Koran Jakarta | October 20 2019
No Comments

Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

Ide Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, saya dan beberapa sahabat saya sebelumnya ada­lah wanita karier. Kami memu­tuskan melepaskan pekerjaan kami karena memilih menjadi ibu rumah tangga di rumah be­gitu buah hati kami lahir. Saya bersyukur bisa menemani si ke­cil di rumah tapi ada perasaan ingin "berkarier" lagi meski dari rumah. Saya tidak punya peng­alaman sebelumnya. Sebaiknya saya berbisnis apa ya Bu?

Jawaban:

Menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya di rumah dan mendedikasikan waktu se­penuhnya mengurus rumah, anak dan melayani suami, bu­kan pekerjaan ringan. Banyak ibu rumah tangga yang me­ngeluhkan rasa bosan, lelah berkepanjangan, dan merasa kurang berdaya secara finan­sial. Walaupun suami sudah menutup kebutuhan finansial, kadangkala masih ada pera­saan ingin produktif finansial secara mandiri.

Syukurlah saat ini bekerja tidak harus datang ke kantor jam 9 hingga jam 5 sore. Era teknologi internet yang sema­kin canggih ini memungkinkan kita mendapatkan penghasil­an tanpa beranjak dari rumah. Anda yang saat ini tengah bo­san menjadi ibu rumah tang­ga biasa di rumah, bisa me­nimbang untuk menjalankan bisnis ibu rumah tangga atau menjadi mompreneur.

Jika tidak tahu ingin men­jalankan bisnis ibu rumah tangga yang seperti apa, Halo­Money.co.id punya bebera­pa rekomendasi ide yang bisa dipilih. Siapa tahu ide-ide bisnis ibu rumah tangga di bawah ini cocok dengan ke­terampilan Anda. Silakan di­simak daftarnya berikut ini :

1. Makanan kemasan

Ide bisnis rumahan ibu rumah tangga yang perta­ma sudah pasti tak jauh-jauh dari yang namanya mema­sak. Kenapa tidak membuka catering saja? Catering mem­butuhkan waktu memasak yang lebih lama sehingga pasti akan menyita wak­tu. Cobalah untuk berbisnis makanan kemasan, seper­ti sambal kemasan, rendang kemasan, kue kering, keripik, atau aneka makanan beku.

2. Menjual barang untuk dekorasi rumah

Rumah sebaiknya memiliki desain interior yang dapat me­nimbulkan kesan sejuk agar keluarga semakin betah di rumah. Apa yang bisa dilaku­kan?

Suka mendekorasi ru­mah? Bagaimana jika menjual barang-barang untuk deko­rasi rumah seperti gorden, taplak meja, sarung bantal, penutup kulkas, sarung rice­cooker, dan lain sebagainya. Agar lebih menarik, cobalah untuk melakukan dekorasi ruangan yang ada di rumah menggunakan barang da­ganganmu, lalu foto dan pro­mosikan di sosial mediamu.

3. Bisnis aksesoris

Kalau Anda suka membuat kerajinan tangan, seperti ak­sesoris, keahlian ini jangan disia-siakan. Membuat akse­soris ini tidak hanya terbatas pada aksesoris orang dewasa saja, tapi juga bisa aksesoris anak-anak, seperti headband atau bandana untuk anak pe­rempuan.

  1. Bisnis tanaman hias

Sekarang tanaman hias tak lagi dipajang di luar ru­mah, tapi juga di dalam ru­mah. Jadikan ini sebagai pe­luang bisnis untuk ibu rumah tangga jika Anda memiliki ke­ahlian merawat tanaman. Se­lain tanaman hias, kamu juga bisa menjual tanaman hias jenis herbal yang bisa diguna­kan untuk keperluan dapur. 5. Bisnis mainan dan per­lengkapan anak

Buat Anda yang sudah me­miliki buah hati, membuka bisnis mainan dan perleng­kapan anak bisa dipertim­bangkan berhubung teman-teman Anda juga pastinya sudah banyak yang memiliki anak seperti Anda. Untuk mainan, cobalah untuk men­jual mainan edukatif yang sedang jadi tren saat ini.

6. Menjadi reseller pakaian

Bisnis reseller pakaian me­mang menjadi bisnis ibu ru­mah tangga yang paling banyak digemari karena tidak mem­butuhkan modal yang banyak. Cukup berbekal handphone dan internet saja, kamu sudah bisa mendapatkan uang. Ber­hubung persaingan di bisnis ini sangat ketat, cobalah un­tuk menjual pakaian yang le­bih spesifik. Misalkan pakaian khusus kantor, kebaya, gaun pesta, atau pakaian rumah.

7. Menjadi freelancer

Tak mau pusing-pusing berbisnis, kamu bisa men­jadi freelancer dengan meng­andalkan kemampuan atau keterampilan yang kamu mi­liki, misalkan menjadi penulis, penerjemah, desain, admin sosial media, dan lain sebagai­nya.

Sekarang sudah tahu kan alternatif bisnis ibu rumah tangga apa saja yang bisa di­kerjakan seoran mompreneur. Selamat berbisnis dan semoga sukses !

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment