Koran Jakarta | January 19 2019
No Comments
Aksi Korporasi

Incar Dana Segar, BJBR Terbitkan Saham Baru

Incar Dana Segar, BJBR Terbitkan Saham Baru

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - PT Bank Pem­bangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) meng­incar dana segar dengan me­nambah modal tanpa mem­berikan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau private placement.

Demikian keterbukaan in­formasi BJBR ke Bursa Efek Indonesia (BEI), kemarin. Disebutkan, Bank BJB akan menerbitkan 360.100.000 (360,10 juta saham) dengan nilai nominal 250 rupiah.

Jum­lah itu 3,71 persen dari modal ditempatkan dan disetor penih dalam perseroan yang akan ditawarkan khusus kepada Pe­merintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Banten, dan pemerintah kota serta ka­bupaten se-Jawa Barat dan Banten.

Adapun harga yang dita­warkan tidak lebih rendah dari 1.900 per saham rupiah. Hal itu berdasarkan keten­tuan dalam Peraturan Pen­catatanBEI Nomor A-1 Kepu­tusan Nomor Kep-00001/BEI/01-2014 pada 20 Januari 2014.

Jadi harga rata-rata 25 hari penutupan perdagangan saham perseroan di BEI mulai 28 September 2018 hingga 1 November 2018.

Dana hasil private placement ini untuk memperkuat struktur permodalan yang kemudian di­gunakan untuk ekspansi kredit. Pelaksanaan private placement ini dengan menawarkan sa­ham seri A kepada pemerintah daerah di Jawa Barat dan Ban­ten yang telah memiliki saham seri A dan pemerintah daerah hasil pemekaran.

Adapun pemerintah daerah hasil pemekaran itu antara lain Pemerintah Kota Serang, Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Pemerintah Kabu­paten Bandung Barat dan Pe­merintah Kabupaten Pangan­daran.

Total dana yang akan diraup dari hasil private placement sebesar 684,19 miliar rupiah. Dana itu terbagi atas mo­dal ditempatkan dan disetor 90,02 miliar rupiah dan tam­bahan modal disetor 594,16 miliar rupiah.

Dengan ada tambahan mo­dal itu, rasio kecukupan mo­dal atau capital adequacy ratio (CAR) perseroan semula 17,53 persen menjadi 18,26 persen. Untuk melaksanakan aksi kor­porasi ini, Bank BJB akan gelar Rapat Umum Pemegang Sa­ham Luar Biasa (RUPSLB) pada 11 Desember 2018.

Sebelumnya, Bank BJB men­catatkan pertumbuhan kinerja positif tengah ketidakpastian ekonomi global.

Selain itu, sentimen negatif dari eskalasi perang dagang Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Pada kuartal III 2018, BJB membukukan laba bersih sebesar 1,3 triliun ru­piah atau tumbuh sebesar 25,4 persen (yoy) dan total aset Bank BJB tercatat sebesar 114,1 triliun rupiah. Ant/AR-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment