Koran Jakarta | April 19 2018
No Comments
Pilpres Russia

Ikut Serta dalam Pemilu Berpeluang Raih iPhone

Ikut Serta dalam Pemilu Berpeluang Raih iPhone

Foto : AFP/Kirill KUDRYAVTSEV
Vladimir Putin
A   A   A   Pengaturan Font

MOSKWA – Pemerintahan Russia menawarkan hadiah produk gawai merek Apple seperti iPhone dan iPad, bagi warganya yang telah memiliki hak suara danakan berpartisipasi dalam pemilu presiden yang akan digelar pada Maret 2018 mendatang. Hal ini diwartakan media Inggris, The Guardian, edisi Kamis (10/1).

“Kremlin menawarkan pada siapapun yang bisa mempersembahkan swafoto terbaik usai mengikuti pilpres, maka ia berpeluang memenangkan iPhone atau iPad gratis,” demikian tulis The Guardian.

Iming-iming hadiah ini, menurut dokumen Kremlin yang dikutip oleh media Russia, RBC, merupakan bagian dari upaya untuk menarik minat pemilik suara dan menghilangkan sikap apatisme terutama generasi muda berusia antara 18 hingga 39 tahun yang menghalangi niat mereka untuk ikut serta dalam pilpres.

“Promosi seperti ini pernah diuji coba dalam pemilu lokal September lalu di tujuh kota dengan iming-iming hadiah masing-masing sebuah iPhone 7, iPad dan Apple Watch,” demikian ditulis Moscow Times.

Pengamat politik mengatakan bahwa Vladimir Putin akan kembali menang dalam pilpres yang digelar pada 18 Maret dan kembali jadi Presiden Russia untuk masa jabatan ke-4. Hal ini bisa terjadi karena pesaing terkuat Putin yaitu pemimpin oposisi Alexei Navalny, telah dieliminasi untuk mengikuti pilpres tahun ini karena tudingan telah melakukan penggelapan pada 2013.

“Putin dipastikan akan meraih 70 persen suara dari 70 persen tingkat partisipasi warga yang dipastikan akan memberikan suara dalam pilpres nanti,” demikian keterangan seorang pejabat di Kremlin.

“Agar bisa mencapai proyeksi tingkat partisipasi politik yang amat tinggi dalam pilpres nanti, pejabat di Kremlin akan berusaha menjadikan tempat pemungutan suara (TPS) memiliki nuansa seperti pasar malam dimana seluruh anggota keluarga bisa mengikuti permainan mengasyikan,” demikian laporan RBC.

Langkah Maju

Menurut ilmuwan politik Russia, Alexei Makarkin, yang dimintai pendapat oleh Moscow Times, menyatakan gagasan ini amat efektif untuk menarik minat pemilik hak suara untuk ikut serta dalam pilpres karena anak-anak mereka akan merengek-rengek pada orang tuanya agar datang ke TPS terdekat.

Pernyataan Makarkin dibenarkan oleh ahli strategi politik Grigory Kazankov yang mengatakan iming-iming produk gawai merek Apple bisa menarik minat kaum muda di kota-kota kecil untuk datang ke TPS-TPS.

“Bukan semata akan mendapatkan hadiah iPhone atau iPad, jika mereka mengikuti perkembangan tren seperti suka mengambil gambar swafoto, maka akan banyak orang yang akan berpartisipasi untuk memberikan hak suaranya,” kata Kazankov kepada RBC.

Menurut Kazankov jika gagasan ini ditampilkan, maka akan jadi sebuah langkah maju dibandingkan dengan hanya membuka bazar komoditas pertanian murah dekat TPS seperti saat terjadi era kekurangan pangan pada era Uni Soviet. iDrop/Politico/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment