Koran Jakarta | June 18 2019
No Comments

Hidangan Mie Khas Resep Nusantara

Hidangan Mie Khas Resep Nusantara

Foto : istimewa
Mie Aceh
A   A   A   Pengaturan Font

Sajian mie sudah sangat populer di seluruh daerah di Indonesia. Makanya, tidak heran kuliner mie ini marak dan sangat mudah ditemui di mana saja. Mie dijajakan mulai dari kaki lima hingga resto elit.

Indonesia dengan gugusan pulau dari Sabang sampai Merauke memiliki hidangan masakan yang bervariasi di setiap daerah. Termasuk olahan Mienya. Berikut berbagai olahan mie khas Nusantara.

1. Mie Ongklok

Hasil gambar untuk Mie Ongklok

Kuliner mie khas Wonosobo ini memiliki nama yang unik. Dengan nama yang unik ini, komposisi hidangan ini juga unik.

Kuah yang terbuat dari tepung kanji membuat mie ongklok berbeda dari mie di berbagai daerah di Indonesia.

Selain mie, kuah jenang yang terbuat dari tepung kanji, mie ongklok biasanya disajikan dengan kubis, daun kucai, potongan cabai rawit, dan juga bawang goreng. Untuk menambah kenikmatan menikmati mie ongklok, bisa memakannya dengan tempe kemul khas Wonosobo dan sate ayam.

2. Mie Kocok Bandung

Hasil gambar untuk Mie Kocok Bandung

Mie kuning, tauge, kikil sapi, serta kuah kaldu sapi yang kental mencirikan keberadaan mie kocok Bandung. Banyak penjual pinggir jalan yang menjajakan mie khas Bandung ini.

3. Mie Aceh

Olahan mie yang menggiurkan dari Aceh ini dapat disajikan dengan dua cara, yakni digoreng atau direbus. Identik dengan mie kuning besar, mie Aceh ini bisa disajikan dengan daging ayam, sapi, atau seafood lainnya.

Kekhasanmie Aceh ini adalah ketajaman bumbu rempahnya. Umumnya, mie Aceh disajikan dengan kerupuk emping, timun, bawang merah goreng dan juga jeruk nipis.

4. Mie Koba, Bangka

Hasil gambar untuk mie koba bangka

Nama mie koba diambil dari nama daerah di salah satu Kabupaten Bangka Tengah. Ciri khas kuah tengiri yang gurih dan segar bercampur manis gula aren menjadikan makanan yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Bangka.

5. Mie Celor Palembang

Hasil gambar untuk Mie Celor Palembang

Mi celor Palembang biasanya disajikan dengan kuah santan dan kaldu udang kering. Taoge, irisan telor rebus, seledri, daun bawang goreng tidak lupa menjadi pelengkap hidangan ini.

Mie yang berukuran besar akan membuat mie ini seperti udon Jepang.

6. Mie Cakalang Manado

Gambar terkait

Mau mie cakalang kuah atau goreng, rasanya sama enaknya. Ikan cakalang fufu yang sering menjadi olahan ikan asap ini akan memberikan cita rasa berbeda di dalam semangkuk mie cakalang.

7. Mie Lendir Batam

Hasil gambar untuk Mie Lendir Batam

Mie Rebus Kuah Kacang yang sering disebut dengan mie lendir ini biasanya menjadi pilihan menu sarapan para warga kota Batam. Bila kebetulan sedang traveling ke Batam, wajib mencicipi mie ini.

8. Bakmie Jogja

Hasil gambar untuk Bakmi Jogja

Mau pesen mie Jawa rebus, goreng, atau nyemek, semua bisa diatur. Ayam lokal yang khas dalam hidangan mie ini membuat banyak orang klepekklepek saat mencicipi mie Jawa ini.

10. Mie Tiaw Sapi Pontianak

Bergeser ke Pontianak. Ada olahan mie yang enak banget dan sudah diakui oleh mereka para pecinta mie. Warna yang kecoklatan akan membuatmu ngiler.

10. Mie Kering khas Sulawesi

Di kota Makassar, jangan lupa untuk mencicipi mie kering ini. Karena sajian mie ini benarbenar berbeda dari daerah lain di Indonesia. Karena, kalau biasanya hidangan mie di daerah lain di rebus, mie kering ini digoreng kering seperti kerupuk.

11. Mie Toprak Solo

Mie Toprak yang berasal dari Solo ini memang terlihat biasa, maka dari itu mie ini bisa dibilang merakyat. Meskipun merakyat, kamu wajib coba agar lidahmu bisa merasakan perbedaan cita rasa dengan olahan mie di berbagai daerah di Indonesia.

12. Mie Koclok Cirebon

Olahan mie khas Cirebon ini memang sedikit membuat penasaran, karena tampilannya yang mirip bubur. Kuah santan yang kentallah yang membuat hidangan mie Cirebon ini lenih mirip bubur.

13. Mie Sagu Riau

Penah makan cendol? kalau cendol pakai kuah pedas? belum pernah ya? Kalau belum pernah merasakan hidangan mie sagu, maka wajib mencobanya. Mie ini biasanya disajikan dengan taoge, buncis, teri, timun, dan pelengkap lainnya.

14. Laksa

Laksa paling terkenal di Indonesia ada di Betawi, Bogor, dan Tanggerang. Meski samasama laksa, namun cita rasa serta penyajiannya berbeda. Yang jelas, kamu nggak akan kecewa dengan cita rasa laksa dari ketiga daerah ini, karena ketiganya sama-sama enak.

15. Mie Lethek

Hasil gambar untuk Mie Lethek

Dalam bahasa jawa, Lethek artinya kusam dan kotor, sesuai artinya, mie ini memang terlihat kecoklatan seperti noda. Tapi, meskipun berwarna kusam, namun cita rasa hidangan khas Jogyakarta ini enak banget!

16. Lomie

Hasil gambar untuk Lomie

Lomie identik dengan mie berwarna kuning berukuan besar. Biasanya, disajikan dengan sayur kangkung, taoge, irisan daging ayam goreng, pangsit, bakso, daun bawang, dan bawang goreng.

Lebih mirip mie ayam sih, tapi rasa manis yang dominan dari kuah kentalnya akan membuat sadar perbedaan mie ayam dan Lomie ini.

yun/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment