Koran Jakarta | May 26 2018
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Target Pertumbuhan Ekonomi Terganjal Kenaikan Impor

Sabtu 26/5/2018 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
>>Laju kredit perbankan yang melambat turut menghambat pertumbuhan ekonomi. >>Perlu keberpihakan dan tekad kuat guna mengembangkan industri substitusi...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Target Pertumbuhan Ekonomi Terganjal Kenaikan Impor

Sabtu 26/5/2018 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font

>>Laju kredit perbankan yang melambat turut menghambat pertumbuhan ekonomi.

>>Perlu keberpihakan dan tekad kuat guna mengembangkan industri substitusi impor.

 

JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia 2018 berpeluang besar tidak mencapai target dalam asumsi APBN 2018 di kisaran 5,4 persen. Bank Indonesia (BI) menyebutkan pertumbuhan ekonomi nasional hanya sekitar 5,2 persen.

Beberapa faktor yang menghambat pertumbuhan itu adalah kenaikan tajam impor dan pertumbuhan kredit perbankan yang masih lambat.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, menyatakan ada perkembangan positif yang mendorong pertumbuhan ekonomi, serta sebaliknya ada faktorfaktor yang menekan laju pertumbuhan ekonomi.

Salah satu faktor yang menghambat pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan impor. Pada April lalu, data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka impor mencapai 16,09 miliar dollar AS, atau naik signifikan sebesar 34,68 persen dibandingkan April 2017 sebesar 11,95 miliar dollar AS.

Kenaikan impor inilah yang perlu diwaspadai oleh pemerintah lantaran berpengaruh pada defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) serta net external demand.

“CAD yang dulu kita proyeksi hanya 2,1 persen sekarang kita proyeksi 2,3 persen, sehingga net external demand-nya khusus konsumsi itu 4,9 persen, yang membuat growth tidak bisa 5,3 persen,” jelas dia, di Jakarta, Jumat (25/5).

Di sisi lain, masih ada perlambatan pertumbuhan kredit, yang terjadi sejak beberapa tahun lalu. Fenomena lesunya pertumbuhan kredit masih akan tampak pada tahun ini karena perbankan masih memulihkan kinerjanya seusai didera kredit bermasalah.

“Mestinya naik sejak 2015, begitu ekonomi naik kan kreditnya naik, tapi kan tetap slow. Itu faktor yang masih continuing dan belum recover banget mengenai kreditnya,” papar Perry.

Kendati begitu, menurut Perry, realisasi pertumbuhan ekonomi tahun ini masih berpeluang meningkat dari tahun lalu yang sebesar 5,07 persen, karena ditopang oleh indikator ekspor, konsumsi pemerintah, hingga investasi.

Terkait upaya menurunkan impor, pengamat ekonomi dari Universitas Brawijaya, Malang, Imron Rozuli, mengatakan depresiasi rupiah yang akan menaikkan harga barang impor, semestinya diantisipasi dengan memacu pengembangan industri substitusi impor.

Namun, dia menilai keberpihakan dan tekad kuat pemerintah untuk mendorong substitusi impor masih kurang. “Dalam konteks produksi nasional, untuk substitusi barang impor belum mampu menjawab persoalan tersebut,” kata Imron.

Imron menambahkan pola insentif perlu dibenahi dalam upaya menggenjot kegiatan produksi berbasis bahan baku lokal atau substitusi impor.

Sebesar apa pun insentif jika tidak terintegrasi antarsektor dalam upaya mendorong produksi nasional dan mengimbangi konsumsi nasional akan selalu mengalami tekanantekanan pasar yang mengagetkan pengambil kebijakan.

“Lebih utama yakni memberikan insentif yang cukup bagi produk ekspor dengan keselarasan pemerintah pusat dan daerah sehingga mampu menjadi sandaran pelakupelaku usaha,” papar Imron.

Tidak Realistis

Ekonom Indef, Bhima Yudhistira, menambahkan selain pada pertumbuhan tahun ini, target pertumbuhan ekonomi Indonesia 2019 yang dicanangkan pemerintah sebesar 5,4–5,8 persen, juga rentan meleset.

“Target pertumbuhan ekonomi ini overestimate atau tidak realistis. Padahal, tahun ini pertumbuhan ekonomi kami prediksi hanya 5,1 persen, melihat perkembangan di triwulan pertama 2018 yang tumbuh 5,06 persen,” ujar Bhima.

Indikator lain, lanjut dia, konsumsi rumah tangga sebagai kontributor terbesar ekonomi nasional, porsinya sebesar 56 persen, tumbuh stagnan di angka 4,95 persen.

“Gejala stagnasi pertumbuhan ekonomi ini akan berjalan sampai tahun depan,” tutur Bhima. Selain itu, kata dia, neraca perdagangan mengalami defisit pada April 2018 hingga mencapai 1,63 miliar dollar AS.

“Angka ini terparah sejak 2014, karena kinerja ekspor nonmigasnya turun. Secara fundamental, ekonomi kita sedang bermasalah,” ungkap dia.

Atas dasar indikator tersebut, Bhima menganggap target pertumbuhan ekonomi pemerintah pada 2019 tidak realistis. Dia juga mengingatkan, asumsi makro yang meleset jauh dari realisasi rentan membuat defisit anggaran melebar. ahm/SB/Ant/WP

 

Tampilkan Semua

Presiden Jokowi Siapkan Perpres Pelibatan TNI

Sabtu 26/5/2018 | 00:03
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyatakan akan mempersiapkan aturan pendukung Revisi Undang-Undang (RUU) No 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme yang telah disahkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menjadi...
Selengkapnya

RUSAK LINGKUNGAN

Sabtu 26/5/2018 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
RUSAK LINGKUNGAN - Penambang mengoperasikan eskavator untuk mengambil material di kawasan pegunungan DesaLampisang, Kecamatan Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Jumat (25/5). Aktivitas penambangan di kawasan pegunungan itu...
Selengkapnya

PROYEK PLT SAMPAH

Sabtu 26/5/2018 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
PROYEK PLT SAMPAH - Hamparan geomembran yang menutup permukaan sampah terlihat pada proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) gas metana, di tempat pembuangan akhir (TPA) Jatibarang, Semarang, Jawa Tengah, Jumat...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

Beri Keterangan

Jumat 25/5/2018 | 09:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tampilkan Semua

Presiden Salat Tarawih di Masjid Al-Istiqomah Kuningan

Jumat 25/5/2018 | 08:50
A   A   A   Pengaturan Font
Kuningan – Presiden Joko Widodo melaksanakan Shalat Tarawih di Masjid Agung Al-Istiqomah Cilimus, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Kamis (24/5) malam.Presiden beserta rombongan tiba di Masjid Al-Istiqomah pada pukul 18.50 WIB...
Selengkapnya

Kerja Sama Antarinstansi Harus Sinergi untuk Cegah Narkoba

Jumat 25/5/2018 | 08:40
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta – Angggota DPR dari Fraksi Partai Golkar, Agun Gunandjar Sudarsa mengingatkan agar dijalin Kerja sama dengan tempat-tempat pendaratan baik melalui darat laut dan udara guna mencegah masuknya narkoba. Kerja sama dengan...
Selengkapnya

Soekarno Berhasil Satukan Indonesia Melalui Pancasila

Jumat 25/5/2018 | 08:40
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta – Direktur Eksekutif Aliansi Indonesia Damai (AIDA) Hasibullah Satrawi menilai Proklamator Indonesia Soekarno adalah sosok yang berhasil menyatukan Indonesia yang beragam melalui Pancasila. “Dari nilai-nilai luhur...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
Mondial

Kemlu Imbau WNI Tak Masuk ke Yaman

Sabtu 26/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri RI mengimbau agar warga negara Indonesia (WNI) tidak masuk ke Yaman menyusul perkembangan situasi politik dan keamanan di negara di selatan Semenanjung Arab itu. Hal itu disampaikan oleh Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal, di Jakarta, Kamis (24/5) malam.

“Kami imbau WNI untuk jangan ke sana lagi, dan bagi yang sudah di sana untuk segera meninggalkan Yaman,” kata Lalu.

Imbauan Kemlu RI itu disampaikan setelah pemerintah Kesultanan Oman mengeluarkan edaran resmi pada 6 Mei terkait larangan bagi semua warga asing untuk melintasi perbatasan Yaman-Oman karena situasi politik dan keamanan di Yaman.

Dari hasil pemantauan pemerintah Oman, dikhawatirkan perbatasan Yaman-Oman sepanjang 288 km tersebut dapat digunakan sebagai pintu lalu lintas orang yang masuk ke Yaman untuk mendukung kelompok Houthi maupun AQAP (Al-Qaeda di Semenanjung Arab).Perbatasan itu dikhawatirkan juga menjadi tempat lalu lintas penyelundupan senjata.

Saat ini dari dua perbatasan darat Yaman dengan negara tetangganya, Arab Saudi dan Oman, hanya perbatasan dengan Oman yang masih bisa dilintasi, namun akses itu pun telah semakin sulit untuk dilalui.

Belum Berakhir

Kemlu RI mengeluarkan pernyataan pada Kamis bahwa berdasarkan pengamatan perwakilan RI konflik di Yaman belum memperlihatkan tanda-tanda akan berakhir, bahkan kian memburuk. Situasi tersebut menyulitkan perwakilan RI terdekat untuk memberikan perlindungan baik bagi WNI yang berada di Yaman maupun WNI yang akan keluar dari Yaman.

“Yang paling mengkhawatirkan bagi kita adalah keputusan pemerintah Oman yang menutup perbatasan karena banyak teman-teman WNI yang pulang lewat perbatasan,” tutur Iqbal.

Sejak permulaan konflik di akhir 2014, pemerintah Indonesia menfasilitasi evakuasi WNI dari berbagai wilayah yang terkena dampak konflik di Yaman. Puncaknya, sejak 30 Maret 2015 hingga 21 April 2015, pemerintah mengirimkan tim khusus ke Yaman untuk melakukan evakuasi WNI secara intensif dengan dukungan lima perwakilan RI di sekitar Yaman.

Total sebanyak 1.925 WNI dan 173 WNA berhasil dievakuasi melalui jalur darat, laut (kota Aden) dan udara. Sejak 2015 Pemerintah Indonesia telah melarang WNI masuk ke Yaman. Larangan tersebut hingga saat ini belum pernah dicabut.

Data Kementerian Luar Negeri RI menyebut saat ini diperkirakan masih terdapat antara 1.000-1.600 WNI di Yaman. Konsentrasi WNI terbesar terdapat di Provinsi Hadramaut, di mana banyak pelajar Indonesia menuntut ilmu di berbagai lembaga pendidikan Islam.

Menurut Lalu, sebagian dari WNI yang saat ini berada di Yaman adalah WNI yang pada 2015 dievakuasi keluar dari Yaman, namun mereka nekat untuk kembali meski ada larangan dari pemerintah Indonesia. 

Ant/I-1

Tampilkan Semua

Jet Taiwan Buntuti Bomber Tiongkok

Sabtu 26/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Tiongkok kembali unjuk kekuatan terhadap Taiwan. Kali ini Tiongkok menerbangkan dua pesawat bomber H-6 melakukan misi terbang jarak jauh diatas wilayah udara sekitar Taiwan. TAIPEI – Taiwan pada Jumat (25/5) pagi dilaporkan telah...
Selengkapnya

Malaysia Cari Keadilan Bagi Korban MH17

Sabtu 26/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Pemerintah Malaysia menegaskan akan terus mencari keadilan bagi para korban penumpang pesawat Boeing 777 milik maskapai Malaysia Airlines (MAS) dengan nomor penerbangann MH17, yang ditembak jatuh saat berada di wilayah udara...
Selengkapnya

Pengalaman Berkesan Salat Tarawih di Masjid Terbesar Roma

Sabtu 26/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pengalaman pertama Tarawih di masjid terbesar di Roma, Italia, bisa dibilang sangat menyenangkan dan mengesankan. Senang, karena udaranya adem. Suhu udara di ibu kota Italia menjelang akhir musim semi sangat bersahabat, di atas 10...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
Ekonomi

Jalin Kemitraan

Sabtu 26/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Marketing Manager Fox Network Group Indonesia Lesley Simpson (kanan) dan Marketing Communication Departemen Head PT Link net Djoko Adnan saat peluncuran kerja sama untuk hadirkan saluran dengan program berkualitas untuk penonton Indonesia di Jakarta, Jumat (25/5). Fox network group menghadirkan tayangan bermutu bagi masyarakat Indonesia.

Tampilkan Semua

Teken Kerja Sama

Sabtu 26/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., Maryono (kanan) dan Dirjen Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Isa Rachmatarwata, menandatangani Nota Kesepahaman Bersama terkait pelaksanaan lelang hak tanggungan di...
Selengkapnya

Perbaikan Jembatan Cincin Lama Rampung Sebelum Lebaran

Sabtu 26/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) optimistis perbaikan Jembatan Cincin Lama yang runtuh 17 April lalu bisa selesai H-10 Lebaran. Progres perbaikan saat ini sudah mencapai 76 persen. Dengan demikian,...
Selengkapnya

Kemenkeu Berikan Thr Kepada Pegawai Honorer

Sabtu 26/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pegawai honorer instansi pusat dibayarkan tambahan 1 bulan honor. JAKARTA - Kementerian Keuangan akan memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada pegawai honorer atau kontrak pada Juni 2018 dengan alokasi dana sebesar Rp440,38...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
Daerah

Gorontalo Promosikan Wisata Besar-besaran

Senin 21/5/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Untuk memacu pemba­ngunan di Gorontalo, pemerintah provinsi mencanangkan visi yaitu ter­wujudnya masyarakat Goron­talo yang maju, unggul, dan sejahtera. Untuk mewujudkan visi tersebut telah dielabo­rasi dalam lima misi pemba­ngunan tahun 2017–2022.

Posisi Gorontalo yang dekat dengan Sulawesi Utara menja­di keuntungan bagi daerah ini dalam menjaring wisatawan mancanegara (wisman). Ter­lebih lagi provinsi ini memiliki potensi keindahan alam yang luar biasa sehingga dapat menjadi modal mendatangkan para turis lebih banyak lagi.

Untuk mengetahui langkah-langkah yang akan dilakukan oleh daerah ini dalam meng­gaet Wisman lebih banyak lagi, wartawan Koran Jakarta, Muhammad Zaki Alatas, berkesempatan mewawan­carai Gubernur Gorontalo, H Rusli Habibie, seusai pelun­curan Calender of Event (CoE) Pesona Pariwisata Gorontalo 2018, di Jakarta, belum lama ini. Berikut petikan selengkap­nya.

Bisa diceritakan tentang sektor pariwisata di Goron­talo?

Daerah kami memiliki keunggulan dari sisi amenitas dan aksesibilitas terhadap des­tinasi wisata, di mana Goron­talo merupakan gugusan pulau-pulau yang sangat in­dah. Dalam mengembangkan sektor pariwisata kami masih mengalami kendala infrastruk­tur dan hal ini yang terus kami selesaikan dengan dukungan pemerintah pusat.

Berapa jumlah kunjungan Wisman ke Gorontalo?

Tahun lalu, Gorontalo baru dapat menarik delapan ribu wisman. Ke depan, kami akan maksimalkan.

Dengan cara apa memak­simalkannya?

Seperti yang dikatakan Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Provinsi Gorontalo ha­rus bisa menempatkan sebagai secondary destination untuk menarik wisman dari Tiong­kok. Dengan cara ini, kun­jungan wisman ke Gorontalo akan meningkat tajam.

Dengan ini Goron­talo mengambil contoh yang dilakukan oleh destinasi Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang menempatkan sebagai secondary destina­tion terhadap Bali, sehingga kunjungan wisman ke Lombok melonjak tajam mencapai satu juta orang, dan Lombok kini berkembang sebagai destinasi Halal Tourism kelas dunia.

Selain itu?

Iya, sesuai dengan arahan Menteri Pariwisata, Arief Yahya, berkaitan dengan ame­nitas dan aksesibilitas ter­hadap destinasi wisata yang berbasis maritim, kami akan mengembangkan pariwisata menggunakan nomadic tour­ism sebagai solusi dalam mengatasi keter­batasan unsur amenitas yang sifatnya bisa dipindah-pindah dan bentuknya bermacam-macam, yaitu glamp camp, home pod, dan caravan, sedangkan sebagai aksesibilitasnya ada­lah sea plane, dengan mudah membawa wisatawan dari pulau ke pulau.

Ba­gaimana dengan event wisata?

Kami punya event wisata. Provinsi Gorontalo mempu­nyai 17 event unggulan, dua event di antaranya adalah Gorontalo Karnaval Karawo dan Festival Pesona Danau Limboto masuk dalam 100 CoE Nasional dan mendapat dukungan Kemenpar.

Sisanya yang 17 event itu apa saja?

Sebanyak 17 event unggulan Gorontalo yang digelar tahun ini, antara lain Festival Pesona Bahari Pohon Cinta di Pantai Pohon Cinta pada 2–6 Mei 2018; Festival Kirab Nusantara (Gorontalo, 5 Mei 2018); Fes­tival Bedug Takbiran (Goron­talo, 7 Juni 2018); Festival Tumbilothe (Gorontalo, 10 Juni 2018); Gebyar Ketupat (Goron­talo, 23 Juni 2018); Lomba Karapan Sapi, Kuda Gerobak dan Pacuan Kuda (Lapangan Golf Yosonegoro, 23 Juni 2018); Festival Pesona Otanaha (Lapangan Taruna Remaja dan Benteng Ota­naha, 4–7 Juli 2018); Festival Jaton (Kota Gorontalo, 4 Juli 2018).

N-3

Tampilkan Semua

Sumsel Siap Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018

Senin 14/5/2018 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebentar lagi, tepatnya di Agustus 2018, akan digelar pesta olahraga Asian Games 2018, di Jakarta–Palembang, Sumatera Sela­tan (Sumsel). Persiapan telah dilakukan pemerintah dan atlit beserta official Indonesia mu­lai dari...
Selengkapnya

Semarang, Pemda dengan Kinerja Tertinggi

Senin 30/4/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Baru-baru ini, Kemen­terian Dalam Negeri (Kemendagri) kembali menetapkan Pemkot Semarang sebagai pemerintah daerah de­ngan kinerja tertinggi di Indone­sia pada tahun 2018 ini. Kepedulian Pemkot Sema­rang salah satunya...
Selengkapnya

Jaga Ketersediaan Pangan Jelang Lebaran di Jatim

Senin 23/4/2018 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pangan merupakan kebutuhan dasar dan menjadi salah satu hak asasi manusia. Hal itu seba­gaimana diatur dalam Pasal 27 UUD 1945 maupun dalam De­klarasi Roma (1996). Persoalan pangan mempunyai arti yang sangat penting bagi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
Properti

Inovasi Perlindungan Dinding

Jumat 25/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Presiden Direktur PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) Jun De Dios (kiri) bersama Head of Brand and Consumer Marketing PT ICI Paints Indonesia Anastasia Tirtabudi (tengah) dan Founder & Principal Studio ArsitektropiS Ren Katili (kanan) saat memaparkan inovasi perlindungan dinding ekterior pada bangunan dan hunian melalui rangkaian tekhnologi produk dari dulux Hammerite, Jakarta, Selasa (22/5).

Tampilkan Semua

Jualan Tetap Aman di Tahun Politik

Jumat 25/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kawasan industri menjadi pionir berkembanganya kawasan hunian. Para pekerja yang bekerja di kawasan tersebut menjadi sasaran konsumen berkembangan sebuah hunian. “Jadi makin lama kawasan industri akan berkembang menjadi kawasan...
Selengkapnya

Desain Adaptif yang Hemat Energi

Jumat 25/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Angin yang tergolong rendah membuat arsitektur tropis memiliki banyak bukaan. Tujuannya tidak lain membuat hunian nyaman dan menekan biaya operasional. Bukaan menjadi salah satu unsur dalam bangunan tropis. Bukaan yang menghubungkan...
Selengkapnya

Alam Sutera Primadona Hunian Vertikal dan SOHO

Jumat 25/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Perusahaan pengembang properti, PT Triniti Dinamik (anak usaha Triniti Property Group), mengusung konsep modern dan dinamis untuk proyek apartemen terbarunya. Produk terbaru Triniti, The Smith, memiliki 3 tipe unit yang berbeda, mulai...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Telko

Paparan Publik PT STP

Kamis 24/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Direktur Utama PT Solusi Tunas Pratama (STP) Tbk, Nobel Tanihaha (kedua kiri), Komisaris Independen, Muhammad Senang Sembiring (kiri), Direktur, Juliawati Gunawan (ketiga kiri), Direktur Independen, Tommy Gustavi Utomo (ketiga kanan), Komisaris Utama, Jonathan Yuwono (kedua kanan) dan Komisaris, Thong Thong Sennelius, sebelum Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPSLB) dan Paparan Publik PT STP, di Jakarta, Rabu (23/5). Perusahaan penyedia menara telekomunikasi (base transceiver station/ BTS) dan perangkat pendukung lain kepada operator telekomunikasi tersebut, membukukan pendapatan 1Q 2018 sebesar 490,4 miliar rupiah.

Tampilkan Semua

“Chatbot” Praktis untuk Wisatawan Muslim

Kamis 24/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Wisatawan Indonesia yang pergi ke luar negeri pada 2017 telah mencapai 9,1 juta wisatawan, naik dari 8,3 persen dari tahun 2016 yang hanya 8,4 juta wisatawan. Dengan mayoritas muslim, tentu saja mereka butuh bantuan teknologi untuk...
Selengkapnya

Menangkal Konten Negatif “Live Broadcast”

Kamis 24/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Platform live broadcast sering dimanfaatkan pengguna untuk menyebar konten negatif demi uang. Dengan sistem penyaringan canggih, penyedia platform mampu menangkalnya. Jaringan 4G melahirkan banyak kemungkinan baru salah satunya adalah...
Selengkapnya

Ponsel Menengah Andalkan Teknologi Kamera

Kamis 24/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Merek Xiaomi ini menawarkan ponsel Redmi S2 yang dirancang untuk penggemar swafoto. Dengan layar penuh, kamera resolusi tinggi dengan fitur AI Beautify, dan harga terjangkau ponsel ponsel ini menawarkan nilai yang sesuai. Menurut survei...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Otomotif

Moge dengan Aura Misterius

Rabu 23/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Motor besar alias motor gede atau Moge memiliki bermacam karakter, sebagai pembeda dengan pesaing. Motor Triumph secara umum misalnya cenderung berkarakter rendah hati (low profile) dibandingkan dengan pesaing terdekatnya seperti Harley Davidson yang terkesan mewah dan meriah. “Kalau yang lain lebih blink-blik, Triumph lebih low profile,” ujar GM Sales and Marketing PT Garda Andalan Selaras (GAS), Sapta Hari Aji di Jakarta.

Triumph mengandalkan model modern classicsebagai tulang punggung. Namun demikian beberapa model paling mahal juga dihadirkan di Indonesia, yaitu Bonneville Bobber Black dan Speed Triple 765. Bobber Black dengan jok tunggal merupakan turunan dari keluarga Bonneville yang dikenal sebagai motor Triumph paling mudah dikendalikan.

“Bobber Black termasuk motor yang ringan. Motor ini bisa dipakai untuk penggunaan sehari-hari,” jelas Sapta. Motor yang mengusung tampilan serba hitam ini sengaja dirilis untuk memperingati 115 tahun berdirinya Triumph. Berbeda dengan sebelumnya, Triumph Bonneville Bobber Black dihadirkan dengan desain ban gambot khas bobber dan memiliki tampilan yang sangar dan misterius karena sekujur tubuhnya bernuansa hitam. Karakter Bonneville Bobber Black, merupakan kombinasi DNA Bonneville dan gaya hot rod dengan aura pemberontak.

Dengan spesifikasi lebih baik motor asal Inggris ini siap bersaing pada segmen paling atas. Bonneville Bobber Black membawa mesin berkapasitas 1.200 cc parallel twin yang diusung diklaim mampu menghasilkan 76 daya kuda pada putaran 6.100 rpm dan torsi 106 Nm pada 4.000 rpm. Ukuran peleknya 16 inci dan dilengkapi rem cakram ganda di bagian depan. Menariknya, selain body-nya yang serba hitam, bagian lain seperti mesin, crankcase, knalpot, foot rest anodized, hingga stang memakai juga berwarna hitam.

Di bagian kaki-kaki, Triumph Bonneville Bobber Black menggunakan suspensi depan baru milik Showa ukuran 47 mm, lebih besar dari generasi sebelumnya yang memakai KYB KYB 41 mm.

Triumph juga membenamkan 3 mode berkendara dan ride by wire untuk menunjang performa mesin. Untuk fitur keselamatan motor berkesan retro ini memiliki sektor elektronika yang cukup canggih, yakni sistem pengereman ABS, kontrol traksi yang bisa diatur oleh sang pengendara, Torque Assist Clutch. Sedangkan lampu utamanya sudah menggunakan teknologi LED dan daytime running light. Sistem penyemprotan bahan bakar Triumph Bonneville Bobber Black menggunakan multipoint sequential electronic fuel injection.

Bobber Black dijual oleh GAS dengan banderol 475 juta (off the road), atau lebih mahal 65 juta jika dibandingkan Bobber standar. Artinya, harga itu belum termasuk biaya surat-surat, pajak, dan bea balik nama.

“Strategi penjualan Triumph dilakukan dengan mendekati komunitas, melakukan pameran di tempat-tempat tertentu, dan website. Sebentar lagi kami juga akan membuka cabang di Surabaya, saat ini sedng mencari tempat yang cocok,” ujar Sapta. hay/E-6

Tampilkan Semua

Civic Type R Jagoan Ngebut

Rabu 23/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sedan Honda Civic Type R yang terjual sebanyak 10 unit pada April 2017 di pasar Indonesia, berhasil memecahkan rekor kecepatan baru di Sirkuit Magny-Cours GP, Perancis, dengan mencatatkan lap time 2 menit 1,51 detik. Pemecahan rekor...
Selengkapnya

Mudik, Beli Mobil Bekas atau Sewa?

Rabu 23/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Mobil keluarga multifungsi atau MPV masih merajai penjualan mobil bekas. Mobil menjadi alat trasportasi penting baik untuk mudik lebaran, maupun bersilaurahmi ke tempat saudara. Karuan saja menjelang Lebaran penjual mobil bekas...
Selengkapnya

Iconic Bike

Rabu 16/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Suryanation Committee, Ferry Ariawan bersama pembuat motor iconic bike, Franky Mori (kiri) memperkenalkan iconic bike Suryanation Ride berbasis motor Ducati Monster bergaya Scramler pada ajang Suryanation Motorland 2018 seri ketiga di...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Olahraga

Timnas Basket Putra Uji Coba di AS

Sabtu 26/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Sebanyak 14 pemain tim nasional bola basket putra akan berangkat ke Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (26/5) dan akan berada di sana selama dua minggu sebagai persiapan menuju Asian Games 2018.

“Kami akan ke Los Angeles. Pada minggu pertama kami akan lewati dengan latihan penuh dan minggu kedua materi akan ditambahkan dengan menu uji coba dengan tim-tim lokal,” kata Pelatih Timnas, Fictor Roring di Jakarta, kemarin.

Dia melanjutkan, nantinya ada 13 pemain yang berangkat dari Indonesia, karena power forward naturalisasi Jamarr Andre Johnson langsung bergabung di sana. Adapun ke-13 pemain tersebut yaitu Ponsianus Nyoman Indrawan, Kevin Yonas Sitorus, Respati Ragil Pamungkas, Abraham Damar Grahita, Valentino Wuwungan, Xaverius Prawiro, Sandy Fabiansyakh, Andakara Prastawa, Arki Wisnu, Muhammad Dhiyaul Haq, Firman Nugroho, Juan Laurent Kokodiputra, dan Avan Seputra. “Kami berharap timnas bisa berlatih dan bertanding dengan baik di sana,” ujar Fictor.

Pelatih yang akrab disapa Ito itu melanjutkan, sebenarnya dia menyiapkan satu pemain lagi untuk Asian Games 2018 yaitu center Adhi Pratama Putra. Namun, sang “big man” berusia 25 tahun itu tidak diikutsertakan ke AS karena masih dalam pemulihan cedera. “Adhi harus istirahat untuk beberapa minggu ke depan,” tutur Fictor.

Sebelumnya, juga dalam rangka persiapan menuju Asian Games 2018, timnas bola basket putra Indonesia yang memakai nama Pelita Jaya berhasil melaju ke “Road to Final 8 East Asia” usai menjadi peringkat kedua di “FIBA Asia Champions 2018 SEABA Qualifier” pada bulan Mei 2018 lalu. ion/Ant/S-2

Tampilkan Semua

Nadal Dapatkan Jalur Mudah ke Final Prancis Open

Sabtu 26/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
PARIS - Rafael Nadal, yang bertekad meraih gelar Prancis Terbuka untuk ke-11 kalinya, mendapatkan jalur yang relatif mudah menuju final di Roland Garros ketika dilakukan pengundian pada Kamis (24/5) waktu setempat. Petenis Spanyol...
Selengkapnya

Sean Gelael Rebut Podium di F2 Monaco

Sabtu 26/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
MONACO - Pembalap Indonesia, Sean Gelael, tampil fantastis pada balapan feature Formula 2 di Sirkuit de Monaco, Monaco, Jumat (25/5), sehingga mampu merebut podium kedua balapan satu level di bawah Formula 1 itu. Berdasarkan data yang...
Selengkapnya

Timnas Soft Tenis Genjot Persiapan di Jerman dan Thailand

Sabtu 26/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Tim pemusatan latihan nasional soft tenis Indonesia akan mengikuti dua kejuaraan uji coba di Jerman dan Thailand menjelang pertandingan Asian Games 2018 di Palembang, pada Agustus mendatang. “Atlet-atlet kami akan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Kolom

Staf Khusus dan Tenaga Ahli Istana

Jumat 25/5/2018 | 02:10
A   A   A   Pengaturan Font

Presiden Joko Widodo mengangkat empat staf khusus presiden, Selasa (15/5). Mereka adalah Adita Irawati, Abdul Ghofarrozin, Siti Ruhaini Dzuhayatin, dan Ah­mad Erani Yustika. Adita Irawati, Vice President Corporate Communications PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) bertugas mempembenahi pola komunikasi kementerian dan lembaga.

Abdul Ghofarrozin, putra ulama kharismatik, KH Mu­hammad Achmad Sahal, bertugas mendampingi Presiden Jokowi dalam acara keagamaan dalam negeri seperti bersi­laturahmi dengan pimpinan pondok pesantren.

Siti Ruhaini Dzuhayatin, tokoh Islam dan aktivis hak asasi manusia untuk merespons isu keagamaan tingkat in­ternasional. Ahmad Erani Yustika, mantan direktur jende­ral di Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk membantu merancang kebijakan-kebijakan sektor ekonomi.

Staf Kepresidenan juga mengangkat Ali Mochtar Ng­abalin sebagai Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden (KSP). Ali yang sering mengkritik kebijakan pe­merintah, kini ditarik ke Istana untuk membela dan me­nyosialisasikan program-program pemerintah.

Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengatakan, pengangkatan Ali untuk memperkuat peran KSP dalam fungsi komunikasi politik kepada publik. Dia akan mem­bantu mengomunikasikan apa yang sudah dikerjakan oleh pemerintah. Sudah banyak program dan kebijakan yang dibuat pemerintah. Semua itu memerlukan komunikasi ke publik.

Selain Ali Mochtar, Moeldoko juga merekrut sejumlah tokoh lainnya untuk dijadikan sebagai tenaga profesional lainnya. Mereka adalah praktisi ekonomi Hari Prasetyo sebagai Tenaga Ahli Utama Kedeputian III (bidang kajian dan pengelo­laan isu-isu ekonomi strategis), Novi Wahyuningsih sebagai Te­naga Ahli Muda Kedeputian IV (bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi) yang se­belumnya dikenal sebagai pen­gusaha sekaligus programmer aplikasi percakapan buatan da­lam negeri Callind. Kemudian, mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum Juri Ardiantoro sebagai Tenaga Ahli Utama Kedeputian V (bidang politik dan pengelo­laan isu Polhukam).

Dilihat dari alasan dan tu­gas yang diamanatkan kepada empat staf khusus dan empat tenaga ahli itu, terkesan bahwa Presiden tidak puas dengan kin­erja kehumasan dan komunika­si publik yang dibangun oleh se­jumlah kementerian serta lembaga negara.

Presiden merasa perlu untuk merevitalisasi kehumasan pada kementerian dan lembaga negara sesuai dengan per­kembangan zaman. Kehumasan kementerian dan lembaga kita masih memakai pola lama. Padahal ini eranya media sosial. Butuh mereka yang memahami itu, membuat fram­ing, membangun konten untuk disosialisasikan kepada masyarakat.

Tahun 2019 sebentar lagi. Artinya pemilihan presiden periode 2019-2024 sudah di depan mata. Sebagai calon pe­tahana, Joko Widodo berkepentingan untuk menjelaskan program-program yang telah dilaksanakannya kepada pu­blik. Kegagalan pemerintah dalam menyosialisasikan pro­gram yang telah dilaksanakan dan ketidaktahuan masya­rakat atas apa yang telah dilakukan pemerintah selama ini, bisa berujung pada kekecewaan publik terhadap Presiden Jokowi. Akibat yang paling fatal adalah publik tidak mau lagi memilih Jokowi pada pemilu 2019.

Atas alasan itulah mengapa Presiden dan Kantor Staf Presiden berlomba-lomba menambah staf khusus dan te­naga ahli. Penambahanan staf khusus dan tenaga ahli ini sarat dengan kepentingan politik menyambut pilpres 2019. Mereka akan menjadi juru kampanye program-program yang telah dilaksanakan Presiden Joko Widodo selama ini. Mereka akan menjadi juru bicara pemerintah. 

Tampilkan Semua

Menafsir Kegiatan Politik

Jumat 25/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Oleh Andhika Tambunan Menjelang pemilihan legislatif dan presiden tahun 2019 para elite politik mulai bermanuver. Tujuannya agar tahun depan bisa mendapat suara yang mengantarkan ke panggung kekuasaan. Namun, kekuasaan di sini harus...
Selengkapnya

Staf Khusus dan Tenaga Ahli

Jumat 25/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Presiden Joko Widodo mengangkat empat staf khusus presiden, Selasa (15/5). Mereka adalah Adita Irawati, Abdul Ghofarrozin, Siti Ruhaini Dzuhayatin, dan Ahmad Erani Yustika. Adita Irawati, Vice President Corporate Communications PT...
Selengkapnya

Mengolah Penderitaan Menjadi Jalan Kesuksesan

Jumat 25/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Judul : Ciputra The Enterpreneur Penulis : Alberthiene Endah Penerbit : Gramedia Cetakan : April 2018 Tebal : 639 halaman ISBN : 978–602- 03-7703-2 Buku biografi Ciputra ini, pemilik Jaya Group, Kosmopolitan Group, dan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kolom lainnya
Rona

Ine Febriyanti Akhirnya Berjodoh dengan Nyai Ontosoroh

Sabtu 26/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Ine Febriyanti akhirnya berjodoh dengan karakter Nyai Ontosoroh dari "Bumi Manusia" yang di­inginkannya sejak lama. Dia ter­pilih memerankan nyai yang mende­rita karena berstatus istri simpanan seorang pria Belanda dalam adaptasi layar lebar yang disutradarai Hanung Bramantyo.

Aktris yang sering bermain di panggung teater itu memang me­nyukai karya-karya sastrawan Pramoedya Ananta Toer, khususnya "Bumi Manusia".

"Saya sudah 'tersengat' Bumi Ma­nusia ketika berusia 20 tahun, saya sudah jatuh cinta dengan Ontoso­roh," kata Ine di Studio Alam Gam­plong, Sleman, Yogyakarta, Kamis (24/5) malam.

Ketika Nyai Ontosoroh diadaptasi ke panggung teater pada 2005 silam, Ine juga mengikuti audisi, berharap karakter ibu dari Annelies itu akan jatuh ke tangannya. Nasib berkata lain, peran itu didapatkan oleh Hap­py Salma, sementara Ine kedapatan peran Magda Peters.

"Saya sedih banget, (tapi) saya tetap berlatih dan berproses selama setahun," ujar Ine yang kala itu bela­jar banyak dari W.S. Rendra. "Walau tidak jadi pentas saat itu tapi sudah dapat kesempatan belajar proses Ontosoroh."

Bertahun-tahun kemudian, ka­rakter impiannya datang melalui tawaran Hanung Bramantyo yang memintanya mengikuti kasting untuk "Bumi Manusia".

Ine, yang tanpa pikir panjang lang­sung mengiyakan tawaran kasting Nyai Ontosoroh, menganggap karak­ter tersebut adalah salah satu sosok perempuan agung.

"Salah satu karakter impian saya," kata Ine yang sudah beberapa kali menghidupkan karakter perempu­an kuat seperti Durga, dewi angkara murka, juga Tjut Nyak Dhien dalam pentas monolog yang digelar di sepu­luh kota tahun ini.

"Ontosoroh adalah perempuan luar biasa agung, membayangkan­nya saja hati saya bergetar, mudah-mudahan saya bisa menampung keagungan Ontosoroh ini," kata Ine yang harus belajar bahasa Belanda untuk film "Bumi Manusia".

Versi adaptasi layar lebar "Bumi Manusia dib­intangi juga oleh Iqbaal Ramadhan (Minke), Mawar Eva De Jongh (Annelies) serta Donny Damara dan Ayu Laksmi sebagai orangtua Minke.

"Bumi Manusia" berkisah tentang perja­lanan Minke, pribumi revolusioner di zaman kolonial Belanda yang berani melawan keti­dakadilan yang terjadi di sekelilingnya. Ant/S-1

Tampilkan Semua

Ketenangan dalam Alunan Mendayu Orkes Klasik

Sabtu 26/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Lantunan suara lembut musik klasik malam itu teramat menyentuh, hati ini bergetar ketika terhanyut dalam alunan nada yang ramai namun tersusun rapih yang disajikan oleh kelompok orkes Jakarta City Philharmonic (JCP). JCP merupakan...
Selengkapnya

Memilih Jenis Olah Raga saat Ramadan

Sabtu 26/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Puasa bukan alasan untuk tidak berolahraga. Meski sedang berpuasa, tubuh tetap membutuhkan latihan fisik agar tetap bugar. Namun sebaiknya perhatikan olah raga yang akan Anda lakukan, jangan sampai olah raga justru membuat kondisi tubuh...
Selengkapnya

Iqbaal Ramadhan Perankan Minke di Film "Bumi Manusia"

Sabtu 26/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Aktor muda Iqbaal Ra­madhan yang namanya melejit berkat film "Dilan 1990" dipercaya untuk menghidupkan karakter Minke dalam adapta­si layar lebar "Bumi Manusia" karya Pramoedya Ananta Toer. "Bumi Manu­sia" berkisah tentang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
Megapolitan

Harga Sembako di Tangerang Mulai Stabil

Sabtu 26/5/2018 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font

TANGERANG - Memasuki dua pekan Ramadan, harga harga sembako di Tangerang masih stabil. Hal ini terungkap ketika Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Tangerang M Yusuf melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Anyar, Pasar Bandeng dan salah satu super market
“Secara umum harganya masih stabil,” kata Pjs Wali Kota Tangerang M Yusuf, di Tangerang, Jumat (25/5).

Ia mengatakan, sidak tersebut dilakukan untuk memantau harga dan stok sembilan bahan pokok (sembako) selama Ramadan dan Idul Fitri.

Yusuf menjelaskan, stabilnya harga bahan pokok tersebut dipengaruhi oleh persedian sembako yang masih melimpah. “Kecuali daging ayam, yang lainnya masih stabil. Tadi itu mereka bilang karena barangnya juga mudah didapatkan stoknya masih berlimpah,” terangnya.

Sementara itu terkait upaya pemkot untuk melakukan pengendalian harga selama Ramadhan dan Idul Fitri, menurut dia, akan berkoordinasi dengan Bulog untuk melakukan operasi pasar termasuk juga dengan pengusaha retail dengan melakukan bazar di 12 titik.

“Rencananya kita akan lakukan bazar kerjasama dengan pengusaha retail dan juga pasar murah di 12 pasar,” terangnya.

Dari pantauan di tiga lokasi tersebut ditemukan harga sembako masih stabil antara lain Beras IR kualitas I 11.500 rupiah per kilogram, daging sapi 120.000 rupiah per kilogram, daging ayam 44.000 per kilogram minyak goreng curah 12.000 rupiah kilogram dan cabai rawit 35.000 rupiah per kilogram.

Sementara itu, Polresta Tangerang, Banten, mengandeng Bulog Divisi Regional (Divre) Tangerang mengelar pasar murah dengan menjual aneka bahan kebutuhan untuk keperluan warga selama Ramadhan 1439 Hijriah.

Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Sabilul Alif di Tangerang, Jumat, mengatakan operasi pasar murah itu digelar hingga 6 Juni 2018 dan dilaksanakan di tiap kepolisian sektor di daerah itu. “Pelaksana kegiatan sepenuhnya ditangani Bhayangkari karena mereka dianggap mampu melayani masyarakat dalam kebutuhan rumah tangga,” katanya.

Dia mengatakan pasar murah itu menyediakan beras, telur, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, daging sapi, daging ayam, cabai, bawang merah dan bawang putih.

Bahkan harga yang ditawarkan jauh lebih murah dari harga di pasar tradisional atau pusat perbelanjaan di Kabupaten Tangerang.

Ant/P-5

Tampilkan Semua

Berburu Uang Baru untuk Mendulang Rezeki

Sabtu 26/5/2018 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font
Sejak pagi buta, ratusan orang rela mengantre di selasar Lenggang Jakarta, lapangan IRTI, Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Panjangnya mencapai puluhan meter. Mereka antre untuk mendapatkan nomor urut penukaran uang pecahan...
Selengkapnya

Pengurus Masjid Diminta Ramah Lingkungan

Sabtu 26/5/2018 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA-Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta seluruh Pengurus masjid di Jakarta diminta untuk ramah lingkungan, yakni dengan memanfaatkan air tanah yang didaur ulang dari air limbah. “Saya mengimbau kepada semua masjid,...
Selengkapnya

Dinsos Sosialisasikan Kartu Lansia di di PRJ

Sabtu 26/5/2018 | 01:01
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA-Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta sosialisasikan Kartu Lansia Jakarta (KLJ) sebagai program unggulan pada pameran tahunan Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair yang digelar di arena Jakarta International Expo (JIExpo)...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
Kupas

Semua Jalur Mudik Jadi Perhatian Kita

Jumat 25/5/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melakukan berbagai persiapan pada mudik Lebaran tahun ini. Bahkan, Jawa Tengah dan Lampung, yang biasa menjadi perhatian dinilai telah siap untuk menerima pemudik selama angkutan Lebaran 2018.

 

Untuk mengetahui lebih jauh terkait persiapan angkutan Lebaran agar lebih sempurna dan lebih baik dari tahun berikut perbincangan Koran Jakarta dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, di Jakarta, belum lama ini.

Untuk tahun ini konstrentasi arus mudik kira-kira di mana?

Semua jalur yang dilalui oleh para mudik menjadi perhatian kita. Dan kita dengan saksama agar semaksimal mungkin memberikan pelayanan yang baik. Akan tetapi, dari semua itu Jawa Tengah dan Lampung coba kita pantau lebih mendalam.

Bagaimana dengan persiapan di Jawa Tengah?

Jawa Tengah telah siap untuk menerima pemudik selama angkutan Lebaran 2018. Ia menilai hal ini dari kesiapan infrastruktur yang memadai dan komitmen pemerintah daerah dalam menyukseskan angkutan Lebaran. Ini hasil kerja sama dengan pemerintah Jawa Tengah. Ini merupakan sejarah. Tahun ini harus lebih baik lagi.

Apa saja yang dilakukan untuk memperlancar arus mudik di Jawa Tengah?

Kami terus melakukan perbaikan dan penyelesaian infrastruktur seperti jalan tol dan jalan nasional nontol. Pembangunan jalan tol saat ini sebagian besar sudah bisa dilalui.

Demikian pula dengan jalan nasional atau jalan nontol. Jalan tol akan siap, hanya ada beberapa sesi yang perlu perbaikan menjelang Kota Semarang. Saya bersama Menteri PUPR juga telah melihat langsung jalan ke Semarang.

Bagaimana dengan sarana transportasi lainnya?

Selain jalan, infrastruktur yang siap digunakan pada angkutan Lebaran kali ini adalah terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang.

Dengan adanya terminal ini, Bandara Ahmad Yani akan mampu menampung penumpang hingga sembilan kali lipat dengan kapasitas 6 – 7 juta penumpang. Insya Allah Lebaran kali ini terminal baru Nandara Ahmad Yani sudah bisa digunakan.

Lalu, bagaimana dengan Lampung?

Iya, sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera bagian timur, Lampung diprediksi akan menjadi kota yang dilewati jutaan pemudik pada masa angkutan Lebaran tahun 2018. Bahkan, kami mencatat sebanyak 2,3 juta orang yang akan melalui Lampung, ada 300 ribu mobil dan ada 180 ribu motor yang lewat.

Apa yang membuat pemerintah juga memfokuskan perhatiannya ke Lampung?

Pada masa angkutan Lebaran, selain mempersiapkan saranaprasarana transportasi di Pulau Jawa, kami juga akan fokus untuk mempersiapkan sarana-prasana transportasi di Lampung agar dapat mendukung kelancaran pemudik ke kota-kota tujuan di Sumatera. m zaki alatas/AR-3

Tampilkan Semua

“Mahathir Akan Penuhi Janjinya Berkuasa 2 Tahun”

Kamis 24/5/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Politik di Malaysia tiba-tiba menjadi perhatian banyak kalangan, termasuk di Indonesia. Pasalnya, partai berkuasa cukup lama, yakni Koalisi Barisan Nasional di bawah pimpinan PM Najib Razak, tumbang dalam pemilu pekan lalu.   Yang...
Selengkapnya

Penyusunan Dapil DPRD Abaikan Hak Keterwakilan Penduduk

Selasa 22/5/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan daerah pemilihan (dapil) DPRD Kabupaten atau Kota untuk Pemilu 2019. Khusus untuk pemilu kali ini, penetapan dapil juga diikuti peluncuran Sistem Informasi Daerah Pemilihan (SIDAPIL). ...
Selengkapnya

TNI dan Polri Sudah Sepakat tentang Definisi Terorisme

Rabu 16/5/2018 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Wacana mempercepat pembahasan revisi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme tengah menjadi sorotan pasca-serangkaian aksi teror yang terjadi belakangan ini.   Presiden Joko Widodo bahkan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Kolaborasi Buku dan Teknologi

Sabtu 26/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Para Content Creator mengumpulkan ide sampai proses syuting dan editing untuk durasi video sepanjang 5 sampai 15 menit.

Booktube Indonesia mengkolaborasikan buku dan teknologi. Komunitas yang terdiri dari paracontent creator ini membuktikan bahwa kehadiran teknologi tidak selama menggantikan media konvensional, semacam buku. Keduanya bisa saling mendukung.

Ada sensasi tersediri ketika membaca buku. Entah ceritanya, tokohnya bahkan sekedar covernya. Sensasi tersebutlah yang ingin ditularkan ke kalangan luas, baik pecinta buku maupun kalangan yang baru mengenal buku.

You tube yang tengah naik daun menjadi media penyampai. Melalui media tersebut, para booktuber yang tergabung dalam Booktube Indonesia dapat berbicara secara langsung untuk menyampaikan isi buku atau sekedar berbagi informasi tentang buku teranyar.

“Jadi kayak curhat, kita berusaha menceritakan buku yang kita baca seru lho,” ujar Tsalitsa Aeni Khaya, 23,Public Relation Booktube Indonesia yang ditemui di Jakarta, Rabu (23/5).You tube dipilih menjadi medium karena media sosial ini tengah boomingdi masyarakat.

Bahkan dari hasil riset 2018 yang diperolehnya, you tube menduduki posisi pertama untuk media sosial yang digunakan setiap hari. Berbagai macam informasi terkait buku dapat diperoleh melalui channel Booktube Indonesia. Informasi-informasi tersebut dibuat oleh para anggota Booktube Indonesia yang tidak lain merupakan content creator. Mulai dari, informasi review buku, buku-buku terbaru, tokoh-tokoh dalam buku bahkan sampai membuat kuis. Informasi buku yang menyebar ke kalangan luas tak pelak memancing respon dari para penontonnya.

Para penonton yang rata-rata berkisar pada usia 17 sampai 25 tahun mulai memberikan tanggapan bahkan ada yang sampai Direct Message melalui Instagram. Pertanyaan yang dilontarkan diantaranya menanyakan buku yang sesuai dengan usia mereka. Sehingga saat akan membaca, mereka tidak terlalu terkaget-kaget dengan jalan ceritanya.”Sejauh ini responnya tidak ada yang menolak,” ujar wanita yang biasa disapa Lista ini. Anggota Booktube Indonesia merupakan para content creator.

Mereka membuat video untuk diunggah melalui channel Booktube Indonesia. Para content creator membuat videonya sampai proses edit.“Kalau mau gabung, minimal sudah memiliki tiga content video yang dipublish,” ujar Ayom Wratsangka, 28, anggota. Sampai saat ini, jumlah anggota yang kerap mengunggah video sebanyak 15 sampai 20 dari total anggota sebanyak 34 orang.

Pasalnya, proses pembuatan video tidak bisa dibilang sederhana. Para Content Creator perlu mengumpulkan ide sampai proses syuting dan editing untuk durasi video sepanjang 5 sampai 15 menit. Sebagai variasi content video, terkadang para content creator saling berkolaborasi satu dengan. Kolaborasi dapat berupa review buku maupun kuis. Hasilnya, video akan makin kaya untuk menarik para peminat maupun pecinta buku. Selain itu, para content creator dapat berbagi tugas dapat mengerjakan video.

Booktube Indonesia didirikan oleh Maggie Chen, Dhyn Hanarun dan Tiffany. Mereka berpandangan bahwa buku bukan sekedar bacaan konvensional namun melalui teknologi kecintaan terhadap buku dapat ditularkan. Sejak Juni 2016, komunitas yang berbasis di Indonesia mulai menyebarkan virus kecintaan terhadap buku.

Mereka lebih banyak bekerja melalui teknologi termasuk untuk memantau perkembangan anggotanya yang mengunggah video. Sehingga secara tidak langsung, anggota dituntut untuk mandiri dalam melakukan kegiatan. Jika beruntung, mereka dapat memperoleh sponsor dari penerbit maupun memiliki kedekatan dengan penulis. Meskipun begitu, teknologi tak membuat komunitas menutup diri. Mereka kerap bekerja sama dengan beberapa komunitas, seperti membaca buku di KRL dari Stasiun Kota sampai Stasiun Universitas Indonesia. Tujuannya tidak lain untuk menyebarkan virus membaca di kereta. din/E-6

Proses Sempurna Satu Unggahan Video

Ada beberapa take yang harus dilakukan dalam pembuatan content video. Pasalnya membuat content video untuk tayang 5 sampai 15 menit membutuhkan waktu panjang bahkan beberapa hari. Kesalahan selama pembuatan content video menjadi proses yang harus dijalani. Seperti yang dialami Kanaya Sophia, 32, ia memerlukan take (pengambilan gambar) minimal tiga kali.

“Aku belum selancar itu ngomong di depan kamera, minimal tiga kali take baru ngerasa cukup puas,” ujar dia yang dihubungi Kamis (24/5). Setelah memperoleh hasilnya, Kanaya tampak berbicara lancar sepertihalnya seorang anchor berita. Padahal, proses pengambilan gambar membutuhkan waktu yang panjang Hal serupa dialami, Ayom Wratsangka, 23, ia membutuhkan beberapa kali take untuk pengambilan gambar. “Take videonya berulang kali, kadang sampai satu jam atau lebih,” ujar dia.

Baru setelahnya, dia dapat memperoleh gambar sesuai keinginnan untuk diunggah ke channel-nya. Baik Kanaya maupun Ayom sepakat bahwa untuk membuat video membutuhkan persiapan. Kanaya yang mengggugah video satu sampai dua video setiap minggunya mengaku membutuhkan script sebelum berbicara di depan kamera.

“Takutnya viewer nggak ngerti yang kita omongin kalau asal ngomong,” ujar dia yang biasa mengunggah tentang review buku, rekomendasi buku, vlog tentang event sampai tipstips seputar buku. Sedangkan Ayom membutuhkan persiapan yang tergolong panjang untuk menggugah content videonya.

Persiapan tersebut dimulai dari mengumpulkan poin yang ingin dibahas, membuat script lalu membaca ulang, setting kamera dan lighting, merapikan kamar sebagai background, take video, editing, membuat thumbnail, membuat judul dan caption baru setalah mengupload dan membagikan video. Kamar menjadi ruang favorit dalam pembuatan video. Karena di kamar, mereka dapat mengekspresikan diri lebih bebas.

Meski kamar tergolong sepi, bukan berarti bebas hambatan. Suara yang menembus kamar kerap mengganggu jalannya proses pengambilan gambar. Jika menghadapi situasi tersebut, proses pengambilan gambar harus dilakukan ulang. Karena video yang dihasilkan harus bebas dari suara yang tidak diperlukan kecuali suara content creator yang menceritakan tentang buku. Meskipun proses pengambilan gambar bukan tergolong mudah namun mereka tidak putus asa untuk melakukan proses pengambilan gambar. din/E-6

Butuh Niat untuk Membaca Semua Koleksi

Ada kebanggaan ketika mendapatkan buku yang diincar ataupun buku dengan harga murah. Hasrat membeli buku pun tak bisa dibendung namun buku yang terlanjur terbeli tak semua habis terbaca. Ungkapan tersebut muncul dalam salah satu channel anggota Booktube Indonesia. Setelah mempertontonkan setumbuk buku baru, booktuber lalu berujar.

”Tapi nggak tahu, kapan membacanya.” Ya, membeli dan membaca buku membutuhkan usaha yang berbeda. Dengan beberapa lembar rupiah, para peminat buku bisa mudah memiliki buku yang diidamkan. Namun untuk membaca, mereka membutuhkan niat untuk menyelesaikan satu buku. Sebagai salah satu pengkoleksi buku, Tsalitsa Aeni Khaya, 23 membenarkan bahwa menyelesaikan buku membutuhkan niat. “Ada beberapa buku yang belum dibaca,” ujar dia sambil tersenyum.

Bazaar buku kerap menggiurkan para pecinta buku untuk memiliki buku sebanyak mungkin. Dari tumpukan buku yang telah dibaca, Tsalitsa kerap memberikan buku kepada temen-temannya sebagai give away, terutama jika dia memiliki uang untuk membelinya kemballi. ”Karena, aku pingin supaya mereka ikut membaca,” ujar wanita yang tengah menggemari buku sastra ini. Litsa, begitu dia disapa, tidak merasa rugi membagikan buku ke orang lain. Karena toh, ia masih memiliki uang untuk membelinya kembali.

Biasanya, buku yang dibagi merupakan buku-buku Indonesia, sedang buku dari luar negeri masih menjadi koleksi pribadi. “Masih belum mampu (membeli lagi),” ujar dia. Ayom Wratsangka, 28, mengaku satu hal yang membuat para pecinta buku agak sensitif adalah pertanyaan buku yang belum sempat terbaca. Ayom mengakui bahwa dirinya memiliki beberapa buku yang belum dibaca karena belum memiliki waktu yang memadai.

“Di depanku sekarang, ada sekitar 30 an buku, buku yang belum kebaca sebanyak lima buah. Karena masih dalam proses menghabiskan buku-buku yang belum terbaca,” ujar dia terbahak. Selain karena pengalokasian waktu membaca, banyaknya buku yang terbeli tidak seimbang dengan buku yang sudah dibaca. Sehingga dari setumpuk koleksi buku, selalu ada buku yang belum dibaca bahkan belum tersentuh karena masih menyelesaikan buku lainnya. din/E-6

Tampilkan Semua

“Finding Nemo”

Sabtu 26/5/2018 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Film animasi Finding Nemo sempat ramai diperbincangkan. Kini, para penggemar film tersebut dapat menyelam untuk bertemu langsung dengan “nemo” di Pulau Pahawang, Pesawaran, Lampung. Film Finding Nemo ada­lah sebuah...
Selengkapnya

Perry Warjiyo

Sabtu 19/5/2018 | 08:25
A   A   A   Pengaturan Font
Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) resmi menetapkan Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) untuk periode 2018–2023. Penetapan dilakukan pada rapat paripurna tanggal 3 April 2018. Rapat paripurna masa persidangan IV tahun...
Selengkapnya

Teknologi Unik Anjing Pelacak Elektronik

Sabtu 19/5/2018 | 08:10
A   A   A   Pengaturan Font
Para ilmuwan telah mengembangkan peralatan terkecil dan mungkin termurah yang pernah ada sebelumnya untuk mendeteksi keberadaan seseorang dengan sistem penciuman baru. Teknologi ini bisa digunakan dalam proses pencarian orang-orang yang...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta