director, Sales Operations and Product Management, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto.

Kariyanto mengatakan, bagi penumpangnya van ini menawarkan kenyamanan sekelas sedan Mercedes Benz. Hal ini tercapai berkat penggabungan fungsionalitas, kenyamanan serta gaya yang tidak dimiliki oleh kendaraan lain di segmen yang sama seperti Toyota Alphard. Interiornya menghadirkan kelapangan pada mode MPV dengan dashboard menggunakan desain cockpit berkualitas bahan nomor satu.

Joknya memakai desain captain yang dapat diatur secara elektrik dengan memori dan fungsi pijat di baris tempat duduk kedua, ditambah sandaran kaki tambahan guna meningkatkan kenyamanan bepergian.

Dari segi eksterior, New V-Class Avangard Line memancarkan tampilan tampak depan yang lebih luas dan visual yang lebih kokoh. Desain bumper baru yang menawan hadir dengan cooling gril radiator berlian baru.

Lambang Bintang Mercedes diposisikan pada pusat grille radiator bersama dengan dua garis silver. V-Class adalah kendaraan pertama di segmennya yang menyediakan semua lampu berteknologi LED sebagai standar. Sistem infotainment menggunakan Audio 20 dilengkapi dengan sistem suara surround Burmester. Sementara dapur pacunya memakai mesin 2.000 CC empat silinder segaris, menghasilkan daya 211 tenaga kuda dan torsi maksimum 350 Nm. Tenaga dikirim ke transmisi otomatis 7G-Tronic Plus yang akan memperkuat karakteristik penanganan (handling) serta menekan konsumsi bahan bakar.

Mobil ini cukup lapang dengan panjang 5,140 mm, lebar 1928 mm dan tinggi 1980 mm. Untuk kemudahan pengemudi, mobil ini dilengkapi dengan berupa radar modern, kamera dan sensor ultrasonik, yang terdapat pada sedan E-Class dan S-Class.

Fitur-fitur standar lainnya termasuk Crosswind Assist, yang menstabilkan V-Class dari terpaan angin melintang (crosswind) yang kuat, Blind Spot Assist dan Attention Assist yang dapat memperingatkan pengemudi saat kelelahan.

Selain itu, V-Class juga dilengkapi peralatan standar lainnya antara lain Active Park Assist dengan Kamera 360 derajat, sehingga pengemudi dengan miudah memarkir kendaraan. Sistem LED intelligent light system yang dirancang juga memberikan New V-Class dengan tampilan yang memukau dan elegan. hay/S-2

Tampilkan Semua

APM Kenalkan Teknologi Pintar pada Konsumen

Rabu 1/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Nissan di Indonesia melakukan kampanye test drive “Jalan-jalan bareng Nissan.” Tujuan dari kampanye ini adalah untuk menyediakan pelanggan di pulau Jawa akan kesempatan untuk mencoba teknologi pintar Nissan dan melihat...
Selengkapnya

Pesaing Baru Segmen SUV

Rabu 1/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pabrikan Korea Selatan, Kia menawarkan Sorento generasi anyar dengan pembaruan yang revolusioner. Pertengah Februari lalu, Kia mengenalkan Kia Sorento terbarunya. Mobil yang berada pada segmen yang sama dengan Mitsubishi Pajero dan...
Selengkapnya

Sejarah Motor Bebek di Indonesia

Jumat 20/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Popularitas motor matik membuat motor bebek kini semakin ditinggalkan, meski sebagian konsumen masih tetap bertahan. Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia ( AISI), sepanjang September 2019 penjualan motor bebek mengalami...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

Printer Komersial untuk Kebutuhan Indoor dan Outdoor

Kamis 2/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Epson menghadirkan dua  tipe printer terbaru untuk segmen perusahaan cetak komersial yaitu  S60670L dan S80670L. Dua tipe ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan percetakan baik dalam ruang (indoor) maupun luar ruang (outdoor) bagi pada pelanggannya. 

"Printer ini dirancang untuk memberikan kualitas luar biasa untuk percetakan komersial indoor dan outdoor,” kata Product Marketing Commercial & Industry Manager, Epson, Lina Mariani. 

Lina menjelaskan, kelebihan yang ditawarkan dari kedua printer tersebut adalah dilengkapi dual Head precision core TFP print Head, dengan resolusi 1440 x 1440 dpi menghasilkan detail gambar yang tinggi pada bahan indoor (seperti inkjet paper, photo paper). 

Tipe  S60670L memiliki ukuran cetak 64 inci guna ntuk menjawab kebutuhan pasar yang membutuhkan kecepatan pencetakan tinggi dengan kualitas cetak yang unggul dan berkualitas. Sedangkan tipa S80670L hadir dengan 10 warna menghasilkan printer ECO Solvent dengan warna gamut yang paling luas untuk memenuhi kebutuhan pasar yang mengutamakan kualitas warna. 

Kelebihan lain dari kedua printer ini adalah dilengkapi dual Head precision core TFP print Head, dengan resolusi 1440 x 1440 dpi menghasilkan detail gambar yang tinggi di bahan indoor, seperti inkjet paper, photo paper, Canvas, Albatros, PVC, Backlite Film Duratrans, dan lainnya. Printer ini juga mampu mencetak dengan baik untuk bahan outdoor seperti Vinyl Flexi Frontlite Backlite, Sticker Vinyl, Sticker Transparan, Sticker One Way Vision, Mash Banner, Cloth Kain Banner).  Tipe S60670L dan S80670L merupakan varian terbaru melengkapi printer Eco Solvent yang saat ini sudah hadir di pasar. Kelebihan yang ditawarkan oleh varian terbaru ini adalah penggunaan tangki tinta yang sebelumnya hanya memiliki kapasitas 700 ml kini hadir dengan kapasitas 1,5 Liter. 

Dengan Bulk Ink System dilengkapi dengan kantong tinta 1,5 liter yang mengurangi waktu berhenti produksi. Ini meminimalkan intervensi pengguna dengan maintenance print head otomatis, untuk proses cetak tanpa gangguan yang lebih lama, yang membawa kenyamanan lebih besar dan biaya tinta lebih rendah. “Dua pinter ini sangat cocok untuk customer HPV atau High Print Volume,” ujar Lina.  Epson S60670L dan S80670L tergolong ramah lingkungan telah mendapatkan disertifikasi oleh Nordic EcoLabel. Epson S80670L tidak memerlukan ventilasi khusus ketika beroperasi dalam ruangan karena tinta UltraChrome GS3 yang hampir tidak berbau. 

Tinta UltraChrome GS3 tersebut merupakan formulasi pigmen aman yang 100 persen bebas dari senyawa nikel dan fluor yang berbahaya. Selain Nordic EcoLabel, juga bersertifikasi Greenguard Gold dan memenuhi criteria French-VOC A+ Class untuk emisi kimia yang rendah. hay

Tampilkan Semua

Printer 12 Warna untuk Hasil Cetak Lebih Akurat

Rabu 1/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Untuk kebutuhan tertentu seperti perikalan, seni, pengemasan, dan lainnya dibutuhkan printer yang mampu mencetak foto dalam ukuran besar dan akurasi cetak tinggi. Oleh karenanya perlu dukungan teknologi cetak agar untuk memenuhi tuntutan...
Selengkapnya

Akses Gratis ke Platform Edukasi

Selasa 31/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Salah satu masalah yang dihadapi pelajar dalam mendapatkan materi belajar daring adalah biaya internet dan materi pendidikan berbayar. Operator seluler dan penyedia konten belajar memberikan akses gratis. Pemberlakukan social...
Selengkapnya

Kamera Kecepatan Tinggi untuk Profesional

Selasa 31/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Para fotografer profesional membutuhkan kamera dengan kualikasi khusus. Salah satu yang dicari adalah yang memiliki kecepatan dalam pengambilan gambar secara berkesinambungan dan kemampuan fokus kilat agar mereka tidak kehilangan momen...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Properti

Desain Pasar Mikro untuk Minimalisir Penyebaran Korona

Selasa 7/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pasar saat ini menjadi lokasi yang patut dihindari seiring dengan merebaknya wabah virus Korona atau Covid-19. 

Mengingat pasar merupakan lokasi yang tidak dapat dihindari oleh masyarakat di tengah wabah virus, dipandang perlu untuk membuat desain pasar yang mampu mengakomodasi kebutuhan ruang dalam transaksi jual beli bahan pangan di tengah wabah Korona. Dengan desain yang pas dan sesuai, pasar mikro dipandang dapat meminimalkan jumlah pengunjung yang datang. Dalam konsep pasar mikro, jumlah pengunjung maupun pedagang yang terdapat dalam pasar akan dibatasi. Upaya tersebut tidak lain untuk menjaga jarak antara satu orang dengan lainnya demi menghindari penyebaran virus. Konsep pasar mikro dikembangkan Shift Architecture Urbanism, sebuah studio arsitektur di Belanda. Mereka mengembangkan desain pasar mikro di tengah wabah virus korona.

Pasar dikembangkan supaya masyarakat dapat membeli produk pangan tanpa bersentuhan satu dengan lainnya, seperti yang selama ini biasa terjadi di dalam pasar. “Bahkan dengan langkahlangkah perlindungan, tampaknya sulit serta tidak mungkin mengesampingkan resiko kontaminasi di pasar tradisional,“ ujar ijs van Bijsterveldt Oana dan Harm Timmermans, arsitek seperti yang dilansir dari portal dezeen. Di sisi lain, supermarket menjadi salah satu tempat niaga untuk memenuhi kebutuhan pangan segar di saat wabah virus. Namun, persoalannya, harga barang di supermarket biasanya lebih tinggi ketimbang di pasar tradisional. Selain itu, supermarket juga tidak terlepas dari kendala pengaturan jarak dengan orang lain.

“Aturan jarak sosial sangat sulit dikendalikan dan banyak orang yang menyentuh produk yang sama,” ujar dia. Tiga Kios Proposal yang diajukan Shift Architecture Urbanism berdasarkan gagasan bahwa pasar bahan pangan dapat dipecah dan tersebar di seluruh lingkungan. Mereka menyebutnya pasar mikro yang dapat beroperasi dalam skala lokal. Setiap pasar mikro hanya terdiri tiga kios yang kurang lebih memiliki luas 16 meter persegi. Masing-masing kios memiliki dua bagian, yaitu tempat pemesan dan pembayaran. Pasar yang memiliki satu pintu masuk dan dua pintu keluar tersebut hanya mengizinkan sebanyak enam orang yang masuk ke dalam ruang yang sama.

Selama di dalam pasar, mereka dapat bergerak bebas dengan catatan, satu kios hanya untuk satu pengunjung. Selain itu, setiap kios disarankan menjual barang paket bukan barang eceran. Tujuannya tidak lain, agar proses niaga dapat berlangsung lebih cepat dan barang dagang tidak disentuh banyak tangan. Dalam pasar mikro, desain konsentrasi pasar lebih menyebar. Cara tersebut dilakukan untuk memecah pasar serta dapat dilakukan dalam jangka waktu panjang. Konsep mikro menjadikan pasar datang ke konsumen. 

Hunian Nyaman, Minim Perawatan

Tempat tinggal minim perawatan, kaya cahaya alam serta mampu menjaga privasi penghuni menjadi salah satu idaman masyarakat modern di kota besar. Penghuni dapat merasakan kenyamanan tempat tinggal tanpa membuang banyak waktu untuk merawatnya. Waktu menjadi barang berharga untuk masyarakat modern yang penuh kesibukan. Lantaran minimnya waktu, mereka hampir tidak memiliki kesempatan untuk merawat tempat tinggalnya. Jika tidak memiliki asisten khusus untuk merawatnya, desain tempat tinggal yang mengakomodasi kesibukan sehari-hari menjadi pilihan untuk mendapatkan tempat tinggal yang nyaman. Ruangrona, sebuah studio arsitektur di Indonesia membuat desain yang mengakomodir kebutuhan pasangan muda di kota besar yang sarat dengan pekerjaan dan kegiatan. Rumah di desain dengan fasad yang tidak biasa seperti rumah-rumah Indonesia pada umumnya. Dengan alasan, karena mereka ingin memfokuskan ruang pada bagian dalam tepat tinggal.

Seperti yang dilansir dari archdaily, desain yang diberi nama CJ-House ini membuat fasad yang tertutup di bagian depannya, sedangkan bukaan terletak di bagian samping. Semula sempat muncul kekhawatiran tentang cahaya di dalam rumah, namun banyaknya bukaan ke samping dan skylight menjadi solusi untuk memberikan cahaya ke dalam rumah yang tampak terhalang dari bagian depan.

Untuk menanggapi situasi di sekitar bangunan, tempat tinggal dengan luas 230 meter persegi ini dirancang dengan orientasi ke dalam. Sehingga, penghuni dapat menikmati tempat tinggal tanpa gangguan lingkungan sekitarnya. Keterbatasan lahan menjadikan bangunan didesain dengan kompak antara satu dengan lainnya. Selain itu, desain tempat tinggal memberikan ruang penghijauan untuk menghilangkan kesan sempit din/S-2

Tampilkan Semua

Bangunan untuk “Rumah Sakit Darurat”

Senin 30/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Seiring dengan merebaknya wabah virus Korona atau Covid-19, banyak bangunan yang berubah fungsi menjadi “rumah sakit dadakan”. Perubahan fungsi ini tentu harus memenuhi standar rumah sakit agar modifikasi yang dilakukan...
Selengkapnya

Media Pesan untuk Perangi Korona

Senin 23/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Bangunan pencakar langit menjadi media aksi solidaritas terhadap wabah virus korona. Kepedulian tersebut ditunjukkan pada bangunan yang terdapat di Tiongkok dan Timur Tengah. Bangunan biasanya menunjukkan respon yang lambat terhadap...
Selengkapnya

Revolusi Batu untuk Struktur Bangunan

Senin 23/3/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di era modern seperti saat ini, batu bisa menjadi bahan bangunan alternatif untuk membuat struktur bangunan kontemporer, selain beton dan baja yang telah lazim digunakan selama ini. Batu merupakan bahan baku yang kuat, memiliki estetika,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Olahraga

Vinales Donasi untuk RS di Girona

Selasa 7/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

MILAN – Pebalap MotoGP Maverick Vinales mengikuti langkah atlet dunia lainnya dalam memerangi wabah virus korona kali ini dengan memberi donasi untuk dua rumah sakit di kampung halamannya di utara Barcelona, Spanyol. Pebalap tim Yamaha itu menyumbangkan masker dan alat-alat pelindung kesehatan ke University Hospital de Girona Doctor Josep Trueta dan Hospital de Santa Caterina, keduanya terletak di Girona, seperti dilaporkan laman berita asal Catalan Diari de Girona.

“Kesehatan adalah yang paling penting... kami mencoba untuk membantu wilayah kami sendiri dengan semua sumber daya yang bisa kami berikan, sekarang kami mencoba membuka kemungkinan baru untuk membantu rumah sakit lainnya di sekitar,” kata Vinales dilansir laman resmi MotoGP. Vinales tinggal di Andorra, kerajaan kecil di antara Spanyol dan Prancis, yang juga memberlakukan lockdown karena pandemi Covid-19. “Kami sebisa mungkin tidak keluar, hanya untuk belanja, karena kami menjalani lockdown hingga pemberitahuan selanjutnya. Jika kalian keluar tanpa alasan, kalian akan didenda. Kalian tak diizinkan melakukan apa pun kecuali itu sangat vital.”

Sementara itu musim baru MotoGP 2020 mundur lagi ke akhir Mei setelah panitia penyelenggara Grand Prix Prancis memutuskan penundaan balapan di Le Mans karena kekhawatiran pandemi virus korona yang masih berlangsung. GP Prancis, yang sedianya dilangsungkan pada 17 Mei, menjadi seri balapan kelima yang ditunda sejak balapan pembuka musim di Qatar yang harusnya berlangsung 8 Maret berakhir batal.  Ant/S-1

Tampilkan Semua

Pulev Sumbang Paramedis

Selasa 7/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
PARIS – Penantang juara dunia kelas berat IBF, Kubrat Pulev, menyatakan akan menyumbangkan separuh dari hadiahnya dalam pertarungan kelas berat tinju melawan petinju Inggris Anthony Joshua untuk membantu paramedis yang tengah...
Selengkapnya

Ancelotti Ingin Boyong Bale dan James

Selasa 7/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kedua pemain itu tampil baik di bawah asuhan Ancelotti dalam kesempatan sebelumnya. LONDON – Carlo Ancelotti tampak serius dengan ambisinya untuk membangun Everton kembali ke masa kejayaan, salah satunya dengan rencana memboyong...
Selengkapnya

Leclerc Bawa Ferrari Juara Balap Virtual

Selasa 7/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
LONDON – Pebalap Ferrari Charles Leclerc tampil dominan dan menjadi juara dalam debutnya di balapan virtual Formula 1 sepanjang 28 lap, Senin dini hari dan menjadi seri kedua ajang esports yang digelar resmi oleh F1 untuk memberi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Wagub Bukan Sekadar Pajangan

Selasa 7/4/2020 | 09:25
A   A   A   Pengaturan Font

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta memilih kader Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria, sebagai wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta. Dalam proses pemilihan yang berjalan tertutup di Gedung DPRD DKI, Senin (6/4), Riza mengantongi 81 suara, mengalahkan pesaingnya, kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nurmansjah Lubis.

Nurmansjah hanya mendapatkan 17 suara dari anggota dewan. Dua suara dinyatakan tidak sah. Riza akan mendampingi Anies Baswedan hingga sisa periode jabatan yang akan berakhir pada 2022.

Terpilihnya Riza menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru mengakhiri kekosongan kursi wakil gubernur sejak ditinggalkan Sandiaga Uno pada Agustus 2018. Sandiaga mundur untuk bertarung di Pemilihan Umum Presiden 2019 mendampingi Prabowo Subianto. Sejak saat itu, Anies Baswedan tak memiliki pendamping.

Hampir dua tahun, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, bekerja sendiri dalam mengurus warga Jakarta. Sedikit banyak tentu membuat pekerjaan terhambat. Padahal, pekerjaan rumah Jakarta sangat banyak dan berat, mulai dari masalah Covid-19, banjir, kemacetan lalu lintas, dan lainnya, belum terselesaikan hingga kini.

Warga Jakarta tentu menaruh banyak harapan kepada Riza agar bisa membantu Anies menuntaskan janji-janji kampanyenya hingga akhir masa jabatan 2022. Sebagai politisi, Riza tentu telah menyadari bahwa jabatan wakil gubernur bukan sekadar pajangan. Tugas menjadi wagub DKI Jakarta itu sangat berat. Terlebih lagi publik punya perhatian lebih terhadap tindak-tanduk Anies.

Anies adalah orang yang dinamis, sehingga siapa pun yang menjadi wakil gubernur harus bisa memosisikan diri sebagai pemberi usulan-usulan inovatif kepada Anies. DKI Jakarta tidak bisa diselesaikan hanya melalui by text book. Perlu ada inovasi dan membuat regulasi yang bisa memberikan pelayanan kepada publik dengan baik. Ini sangat penting karena Jakarta menjadi sorotan semua mata. Apalagi, sosok wagub sudah lama dinantikan.

Persoalan besar di depan mata saat ini adalah ancaman virus korona baru jenis Covid- 19. Kita berharap wagub terpilih tidak hanya dijadikan pajangan politik semata. Riza harus bisa membantu Anies menata seluruh permasalahan pelik yang ada di Ibu Kota saat ini.

Selain itu, di tengah situasi ekonomi global dan nasional yang tidak menentu, wagub baru harus bisa memastikan Pemprov DKI tetap menjaga pertumbuhan lapangan pekerjaan. Kedua, memasuki bulan Ramadan dan musim Lebaran, wagub baru harus bisa memastikan stabilitas harga bahan pangan dan memastikan harga-harga tidak bergejolak.

Wagub terpilih harus membantu Anies menyelesaikan beberapa agenda penting, misalnya penanganan banjir yang belakangan menjadi sorotan masyarakat. Masyarakat sudah terlalu lama menunggu proses penyelesaiannya. Warga DKI berharap Riza bisa langsung tandem dengan Anies untuk hadir di tengah masyarakat.

Ahmad Riza Patria adalah nama lama yang cukup melanglang buana dalam politik di Indonesia. Dia lahir di Banjarmasin pada 17 Desember 1969, dan merupakan putra dari Amidhan Shaberah (Ketua MUI periode 1995 sampai 2015). Riza menikah dengan Ellisa Sumarlin dan dikaruniai tiga orang putri. Riza tercatat lulusan S1 Teknik Sipil ISTN tahun 1989 hingga 1997. Dia melanjutkan pendidikan S2 Master in Bussines Administration, ITB Bandung, pada tahun 2004 hingga tahun 2008.

Kariernya di dunia parlemen pun tak perlu diragukan lagi. Riza pernah menduduki sejumlah jabatan sebagai anggota DPR RI periode 2014–2019. Riza kembali melenggang masuk Kompleks Parlemen sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI dari Partai Gerindra periode 2019–2024. Dia juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Gerindra MPR RI periode 2019–2024.

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD, setelah terpilih wakil gubenur, DPRD DKI harus mengusulkan pelantikan wagub terpilih kepada Presiden. Presiden kemudian akan melantik wagub tersebut. Kita berharap Presiden segera melantik Reza sebagai wakil gubernur.

Tampilkan Semua

Bantu Perangi COVID-19, Tupperware Beri Dukungan Kepada Tenaga Medis

Senin 6/4/2020 | 11:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta, 31 Maret 2020 Indonesia kembali berselimut duka, virus COVID-19 merebak dan menjangkit berbagai kalangan masyarakat di Indonesia.Tercatat lebih dari 1400 orang terjangkit virus per hari ini.Untuk itu Tupperware Indonesia...
Selengkapnya

PSBB Lebih Ketat dari Jaga Jarak

Senin 6/4/2020 | 09:17
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah telah menetapkan virus korona atau Covid-19 sebagai jenis penyakit dengan faktor risiko yang menimbulkan kedaruratan kesehatan masyarakat. Sebab itu, pemerintah memutuskan menjalankan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar...
Selengkapnya

Tips Atasi Kekurangan Waktu

Senin 6/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pertanyaan : Bu Rossa, saya sudah dua kali ditegur atasan karena menyelesaikan pekerjaan melebihi tenggat. Saya sudah berusaha keras tapi rasanya waktu begitu sempit, padahal pekerjaan begitu banyak. Mohon tipst-ipsnya. Jawaban...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

TV Android dengan “Asisten Google”

Selasa 7/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Solusi kenyamanan dalam melihat konten menarik di internet adalah dengan layar besar bukan dengan ponsel. Melalui smart TV pengguna dapat dengan mudah menikmati bermacam konten hiburan dan informasi. TCL baru saja meluncurkan dua seri TV pintar terbaru untuk pasar Indonesia yaitu seri TCL A5 seri 32 inci dan TCL A5 seri 40 inci. Kedua TV berbasis sistem operasi Android 9.0 memiliki tur unggulan yang tersedia, dilengkapi dengan borderless screen dan super narrow bezel. Layarnya telah menggunakan teknologi HDR, sebuah teknologi yang mampu mereproduksi jajaran warna lebih lebar dan lebih terang, sehingga layar dapat menampilkan area cerah, namun masih mempertahankan area gelap. Fitur menarik lainnya berupa Asisten Google yang telah tersertikasi oleh Google Android TV, Netix dan YouTube.

Fitur ini memungkinan pengguna melakukan perintah suara, sehingga tidak perlu memencet remote control. “Google Assistant yang membantu memudahkan sistem operasi televisi dengan menggunakan suara. Google Assistant memberikan hiburan seperti kemampuannya untuk bernyanyi, berbicara, menyebutkan data diri konsumen, mencari informasi dan berita,” kata Assistant Marketing Manager TCL, Ayip Bayu Satrio.

Kualitas Suara Kualitas suara TCL A5 memiliki tur Dolby Audio, yang menghasilkan kualitas suara yang jernih serta mendalam. Smart Volume, yang mampu secara otomatis menyesuaikan volume sehingga menghilangkan uktuasi suara mendadak yang biasanya dialami ketika berpindah saluran. Smart TV TCL A Series 32 inci dan 40 inci bisa didapatkan pelanggan melalui layanan belanja online di Lazada. Penawaran menarik untuk memiliki produk ini akan diberikan melalui program TCL Exclusive Launch dalam rangka menyambut ulang tahun Lazada di tahun ini.

TCL A5 memiliki beberapa soket dan cara koneksi, satu televisi dengan banyak fungsi, seperti HDMI menyambungkan laptop ke TV, USB untuk menyambungkan soket USB, AV port menyambungkan ke game, dan Chromecast yang menyambungkan ponsel ke TV. Untuk pembeli seri TCL A5 melalui took resmi Lazada bulan ini akan mendapatkan harga menarik. Selain itu, TCL selalu memberikan jaminan kualitas dan layanan purnajual dengan jaminan garansi selama tiga tahun untuk panel LCD dan satu tahun untuk suku cadang. hay/S-2

Tampilkan Semua

Tetap Produktif di saat Pandemi Korona

Selasa 7/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Bekerja dari rumah dengan memanfaatkan jaringan internet menawarkan esiensi dan produktivitas. Cara ini sangat tepat dilakukan ketika pandemi Covid-19 sedang mewabah Pandemi Coronavirus disease (Covid-19) membuat sebagian orang...
Selengkapnya

Shania Twain - Mengisi Isolasi dengan Membuat “Meme”

Selasa 7/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pada malam pertunjukan akustik yang menginspirasi, Shania Twain membawa kemeriahan! Ratu Country itu tampil bukan hanya satu kali, tetapi dua kali membawakan hit klasiknya untuk spesial CBS, ACM Presents: Our Country, dengan gitarnya...
Selengkapnya

Kamera Thermal untuk Deteksi Covid-19

Selasa 7/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Alat pengukur suhu genggam berbasis teknologi inframerah yang saat ini diandalkan untuk mendeteksi suhu badan sebagai upaya pendeteksi dini wabah Covid-19 ternyata masih memiliki kelemahan. Jarak yang tidak tepat kerena salah dalam...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Produksi APD

Selasa 7/4/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Wajib Gunakan Masker

Selasa 7/4/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Selengkapnya

Puluhan Ribu Kerumunan Massa Dibubarkan Polisi

Selasa 7/4/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyatakan membubarkan 10.873 kerumanan masa selama pandemi virus korona (Covid-19). “Angka tersebut hasil kumulatif dari seluruh kegiatan Polri di berbagai wilayah. Kegiatan...
Selengkapnya

Menkes Setujui PSBB DKI

Selasa 7/4/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemprov DKI Jakarta segera lengkapi data-data pendukung yang dibutuhkan Menkes untuk segera menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta. JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
The Alun-Alun

“Nias Shipwreck: Jewel Under The Sea”

Selasa 7/4/2020 | 08:13
A   A   A   Pengaturan Font
Catatan perjalanan ini dibuat Marischka Prudence dalam blognya.

 

Marischa Pruedence saat menyelam di Nisa

Foto : ISTIMEWA

Pertama kali diajak Pinneng ke Nias untuk menyelam, pikiran saya “hmm, oke lah kan jalan bareng teman-teman,” Namun saya sama sekali tidak berharap akan mendapatkan pengalaman menyelam yang luar biasa, karena selama ini saya sama sekali tidak punya referensi lokasi menyelam di Nias, apalagi Nias lebih populer sebagai tempat surfing dibanding scuba diving.

Siang itu kami sudah siap di dermaga di Pantai Tagaule Onolimbu. Kapal sudah merapat dan saya memperhatikan kapal cepat yang sudah stand by. “Ini bukan kapal diving, akan cukup sulit naik ke kapal usai menyelam.”

Memang belum ada dive center di Nias, untuk tabung menyelam pun kami meminjam dari Dinas Kelautan dan bisa dibantu karena kami datang pada masa Sail Nias 2019.

Hanya 10 menit saja naik kapal, kami sudah tiba di area dekat salah satu pulau di dekat Tagaule Onolimbu. Pinneng memperhatikan posisi GPS dan melihat posisi, ia mencocokkan koordinat yang sudah ia simpan dengan lokasi kapal.

Tidak lama ia turun terlebih dahulu untuk memastikan lokasi. Saat tanda oke sudah diberikan, kami segera turun dengan alat diving lengkap.

Kami mengayuh fins mengikuti Pinneng yang berada di depan kami. Tak lama terlihat bentukan besar di dalam laut biru, Shipwreck!

Bangkai kapal karam besar ini dulunya adalah kapal ferry yang mengangkut mobil, itu menjelaskan area depan yang besar dan lebar, tempat di mana mobil-mobil dahulu parkir saat naik ke kapal. Di area belakang kapal, kami bisa masuk ke beberapa ruangan, termasuk ruangan kemudi.

Kapal dalam posisi lurus di kedalaman sekitar 16-20 meter dan titik tertinggi kapal hanya di kedalaman 10-8 meter saja, sangat ideal untuk scuba diving maupun freediving.

Dari kondisi kapal, terlihat bahwa bangkai kapal masih baru, belum banyak koral yang tumbuh sehingga kapal kami masih dapat masuk dan bahkan memegang sebagian sisi kapal (jangan lakukan di bangkai kapal yang sudah ditumbuhi koral ya).

Usai penyelaman, kami belum puas sehingga kami menjadwalkan penyelaman lagi keesokan harinya di titik yang sama. Saya dan teman-teman sudah punya bayangan lokasi, selain itu saya dan Ferry dapat mendiskusikan foto yang ingin kami buat dengan melihat kondisi kapal.

Keesokan harinya kami menyelam lagi, kondisi laut bahkan lebih jernih dibandingkan hari sebelumnya. Saya yang sudah merencanakan konsep foto bersama Ferry memantau situasi dan membuat foto yang akan sulit dilakukan di tempat lain.

Foto seakan-akan berdiri dan mengeksplorasi kapal dengan “berjalan-jalan” di area kapal karam selalu jadi hal yang ingin saya lakukan dan shipwreck Nias ini sangat ideal, belum ada koral tumbuh (hanya sedikit sekali di beberapa sudut saja karena kapal masih baru), posisi kapal yang lurus, arus yang tenang dan kedalaman yang ideal.

Usai berfoto, saya berkeliling kapal dan memantau kembali kedalaman kapal dan ketinggian di beberapa sisi, menikmati memutari kapal dan melihat berbagai sudut kapal. It such a good diving days, terima kasih Nias!

@marischkaprue - so much to see under the sea

Catatan:
Foto di postingan ini mungkin akan memancing komentar beberapa teman, terutama mengenai standar perilaku penyelaman. Ada beberapa hal yang saya tekankan di sini dan semoga menjadi parameter jika ada yang ingin melakukan hal serupa.

Jangan Lakukan Tanpa Pengawasan Penyelam Profesional

Pastikan kalian sudah bilang dan izin ke dive master/ dive guide/ dive instructor kalian, Pastikan sudah mengenal lokasi dan pastikan ada yang berperan tidak hanya sebagai buddy namun dapat menjaga kalian selama penyelaman.

Jangan Lakukan Jika Ragu

Jika ragu untuk lepas BCD atau fins, jangan dilakukan. Keraguan dapat membuat kita salah mengambil keputusan yang dapat berakibat fatal.

Hanya Diperbolehkan Pada Spot Tertentu

Pastikan dilakukan di lokasi yang boleh dilakukan dan tidak mengganggu habitat alami yang sudah ada, seperti wreck di Nias yang saat kami datang belum ditumbuhi koral. Jika saat kalian datang, situasi sudah berubah dan kapal sudah diliputi koral, jangan dilakukan.

Selalu Perhitungan dan Buat Perencanaan

Rencanakan dengan baik dan diskusikan dengan diving partner kalian. Ingatlah bahwa scuba diving tidak berbahaya, namun aksi tanpa perencanaan dan tindakan ceroboh atau panik dapat membahayakan. Selamat menyelam. ars

Tampilkan Semua

Marischka Prudence

Selasa 7/4/2020 | 08:08
A   A   A   Pengaturan Font
Marischka Prudence, di seputaran tahun 2010, wajahnya tidak asing lagi bagi pemirsa Metrotv. Presenter berita ini menuntaskan kesukaannya dalam perjalanan wisata dan menulis di blognya sendiri.   Akrab dipanggil Pru kependekan dari...
Selengkapnya

Berbagai Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh

Senin 6/4/2020 | 07:30
A   A   A   Pengaturan Font
Sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Imunitas tubuh harus dijaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit. Dilansir dari laman alodokter.com ada berbagai cara yang bisa dilakukan...
Selengkapnya

Produk Peningkat Daya Imun yang Aman Dikonsumsi

Senin 6/4/2020 | 07:23
A   A   A   Pengaturan Font
Produk peningkat sistem kekebalan tubuh belakangan disebut-sebut bisa menyebabkan reaksi sistem imun berlebihan sehingga sebaiknya tak dikonsumsi di masa pandemi virus corona baru atau COVID-19.   Namun, hal itu dibantah Wakil...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita the alun-alun lainnya
Kupas

Dukungan Anggaran untuk Koneksi Internet Pegawai Belum Dialokasikan

Selasa 7/4/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Di tengah badai pandemi Covid-19 atau virus korona, mesin birokrasi mesti tetap jalan. Begitu pun dengan reformasi birokrasi, jangan sampai berhenti. Birokrasi jangan sampai menjadi penghambat, justru saat inilah momentum yang tepat mengoptimalkan reformasi birokrasi.

 

Pemerintah telah memberlakukan sistem bekerja di rumah atau work from home bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Bahkan, kebijakan ini diperpanjang sampai 21 April 2020. Untuk mengupas efektifitas, serta kendala dari sistem work from home bagi ASN, Koran Jakarta ber­kesempatan mewawancarai Men­teri Pendayagunaan Aparatur Nega­ra dan Reformasi Birokasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, di Jakarta. Berikut petikan wawancaranya.

Pemerintah memperpanjang kebijakan work from home bagi ASN, ada tenggat waktunya tidak, kebijakan ini berakhir kapan?

Ya, masa pelaksanaan work from home bagi ASN diperpanjang sam­pai 21 April 2020 atau dua puluh satu hari kalender terhitung sejak tanggal 1 April 2020. Nanti setelah 21 April, kami akan mengevaluasi kebijakan work from home bagi ASN dengan melihat situasi yang ada. Perpanjangan kebijakan work from home bagi ASN itu sendiri telah dituangkan dalam Surat Edaran Menpan RB Nomor 34 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Surat Edaran Menpan RB Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Instansi Pemerintah. Kebijakan ini diambil untuk memi­nimalisir penyebaran virus korona atau Covid-19 di Tanah Air.

Dengan kebijakan work from home ini, bukan berarti libur atau pegawai tidak bekerja. Semua ASN yang bekerja di rumah tetap menjalankan tugas dan pekerjaan sesuai dengan yang ditugaskan pimpinan di unit masing-masing. ASN yang bekerja di rumah harus tetap produktif. Seluruh pekerjaan mesti dikerjakan optimal di rumah.

Saya juga sudah ingat­kan, Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di masing-masing instansi, baik di pusat maupun di daerah, untuk memantau perkembangan dan melakukan pencegahan penularan Covid-19 bagi ASN, para PPK juga perlu melakukan pembaharuan data ASN yang terpapar atau ter­konfirmasi positif Covid-19 melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepega­waian (SAPK). Petunjuk pelaksanaan pem­baharuan data tersebut akan diatur lebih lanjut oleh Kepala BKN.

Kebijakan work from home bagi ASN ini kembali diperpanjang, apakah sudah ada hasil evaluasi terhadap kebijakan yang sudah dilaksanakan sebelumnya?

Ya, ada beberapa catatan dari hasil evaluasi terhadap pelaksa­naan work from home bagi ASN yang telah dilaksanakan dan kem­bali diperpanjang. Work from home memiliki beberapa kelebihan. Pertama, work from home meru­pakan upaya untuk mempercepat penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik sekaligus jadi salah satu instrumen untuk me­ningkatkan kemampuan pegawai dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Kelebihan lainnya, terjadi penghematan belanja APBN dan APBD. Work from home juga dalam rangka mendukung pelaksanaan social atau physical distancing. Work from home juga ternyata bisa mengurangi kepa­datan lalu lintas dan polusi sekaligus ini jadi work life balance di mana ada fleksibilitas dalam bekerja.

Ada hambatan dari pelaksa­naan work from home bagi ASN?

Di samping kelebihan, work from home bagi ASN juga memiliki beberapa hambatan atau kendala. Hambatan pertama, ada keterba­tasan infrastruktur teknologi infor­masi dan komunikasi serta aplikasi e-office. Hambatan kedua, masih diperlukannya tanda tangan basah pada dokumen tertentu. Hambatan ketiga, dukungan anggaran untuk koneksi internet pegawai belum dialokasikan.

Keempat, tidak dapat diimplementasikan untuk unit kerja dengan sifat tugas pelayanan masyarakat langsung yang memer­lukan tatap muka. Hambatan keli­ma, tidak dapat diimplementasikan untuk pengawasan pekerjaan yang bersifat pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana per­kantoran. n agus supriyatna/P-4

Tampilkan Semua

Perlu Syarat Khusus WNA yang Ingin Masuk ke Indonesia

Senin 6/4/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Kamis (2/4), pemerintah menetapkan larangan berkunjung atau transit bagi warga negara asing (WNA) ke Indonesia.   Kebijakan ini diputus­kan oleh Presiden Joko Widodo saat menggelar rapat terbatas secara vir­tual, Selasa...
Selengkapnya

Pemprov Jatim Siapkan 75 RS Rujukan dan 13.357 Unit “Bed” Isolasi dan Nonisolasi

Sabtu 4/4/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Persebaran pandemi virus korona jenis baru atau Covid-19 yang semakin cepat membuat masyarakat semakin khawatir. Jumlah pasien positif korona hingga Jumat (3/4), total 1.986 kasus. Dengan demikian, ada penambahan 196 pasien yang dinyatakan...
Selengkapnya

Pemblokiran Jalan Jangan Menghambat Distribusi Alat Medis dan Sembako

Jumat 3/4/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Presiden Joko Widodo meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, menegur kepala daerah yang menutup atau memblokade jalan untuk mencegah penyebaran virus korona (Covid-19). Alasannya, penutupan jalan membuat distribusi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Johnny Gerard Plate : Informasi Hoaks Covid-19 Terus Ditangkal

Sabtu 4/4/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font

Pada 23 Oktober 2019, Johnny Gerard Plate dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menggantikan Rudiantara. Sebelum jadi Menkominfo, Johnny malang melintang di dunia politik. Dia sempat jadi Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Usai dilantik, Johnny melontarkan tekadnya sebagai Menkominfo yang profesional. Bertekad menjadikan dunia digital sebagai tempat berselancarnya kaum milenial. Bukan perkara mudah memang mengurusi dunia digital di Tanah Air. Banyak tugas berat membereskan permasalahan teknologi informasi di Indonesia dalam waktu lima tahun ke depan. 

Apalagi sekarang, muncul pandemi Covid-19. Warga pun kini diimbau tak lagi berinteraksi langsung. Komunikasi digital jadi andalan. Rapat, kerja, dan belajar, kini banyak dilakukan secara online. Untuk mengupas masalah ini, wartawan Koran Jakarta, Agus Supriyatna, berkesempatan mewawancarai Menkominfo, Johnny Gerard Plate, di Jakarta, baru-baru ini. Berikut petikan selengkapnya.

Di tengah pandemi Covid-19, Kemenkominfo jadi salah satu kementerian di garda depan dalam memerangi wabah Covid-19 yang kini telah jadi pandemi global, terutama dari sisi informasi dan komunikasi. Apa saja yang sudah Bapak lakukan? 

Kami telah mengeluarkan beberapa kebijakan dan kegiatan, khusus dalam mendukung layanan prima telekomunikasi dan penyiaran untuk mengatasi penyebaran Covid-19. Kami telah berkoordinasi dengan operator telekomunikasi terkait akses data situs resmi pemerintah RI tentang Covid-19 yakni https://www.covid19.go.id.

Itu sudah digratiskan mulai 23 Maret 2020. Jadi, pelanggan tidak dikenakan kuota ketika mengakses situs tersebut. Dukungan lain berupa penyediaan kanal informasi bagi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam menyebarluaskan informasi penanganan pandemi Covid-19.

Misalnya, kanal informasi SMS blast dengan sender BNPB melalui operator seluler, call center 119, dan Public Service Announcement (PSA) oleh lembaga penyiaran publik dan swasta, baik radio maupun televisi serta informasi yang disediakan oleh penyedia layanan akses internet (ISP) dan penyedia jasa media online dalam bentuk banner online.

Ini semuanya sudah aktif. Tidak hanya itu, Kemenkominfo juga telah menetapkan Nomor Pelayanan Darurat 117 bebas pulsa yang secara eksklusif digunakan oleh BNPB. Kami juga meminta operator telekomunikasi membuka koneksinya sesegera mungkin.

 Ada kerja sama dengan perusahaan pemilik platform media sosial, misalnya Facebook, WhatsApp, dan lainnya? 

Oh iya, Kemenkominfo juga bekerja sama dengan WhatsApp, Facebook, dan Telkom Group membangun chatbot WA. Chatbot ini bisa diakses publik dengan nama akun: covid19.go.id. Lewat chatbot, ini publik dapat berinteraksi. Ini akun chat resmi pemerintah. Publik bisa memperoleh informasi secara interaktif melalui chatbot yang kontennya disediakan oleh BNPB dan Kemenkes. 

Pihak WhatsApp juga sudah berkomitmen memberikan kebijakan khusus bagi Indonesia untuk dapat menyalurkan pesan WhatsApp blast terkait pandemi Covid19. Nah, Kemenkominfo juga menyediakan form bagi publik yang bersedia menerima pesan blast pada akun WhatsApp-nya. WhatsApp hanya memberikan kebijakan ini secara eksklusif kepada dua negara, yakni Indonesia dan Singapura.

 Adakah instruksi khusus dari Kemenkominfo untuk operator telekomunikasi di Indonesia untuk membantu penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19? 

Kami telah menginstruksikan kepada seluruh operator telekomunikasi dan penyedia platform digital untuk melakukan beberapa hal. Pertama, menyediakan layanan akses internet dengan kapasitas dan kualitas layanan yang baik. Kedua, menggratiskan akses terhadap situs resmi penanganan pandemi Covid-19 dan call center 117 dan 119. Ketiga, menyediakan produk layanan atau program yang mendukung implementasi kebijakan Presiden Joko Widodo terkait social distancing untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah di rumah. Keempat, menangkal hoaks dengan aktif dan mendiseminasikan informasi yang benar kepada publik.

 Langkah lain yang mesti dilakukan operator telekomunikasi apa?

Selain itu, dalam rangka memastikan kualitas layanan telekomunikasi yang baik, tim Ditjen PPI akan terus mengukur kualitas layanan di wilayah-wilayah pemukiman. Adapun pengukuran yang telah dilakukan menunjukkan hasil yang baik. Tim akan secara berkelanjutan berkoordinasi dengan operator telekomunikasi. Apabila ditemukan adanya layanan telekomunikasi yang kurang baik di area tertentu, akan diupayakan tindakan optimasi.

Berdasarkan laporan dari operator seluler, sampai dengan saat ini terdapat lonjakan trafik di area pemukiman rata-rata sebesar 5–10 persen dari kondisi normal. Apabila terus terjadi lonjakan trafik, operator seluler akan menambah kapasitas pada masing-masing base transceiver station (BTS). Jika diperlukan operator seluler akan mengerahkan mobile BTS untuk melayani daerah-daerah yang over loaded.

 Soal hoaks di tengah pandemi Covid-19 ini apakah intensitasnya begitu masif? 

Ya, per 17 Maret 2020, Tim Ais Kementerian Kominfo berhasil mengidentifikasi dan menemukan total sebanyak 242 konten hoaks serta disinformasi yang berkaitan dengan Covid-19. Seluruh konten itu tersebar di platform media sosial maupun website dan platform pesan instan. 

Kami tentunya terus mengidentifikasi dan menangkal setiap informasi yang tidak benar atau hoaks yang beredar di dalam negeri. Dari hasil tersebut ditindaklanjuti dengan memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta di lapangan. Tujuannya, melindungi masyarakat dari dampak negatif informasi yang tidak benar terkait Covid-19. Ini bahaya, apabila masyarakat mengkuti informasi yang tidak benar itu.

Tindakan penyebaran isu yang tidak benar, di tengah penyebaran Covid-19 saat ini berbahaya. Karena berpotensi membuat berbagai lapisan masyarakat panik dan takut dalam menghadapi bencana non-alam ini. Hal ini merugikan bangsa dan negara. Pelaku ini tidak menjawab panggilan Ibu Pertiwi yang membutuhkan pertolongan.

Apa langkah Kementerian Kominfo untuk mengatasi informasi hoaks ini agar tak menimbulkan kepanikan di tengah pandemi seperti sekarang? 

Dalam mengatasi informasi hoaks Covid-19 yang beredar di medsos ditindaklanjuti bersama dengan pemilik platform. Tugas dan fungsi Kementerian Kominfo sesuai dengan kebijakan yang berlaku tidak bisa menutup akun yang terbukti menyebarkan hoaks.

Kementerian Kominfo akan memberikan rekomendasi akun-akun mana yang terindikasi menyebarkan hoaks sesuai dengan aduan masyarakat dan patroli di medsos kepada pemilik platform dan pihak penegak hukum. Berdasar laporan itu, kemudian mereka yang menutup akun tersebut.

Bila sifatnya masif dan menimbulkan keresahan publik, ada unsur delik pidana yang telah dilanggar oleh pemilik akun yang menyebarkan informasi yang tidak benar tersebut maka akan ditindaklanjuti oleh Kepolisian.

 Kemarin, bersama dengan Kantor Staf Presiden (KSP), diluncurkan aplikasi 10 Rumah Aman. Bisa dijelaskan tentang 10 aplikasi Rumah Aman itu? 

Ya, aplikasi 10 Rumah Aman merupakan kolaborasi perusahaan anak negeri dari beragam sektor. Ada WIR Group, COMPRO, Prixa.ai, Disrupto, dan perusahaan komunikasi serta konten anak negeri, Kennedy Voice Berliner (KVB). Aplikasi 10 Rumah Aman ini menggunakan teknologi artificial intelligence (AI). Teknologi AI yang menghubungkan data berbasis peta dan lingkungan sekitar melalui perangkat telepon seluler dan terhubung dengan platform media sosial.

Jadi, aplikasi 10 Rumah Aman ini mengoptimalkan teknologi AI untuk membantu masyarakat memeriksa secara mandiri menggunakan alat diagnosis berbasis AI dan melihat peta untuk menghindar dari paparan Covid-19. Aplikasi ini juga ingin memastikan seluruh warga tetap berada di rumah, bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Saling mengingatkan dan menjaga agar selalu dalam keadaan sehat dan baik dengan menjaga jarak aman.

 Apa saja fitur-fiturnya? 

Ada lima fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna aplikasi 10 Rumah Aman. Ada pengukuran suhu berkala, berbagi masakan atau makanan, inspirasi hidup sehat, periksa mandiri, dan update peta sebaran individu berdasarkan suhu tubuh normal atau di atas normal. Aplikasi 10 Rumah Aman juga menyediakan informasi terbarukan setiap saat agar setiap orang merasa nyaman ketika berada di rumah.

Ada toko daring yang menjual kebutuhan sehari-hari dengan harga resmi tanpa ada permainan harga, misalnya bahan makanan dari para petani dari Rego Pantes dari 8 Villages, Sayur Box dan TaniHub, konsultasi kesehatan dari Prixa, program edutech dari Cakap, donasi bersama Wahid Foundation, obat-obatan dan alat kesehatan dari Kimia Farma, Mediv-Kimia Farma, DAV, serta konten kolaborator dari anak negeri yaitu WIR Group, Compro, Disrupto, dan Kennedy Voice Berliner.

Bahkan, aplikasi 10 Rumah Aman terintegrasi dengan beberapa aplikasi lain, seperti ChatBot covid19.go.id, PeduliLindungi, Halodoc, Alodokter, Good Doctor, Sahabatdokter, SehatQ, Sehatpedia, dan KlikDokter. Ini semua untuk memudahkan akses masyarakat.

Kami mewakili pemerintah mengapresiasi setiap inisiatif kolaborasi dan gotong royong untuk mencegah penularan Covid-19. Melalui aplikasi ini diharapkan upaya melawan Covid-19 dengan pendekatan berbasis komunitas, teknologi AI, dan O2O atau online to offline akan lebih optimal.

 Aplikasi ini sudah bisa diunduh via Google Play Store

Ya, aplikasi 10 Rumah Aman bisa diunduh di Google Play dan bisa juga diunduh melalui websitehttps://www.sepuluhrumahaman.id.

Beberapa hari lalu, Kementerian Kominfo juga meluncurkan PeduliLindungi. Ini aplikasi apa lagi? 

Ini aplikasi untuk tracing dan fencing untuk menanggulangi dan mencegah pandemi Covid-19. Aplikasi ini akan membantu masyarakat untuk saling menjaga dan melindungi agar penularan Covid-19 bisa dihentikan. Aplikasi ini dibuat oleh anak negeri kita dan didedikasikan untuk negara dalam menghadapi darurat dan keadaan luar biasa nasional dan global. Aplikasi ini juga dimaksudkan untuk melindungi, baik pasien positif, orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), suspect maupun masyarakat luas.

N-3

Tampilkan Semua

Menghapus Sekat Disabilitas dan Non Disabilitas

Jumat 3/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Adakalanya, kalangan disabilitas belum sepenuhnya diterima masyarakat. Perbedaan kondisi sik maupun mental kerapkali ditanggapi sebagai pemisahnya. Komunitas Pandulisane berupaya memberikan wadah untuk kalangan disabilitas dan non...
Selengkapnya

Erick Thohir : Perusahaan BUMN Bantu Atasi Virus Korona

Sabtu 28/3/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Salah satu menteri yang sangat populer di bulan-bulan awal Kabinet Indonesia Maju Jilid II adalah Erick Thohir. Lulusan Universitas Nasional California, AS, dan Glendale University ini ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk...
Selengkapnya

Permudah Pemindaian MRI bagi Pasien

Sabtu 28/3/2020 | 03:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebuah tim peneliti berhasil menciptakan kain yang dapat disesuaikan, dipakai, dan diulur, serta disulam dengan benang konduktif yang memberikan rasio signal-to-noise. Hasil ini sangat baik untuk pemindaian MRI. Siapa pun yang pernah...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta