Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | September 25 2017
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Hentikan Kebijakan yang Mematikan Petani Nasional

Senin 25/9/2017 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Ekonomi kerakyatan justru terhambat kebijakan menteri yang kontraproduktif. HET merugikan petani, itu sama saja petani yang miskin menyubsidi konsumen. Ekonomi kerakyatan justru terhambat kebijakan menteri yang kontraproduktif. HET merugikan petani, itu sama saja petani yang miskin menyubsidi konsumen.   JAKARTA -...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Hentikan Kebijakan yang Mematikan Petani Nasional

Senin 25/9/2017 | 00:01
A   A   A   Pengaturan Font
Ekonomi kerakyatan justru terhambat kebijakan menteri yang kontraproduktif. HET merugikan petani, itu sama saja petani yang miskin menyubsidi konsumen.

 

JAKARTA - Pemerintah diminta secepatnya menghentikan berbagai kebijakan yang berdampak mematikan petani dan ekonomi perdesaan karena hal itu pada akhirnya juga mematikan ekonomi nasional.


Apabila petani dimiskinkan dan dimatikan, jumlah petani bakal terus berkurang sehingga produksi nasional kian menyusut. Akibatnya, kebergantungan pada impor pangan terus meningkat sehingga Indonesia makin jauh dari cita-cita kedaulatan pangan.


Oleh karena itu, sejumlah kalangan meminta kepada Presiden agar segera mengevaluasi kembali berbagai kebijakan pembantu Presiden yang berpotensi mematikan petani dan merusak tatanan fondasi ekonomi, serta melanggar perundang-undangan yang berlaku dalam asas demokrasi ekonomi dan kerakyatan.


“Kalau nggak segera dicegah dengan evaluasi secepatnya, risikonya adalah kerusakan ekonomi nasional yang lebih dalam dan masif,” kata Anggota Pokjasus Dewan Ketahanan Pangan (DKP), Gunawan, ketika dihubungi, Minggu (24/9).


Selama ini, lanjut dia, petani mengeluh karena menteri justru rajin menghamburkan devisa untuk impor pangan. Barang-barang pangan dan konsumsi impor yang seharusnya bisa diproduksi oleh petani dan industri Indonesia malah dimatikan oleh kebijakan yang merusak pembangunan sektor riil dengan alasan barang impor murah.


“Maka pada akhirnya, semua rencana Presiden pada pembangunan ekonomi kerakyatan justru dimatikan oleh kebijakan-kebijakan baru pembantu Presiden sendiri,” kata Gunawan.


Yang lebih memprihatikan, imbuh dia, dalam kondisi ekonomi sangat lemah, tarif impor pangan malah diturunkan untuk kepentingan segelintir importir pedagang.


Sebelumnya, sejumlah kalangan juga menilai berbagai kebijakan pemerintah yang mematikan nasib petani, seperti penerapan Harga Eceran Tertinggi (HET) sejumlah komoditas pangan, akan membuat petani enggan bercocok tanam.


Akibatnya, produksi nasional akan menyusut, tidak cukup untuk kebutuhan dalam negeri sehingga Indonesia terus bergantung pada impor pangan yang pada akhirnya menguras devisa negara. Ini juga akan membuat Indonesia hanya dijadikan negara konsumen yang harus mengandalkan pangan dari negara lain.


Padahal, sebagai negara agraris, pemerintah semestinya melindungi dan mendukung petani dengan berbagai kebijakan yang bisa memacu produktivitas sehingga mampu mencukupi kebutuhan sendiri. Bahkan, berkembang menjadi produsen dunia.


Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian UGM, Sigit Supadmo Arif, mengemukakan kebijakan HET itu mencerminkan pemerintah hari ini sangat jauh dari realitas kehidupan petani. Pemerintah memaksa harga jual petani murah, namun tidak mau tahu biaya produksi yang mesti dikeluarkan petani.


“Dengan HET saat ini, jelas petani rugi. Ini berarti sama saja petani sebagai produsen mensubsidi kita sebagai konsumen. Tidak heran kalau petani makin miskin,” ungkap dia,


Ubah Orientasi


Pengamat Pertanian dari Universitas Lampung, Maryono, juga sepakat bahwa mematikan petani sama saja mematikan perekonomian nasional. Bahkan, tegas dia, bukan hanya perekonomian yang lumpuh, tetapi bisa mematikan bangsa. Kebergantungan pada impor pangan dan barang konsumsi membuat dana negara terkuras.


“Kalau dana negara kita hanya untuk membeli pangan dari negara lain maka dana untuk pembangunan terkuras sehingga pembangunan tersendat. Lama-lama bukan ekonominya yang mati, tapi negaranya mati. Dan, itu sangat riskan,” jelas dia.


Menurut Maryono, negara harus serius mewujudkan kedaulatan pangan, tidak menggantungkan pangan untuk rakyat dari negara lain. Ini sangat berbahaya, ketika terjadi krisis pangan negara eksportir pasti mendahulukan kebutuhan mereka sendiri.


“Kita punya uang untuk impor pun belum tentu mereka mau menjual, apalagi jika devisa negara terus terkuras untuk impor. Bagaimana nanti kita akan memenuhi kebutuhan perut rakyat yang terus bertambah tiap tahun?” papar dia.


Solusinya, kata Maryono, orientasi pembangunan seharusnya diubah sehingga lebih melindungi dan mendukung penuh petani serta sektor pertanian dengan berbagai insentif, bukan malah mematikan.

Apalagi selama ini, petani hanya dianggap sebagai pelengkap penderita. Padahal, petani yang menjadi tulang punggung untuk mencukupi pangan 250 juta rakyat Indonesia, tapi ironisnya mereka tidak dilindungi dan malah dimiskinkan.


“Jadi, kebijakan kita harus benar-benar berpihak pada petani, bukan sekadar manis di mulut,” ungkap dia. YK/ahm/WP

Tampilkan Semua

Modus Baru, Dana Suap Gunakan Pembukuan CSR

Senin 25/9/2017 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Terungkapnya aliran dana dugaan suap dari perusahaan kepada pejabat daerah melalui klub sepak bola profesional dengan pembukuan dana corporate social responsibility (CSR) merupakan modus baru. Untuk itu, Komisi...
Selengkapnya

Marcus/Kevin Bidik Juara di Denmark dan Prancis

Senin 25/9/2017 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
TOKYO — Seusai meraih kesuksesan di turnamen bulu tangkis Jepang Terbuka dengan menjadi kampiun, pasangan ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, menjadikan turnamen Super Series lainnya, Denmark Terbuka dan...
Selengkapnya

Pemerintah Tidak Akan Manjakan Para Peternak

Senin 25/9/2017 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tidak sedikit para peternak di Indonesia saat ini yang sudah berpemikiran modern.   JAKARTA — Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah tidak akan membuat kebijakan yang memanjakan para peternak. Pemerintah hanya memberikan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

DPD Minta Sistem Keuangan Desa Segera Dioptimalkan

Jumat 22/9/2017 | 08:35
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Komite I DPD RI meminta implementasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) harus dioptimalkan ke seluruh wilayah di Indonesia termasuk desa yang belum terkoneksi dengan jaringan internet. Siskeudes ini harus mempunyai sistem yang mudah dipahami oleh aparatur desa. Hal tersebut terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat Komite I tentang pengawasan Undang-undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, di Ruang GBHN Komplek Parlemen Senayan, Rabu( 20/9).

Ketua Komite I DPD RI, Akhmad Muqowam melihat banyaknya kasus penyalahgunaaan dana desa dan ditangkapnya sejumlah kepala desa sebagai kurangnya sistem pengawasan terhadap suatu kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah. “Oleh karena itu Komite I DPD RI meminta kepada pemerintah untuk mengalokasikan anggaran khusus yang digunakan untuk pembinaan dan pengawasan pelaksanaan UU Desa yang melekat pada aparat internal pemerintah yaitu inspektorat di pemerintah pusat, Provinsi, Kabupaten/ Kota dan Kecamatan beserta anggarannya yang bersumber dari APBN dan APBD,” jelas Senator Jawa Tengah itu.

Selain itu, Komite I mendesak pemerintah untuk memformulasikan kembali Dana Desa yang bersumber dari APBN sesuai dengan amanat pada penjelasan pasal 72 ayat 2 UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa yang menyatakan bahwa anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dihitung berdasarkan jumlah desa dan dialokasikan dengan memperhatikan jumlah penduduk, angka kemiskinan, luas wilayah, dan tingkat kesulitan geografis. sur/AR-3

Tampilkan Semua

Kikuknya Satu Mobil dengan Menteri Tjahjo Kumolo

Jumat 22/9/2017 | 08:30
A   A   A   Pengaturan Font
Selasa malam (19/9), menjelang dini hari, Koran Jakarta tiba-tiba dihubungi Kabag Humas Kementerian Dalam Negeri. Ia minta, untuk stay di Yogyakarta dan lanjut ke Solo. Padahal, Rabu pagi, sudah harus kembali terbang ke Jakarta....
Selengkapnya

Khofifah Umumkan Pencalonan Pilgub pada Saat yang Tepat

Jumat 22/9/2017 | 08:20
A   A   A   Pengaturan Font
SURABAYA – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan akan mengumumkan keikutsertaannya dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 pada saat yang tepat. Hal itu disampaikan kepada wartawan usai melepas Kapal Kemanusiaan untuk...
Selengkapnya

Badan Pengawas Pemilu Antisipasi Kecurangan

Jumat 22/9/2017 | 08:10
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Program Bawaslu Mengawasi diluncurkan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk mengawasi tahapan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Peluncuran Program Bawaslu Mengawasi juga dimaksudkan sebagai tanda mulainya tugas...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Mondial

Populasi India Akan Melebihi Tiongkok

Senin 25/9/2017 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font

JENEWA – Populasi India diperkirakan akan melampaui Tiongkok dalam tujuh tahun ke depan. Selain itu, jumlah penduduk Nigeria bakal mengalahkan Amerika Serikat (AS) serta menjadi negara nomor tiga di dunia sebelum 2050.


Divisi Populasi di Departemen Ekonomi dan Hubungan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan populasi dunia yang saat ini hampir 7,6 miliar jiwa akan meningkat menjadi 8,6 miliar jiwa pada 2030, 9,8 miliar jiwa pada 2050, dan 11,2 miliar jiwa pada tahun 2100.


Dalam laporan itu disebutkan pula populasi dunia bertambah sekitar 83 juta jiwa setiap tahunnya dan kecenderungan ini akan terus meningkat meskipun rata-rata angka fertilitas terus menurun, yang sejak 1960-an turun.


Menurut John Wilmoth, Direktur Divis Populasi, laporan tersebut sudah mencangkup informasi populasi 233 negara atau area di dunia.


“Angka rata-rata populasi di Afrika tumbuh dengan cepat dan separuh dari pertumbuhan populasi global sekarang ini dan tahun 2050 akan terjadi di kawasan itu. Diperkirakan populasi penduduk Eropa pada kenyataannya akan menurun dalam beberapa dekade ke depan,” kata Wilmoth.


PBB memperkirakan mulai sekarang hingga 2050, separuh dari pertumbuhan populasi dunia akan dikonsentarasikan di 10 negara, yaitu India, Nigeria, Kongo, Pakistan Ethiopia, Tanzania, United States, Uganda, dan Indonesia. Hal ini berdasarkan pada harapan ke-10 negara tersebut berkontribusi pada total pertumbuhan ekonomi.


Pada periode yang sama, populasi ke-26 negara-negara Afrika diharapkan akan meningkat setidaknya dua kali lipat. Nigeria, yang memiliki populasi terbesar ketujuh di dunia, telah menjadi negara dengan pertumbuhan populasi paling cepat di 10 negara-negara paling populis di dunia. Laporan PBB itu juga memproyeksi Nigeria bakal melampaui AS sebelum pertengahan abad 21.


PBB juga memproyeksikan posisi Tiongkok yang saat ini memiliki 1,4 miliar populasi akan digantikan dengan India pada 2024. India sekarang memiliki 1,3 miliar populasi.


Laporan yang berjudul The World Population Prospects: The 2017 Revision, menjelaskan kesuburan telah menurun di hampir seluruh kawasan dalam beberapa tahun terakhir. Antara tahun 2010 dan 2015, perempuan di dunia memiliki 2 ½ kelahiran per perempuan, tetapi angka ini secara luas bervariasi.


“Eropa memiliki angka kesuburan terendah, diperkirakan 1,6 kelahiran per perempuan pada tahun ini, sedangkan Afrika memiliki angka kesuburan tertinggi, yakni sekitar 4,7 kelahiran per perempuan,” kata Wilmoth.


Laporan tersebut juga menjelaskan angka rata-rata kelahiran di 47 negara maju masih relatif tinggi, dengan pertumbuhan populasi sekitar 2,4 persen per tahun.


Total jumlah populasi ke-47 negara maju di dunia diproyeksikan meningkat sampai 33 persen mulai dari 1 miliar jiwa pada 2017 menjadi 1,9 miliar jiwa pada 2050. SCMP/uci/AR-2

Tampilkan Semua

Indonesia Tingkatkan Diplomasi Secara Global

Sabtu 23/9/2017 | 02:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang rutin setiap tahun digelar merupakan kesempatan bagi pe­merintah Indonesia untuk unjuk gigi atas peran yang telah dilaku­kan di kawasan dan menyalur­kan aspirasi. Pada Sidang...
Selengkapnya

Beijing Bersiap Terima Kunjungan Donald Trump

Sabtu 23/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BEIJING – Sejumlah per­siapan harus dibuat oleh peme­rintah Tiongkok dan Amerika Serikat (AS) untuk memastikan kunjungan Presiden AS, Don­ald Trump, ke Tiongkok pada penghujung tahun ini berjalan sukses. Demikian...
Selengkapnya

Korea Utara Kembali Akan Uji Coba Bom Hidrogen

Sabtu 23/9/2017 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
SEOUL – Pemerintah Korea Utara (Korut) berencana kembali melakukan uji coba sebuah bom hidrogen di Samudera Pasifik. Korut bahkan tidak peduli dengan ancaman Amerika Serikat (AS) serta sanksi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

IHSG Bakal Terkonsolidasi

Senin 25/9/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Indeks Harga saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan akan terkoreksi secara jangka pendek. Secara teknikal IHSG mencoba tutup di atas level tertinggi tahun ini dengan mencatatkan harga tertinggi hingga 5928 dan tutup tepat pada resistance level. Indikator stochastic berpotensi dead-cross pada momentum pergerakan overbought.

“IHSG diperkirakan akan bergerak di kisaran 5.895-5.930 poin pada awal ini, Senin (25/9),” kata Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi di Jakarta, kemarin. Saham-saham yang masih dapat diperhatikan di antaranya AKRA, ANTM, EXCL, TBIG, dan TINS. Pada perdagangan akhir pekan, IHSG BEI ditutup menguat 5,13 poin atau 0,08 persen menjadi 5.911,70.

Sementara itu tercatat frekuensi perdagangan sebanyak 291.989 kali transaksi dengan jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 8,047 miliar lembar saham senilai 7,542 triliun rupiah. Sebanyak 155 saham naik, 165 saham menurun, dan 122 saham tidak bergerak nilainya atau stagnan. 

 

Ant/AR-2

Tampilkan Semua

Total Emisi Obligasi dan Sukuk Rp98,28 Triliun

Senin 25/9/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatatkan total emisi obligasi dan sukuk yang sudah tercatat sepanjang 2017 sebanyak 64 emisi berasal dari 48 emiten senilai 98,28 triliun rupiah. Jumlah tersebut bertambah, seiring dicatatkannya...
Selengkapnya

BEI: Gunakan Dana Abadi untuk Beli Saham Freeport

Senin 25/9/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAYAPURA - Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Perwakilan Jayapura, Aditya Kresna Yokwa mengatakan niat Pemerintah Provinsi Papua dan Pemkab Mimika untuk membeli saham PT Freeport Indonesia (PTFI) bisa menggunakan dana abadi. “Saya...
Selengkapnya

Wijaya Karya Raih Laba Bersih Rp435,92 Miliar

Senin 25/9/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) sepanjang semester pertama 2017 membukukan laba bersih sebesar 435,92 miliar rupiah atau tumbuh 70 persen dibandingkan periode sama tahun lalu. Direktur Utama WIKA, Bintang Perbowo...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Pemkab Trenggalek Terus Berdayakan UMKM

Senin 18/9/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu unit usaha yang memiliki peran penting sebagai pendongkrak peningkatan perekonomian negara. Saat krisis ekonomi menyebabkan usaha-usaha besar terpuruk dan tragedi PHK massal terjadi, UMKM terbukti mampu bertahan, serta menjadi tiang penyangga ekonomi negara.

Trenggalek, satu kabupa­ten di Jawa Timur (Jatim) yang sebelumnya dikenal miskin, kering, dan minim jalur akses, tengah berjuang untuk bangkit meraih kemakmuran. Komo­ditas olahan unggulan, seperti batik, bambu, keripik, cokelat, dan kopi, hanya menyumbang 14 persen terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) daerah yang terletak di pesisir selatan itu.

Untuk mengetahui apa saja yang telah dan akan dilaku­kan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek mening­katkan ekonomi masyarakat, wartawan Koran Jakarta, Selocahyo, berkesempatan mewawancarai Bupati Treng­galek, Emil Elestianto Dardak, di Trenggalek, baru-baru ini. Berikut petikan selengkapnya.

Bisa dijelaskan potensi Trenggalek?

Trenggalek hanya punya 130 ribu hektare lahan yang jika dibagi dengan jumlah pendu­duknya maka hanya ada 0,16 hektare per jiwa. Tidak semua lahan subur. Kekeringan ka­rena medan Trenggalek terdiri dua pertiga pegunungan karst, airnya masuk sungai bawah tanah. Dengan topografi se­perti itu kalau mengandalkan pertanian primer, akan sulit bersaing dengan daerah lain.

Bagaimana dengan sektor UMKM?

Realitanya secara global se­mua produk retail dikuasai be­berapa brand besar. Namun, di Jatim menjadi anomali karena didominasi oleh UMKM. Maka kami berpikir dengan yang ada ini harus dibawa ke sektor hilir. Pisang harus menjadi keripik. Ikan, kakao, dan kopi semua­nya harus diolah. Untuk bisa bersaing di rak toko, investasi brand-nya tidak murah.

Langkah yang dilaku­kan?

Bagaimana usaha kecil dengan kapital terbatas bisa branding dan survive. Maka PR kami adalah pemasaran, kedua modal, lalu harus dipikirkan daya saingnya. Apakah bisa bersaing se­cara harga, sementara akses pasar banyak yang diblokir oleh pemain besar.

Kami membuat communal brand­ing (merek bersama) karena pelaku UMKM tidak akan mampu membuat citra brand sendiri karena terlalu mahal. Contoh batik khas Trenggalek, bercorak turonggo yakso de­ngan teknik pewarnaannya yang khas. Kami datang ke Sarinah Department Store, di Jakarta, dan membuat corner untuk batik Trenggalek, “Te­rang Galih”, dari nama Treng­galek yang artinya terang di hati.

Brand Terang Galih ini me­nampung semua produk para perajin binaan Dekranasda Kabupaten Trenggalek. Kami mewadahi produk mereka da­lam brand utama, yang nanti ada sub-brand sesuai ciri khas masing-masing perajin.

Hasilnya luar biasa, kami mendapat prestasi, Batik Trenggalek membuat Jatim juara di tingkat dekranas nasioal. Bah­kan, Duta Besar Kolombia me­milih Terang Galih untuk diperagakan Miss Colom­bia dalam forum negara-negara sahabatnya.

Bagaimana soal kualitas?

Semua upaya kami lakukan untuk mendukung Terang Ga­lih. Tidak semua perajin boleh menggunakan brand ini di Sar­inah karena khawatir standar kualitasnya tidak sama. Dari Pemkab ada kurator yang akan menilai. Selama produknya memenuhi syarat maka berhak menggunakan brand ini. Inilah bentuk kehadiran negara un­tuk membantu UMKM.

Bagaimana strategi untuk komoditas lain?

Memang kami bagi untuk kerajinan dan agro. Kerajinan sementara ini kami fokus pada batik dan kerajinan bambu. Sementara agro pada susu, kopi, dan cokelat. Ada kopi dan kakao yang kami coba menggunakan market­ing gimmick dengan brand bersama. Kebun kakao rakyat Trenggalek cukup luas, 4.300 hektare, tetapi orang tahunya di Trenggalek hanya ga­plek. Sayangnya gaplek tidak menjual karena diasumsikan makanan orang miskin.

Sudah ada yang diekspor produk cokelat?

Sekarang bagaimana kami mendorong Trenggalek punya nilai jual yang tinggi. Kami melihat kakao dan kopi cukup punya potensi. Sekarang ada Rumah Cokelat (kakao), kami produksi cokelat yang kandungannya lebih mur­ni, fermentasi kakaonya ber­beda. Memang tidak senikmat cokelat biasanya, tapi punya peluang pasar bagi penggemar cokelat. Sekarang sudah me­nembus ekspor ke Jepang.

Begitu juga dengan kopi. Kebun kopi di Trenggalek ada sejak zaman Belanda dengan mesin penggilingan kopi se­besar rumah, bertenaga air. Kami buatkan brand Kopi Van Dilem. Untuk memenuhi membeludaknya pesanan, kebun kopi diperluas dengan target 1000 hektare pada ta­hun depan agar Gunung Wilis bisa menjadi sabuk kopi, dan memberi multiple effects bagi daerah sekitarnya.

Kami berniat memperluas strategi communal brand. Tahun ini, kami test case dulu, apakah konsep ini bisa berjalan lancar. Tahun depan akan diperluas cakupannya tiga kali lipat, dengan bera­gam item yang akan didorong. Contohnya kerja sama me­ngembangkan produk camilan tempe keripik khas Trenggalek. Ternyata sekarang mulai tidak konsisten kualitasnya, mengu­rangi bumbunya, kedelainya atau penggunaan minyak gorengnya yang lebih berulang-ulang. Ini berbahaya bisa me­rusak citra produk Trenggalek.

Program communal brand ini sesungguhnya menginduk pada program besar Trenggalek Gemilang, yakni gerakan mutu industri cemerlang. n N-3

Tampilkan Semua

Kuningan Bertekad Menjadi Kabupaten Konservasi

Senin 11/9/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan bertekad menjadikan wilayahnya sebagai kabupaten konservasi di Indonesia. Un­tuk itu, dalam setiap program pembangunan yang dilaksana­kan di Kuningan akan selalu memperhatikan daya dukung...
Selengkapnya

Gerakkan Ekonomi Warga Kota Malang lewat Pariwisata

Senin 4/9/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bertekad men­jadikan Kota Malang se­bagai kota bermartabat. Peduli wong cilik menjadi semangat dari semua jajaran di Peme­rintah Kota Malang periode 2013–2018. Sebagai semangat,...
Selengkapnya

Jabar Berusaha Dapat Parasamya Purnakarya Nugraha

Senin 21/8/2017 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Jawa Barat (Jabar) jatuh pada 19 Agustus 2017. Apel besar seluruh aparatur sipil negara berlangsung Sabtu (19/8), di Lapangan Gasibu Kota Bandung. Setiap kabupaten dan kota di Jabar mengirimkan perwakilan 100...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Lantai Kayu, Sisi Klasik untuk Rumah

Senin 25/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Lantai yang terbuat dari kayu memang sangat unik dan menarik karena mampu menampilkan sisi klasik pada rumah. Lantai kayu harus dirawat dengan hati-hati agar tampilannya tetap terlihat indah.

Tidak hanya tampilan indahnya saja yang harus diperhatikan tetapi keawetan lantai kayu juga harus tetap dijaga agar interior rumah Anda semakin terlihat menarik. Perawatan lantai berbahan kayu sesungguhnya tidak terlalalu sulit jika Anda mau sedikit meluangkan waktu.

Untuk menjaga keindahan lantai kayu, hal yang Anda butuhkan adalah perawatan yang benar. Ingin tahu bagaimana cara praktis merawat lantai kayu di rumah Anda. Arie dari Architectaria memberi tips merawat lantai kayu.

Pertama, menurut Arie, perawatan secara umum. Semua jenis lantai kayu harus dibersihkan dengan teratur untuk menghilangkan kotoran dan pasir yang mungkin saja terselip disela-sela lantai kayu, Jangan menggunakan lap yang sangat basah ketika membersihkan lantia kayu karena nantinya dikhawatirkan akan membuat warna lantai kayu menjadi pudar. Akan lebih baik jika Anda menggunakan sapu atau penyedot debu agar semua kotoran yang menempel pada permukaan lantai hilang dari pandangan.

Untuk membuat lantai kayu tetap mengkilat, Anda dapat menggunakan kain yang sedikit basah dan mulailah mengusap permukaan lantai dari tengah hingga pinggir. Jangan biarkan ada noda lengket menempel pada permukaan lantai karena hal ini akan membuat permukaan lantai terlihat kurang sempurna karena nantinya mungkin akan terdapat goresan ketika Anda mencoba untuk menghilangkan noda yang menempel tersebut.

Untuk langkah pencegahan agar lantai kayu tetap awet dan mengkilat, hindari berjalan diatas permukaan lantai kayu dengan memakan sepatu olah raga yang keras dan juga hindari pemakaian sepatu berhak tinggi karena dikhawatirkan permukaan lantai akan tergores atau bahkan penyok. Untuk itu, ketika berjalan pada permukaan lantai kayu, usahakan untuk menggunakan sepatu rata yang akan meminimalisir kerusakan.

Architectaria juga menganjurkan untuk pencegahan yang lebih ekstra, pasanglah keset di depan pintu masuk yang akan meminimalisir masuknya kotoran ke dalam rumah. Jangan memilih keset berbahan karet hitam yang nantinya data mengotori dan membekas pada permukaan lantai kayu. Pilihlah keset khusus yang mampu menyerap air dan menahan kotoran.

Kedua,  harus mengetahui jenis finishing pada permukaan lantai dirumah. Mengetahui tipe finishing yang diterapkan pada permukaan lantai kayu rumah Anda tentunya sangat penting untuk dilakukan. Karena tipe finishing permukaan lantai kayu yang berbeda tentunya juga membutuhkan perawatan yang berbeda. Jika Anda ragu dengan tupe finishing lantai kayu pada rumah Anda, jangan ragu untuk bertanya pada tukang yang dulunya memasang lantai agar Anda yakin untuk memilih cara perawatan lantai yang tepat nantinya.

Ada tiga jenis finishing permukaan lantai yang umumnya ditemui di tiap-tiap rumah. Yang pertama adalah finishing pada permukaan yang biasanya disebut dengan urethanes atau polyurethanes dan umumnya finishing ini paling sering ditemukan di berbagai gaya rumah.

Jenis finishing yang kedua adalah finishing parafin yang biasanya terlihat sangat mengkilat seperti di lapisi lilin. Untuk membersihkan permukaan lantai kayu jenis ini, dibutuhkan pembersih lantai khusus untuk lantai kayu.

Ketiga, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan lantai kayu secara teliti. Walau terdengar sangat melelahkan, pemeriksaan lantai kayu secara teliti sangat dibutuhkan untuk memperlama usia lantai kayu di rumah Anda.  yun/E-6

Penataan Konsep Alam

Rumah bergaya rustic dewasa ini banyak di minati karena gayanya yang terlihat klasik dan unik.  Rumah bergaya rustic ini biasanya sering dikaitkan dengan konsep yang dekat dengan alam karena biasanya furnitur pada ruangan sengaja tidak melalui tahap finishing sehingga terlihat apa adanya. Contohnya furnitur kayu yang biasnya terlihat masih alami tanpa ada pelapisan cat atau finishing yang seolah-olah langsung dibawa dari alam untuk menghiasi interior ruangan. Warna yang dominan pada rumah bergaya rustic biasaya terdiri dari warna-warna alam seperti abu-abu, coklat kayu, dan hitam.

Konsultan interior hunian, Architectaria menyebutkan, rumah bergaya rustic biasaya identik terletak di daerah pinggiran atau pedesaan. Tujuan pemilihan gaya rumah yang didesain khusus  ini adalah untuk tetap menjaga fitur asli dengan menambahkan beberapa pembaharuan.

Dalam konsep ini, tim arsitektur biasanya memutuskan untuk menyatukan seluruh fitur lama yang ada dan memperluas volume ruangan untuk membuat satu keterkaitan dari ruang satu dengan ruang yang lainnya. Hal ini tentunya sangat bermanfaat karena dengan mengintegrasikan ruangan yang ada, maka pemandangan yang indah dapat ditangkap dengan mata karena bangunan gudang disulap menjadi sebuah bangunan koridor terbuka dengan geladak tertutup. Keseluruhan bagian interior rumah di desain ulang dan ditata kembali.

Hasilnya, terdapat dekorasi bergaya rustic dengan elemen modern yang fokus pada desain utama. Pada interior rumah, terdapat elemen besi metal, kayu dan batuan yang dipadukan secara bersamaan pada interior dalam rumah. Perpaduan tersebut mampu menghadirkan suasana yang hangat, bersahabat yang juga terdapat elemen bersejarah pada waktu yang bersamaan. Walaupun desainnya nampak klasik, tetapi tampilannya tetap segar.

Setiap desain interior berkonstribusi pada keseluruhan dekorasi dan tentu saja setiap ruangan memiliki karakterisitiknya masing-masing. Dekorasi dengan elemen modern membantu rumah bergaya rustic ini menjadi lebih dekat dengan alam dan mampu menyatu dengan suasana pedesaan. yun/E-6

 

 

 

Tampilkan Semua

Konsep Asimetrik Desain Interior

Jumat 22/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Beberapa desain interior berpendapat bahwa desain tidak selalu”patuh” pada aturan-aturan baku desain. Keberanian mencapurkan materian dan tata lay out asimetrik justru membuat desain tampilan desain lebih menarik dan memiliki...
Selengkapnya

Kawasan Industri Jantung Ekonomi di Banten

Jumat 22/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebagai daerah dengan segudang potensi, Kabupaten Serang tak lepas dari dukungan beberapa kawasan sekitarnya. Termasuk, keberadaan kawasan industri yang cukup berperan besar bagi pertumbuhan Kabupaten Serang khususnya dan Provinsi Banten...
Selengkapnya

Atap Antara Aksesori dan Fungsi

Jumat 22/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Atap bangunan didesain untuk mengakomodasi fungsi maupun estetika bangunan. Alhasil, bentuknya akan menyelaskan kondisi lingkungan sekitar maupun keseluruhan bentuk bangunan. Atap menjadi bagian bangunan yang dapat dinikmati setiap...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

BTN Siap Luncurkan Sistem Pembayaran QR Pay

Selasa 19/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Perbankan yang fokus pada pembiayaan perumahan, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) siap meluncurkan sistem pembayaran baru Quick Respon (QR) Pay pada kuartal IV 2017. Sistem ini diklaim bisa menggantikan mesin EDC yang saat ini digunakan sebagai sarana alat pembayaran.

“Kami sedang mengajukan lisensinya ke Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kami harapkan bisa segara diperkenalkan pada kuartal IV tahun ini,” ujar Direktur Utama BTN Maryono, dalam siaran persnya usai mendampingi Menteri BUMN Rini Soemarno mengunjungi Balai Ekonomi Desa (Balkondes) BTN di Desa Karanganyar, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (16/9).

Maryono mengatakan, QR Pay merupakan sistem pembayaran yang dilakukan melalui ponsel pintar dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi mobile banking BTN. Pengembangan sistem QR Pay ini akan membuat akses BTN terhadap dana retail semakin meningkat. Pasalnya, untuk bisa menggunakan QR Pay pengguna harus menjadi nasabah BTN terlebih dahulu.

Menurut dia, aplikasi ini memudahkan merchant dan nasabah untuk melakukan pembayaran saat bertransaksi langsung. Adapun estimasi target transaksi QR Pay adalah 170.000 transaksi dengan nominal 85 miliar rupiah untuk satu tahun pertama. “Selain menjadi pendapatan non bunga, QR Pay bisa menurunkan biaya pengadaan alat gesek kartu atau electronic data capture,” kata Maryono.

Direktur Jaringan & Distribusi BTN Budi Satria mengaku saat ini pihaknya sedang menjajaki kerja sama dengan berbagai merchant untuk menyukseskan peluncuran QR Pay. Selain itu, BTN juga terus mengedukasi nasabahnya agar memanfaatkan layanan mobile banking perseroan.

Mengenai pemanfaatan Balkondes, Budi mengungkapkan, BTN ingin dengan kehadiran Balkondes bisa meningkatkan potensi ekonomi yang ada di wilayah Magelang. Untuk itu perseroan membantu para petani gerabah melakukan desain dan packaging yang sesuai dengan kebutuhaj pasar. “Bahkan kami juga membantu memasarkan melalui Belanja. com,” tegas Budi.  hay/E-6

Tampilkan Semua

iPhone X yang Paling Dinanti

Selasa 19/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Apple telah mengumumkan tiga produk terbarunya yatu iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X pada 12 September 2017. iPhone 8 dan 8 Plus akan meluncur ke pasar global pada 22 September 2017, sementara khusus iPhone X akan lebih dari sebulan...
Selengkapnya

Melek Internet dengan “Smartphone” Terjangkau

Selasa 19/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pemakai smartphone masih belum merata. Karena itu, vendor menawarkan smartphone Murah berteknologi 4G agar masyarakat lebih melek internet. Komersialisasi jaringan berteknologi 4G telah dimulai pada 2015. Sayangnya, saat ini pengguna...
Selengkapnya

Adopsi Layar OLED Meningkat

Kamis 14/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Teknologi layar terus berkembang, mulai dari layar CRT, dilanjutkan dengan LCD, dan LED. Kini teknologi layar terus bergerak maju dengan hadirnya teknologi Organic Light-Emitting Diode (OLED) yang mempu menghasilkan warna indah dan lebih...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Honda Usung Urban Konsep dan Prototipe Diesel

Rabu 20/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kiprah Honda pada ajarng Frankfurt Motor Show 2017 atau Internationale Automobil-Ausstellung adalah dengan menampilkan pertama kalinya di dunia Honda Urban EV Concept, sebuah mobil kota dengan tenaga baterai.

Mobil dengan garis desain yang modern serta bercitarasa sporty tersebut terpasang emblem pada mobil konsep ini pada layar lampu berwarna biru. Pada bagian depan emblem dan lampu depannya dibuat futuristik.

Pada bagian grill depan menampilkan nama model, pesan dan juga status pada saat pengecasan. Sementara untuk desain interiornya terkesan ramping dan juga futuristik dengan bentuk desain kokpit dan juga layar utama nya yang menampilkan layar lebar.

Mobil ini dapat menampung empat orang. Untuk door trim nya menggunakan bahan material kayu sementara joknya menggunakan bahan fabric berwarna abu-abu. “Pengemudi dapat mengatur perpindahan berbagai macam informasi kendaraan dengan cara men swipe,” demikian siaran pers Honda Rabu (13/9).

Selain itu, masa depan mesin diesel ternyata masih cerah. Buktinya pada ajang IAA, Honda memperkenalkan model lainnya yaitu All New Honda CR-V Diesel Prototype yang tampil dengan teknologi mesin 2.0 liter i-VTEC 4 silinder Atkinson Cycle dipadu dengan sistem dua motor i-MMD (Intelligent Multi-Mode Drive).

All New Honda CR-V Diesel Prototype menampilkan tiga mode pengendaraan yaitu Engine Drive, Hybrid Drive dan EV Drive. All New Honda CR-V Diesel Prototype ditawarkan dalam dua pilihan transmisi yaitu 6 percepatan manual serta CVT.

 Selain All New Honda CR-V Diesel Prototype, Honda juga memperkenalkan New Honda Jazz yang kini tampil lebih agresif dan sporty. New Honda Jazz versi Eropa kini tersedia dalam pilihan mesin baru Honda i-VTEC 1.5 liter yang dapat menghasilkan tenaga maksimum 130 PS (96 kW).

Mesin baru ini sudah memenuhi regulasi EURO 6. New Honda Jazz dilengkapi dengan fitur baru seperti 7-inch Honda Connect Infotainment System, Rear-View Parking Camera, dan fitur keselamatan terdepan seperti Forward Collision Warning, Lane Departure Warning serta Traffic Sign Recognition.

Untuk model Honda Civic Hatchback versi Eropa, Honda memperkenalkan varian mesin diesel Honda i-DTEC 1.6 liter yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 120 PS. Varian mesin diesel tersebut melengkapi varian mesin bensin untuk model Honda Civic Hatchback yang sudah mulai dijual di kawasan Eropa sejak awal tahun 2017 ini.  hay/E-6

 

Tampilkan Semua

Tenaga Garang di Mesin Mini

Rabu 20/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) atau Frankfurt Motor Show 2017 menjadi ajang untuk mengetahui tren yang bakal terjadi pada industri otomotif dunia. Salah satu tren tren yang muncul adalah hadirnya mesin kecil namun dengan...
Selengkapnya

Adu Canggih Mobil Listrik

Rabu 13/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Negara-negara di seluruh dunia telah mencangkan program penghematan energi, terutama untuk bahan-bahan yang bersifat habis, salah satunya bahan bakar minyak. Untuk itu pabrikan otomotif mobil listrik baru. Pabrikan dunia telah...
Selengkapnya

Tangguh, Daya Jelajah Hybrid Clarity

Rabu 13/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Mobil hybrid Honda Clarity Plug-In berhasil meraih nilai tertinggi untuk jarak jelajah mesin listrik (all-electric range) terjauh di kelas mid-size plug-in berdasarkan penilaian yang dilakukan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Wozniacki Menangi Gelar di Pan Pacific Open

Senin 25/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

TOKYO - Caroline Wozniacki mengakhiri laju kegagalannya di final dengan kemenangan 6-0, 7-5 atas petenis Rusia Anastasia Pavlyuchenkova di Tokyo pada Minggu (24/9), untuk memenangi gelar Pan Pacific Terbuka untuk kedua kalinya secara beruntun.

Mantan petenis peringkat satu dunia ini, yang kini telah memenangi gelar ini sebanyak tiga kali, memainkan final ketujuhnya musim ini setelah kalah pada enam final sebelumnya. Petenis Denmark berusia 27 tahun ini, yang merupakan unggulan ketiga, melejit sejak awal untuk mengatasi permainan service yang kuat dengan dua ace saat memenangi set pertama yang berlangsung 21 menit, terlihat segar setelah ia memenangi pertandingan straight set atas petenis peringkat satu dunia Garbine Muguruza sehari sebelumnya.

Sebaliknya, kemenangan tiga set yang didapat Pavluchenkova atas Angelique Kerber di semifinal terlihat telah menguras tenaganya dan ia mengalami kesulitan dengan akurasi, mencatatkan tiga double fault pada set tersebut.

Setelah ditundukkan pada set pembukaan, Pavlyuchenkova jauh lebih kompetitif pada set kedua dan menahan servenya sampai Wozniacki mengonversi match point ketiganya untuk kembali mematahkan serve lawan dan mengunci kemenangan pada gim ke-12 di set itu.

“Ini merupakan final ketujuh saya tahun ini dan tentu saja setelah beberapa saat ini semakin berat dan semakin berat untuk dimenangi," kata Wozniacki saat diwawancarai di tepi lapangan di Ariake Coliseum, yang akan menjadi tempat berlangsungnya pertandingan cabang olahraga tenis pada Olimpiade 2020.

“Namun saya tampil di sini dan saya hanya berusaha tetap fokus dan tetap agresif, khususnya pada awal dan kemudian ini memudahkan saya," tambah Wozniacki, yang kini menghuni peringkat keenam di dunia.

Secara keseluruhan, Wozniacki melakukan enam ace dan gagal untuk mencatatkan double fault atau satu break point pun, sedangkan lawannya yang merupakan petenis non unggulan mencatatkan lima double fault tanpa mendapatkan satu ace pun.

Gelar ke-26 sepanjang karier Wozniacki juga memastikan petenis Denmark ini memelihara catatan setidaknya memenangi satu turnamen WTA setiap tahunnya sejak 2008, ketika ia menjadi petenis keempat yang mampu memenangi gelar di Pan Pacific Terbuka tiga kali atau lebih. Pavlyuchenkova (26) mengincar gelar ketiganya tahun ini dan gelar ke-11 sepanjang kariernya. Rtr/S-2

Tampilkan Semua

Barca Kukuh di Puncak

Senin 25/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
BARCELONA – Klub raksasa Catalan Barcelona kian kukuh di puncak klasemen sementara La Liga dengan 18 poin, setelah meraih kemenangan keenam secara beruntun saat mengalahkan Girona 3-0, di Stadion Municipal de Montilivi, Minggu...
Selengkapnya

Masih Milik “The Citizen”

Senin 25/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
City masih memun­caki persaingan Liga Inggris dan bersaing ketat dengan seteru sekota mereka United. MANCHESTER – Persaingan Liga Inggris masih berada dalam kendali duo Manchester yang sa­ma-sama merebut kemenangan di...
Selengkapnya

Klopp Sanjung Mignolet

Senin 25/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
LIVERPOOL – Manajer Liverpool, Juergen Klopp, memuji penampilan penjaga gawang Simon Mignolet, yang menghentikan tendangan penalti Jamie Vardy pada pertandingan Liga Inggris pekan keenam, Sabtu (23/9). Pada laga itu Liverpool...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Pengelolaan Sumber Daya Alam

Senin 25/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Oleh Prof Badri Munir Sukoco PhD

Ekonom Columbia University, Jeffrey D Sachs, menyatakan bahwa negara yang kaya sumber daya alam (SDA) mengalami the curse of natural resources. Dalam Global Competitiveness Index 2016, hanya Amerika yang memiliki SDA besar masuk dalam Top 10 berpendapatan tinggi. Meskipun memenuhi unsur-unsur yang dinyatakan Jay B Barney bahwa kepemilikan sumber daya yang valuable, rare, inimitable, dan non-substitutable (VRIN) akan menjamin sebuah negara unggul secara berkelanjutan. Namun, ini tidak berlaku bagi negara kaya SDA. Alasannya antara lain korupsi tinggi dan harga SDA 5 tahun terakhir turun.

Richard Florida menyatakan penguasaan SDA tidak lagi menjamin sebuah negara berdaya saing, namun kreativitaslah penentunya. Berbeda dengan ekonom lain, Florida menggunakan proporsi penduduk dengan keterampilan tinggi dan memiliki penghasilan besar–creative class (CC).

Sektor industri milik CC, antara lain teknologi, keuangan, entertainment, budaya, hukum, kesehatan, dan pendidikan. Argumentasinya didukung banyak penelitian, di mana ijazah pendidikan formal bukan satu-satunya berkorelasi positif dengan pendapatan. Keterampilan tinggilah yang menjadikan seseorang berpenghasilan besar.

Studi Martin Prosperity Institute (MPI) di University of Toronto pada 2015 menempatkan Luxembourg sebagai negara yang memiliki proporsi CC tertinggi dunia, 53,68 persen. Kemudian diikuti Bermuda (47,96 persen) dan Singapura (47,30). Hal ini juga berkorelasi tinggi dengan besaran pendapatan per kapita penduduk ketiga negara tersebut.

Penduduk Indonesia sebesar 7,95 persen terkategorikan sebagai CC dan menempatkannya pada posisi 86 dunia. Tentunya proporsi tersebut relatif kecil dibanding tetangga, seperti Malaysia (49/24,05 persen), Filipina (56/21,33), Thailand (81/9,85), dan Vietnam (82/9,83). Diperbanding negara berpenduduk besar lainnya, USA memiliki proporsi tertinggi (34/32,61) diikuti Brasil (61/20,12).

Ukuran ekonomi yang besar dari sebuah negara tergantung pada kemampuan menciptakan dan menarik CC untuk tinggal, berinteraksi, dan berkarya guna mengakselerasi roda perekonomian. Florida membagi CC menjadi super-creative core (SCC) dan creative professionals (CP). SCC penduduk yang menggunakan keahlian untuk menciptakan kreasi-kreasi baru siap pakai. Ini terdiri dari ilmuwan, insinyur, artis dan lain-lain, sedangkan CP penduduk jasa sesuai dengan kompetensi fungsional seperti pengacara, dokter, dan manajer. Semakin tinggi proporsi CC dalam sebuah negara, dapat dipastikan pendapatan per kapita juga naik.

Gambaran tadi memudahkan tebakan yang dimaksud SCC. Mereka lulusan perguruan tinggi, minimal pernah kuliah (bila mengacu pada drop-out-nya Bill Gates, Steve Jobs atau Mark Zuckerberg) yang berinteraksi dengan beragam orang dan disiplin ilmu sehingga kreatif dan mengubah dunia.

Golongan ini juga diisi banyak doktor yang sukses menghilirisasi disertasinya guna menyelesaikan problem masyarakat dan menjadi kaya seperti Larry Page dan Sergey Brin (Google), Sehat Sutardja (Marvell), atau Edwin Catmull (Pixar). Di Indonesia ada Nadiem Makarim dengan Go-Jek yang cukup fenomenal dengan MBA dari Harvard.

“Ambidextrous”

James G March menjelaskan mekanisme pembelajaran yang dapat dipilih sebuah organisasi adalah eksploitasi dan eksplorasi. Eksploitasi mengarah pada pemanfaatan dan perbaikan akan kompetensi, teknologi dan sumber daya. Sedangkan eksplorasi menitikberatkan pada eksperimentasi pengetahuan dan alternatif. Eksploitasi cenderung dilakukan negara-negara dengan kekayaan alam besar. Keputusan ini dipilih karena menjanjikan kesuksesan lebih cepat dan lambat-laun semakin tergantung untuk lebih mengeksploitasinya dan mengakibatkan success trap. Eksplorasi pilihan logis negara dengan SDA terbatas yang menawarkan alternatif-alternatif bagi dunia.

Biasanya, memilih high tech atau services economy karena menjanjikan hasil besar jangka panjang. Mengingat arah pengembangan high-tech susah diprediksi, maka mekanisme pembelajaran ini akan mendorong sebuah negara menyiapkan beberapa alternatif dan mengarahkan pada failure trap. Bila eksploitasi menjadikan negara sukses dalam jangka pendek, namun rentan jangka panjang. Eksplorasi kurang efektif dalam jangka pendek dan rentan akan perubahan teknologi dan pasar, namun menjanjikan kesuksesan jangka panjang.

Alternatifnya adalah ambidexterity. Ini menjalankan eksploitasi dan eksplorasi secara simultan. O’Reilly dan Tushman mengajukan 3 mekanisme ambidexterity: sequential, structural, dan contextual ambidexterity. Sequential ambidexterity mengeksplorasi lebih dulu, disusul eksploitasi. Ini terilustrasikan pada negara-negara Eropa abad 15 dan 16. Mereka eksplorasi ke penjuru dunia untuk mencari rempah-rempah dan SDA.

Structural ambidexterity memisahkan fungsi eksplorasi pada badan atau institusi negara untuk penelitian baru seperti LIPI dan BPPT. Sedangkan eksploitasi bisa dilakukan oleh BUMN maupun swasta. Contextual ambidexterity mengedepankan peran budaya agar eksplorasi dan eksploitasi berjalan parallel. Ini biasanya terjadi di negara entrepreneurial orientation tinggi. Misalnya Amerika sebagai negara dengan aplikasi paten (2016: 56.595 buah) atau jumlah start up (2017: 25.206 buah) terbanyak dunia. AS juga menjadi negara yang menempatkan perusahaan terbanyak di Fortune 500 (134 buah).

Dalam banyak penelitian, organisasi ambidextrous berkinerja lebih baik dari negara berfokus eksploitasi atau eksplorasi. Nyaris tidak ada negara yang murni eksplorasi ataupun eksploitasi. Namun negara-negara yang menginvestasikan relatif besar dalam aktivitas eksplorasi memiliki GDP dan GDP per kapita lebih besar dari negara sedikit mengalokasikan. Mekanisme ambidextrous sequential sudah tidak terlalu relevan saat ini. Namun structural dan contextual ambidexterity dapat menjadi pilihan dengan CC sebagai pelaku eksplorasi.

Human capital sebagai unsur pembentuk CC tentunya tidak terlepas dari pengukuran lain – Human Development Index (HDI). Dalam HDI 2016, UNDP mengategorikan 4 kelompok negara: very high, high, medium, dan low human development. Indonesia masuk pada ketegori medium bersama Filipina, Vietnam, India, Kongo, Bangladesh, dan Pakistan. Malaysia dan Thailand masuk high, sedangkan Singapura very high. Negara-negara very high menginvestasikan anggaran pendidikan terbesar (5,1 persen terhadap GDP). Lainnya yang medium cuma 3,9 persen dan low: 3,8 persen.

Proporsi CC yang memadai menghindarkan negara dari the curse of natural resources. Besaran CC menentukan tingginya pendapatan per kapita sebuah bangsa. Untuk bisa kompetitif di masa depan, Indonesia harus memiliki proporsi CC yang memadai (dan menjadi ambidextrous) guna mendorong kemakmuran. CC memungkinkan eksplorasi barang dan jasa baru dapat ditemukan.

Tidak ada ukuran proporsi ideal CC sebuah Negara. Namun, bila mengacu tetangga dan besaran penduduk Indonesia, dengan memiliki CC 20 persen dari total penduduk pada tahun 2030 akan menjadikan GDP Indonesia hampir 6 kali lipat dari tahun lalu yang 932,259 miliar dollar AS. GDP per kapita berlipat hampir 5 kali dari 2016, menjadi 16.897 dollar AS. 

Penulis Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga

Tampilkan Semua

Modus dan Mental Pejabat

Senin 25/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) seperti tak bermakna lagi. Sebab hanya dalam sebulan, KPK OTT empat kepala daerah. Artinya, para kepala daerah tidak mau belajar dari kasus sebelumnya. OTT...
Selengkapnya

Era Pasar Global, Etika Bisnis Makin Penting

Senin 25/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Judul : Etika dan Etiket Bisnis Penulis : William Chang Penerbit : Kanisius Terbit : 2016 Tebal : 152 halaman ISBN : 978-979-21-4870-1 Etika dalam bisnis sangat penting. Biasanya, pengusaha harus menggunakan jurus-jurus untuk...
Selengkapnya

Menyambut Karyawan Baru

Senin 25/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pertanyaan : Bu Rossa, bulan depan divisi saya akan menerima 10 orang karyawan baru. Pengalaman selama ini banyak dari mereka yang perlu waktu lama untuk beradaptasi. Mohon tips-tipsnya Bu. Taufan, Tangerang Jawaban : Kehadiran...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Peresmian Kantor Baru TALKINC di Menteng

Senin 25/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kantor baru adalah semangat baru. Ungkapan tersebut disampaikan oleh Erwin Parengkuan , Managing Director Talkinc saat peresmian kantor barunya di Jalan Kendal No. 18 A-B Menteng Jakarta Pusat, pada Sabtu (23/9).

Erwin bersama timnya menempati gedung baru empat lantai yang mengusung tema “green lifestyle” dimana seluruh bangunan luar dipenuhi vertical garden yang dilengkapi logo Talkinc pada bagian depannya. Kantor ini memang berada di lokasi yang sangat strategis, dekat Stasiun Kereta Sudirman. “Begitu lihat gedung ini saya langsung cocok dan mantap, apalagi cuma 20 meter dari Stasiun Sudirman,” kata Erwin.

Talkinc ini dipelopori oleh Erwin Parengkuan dan Rebbeca “Becky” Tumewu, seusai kerja bareng sebagai presenter televisi. Keduanya sepakat untuk membangun sebuah tempat pendidikan di bidang public speaking.

Talkinc telah dikukuhkan sebagai sekolah komunikasi dengan predikat A. Di gedung yang baru ini berbagai programnya didukung dengan fasilitas pelatihan yang serba baru dan disain interior yang berbeda, untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan. Lebih jauh Erwin menjelaskan dengan kepindahan ke kantor baru tersebut, maka ada dua program baru yang akan dirilis, khusus kelas after o ce, yaitu Public Speaking Advance Program dan Public Speaking Coaching Program. Kelas ini dimulai jam 18.30 sampai 21.00 WIB dengan 9 kali pertemuan pada program advance dan 6 kali untuk program coaching.

“Kami sangat antusias untuk membantu banyak profesional dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi, agar dapat memengaruhi lawan bicara, sesuai dengan tuntutan kompetensi dan persaingan yang semakin ketat,” kata Erwin.

Saat ini Talkinc sudah melatih sebanyak 20.500 peserta in house training dari berbagai perusahaan, baik BUMN, nasional maupun multi nasional. Lalu sebanyak 2.500 peserta untuk kelas regular yang mencakup beberapa program seperti, Boosting Con dence, Speaking Impressively, Personal Branding and Total Look, MC/TV Presenter dan Public Speaking.

“Setiap peserta yang lulus ujian mendapatkan serti kat yang disahkan oleh Suku Dinas Pendidikan Menengah Wilayah Kota Administrasi Jakarta,” ungkap Erwin. ars

Tampilkan Semua

Parasit Otak yang Memperkuat Gangguan Neurologis

Senin 25/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Parasit otak bernama Toxoplasma Gondii diperkirakan telah menghinggapi minimal 2 miliar orang di seluruh dunia. Dan bukti baru menunjukkan parasit ini ternyata lebih berbahaya daripada yang kita pikirkan. Toxoplasma Gondii adalah...
Selengkapnya

Sensasi Gurih di Banyuwangi

Senin 25/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pecel, soto, rujak, rawon, telah lama dikenal orang sebagai masakan khas Jawa Timur. Hampir di setiap daerah punya ciri sendiri-sendiri untuk jenis-jenis masakan tersebut. Contohnya pecel, bagi penggemar menu ini tentu mengenal...
Selengkapnya

Menakar Kepekaan Sosial Masyarakat di Asia Pasifik

Senin 25/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Lebih dari setengah konsumen di Indonesia (52,1 persen) melakukan kegiatan amal melalui donasi, sementara 83,0 persen dari mereka lebih menyukai produk-produk yang menerapkan prinsip perdagangan yang adil (fair trade), dan 82 persen...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Ancol Kaji Gratiskan Tiket Masuk

Sabtu 23/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, akan mem­pelajari usulan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, untuk menggratiskan tiket masuk orang.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, C Paul Tehusijarana mengatakan, pengkajian juga akan menghi­tung kemungkinan penerapan tarif parkir khusus sebagai pemasukan pengganti penggratisan tiket orang.

“Kami diminta pelajari, kaji dan laporkan ke Pak Guber­nur mengenai alternatif masuk gratis, pengelolaannya seperti apa. Kami masih pelajari,” ujar Paul, Jumat (22/9).

Menurutnya, penggratisan tiket masuk pasti akan ber­dampak pada pendapatan. Namun, alternatif penerapan tarif parkir khusus tidak dipungkirinya berpotensi mening­katkan penghasilan dan bisa menutup penggratisan tiket masuk orang.

Sementara Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, selain dari kenaikan pendapatan parkir, pihak Ancol juga berpotensi mendapat tambahan masukan bila Pasar Seni ramai dikunjungi. Diyakininya, pengratisan tiket masuk orang akan mendongkrak jumlah pengunjung datang ke Pasar Seni.

“Kita harapkan Pasar Seni akan hidup, beberapa wisata kuliner yang sepi juga bisa hidup. Saya harap kajiannya rampung dalam dua pekan,” ucapnya.

Ditambahkan Djarot, PT Pembangunan Jaya Ancol bisa melakukan uji coba skema penggratisan masuk orang dan penerapan parkir khusus selama enam bulan. Bila ternyata bisa menutup biaya operasional,maka kebijakan tersebut dapat dipermanenkan. emh/P-5

Tampilkan Semua

Jeep Wrangler Milik DJoko Susilo Terjual Rp460 Juta

Sabtu 23/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Puluhan barang sitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) milik beberapa terpidana kasus korupsi akhirnya dilelang di Gedung Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jumat (22/9). Jenis barang yang dilelang mulai dari telepon genggam,...
Selengkapnya

Napi Kendalikan Sabu dari Penjara

Jumat 22/9/2017 | 08:40
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Dalam beberapa kasus penyelundupan narkoba partai besar, ditemukan keterlibatan narapidana kasus narkoba, sebagai otak penyelundupan. Mereka mengendalikan penjualan dan pembelian narkoba, serta lalu lintas kurirnya, dari...
Selengkapnya

APBD-P 2017 DKI Naik 2,43 Persen

Jumat 22/9/2017 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyerahkan draf Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun Anggaran (TA) 2017 kepada DPRD DKI Jakarta, sebesar 71,89 triliun...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

“Segera Lakukan Perekaman E-KTP ”

Jumat 22/9/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Masalah e-KTP, masih ramai diberitakan. Selalu saja muncul keluhan warga tentang pelayanan dalam pembuatan e-KTP. Masalah tersebut mulai dari masih adanya pungutan, sampai lamanya menerima fisik e-KTP pasca-perekaman.

 

Untuk mengupas itu, Koran Jakarta, berkesempatan mewawancarai Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil, Zudan Arif Fakrulloh, di Jakarta. Berikut petikan wawancaranya.


Masalah e-KTP masih ramai diberitakan. Tanggapan Anda?


Pertama, isu yang paling seksi selalu e-KTP. Perlu saya sampaikan, e-KTP hanya satu dari beberapa dokumen yang diterbitkan Dinas Dukcapil.

Dukcapil itu terbitkan 22 dokumen yang mana di seluruh Indonesia sama. Sekarang 150 daerah sudah tambah satu dokumen lagi bernama KIA (Kartu Identitas Anak). Target kami, sampai 2019 semua daerah sudah menerapkan KIA, kalau e-KTP dari 2011 sudah berjalan.


Progres perekaman dan pencetakan e-KTP sendiri sudah sejauh mana?


Untuk e-KTP, cakupan kita sudah 94 persen, kurang 5,02 persen penduduk belum merekam. Cakupannya yang sudah melakukan perekaman sebanyak 175,9 juta, yang belum 9,3 juta.

Di titik ini, saya harap warga yang belum merekam untuk segera melakukan perekaman karena kalau tidak melakukan perekaman, saya khawatir masyarakat sulit mendapat pelayanan di sektor BPJS, imigrasi,

perbankan, asuransi, penegakan hukum membuat SKCK, karena lembaga-lembaga ini sudah kerja sama dengan Dukcapil untuk mendapatkan data tunggal penduduk. Kalau sudah merekam dapat dipastikan data tunggal dan tidak ganda lagi.


Tapi, masih banyak keluhan dari warga, tanggapan Anda?


Kalau ada keluhan penduduk sudah merekam lama dan belum jadi, di data center ditemukan ada 1,9 juta penduduk merekam lebih dari sekali.

Artinya, biometric-nya ada lebih dari satu. Penduduk ini KTP enggak akan jadi sebelum yang bersangkutan melaporkan ke Dukcapil untuk memilih tinggal di alamat mana. Kami tak bisa menghapus tanpa permohonan penduduk tersebut.


Mengenai blanko e-KTP bagaimana?


Kalau ditanya, kenapa di Dinas Dukcapil enggak dikasih printer agar bisa cetak di kecamatan? Kalau diberi semua jumlahnya enam ribu, investasi sangat besar. Kita optimalkan pencetakan di kabupaten atau kota, tapi kalau daerah mau membeli printernya sendiri dibolehkan.


Lelang pertama di bulan Maret itu cetak sekitar tujuh juta, sekarang tersedia lagi 7,4 juta. Sehingga hingga 2018 diperkirakan cukup dengan catatan blanko tidak untuk mencetak e-KTP yang daerah wilayah administrasinya berubah.

Contoh, Kabupaten Pangandaran kita tak akan cetak untuk perubahan dari Ciamis ke Pangandaran, dari Kaltim ke Kaltara, begitu juga kalau ada kabupaten atau kota yang memekarkan wilayahnya.


Kenapa selalu muncul pertanyaan kok e-KTP lama?


Pertama, e-KTP ada yang lama dan cepat. Yang cepat kalau merekamnya di dinas, yang sering lama bila merekamnya di kecamatan, mencetaknya di dinas. Tapi, juga ada beberapa penyebab lain, misal di kecamatan itu alatnya rusak karena kita tahu alat ini pengadaan dari anggaran 2010/2011.


Keseluruhan 6,546 yang rusak 1,248 alat perekaman atau sekitar 19 persen. Sekarang lagi diperbaiki dengan dana APBN.


E-KTP untuk pendaftaran CPNS?


Mengenai pemanfaatan data, terkait seleksi CPNS, kita sudah dua kali di 2017 seleksi CPNS menggunakan basis nomor induk kependudukan. Pertama, saat CPNS Kemenkumham dan MA. Yang sekarang untuk 60 kementerian dan lembaga dan satu provinsi semua pintu masuk seleksi dengan menggunakan NIK. agus supriyatna/AR-3

Tampilkan Semua

“Ada Kandungan Kimia Plus dalam PCC”

Rabu 20/9/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam siaran persnya akhir pekan lalu menyebutkan bahwa hasil uji laboratorium terhadap tablet PCC (Paracetamol, Caffeine, Carisoprodol) menunjukkan positif mengandung Carisoprodol.   Kandungan...
Selengkapnya

“OTT Ini Jadi Momok bagi Mereka yang Ingin Coba Korupsi”

Selasa 19/9/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Sudah puluhan pimpinan daerah, mulai dari wali kota, bupati, hingga gubernur yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), tetapi hal tersebut seperti tidak membuat jera. Padahal untuk mengatasi hal ini,...
Selengkapnya

“Saya Sudah Ingatkan Kepala Daerah”

Senin 18/9/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Banyaknya kepala daerah atau pejabat publik di daerah yang kena jerat atau bahkan terjaring operasi tangkap tangan, jadi sorotan publik.   Untuk mengetahui sikap Kementerian Dalam Negeri, Koran Jakarta mewawancarai Menteri Dalam...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Ancol Memang Pernah Jadi Impian

Sabtu 23/9/2017 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font

Ancol, daerah di pesisir Jakarta Utara yang berpantai, lebih dikenal dengan Taman Impian Jaya Ancol, agak tiba-tiba mengusik perhatian. Adalah Gubernur Djarot Saiful Hidayat, yang Oktober nanti menyerahkan jabatan ke penggantinya, mewacanakan masuk pantai Ancol akan gratis.

Artinya masuk ke pantai, ke wilayah itu, sementara parkir dan masuk wahana masih harus bayar. Perbedaan pendapat apakah masuk ke pantai harus bayar atau gratis sudah lama diperdebatkan, dan alot, dan seperti diduga, akan susah melawan korportasi.

Ancol sekarang ini, atau sudah sejak lama, dalam soal “melihat pantai” tidak memihak kepentingan masyarakat banyak. Lebih memihak masyarakat kelas menengah dan atas—dalam pengertian jumlah pengeluarannya.


Ancol punya riwayat panjang, baik oleh kenyataan, impian, maupun tambahan. Daerah itu pernah didirikan rumah peristirahatan gubernur Belanda, di abad 17. Pernah menjadi sarang nyamuk dan dianggap sumber malaria.

Pernah menjadi daerah pelesiran, dengan kisah melegenda “Si Manis Jembatan Ancol”, hantu cantik yang konon menolak diperkosa dan menemukan kematian. Kisah tragis, tapi juga mengisyaratkan adanya harga diri. Daerah rawa-rawa dan semak yang direncanakan sebagai daerah industri, sebelum menjadi daerah hiburan.


Baru kemudian di tahun 1966, ketika Bang Ali, gubernur Ali Sadikin, bersama pengusaha Ciputra, Ancol menjadi taman sekaligus impian. Proses pembangunan wahana sangat cepat, masyarakat terpikat, bahkan seolah menjawab apa yang dibutuhkan.

Masyarakat haus hiburan, dan bermanfaat. Masyarakat butuh kegiatan kesenian yang sumpek dan buntu di gedung-gedung kesenian karena syaratnya terlalu berat. Ancol memberi kesempatan, memberi panggung untuk itu.

Memberi peluang dan menampung. Bukan wahana seperti Dufan, atau Sea Word, atau sejenis wahana edukasi, melainkan juga yang kemudian dikenal sebagai Pasar Seni.

Untuk pertama kalinya di Indonesia, ada “pasar” dan sekaligus ada “seni”. Ada karya-karya lukis—juga keramik, juga patung, juga barang kerajinan—yang selama ini angker karena harga tak terjangkau, sekarang bisa dijual-belikan dengan harga “pasar”.


Mereka adalah pelukis-pelukis dengan nama besar, pematung terkenal, dan sekaligus juga bakat-bakat baru yang mempesona—yang kemudian akan dikenal luas. Pasar Seni merupakan jawaban, merupakan oase dari kesumpekan Ibu Kota Jakarta dengan cara terhormat.

Dari Pasar Seni pula lahir berbagai jenis karya pentas dan diskusi-diskusi yang lebih “berani”, lebih lugas dari yang ada di gedung kesenian. Keterbukaan ruang seakan menandai keleluasaan untuk terjadinya komunikasi. Termasuk adanya Festival Reog dan diskusinya, model lawakan “stand up comedy”, dan jenis-jenis karya yang memprotes keadaan.


Bahwa di tempat itu juga menjadi tempat pacaran—atau lebih dari itu di tenda-tenda, atau dalam mobil, di tempat terbuka atau tertutup—tak menyurutkan tetap menjadi tujuan untuk keluarga. Ancol saat itu bukan hanya pantai, bukan hanya wahana-wahana, melainkan juga ruang kebebasan, ruang kreatif, benar-benar pasar dan benar-benar seni dalam dialog.


Maka ketika wacana menengok kembali Ancol, agaknya hal-hal semacam ini yang terlupakan. Yang kini dibahas adalah yang berat “apakah hak publik melihat pantai” ataukah “ada pelanggaran”.

Yang melalui sidang pengadilan yang panjang, dan berhenti di pembahasan. Ada yang hilang dari pembahasan yaitu bahwa Ancol pernah menawarkan ruang, pernah mewadahi impian, dan memenuhi apa yang dibutuhkan masyarakat. Dalam hal ini, peran Ancol belum akan tergantikan berdirinya mal, water park, atau tempat-tempat hiburan lainnya.

Tampilkan Semua

Tri Hanggono Achmad

Sabtu 23/9/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung yang berdiri pada 11 September 1957 ini diresmikan oleh Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno. Tahun ini, Unpad memperingati ulang tahunnya atau dies natalis ke-60. Sejumlah acara sudah...
Selengkapnya

Mendesak, Riset Sumber Energi Terbarukan

Sabtu 23/9/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jika riset di Swiss mengembangkan teknologi sel surya untuk perangkat implan elektronik, sebuah terobosan lain yang di lakukan di University of Warwick yang mengembangkan teknologi tenaga surya yang lebih murah dan lebih komersial dari...
Selengkapnya

Manfaat Sel Surya untuk Teknologi Medis

Sabtu 23/9/2017 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di masa mendatang, pengembangan perangkat sel surya dapat memperkuat fungsi peralatan medis. Misalnya, dikembangkan untuk implan elektronik. Bagaimana teknik pengembangannya? Kemampuan sel surya untuk memanen energi dari matahari, bahkan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta